Download-0b Petunjuk Penulisan JLP Utk Sampul Belakang Dalam 2012

download Download-0b Petunjuk Penulisan JLP Utk Sampul Belakang Dalam 2012

of 1

Transcript of Download-0b Petunjuk Penulisan JLP Utk Sampul Belakang Dalam 2012

  • 7/23/2019 Download-0b Petunjuk Penulisan JLP Utk Sampul Belakang Dalam 2012

    1/1

    a. Artikel JLP meliputi hasil pemikiran dan

    hasil penelitian di bidang kependidikan.Naskah diketik dengan huruf Book Antiqua(ukuran 11 point, spasi exactly 24 point),dicetak pada kertas A4 dengan jumlah ha-laman minimal 15 dan maksimal 20. Naskahdiketik dengan Microsoft Word dan dise-rahkan ke pengelola JLP dalam bentukprint-out sebanyak 2 eksemplar beserta CD yangberisisoftcopyfile naskah.

    b. Nama penulis artikel dicantumkan tanpagelar akademik dan ditempatkan di bawahjudul artikel. Lalu, berturut-turut dicantum-kan nama institusi tempat bekerja atau lem-

    baga tempat berafiliasi beserta alamat leng-kapnya, disusul dengan alamat email yangmasih aktif.

    c. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia ataubahasa asing (Inggris dan Arab) dengan for-mat esai, disertai judul pada tiap-tiap bagianartikel, kecuali bagianpendahuluanyang disa-jikan tanpa judul bagian. Judul artikel dice-tak dengan huruf kapital dalam posisicenter,dengan besaran huruf 11 point. Peringkatjudul bagian dinyatakan dengan jenis hurufyang sama (semua judul bagian dan subba-gian dicetak tebal atau tebal dan miring),

    dantidak menggunakan angka/nomor pada judulbagian.Contohnya:

    PERINGKAT 1(HURUF BESAR, TEBAL, RATA TEPIKIRI)

    Peringkat 2(Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)

    Peringkat 3(Huruf Besar-Kecil, Tebal dan Miring, RataTepi Kiri)

    d. Sistematika artikel hasil pemikiran adalah:

    judul; nama penulis; nama dan alamat ins-titusi tempat bekerja; alamat email; abstrak(minimum 75 kata dan maksimum 100 kata);kata kunci; pendahuluan (berisi latar bela-kang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan);bahasan utama (dapat dibagi dalam bebe-rapa subbagian); simpulan; end note (catatanakhir), dan daftar pustaka.

    e. Sistematika artikel hasil penelitian adalah:judul; nama penulis; nama dan alamat ins-titusi tempat bekerja; alamat email; abstrak(minimum 100 kata dan maksimum 150 katayang berisi tujuan, metode, dan hasil peneli-

    tian); kata kunci; pendahuluan (berisi latar

    belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tu-

    juan penelitian); metode; hasil; pembahasan;simpulan dan implikasi penelitian; end note(catatan akhir), dan daftar pustaka.

    f. Sumber rujukan sedapat mungkin merupa-kan pustaka dalam 10 tahun terakhir. Rujuk-an yang diutamakan adalah sumber-sumberprimer berupa laporan penelitian (termasukskripsi, tesis, dan disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/ataumajalah ilmiah.

    g. Perujukan dan pengutipan menggunakanteknik end note(catatan akhir) dan bukan innote ataufootnote. Sumber yang dirujuk dan

    dikutip dari buku ditulis seperti contohberikut:

    Lexy J. Moleong, Metodologi PenelitianKualitatif, Bandung: PT Remaja RosdaKarya, 1995, h. 100.

    Jika sumber buku tersebut dikutip lagi untukkedua kalinya, maka ditulis seperti contohberikut:

    Lexy J. Moleong, Metodologi PenelitianKualitatif, h. 105.

    h. Daftar Pustaka ditulis secara alpabetis seperticontoh berikut:

    Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian

    Kualitatif, Bandung: PT. Remaja RosdaKarya, 1995.

    i. Semua naskah ditelaah oleh mitra bestari(reviewers) yang ditunjuk oleh pengelola JLPmenurut bidang kepakarannya. Penulis arti-kel diberi kesempatan untuk melakukan per-baikan naskah atas dasar rekomendasi/sarandari mitra bestari atau pengelola JLP. Kepas-tian pemuatan atau penolakan naskah akandiberitahukan secara tertulis.

    j. Setiap penulis harus melampirkan Curricu-lum Vitae yang meliputi: nama lengkap dangelar akademik, tempat dan tanggal lahir,pendidikan terakhir dan bidang keahliannya,lembaga tempat bertugas, jabatan yang di-pangku (jika ada), alamat lengkap (lembaga/rumah), dan nomor kontak pribadi (nomorHP dan alamat email).

    k. Naskah dapat dikirim ke alamat redaksi:Kantor Jurnal Lentera PendidikanGedung V Fakultas Tarbiyah dan KeguruanUIN Alauddin MakassarJl. Sultan Alauddin No. 63 Makassar 90221.

    l. Untuk komunikasi dapat menghubungicon-tact number: 081342339010 dan alamat email:

    [email protected]

    PETUNJUK BAGI CALON PENULISJURNAL LENTERA PENDIDIKAN (JLP)