Diktat Dreamweaver

of 40 /40
STMIK SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER NURDIN HAMZAH JAMBI

Embed Size (px)

Transcript of Diktat Dreamweaver

STMIKSEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER NURDIN HAMZAH JAMBI

DIKTAT SINGKAT MACROMEDIA DREAMWEAVER( Hanya Untuk Kalangan Sendiri )

SEMESTER GANJIL JURUSAN SISTEM INFORMASI

PENDAHULUANDreamweaver adalah sebuah program website editor yang berfungsi untuk

membuat dan mendesain website secara utuh berdasarkan layout, header, dan template sendiri. Kehandalan dari Dreamweaver sendiri yaitu kemudahan dalam membuat dan mendesain website tanpa harus menulis tag-tag HTML satu persatu walalupun program ini tetap bisa digunakan untuk mendesain website menggunakan kode-kode tersebut karena pada saat membuat program dapat dibagi mejadi tampilan design, tampilan kode, atau dua-duanya. Disamping itu Dreamweaver dapat melakukan pengecekan spelling dan check vaidator kode-kode agar sesuai dengan standar. Salah satu metode yang digunaan saat pembuatan website adalah dengan klik dan drag yang dapat mempermudah kita dalam membuat website dengan cepat, mudah, menarik, dan interaktif.

Dreamweaver

juga mempunyai kemampuan untuk mendukung pemrograman

Server side dan Client side. Server side digunakan untuk memproses data yang berhubungan dengan server, misalnya pengolahan database. Client side merupakan bahasa pemrograman tambahan sekaligus sebagai pelengkap dari bahasa pemrograman lainnya.

Dalam dunia maya (internet) kita mengenal beberapa istilah tentang web, www, website, web pages, dan homepage. Bagi orang awam,istilah tersebut bisa saja diartikan sama. Ada sebagian masyakat kita mencantumkan alamat imbuhan, misalnya homepage: www.toolkits.com atau dengan website:

www.desain2u.com atau alamat situs: www.entahkenapa.com dan lain-lain. Memang, sah-sah saja mencantumkan beberapa kalimat tersebut karena memang intinya sama yaitu mencantumkan alamat situs yang dapat dikunjungi. Untuk mengetahui arti yang sebenarnya, di bawah ini terdapat sedikit ulasan beberapa istilah dalam internet yang sering ditemui. www (Word Wide Web) :

merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama-sama.

Web adalah fasilitas hypertext yang mampu menampilkan data berupa teks, gambar, suara, animasi, dan multimedia lainnya, di mana di antara data-data tersebut saling terkait dan berhubungan satu dengan yang lainnya. Untuk memudahkan dalam membaca data tersebut diperlukan sebuah webbrowser seperti Internet Explorer, Netscape, Opera, maupun Mozilla Firefox

Website (situs web) : merupakan tempat penyimpanan data dan informasi berdasarkan topik tertentu. Diibaratkan website ini seperti buku yang berisi topik tertentu.

Web Pages (halaman web) : merupakan sebuah halaman khusus dari situs web tertentu. Diibaratkan halaman web ini seperti halaman khusus dari buku. Homepage : merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web. Mendesain web bukan merupakan pekerjaan yangberat dan bukan merupakan pekerjaan yang ringan. Apa maksudnya? Merancang web bukanlah pekerjaan yang berat artinya siapapun bisa menguasai dan membuatnya asalkan memiliki kemauan untuk belajar. Namun merancang web (web design) bukanlah pekerjaan yang ringan artinya tidak semua orang memiliki kemampuan yang luas tentang beberapa aspek yang harus diketahui agar tampilan web menarik sehingga banyak pengunjung yang datang. Sebagai contoh, ketika kita membuat sebuah homepage (halaman utama web) sangat lama proses aksesnya. Mengapa hal itu bisa terjadi? Itu semua diakibatkan tidak adanya ketentuan besarnya file halaman utama tersebut. Agar halaman web kita mudah diakses oleh para pengunjung tentunya harus memiliki pengetahuan dalam mendesain sebuah web. Maka diperlukan teknik pembuatan interface (halaman muka) sebuah website menggunakan Adobe Photoshop/CorelDraw kemudian diolah menggunakan

Macromedia Dreamweaver. Selanjutnya, dipercantik dengan tambahan animasi yang dibuat menggunakan Macromedia Flash. Jadi kita menggunakan 3 tools untuk membuat situs yang inovatif dan kreatif secara profesional.

MERANCANG WEBWeb yang sering dikunjungi orang merupakan nilai plus bagi seorang web designer. Banyaknya pengunjung yang datang dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan seseorang dalam merancang dan mengembangkan sebuah website profesional. Ada beberapa unsur yang mempengaruhi keberhasilan tersebut, diantaranya: mudah digunakan, proses koneksi cepat, tampilan menarik, perpaduan warna sangat tepat, navigasi mudah dipahami dan digunakan, isi artikel sangat berguna, dan masih banyak lagi unsur lain. Semua itu bergantung pada respon pengunjung/ pengguna terhadap website yang kita buat.

Saat ini website sudah menjadi salah satu bagian dari identitas sebuah institusi, sama pentingnya dengan alamat perusahaan. Website dapat dijadikan guide bagi pelanggan untuk mengetahui lebih jauh tentang profil sebuah institusi secara online. Ada beberapa kelebihan dan Manfaat website sehingga banyak orang

membutuhkan kehadirannya, diantaranya: Memiliki alamat secara online Jangkauan tanpa batas sehingga dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia dalam waktu yang tak terbatas (24 jam sehari tanpa henti). Dapat berfungsi sebagai identitas pribadi/perusahaan tentang profil diri agar dapat diketahui oleh para customer dalam menjalankan bisnis sehingga komunikasi dapat berjalan dengan mulus. Situs personal dapat berfungsi sebagai juru bicara untuk menuangkan ide, gagasan, kritik, saran, berbagi ilmu, dan suara hati lainnya yang ingin dituangkan ke dalam situs melalui tulisan. Pada akhirnya menjadi image branding terhadap orang yang bersangkutan. Hal ini sudah dilakukan oleh banyak orang, dan ini terbukti banyaknya orang selebritis IT hanya karena tulisan yang ada di situs pribadinya. Menjadi cermin pribadi maupun citra perusahaan apabila fitur yang disediakan cukup interaktif dan dinamis. Semua manfaat itu tidak akan terwujud jika bentuk dan fitur website amburadul. Itu semua sangat bergantung pada sang web developer dalam memvisualisasikan profil perusahaan ke dalam website. Meskipun demikian, sebagai pemilik situs juga

harus ikut terlibat dalam pembentukan dan pengembangan website yang interaktif dan dinamis agar sesuai dengan sasaran dan tujuan yang ingin dicapai. Hal inilah yang jarang disadari oleh para pemilik situs. Umumnya para pemilik situs mempercayakan seluruh pengembangannya kepada sang web developer Berikut ini ada beberapa tips untuk calon pemilik situs dalam memberikan masukan kepada pengembang web agar pembuatan situs dapat berjalan dengan lancar sehingga tidak melenceng dari sasaran dan tujuan. Melakukan survei dengan mesin pencari (search engine) tentang contoh situs yang sudah ada dan situs pesaing bisnis yang udah muncul. Pelajarilah dengan seksama terhadap situs tersebut, jika perlu tulislah poin-poin penting yang menjadi andalan situs tersebut. Hal ini akan sangat membantu dalam menentukan isi situs yang akan ditampilkan. Dari hasil survei tersebut, tulislah keinginan Anda tentang isi situs yang akan dibuat secara detail. Catatan tersebut menjadi acuan untuk memilah-milah bagian yang penting dan yang tidak penting. Jika memiliki anggaran yang terbatas, maka poin-poin yang penting dapat didahulukan untuk ditampilkan. Buatlah sketsa tata letak halaman (coretan di atas kertas menggunakan pensil untuk membuat kotak-kotak yang dinamai). Bayangkan tentang tata letak (layout) web yang akan dibuat, Susunlah bagian yang akan ditonjolkan (eyecatching) pada atas terlebih dulu dan yang tidak penting pada bagian yang lain. Usahakan membuat pula halaman lain jika masing-masing halaman terdapat perbedaan bentuk. Susunlah kata kunci (keyword) yang digunakan sebagai acuan pencarian. Pikirkanlah secara seksama tentang isi situs Anda untuk menentukan kata kunci yang tepat agar pengguna dapat menemukan situs Anda secara cepat berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Jika memiliki beberapa kata kunci, urutkan kata kunci tersebut berdasarkan prioritas. (misal: datakom, lintas, buana, penebit, buku, bermutu). Periksa kembali data-data dalam situs sebelum di-launching. Hal ini untuk memudahkan dalam perbaikan situs sebelum diletakkan secara on-line.

KATEGORI WEBMeskipun belum ada situs resmi yang membuat kategori tentang sebuah website, berikut ini terdapat informasi yang sedikit membantu dalam mengelompokkan website berdasarkan kategori.

SITUS BISNIS DAN EKONOMI: Asosiasi & Organisasi, E-commerce dan Jasa, Finansial & Investasi, Bussines Center, dan lain-lain. SITUS BERITA DAN MEDIA : Buku, Majalah, Media Online, Portal Berita, Radio, Surat Kabar, Tabloid, Televisi, dan lain-lain. SITUS HIBURAN : Film, Games (Permainan), Humor, Musik, Ringtones, Selebritis, dan lain-lain SITUS PRIBADI : Galeri Foto, Blog / Weblog, Website Pribadi, Mahasiswa, Teman dan Keluarga, Tentang Remaja, Tips dan Trik, dan lain-lain. SITUS INFORMASI : Bisnis dan Ekonomi, Informasi Kerja, Informasi Kota, Gaya Hidup, Jual Beli, Sains dan Teknologi, dan lain-lain. SITUS KOMPUTER DAN INTERNET : Database, Desain Grafis, Hacking, Internet dan Web, Jaringan, Multimedia, Pemrograman, Perangkat Keras, Perangkat Lunak, Tutorial, dan lain-lain. SITUS ORGANISASI :Bisnis, LSM, Politik, Profesional, Keagamaan, Sains dan Teknologi, Sosial, dan lain-lain. SITUS OLAH RAGA : Olah Raga Air, Baseball, Bela Diri, Basket, Bola Voli,

Bowling, Bulu Tangkis, Catur, Golf, Otomotif, Sepak Bola, Skateboard, Tenis, Tinju, dan lain-lain. SITUS KESEHATAN: Asosiasi, Fitness dan Spa, Medis, Pengobatan Alternatif, Rumah Sakit, dan lain-lain. SITUS PEMERINTAH : Lembaga Pemerintah, Hukum, Kedutaan Asing, Kedutaan Indonesia, Politik, Kementerian, Militer, Organisasi, Perwakilan Kota, dan lain-lain SITUS PENDIDIKAN : Anak-anak, Asosiasi Mahasiswa, Dakwah, Edukasi, Bahasa, Komputer, Kursus dan Pelatihan, Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah, dll SITUS REFERENSI : Ensiklopedi, Kamus, Perpustakaan, Sejarah, Museum, Peta, dan Lain-lain

SITUS REGIONAL : Aceh, Jambi, Bali, DKI Jakarta, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, dan lain-lain SITUS REKREASI : Candi, Danau, Gunung, Kolam Renang, Laut, Bioskop, Games, dan lain-lain SITUS SAINS DAN TEKNOLOGI : Riset, Penelitian, Teknologi Terpadu, Teknologi Tepat Guna, dan lain-lain SITUS SENI DAN KERAJINAN : Barang Antik, Kerajinan, Kultur dan Tradisi, Museum dan Galeri, Sastra, Seni Peran (Acting), Seni Visual, Seni Desain, dll SITUS SOSIAL DAN BUDAYA : Agama, Anak-anak, Hobi, Keluarga, Komunitas, Lingkungan, dan lain-lain SITUS WISATA : Agen Wisata, Aktivitas, Hotel, Informasi dan Tips, Jasa Transportasi, Restoran, Petunjuk Wisata, dan lain-lain

DASAR-DASAR PEMILIHAN WARNA Seperti telah dijelaskan di awal, pemilihan warna yang tepat sangat mempengaruhi respon pengunjung terhadap situs kita. Pilihlah warna sesuai dengan tema dalam situs tersebut. Sebagai contoh, jika situs berisi informasi tentang wisata pilihlah warna yang modern. Misalnya warna merah, biru, orange, dan lain sebagainya. Intinya pilihlah warna yang eye cacthing bagi pengguna agar menimbulkan rasa ingin tahu tentang informasi penting dalam situs tersebut. Memang, pemilihan warna sebuah situs bergantung pada warna yang disukai oleh si pembuat itu sendiri dan selera pemilih situs. Para pengembang web harus mengikuti kemauan para pemesan, yang notabene pemilik situs. Pengembang web perlu meminta referensi kepada calon pemesan tentang warna yang disukai agar ketika sampai proses pengembangan tidak terjadi perubahan warna yang sangat drastis. Pengembang juga tidak boleh memaksakan diri untuk memilih warna sesuai seleranya.

Warna sebuah situs memiliki makna tersendiri, dan hanya pemilik situs saja yang tahu tentang makna tersebut. Berikut ini terdapat ulasan mengenai makna warna yang dapat diterapkan ketika membangun sebuah situs yang profesional. Warnawarna tersebut memiliki makna yang positif dan negatif karena warna tersebut sangat mempengaruhi emosional pengunjung untuk menentukan langkah

selanjutnya. Warna dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu: warna sejuk, warna hangat, dan warna netral.

WARNA-WARNA SEJUK : Biru, Hijau, Ungu, Pirus dan Perak. Warna-warna sejuk cenderung berpengaruh memberikan perasaan tenang bagi yang melihatnya. Meskipun digunakan sendiri, warna-warna ini bisa mempunyai rasa dingin atau impersonal, Berikut ini makna dari warna dalam kategori sejuk:

Biru - Positif: keheningan, mencintai, kesetiaan, rasa aman, percaya, intelligence, berhubungan dengan ilmu pengetahuan (sciences) - Negatif: kedinginan, ketakutan

Hijau - Positif: berhubungan dengan uang, pertumbuhan, kesuburan, kesegaran, (penyembuhan/pengobatan), healing, keteduhan - Negatif: iri hati, kecemburuan, kesalahan, kekacauan

Ungu Ungu adalah kombinasi biru dan merah, oleh sebab itu ditemukan baik kategorikategori hangat maupun sejuk - Positif: raja, kaum ningrat, spirituality, kemewahan, ambition - Negatif: misteri, kemasgulan

Pirus - Positif: rohani, sembuh, perlindungan, canggih (sophisticated) - Negatif: cemburu, kewanitaan

Perak - Positif: glamor, tinggi, anggun, halus dan rapi (sleek) - Negatif: pengkhayal, tidak tulus

WARNA-WARNA HANGAT : Merah, merah muda, kuning, orange, ungu, dan emas. Warna hangat cenderung mempunyai suatu efek kegairahan bagi yang

melihatnya. Oleh karena itu ketika warna ini digunakan sendiri dapat menstimulasi, membangitkan emosi kekerasan/kehebatan dan kemarahan. Berikut ini makna dari warna dalam kategori sejuk:

Merah - Positif: cinta, energi, kuasa, kekuatan, penderitaan, panas - Negatif: kemarahan, bahaya, peringatan, ketidaksabaran

Merah muda - Positif: sehat, bahagia, feminin, rasa kasihan, manis, suka melucu - Negatif: kelemahan, kewanitaan, ketidak dewasaan

Kuning - Positif: terang/cerdas, energi, matahari, kreativitas, akal, bahagia - Negatif: penakut, tidak bertanggungjawab, tidak stabil

Orange - Positif: keberanian, kepercayaan, kehangatan/keramahan, keakraban, sukses - Negatif: ketidak-tahuan, melempem, keunggulan

Ungu Warna ungu ditemukan di dalam kedua-duanya warna dingin dan hangat - Positif: royalti, kebangsawanan, kerohanian, kemewahan, ambisi - Negatif: kegaiban, kemurungan

Emas - positif: kekayaan, kemakmuran, berharga, tradisional - negatif: ketamakan, pemimpi

WARNA-WARNA NETRAL : Coklat, berwarna coklat, gading, kelabu, putih dan hitam. Warna netral adalah suatu pemilihan agung untuk bergaul dengan suatu palet (lukis) hangat atau dingin. warna-warna netral sangat baik untuk latar belakang dalam suatu situs. Tambahkan warna hitam untuk menciptakan suatu yang lebih

gelap dan keteduhan tentang suatu warna utama. Berikut beberapa makna dari beberapa warna netral:

Hitam - Positif: perlindungan, dramatis, serius, bergaya/anggun,formalitas - Negatif: kerahasiaan, kematian, kejahatan/ malapetaka,kegaiban

Abu-abu - Positif: keamanan, keandalan, kecerdasan/inteligen, padat,konservatif - Negatif: muram, sedih, konservatif

Coklat - Positif: ramah, bumi, keluar rumah, umur panjang, konservatif - Negatif: dogmatis, konservatif

Tan ( wol halus yang masih putih) - Positif: ketergantungan, fleksibel, keriting, konservatif - Negatif: tumpul, membosankan, konservatif

Gading - Positif: ketenangan, kenyamanan, kebersihan/kesucian, hangat - Negatif: lemah, tidak stabil

Putih - Positif: kebaikan, keadaan tak bersalah, kesucian, segar, gampang - Negatif: musim dingin, dingin, jauh Selagi tidak ada kemutlakan pembenaran untuk mewarnai sebuah website, Anda perlu mengetahui sasaran audience, dan mempertimbangkan respon mereka tentang warna yang digunakan. Faktor mendasar yang perlu dipertimbangkan untuk target pengguna/pengunjung adalah perbedaan umur/zaman, perbedaan

tingkatan/kelas, perbedaan jenis kelamin dan keseluruhan kecenderungan warna.

Perbedaan umur/zaman merupakan faktor pokok yang tidak boleh diabaikan. Jika yang menjadi target adalah anak remaja (ABG) dan anak-anak, maka mereka menyukai warna terang, warna dasar, warna primer merah, biru, kuning dan hijau. Berbeda dengan orang dewasa, yang umurnya lebih tua, mereka akan menyukai warna yang lebih gelap, sama dengan warna dari kelompok warna-warna netral. Perbedaan kelas adalah faktor pokok lain yang memiliki pengaruh dalam memilih warna. Sebuah riset di Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa kelas pekerja menyukai warna seperti biru, merah, hijau, dan lain lain. Sedangkan mereka yang lebih terdidik cenderung menyukai yang lebih mengaburkan warna seperti taupe, warna biru langit, celadon, ikan salem, dll.

Perbedaan jenis kelamin merupakan salah satu faktor nyata dalam memilih warna. Pria cenderung menyukai warna dingin (cool) seperti hijau dan biru, sedangkan wanita menyukai warna lebih hangat, yaitu merah dan orange. Jika kita memiliki audience (pendengar/pemerhati) keduanya (laki-laki dan perempuan), yang sebaiknya mempertimbangkan pencampuran beberapa warna dari warna cool dan hangat.

Dengan mengetahui target audience dan efek yang berbeda dari warna yang ditimbulkan, kita memperoleh suatu kemampuan lebih besar untuk menentukan warna apa yang terbaik untuk menarik pengunjung baik pria maupun wanita. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, pengunjung web biasanya menggunakan monitor berbeda, browser berbeda, dan sistem operasi berbeda. Itu hampir mustahil untuk memastikan bahwa warna yang kita buat akan sama pada tiap-tiap komputer seperti halnya dicetak. Jangan hanya terkait dengan perbedaan pada komputer yang berlainan, tetapi bagaimana kita mencoba menjadikan penggunaan warna menjadi konsisten. Bagaimana kita menciptakan suatu palet warna untuk perusahaan, identitas merek, atau warna produk, konsistensi adalah kunci. Gunakanlah warna yang sama pada seluruh usaha pemasaran untuk menciptakan keakraban dengan produk atau perusahaan. Konsistensi akan membantu menarik pengunjung. Warna yang ditampilkan di website harus sama dengan warna dalam bentuk publikasi (booklet, flyer, pamflet, dan lain-lain yang sejenis).

AREA KERJA DREAMWEAVER Pada saat menjalankan Dreamweaver, akan muncul tampilan Starter Page yang biasanya terdiri dari : Open a Recent Item merupakan alternatif untuk membuka file, atau recent file untuk membuka file yang belum terbuka pilih Open pada Starter Page. Bagian Tengah yaitu Create New yang digunakan untuk membuat halaman baru web. Terdapat beberapa macam file untuk format halaman web yang dapat anda buat, sepertiHTML (Hypertext Markup Language), Coldfusion, PHP, Asv JavaScrip, Asv VBSript, JSP, ASP.NET, CSS, dll.

Mengenal Area Kerja Macromedia DreamWeaver Pada Area kerja Macromedia Dreamweaver terdapat berbagai macam fasilitas yang digunakan untuk melakukan semuah kegiatan editing halaman web. Area kerja yang ada dalam program Macromedia Dreamweaver antara lain Title Bar, Menu Bar, Document Toolbar, Documen Window, Panel Group, Workspace Switcher, Tag

Selector, dan Property Inspector, adapun tampilan area kerja Macromedia Dreamweaver seperti pada gambar berikut :

Document Toolbar Title Bar

Menu Bar

Workspace Switcher

Panel Group

Property Inspector Tag Selector Document Window

Menggunakan Menu Bar Untuk membuka document, menyimpan document, menutup document, Serta

perintah lainnya Anda dapat melalui Menu Bar pada jendela Macromedia Dream Weaver, caranya pilih File > Lalu tentukan pilihan perintah yang akan anda gunakan.

Document Window Document Window menampilkan dakumen dari halaman web yang aktif atau document yang sedang di edit. Pada Document Window terdapat Title Bar yang menampilkan Judul Halaman, Fasilitas Zoom, Document Toolbar, dan Tag Selector. Document Toolbar Document Toolbar berisi tombol-tombol yang digunakan untuk mengatur layar kerja document pada Dreamweaver dengan cepat, di antaranya: Show Code View, Show Code and Design Views (Split), dan Show Design.

Tag Selector Tag Selector berfungsi untuk menampilkan tag HTML dari Objek yang terseleksi. Anda dapat memilih untuk memilih keseluruhan elemen dokumen. Tag Selector terdapat pada Document Windows dan terletak di bawah sebelah kiri.

Macam-Macam Tabulasi Tab Common Pada Tab ini terdapat tool yang digunakan untuk membuat dan menyisipkan objek ke dalam halaman web, seperti membuat Hyperlink, Tabel, Gambar, Media, dan lain sebagainya. Berikut gambar Tab Common.Email Link Tabel Media Comment Tag Chooser

Hyperlink

Named Achor

Images

Date

Template

Tab Layout Pada Tab ini berisikan tool-tool yang berfungsi untuk membuat layout halaman web, seperti membuat tabel, frame dan lain sebagainya. Berikut gambar Tab Layout.Layout Tabel Insert Row Above Insert Colom Left Frames

Tabel Draw Layer

Inset Div tag

Draw Insetr Insert Layout Row Colom Celk Belowk Right

Tabular data

Tab Form Tab ini digunakan untuk membuat tampilan website menjadi lebih interaktif karena pengguna dapat memberikan input pada sistem atau website dengan menggunakan tool yang ada dalam tab form.

Form

Hidden Field

Check Box

Radio Group

Jump Menu

File Field

Text Field

Text Area

Radio Button

List Menu

Image Field

Button

Form merupakan sebuah komponen yang digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna web. Dengan adanya penggunaan komponen form, pengguna dapat melakukan pengiputan, pemrosesan dan penyimpanan data. Pengelolaan data tersebut tentunya membutuhkan adanya bahasa pemograman tambahan yang disebut Server Side. Adapun beberapa jenisnya seperti ASP, PHP, dan lain-lain. Properties Elemen-elemen pada FORM : Form Kotak (tabel) dengan garis terputus-putus, berwarna merah berfungsi untuk menampung elemen-elemen form. Text Field Kotak Input yang digunakan untuk memasukkan karakter berupa angka, hurup dan nilai input lainnya. Text Area Sama dengan Text Field hanya pemasukkan karakter bisa lebih banyak. CheckBox Merupakan Objek Pilihan berupa chek list yang digunakan untuk memilih beberapa pilihan diantara semua pilihan Radio Button Merupakan Objek Pilihan yang digunakan untuk memilih satu pilihan diantara semua pilihan List/Menu Daftar Pilihan yang digunakan untuk memilih satu pilihan diantara semua pilihan tersebut Jump Menu Sama seperti List, hanya setiap pilihan terdapat Link

Button Submit Reset

Objek yang digunakan untuk menjalankan Procedur / Event digunakan sebagai pemrosesan data digunakan untuk menghapus data inputan

Tab Text Tab Text berfungsi untuk mengatur format pengaturan teks, paragrap, maupun karakter teks lainnya.

Tab Property Tab Property Inspector berfungsi untuk mengatur atau mengedit property/objekobjek yang ada pada halaman Web. Property Inspector menampilkan semua properti objek ( misalnya objek teks, gambar, tabel ) yang terseleksi pada jendela kerja, dalam property Inspector, anda dapat dengan mudah mengatur atau mengedit properti objek, yaitu dengan memasukkan nilai-nilai parameter yang disediakan. Secara umum Property Inspector terdiri dari Page Property, Image Property, Table Property dan Form Property. Dan biasanya terdapat di lembar document bawah.

Gambar Tab Property Image

TABEL Menbuat halaman Web merupakan hal yang sangat penting karena akan menentukan hasil dari website. Sebuah Website dengan tampilan yang menarik dapat mendorong pengunjung untuk sering mengakses website tersebut. Halaman web yang baru tentu belum memiliki banyak objek yang dimasukkan ke dalamnya, padahal dengan adanya beberapa objek akan dapat menghasilkan sebuah halaman web yang menarik. Dalam web menyediakanfasilitas untu membuat suatu layout halaman web dengan Tabel, anda dapat menempatkan komponen-komponen seperti teks maupun gambar dengan teratur, di samping memberikan warna pada tiap-tiap tabel tersebut, sehingga dapat menghasilkan tampilan web yang serasi.

Membuat Tabel 1. Siapkan Layout (tampilan tabel yang akan anda buat) terlebih dahulu, sehingga memudahkan kita untuk membuat tampilan Interface Website yang akan kita buat. 2. Bagian-bagian Tabel merupakan salah satu bagian terpenting dalam pembuatan sebuah web yang terdiri dari: Rows Columns Tabel Width Border Thicknes Cell Spacing Cell Padding : Baris pada tabel : Kolom pada tabel : Lebar tabel : Ketebalan garis pada sisi tabel : Jarak antar Sel : Lapisan Sel

Catatan : Pertemuan Antara Rows (baris) dengan Columns disebut dengan Cell

MEMBUAT LINK DAN NAVIGASI Menu yang mudah digunakan (user friendly) dapat membantu pengguna ketika mencari informasi yang dibutuhkan. Sebaiknya menggunakan tombol menu yang umum, seperti: Home, Product, Service, dan Contact Us. Dalam Macromedia Dreamweaver, kita bisa membuat Pop-up Menu, dan Jumping Menu secara mudah. Anda tidak bersusah payah menuliskan script yang panjang dalam bahasa Javascript karena telah disediakan tool yang sangat mudah dan fleksibel.

Membuat Pop-up Menu Keunggulan software Macromedia Dreamweaver dibandingkan dengan aplikasi lain yang sejenis adalah adanya tool untuk membuat menu pop-up yang dibuat dengan bahasa Java. Bagi mereka yang masih awan dengan bahasa Java, tidak perlu bingung karena disediakan panel Behavior untuk mempermudah dalam pembuatan menu pop-up. Sebelum membuat pop-up menu terlebih dulu harus menyiapkan nama file sebagai link. Sebagai contoh: ketika user memilih menu PC maka yang akan muncul adalah pilihan nama computer seperti Acer, HP, BenQ, dan lain sebagainya. Dan ketika user memilih salah satu opsi (missal: Acer) maka akan terhubung ke file tersebut. Dengan demikian, Anda harus membuat beberapa file dengan bentuk interface yang sama seperti halaman utama, yaitu menyimpan dengan nama lain (contoh: Save As > acer.html). Diasumsikan, Anda telah memiliki beberapa file sebagai link yang dimaksud.

1. Pertama kali, klik menu PC yang sudah anda buat pada aplikasi corel atau photosoph. aktifkan salah satu objek gambar tersebut.

2. Jika panel Behaviors belum muncul, aktifkan terlebih dulu dengan cara memilih menu Window > Behaviors.

3. Pada panel Behaviors (berada di sebelah kanan), klik tombol Add (tanda plus) untuk membuka menu

4. Selanjutnya pilih Show Pop up Menu

5. Setelah mengklik pilihan tersebut, maka akan muncul kotak dialog Show Popup Menu yang masih kosong.

6. Pada Tab Contents, masukkan nama menu pada kolom Text (misal: Acer).

7. Kemudian masukkan alamat URL pada kolom Link.

8. Selanjutnya pada kolom Target, pilih _parent

9. Untuk membuat menu yang baru, klik tanda plus (+) di bagian atas. Kemudian lakukan hal sama seperti pada tahap 6.

10. Selanjutnya, klik Tab Appearance untuk mengatur warna teks dan latar belakang pop up menu. Tentukan jenis dan ukuran font yang digunakan. Lalu tentukan pula warna teks dan warna cell ketika mouse berada di atas teks. 11. Klik Tab Advanced untuk menentukan lebar, tinggi dan warna border kotak pop up menu. 12. Klik Tab Position untuk menentukan posisi pop up menu. 13. Setelah selesai klik OK. Untuk melihat hasilnya, klik tombol F12.

14. Untuk mengasah keterampilan Anda, buatlah pop-up menu pada tombol lain.

Membuat Rollover Image

Macromedia Dreamweaver selain menyediakan tool untuk membuat Behaviors/Pop up Menu juga menyediakan tool untuk membuat Rollover Image sebagai tombol. Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menyediakan dua buah gambar yang ukurannya sama tapi warnanya berbeda.

Langkah-langkahnya : 1. Buatlah duplikasi gambar tombol sama pada Corel Draw atau PhotoShop yang telah ada. Misalkan:

Gambar 1 :

Gambar 2 :

2. Selanjutnya pilih menu Insert > Image Objects > Rollover Image.

3. Setelah muncul kotak dialog Insert Rollover Image, berilah nama gambar pada kolom Image name kemudian tentukan gambar asli pada kolom Original Image. Untuk mempermudah pencarian file, klik tombol Browse. Tentukan pula file untuk gambar rollover pada kolom Rollover Image.

4. Masukkan teks alternat pada kolom Alt, lalu tentukan nama file sebagai link ketika tombol tersebut di klik. 5. Untuk melihat hasilnya, tekan tombol F12.

Penggunaan Layer

Layer merupakan elemen Tag Div yang telah dimodifikasi menjadi sebuah elemen berbentuk objek transparan yang digunakan untuk meletakkan sebuah objek gambar, teks dan lainnya. Dengan Layer anda dapat menempatkan sebuah objek secara menumpuk tanpa harus bergeser karena ada objek lain.

Langkahnya : 1. Klik Menu Insert > pilih Layout Objects > Klik Layer

2. Selanjutnya akan muncul kotak/bingkai seperti dibawah, untuk menambahkan objects lakukan seperti menyisipkan sebuah objects gambar/teks. Example Layer:

3. Lakukanlah pengeditan sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan.

Media Flash

Langkah-langkah : Cara 1 : Clik Menu Insert > Pilih Media > Clik Pilihan yang anda inginkan (Flash, Flash Button, Flash Text, dll)

Cara 2 : Clik Tab Common > Click Icon Flash Button > Tentukan Pilihan Button

Membuat Frame dan FramsetPada Dreamweaver terdapat istilah Frame dan Frameset. Frame adalah area dalam jendela browser yang dapat menampilkan dokumen HTML secara terpisah dari area (frame) yang lain. pada umumnya frame dalam halaman web berfungsi untuk membagi halaman web menjadi beberapa area, antara lain untuk menampilkan menu, isi dari dokumen, atau informasi dari website tersebut. Membuat Frames : 1. Buka Lembar Baru HTML 2. Aktifkan Panel Frames > Klik Window > Klik Frames atau Tombol Shift + F12 3. Setelah Aktif Jendela Window Frames di layar Anda 4. Klik Menu Inset > Pilih HTML > Pilih Frames > Klik Left Nested Top atau Pilihan yang lainnya.

5. Lalu Atur Tampilan Propersties sesuai dengan kebutuhan 6. Simpan 1 Persatu nama Frames dengan Pilih Menu File > Klik Save Frame 7. Setelah Frame sudah diberi nama File semua Pilih Menu File > Klik Save All