E commerce (mpr)

download E commerce (mpr)

If you can't read please download the document

  • date post

    12-Apr-2017
  • Category

    Education

  • view

    856
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of E commerce (mpr)

BAB I

E-COMMERCE SEBAGAI INOVASI MODERN BIDANG PEMASARAN

(Analisis Deskriptif terhadap Penerapan

E-Commerce pada Website GLUTERA)

TUGAS UJIAN AKHIR SEMESTER

MARKETING PUBLIC RELATIONS(Dosen: Dr. Agus Maulana, MSM.)

Semester III

Oleh:

SISKA ARMAWATI SUFA

NIM. 2012910007

MAGISTER ILMU KOMUNIKASI

PASCASARJANA UNIVERSITAS DR. SOETOMO

SURABAYA

2014

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL i

DAFTAR ISI ii

BAB I PENDAHULUAN 1

BAB II KOMUNIKASI PEMASARAN DAN E-COMMERCE 7

II.1. Komunikasi Pemasaran 7

II.1.1. Pengertian Komunikasi 7

II.1.2. Komunikasi Pemasaran 10

II.2. E-Commerce (Perdagangan Elektronik) 13

BAB III STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN E-COMMERCE

PADA WEBSITE GLUTERA 16

III.1. Komunikasi Pemasaran pada Perusahaan GLUTERA 16

III.1.1. Profil Perusahaan 16

III.1.2. Produk 22

III.2. Sistem E-Commerce GLUTERA 24

III.3. Karakteristik E-Commerce 31

III.4. Mekanisme E-Commerce 33

III.5. Aspek Keamanan 36

BAB IV KESIMPULAN 39

DAFTAR PUSTAKA..... 40

BAB I

PENDAHULUANPeningkatan pengguna internet setiap harinya ternyata tidak diacuhkan begitu saja oleh para pelaku bisnis ataupun perusahaan. Mereka justru memanfaatkan peningkatan pengguna internet ini untuk mengembangkan jaringan bisnis. Dewasa ini banyak para pelaku bisnis yang sengaja membuat website, blog atau bahkan fans page di jejaring sosial untuk memasarkan produk. Kemajuan di bidang teknologi ini dirasakan sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu cara atau strategi pemasaran bisnis. Pemasaran bisnis melalui internet online merupakan salah satu strategi untuk memperluas jangkauan pasar para pelaku bisnis. Melalui online marketing, informasi produk dapat menjangkau konsumen yang ada jauh dari domisili usaha, tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk. Dengan fenomena ini, tentu semua orang akan tahu bahwa strategi online marketing lebih efektif dan efisien karena strategi online marketing membuat usaha seakan-akan buka selama 24 jamnonstopdan dapat diakses dari seluruh dunia. Hanya dengan melakukan optimasi yang benar dan tepat, suatu usaha atau bisnis akan lebih mudah ditemukan dan dikenal oleh orang banyak.

Salah satu perubahan besar yang terjadi di dunia bisnis saat ini adalah pengenalan perdagangan elektronik (e-commerce), yang juga dikenal sebagai bisnis elektronik (e-business). Dampak dari e-commerce atas pengadaan, pembelanjaan, kolaborasi bisnis, dan layanan pelanggan maupun penyediaan berbagai layanan begitu dramatis hingga hampir setiap perusahaan terpengaruh olehnya. Electronic Commerce (E-Commerce) mengubah semua area fungsional bisnis dan berbagai pekerjaan pentingnya, dari periklanan hingga pembayaran tagihan. Sifat dari persaingan juga berubah secara dramatis, karena adanya perusahaan online baru, model bisnis baru, serta beragamnya produk dan layanan yang berkaitan dengan e-commerce. E-commerce memberikan peluang yang sangat besar bagi perusahaan untuk memperluas diri ke seluruh dunia dengan biaya kecil, untuk meningkatkan pangsa pasar, dan untuk mengurangi biaya (Turban et al., 2006: 179). Electronic Commerce (E-Commerce) sangat mendukung dalam peningkatan, pengembangan, suatu perusahaan. Dengan adanya e-commerceakan dapat memberikan suatu kelayakan bagi pihak manajemen dalam memproses berbagai sumberdaya yang digunakan. Diantara sumberdaya tersebut, e-commerce merupakan pendukung manajemen dalam proses pemasaran untuk mencapai tujuan. Hal tersebut dikarenakan e-commerce dapat merubah bentuk pelayanan yang semula harus datang langsung (direct selling) ke suatu instansi yang dituju ataupun melalui telepon, tapi sekarang menjadi pelayanan yang online di setiap waktu dimanapun berada sehingga dapat memudahkan dalam menangani segala transaksi. Tampilan media e-commerce menjadikan pelanggan dapat leluasa melihat segala aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya. Pemasaran terbentuk karena adanya aset yang unik sehingga menjadi sebuah jaringan pemasaran yang terdiri dari perusahaan dan stakeholder pendukung, karyawan, pemasok distribusi, pengecer, agen periklanan dan sebagainya seiring dengan langkah perusahaan membangun hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. E-commerce dengan manajemen perusahaan sangat erat kaitannya, karena berperan sebagai sarana pendukung pemasaran untuk menyampaikan informasi demi mencapai tujuan usaha yang diharapkan (Khudaifi, 2011).

Selain itu pula, bisnis onlinemelalui e-commerce kini bukan lagi sebuah tren asal-asalan yang sekedar muncul karena kepopuleran internet; bisnis online telah menjadi sebuah pasar yang kuat dan memiliki potensi tinggi yang akan bertahan lama. Ilmu strategi pemasaran kini tidak lagi terbatas pada bisnis tradisional melainkan juga bisnis seperti toko online, bisnis afiliasi, web hosting dan sebagainya. Bahkan bisnis online lokal atau kecil-kecilan sekalipun harus memiliki konsep pemasaran yang matang dan dapat menjangkau konsumen yang luas bila ingin berkembang, terutama dengan besarnya persaingan dalam dunia bisnis online atau e-commerce. Strategi yang baik dalam pemasaran produk tidak hanya akan menambah potensi sukses, namun juga membuat bisnis atau perusahaan memiliki reputasi yang baik di kalangan konsumen luas serta brand yang kuat di pasaran. Sesuai dengan sifat bisnisnya, strategi pemasaran untuk bisnis online (e-commerce) jelas banyak memanfaatkan teknologi informasi dalam prosesnya. Tantangannya adalah bagaimana memanfaatkan berbagai macam teknologi informasi sebaik mungkin dalam strategi pemasaran, terutama dengan mengikuti perkembangan jaman dan teknologi.

Berikut adalah beberapa contoh media dalam strategi pemasaran menggunakan teknologi informasi untuk bisnis online:

1. Website

Website resmi perusahaan atau bisnis merupakan hal yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis online. Akan tetapi, harus diingat bahwa jika menginginkan trik pemasaran lebih efektif, sebaiknya tidak lagi menggunakan blog gratisan sebagai platform website resmi perusahaan atau bisnis. Berinvestasi dengan menggunakan jasa web hosting yang bermutu dan membeli domain pribadi agar website dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan terlihat lebih profesional. Dengan memiliki sebuah website (toko online) atau blog akan membuat suatu usaha seakan-akan buka selama 24 jamnonstop. Salah satu yang penting untuk diperhatikan dari web usaha adalah mampu untuk menjelaskan secara rinci tentang produk yang dipasarkan.

2. Direktori bisnisSelain website, tidak ada salahnya mengiklankan bisnis online di direktori bisnis baik lokal, nasional maupun internasional. Direktori bisnis merupakan cara bagus untuk menjaring konsumen potensial yang memang membutuhkan produk. Agar bisnis lebih cepat dikenal, suatu perusahaan harus dapat memastikan untuk tidak pelit informasi ketika memasukkan nama bisnis atau usaha ke dalam daftar direktori. Selain nama, alamat dan bidang bisnis, sebaiknya diberikan juga logo bisnis, foto pelaku bisnis atau foto gedung perusahaan sebagai bagian dari profil bisnis agar pengunjung direktori bisnis tidak merasa ragu ketika hendak melihat-lihat info bisnis. Sebagian besar pengguna internet mencari informasi lewat search engine seperti: Google, Yahoo, Bing dan lain-lain sesuai kata kunci yang mereka ingin cari. Inilah yang perlu dimanfaatkan, suatu perusahaan ataupun pelaku bisnis harus berusaha agar websitenya tampil di posisi terbaik di search engine agar mendapatkan potensi pembeli yang lebih besar. Contoh direktori bisnis yang terkenal misalnya: Yelp.3. Video onlineVideo pemasaran saat ini merupakan strategi manajemen marketing yang menjadi favorit di kalangan pebisnis online. Selain memberi dampak yang lebih besar dibandingkan iklan tertulis, video yang diunggah ke situs seperti YouTube membuat sebuah perusahaan mampu melacak minat calon konsumen dengan melihat jumlah pengunjung, jumlah mereka yang suka dan tidak suka serta komentar yang masuk.

4. Media atau Jejaring SosialSelain website resmi, perusahaan atau bisnis sebaiknya dibuatkan profil media atau jejaring sosial seperti: Facebook dan Twitter. Selain menjadi media pemasaran yang sifatnya lebih personal, media sosial juga membuat komunikasi antar perusahaan dan calon konsumen menjadi lebih mudah. Seperti direktori bisnis, suatu perusahaan atau pelaku bisnis selayaknya membuat profil yang cukup lengkap agar calon konsumen bisa merasa lebih yakin tentang kredibilitas bisnis dan selalu memperbaharui status atau berita serta menanggapi pertanyaan pengunjung di profil yang telah disediakan.5. E-mail MarketingSelain menggunakan website dan jejaring sosial, suatu perusahaan atau pelaku bisnis dapat memanfaatkan e-mail sebagai media promosi. Pemberitahuan mengenai produk terbaru yang dikirimkan via e-mail kepada calon pembeli akan terasa lebih tepat sasaran. Sehingga kegiatan promosi produk semakin mudah dan murah.

6. Komunitas atau ForumForum atau tempat diskusi lainnya juga bisa menjadi sarana yang bagus untuk promosi produk. Perusahaan atau pelaku bisnis perlu memanfaatkan tool signature untuk memberikan link menuju web perusahaan.

7. Promosi Bisnis Melalui Iklan GratisDi internet, sudah menjamur layanan iklan gratis online yang artinya suatu perusahaan atau pelaku bisnis tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk iklan. Suatu perusahaan cukup registrasi ke situs iklan dan membuat iklan produk ke situs tersebut.

8. Memasang banner di situs lainSuatu perusahaan atau pelaku bisnis bisa mencoba memasang banner produk yang mengarah ke website usaha. Lebih tepat sasaran jika bisa memasang banner usaha di situs atau blog yang mempunyai banyak pengunjung setiap harinya. Hal ini bertuj