Draf asni ayu

download Draf asni ayu

of 42

  • date post

    12-Aug-2015
  • Category

    Business

  • view

    57
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of Draf asni ayu

  1. 1. 1DRAF SKRIPSINama : AsniNIM : 068.01.01.2009Judul : Pola Pembinaan Anak dan Pengaruhnya Terhadap PembentukanAkhlakul Karimah Di SDN Nomor 231 Inpres KapungrenganKecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.A. Latar Belakang MasalahOrang tua merupakan pendidik utama dan utama bagi anak-anak mereka,maka dari orang tua sehingga anak menerima pelajaran (tuntunan). Orang tua atauibu dan ayah sangat memegang peranan yang paling penting dan amatberpengaruh bagi pembentukan akhlak anak mulai dari sejak lahir, remaja danhingga ia beranjak dewasa. Islam memerintahkan bagi kepada orang tua betindaksebagai kepala rumah tangga dan pemimpin bagi keluarganya kewajiban untukmemelihara keluarganya berkewajiban untuk memelihara keluarganya dari apineraka. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S. At-Tahrim: 6.
  2. 2. 2 Terjemahnya:Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari apineraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikatyang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yangdiperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yangdiperintahkan.1Oleh karena itu, orang tua harus menanamkan akhlak yang baik kepadaanak-anaknya sebagai pondasi dalam pembentukan kepribadian berhasiltidaknyaorang tua mendidik anaknya tergantung dari upaya pembinaan akhlakyang diterapkan dari usia hingga remaja.Berkaitan dengan pembahasan di atas, Drs. H.M. Arifin mengatakan: keluarga tidak hanya sebagai persekutua hidup antara orang tua dan anak,tetapi juga menjadi arena dimana anak mendapatkan pendidikan pertamabagi rohani maupun jasmani. Pendidikan pertama ini sangat mempengaruhijalan anak dimasa depannya.2Pembinaan akhlak adalah sangat mutlak dibutuhkan bagi manusia padaumumnya dan anak remaja pada khususnya, agar mampu dan berperan positifbagi dirinya, keluarganya dan masyarakat yang ada di sekililingnya serta bangsadan agamanya. Akhlak memang memegang peranan penting bagi kekuatan,kesejahteraan hidup dan kehidupan manusia, begitu juga dengan pengaruh mentalitu sangat besar pengaruhnya dalam menentukan berbagai segi kehidupan. Oleh1Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya (Bandung: Diponegoro, 2010), h.5602M. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah danKeluarga (Cet. III; Jakarta: Bulan Bintang, 1997), h. 85.
  3. 3. 3sebab itu keterangan jiwa adalah modal utama yang harus dipenuhi oleh setiaporang yang merindukan kebahagiaan hidup dan terlepas dari gejala-gejala dankelainan-kelainan yang disebut penyakit jiwa.Islam memberikan perhatian yang sangat serius terhadap keluarga. Sejakfase pra nikah, islam telah memberikan pengarahan bagaimana seseorang harusmemilih pasangan hidupnya serta apa yang boleh dan tidak boleh di lakikan.Islam juga mengatur bagaimana seseorang melangsungkan pernikahan hinggabagaimana menjalani kehidupan berkeluarga. Semua itu sangat penting agartumbuh mawaddah wa rahma,3 atau dengan kata lain agar muncul keluargakeluarga yang baik dan sukses dan dapat dipahami pula bahwa orang yang sehatmentalnya dapat melakukan adaptasi dengan lingkungannya, dengan mudah dapatmenempatkan diri pada perubahan sosial dan dapat merasakan kepuasan karenatelah terpenuhi kebutuhannya.Salah satu faktor yang paling utama yang mendasari keberhasilan dankegagalan masyarakat bangsa dan negara, kemenangan dan kekalahannya adalahfaktor moral, yang demikian nyata dan mencolok perannya sehingga tak seorangpun dapat menyangkalnya. Sebagaimana kata seorang penyair mesir Syauki Bik3Isham bin Muhammad Asy-Syarif, Keluarga Sehat Tampa Maksiat (Cet. I; Surakarta-Jawa tengah, 2008), h. 5.
  4. 4. 4mengatakan Suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas akhlaknya jikaakhlak rusak, hancurlah bangsa tersebut.4B. Rumusan masalahBerdasarkan latar belakang masalah yang ada, penulis sangat tertarik untukbisa mengetahui tentang Pola Pembinaan Anak dan Pengaruhnya TerhadapPembentukan Akhlakul karimah di SDN 231 Inpres Kapunrengan KecamatanMangarabombang Kabupaten Takalar. Oleh karena itu, penulis mengemukakanbeberapa rumusan masalah yang menjadi topik pembahasan dalam proposal iniyaitu antara lain:1. Bagaimana pembinaan Anak di SDN 231 Inpres Kapunrengan KecamatanMangarabombang Kabupaten Takalar?2. Bagaimana Akhlak Anak di SDN 231 Inpres Kapunrengan KecamatanMangarabombang Kabupaten Takalar?3. Bagaimana pengaruh Pola Pembinaan Anak Terhadap Pembentukan Akhlakulkarimah di SDN 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan MangarabombangKabupaten Takalar?C. HipotesisSesuai dengan latar belakang di atas, hipotesis atau dugaan sementara yangdiajukan dalam mengemukakan jawaban sementara terhadap permasalahan-4http://blog.re.or.id/krisis-akhlak-ummat-islam.htm, diakses tgl 12 Desember 2012.
  5. 5. 5permasalahan yang telah dikemukakan, maka bagian ini penulis memberikanjawaban sementara sebagai berikut :1. Diduga bahwa kurangnya pembinaan Anak di SDN 231 Inpres KapunrenganKecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.2. Diduga Akhlak Anak di SDN 231 Inpres Kapunrengan KecamatanMangarabombang Kabupaten Takalar masih perlu dibina.3. Diduga bahwa ada pengaruh Pola Pembinaan Anak Terhadap PembentukanAkhlakul karimah di SDN 231 Inpres Kapunrengan KecamatanMangarabombang Kabupaten Takalar.D. Tujuan dan manfaat penelitianSetiap kegiatan penelitian mutlak terdapat tujuan dan kegunaan yang ingindicapai, baik oleh diri peneliti sendiri mauapun terhadap pihak-pihak lain denganmotivasi tertentu pula secara ilmiah maupun secara pralitis. Adapun tujuan dankegunaan penelitian dapat dicermati satu persatu sebagai berikut :1. Tujuan penelitiana. Untuk mengetahui Bagaimana pembinaan Anak di SDN 231 InpresKapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.b. Untuk mengetahui keadaan Akhlak Anak di SDN 231 InpresKapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.
  6. 6. 6c. Untuk mengetahui pengaruh Pola Pembinaan Anak TerhadapPembentukan Akhlakul karimah di SDN 231 Inpres KapunrenganKecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.2. Kegunaan Penelitiana. Kegunaan ilmiah : sebagai wujud simbangsih penulis terhadap upayapeningkatan perbendaraan karya-karya ilmiah dalam spesipikasi bidangpengembangan intelektual dan spiritual, sehingga konsep-konsep yangtelah ada akan lebih detail dan komprehensip dengan adanya karya tulisini, baik eksitensinya sebagai pembanding, pelengkap, maupunpenambah kerangka berpikir pendidik dalam upaya pembentukankepribadian santri yang disosialisasikan oleh para pembaca. Khususnyapara pendidik dimasa yang akan datang.b. Kegunaan praktis, dengan tercapainya tujuan penelitian ini, diharapkandapat bermanfaat terhadap peningkatan mutu pendidikan utamanyapemanfaatan perpustakaan untuk meningkatkan proses pembelajaranE. Definisi operasionalJudul Skripsi ini adalah Pola Pembinaan Anak dan Pengaruhnya TerhadapPembentukan Akhlakul karimah di SDN 231 Inpres Kapunrengan KecamatanMangarabombang Kabupaten Takalar
  7. 7. 7Untuk menghindari terjadinya penafsiran yang keliru dari pembaca dalammemahami maksud yang terkadung di dalam proposal skripsi ini, maka penulislebih dahulu menjelaskan istilah yang tercakup di dalamnya atau judul tersebut.1. Mental anakMental anak diartikan semua unsur jiwa termasuk pikiran, emosi, sikap danperasaan yang dalam keseluruhan dan kebutuhannya akan menentukan coraklaku dalam menghdapi suatu hal yang mengenakkan perasaan, mengecewakanatau menggemberikan atau sebaliknya.52. Akhlakul karimahAkhlakul karimah secara bahasa dari kata bahasa Arab khuluqun yangberarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat dan hbungannya dengankata khalik yang artinya pencipta.6 Adapun akhlakul karimah artinya mulia.Menurut Muhammad bin Illaan Ash-Shadieqi Akhlak adalah suatupembawaan dalam diri manusia, yang dapat menimbulkan perbuatan baikdengan cara mudah (tampa dorongan dari orang lain).7Menurut Ibrahim Anis Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yangdengannya lahirlah macam-macam perbuatan, baik dan buruk tampamembutuhkan pemikiran dan pertimbangan.8 Jadi yang penulis maksuddengan pembentukan akhlakul karimah adalah pembentukan akhlak atau sifat5Zakariah Daradjat, Pendidikan Agama dalam Pembinaan Agama dalam PembinaanMental (Cet. IV; Jakarta: Bulan Bintang, 1982), h. 396A. Mustafa, Akhlak Tasawuf (Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 1997)7http://www.bloger.com/post-create.g?blogID diakses 12 Desember 20128A. Mustafa, lot.cit.
  8. 8. 8yang baik dan mulia pada jiwa seorang anak yang timbul di setiap kalibertindak sesuai dengan tingkat pertumbuhannya.F. Garis besar isi SkripsiUntuk memperoleh gambaran, umum dari skripsi ini, penulis akanmengemukakan secara ringkas tentang garis besar isi skripsi sebagai berikut:Bab I, yaitu penedahuluan, dalam bab ini diuaraikan yang melatarbelakangi maslah yang akan dibahas, merumuskan masalah yang menjadi bahanpenelitian, Pengertian Judul dan Definisi Operasional, kemudian menetapkantujuan dan kegunaan penelitian, serta menyusun garis besar isi skripsi.Bab II yaitu membahas mengenai tinjauan pustaka, dalam bab ini diuraikan mengenai sekolah yang menguraikan tentang pengertian, funsi, peranansekolah terhadap pembinaan akhlak anak serta rumah tangga sebagai penunjangpembentukan akhlakul karimahBab III, yaitu metodologi Penelitian, dalam bab ini di uraikan mengenaipopulasi, presedur pengumpulan data, instrumen penelitian, pengolahan dananalisis data.G. Tinjauan PustakaA. Pembinaan Mental Anak1. Pengertian pembinaan mental Anak
  9. 9. 9Pembinaan berasal dari kata bina yang mendapat awalan ke- danakhiran-an yang berarti bangun/ bangunan. Dalam kamus besar bahasaindonesia, pembinaan diartikan sebuah proses, perbuatan, cara membina,pembaharuan, penyempurnaan usaha, tindakan dan kegiatan yang dilakukansecara berdaya guna dan berhasil guna untuk memperoleh hasil yang lebihbaik.9 Dalam artian secara praktis, pembinaan adalah suatu usaha dan upayayang dilakukan secara sadar terhadap nilai-nilai yang dilaksanakan oleh orangtua. Seorang pendidik, atau tokoh masyarakat denga