Diajukan untuk memenuhi sebagian persyaratanguna mencapai...

of 9 /9
KEMAHIRAN MENULIS SYAIR MAHASISWA SEMESTER VI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI TAHUN AKADEMIK 2013/2014 E-JOURNAL Diajukan untuk memenuhi sebagian persyaratanguna mencapai gelar Sarjana Pendidikan ( S.Pd. ) Oleh JUINAR FONY ASTUTI NIM 100388201072 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI TANJUNGPINANG 2014

Embed Size (px)

Transcript of Diajukan untuk memenuhi sebagian persyaratanguna mencapai...

  • KEMAHIRAN MENULIS SYAIR MAHASISWA SEMESTER VI

    JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

    FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

    UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI

    TAHUN AKADEMIK 2013/2014

    E-JOURNAL

    Diajukan untuk memenuhi sebagian persyaratanguna mencapai gelar Sarjana Pendidikan ( S.Pd. )

    Oleh

    JUINAR FONY ASTUTI

    NIM 100388201072

    JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

    FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

    UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI

    TANJUNGPINANG

    2014

  • ABSTRAK Fony Astuti, Juinar. 2014. Kemahiran Menulis Syair Mahasiswa Semester VI

    Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan

    Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji Tahun Akademik

    2013/2014. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali

    Haji.

    Kata kunci : Menulis Syair

    Syair merupakan puisi lama. Kemahiran Menulis Syair harus dimiliki oleh mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia. Rendahnya minat mahasiswa dalam menulis syair berdasarkan cirri-ciri syair merupakan hal yang harus diperhatikan karena syair juga merupakan kebudayaan tradisi melayu. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kemahiran menulis syair berdasarkan pada 6 ciri-ciri syair mahasiswa semester VI Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMRAH.

    Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif dan menggunakan Analisis Kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMRAH sebanyak 131 Mahasiswa. Mengingat banyaknya populasi ini maka diambil sampel sebanyak 40% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 53 mahasiswa.

    Hasil penelitian yang diperoleh adalah Kemahiran Menulis Syair Mahasiswa Semester VI Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIPP UMRAH Tahun Akademik 2013/2014 berkualifikasi Baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa yaitu pada rentang skor 86,45 dengan rata-rata sehingga berada pada kategori Baik.

  • ABSTRACT Fony Astuti, Juinar. 2014.The Ability to write the Syair by students in

    Direction of Bahasa and SastraIndonesia’s Education Faculty of

    Teaching and Education’s Knowledge Universitas Maritim Raja Ali

    Haji in Year of Study 2013/2014. Paper. Direction of Bahasa and Sastra

    Indonesia’s Education Faculty of Teaching and Education’s Knowledge

    Universitas Maritim Raja Ali Haji.

    Keywords : Syair Writing.

    Syair is the one of many kinds the oldest poem. The Ability to write the Syair must have by students in Direction of Bahasa and SastraIndonesia’s. Low interst students in Syair Writing based on the characteristics of Syair it is to be noted, because Syair also an traditional Malay culture. This research is to know how the ability to write the Syair students in Direction of Bahasa and Sastra Indonesia’s Education FKIP UMRAH to look out from the 6 characteristic of Syair.

    This research was used Descriptif Quantitative Method an used Qualitative Analize. Population in this research is the 6 grade’ student in Direction of Bahasa and SastraIndonesia’s Education Faculty of Teaching and Education’s Knowledge FKIP UMRAH amount of 131 students. Look out the population so the research take 40% of sampel from the all of population as in 53 students.

    The result by research is the ability to write syair by students in Direction ofBahasa and Sastra Indonesia’s Education FKIP UMRAH in Year of Study 2013/2014 had qualification in good. It can to look from the average score who had students got in range score 86,45 so that in good category.

  • 1. Pendahuluan

    Saat ini syair sudah hampir punah, di karenakan kurang tertariknya mahasiswa terhadap syair. Seiring berjalannya waktu, pengaruh dari canggihnya tekhnologi saat ini juga bisa menjadi salah satu penyebab minimnya ketertarikan mahasiswa terhadap sastra seperti syair.

    Hal inilah yang melatar belakangai peneliti untuk mengadakan penelitian tentang masalah Kemahiran Menulis Syair Mahasiswa Semester VI Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji Tahun Akademik 2013/2014, peneliti juga ingin mengetahui seberapa besar tingkat kemahiran menulis syair Mahasiswa FKIP kelas D1 sampai D4. Atas dasar pemikiran tersebut, penulis memilih judul ” Kemahiran Menulis Syair Mahasiswa Semester VI Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas MaritimRaja Ali Haji Tahun Akademik 2013/2014”.

    2. Metode penelitian

    Metode yang dilakukan penulis dalam penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif kualitatif. Metode deskriptif kuantitatif yaitu data penelitian yang berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Sedangkan deskriptif kualitatif adalah hasil penelitian kualitatif dapat menggambarkan Kemahiran Menulis Syair Mahasiswa Semester VI Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji Tahun Akademik 2013/2014.

    3. Hasil penelitian dan pembahasan

    Proses pengumpulan data dilakukan dengan memberikan lembar penulisan syair kepada mahasiswa dengan memberikan instrumen penulisan tiga bait syair dengan tema pendidikan. Waktu yang diberikan untuk menulis atau mengarang syair selama 30 menit. Skor nilai mahasiswa disajikan dalam bentuk data kuantitatif d nilai rata-rata kemahiran menulis syair yang diperoleh dar hasil tes lima puluh tiga mahasiswa yaitu 86,45 yang dibulatkan menjadi 86 dan berkategori Baik. Nilai rata-rata tersebut diperoleh dari rumus X = ∑X / N, (X) merupakan nilai rata-rata, (∑X) adalah hasil penjumlahan keseeluruhan nilai kemahiiran menulis syair, dan (N) merupakan jumlah peserta tes yang berjumlah 53 mahasiswa.

    Jadi, apabila dimasukan rumus X=∑X/ N. X= 4582 : 53, X= 86,45. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa kemahiran menulis syair mahasiswa semester VI jurusan Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UMRAH tergolong Baik dengan nilai rata-rata 86.

  • 4. Simpulan dan saran

    Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan sebagai berikut:

    1. Kemahiran menulis syair mahasiswa semester VI jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP-UMRAH ditinjau dari beberapa bait sudah baik;

    2. Kemahiran menulis syair mahasiswa semester VI jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP-UMRAH ditinjau dari empat baris juga sudah baik;

    3. Kemahiran menulis syair mahasiswa semester VI jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP-UMRAH ditinjau dari tiap baris terdiri 8 hingga sepuluh suku kata juga sudah baik;

    4. Kemahiran menulis syair mahasiswa semester VI jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP-UMRAH ditinjau dari tidak memiliki sampiran sudah baik;

    5. Kemahiran menulis syair mahasiswa semester VI jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP-UMRAH ditinjau dari semua bagian merupakan isi sudah baik; dan

    6. Kemahiran menulis syair mahasiswa semester VI jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP-UMRAH ditinjau dari rimanya berangkai sudah baik.

    7. Berdasarkan simpulan di atas kemahiran menulis syair mahasiswa semester VI jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP-UMRAH berada pada kategori baik, dan hipotesis ditolak.

    Kemahiran Menulis Syair Mahasiswa Semester VI Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP-UMRAH Tanjungpinang berkualifikasi 86,45. Hal ini dapat dilihat melalui nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa semester VI jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP-UMRAH Tanjungpinang yaitu berada pada kategori Baik Dengan skor 4282.

    Dari data penelitian kemahiran menulis syair mahasiswa semester VI jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP-UMRAH Tanjungpinang, menunjukkan kemahiran menulis syair mahasiswa dalam menulis syair termasuk dalam kategori Baik. Namun, peneliti hendak menyarankan beberapa hal, diantaranya:

    1. Untuk mahasiswa hendaknya lebih rajin dan membiasakan diri untuk meunlis syair. Kebiasaan tersebut jangan jadikan sebagai sebuah beban. Biasakan diri untuk menulis syair baik dalam menggunakan media ataupun tidak karena apabila syair ditulis akan mudah dibaca kembali sehingga mudah untuk diingat oleh mahasiswa. Penggunaan kosa kata dalam menulis syair juga

  • perlu ditingkatkan, lebih kreatif, dan indah, sehingga menjadi kepuasan tersendiri bagi mahasiswa yang menulis dan juga orang lain yang membacanya.

    2. Untuk para Dosen, agar lebih giat memberikan motivasi kepada mahasiswa dalam mengembangkan bakat terhadap karya sastra. Karena pada dasarnya bakat seni dan satra bisa saja tumbuh sendiri secara otomatis dan bias pula dibentuk. Disini lebih kepada mahasiswa yang memainkan peranan penting dan berperan aktif, sedangkan dosen biasa sebagai pengarah.

    Daftar pustaka

    Akhadiah, Sabarti, dkk. 2003. Pembinaan Menulis Bahasa Indonesia.

    Jakarta:Erlangga.

    Alisjahbana, Sutan Takdir. 2011. Puisi Lama. Jakarta: Dian Rakyat.

    Aqib, Zainal. 2013. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.Bandung:

    Yrama Widya.

    Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Kamus Besar Bahasa

    Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

    Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Pedoman EYD.edisi kedua.

    Jakarta: Balai Pustaka.

    Djamaris,Edwar. 2002.Pengantar Sastra Rakyat Minangkabau.Jakarta:

    Yayasan Obor Indonesia.

    Fang, Liaw Yock. 2011. Sejarah Kesusasteraan Melayu Klasik. Jakarta :

    Yayasan pustaka Obor Indonesia

    Fitriana.2013. Kemahiran Menulis Puisi Siswa Kelas X Sekolah Menengah

    Atas Negeri 5 Tanjungpinang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi.

    Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang.

    Malik, Abdul dan Issnaini Leo Shanty. 2003. Kemahiran Menulis

  • Syair.Pekanbaru:Unri press,Riau.

    Saputra, Dian. 2013. Kemampuan Menulis Syair Fakultas Keguruan dan

    Ilmu Pendidikan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas

    Maritim Raja Ali Haji. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji,

    Tanjungpinang.

    Semi, M. Atar.2007. Dasar-dasar Ketrampilan Menulis. Bandung:

    Angkasa.

    Siswanto, Wahyudi, 2008. Pengantar Teori sastra. Jakarta: PT Grasindo

    Sugiyono,2009.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan

    R&D.Bandung:Alfabeta

    Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai suatu ketrampilan

    berbahasa. Bandung: Angkasa.