Destinasi Indonesia - Oktober 2013

35

Click here to load reader

Transcript of Destinasi Indonesia - Oktober 2013

Page 1: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

Taman nasionalUjUng KUlon

EDISI II | oktobEr 2013

Free

LEbIh AkrAb DEngAn bADuyKedamaian dan energi positif langsung terasa begitu kaki menjejak Baduy.

Scan image cover untuk menyaksikan video.Urutan caranya bisa dilihat di halaman berikut.

thE rEAL DrAgon In thE WorLD

Panduan Jelajah Indonesia

Page 2: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

Majalah Destinasi Indonesia bekerjasama dengan Aurecmedia menghadirkan terobosan baru. Pembaca dapat menikmati video melalui Majalah Destinasi Indonesia.

Page 3: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

3

kont

ribut

or

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

kontrIbutor

kEmEntErIAn PArIWISAtA & EkonomI krEAtIf

CoverTaman Nasional Ujung Kulon memang luar biasa. Perpaduan gunung, sungai, lautan, dan hutan rimba.Trekking, diving, snorkling-kano, memancing, wathcing bird, dll. Bisa dipastikan, sihir Ujung Kulon akan me-nimpa Anda.

FoTo: Ardha Prasetya

Anastasia lahir dan besar di kota kecil Sungailiat, bangka belitung. Sejak kecil sudah hobi berpetualang dan menulis, dan sejak SmP jatuh cinta pada sastra. Setelah kuliah cintanya melebar ke dunia fotografi. Anastasia menyelesaikan pendidikan manajemen di perguruan tinggi swasta Jakarta, kemudian 13 tahun malang-melintang sebagai

orang kantoran. Sejak 2008 hengkang dari sebuah kantor production house dan memutuskan menjadi freelancer fotografi dan menulis. Selain cerpen, opini, artikel perjalanan, ia juga menu-lis untuk program televisi, company profile, iklan layanan masyarakat, dll. kini, ia menekuni travel photography dan tengah merampungkan buku catatan perjalanan berjudul Baduy Explorer.

Lahir di surabaya, 43 tahun silam. mengenyam pendidikan terakhir di fakultas Pertanian udayana, bali. mengawali karier sebagai desain grafis dan fotografer di salah satu surat kabar di bali, kini lelaki yang biasa dipanggil bowo, aktif sebagai wartawan pariwisata di Jakarta. bagi dia, Indonesia ibarat lukisan yang tak pernah bosan untuk dilihat.

Lahir di kota tangerang, menyelesaikan Pendidikan S1 Jurusan broadcasting di uni-versitas mercu buana Jakarta. Lelaki yang biasa dipanggil Ardha ini mengawali karier sebagai wartawan di salah satu stasiun tv swasta di Jakarta dan saat ini memulai usaha membuat paket per-jalanan dengan nama media traveler. Sejak sekolah Ardha menyukai traveling dan seni visual. bagi dia, mendekat-kan diri kepada alam akan menjadikan manusia lebih kuat dan lebih berani untuk menjalani kehidupan.

ArDhA PrASEtyA trI WIboWo

AnAStASIA mErrIE

Page 4: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

4 5

Spirit Perjalanan

PERJALANAN wisata dan fotografi seperti candu. Be-berapa kontributor di edisi kedua Destinasi Indonesia sudah merasakan candu dari dua kata itu. mereka mengaku addict. berkali-kali datang, berkali-kali pula

terpesona. menggebu ingin memperkenalkan daerah wisata yang sudah dikunjungi dan beberapa di antaranya sudah seperti rumah kedua, tempat di mana mereka memulihkan dan mengisi spirit.

Di edisi kedua, Destinasi Indonesia menulis tentang potensi pariwisata banten dan sebagian kecil nusa tenggara timur. Di banten, Suku baduy menjadi laporan utama. berkisah tentang masyarakat yang masih kuat memegang adat, meski hanya dipisahkan ’sejeng kal’ jarak gempuran modernisasi. mereka melaksanakan dengan sungguh-sungguh tugas yang mereka percaya diberikan oleh Sang pencipta untuk menjaga har-monisasi bumi.

Edisi kedua juga menampilkan taman Wisata ujung kulon dan Labuan bajo yang baru saja menjadi tuan rumah Sail ko-modo. kisah dan panduan untuk mendatangi tempat-tempat tersebut, semoga bisa menumbuhkan kebanggan dan minat menjelajahi negeri.

Pepatah lama menyebutkan, tak kenal, maka tak sayang. buda ya wan, pianis, dan pengusaha Jaya Suprana, merasa penting mengenalkan kekayaan Indonesia agar bisa menjadi obat bagi bangsa yang katanya masih sakit. menjadi obat bagi masyarakat yang masih merasa lebih bergengsi jika bisa berlibur ke luar negeri.

terlepas dari itu, selamat membaca edisi kedua Destinasi Indonesia. Mari bergerak! Seperti dikatakan penyair Sufi Jalalud din rumi, Travel brings power and love back into your life.

salammaria

SELASAr

DesTinasi inDonesia

Penasihatbudi CahyanaEka Purwanti

Direktur Utamamaria

Direktur PemberitaanWanto umar

Direktur UsahaLintar recoi

Direktur eoPeter tarman

Chief editormaria

reporterVania

redaktur artistiknatalia

redaktur Fotofahdi Wijaya Sudjana

Translator indonesia inggrisrumondang Siregar

Kontak iklan0812802993300878819753430817151445

In Englih: 08159501714

Kontak sirkulasi & langganan081280299330

PublisherPt media Destinasi Indonesia

KantorSuite#1 boulevard raya bA 2/56,

gading Serpong, tangerang

email: [email protected]

[email protected]@destinasi-indonesia.com

Web: destinasi-indonesia.com

Kami memiliki peraturan internal terkait etika jurnalis dan marketing. Jika mengalami ketidak nyamanan, silakan hubungi kami di nomor telepon 081280299330 atau ke email: [email protected]

Destinasi Indonesia sangat terbuka dan berterimakasih jika ada komunitas yang tertarik dan bersedia menjajaki kerjasama. Silakan hubungi di nomor telpon 081280299330

SurAt PEmbACA

Versi B

ahas

a In

ggri

s F

ree

Mag

azin

e Dest

inasi Indonesia

bisa dibaca dan didownload di destinasiin

donesia.co

m

English version of Destinasi Indonesia free magazine

can be read and downloaded at

destinasi-indonesia.com

Sumbang PikiranSAYA pensiunan pegawai negeri yang

kini tinggal di Tangerang. Saya mene­mukan Majalah Destinasi Indonesia dan merasa senang membaca isinya. Kemudian muncul keinginan saya untuk menyumbangkan ide­ide tentang objek wisata di pangandaran, Jawa Barat, tempat kelahiran saya. Saya berharap, ide­ide itu bisa diterima dan bisa meng­untungkan Destinasi Indonesia. Saya juga berharap, Destinasi Indonesia bisa memanfaatkan tenaga saya setelah memasuki masa purnabakti.

SalamZainal, Tangerang

Jawaban Redaksi:Terimakasih atas sambutan positif un-

tuk Free Magazine Destinasi Indonesia. Kami sangat senang menerima ide-ide dari pembaca, dan berharap jika tereali-sasi bisa bermanfaat untuk pembaca lainnya. Kami tunggu ide-ide Pak Zainal, dan silakan datang ke stand Destinasi In-donesia di Mal Living World Alam Sutera pada tanggal 19 Otober hingga 3 November 2013.

Loading Aurecmedia LamaMENARIK melihat free maga-

zine yang membahas pariwisata Indonesia. Saya juga tertarik mencoba Aurecmedia seperti yang diiklan kan, tapi beberapa kali gagal. Setelah mencoba ketiga kalinya baru berhasil, itu pun loading­nya cukup lama. Mungkin bisa diper­baiki sistemnya, karena menurut saya ini terobosan menarik.

Nungky Tanah Mas, Semarang

Jawaban Redaksi:Kami senang mendapat pertan-

yaan seputar Aurecmedia yang be-lum banyak dikenal orang. Fasilitas Aurecmedia pada dasarnya sangat tergantung pada koneksi internet. Kelancaran, kecepatan loading, sangat dipengaruhi lokasi dan operator telepon seluler yang digu-nakan. Ketika dicoba di tempat lain, bisa jadi loading-nya hanya memer-lukan waktu beberapa detik.

Susunan dan bentuk Daftar IsiSelamat atas lahirnya Destinasi

Indonesia, apalagi dengan format majalah gratis. Meski gratis, pem­baca tetap boleh memberi masukan dan kritik membangun toh. Tanpa mengurangi pujian saya terhadap isi, di edisi pertama saya melihat ada beberapa halaman di daftar isi yang tidak sesuai. Selain itu, kalau boleh usul, bisakah daftar isi dibuat tidak miring? Meski bagus, menurut saya kurang praktis, karena saya jadi harus memiringkan majalah. Salam sukses, merdeka!

SamanhudiJakarta

Jawaban Redaksi:Terimakasih atas pujian dan masuk annya. Begitu terbit, kami

langsung melakukan evaluasi dan hasilnya antara lain sama dengan yang dikemukakan. Kami mohon maaf atas kesalahan halaman di daf-tar isi. Untuk lay out, kami langsung benahi di edisi kedua ini. Salam merdeka!

Sela

sar

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Sura

t Pe

mbaca

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Page 5: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

6 7

9

Des

tinasi: B

ant

en |

Baduy

Foto

-Foto

: Ana

stasia M

errie

Dest

inasi

Indone

sia |

Okt

ober

201

3

Des

tinasi: B

ant

en |

Baduy

Foto

-Foto

: Ana

stasia M

errie

Dest

inasi

Indone

sia |

Okt

ober

201

3

DestinAsi: BAnten | BADUY

Lebih akrab dengan BaduyBegitu kaki menjejak bumi Baduy, atmosfer berbeda langsung terasa. Suasana sunyi, damai, dan sarat energi positif. Oksigen melimpah, air sungai mengalir tanpa cemaran bahan kimia.

Panorama kampung Cicakal Muhara Baduy Luar dari ketinggian bukit.

8

BANYAK tempat wisata yang menawarkan fasilitas lengkap. Namun tidak banyak yang menuliskan kawasan pedalaman di dalam daftar destinasi. Salah satunya adalah Baduy, yang terletak di Desa Kanekes, Kecamatan

Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Sekuat apa magnet yang dimiliki Baduy? Mengapa tempat ini patut dikunjungi?

Baduy yang juga dikenal dengan nama Kanekes, sudah ada sejak berabad-abad lampau. Mereka menghuni kawasan pegunungan Kendeng dan percaya bahwa me-reka diutus Sang Pencipta untuk menjaga panceur bumi (jantung alam) agar tetap lestari. Di tempat terpencil itu, kehidupan berjalan harmonis dengan alam. Hubungan antarsesama dan Sang Pencipta tak kalah indah.

Atmosfer berbeda langsung terasa saat kaki menjejak bumi Baduy. Suasana sunyi dan damai langsung menyer-gap, sarat energi positif. Oksigen melimpah ruah, rimbun pepohonan menebarkan zat asam, sungai mengalirkan air jernih tanpa bahan kimia. Harum asap tungku me-nyeruak dari atap-atap rumah berbahan rumbia (kiray).

Secara garis besar masyarakat Baduy terbagi menjadi dua. Pertama dikenal dengan sebutan kelompok Urang Panamping (Baduy Luar), kedua disebut Urang Tangtu yang menghuni tiga kampung di Baduy Dalam, yaitu Cibeo, Cikartawana dan Cikeusik (Tangtu Tilu).

Urang Panamping sudah mendapat kelonggaran, seperti pembangunan rumah sudah boleh memakai alat bantu seperti paku. Ponsel, pakaian buatan pabrik, piranti dapur modern juga sudah menjadi pemandangan biasa.

Sedangkan di Baduy Dalam, tradisi masih sangat ter-jaga. Mereka hanya memanfaatkan bahan yang terdapat di alam. Ketetapan adat (pikukuh) menjadi falsafah hidup dan masih dipegang teguh. Bagi mereka, adat adalah segalanya.

Masyarakat Baduy Dalam masih memasak dengan kayu bakar di tungku (hawu). Penerangan memakai lampu yang terbuat dari bambu, batu konyal dan bahan bakar dari minyak kelapa (totok). Minum pun masih menggunakan gelas dari ruas bambu (somong). Mandi dan mencuci tanpa sabun, berjalan telanjang kaki, dan tidak boleh merokok. Binatang yang boleh dipelihara hanya ayam, kucing dan anjing.

Oleh: Anastasia Merrie

8 9 40 41

Zombie Land

Zombie CafeJl Braga No 3 Bandung

Jam buka: pukul 11.00 WIB hingga 02.00 WIB

Kisaran harga per menu Rp15 ribu hingga Rp90 ribu

Saat mengunjungi Kota Bandung, sempat-kan waktu menyusuri kawasan pedestrian di Jalan Braga. selain bisa memuaskan mata karena keindahan arsitektur bangunan tua peninggalan Belanda, Braga juga menyu-

guhkan beragam wisata belanja serta kuliner.Disalah satu bahu jalan, tepatnya di sebuah bekas

bangunan tua yang konon angker lantaran bertahun-tahun terbengkalai tanpa penghuni, terpampang tu-lisan Zombie Cafe. sesuai dengan namanya, cafe yang baru mulai beroperasi September 2013 ini menyuguhkan aneka makanan khas Western, Mexican dan Italian dalam suasana horor.

Suasana horor sudah mulai terbangun begitu tamu tiba di pintu masuk. tepat di atas ger-bang, terdapat tulisan “You Dare, You Come In”. Begitu melangkahkan kaki ke dalam, ses-osok boneka zombie dalam kondisi berda-rah-darah berdiri dekat pintu masuk Zombie Land.

andri Irawan, General Manager Zom-bie Cafe menjelaskan, “Zombie Land itu semacam wahana rumah hantu. Bagi pengunjung yang punya nyali bisa ma-suk gratis sambil menunggu makanan dan minuman yang dipesan datang,” tuturnya.

UJI NYALI DI ZOMBIE

CAFEZaman sekarang, sajian makanan enak saja

belum tentu cukup. Butuh sensasi yang berbeda saat menyantapnya. Perpaduan dua hal itulah

yang berusaha disuguhkan Zombie Cafe.

Di dalam Zombie Land, cahaya lampu tampak temaram. aneka boneka seram penuh luka dan darah terlihat di sepanjang jalur tersebut. Suasana makin dengan adanya suara-suara perempuan tertawa, jeritan, dan nyanyi-an sinden diiringi gamelan. Beberapa bagian lantai ada yang dibuat khusus untuk mengagetkan. Bila salah injak misalnya, tiba-tiba akan muncul sesosok zombie yang siap memeluk dari belakang.

Puas menguji nyali, pegunjung bisa ber-santai di bagian dalam cafe yang relatif nyaman dan tidak terlalu menyeramkan. Hanya di bagian tertentu saja ada ornamen-ornamen berbau zombie dan beberapa foto lama yang menunjukan penampakan gedung sebelum digunakan sebagai cafe. Interior cafe dipecah dalam beberapa bagian, ada bar, ruang dalam,

teras dan beberapa pendopo. Beberapa nama unik digunakan di dalam

menu, nuansanya masih berbau horor. Untuk makanan pembuka misalnya, ada Zombie Que-sadila. terbuat dari adonan tepung tortilla chip, dipanggang lengkap dengan keju feta, potongan ayam dan taburan saus alpukat. Rasanya gurih dan sedikit pedas. ada juga Cheesy Nachos Soul Crusher, terbuat dari tepung jagung goreng ala Mexico yang disajikan dengan buah zaitun, tomat salsa, keju dan jalapeno.

Sebagai makanan utama, pengunjung bisa me-milih aneka steak, pasta maupun pizza. ada juga hidangan khas nusantara seperti bebek goreng, nasi goreng kambing juga sop buntut yang bisa disajikan dalam 3 pilihan : bakar, goreng atau kuah. “Yang pasti semua makanannya enak dan harganya juga terjangkau,” jelas andri.

Puas menikmati hidangan utama, semangkuk Fresh Mango Soup bisa dijadikan penutup. atau bisa juga memilih Crème Brulee Dark Halloween Horror, sejenis krim panggang klasik yang manis dan lembut. Untuk minuman, pengunjung bisa memesan Zombie in Wonderland, paduan jus nanas dan jeruk yang disajikan dengan grenadine sirup dan cream yang terasa begitu segar.

Kuliner

Kulin

erFo

to-foto

: Pet

er T

arm

an

Dest

inasi

Indone

sia |

Okt

ober

201

3

Kulin

erFo

to-foto

: Pet

er T

arm

an

Dest

inasi

Indone

sia |

Okt

ober

201

3

MATAHARI terasa membakar kulit, be­gitu keluar dari pesawat di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tengga­ra Timur. Di luar ruang tunggu ban­dara pengemudi mobil sewaan silih

berganti menawarkan jasa. Tarif yang ditawarkan rata­rata Rp50 ribu sampai pusat kota Labuan Bajo atau hotel tempat menginap. Jangan ragu menawar, rata­rata wisatawan mendapat harga Rp30 ribu untuk perjalanan sekitar 15 menit dari Bandara ke pusat Labuan Bajo.

Pantai dengan kapal­kapal di Pelabuhan Labuan Bajo menjadi pemandangan pertama yang cukup mempesona. Keindahan yang lebih mempesona lagi akan ditemui di Pulau Komodo dan Pink Beach.

Des

tinasi: L

abua

n Ba

jo |

Pula

u Ko

modo

Foto

: Komodo-P

ark.c

om

Dest

inasi

Indone

sia |

Okt

ober

201

3

Des

tinasi: L

abua

n Ba

jo |

Pula

u Ko

modo

Foto

: Ind

one

sia.tr

ave

l De

stin

asi

Indone

sia |

Okt

ober

201

3

26 27

INDAH! Kata seperti itu sangat tepat diucapkan untuk menggambarkan pantai-pantai di Pulau Komodo dan sekitarnya. Ketakjuban bertambah ketika melihat langsung hewan purba khas Indone-sia, yang namanya tenar hingga mancanegara.

The Real Dragon in the World

DestInasI: LaBuan Bajo | PuLau KoMoDo

KoMoDoNAMA dragon diberikan saat komodo ditemukan pertama kali di Pulau komodo sekitar 1910. Saat itu, para pelaut Belanda berkali­kali melihat binatang raksasa yang oleh penduduk setempat sering disebut naga. Letnan Steyn van Hensbroek, pe­jabat Administrasi Kolonial Belanda mendengar laporan tersebut dan kemudian melakukan ekspedisi. Dia menangkap hewan yang disebut naga tersebut, dibawa ke Belanda untuk diteliti. Meski kemudian diketahui bahwa komodo ini sejenis kadal purba raksasa, namun nama komodo dragon tetap digunakan.

Saat ini di Pulau Komodo ada sekitar 2.853 komodo. Jika ditambah dengan habitat yang hidup di Pulau Rinca dan Gili Montang, jumlahnya sekitar 5.000 ekor. Taman Nasional Komodo merupakan tempat perlindungan dan penangkaran komodo, hewan khas Indonesia. Pulau Komodo juga men­jadi salah satu spot diving terbaik di Nusa Tenggara Timur. Ada sekitar 385 spesies karang, 70 jenis bunga ka­rang, ribuan spesies ikan, penyu hijau, 6 jenis paus, 10 jenis lumba­lumba, berbagai jenis hiu, dll.

wIKIMeDIa | jorDy theILLer

Pulau Kanawa Island,

Taman Nasional Komodo

60 61

Gale

ri Fo

to P

elun

cura

nFo

to: D

estin

asi In

done

sia |

Fahd

i Wija

ya S

udja

na &

Pet

er T

arm

an

Dest

inasi

Indone

sia |

Okt

ober

201

3

Gale

ri Fo

to P

elun

cura

nFo

to: D

estin

asi In

done

sia |

Fahd

i Wija

ya S

udja

na &

Pet

er T

arm

an

Dest

inasi

Indone

sia |

Okt

ober

201

3

Taburan conveti dan bunyi sirene yang ditekan Wamen Kemenparekraf Sapta Nirwandar menandai peresmian Peluncuran Destinasi Indonesia.

Pimpinan Redaksi Destinasi Indonesia Wanto Umar

PelUNcURaN DestInasI InDOnesIa

aKHIRNYA, setelah maju mundur penentuan tanggal, peluncuran Destinasi Indonesia yang diresmi-kan Wakil Menteri Kementerian Pariwsata dan Ekonomi Kreatif

Sapta Nirwandar bisa terlaksana. Terimakasih kepada Wakil Menteri Perindus-

trian Alex Retraubun, tokoh masyarakat Sarwo-no Kusumaatmadja, Dirjen KP3K Kementerian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad, Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar, Bupati

Buolamo Rum Pagao, tokoh pariwisata Adhi Tirtawisata, Pontjo Soetowo, Yanti Soekamda-ni, Elly Hutabarat, Meity Robot, Mimi Hudoyo, dan seluruh undangan yang sudah memberi support atas kelahiran Destinasi Indonesia.

Terimakasih juga atas kepercayaan para sponsor yang telah mendukung kesuksesan peluncuran Destinasi Indonesia: Bumbu Desa, Aurecmedia, Sekolah Musik Indonesia, nesa­bridalbeauty.com, Duren Q, dan Mom’s Cake & Cookies.

60 61

Cont

ent

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Cont

ent

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

ContEnt

BaDUYLebih Akrab dengan baduy

Info kuliner

kLIk ChICkSecure& funny

CAkrAWALAtrendmenginapgenerasi y

harmonisasikonservasi & Pariwisata

reading Point

PUlaU KomoDothe real Dragonin the World

komunItASWiken tanpa ke mall

Sarwana, nirwana tersembunyi

Info objek Wisata

fakta Seputar komodo

Serba Serbi banten

ujung kulon yang menakjubkan

Info Akomodasibumi bandhawa

SekilasLabuan bajomengembalikan

Semangat di tanjung Lesung

DEStInASIbAntEn

Info LIburAn

tIPS & trIkCandu foto& Wisata

bLItzbangsa IniPerlu obat!

kAbAr & PErIStIWA

AgEnDADEStInASI LAbuAn bAJo

LIburAn kELuArgAmengisi Liburandengan Camping

8-9 40-4126-27 60-61

8-25 44-47 50 52-53 57 62-6326-32 34-37

16-17

46

29

22-23

8-15 44-45

51

54-55

58-59

64-65

5660-61

8-15

38-39

18-21

47

31-32kuLInEruji nyali di zombie Cafe

40-4124-25

20 Destinasi Incaran Wisatawan China

Pelu ncuranDestinasi Indonesia

Page 6: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

9

Des

tinasi: b

ant

en |

baduy

foto

-foto

: Ana

stasia m

errie

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Des

tinasi: b

ant

en |

baduy

foto

-foto

: Ana

stasia m

errie

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

DEStInASI: bAntEn | bADuy

Lebih akrab dengan BaduyBegitu kaki menjejak bumi Baduy, atmosfer berbeda langsung terasa. Suasana sunyi, damai, dan sarat energi positif. Oksigen melimpah, air sungai mengalir tanpa cemaran bahan kimia.

Panorama kampung Cicakal muhara baduy Luar dari ketinggian bukit.

8

bANYAK tempat wisata yang menawarkan fasilitas lengkap. Namun tidak banyak yang menuliskan kawasan pedalaman di dalam daftar destinasi. Salah satunya adalah Baduy, yang terletak di Desa Kanekes, Kecamatan

Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Sekuat apa magnet yang dimiliki Baduy? Mengapa tempat ini patut dikunjungi?

Baduy yang juga dikenal dengan nama Kanekes, sudah ada sejak berabad­abad lampau. Mereka menghuni kawasan pegunungan Kendeng dan percaya bahwa me­reka diutus Sang Pencipta untuk menjaga panceur bumi (jantung alam) agar tetap lestari. Di tempat terpencil itu, kehidupan berjalan harmonis dengan alam. Hubungan antarsesama dan Sang Pencipta tak kalah indah.

Atmosfer berbeda langsung terasa saat kaki menjejak bumi Baduy. Suasana sunyi dan damai langsung menyer­gap, sarat energi positif. Oksigen melimpah ruah, rimbun pepohonan menebarkan zat asam, sungai mengalirkan air jernih tanpa bahan kimia. Harum asap tungku me­nyeruak dari atap­atap rumah berbahan rumbia (kiray).

Secara garis besar masyarakat Baduy terbagi menjadi dua. Pertama dikenal dengan sebutan kelompok Urang Panamping (Baduy Luar), kedua disebut Urang Tangtu yang menghuni tiga kampung di Baduy Dalam, yaitu Cibeo, Cikartawana dan Cikeusik (Tangtu Tilu).

Urang Panamping sudah mendapat kelonggaran, seperti pembangunan rumah sudah boleh memakai alat bantu seperti paku. Ponsel, pakaian buatan pabrik, piranti dapur modern juga sudah menjadi pemandangan biasa.

Sedangkan di Baduy Dalam, tradisi masih sangat ter­jaga. Mereka hanya memanfaatkan bahan yang terdapat di alam. Ketetapan adat (pikukuh) menjadi falsafah hidup dan masih dipegang teguh. Bagi mereka, adat adalah segalanya.

Masyarakat Baduy Dalam masih memasak dengan kayu bakar di tungku (hawu). Penerangan memakai lampu yang terbuat dari bambu, batu konyal dan bahan bakar dari minyak kelapa (totok). Minum pun masih menggunakan gelas dari ruas bambu (somong). Mandi dan mencuci tanpa sabun, berjalan telanjang kaki, dan tidak boleh merokok. Binatang yang boleh dipelihara hanya ayam, kucing dan anjing.

oleh: Anastasia merrie

8 9

Page 7: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

10 11

Arsitektur

kerAjinAn

Des

tinasi: b

ant

en |

baduy

foto

-foto

: Ana

stasia m

errie

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Des

tinasi: b

ant

en |

baduy

foto

-foto

: Ana

stasia m

errie

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Dari tangan­tangan terampil masyarakat Baduy, lahir berbagai kerajinan indah. Sebut saja kain tenun Baduy yang kini banyak dikembangkan oleh desainer dalam dan luar negeri. Meski kini tenun Baduy mulai juga menggunakan benang dari luar, namun di kampung Cikeusik masih ada tenun asli berbahan alam, yaitu pelah.

Tenun itu berbahan serat daun rotan yang proses pembuatan nya memakan waktu sekitar 6 bulan. Sekarang hanya tersisa be­berapa penenun pelah di kampung Cikeusik. Gelang anyaman dari pohon handam juga banyak diminati. Selain itu, terdapat koja dan jarog, tas anyaman dari kulit pohon teu-reup dan kasungka. Koja biasanya dipakai oleh pria, jarog untuk wanita. Tidak kalah unik, tempat menyimpan pakaian di Baduy Dalam yang disebut kepek, terbuat dari kulit kayu sarai dan bentuknya mirip koper.

Arsitektur rumah (imah) di Tangtu bergaya panggung. Setiap rumah menghadap ke utara dan selatan, kecuali rumah Tetua adat (Puun) yang menghadap ke timur. Imah dan leuit (lumbung padi) terbuat dari kayu dan bambu, disatukan dengan pasak dan diikat dengan tali yang berasal dari kulit pohon. Pembangunan harus mengikuti kontur tanah. Prinsipnya, mereka tidak boleh mengubah apa pun yang sudah ada.

Peraturan tersebut juga diterapkan pada pola pertanian. Ladang tadah hujan di Tangtu disebut huma. Mer­eka menanam padi hanya dengan tugal, sepotong kayu yang ujungnya diruncingkan. Saat masa tanam tiba, mereka bergotong royong menanam padi di ladang. Caranya, para pria membuat lubang dengan tugal, diikuti para perempuan penabur benih. Tanah tidak boleh dicangkul, tidak boleh ada irigasi, pupuk dan pestisida.

Jali, pemuda kampung Cibeo di sungai Cisimeut, di bawah jembatan akar.

rumah beratap rumbia (kiray) di kampung Cipiit

baduy Luar.

kampung gajeboh baduy Luar (atas). Sarta dan

putranya Jarmain di leuit kampung babakan Lame

baduy Luar.

Perempuan Panamping sedang menenun di teras rumahnya.

Selendang tenun khas baduy

Page 8: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

12 13

Des

tinasi: b

ant

en |

baduy

foto

-foto

: Ana

stasia m

errie

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Des

tinasi: b

ant

en |

baduy

foto

-foto

: Ana

stasia m

errie

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Kegiatan yang dapat dilakukan di Baduy di anta­ranya memotret (hanya di Baduy Luar), mandi di sungai, melihat perempuan menenun, memintal kapas, menumbuk padi, membuat kerajinan, melihat proses pembuatan gula aren, memasak di dapur dengan tungku (hawu), mendengar per­mainan musik angklung, kecapi dan suling, dan bercengkerama dengan warga kampung. Jika ke Baduy pada bulan­bulan tertentu, bisa menyak­sikan acara adat seperti pernikahan, sunatan, cukuran, menanam padi dan lainnya.

Sempatkan ke jembatan akar yang terletak di kampung Batara Cisimeut, di sebelah timur ka­wasan Baduy. Butuh waktu sekitar 1 jam berjalan kaki dari Ciboleger atau ± 30 menit dengan naik ojek atau naik mobil. Spot menarik lain adalah Danau Dandang, terletak di Kampung Kadujang­kung, Baduy Luar atau ± 45 menit treking dari Ciboleger.

Jika ingin memotret, jangan lewatkan aktivitas

Urang Tangtu (Baduy Luar) di pasar tradisional yang hanya digelar pada hari minggu pagi. Pasar Karoya terletak di perbatasan Cijahe, di sebelah barat kawasan Baduy. Butuh waktu ± 1 jam ber­jalan kaki dari kampung Cibeo atau ± 30 menit dari kampung Cikeusik.

AktivitAstraveler

Baduy berjarak 120 km dari Jakarta dan dapat ditempuh dengan berkendara menggunakan mobil pribadi atau kendaraan umum. Dari jalan tol Jakarta­Merak, keluar pintu tol Serang Timur, lalu mengambil arah ke Rangkas Bitung, melewati kota Serang, menuju Leuwidamar langsung ke Ciboleger.

Jarak tempuh dari Rangkas Bitung ­ Ciboleger sekitar 40 km, memakan waktu ± 1 ­ 1.5 jam. Biasanya menghabiskan waktu ± 4 ­ 5 jam dari Jakarta ke Ciboleger. Dari pintu masuk Ciboleger, akses menuju Baduy Dalam hanya dapat ditem­puh dengan berjalan kaki.

Dari Ciboleger, perjalanan ke Baduy Dalam ditempuh kurang lebih 3 jam (berjalan normal), dengan medan mendaki dan menuruni bukit, melewati beberapa kampung, hutan, sungai, jembatan bambu dan ladang.

Aksesbackpacker

Apabila menggunakan kereta api, dapat naik dari stasiun Tanah Abang menuju stasiun Rangkas Bitung. Tersedia kereta AC Kalimaya, Rangkas Jaya dan Ekonomi. Perjalanan dengan kereta api dari Tanah Abang ke Rangkas Bitung sekitar 45 menit ­ 1 jam. Untuk kenyamanan, dianjurkan naik kereta AC Kalimaya atau Rangkas Jaya.

Dari stasiun Rangkas Bitung, perjalanan dilanjutkan dengan naik mobil angkot warna merah ke terminal Aweh, disambung naik mobil elf menuju Ciboleger.

Perjalanan dari Terminal Aweh ke Ciboleger bu­tuh waktu kira­kira 1.5 jam. Kendaraan umum dari Terminal Aweh menuju Ciboleger dan rute sebaliknya terbatas. Dari Ciboleger, mobil elf hanya beroperasi antara pukul 02.00 dini hari hingga pukul 13.00 Wib. Sebaliknya dari terminal Aweh ke Ciboleger, trayek mobil elf antara pukul 06.00 sampai 16.00 Wib. Maka, pastikan menghitung waktu dengan matang.

Jembatan akar.(bawah) karinah, perempuan kampung Cibeo

sedang berbelanja ikan di pasar karoya.

Leuwi gajeboh, jembatan bambu yang tersohor

di kampung gajeboh baduy Luar

Page 9: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

14 15

tips

Siapkan pos­pos anggaran biaya untuk transportasi, penginapan (rumah penduduk), perbekalan, konsumsi, pemandu dan porter. Ada dua model untuk berkunjung ke Baduy, backpacker atau traveler. Anda harus memilih salah satu cara supaya mempermudah dalam menyusun anggaran biaya. Rincikan pengeluaran sedetail mungkin. Perlu dicatat, orang Baduy tidak pernah mematok harga jasa mereka. Artinya, tergantung kemampuan dan kerelaan tamu.

traveler:Transportasi:

mobil pribadi, bensin dan tol (pp) = Rp. 450 ribu

Penginapan: ± Rp. 100 ribu/malam

Perbekalan: Rp. 250­500 ribu (tergantung menu dan jumlah anggota keluarga)

Konsumsi: makan siang di Rangkas Bitung 2 kali = Rp. 20 ribu/orang

Pemandu & porter:± Rp. 50­100 ribu / tas (tergantung berapa tas yang dibawa)

backpacker:Transportasi:

kereta AC Tanah Abang ­ Rangkas Jaya Rp. 15 ribu, angkot stasiun Rangkas ­ terminal Aweh Rp. 4 ribu, elf terminal Aweh ­ Ciboleger Rp. 18 ribu. Total (pp) = Rp. 74 ribu/orang

Akomodasi: ± Rp. 100 ribu/malam

Perbekalan: Rp. 200­300 ribu (tergantung menu dan jumlah peserta)

Konsumsi:makan siang di Rangkas Bitung/Ci­boleger 2 kali : Rp. 20 ribu/orang

Pemandu & porter:± Rp. 50­100 ribu / tas (tergantung berapa tas yang dibawa)

Budget

urang tangtu (narja, Sarta dan Jarmain) di muhara Ciberani,

perbatasan antara baduy Dalam dan baduy Luar.

urang Panamping berjalan menuju kampung Cikeusik,

di dekat bukit Cikeusik.

Sapri dan Lilis, remaja kampung Cibeo di saung bukit Puru.

Sebelum melaku­kan perjalanan ke

Baduy, persiapkan per­lengkapan dan perbekalan dengan matang. Jika ingin mengajak keluarga, untuk kenyamanan sebaiknya membawa kendaraan

sendiri.

Untuk balita berumur

tiga tahun sudah bisa diajak, asal jangan lupa

membawa baby carrier. Anda bisa memakai jasa porter untuk

menggendong bayi, tentu dengan pendekatan ter­lebih dulu antara porter

dengan si bayi.

Perlengkapan yang perlu dibawa:

sepatu trekking atau san­dal gunung, pakaian yang

menyerap keringat, slesping bag, jaket, sarung, senter, topi, tabir surya, toilet kit,

tisu basah, dan obat­obatan pribadi.

Isi semua bate­rai alat komunikasi

di kota, karena Anda akan memasuki kawasan tanpa

aliran listrik. Masukkan semua perbekalan dan perlengkapan dalam plastik agar aman dari hujan. Pastikan ransel ditutup

dengan plastik lebar atau rain cover.

Saat me­masuki kawasan

Baduy Dalam, bersiaplah mematuhi aturan adat yang

super ketat. Salah satunya tidak di­perkenankan memakai produk sabun, pasta gigi, sampo. Selain itu dilarang memotret. Mintalah pemandu mengi­

ngatkan Anda begitu tiba di perba­tasan kawasan Baduy Dalam. Simpan kamera Anda sebagai

bentuk penghormatan pada adat.

Luangkan waktu minimal

2 hari 1 malam untuk berkunjung ke kampung

Dibutuhkan waktu 3 hari 2 malam jika ingin mengunjungi Baduy Luar dan Dalam. Satu

hari menginap di Baduy dalam, satu hari di

Baduy luar.

Bawalah perbekalan

yang praktis. Serah­kan bahan makanan ke

tuan rumah tempat Anda menginap. Untuk Anda yang hobi memasak, bisa ikut membantu

di dapur.

Sebelum memasuki

kawasan Baduy, ja­ngan lupa melaporkan

kedatangan kepada Kepala Desa Kanekes (Baduy) di kampung Cigowel,

dekat Ciboleger.

Buang sampah non­

organik di plastik khusus dan bawa

turun kembali ke Cibo­leger atau kawasan

luar Baduy.

Wak­tu kunjung

ke Baduy adalah Bulan April hingga November. Hindari

musim hujan.

Un­tuk Anda yang

belum pernah berkunjung ke Baduy, sebaiknya menggunakan

jasa pemandu yang bisa ditemui di Ciboleger. Pemandu bisa merangkap por-

ter. Jika ingin langsung menginap di Baduy Dalam, harus berangkat pagi dari Jakarta, agar tidak kemalaman. Tetapi, pengunjung

hanya boleh menginap satu malam di Baduy Dalam. Jika ingin menginap di Baduy

Luar, bisa mencari rumah penduduk di kampung Gajeboh, karena banyak aktivitas menenun dan terdapat

jembatan bambu yang indah.

Des

tinasi: b

ant

en |

baduy

foto

-foto

: Ana

stasia m

errie

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Des

tinasi: b

ant

en |

baduy

foto

-foto

: Ana

stasia m

errie

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Pelangi di bukit Cikeusik, perbatasan baduy luar dan kampung Cikeusik.

Page 10: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

16 17

kAWASAN Wisata Sawarna berada di Desa Sawar­na, Kecamatan Bayah Lebak, Banten. Untuk mencapai Sawarna tidak sulit, jaraknya sekitar 280 km dari pusat Kota Jakarta atau kurang lebih 7 jam waktu normal perjalanan.

Desa Sawarna memiliki beberapa objek wisata alam dengan karakteristik berbeda­beda. Wisata pantainya tergolong masih asri, di antaranya Pantai Ciantir, Tanjung layar, Legoon Pari, Ka­rang Taraje, Pulo Manuk, dan Cipamandangan. Ada juga wisata Goa Lalay dan Langir, serta Bukit 100 tangga.

Pantai­pantai di Sawarna berhubungan langsung dengan Laut Selatan, sehingga beberapa titik memiliki debur ombak dah­syat yang dicari para peselancar luar negeri. Para peselancar umumnya datang ke Sawarna, setelah puas berburu ombak di Pelabuhan Ratu. Dari Pelabuhan Ratu, jarak ke Sawarna tidak jauh, hanya sekitar 60 km.

Saat ini, Sawarna mulai dikenal orang. Keindahannya seperti magnet. Efek sampingnya, penduduk Desa Sawarna mulai berlomba mendirikan penginapan. Rata­rata masih dikelola masyarakat setempat dengan tarif antara Rp200 ribu hingga Rp500 ribu permalam.

mobil PribadiJika menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, maka bisa

mengambil rute Tol Jakarta – Merak, keluar pintu Tol Serang Timur, menuju arah Terminal Pakupatan. Dari terminal lurus, di lampu merah pertama dekat pom bensin belok kiri menuju Palima (perlimaan) Serang Banten. Dari palima ambil arah Baros dan Pandeglang.

Dari Baros mendekati masuk Kota Pandeglang ada dua pilihan rute, melalui alun­alun Pandeglang atau menyusuri ping­giran Pandeglang menuju Saketi, kemudian ambil arah Maling­ping. Siapkan mental, karena jalan Saketi – Malingping rusak/

Sarwana,nirwana Tersembunyi

berlubang dan malam hari minim penerangan.Dari Malingping ambil arah ke Bayah. Di sepan­

jang jalan Malingping Bayah banyak inilah bisa ditemui terdapat pantai­pantai yang menarik, diantaranya Pantai Bagedur, Cihara, Cibobos, dll.

angkutan Umum Dari Jakarta, perjalanan bisa dimulai dari

Kampung Rambutan, Kalideres, Tanjung Priuk, atau bisa menunggu di Slipi Jaya di Seberang Rumah Sakit Harapan Kita. Pilih bus jurusan Merak, turunlah di Terminal Pakupatan Serang. Ongkos bus bervariasi, tergantung fasilitas AC dan nonAC.

Dari Pakupatan, Serang, lanjutkan naik elf atau angkutan umum yang disebut dambri, menuju Bayah. Operasional Elf Malingping – Bayah berakhir pukul 19.00 dan dimulai lagi pukul 02.00 dini hari. Sedangkan dambri beroperasi hingga pukul 16.00 WIB dan hanya ada di jam­jam tertentu, pukul 07.00, 13.00­14.00, dan pukul 15.00 – 16.00 WIB. Rute dambri ada yang ke Binuangeun dan ke Cikotok. Jika naik jurusan Cikotok bisa turun di Bayah tapi jika naik yang ke Binuangeun harus turun di Malingping.

Tarif elf Serang – Malingping sekitar Rp25 ribu hingga Rp30 ribu. Dari Malingping ke Bayah Rp5 ribu. Dari Bayah bisa melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum menuju pintu gerbang Desa Sawarna. Selamat berwisata!

oleh: Ardha Prasetya

Desa Sarwana menyimban banyak objek wisata dengan karakteristik berbeda, mulai dari pantai, goa, hingga goa dan Bukit 100 tangga.

Des

tinasi: b

ant

en |

Sawarn

afo

to-f

oto

: nata

lia |

Ard

ha P

rase

tya

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Des

tinasi: b

ant

en |

Sawarn

afo

to-f

oto

: Ard

ha P

rase

tya

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

SAWARNABAYAH

MALINGPING

RANGKAS BITUNGSAKETI

PANDEGLANG

SERANG

MERAK

TANGERANG

GUNUNG KENCANA

JAWA BARAT

Page 11: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

18 19

ujung kuLon yang menakjubkan

Jika Anda menyukai keindahan alam lengkap de­ngan faunanya, maka Taman Nasional Ujung Ku­lon harus dimasukkan dalam daftar wajib kunjung.

tIDAK perlu diragukan, Taman Nasional Ujung Kulon menyimpan keindahan alam luar biasa. Di lahan seluas 122.956 hektare itu, bisa dilihat perpaduan antara gunung berapi (Anak Krakatau), laut, padang rumput, dan hutan rimba. Ujung Kulon menjadi tempat perlin­

dungan badak jawa (Rhinoceros sondaicus) yang jumlahnya kini diperkirakan hanya tersisa 60 ekor.

Di dalam Taman Nasional Ujung Kulon yang kawasannya masuk dalam Provinsi Banten, tersimpan surga keindahan alam. Masing­masing menawarkan keistimewaan, dan masing­masing menyim­pan kisah tersendiri. Berikut beberapa objek wisata Ujung Kulon yang patut dimasukkan dalam daftar perjalanan Anda.

Pulau PeucangPulau Peucang disebut­sebut sebagai salah satu pulau

impian di Ujung Kulon. Air lautnya biru bersih, pasir putih terhampar halus, dan ketika cuaca cerah langit terlihat biru dengan hiasan awan­awan putih. Laut di sekitar Peu­cang cocok untuk kegiatan snorkling dan diving.

Luas Pulau Peucang sekitar 450 hektare, ideal untuk kegiatan trekking dan melihat keindahan matahari teng­gelam. Di tepi pantai, kerap ditemui rusa dan monyet ekor panjang yang berkeliaran bebas. Indah memandang kehidupan liar dipadu dengan birunya air dan langit.

Dari Pulau Peucang, perjalanan bisa dilanjutkan menuju padang rumput Cidaon, tempat hidupnya habitat badak, burung merak, dan rusa.

Des

tinasi: b

ant

en |

uju

ng k

ulon

foto

-foto

: Ard

ha P

rase

tya

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Des

tinasi: b

ant

en |

uju

ng k

ulon

foto

-foto

: Ard

ha P

rase

tya

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

18 19

Page 12: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

2120

CibunarDari Cidaon, perjalanan (jalan

kaki) bisa dilanjutkan ke Cibunar. Rute ini merupakan surga untuk mengamati kehidupan berbagai jenis burung dan banteng yang tengah asyik merumput.

Kepulauan HandeuleumKepulauan Handeuleum terdiri

atas beberapa pulau di antaranya Pulau Handeuleum besar, Han­deuleum tengah dan Handeu­leum kecil. Di pulau ini kegiatan telusur sungai dengan kano bisa dilakukan. Hutan mangrove dan burung liar akan menjadi peman­dangan mengasyikkan.

Pulau PanaitanInilah pulau yang kerap men­

jadi titik utama kegiatan diving dan snorkling. Pulau seluas 17.500 hektar ini memiliki be­berapa spot diving, di antaranya Legon Kadam di pantai utara dan Legon Samadang di pantai sebe­lah selatan. Selain itu, ada lokasi surfing yang digemari wisatawan mancanegara, dan mendapat julukan One Palm Point.

Cidaon Cidaon bisa dikunjungi dari

Pulau Peucang menggunakan boat atau perahu, kemudian dilanjutkan dengan sedikit berjalan kaki. Cidaon juga bisa ditempuh lewat jalur darat. Padang Penggembalaan Cidaon merupakan padang rumput buatan untuk menunjang mata rantai kehidupan fauna di Ujung Kulon.

Di Cidaon, pengunjung bisa menikmati aktivitas satwa liar seperti banteng dan rusa yang sedang merumput, burung merak, ayam hutan, dll. Bi­asanya, fauna beraktivitas pada pukul 06.00 hingga 07.30 dan sore hari sekitar pukul 16.00 WIB.

rute jarak Waktu

Jakarta-Labuan 120 Km 4-5 jam

Labuan-Sumur 60 Km 2 jam

Labuan-Tamanjaya 90 Km 3 jam

rute jarak Waktu | Keterangan

Labuan/Carita-Tamanjaya 45 Mil 3-4 jam | Longboat

1,5 jam | Speedboat

Labuan/Carita-Pulau Peucang 80 Mil 5-6 jam | Longboat

2 jam | Speedboat

Labuan/Carita-Pulau Handeuleum 60 Mil 4-5 jam | Longboat

1,5 jam | Speedboat

Tamanjaya-Pulau Handeuleum 8 Mil 30 Menit | Longboat

10 Menit | Speedboat

Labuan/Carita-Pulau Panaitan 80 Mil 5-6 jam | Longboat

2,5 jam | Speedboat

AksesiBilitAs

Untuk mencapai Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon dapat dicapai melalui jalur darat dan laut. 1. jalur Darat

Jalur darat dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum Bus jurusan Jakarta (Kalideres) menuju Labuan atau Jakarta (Kampung Rambutan) menuju Serang­Labuan, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum minibus/elf jurusan Labuan­Sumur­Tamanjaya.

2. jalur lautJalur laut dapat dilakukan dengan menggunakan kapal dari

Labuan/Carita, Sumur, maupun Tamanjaya.

AkomodAsi

* Sudah termasuk tax and service 15%* Termasuk 3 (tiga) kali makan untuk 2 (dua) orang

* Sewa extra bed untuk Fauna, Flora A dan B Rp. 450.000,­ /unit/malam sudah termasuk 3 (tiga) kali makan

* Bagi pengunjung yang bertujuan menginap, waktu peme­sanan kamar minimal 2 minggu sebelumnya dan pembayaran

DP 50% 1 minggu

resort Pulau Peucang

resort Pulau handeuleum

Flora A (Jumlah Kamar 6)

Flora B (Jumlah Kamar 10)

Fauna 6 (Jumlah Kamar 6)

Badak (Jumlah Kamar 1)

Jumlah Kamar 8

Kapasitas Per kamar 2 orang, Fasilitas AC + kamar mandi

Kapasitas Per kamar 2 orang, Fasilitas AC + kamar mandi

Kapasitas Per kamar 2 orang, Fasilitas non AC

Kapasitas Per kamar per orang, Fasilitas non AC, kamar mandi luar

Kapasitas Per kamar 2 orang, Fasilitas non AC, kamar mandi

Rp1.350.000

Rp1.200.000

Rp850.000

Rp1.200.000

Rp150.000

suvenir Bagi pengunjung yang ingin membawa souvenir dari Taman Nasional Ujung Kulon, disediakan berbagai pilihan:•Patung Badak Jawa dari bahan kayu (ba­

dak batik)•Gantungan kunci Badak•Kaos berbagai pilihan motif dan ukuran•Pin Taman Nasional Ujung Kulon Topi

Tiket masuk TnUKSumber: Taman nasional Ujung Kulon

Karcis MasukPungutan Masuk Rp2.500 (WNI) Rp20.000 (WNA)

Pungutan Masuk Kendaraan AirKapal motor s/d 40 PK Rp50.000Kapal motor 41 s/d 80 PK Rp75.000Kapal motor diatas 80 PK Rp100.000

trAnsportAsi•Kapal cepat (kapasitas max 8 orang)

Rp4.500.000/malam berangkat dari Carita•Kapal biasa (kapasitas max 20 orang)

Rp2.250.000/malam berangkat dari Sumur / Ta­man Jaya

Des

tinasi: b

ant

en |

uju

ng k

ulon

foto

-foto

: Ard

ha P

rase

tya

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Des

tinasi: b

ant

en |

uju

ng k

ulon

foto

-foto

: Ard

ha P

rase

tya

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Page 13: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

22 23

Des

tinasi: b

ant

enfo

to-f

oto

: Dok

Disbud

par

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Des

tinasi: b

ant

enfo

to-f

oto

: Dok

Des

tinasi In

done

sia

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Pulau umangLuas Pulau Umang sekitar 5 hektare

dengan pemandangan pantai yang bersih, pasir putih, air laut dan langit biru. Pulau yang terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten ini, dikelola profesional dengan konsep resort, lengkap dengan segala fasilitas seperti banana boat, jet ski, diving, snorkling, dll. Keindahan Pulau Umang sudah dikenal hingga mancanegara, dikenal sebagai pulau impian. Kuliner di pulau ini didominasi seafood segar. Di malam hari, pihak pengelola biasanya menawarkan hiburan musik hidup. Udara segar, musik, dan menikmati kuliner di tepi pantai bisa menjadi kegiatan romantis yang menyenangkan.

Serba Serbi bantenSate bebekRM Damai 05Jl KH Abdul latief Sumur Pecung, SerangTelp 087771188887

Bagi penyuka da­ging bebek, harus mencoba yang satu ini. Pemiliknya Haji Sjamsuddin memulai usaha sejak 1974 dan kini telah mempu­nyai dua cabang. Rasa bumbu satenya berbeda, dan daging bebeknya empuk, tidak berbau. Selain sate bebek, terdapat mula menu sop bebek dan opor bebek yang bisa digoreng. Satu porsi sate Rp17.000 dan satu porsi sop bebek Rp14.000.

Apa rahasia bebek RM Damai 05 hingga bisa empuk dan tidak berbau? Haji Sjamsuddin men­jawab, “Rahasinya terletak pada keahlian memilih bebek berdasarkan usia. Pilih yang estewe (sete­ngah tua), supaya dagingnya kenyal. Kalau terlalu muda kurang enak karena terasa lembek, kalau ter­lalu tua sudah pasti alot,” katanya sembari tertawa.

Selain tiga menu yang sudah disebutkan di atas, Banten, khususnya Serang mempunyai menu nasi sumsum. Nasinya dibungkus daun pisang, di dalamnya diisi sumsum kerbau, kemudian dibakar. Nasi sumsum buka di malam hari di warung tenda lesehan, lokasinya dekat dengan alun­alun kota. Selamat mencoba!

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Banten Kawasan Pusat Pemerintahan Propinsi Banten Jl Syech nawawi Palima Serangtelp: 0254 267060Website: www.bantencul-turetourism.com

Taman nasional Ujung KulonJl Perintis kemerdekaan no 51, kecamatan Labuan, Pandeglang, banten.telp: 0253 801731 dan 0253 804651Webasite: www.ujungkulon.org

Pulau Umangkecamatan Sumur, kabupaten pandeglangtelp: 0253 80331 0253 803351

sekilAs BAntenBANTEN merupakan propinsi pe­

cahan Jawa Barat, dipisahkan sejak tahun 2000 terbagi menjadi empat kabupaten dan kota, yaitu Kabupaten Serang, Lebak, pandegang, Tangerang, dan Kota Cilegon, Serang, Tangerang Selatan, dan Tangerang.

Wilayah Banten memiliki posisi

strategis, baik untuk lintasan jalur laut mau pun udara. Bandara internasional Soekarno Hatta masuk dalam wilayah Banten. Jalur laut banten (Selat Sunda) juga strategis, bisa dilalui kapal­kapal besar yang menghubungkan negara­negara tetangga, Australia, Selandia baru, Thailand, Singapura, dll.

oBjek WisAtA

BANTEN sungguh luar biasa. Propinsi yang satu ini memiliki pilihan objek wisata alam dan budaya yang bera­gam. Meski demikian, be­lum banyak orang yang tahu. Andai pernah mende ngar namanya pun, terkadang di­sambung dengan komentar, “oo itu di Banten toh.”

Maklum, jarak antara satu objek wisata dengan objek wisata lain di Banten, rata­rata berjauhan. Masing­masing butuh waktu kun­jung tersendiri, dan masing­masing bisa menjadi kisah atau cerita tersendiri. Meski demikian, ada beberapa ob­jek wisata alam yang sudah populer, di antaranya Anyer dan Carita.

Di luar dua pantai terse­but, Banten memiliki banyak objek wisata alam, masyara­kat adat, dan budaya lainnya. Berikut beberap informasi di antaranya:

masyarakat Adat CisungsangSeperti halnya Baduy, masyarakat adat

Cisungsang masih mempertahankan adat­istiadat yang ditinggalkan para leluhur. Cisungsang terletak di kaki Gunung Halimun, dan dikelilingi oleh empat desa adat lainnya, yaitu Cicarucub, Bayah, Citorek, dan Cipta Gelar. Desa Cisungsang dapat ditempuh jalur darat sekitar 5 jam dari Rangkasbitung atau sekitar 200 km dari Kota Serang. Cisungsang dipimpin oleh kepala adat yang penunjukkan­nya berdasarkan wangsit dari atas. Desa ini menganut tiga sistem pemerintahan, adat, negara, dan agama.

Air terjun CihearAir Terjun Cihear terletak di

Gunung Leutik, di dalam Ka­wasan Gunung Halimun Salak. Tinggi air terjun mencapai 25 meter dengan lebar sekitar 6 meter. Lokasinya berdekatan dengan wisata arung jeram Sungai Ciberang. Panorama Gunung Halimun Salak, sawah, hutan, dan juga berbagai hewan seperti monyet, elang jawa, bisa dinikmati selama melakukan pendakian menuju air terjun.

kuliner khAs BAnten

APA saja makanan khas Banten yang bisa dijadikan wisata kuliner dan oleh­oleh? Destinasi Indonesia menelusuri Kota Serang, jantung pemerintahan Propinsi Banten.

Sate bandeng

Jl Kiuju No 63 Kaojan Tengah, SerangTelp: 087771845592/081906060404

Sate bandeng merupa­kan makanan khas Banten yang kerap dijadikan oleh­oleh hingga mancanegara. Sesuai nama, bahan dasar utamanya adalah daging ikan bandeng yang sudah dipisahkan dari duri, diha­luskan, kemudian dicampur santan, dan diberi aneka bumbu atau rempah dapur. Proses teakhir dililitkan ke tusukan sate.

Sate bandeng bisa ditemui di beberapa restoran dan warung makan yang ada di Serang hingga Anyer. Namun, jika akan dijadikan oleh­oleh beberapa home industry bisa didatangi, di antaranya sate bandeng Ibu Hj Maryam.

Tersedia dua rasa, original dan pedas dengan harga Rp25 ribu per porsi/tusuk. Jika menggunakan kardus untuk kemasan atau pun menggunakan plastik dan proses vacum agar lebih awet, tinggal menambahkan biaya Rp2.000 per porsi.

Sop IkanRM Taman Taktakan Jl Yusuf Martadilaga No 2 SerangTelp: 0254 215953

Restoran dan warung sop ikan bertebaran di Kota Serang. Terbuat dari bahan dasar utama ikan kakap yang dicampur de­ngan berbagai sayuran, di antaranya penuh taburan tomat hijau, kemangi, dan daun bawang. Salah satu restoran yang kerap dijadikan tempat untuk menjamu tamu adalah RM Taman Taktakan. Harga satu porsi sop ikan Rp90 ribu (untuk 4­6 orang), sedangkan setengah porsi dipatok Rp50 ribu (2­3 orang).

Infosol elite marbella (bintang 5) Jl raya karangbolong km 133.5 Anyer, kabupaten Serang, banten.telp: 0254 602345 dan 0254 602346

Hotel mambruk anyerJl raya karang bolong, Desa Cikoneng, Serangtelp: 0254 601602

sanghyang indah spa resortJl raya Sirih km 128 Anyer, Serangtelp: 0254 600988

The jayakarta anyerJl raya karang bolong km 17/135, Anyer, Serangtelp: 0254 601783

Patra anyer BeachJl raya bandulu, Anyer, Serangtelp: 0254 601783

Page 14: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

24 25

Tanjung lesung

Sales & Marketing Tanjung Lesung

Telp: 021 572 7225 / 0812 9261088

Reservasi Villa: 021 5727345

Reservasi Hotel: 021 57904731

Des

tinasi: b

ant

en |

tanj

ung L

esun

gfo

to: D

ok

tanj

ung L

esun

gDe

stin

asi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Des

tinasi: b

ant

en |

tanj

ung L

esun

gfo

to: D

ok

tanj

ung L

esun

gDe

stin

asi

indone

sia |

okt

ober

201

3

mengemBAlikAn semAngAt di tAnjung lesung

Kawasan ini memang tidak hanya menawarkan keindahan dan aktivi­tas wisata, tetapi juga memanjakan dengan beragam fasilitas berkelas. Untuk menginap tersedia villa, ho­tel, bahkan camping ground di tepi pantai yang menawarkan gabungan antara petualangan dan layanan profesional.

Hotel bintang 4 Tanjung Lesung, The Beach Club, Sailing club, dan Green Coral Camping Ground akan memberikan sensasi berbeda­beda dalam setiap kunjungan wisata.

Berbagai aktivitas dapat dilakukan mulai dari yang bersifat relaksasi hingga yang menantang adrenalin, seperti yang kini tengah menjadi trend dunia, yaitu spear fishing.

Beach Club cocok bagi para pecinta olah raga air seperti snor-keling, diving, banana boat, dan jetski. Diving dan snorkeling meru­pakan aktivitas favorit wisatawan yang i ngin mengagumi keindahan bawah laut dengan keanekaragam­an hayati biota dan terumbu karang.

Selain hotel, Tanjung Lesung juga memiliki Kalicaa Villa Estate, de ngan pilihan 1 hingga 3 kamar tidur. Semuanya dilengkapi dengan private pool/kolam renang. Properti ini pada dasarnya milik individu yang berinvestasi dan kemudian diserah kelolakan pada pihak manaje men.

Dalam waktu dekat akan dilun­curkan Beranda Villa dengan desain berbeda, dilengkapi private pool berbahan dasar batu alam yang dibentuk sedemikian rupa sehingga memantulkan tampilan mozaik.

Beranda Villa menawarkan beberapa keuntungan berinvestasi antara lain, garansi penyewaan selama 2 tahun dengan tingkat pendapatan sewa sebesar 9%, mendapatkan 30 point untuk ting­gal dalam periode 1 tahun, bebas

biaya perawatan bangunan dan bebas biaya listrik dan air.

Fasilitas Kawasan Ekonomi Khusus yang didapat pada 2012, memberikan keuntungan dalam kemudahan proses perizinan dan keuntunganfiskalsertanon-fiskal.Investasi kian diuntungkan dengan adanya dukungan Infrastruktur dari pemerintah pusat berupa Jalan Tol Serang Timur ­ Panimbang Selatan dan dukungan bandara international di Panimbang Selatan.

Berinvestasi atau pun sekadar berwisata menikmati keindahan dan kelengkapan fasilitas di Tan­jung Lesung, sama­sama menarik. Harga yang dibayar dan kepuasan yang didapat sungguh sebanding. Di Tanjung Lesung, semangat Anda akan di re-charge kembali.

bOSAN dengan hiruk pikuk dan kesibukan kerja, maka saatnya menikmati kegembiraan dan ke­tenangan bersama keluarga, handai taulan, atau pun teman dan sahabat di Tanjung Lesung, Ban­ten.

Miliki rekreasi dan liburan menyenangkan di destinasi wisata eksklusif berkelas internasional ini. Tanjung Lesung menawarkan kelengkapan fasilitas dan utamanya keindah­an alam berlatar Anak Gunung Krakatau, hamparan pantai berpasir putih, biru air laut, langit, udara segar, dan beragam kegiatan menyenangkan.

Dengan luas lahan pengembangan sebesar 1.500 hek­tare, Tanjung Lesung disiapkan menjadi kawasan wisata international yang paling lengkap selain Bali. Sebagai pusat kota kawasan baru, Tanjung Lesung akan dilengkapi fasilitas Lapangan Golf 18 holes, Marina tempat bersandar Yacht dan Kapal Pesiar, Theme Park, Health Farm dan Airstrip sebagai landasan bagi penerbangan Registered rute Halim Perdana Kusuma – Tanjung Lesung. Penerbangan perdana rute terse­but, rencananya akan dijalankan di penghujung 2013.

Sesekali cobalah memanjakan diri de­ngan kelengkapan fasilitas dan keindah­an alam di Tanjung Lesung. Harga yang dibayar dan kepuasan yang diperoleh sungguh sebanding.

AkomodAsi

investAsi

Page 15: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

mATAHARI terasa membakar kulit, be­gitu keluar dari pesawat di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tengga­ra Timur. Di luar ruang tunggu ban­dara pengemudi mobil sewaan silih

berganti menawarkan jasa. Tarif yang ditawarkan rata­rata Rp50 ribu sampai pusat kota Labuan Bajo atau hotel tempat menginap. Jangan ragu menawar, rata­rata wisatawan mendapat harga Rp30 ribu untuk perjalanan sekitar 15 menit dari Bandara ke pusat Labuan Bajo.

Pantai dengan kapal­kapal di Pelabuhan Labuan Bajo menjadi pemandangan pertama yang cukup mempesona. Keindahan yang lebih mempesona lagi akan ditemui di Pulau Komodo dan Pink Beach.

Des

tinasi: L

abua

n ba

jo |

Pula

u ko

modo

foto

: komodo-P

ark.c

om

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Des

tinasi: L

abua

n ba

jo |

Pula

u ko

modo

foto

: Ind

one

sia.tr

ave

l De

stin

asi

indone

sia |

okt

ober

201

3

26 27

INDAH! Kata seperti itu sangat tepat diucapkan untuk menggambarkan pantai­pantai di Pulau Komodo dan sekitarnya. Ketakjuban bertambah ketika melihat langsung hewan purba khas Indone­sia, yang namanya tenar hingga mancanegara.

The Real dragon in the World

DEStInASI: LAbuAn bAJo | PuLAu komoDo

komoDoNAMA dragon diberikan saat komodo ditemukan pertama kali di Pulau komodo sekitar 1910. Saat itu, para pelaut Belanda berkali­kali melihat binatang raksasa yang oleh penduduk setempat sering disebut naga. Letnan Steyn van Hensbroek, pe­jabat Administrasi Kolonial Belanda mendengar laporan tersebut dan kemudian melakukan ekspedisi. Dia menangkap hewan yang disebut naga tersebut, dibawa ke Belanda untuk diteliti. Meski kemudian diketahui bahwa komodo ini sejenis kadal purba raksasa, namun nama komodo dragon tetap digunakan.

Saat ini di Pulau Komodo ada sekitar 2.853 komodo. Jika ditambah dengan habitat yang hidup di Pulau Rinca dan Gili Montang, jumlahnya sekitar 5.000 ekor. Taman Nasional Komodo merupakan tempat perlindungan dan penangkaran komodo, hewan khas Indonesia. Pulau Komodo juga men­jadi salah satu spot diving terbaik di Nusa Tenggara Timur. Ada sekitar 385 spesies karang, 70 jenis bunga ka­rang, ribuan spesies ikan, penyu hijau, 6 jenis paus, 10 jenis lumba­lumba, berbagai jenis hiu, dll.

WIkImEDIA | JorDy thEILLEr

Pulau kanawa Island,

Taman Nasional Komodo

Page 16: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

28 29

Sewa kapal Pulau komodo

fakta Seputar komodo

1. nama Inggrisnya komodo Dragon, nama daerahnya Ora.

5. Air liur merupakan senjata utama komodo. mengan-dung bakteri luar biasa banyak dan berbahaya. mangsa yang lebih kuat cukup mendapat satu gigitan, beberapa minggu kemudian akan lumpuh, baru dimangsa. namun penelitian terbaru menyebutkan, ko-modo memiliki tujuh saluran bisa di gusinya. racun itu-lah yang membunuh, bukan bakteri di dalam air liur.

11. Satu bulan setelah kawin, komodo bertelur. Jumlahnya antara 15-30 butir. telur-telur itu disembunyikan di satu lubang sedalam dua meter. untuk mengelabui predator, biasanya sang induk membuat dua lubang palsu.

15. masa atau bulan kunjung yang baik untuk melihat ko-modo sekitar ma-ret hingga Agustus. meski sekarang terjadi anomali iklim, namun di bulan bulan terse-but cuaca lebih banyak cerah hingga ideal untuk melakukan per-jalanan. Selain itu, di bulan kunjung yang disarankan, prilaku komodo lebih tenang. Se-dangkan di bulan September hingga Januari, biasanya jauh lebih agresif karena memasuki masa kawin dan bertelur.

6. komodo dewasa mampu berlari dengan kecepatan 18 km per jam.

12. telur-telur itu ditunggui selama 3 bulan kemudian ditinggal. genap Sembi-lan bulan. setelah dikubur, lahirlah anak-anak komodo. biasanya tingkat kelahiran mencapai 85%, tapi tingkat hidup sesuai dengan seleksi alam sekitar 10%-15%.

7. komodo binatang soliter, tetapi jika ada mangsa mereka datang dan berebut.

8. usia komodo bisa menca-pai 50 tahun.

13. komodo betina jika terpak-sa mampu bertelur tanpa dibuahi pejantan. kelahiran telur dari jenis ini menghasil-kan komodo-komodo jan-tan. Para peneliti menduga, keajaiban ini merupakan salah satu cara untuk menghindari kepunahan.

9. Populasi komodo betina lebih kecil dibanding jan-tan. Perbandingannya satu betina, tiga jantan.

10. masa kawin komodo an-tara Juli dan Agustus. tiga komodo jantan akan mem-perebutkan satu komodo betina. komodo jantan menjadi lebih agresif dan sering berkelahi. Saat itulah, komodo bisa berdiri di atas dua kaki be-lakangnya.

14. kekuatan komodo ada pada penciuman. kekuat-an itu sekaligus menjadi kelemahannya. Lubang hi dung komodo merupakan titik terlemah yang digu-nakan para ranger untuk menghalau dengan kayu, saat mereka agresif.

16. Para peneliti menyebut komodo sebagai binatang purba yang masih tersisa. binatang in masuk dalam kategori kadal raksasa. namun, ada penelitian yang mengkaitkan kemungkinanan adanya hubungan komodo dengan dinosaurus yang telah punah.

2. komodo termasuk binatang purba yang hanya ada di Pulau komodo, manggarai barat, flores, Indonesia.

3. komodo di Indonesia hidup dengan cara-cara asli alias berburu sendiri tanpa bantuan manusia. biasanya mereka memangsa kijang, kerbau, kuda, monyet, dll. komodo kecil me-makan serangga.

4. komodo me-mangsa langsung tanpa mengunyah (sama seperti ular). binatang ini cukup makan satu kali dalam satu bulan.

Loh Liang merupakan salah satu pintu masuk ke Pulau Komodo. Di tempat ini wisatawan harus menyele­saikan masalah administrasi, mendengarkan penjelasan tentang aturan dan keselamatan, Istirahat sejenak, dan kemudian bisa mulai melakukan perjalanan mencari keberadaan komodo.

Satu hal yang pasti, wisatawan tidak diperkenankan menjelajahi Pulau Komodo sendiri, tanpa dampingan ranger (semacam pawang komodo) yang juga bertugas sebagai pemandu wisata.

Ada tiga rute menjelajahi Pulau Komodo yang dita­warkan. Short trekking sekitar satu kilometer, medium (5 km) dan long trekking (10 km). Selama perjalanan, ranger akan menjelaskan banyak hal, mulai dari sifat komodo, asal usul nama, cara bertelur, dsb.

Keindahan laut dari atas bukit, keberadaan komodo, kera dan rusa merupakan pemandangan yang bisa dilihat selama di Pulau Komodo. Berkunjung ke Pulau Komodo akan menjadi pengalaman tidak terlupakan. Ada sensasi tersendiri ketika bisa melihat langsung binatang purba yang mendapat julukan The Real Dragon in the World.

Paket wisata yang ditawarkan agen­agen perjala­nan di Labuan Bajo bisa menjadi solusi praktis bagi wisatawan yang ingin menjelajahi Pulau Komodo dan sekitarnya. Perjalanan ke Pulau Komodo dan sekitarnya, bisa juga diatur sendiri. Jika datang beramai­ramai, pengaturan sewa kapal akan lebih murah. Jika datang sendiri atau hanya berdua, bisa bergabung dengan rombongan lain. Namun, bila anggaran tidak menjadi masalah, maka pilihan kapal kian beragam sesuai dengan besar kecil dan ketersediaan fasilitas.

Kemana bisa menyewa kapal? Ada beberapa biro perjalanan lokal yang menawarkan jasa pengaturan dan penyewaan kapal. Bisa juga langsung men­datangi Pelabuhan Labuan Bajo. Cara lain, bergaul dengan penduduk sekitar, mengobrol dengan pe­milik warung, restoran, untuk menanyakan kontak penyewaan kapal ke Pulau Komodo dan sekitarnya.

Harga sewa kapal bervariasi, tergantung besar kecil kapal dan fasilitas di dalamnya. Ada yang ditawarkan Rp1 juta, tapi ada juga yang harga sewanya lebih dari Rp10 juta. Silakan tawar, jangan ragu! Pastikan pula ketersediaan konsumsi selama perjalanan dan rute kunjungan yang disepakati.

Biasanya, agen perjalanan atau pun pemilik kapal menyarankan agar perjalanan dimulai pagi hari, sekitar pukul 05.00 atau 06.00 WITA. Maklum waktu tempuh dari Labuan Bajo ke Pulau Komodo rata­rata 6 jam perjalanan atau sekitar 1 hingga 2 jam jika menggunakan speed boat. Dari Labuan Bajo ke Pulau Rinca, salah satu pulau yang juga di­tinggali habitat komodo, kurang lebih sekitar 4 jam.

Des

tinasi: L

abua

n ba

jo |

Pula

u ko

modo

foto

: Want

o u

mar

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Des

tinasi: L

abua

n ba

jo |

Pula

u ko

modo

foto

: komodo-P

ark.c

om

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

komoDo-PArk.Com

Page 17: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

30 31

Jalur Udara• Via Kupang Bisa menggunakan pesawat Sky Air,

Trans Nusa, Merpati atau Wing Air

• Via Denpasar Pesawat Sky Air, Trans Nusa, Merpati

atau Wing Air• Seluruh pernerbangan menuju La­

buhan Bajo sehari 2 kali penerbangan Jalur Laut• Benoa Bali­Labuhan Bajo, menggu­

nakan kapal Pelni 2 minggu sekali• Makassar­ Labuhan Bajo, menggu­

nakan kapal Pelni 2 minggu sekali• Pelabuhan Sape Bima­Labuhan Bajo

menggunakan kapal Feri setiap hari

Bus: Labuan bajo juga bisa dicapai dengan bus dari Denpasar. Harga tiket bus sekitar Rp350.000.

tIPS AmAn DI PuLAu komoDo• hindari berkunjung ke Pulau

komodo pada musim penghujan. Jalanan tanah di pulau akan menyulitkan, karena becek dan licin.

• Di pulau komodo, tersedia semacam kafe yang disediakan pengelola. namun jika anda ingin menikmati makan siang sebaiknya bawa makanan dari luar. kafe hanya disediakan makanan kecil atau snack dan minuman.

• usahakan jangan terjatuh, terluka, dan berdarah. komodo memiliki penciuman yang tajam hingga mencapai 5 km. bau darah bisa memicu sifat agresif.

• Perempuan yang sedang men-struasi sebaiknya melapor terlebih dahulu, sehingga bisa lebih diperhatikan dan diambil langkah antisipasi oleh para ranger.

• Saat ingin trekking, sebaiknya patuhi dan ikuti arahan dari

ranger yang akan memandu se-tiap kelompok. maksimal kelompok biasanya terdiri dari 5 orang dengan dipandu seorang ranger.

• Jika ingin memotret komodo lebih dekat, jangan terpisah dari rom-bongan dan sebaiknya membe-rit ahu ranger, sehingga bisa diingatkan untuk menjaga jarak aman.

• Jangan menarik perhatian ko-modo dengan membuat gerakan tiba-tiba, karena bisa mengun-dang keagresifan hewan reptil ini. bergerak perlahan dan hati-hati.

• hindari bercanda berlebihan, berteriak dan kegiatan lain yang menimbulkan suara berisik. usahakan jangan terlalu sering menginjak daun kdan ranting kering. komodo yaang merasa terganggu bisa menjadi agresif.

• Ingatlah selalu, meski gerakan ko-modo terlihat lamban dan malas,

tapi sesungguhnya bisa sangat mengejutkan. Jadi, jangan coba-coba memberi makan komodo.

• hindari merokok karena putung rokok bisa tertelan oleh anak komodo yang iseng mengais makanan. Selain itu, tanah Pulau komodo cenderung gersang dan meranggas, karena teriknya matahri.

• Dilarang membuang sampah sem-barangan. bukan hanya karena faktor kebersihan, tetapi juga bisa membunuh komodo yang mungkin tidak sengaja menelan sampah.

• Jangan lupa kenakan krim tabir surya, membawa kacamata yang bisa melindungi mata dari radiasi matahari, dan topi.

• Jangan lupa krim antinyamuk, karena Labuan bajo dan seki-tarnya merupakan salah satu daerah endemi malaria.

Sekilas Labuan bajo

AkSESLabuan Bajo merupakan kota nelayan kecil di Nusa Tenggara Timur. Kota yang bisa dijelajahi dengan berjalan kaki ini, menjadi pintu masuk petualangan menuju Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pink Beach, dan pulau­pulau lainnya.

Dari Denpasar dan Kupang, Labuan bajo bisa dicapai lewat jalur udara, laut, dan darat. Pamor Labuan bajo terus meningkat di dunia internasio­nal. Bukan hanya karena memiliki hewan purba khas Indonesia, tetapi juga dengan terselengga­ranya puncak Sail Komodo yang baru saja ber­langsung, Oktober 2013.

Tiket masuk Pulau Komodo

jenis Harga

Tiket masuk wisatawan nusantara (wisnus) Rp2.500/orang

Tiket masuk wisatawan mancanegara (wisman) Rp20.000/orang

Handycam nonkomersial wisnus Rp15 ribu/unit

Kamera nonkomersial wisnus Rp5.000/unit

Handycam nonkomersial wisman Rp150.000/unit

Kamera nonkomersial wisman Rp50.000/unit

Tarif Pemandu Wisata di Pulau KomodoSumber: komodo-park.com

loh Buaya

Loh Buaya – Wae Waso Rp50.000/grup (1-5 orang)

Loh Buaya – Loh Kimia Rp150.000/grup (1-5 orang)

Loh Buaya – Golo Kode Rp150.000/grup (1-5 orang)

Loh Buaya – Golo Kode Rp100.000/grup (1-5 orang)

Loh Buaya - Kerora Rp300.000/grup (1-5 orang)

loh liang

Loh Liang – Banu Nggulung Rp50.000/grup (1-5 orang)

Loh Liang - Poreng Rp150.000/grup (1-5 orang)

Loh Liang - Sebita Rp200.000/grup (1-5 orang)

Loh Liang – Gunung Ara Rp250.000/grup (1-5 orang)

Des

tinasi: L

abua

n ba

jo |

Pula

u ko

modo

foto

: tri

Wib

owo

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Des

tinasi: L

abua

n ba

jo |

Pula

u ko

modo

foto

-foto

: Want

o u

mar | t

ri W

ibowo

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Page 18: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

32

gua batu CerminGua Batu Cermin merupakan salah satu objek

wisata yang hampir selalu dikunjungi wisatawan ketika datang ke Labuan Bajo. Lokasinya hanya sekitar 4 km dari pusat kota. Tiket masuknya hanya Rp10 ribu/orang, jika ingin menggunakan jasa pemandu wisata hanya menambah nomi­nal yang sama. Seperti layaknya masuk seuah gua, wisatawan akan dipinjami peralatan seperti senter dan helm. Gua ini ditemukan arkeolog bernama Theodore Verhoven, dan kemudian dalam perkembangannya menjadi objek wisata. Disebut Gua Batu Cermin, karena pada jam tertentu, ketika cahaya matahari masuk, antara pukul 09.00 hingga 12.00 WITA, batu di dalam gua bersinar terang dan air di bawahnya me­mantulkan cahaya layaknya cermin.

objek Wisata Seputar Labuan bajo

inFoBalai Taman nasional

KomodoJl kasimo, Labuan bajo, manggarai barat, ntt

86554 telp/fax:

0385-41005 - 41006 Email:

[email protected]

green Hill Boutique Hotel

Jl Soekarno hatta, Labuan bajo, flores, ntt

telp: 0385 41289/0385 41290

http://greenhillboutique-hotel.com

bintang flores Jl raya Pede gorontalo-

Labuhan bajotelp: (0385) 42000

Hotel jayakarta Jl raya Pede gorontalo-

Labuhan bajotelp: (0385) 41688

luwansa Beach resortPantau Pede Labuhan bajo

florestelp: (0385) 2443677

Komodo resort & Divingtj Pelinta, Sebayur Island,

komodo manggarai barat - flores

Pink beachIni dia salah satu pantai

yang menjadi primadona wisatawan. Pasirnya ber­warna pink, terutama ketika air yang menyapu bibir pantai menyurut kembali ke lautan. Warna pink muncul akibat pe­cahan, batu­batu karang di kawasan tersebut yang berwarna merah muda. Pink Beach masih asri, air laut jernih dan surga bagi yang ingin melakukan snorkeling. Di titik­titik tertentu, aktivitas di­ving dijamin akan mempesona.

Untuk menjaga keasrian Pink Beach, kapal tidak bisa berlabuh. Wisa­tan yang ingin menuju pantai akan dijemput perahu nelayan.

Pulau kambingWarna koral di

pulau ini terke­nal indah. Pulau kambing juga bisa menjadi tempat perhentian kapal untuk menikmati matahari teng­gelam sekaligus ratusan kelalar­war yang terbang keluar dari sarang, memenuhi langit senja.

Des

tinasi: L

abua

n ba

jo |

Pula

u ko

modo

foto

-foto

: tri

Wib

owo

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

tAnJung PutIng nAtIonAl PArK

EDiSi i | SEPTEmBER 2013

Panduan jelajah indonesia

free

go ThRough ThE miDDLE oF mAgAzinE FoR EngLiSh VERSion

BEREnAng BERSAmA hiu-hiusilahkan menginap di tengah laut dan berenang bersama hiu-hiu di Karimunjawa.

Scan image cover untuk menyaksikan video.Urutan caranya bisa dilihat di halaman berikut.

Free

Magazine

Page 19: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

34 35

mENGISI liburan dengan cam-ping? Semula saya masih ragu. Tapi setelah browsing

dan survei, keinginan untuk camping bersama keluarga justru menggebu.

Ada beberapa pilihan lokasi yang menggoda untuk disam­bangi. Rakata Tanakita di Cisaat Sukabumi, Matahari di Kawasan Puncak, Happyland, Batutulis, Bogor, Bravo Camp di Sukabumi, serta Batu Tapak di Desa Cidahu, Sukabumi.

Jika di Rakata Tanakitai Anda seperti berada di hotel bintang

lima karena semua sarana sudah tersedia, maka di Batu tapak Anda masih akan mendapatkan sensasi suasana camping ala kadarnya, karena peralatan yang tersedia tidak terbatas dan tidak terlalu mewah. Keduanya punya nilai plus dan minus masing­masing.

Dua tempat itu sebenarnya sa­ma­sama menggoda. Tapi setelah memperhitungkan faktor keuang­an dan tujuan mengisi liburan, akhirnya keluarga kami memilih Batu tapak. Di Batu Tapak, ada ke­sempatan mengajar anak mema­sak, mandi di sungai, dan makan di bebatuan besar. Anak­anak

akan mendapatkan pengalaman berbeda, belajar mandiri sekali­gus mengenal alam. Sebagaigambaran,topografi

perkemahan Batu Tapak berkon­tur dan dihiasi batu­batu alam berukuran cukup besar. Lahan perkemahan seluas 2,5 hektare tersebut terbagi dalam tiga ka­wasan, yaitu di tanah datar di atas bukit, di tengah dekat sungai dan air terjun, atau di bagian bawah yang berdekatan dengan kantin.

Batu Tapak memiliki panorama alam cukup indah, dilatari pe­mandangan Gunung Gede dan Pang rango. Arah pandang menca­pai 180 derajat, termasuk lembah hutan damar yang hijau. Anda juga dapat menikmati kota Cicu­rug dan desa­desa di sekitarnya. Di malam hari, kelap­kelip lampu Cisarusa Puncak ikut memeriah­kan suasana camping.

LIburAn kELuArgA

Mengisi Liburan dengan Camping

Mungkinkah camping bersama anak di bawah lima tahun dan Bunda yang berusia 70 tahun? Saya sudah membuktikan bahwa kegiatan alam bebas itu tidak mengenal usia.

34

Sulha handayani

bAtu tAPAk

Libur

an

kelu

arg

a |

batu

tapak

foto

-foto

: Sul

ha h

and

aya

niDe

stin

asi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Libur

an

kelu

arg

a |

batu

tapak

foto

-foto

: Dok

Sulh

a h

and

aya

niDe

stin

asi

indone

sia |

okt

ober

201

3

35

Page 20: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

36 37

Apakah mungkin camping membawa anak di bawah lima tahun? Tidak perlu khawatir. Keluarga besar kami pernah camping membawa Vava yang masih duduk di Taman Kanak­Kanak dan si kembar Kirana dan Kinara yang masih berusia 2 tahun.

Bahkan saya pernah memba­wa ibu yang sudah berusia 70 tahun tapi masih aktif berke­giatan. Pengelola Batu tapak Yulius Fanumbi beserta istri dan para stafnya cekatan memban­tu para tamu yang membawa balita dan manula.

Batu Tapak didesain untuk pemula, dilengkapi dengan mushola, kamar mandi, dan satu rumah makan dengan menu sederhana. Jika ingin memasak sendiri, tidak perlu repot membawa peralatan.

Pihak pengelola menyewakan kompor sampai panci dalam berbagai ukuran, sesuai dengan jumlah yang menginap. Lampu, matras, hingga kasus VIP pun tersedia, jika ingin tidur lebih nyaman di dalam tenda.

Meski peralatan inti tersedia, namun suasana camping di alam tetap terasa. Pihak penge­lola memilih menyewakan peralatan sederhana, sehingga tidak menghilangkan nuansa ‘harus berusaha mandiri’ di alam bebas.

Di Batu tapak, rasa kekeluar­gaan jadi terbangun lebih erat. Jika dihitung, dalam waktu tiga tahun terakhir, saya sudah tujuh kali camping di tempat ini. Enam kali bersama keluarga, dan satu kali bersama perusa­haan yang tengah melakukan kegiatan outbond.

AksesUntuk mencapai lokasi Batu

Tapak dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut itu, kita dapat menggunakan kenda­raan umum jurusan Cicurug­Cidahu maupun kendaraan pribadi mele­wati Cicurug, menuju Desa Cidahu yang berjarak sekitar 15 km dari area Javana Spa. Cidahu merupak­an sebuah kecamatan di Kabupaten Sukabumi, propinsi Jawa Barat. Dari Jakarta, waktu tempuh yang diperlukan sekitar 2,5 jam di hari biasa atau 3,5 jam di hari libur atau akhir pekan.

Jika dari Bogor, ambil ke jurusan Sukabumi. Patokannya setelah melewati pasar Cicurug, ada pom bensin, sekitar 200 meter ke­mudian belok kanan. Perhatikan rambu jalan, hingga menemukan papan petunjuk Javana Spa. Dari situ sekitar 12 Km lagi ke Batu Tapak Camping Ground. Di jalur ini, Anda akan melewati Pabrik Krating­daeng dan Aqua. Jalan kian lama kian menanjak, tapi secara umum lumayan mulus.

Pada Km 12, pilih gerbang di sisi kanan untuk masuk ke lokasi parkir Batu Tapak Camping Ground. Tidak ada plang keterangan Batu tapak, yang ada justru papan keterangan wisata Cangkuang. Meski sama­sama memiliki camping ground, na­mun beda manajemen. Cangkuang dikelola Perum perhutani, sedang­kan Batu Tapak dikelola swasta, cocok untuk umum dan pemula, karena lokasinya sudah ditata rapi, berdekatan dengan kebun dan air terjun.

Harga seWa:biaya lokasi rp20.000/orang/malamrp 30.000/orang/dua malamrp 50.000/keluarga

TenDatenda Pleton 20 orang rp 1.250.000tenda Charly 7 orang rp 400.000tenda Dome 4 orang rp150.000Sleeping bag rp 30.000terpal 4x4 rp 150.000terpal 4 X 8 rp 250.000terpal 8x8 rp 450.000matras spon 1 rp 15.000kasur busa kulit rp30.000bantal rp 15.000

viPtenda Dome 6 orang 3 kasur rp 800.00/malamtenda Dome 4 orang, dua kasur rp600.000/malamtenda Dome 2 orang 1 kasur rp400.000/malam

AktivitAsBermain air, mandi di sungai, trek­

king, dan panjat tebing merupakan kegiatan yang biasa dan bisa dilaku­kan pengunjung. Namun, Batu Tapak juga menyediakan permainan point ball,flyingfox,twolinebridge,spi­der web, dll. Pihak manajemen juga memberi layanan permainan sesuai pesanan, biasanya dilakukan para pengunjung dari perusahaan yang tengah menjalani program outbond.

Beberapa kali camping di Batu Tapak, anak­anak tidak pernah bosan bermain di pematang sawah sambil berjalan menuju lokasi air terjun. Mereka juga dapat melihat langsung, bagaimana kerbau membajak sawah dan mengenali beragam jenis tana­man selain padi. Acara masak­mema­sak di pagi dan malam hari menjadi kegiatan yang selalu dinanti. Kami membawa bahan­bahan mentah dari rumah, sebagian dititipkan ke rumah makan Batu tapak.

memBAWA BAlitA

Libur

an

kelu

arg

a |

batu

tapak

foto

-foto

: Sul

ha h

and

aya

niDe

stin

asi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Libur

an

kelu

arg

a |

batu

tapak

foto

-foto

: Dok

Sulh

a h

and

aya

niDe

stin

asi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Page 21: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

38 39

komunItAS

Wiken Tanpa ke MallWiken Tanpa ke Mall bukan berarti antimall. Mereka hanya ingin mengajak keluarga dan masyarakat untuk mengisi liburan dengan kegiatan kreatif, edukatif, dan lebih mengenal lingkungan sekitar dan kota yang ditinggali.

bAGI kebanyakan warga kota besar seperti Jakarta, akhir minggu menjadi saat yang ditunggu­tunggu. Berpergian dan bersantai

dengan keluarga ataupun teman di akhir pekan menjadi solusi untuk melepas kepenatan setelah lima hari berkutat dengan kesibuk­an. Biasanya mall, plasa, atrium, square, dan bangunan yang bersifat one-stop-service menjadi

sasaran.Disadari atau tidak, minimnya infor­

masi, sulitnya akses, dan beberapa barrier lain membuat masyarakat sering melupakan alternatif wisata yang justru memiliki nilai pendidikan dan nilai positif lainnya. “Dari titik itu lah Wiken Tanpa ke Mall atau biasa disebut WTM lahir,” papar Opang, yang ditunjuk sebagai humas Wiken Tanpa ke Mall yang semula berben­tuk komunitas, dan kini berkembang

menjadi sebuah gerakan.Wiken Tanpa ke Mall lahir dari

obrol an santai sekelompok anak muda dan keluarga muda pada Agustus 2008. Dalam obrolan tersebut muncul kerinduan untuk menawarkan acara mengunjungi tempat­tempat wisata alternatif, kreatif, edukatif, dan menyenangkan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Tujuan utama kami adalah menawarkan ide alternatif untuk me­nikmati akhir pekan yang berkualitas bersama keluarga maupun sahabat, mengajak masyarakat untuk memi­liki akhir pekan kreatif, edukatif dan menyenangkan, serta mengajak masyarakat mengenal lingkungan

Masih banyak kegiatan lain yang bisa dikemas menarik sambil mengeksplore lingkungan sekitar. WTM berharap, gerakan Wiken Tanpa ke Mall bisa terus bergulir, menginspirasi terbentuknya komuni­tas­komunitas lain yang menelurkan agenda acara akhir pekan kreatif di Jakarta dan kota­kota besar lainnya.

Wiken Tanpa ke Mall bukan berarti anti ke mall. “Kami hanya menyulut api kecil untuk membuka mata masyarakat agar tidak gam­pang menyerah pada satu ide, yaitu hanya mengisi akhir pekan ke mall. Kalau kita mau telusuri, di Jakarta saja masih banyak tempat­tempat yang bisa dieksplor dan masih banyak kegiatan kreatif yang bisa dilakukan bersama keluarga maupun sahabat. Yuk kita wiken tanpa ke mall. Kami percaya: Di dalam week-end yang sehat, terdapat weekdays yang kuat!”

menuai Sajak di kebun raya

Kegiatan berupa obrolan ringan bareng Sapardi Djoko Da­mono di Kebun Raya Bogor. Intinya piknik sembari berbincang tentang puisi, baca puisi dan membuat puisi bersama salah satu penyair kebang­gaan Indonesia, Sa­pardi Djoko Damono. “Meskipun pada awal­nya beberapa orang mengaku tak be­gitu mengerti tentang puisi, tapi setelah acara bisa terkumpul seratus puisi dari para peserta dan panitia yang telah diterbitkan menjadi sebuah buku berjudul: Ternyata, Puisi itu Asyik!

Jangan ragu ke ragunan

Ragunan menjadi program pertama WTM yang pertama. Di Ragunan WTM mengajak me­nikmati akhir pekan dengan cara bermain seperti permainan anak pramuka, yaitu mencari jejak. Peserta dibagi dalam beberapa regu, diminta menyusuri jalur yang sudah ditetapkan panitia, setiap beberapa puluh meter berhenti di pos­pos permainan, antara lain pos ular tangga, pos bermain bersama ular dengan dipandu oleh Lembaga Studi Ular SIOUX, pos permainan tradisional dan terakhir pos melukis tong sampah.

Acik di CikiniApa yang bisa dilakukan di Cikini? WTM

mengajak menikmati akhir pekan dengan menyusur jejak sejarah di Cikini, dimulai dari Gedung Joang ‘45 ­ Kantor Pos Cikini ­ Toko Roti Tan Ek Tjoan­ Toko Roti Maisson Benny, sampai ke Planetarium untuk bersama­sama mencecap rasa sains.

Asyik ulik keramikDiadakan di Museum Seni Rupa dan

Keramik. Selain menelusuri koleksi museum, peserta diajak berkreasi langsung membuat keramik dengan panduan seorang keramikus Indonesia yang bereputasi internasional, yaitu Nia Gautama.

sekitar serta kota yang mereka tinggali,” jelas Opang.

Dari situ, lahirlah berbagai ma­cam kegiatan sederhana na mun menyenangkan. Sayangnya, ka­rena kesibukan pengurus, sejak 2012 WTM vakum menyelengga­ra kan kegiatan. “Tapi kami tetap aktif menyerukan ajakan mengisi akhir pekan dengan kegiatan kreatif,” papar Opang.

Opang kemudian mencontoh­kan realisasi beberapa program aktivitas WTM yang diharapkan bisa menginspirasi masyarakat.

WIKEN TANPA KE MALLEmail : [email protected]

Facebook: Wiken Tanpa Ke Mall | Twitter : Wikentanpamall

komun

itas

foto

-foto

: Dok

Wtm

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

komun

itas

foto

-foto

: Dok

Wtm

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Page 22: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

40 41

ZomBie lAnd

Zombie CafeJl Braga No 3 Bandung

Jam buka: pukul 11.00 WIB hingga 02.00 WIB

Kisaran harga per menu Rp15 ribu hingga Rp90 ribu

SAAT mengunjungi Kota Bandung, sempat­kan waktu menyusuri kawasan pedestrian di Jalan Braga. selain bisa memuaskan mata karena keindahan arsitektur bangunan tua peninggalan Belanda, Braga juga menyu­

guhkan beragam wisata belanja serta kuliner.Disalah satu bahu jalan, tepatnya di sebuah bekas

bangunan tua yang konon angker lantaran bertahun­tahun terbengkalai tanpa penghuni, terpampang tu­lisan Zombie Cafe. sesuai dengan namanya, cafe yang baru mulai beroperasi September 2013 ini menyuguhkan aneka makanan khas Western, Mexican dan Italian dalam suasana horor.

Suasana horor sudah mulai terbangun begitu tamu tiba di pintu masuk. Tepat di atas ger­bang, terdapat tulisan “You Dare, You Come In”. Begitu melangkahkan kaki ke dalam, ses­osok boneka zombie dalam kondisi berda­rah­darah berdiri dekat pintu masuk Zombie Land.

Andri Irawan, General Manager Zom­bie Cafe menjelaskan, “Zombie Land itu semacam wahana rumah hantu. Bagi pengunjung yang punya nyali bisa ma­suk gratis sambil menunggu makanan dan minuman yang dipesan datang,” tuturnya.

uji nyaLi di Zombie

CaFeZaman sekarang, sajian makanan enak saja

belum tentu cukup. Butuh sensasi yang berbeda saat menyantapnya. Perpaduan dua hal itulah

yang berusaha disuguhkan Zombie Cafe.

Di dalam Zombie Land, cahaya lampu tampak temaram. Aneka boneka seram penuh luka dan darah terlihat di sepanjang jalur tersebut. Suasana makin dengan adanya suara­suara perempuan tertawa, jeritan, dan nyanyi­an sinden diiringi gamelan. Beberapa bagian lantai ada yang dibuat khusus untuk mengagetkan. Bila salah injak misalnya, tiba­tiba akan muncul sesosok zombie yang siap memeluk dari belakang.

Puas menguji nyali, pegunjung bisa ber­santai di bagian dalam cafe yang relatif nyaman dan tidak terlalu menyeramkan. Hanya di bagian tertentu saja ada ornamen­ornamen berbau zombie dan beberapa foto lama yang menunjukan penampakan gedung sebelum digunakan sebagai cafe. Interior cafe dipecah dalam beberapa bagian, ada bar, ruang dalam,

teras dan beberapa pendopo. Beberapa nama unik digunakan di dalam

menu, nuansanya masih berbau horor. Untuk makanan pembuka misalnya, ada Zombie Que­sadila. Terbuat dari adonan tepung tortilla chip, dipanggang lengkap dengan keju feta, potongan ayam dan taburan saus alpukat. Rasanya gurih dan sedikit pedas. Ada juga Cheesy Nachos Soul Crusher, terbuat dari tepung jagung goreng ala Mexico yang disajikan dengan buah zaitun, tomat salsa, keju dan jalapeno.

Sebagai makanan utama, pengunjung bisa me­milih aneka steak, pasta maupun pizza. Ada juga hidangan khas nusantara seperti bebek goreng, nasi goreng kambing juga sop buntut yang bisa disajikan dalam 3 pilihan : bakar, goreng atau kuah. “Yang pasti semua makanannya enak dan harganya juga terjangkau,” jelas Andri.

Puas menikmati hidangan utama, semangkuk Fresh Mango Soup bisa dijadikan penutup. Atau bisa juga memilih Crème Brulee Dark Halloween Horror, sejenis krim panggang klasik yang manis dan lembut. Untuk minuman, pengunjung bisa memesan Zombie in Wonderland, paduan jus nanas dan jeruk yang disajikan dengan grenadine sirup dan cream yang terasa begitu segar.

kuLInEr

kulin

erfo

to-foto

: Pet

er t

arm

an

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

kulin

erfo

to-foto

: Pet

er t

arm

an

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Page 23: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

INDONESIAMedan | Padang | Pekanbaru | Bukittinggi | Bengkulu | Palembang | Batam | Bintan | Bangka | Lampung | Jakarta | Bekasi | Depok | Karawang | Bogor | Bandung | Cirebon | Semarang | Solo | Jogja | Surabaya | Kediri | Malang | Bali | Makasar | Gorontalo | Menado | Pontianak | Batulicin | Banjarmasin

MALAYSIAKLCC | Alamanda | The Curve | Midvaley

“Bumbu Desa present modern Indonesia – Asian cuisine. It provides a well defined, sophisticated, elegant dining where the producers and customers are brought together in

celebration, with the best in service and cutting edge serene aesthetics”

Indonesia’s Leading Restaurant Chain

bumbudesa.com | Bumbu Desa - Indonesia | @bumdes

Page 24: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

44 45

Info

Lib

uran

| kul

iner

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Jl Taman Kemang 1 No. 6, Jakarta 12730, Indonesia Telp: +62 821­1000­6000 Jl Progo 13A Bandung

Ayana Resort & Spa Jl Karang Mas Sejahtera,

Jimbaran, BaliTelp: 0361 702222

Ore Building, Jl Untung Suropati No 83, Surabaya

Telp 031 5682074

Forum 9, Jl.Imam Bonjol No.9 Medan, 20112,

Sumatera Utara, Indonesia Tel: (061) 8050 ­ 1660

UmBra Bar & loUnge THe sTrUDel FaCTorY HoUse & CaFe

roCK Bar CarPenTier KiTCHen

DisTriC 10

UMBRA merupakan salah satu tempat hang out yang masih tetap panas di Jakarta. Resmi berope­ra si Februari 2012, mengusung menu western dan Asia. Di lahan seluar 420 m2, pengunjung memiliki pilihan duduk di dalam ruang atau outdoor. Interior Umbra mengadopsi nuansa Eropa tempoe doeloe, didominasi besi dan kayu, dipadu sedemikian rupa hingga terlihat sederhana namun elegan. Yang istimewa dari tempat ini adalah musik hidup yang rutin digelar. Mengetengahkan band­band Indonesia berkualitas yang memainkan musik bermutu sesuai tema harian yang ditetapkan.

PECINTA dessert mesti datang ketempat yang satu ini. The Strudel bisa ditemui di dua daerah, Bandung dan Bali. Sesuai dengan namanya ‘The Strudel’ yang berarti jenis/macam kue, kafe ini menyediakan aneka kue lepas dan dessert yang pasti menggugah selera dengan harga yang relatif terjangkau. Tersedia pula aneka menu utama. Selain kuliner, The Strudel menawarlam suasa­na santap dan atraksi sajian menui utama hingga dessert yang cantik menggoda.

ROCK Bar tempat hang out baru yang tengah digemari di Bali. Sesuai dengan namanya, Rock bar yang menjadi bagian dari Ayana Resort & Spa dibangun di pinggir tebung Pantai Krisik, Jimbaran. Terbuka untuk umum, tidak hanya menawarkan aneka menu dan minuman lezat, tetapi utamanya pemandangan pantai yang luar biasa. Rock Bar buka pukul 16.00 hingga 01.00 WITA. Suasananya romantis, apalagi jika bersantap sembari menikmati matahari teng­gelam. Bagi tamu yang menginap di Ayana Resort, akan mendapat tempat terbaik untuk bersantai dan menikmati pemandangan.

NICE, komentar seperti itu kerap terlontar begitu masuk ke Carpen­tier Kitchen. Konsepnya unik, per­paduan gaya modern dan vintage. Masuk ke Carpentier, rasanya seperti duduk­duduk di teras rumah sendiri. Carpentier terletak di dalam Ore Shop. Jadi, sebelum masuk ke kafe, pengunjung diajak cuci mata dengan aneka busana dan aksesories indie. Carpentier dikenal di kalangan anak muda, menjadi tempat nongkrong seka­ligus perbincangan fashion indie Surabaya. Makanan dan minuman di kafe ini dikenal enak dengan harga yang tidak terlalu menggun­cang kantong.

DISTRIC 10 merupakan restoran waralaba baru dari Singapura yang hadir di Medan pertengahan tahun ini. Terleyak di lantai dasar Gedung Forum 9. Selain meja­meja makan berwarna hitam, Distric 10 dilengkapi dengan meja bar panjang yang didominasi dengan interior bata. Restoran ini menyajikan makanan yang mereka istilahkan Indo­Eropa. Menu­nya beragam, mulai dari tempe goreng hingga steak. Perpaduan kreasi Indonesia­Eropa pun ada. Sebut saja baso wangyu dengan saos tomat dan kemangi segar. Distric 10 meramaikan kekhasan kuliner Medan.

Jl Ngadisuryan No 4 Alun­Alun Selatan

YogyakartaTelp: 0274 371916

KamiKoTiKOMIKOTI menawarkan suasana khas jogjakarta yang nyaman berikut aneka benda seni yang dipajang di dinding. Lokasinya strategis, dekat alun­alun, dan menjadi salah satu tempat berkumpulnya komunitas pecinta seni. Suasana akrab namun profe­sional menjadi kelebihan dari para personel di kafe ini. Soal makanan pun layak dicoba. Banyak yang bilang menu dan rasa bintang lima dengan harga mahasiswa. Selain makanan, Komikotoi dikenal de­ngan olahan kopi, teh, dan susu. Jika ke Jogja, jangan lewatkan kenyamanan yang ditawarkan Komikoti.

Jl H Agus Salim No. 26 F Telp. (021) 314 3270

Jakarta Pusat

Jl. Ki Hajar Dewantara SKL 002 (Samping Pahoa)

Gading Serpong Summarecon, Tangerang

Telp. 021 54212011 / 54212012

Jl. Raya Bawen­Solo Km.1,5

Telp.(0298) 7101770

Jl Bandung No 5, MalangTelp: Telp. 0341 551 003

Jl Hasanudin Semarang

Puri Cendrawasih Kav.5 Magelang (Depan Hotel

Puri Asri) Telp: 0293 314 8589

saUDagar KoPi Taman sanTaP rUmaH KaYU

KamPoeng KoPi Banaran ria DjenaKa CoFFee HoUse anD resTo

PeCel srUnDeng HasanUDin rUmaHKU arT CaFe

TERLETAK di Kawasan Sabang, Jakarta Pusat. Tempatnya kecil, bagian depan kurang dari 3 meter, memanjang ke belakang. Tidak mengherankan bila terkadang terlewat, karena tertutup mobil atau pun motor parkir. Saudagar Kopi jadi tempat paling asyik untuk melepas lelah setelah kerja. Juga jadi tempat untuk menunggu kemacetan lalu lintas Jakarta reda. Olahan kopi dan makanan­nya tidak mengecewakan, harga terjangkau,danadafasilitaswifi.Dengan segala kelebihan itu, tidak mengherankan jika Saudagar Kopi punya fans tetap.

PECINTA dessert mesti datang ketempat yang satu ini. The Strudel bisa ditemui di dua daerah, Bandung dan Bali. Sesuai dengan namanya ‘The Strudel’ yang berarti jenis/macam kue, kafe ini menyediakan aneka kue lepas dan dessert yang pasti menggugah selera dengan harga yang relatif terjangkau. Tersedia pula aneka menu utama. Selain kuliner, The Strudel menawarlam suasa­na santap dan atraksi sajian menui utama hingga dessert yang cantik menggoda.

KAMPOENG Kopi Banaran bukan sakadar tempat ngopi. Merupakan salah satu Wisata Agro yang dimi­liki oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero), Terletak di Areal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya Jl. Raya Semarang­Solo Km 35 dengan ketinggian 480 – 600m dpl. Suhu udara cukup sejuk antara 23ºC ­ 27º C. Aneka olahan kopi dan camilan pisang dan singkong gorengnya layak coba. Karena tempatnya luas dan lokasinya strategis, kerap jadi pemberhen­tian motor­motor besar. Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas out-bond, arena permainan anak, dll.

NICE, komentar seperti itu kerap terlontar begitu masuk ke Carpen­tier Kitchen. Konsepnya unik, per­paduan gaya modern dan vintage. Masuk ke Carpentier, rasanya seperti duduk­duduk di teras rumah sendiri. Carpentier terletak di dalam Ore Shop. Jadi, sebelum masuk ke kafe, pengunjung diajak cuci mata dengan aneka busana dan aksesories indie. Carpentier dikenal di kalangan anak muda, menjadi tempat nongkrong seka­ligus perbincangan fashion indie Surabaya. Makanan dan minuman di kafe ini dikenal enak dengan harga yang tidak terlalu menggun­cang kantong.

PECEL merupakan salah satu makanan yang dikenal di Sema­rang. Selain pecel uleg Bu Sri yang sudah berdiri puluhan tahun, ada Pecel srundeng Hasanudin, dinamai sesuai dengan jalan tempat berjualan. Hanya buka di malam hari, menempati salah satu tanah di trotoar jalan. Meski kaki lima, tempat parkirnya ditem­pati mobil mewah, taksi, hingga sepeda motor. Satu porsi nasi pecel hanya Rp7.000. Namun, jika lupa daratan dengan menambah lauk­pauk seperti sate kerang, bantal (martabak), ati ampela, dll, bisa mencapai Rp36 ribu. Jika ke Semarang, silakan cicipi yang satu ini.

RUMAHKU Art Cafe didesain layaknya rumah, hingga cocok dijadikan tempat melepas lelah sembari menikmati secangkir kopi atau suguhan menu lainnya. Interiornya menarik, hingga kerap dijadikanobjekfotografi,bahkankerap pula menjadi lokasi foto prewedd. Rumahku Art Cafe juga menjadi tempat berekspresi para seniman. Jika datang tepat waktu, pengunjung bisa menik­mati hi dangan yang dikenal lezat, sembari melihat­lihat lukisan atau pameran seni lain yang kerap digelar di tempat ini.

hALomALAng.Com Info

Lib

uran

| kul

iner

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Page 25: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

46 47

Info

Lib

uran

| obje

k W

isata

Des

tina

si in

done

sia |

okt

ober

201

3

Info

Lib

uran

| Ako

modasi

Des

tina

si in

done

sia |

okt

ober

201

3

Info LIburAn

obJEk WISAtA AkomoDASI

KomUniTas HongPakarangan Ulin Dago Pakar BandungPusat Kajian Mainan RakyatJl Bukit Pakar Utara 35 Dago Bandung 40198Tlp. +62 22 2515775; 085295111950Tiket Rp50.000/orang

JIKA berlibur ke Bandung, ja­ngan lupa mampir ke Komunitas Hong di Dago pakar. Di tempat itu anak­anak diperkenalkan dan bisa bermain ratusan mainan tradisional, baik yang menggu­nakan alat mau pun permainan berkelompok seperti grobak sodor. Menyenangkan melihat mereka sibuk mencoba dan mengenal permainan zaman dulu seperti engrang, kuda lumping, gundu, dll. Bersama orangtua, anak­anak juga bisa belajar kerajinan dari janur.

FloaTing marKeTJl Grand Hotel No. 33ELembang, Jawa barat +62708 888 81Jam Buka: 8.00 ­ 18.00 WIB Tiket Rp 10.000/ Orang Floating market koin: Rp5.000, Rp10.000, Rp50.000, Rp 100.000

FlOATING Market yang terletak di Lembang, Bandung ini patut dipertimbangkan sebagai tempat berlibur. Lokasinya luas dengan pemandangan berlatar gunung dan udara sejuk, khas Lembang. Kon­sepnya pun unik, menggabungkan antara kuliner dan tempat bermain edukatif. Jika ingin duduk santai sembari menikmati pemandangan dan suasana, jajaran kios ala kafe bisa dijadikan pilihan. Jika ingin pengalaman unik, di bagian tengah ada danau yang tepiannya dipenuhi perahu yang menjajakan aneka makanan, jajanan dan minuman. Pembelian menggunakan koin­koin yang dapat dibeli di konter yang sudah disediakan.

goDong ijoJl Cinangka Raya KM 10 No. 60 Serua Bojongsari, Sawangan Depok, Jawa Barat 16517 Telp/Fax : 021­74710678/ 021 – 741­3334 Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB

GODONG Ijo merupakan tempat rekreasi sekaligus edu­kasi keluarga. Di tempat itu, ayah, ibu, dan putra putri bisa belajar banyak tentang tumbuhan dan bagaimana perawatannya. Di Kebun Pendidikan Godong Ijo bisa dili­hat pula berbagai tanaman unik seperti bunga pemakan serangga.. Di lokasi seluas 2,5 hektare tersebut juga ada kolam pemancingan dan restoran yang dilengkapi denganwifi.ManajemenGodongIjojugamenyediakanpaket­paket wisata edukasi yang menarik.

TanaH TingalJl Merpati Raya No.32 Sawah Baru­ Jombang Ciputat, Tangerang Selatan, Banten Telp: 021 740 9454, 7409429

TANAH Tingal bisa menjadi alteratif liburan dekat Jakarta yang menyenangkan dan memberi nuansa berbeda. Di tempat itu, anak­anak bisa belajar lebih dekat dengan alam. Mengenal tanaman, menanam dan menumbuk padi, bermain di lumpur, dan menikmati aneka outbond yang dirancang untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Anak­anak juga bisa belajar mendaur ulang kertas, melu­kis caping, keramik, memandikan kerbau, dll.

HoTel TUgU malangJl Tugu No 3, Malang, Jawa Timur Tel. 0341­363891

HOTEL Tugu Malang bukan hanya menawarkan tempat menginap, tetapi juga sensasi nuansa tempoe doeloe yang benar­benar kaya seja­rah. Interiornya menarik, layanannya bisa dikatakan prima. Apa yang didapat sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Hiasan/dekorasi di hotel ini, banyak menampilkan benda­ben­da kuno yang menyimpan banyak kisah. Pilihan kamarnya beragam, dengan dekorasi dan penataan berbeda­beda, sesuai dengan tema yang tercermin pada nama kamar, Honey Moonlight Suite, Apsara Resi­dence, Raden Saleh Suite, dll.

jeeva BeloamJl Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Sekaroh, Jerowaru, Lombok TimurTelp: 0370­693035

INDONESIA memang luar biasa. Hotel Jeeva Beloam bisa menggambarkan sedikit dari sekian banyak keindahan dan keseksostisan Indonesia. Kamar­kamarnya berbentuk gubug di pinggir pantai. Suasana di tempat ini sangat tenang, jauh dari keramaian dan pusat kota. Cocok bagi siapa saja yang ingin menikmati liburan dengan suasana damai berlatar keindahan alam.

BUmi BanDHaWaJalan Konstitusi I No16 Bandung, Jawa Barat Phone: 022­82522724

BUMI Bandhawa menawar­kan kenyamanan dan ke asrian hunian seperti di rumah sendiri. Halaman luas, rimbun dengan peponan pinus. Peman­dangan, tata tamannya menyenangkan. Kamar­kamar dan ruangan lain di dalam hotel pun memberi kesan hangat. Pelayanan memuaskan dan profesio­nal. Bumi Ban dhawa hanya menyediakan 16 kamar. Sebelum menjadi hotel, Bumi Bandhawa adalah rumah tinggal, kemudian direnovasi dan ditambah ruangan untuk kamar.

DUsUn jogja villageJl Menukan No 5, JogjakartaTelp: 0274­373031

ROMANTIS dan tenang. Jika ke Jogjakarta, cobalah menginap di Dusun Jogja Village. Hotelnya tidak terlalu besar, tetapi dibuat sa­ngat asri seperti layaknya tinggal di pedesaan. Aneka pepohonan tumbuh subur, menjadi penghias kamar hotel yang sebagian besar bernuansa kayu. Kamar mandinya perpaduan antara ruang terbuka dan tertutup. Di lobi hotel ada pojok membaca, dan ada satu ruang yang dilengkapi dengan home theater untuk menonton video. Kolam renangnya menye­nangkan, berada di tengah­tengah taman.

elePHanT saFari ParKJl Elephant Park Taro, Taro Village, Tegallalang, Ubud, BaliTelp: 0361­8988888

HOTEL yang satu ini patut dicoba. Menawar­kan suasana berbeda, tidur di tengah taman gajah dengan fasilitas modern. Di pagi hari be­gitu jendela dibuka, terbentang taman de ngan pemandangan gajah dan aktivitasnya. Jika ingin sarapan, gajah akan menjemput, meng­antar ke lokasi tempat breakfast. Elephant Safari Park menawarkan banyak kegiatan yang bersifat edukatif. Kehidupan, kebiasaan, populasi, dan segala sesuatu tentang gajah diterangkan dengan cara menyenangkan. Di antaranya dengan cara bersafari di punggung gajah, hingga aneka atraksi.

CIburIAL.DESA.ID

mAtAyAnuAr.WorDPrESS.Com

Page 26: Destinasi Indonesia - Oktober 2013
Page 27: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

50 51

kLIk ChICktIPS & trIk

Secure & Funny

rugged rucus solar speaker

MUSIK menjadi bagian dari gaya hidup, wisata, dan relaksasi. Musik juga menjadi sarana penting, ketika Anda ingin mengada­kan pesta di tepi pantai atau pun tempat wisata lain yang jauh dari jangkauan listrik.

Perangkat kecil Rugged Rucus Solar Speajer (Eton Rugged Rucus) menawarkan sound system yang bisa menyempurnakan liburan dengan pengor­ganisasian pesta di tepi pantai, pegunungan, dll.

Produk sound sys-tem ini dirancang

dengan sistem nirkabel dan bisa mengeluarkan suara stereo habis­habisan.

Syaratnya Cuma satu, berwisatalah di tempat yang ada matahari. Basterai lithium tenaga surya alat tersebut bisa menyimpan kekuatan hingga delapan jam.

Jika sudah terpenuhi, nikmatilah aneka musik yang bisa ter­sambung dengan peralatan apa pun lewat medium bluetooth. Bisa juga disambungkan dengan kabel micro USB dan charger smartphone. Perangkat USB memungkinkan disimpannya ber­bagai musik dan lagu.

Rugged Rucus Solar Speaker praktis dibawa kemana­mana. Bentuknya kecil, 16.3 x 15.1 x 4.6 cm, sehingga bisa dipacking dalam koper mau pun ransel. Harga yang ditawarkan US$ 99.99. Info lebih lanjut silakan klik shopetoncorp.com.

mAmPtouChmAtErIALS.Com

PENYEBARAN penyakit dengan medium benda dan sentuhan tangan sepertifluburung,membuatbanyakwisatawan cemas. Produk Nano Touch Mat Travel bisa menjadi solu­si. Bentuknya seperti alas makan, hanya saja Nano Touch dilengkapi dengan NanoSeptic, campuran nano teknologi, dan ilmu kimia.

Permukaan alas Nano Touch Mat travel bersifat antimikroba, mampu membunuh bakteri, virus, dan jamur, tanpa memberi kontribusi terhadap resistensi antumikroba dan tidak menggunakan racun mau pun logam berat.

Asyiknya lagi, Nano Touch Mat Travel bisa dibersihkan dan dipakai terus­menerus. Kemasannya pun praktis, dimasukkan dalam tabung yang bisa dengan mudah dimasuk­kan ke dalam tas. Produk yang bisa dibeli di NanotouchMaterials.com ini, ditawarkan dengan harga US$9,95 atau sekitar Rp120 ribu.

nanoTouch mat Travel

HapiForkLIBURAN tapi tetap cemas

dengan kemungkinan kenaik­kan berat badan? HapiFork elek tronik mungkin bisa men­jadi salah satu solusi. Garpu khusus ini dirancang bisa bergetar, jika Anda melaku­kan suapan lebih dari satu kali dalam 10 detik.

Getaran tersebut menjadi pengingat perlunya pengendalian konsumsi dan juga bisa memperlambat cara makan, sehingga terkunyah dengan benar dan akhirnya mempengaruhi besaran porsi makan. Produsen HapiFork mengklaim garpu ajaib ini bisa membantu mengontrol kadar kolestrol serta berapa banyak makanan yang telah ditelan. HapiFork ditawarkan dengan harga US$ 99. Tertarik? Klik situs Hapilabs.com.

WWW.mEC.CA

CourtESy of hAPILAbS/ WomAnSDAy.Com

Bangun awalCahaya terbaik untuk menangkap objek foto satu jam setelah matahari terbit dan satu jam sebelum matahari terbenam. Jadi, bangun pagi untuk mendapatkan kesempatan foto menakjubkan.

lakukan penelitianSemakin banyak Anda tahu kondisi tempat yang dituju, semakin mudah berburu objek foto.

Pelajari KameraJangan buang waktu belajar bagaimana mengoperasikan kamera baru ketika sudah tiba di lokasi berburu. Itu pekerjaan yang seharusnya sudah dilakukan di rumah.

Pilih Penginapan yang TepatLokasi dan suasana tempat menginap akan mempengaruhi perolehan objek foto yang diinginkan.

BerkomunikasiBerkomunikasi dengan penduduk setempat adalah salah satu kunci mendapatkan objek foto menarik sesuai keinginan.

Dapatkan inspirasiLihat portfolio fotografer lain, dapatkan ide­ide untuk objek foto yang cantik. Jangan pernah meremehkan inspirasi.

Candu Foto & Wisata

Berburu objek foto itu bisa menjadi candu yang tidak mengenal batas usia. Mencari objek menarik, menunggu waktu yang tepat, dan beper­gian merelaksasi jiwa. Foto dan wisata, dua jiwa yang menjadi satu.

rasakanFotografitidaksekadarinspirasi,tetapi juga bagaimana mera­sakan jiwa dari objek yang akan difoto.

objek BaruCobalah menemukan objek baru yang segar, yang sudut fotonya belum banyak dieksplore foto­grafer lain.

Tinggalkan KameraJangan menghabiskan seluruh perjalanan hanya untuk melihat melalui lensa . Nikmati juga wak­tu bepergian, sehingga pikiran menjadi lebih segar dan Anda akan menemukan perspek tif berbeda tentang objek foto.

Tetap naturalCobalah menggunakan dan menikmati manfaat dari cahaya alami sebelum Anda membeli flashdiskmahalataureflektor.

Berhenti BeralasanPeralatan memang penting, tapi jangan lupa, kamera hanyalah sebuah alat. Belajarlah untuk mencapai tujuan dengan bekerja keras.

Cari guruCara terbaik untuk belajar apa pun dengan melihat ahlinya melakukan praktek. Siapa pun bisa memotret, namun untuk mengetahui pencahayaan yang tepat misalnya, butuh pengalam­an dan bantuan orang lain.

jangan Berhenti TravelingSeorang fotografer perjalanan yang baik harus menjaga porto­folio. Teruslah bepergian.

jadilah manusiaPerlakukan subjek Anda dengan benar. Oded Wagenstein, fotografer Perjalanan dan penulis kelas dunia dikenal karena potret­potretnya menggam­barkan sentuhan budaya yang intim. Karyanya menempatkan penekanan pada pemahaman budaya dan hubungan yang baik dengan orang yang difoto.

bERWISATA tanpa memotret rasanya tidak akan memberi kepuasan. Soal keahlian dan kepe­kaan, akan terasah seiring

dengan pertambahan waktu dan usaha.

Berikut beberapa tips dari Digital Photography School (digital-photo-graphy-school.com) yang bisa dite­rapkan di mana dan kapan saja.

tips

& t

rikfo

to-foto

: Dok

Des

tinasi In

done

sia

Des

tina

si in

done

sia |

okt

ober

201

3

klik C

hick

Des

tina

si in

done

sia |

okt

ober

201

3

Page 28: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

52 53

Bagaimana pandangan Anda tentang pari-wisata Indonesia?

Wisata alam dan kebudayaan di Indonesia itu tidak ada tandingannya. Bayangkan, negara ini punya puluhan Taman Nasional dan Cagar Budaya yang diakui dan dilindungi dunia. Orang dari luar negeri susah payah datang ke Indonesia hanya untuk melihat Candi Borobudur. Tapi orang Indo­nesia sendiri kerjanya pergi ke luar negeri, yang beberapa negara di antaranya tidak punya pening­galan kebudayaan.

Perginya bukan hanya sekadar wisata, bahkan beberapa di antaranya sengaja pergi untuk me­ninggal di sana. Rasanya kalau bisa meninggal di salah satu rumah sakit luar ne geri, bangga luar bi­asa. Terpampang besar­besar di surat kabar: Telah meninggal ayahanda kami di negara tetangga. Sungguh bangsa yang sakit.

Apa yang harus dilakukan?Yang pertama kebanggaan nasionalnya harus

dibangkitkan. Bangsa ini harus bisa belajar meng­hargai karyanya sendiri. Jangan hanya meng­hargai karya bangsa lain. Sepertinya, apa­apa dari luar negeri itu hebat. Pengobatan penyakit bangsa ini mesti kita lakukan pada generasi muda yang notabene masih gampang dirangkul.

Tindakan nyatanya seperti apa? Salah satunya dengan cara memperkenalkan

secara lebih dekat budaya serta apa yang sudah berhasil diraih oleh anak bangsa. Itu sebabnya, Museum Jamu Jago dan Museum MURI sengaja kami dirikan di Semarang dengan sasaran utama generasi muda dan anak sekolah. Di museum Jamu Jago, generasi muda bisa belajar menge­nai sejarah jamu, melihat tanamannya, racikan

bLItz

tIDAK perlu diragukan lagi, Indonesia luar biasa kaya. Punya 400 gunung bera­pi, lebih dari seribu suku bangsa, seni, budaya, dan puluhan taman nasional yang enam di antaranya masuk daftar

dilindungi UNESCO, karena dianggap sebagai situs warisan dunia.

Sayangnya, masih banyak anak bangsa yang kurang menyadari dan menghargai kekayaan nege ri sendiri. Jangankan ikut berpromosi ke du­nia internasional, datang melihat dan merasakan langsung saja terkadang enggan. Luar nege ri dianggap lebih menarik dan bergengsi untuk dikunjungi.

Kondisi tersebut dikemukakan pendiri Jamu Jago, Jaya Suprana. Lalu, apa yang harus dilaku­kan? Destinasi Indonesia mencoba menggali pemikiran Jaya Suprana yang juga dikenal sebagai pianis, penulis, budayawan, dan pembawa acara televisi. Berikut kutipan wawancaranya.

Bangsa Ini Perlu Obat!

ramuannya, serta dapat mencoba minum jamu dengan iringan musik gamelan.

Selesai belajar, mereka bisa langsung melan­jutkan wisata ke Museum MURI yang masih satu area. Di museum MURI bisa melihat catatan rekor yang dibuat oleh putera puteri Bangsa Indonesia lewat koleksi foto dan slide. Tahun ini kami juga mulai mengoperasikan Galeri MURI di Mall of Indonesia, Kelapa Ga­ding, Jakarta. Dengan adanya museum dan galeri itu, diharapkan generasi muda bisa meli­hat betapa luar biasanya bangsa kita, sehingga benih­benih kebanggaan nasional bisa mulai tumbuh.

Apakah WOIP yang Anda pimpin ikut berkontribusi?

Tentu. Belum lama ini Wayang Orang Indone­sia Pusaka (WOIP) mempersembahkan page­laran dengan judul Arjuna Galau. Pertunjuk an itu sengaja diadakan untuk generasi muda Indonesia agar mereka bisa lebih akrab dengan seni tradisi bangsa, dan pada akhirnya juga menumbuhkan kebanggaan nasional. WOIP sendiri beberapa kali pernah pentas di man­canegara.

Di negara mana saja WOIP pernah pentas dan apa tujuannya?

Tahun 2010, WOIP tampil di Sydney Ope­ra House, Australia. Disana kami disambut dengan sangat antusias oleh lebih dari dua ribu

orang. Kemudian pada 2012, WOIP tampil di salah satu acara Kebudayaan di Gedung Pusat Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) di Kota Paris, Pe­ran cis. Saat itu kami disaksikan oleh perwakilan dari kurang lebih 160 negara di dunia. Lewat pentas tersebut, orang asing jadi lebih tahu tentang budaya Indonesia. Dari situ mereka juga bisa tahu betapa hebatnya budaya kita dan jadi lebih tertarik untuk mengunjungi Indonesia.

Apa harapan Anda untuk pariwisata Indo-nesia?

Harapan tertinggi saya bangsa ini dapat lebih menghargai seni dan budayanya sendiri, karena memang seni budaya kita patut dihargai. Jika sudah menghargai tentu akan timbul kebang­gaan nasional, sehingga kegiatan wisata di negara sendiri akan dijadikan pilihan utama. Saya tidak mau terlalu muluk­muluk punya visi dan misi untuk meningkatkan pariwisata negeri ini. Bagi saya, aksi lebih penting dibandingkan meributkan visi misi. Karena itu saya akan terus mengembangkan Museum Jamu, Museum Muri, sehingga bisa ikut membantu menum­buhkan kebanggaan nasional generasi muda. Saya juga akan terus memboyong wayang orang ke berbagai negara sehingga bangsa asing bisa lebih mengenal dan tertarik untuk datang ke Indonesia. Doakan saja dalam waktu dekat saya akan kembali membawa wayang orang untuk pentas di Rusia.

blitz

foto

-foto

: Pet

er t

arm

an

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

blitz

foto

-foto

: Pet

er t

arm

an

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Page 29: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

54 55

Cakr

awala

foto

: Des

tinasi In

done

sia/f

ahd

i Wija

ya S

udja

na D

estina

si in

done

sia |

okt

ober

201

3

Cakr

awala

foto

: Des

tinasi In

done

sia/f

ahd

i Wija

ya S

udja

na D

estina

si in

done

sia |

okt

ober

201

3

Trend TeknologiGenerasi Y mempu­

nyai kebiasaan menggali informasi lengkap lewat

web, mesin pencari, dan situs review seperti TripAd­

visor. Mereka akan mencari informasi terbaru, sebelum me­

nentukan ke mana dan di mana akan menginap. Hotel, resort, dan

sejenisnya yang tidak mengikuti trend teknologi akan tertinggal dan diabaikan.

Untuk mengontrol konten, tidak ada jalan lain, hotel harus memberikan in­formasi dan materi yang komprehensif, sehingga bisa menghindari review yang bisa menjatuhkan. Informasi lengkap dan benar ditambah pengalaman atau pembuktian pengguna dari generasi ini, dengan sendirinya akan membantu mengkonter isu yang merugikan. Kecepatan dan Efisiensi

Trend generasi Y tertuju pada kecepat­andanefisiensilayanan.Itusebabnya,mereka menyukai konsep yang disodor­kan hotel jaringan Aloft dan Yotel. Ada pergeseran kebiasaan dengan generasi sebelumnya yang lebih mengutamakan layanan dan interaksi dengan staf hotel. Generasi Y berpendapat, mengapa ha­rus menghabiskan waktu bertanya pada bagian concierge, jika smartphone bisa memberi jawaban? Teknologi menjadi kunci kenyamanan generasi ini. Dominasi media sosial

Media sosial seperti twitter, facebook, instagram, dll mendominasi kehidupan generasi Y. Mereka menuntut informasi cepat dan real time melalui media sosial.

Trend Menginap Generasi y

Siapakah GeneraSi Y? Generasi Y adalah generasi yang lahir antara 1980 hingga 1999. Sebagian dari mere­ka masih bergantung pada orangtua, namun generasi awal sudah mulai mandiri dan mencapai kemapanan.

Survei american expreSSSurvei American Express, menunjukkan peningkatan pengeluaran perjalanan dan belanja dari generasi ini. Se­bagian generasi Y telah men­capai masa puncak karier dan menjadi penentu penge­luaran jutaan bahkan miliaran dolar. Diperkirakan pada 2017 akan mencapai puncak awal pergerakan generasi ini.

APA yang perlu diketahui industri perhotelan untuk menangkap ledakan generasi Y atau kerap disebut sebagai generasi milenium? Disadari atau tidak, ge­nerasi milenium mulai mendominasi, menggantikan sebagian aktivitas perjalanan generasi sebelumnya.

Berikut beberapa fakta yang perlu diketahui, seperti diungkap­kan hotelinteractive.com.

CAkrAWALA

Mereka mengharapkan cara seperti itu juga dari industri perhotelan. Generasi Y terbiasa berbagi informasi, berbagi ke giat an, pendapat, dll melalui media so sial. Industri perhotelan harus mau mengikuti trend ini. Ada beberapa hotel yang membukukan kesuksesan dengan melakukan up date di instagram. Di antaranya Grup Hotel Morgan, Thomp­son Hotel, Four Seasons Los Angeles, dan Gansevoort hotel. Lima hotel butik itu menyadari betul, satu gambar bisa bernilai seribu kata. Satu pesta spek­ta kuler di kolam renang bisa mengun­dang ribuan pengikut. Foto terbaru bisa mempengaruhi generasi Y yang akan mengambil keputusan di menit bahkan detik terakhir.

reviewGenerasi Y yang kerap disebut gene­

rasi milenium terus dibombardir iklan. Tetapi mereka terlalu canggih untuk menelan iklan mentah­mentah. Mereka akan beralih ke teman­teman untuk mendapatkan review atau ulasan terbaik dari apa yang mereka cari. Caranya, lagi­lagi teknologi dan media sosial. makhluk sosial

Generasi milenium adalah mahluk so­sial, baik secara online mau pun offline. Meski ada anggapan bahwa generasi ini kurang suka berinteraksi, kenyataan­nya, mereka terhubung dengan ratu­san bahkan ribuan rekan dengan cara berbeda yang biasa dilakukan generasi sebelumnya. Pesan Facebook , GChat-ting , Whats App, dll membentuk ikatan di antara generasi Y. Mereka adalah mahluk sosial yang senang berinteraksi dan merasa perlu berbagi pengalaman, lokasi, dll. suka Bepergian

Generasi milenium suka bepergian bersama teman­temannya. Mereka senang berinteraksi langsung, andai ti­dak memungkinkan pun mereka senang berinteraksi menggunakan laptop smart-phone, dan melakukan di tempat­tempat umum sembari bersantai, seperti di lobi hotel, kafe, dll.

Wisatawan bisnisTrend yang sama juga terjadi pada

generasi milenium yang melakukan perjalanan bisnis sekaligus berwisata. Jika pada generasi sebelumnya senang mendapat fasilitas kerja di dalam kamar, generasi Y lebih memilih memanfaat­kan ruang ketiga yang memungkinkan mereka berinteraksi. Maka, muncullah fenomena kedai kopi dan sejenisnya. Generasi milenium pada dasarnya menghargai kerja kelompok dan umpan balik . Sekitar 36 % dari mereka, ketika disurvei menjawab lebih suka bekerja di area selasar.

Pengalaman otentikGenerasi Y menolak perjalanan wisata

yang hanya mengunjungi satu tempat ke tempat lain. Mereka menuntut ada­nya integrasi budaya dan pengalaman lokal yang otentik. 78 % dari milenium menunjukkan bahwa mereka lebih memilih untuk belajar sesuatu yang baru ketika bepergian. Sementara 70% me­nyatakan mengharapkan tempat khusus yang bisa menawarkan pengalama n interaktif.

tanggung Jawab SosialAda fenomena dari sebuah perjalan­

an yang dianggap sangat penting bagi gene rasi milenium, yaitu mempromosi­kan tanggung jawab sosial. Mereka tidak hanya ingin melihat situs­situs baru dan menikmati pengalaman lokal , tetapi ber­harap bisa memberi kontribusi. Mereka meyakini, menjalani, dan lagi­lagi senang membagi pengalaman dan pendapat lewat media sosial.

Generasi milenium akan terus berkembang, sehingga perlu bagi industri perhotelan untuk mema­

hami dan beradaptasi dengan cara pandang mereka. Mereka tidak takut memanfaatkan teko­

nologi dan mencoba hal atau pun sistem baru berbasis teknologi.

Ada semacam anekdot yang mewakili kondisi mereka dengan kalimat seperti ini: “Kami tidak

menunggu Anda untuk menyam­but dengan tangan terbuka, tapi kamimenungguwifigratis!”

KesimPUlan

Page 30: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

56 57

kabar & P

eristiw

a D

estina

si in

done

sia |

okt

ober

201

3

SETELAH Taman Nasional Komodo menjadi salah satu situs warisan dunia, pemerintah berkomitmen menjadikan Nusa Tenggara Timur sebagai wisata kelas dunia, dengan menyeleng­garakan event Sail Komodo 2013. Puncak acara event terse­but dibuka Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada 14 September di Labuan bajo.

Sail Komodo diikuti peserta dari berbagai negara, di anta­ranya Malaysia, Australia, Be­landa, Thailand, Philipina, dan Amerika Serikat. “Tujuan event ini meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadikan

daerah tersebut sebagai destinasi wisata dunia. Itu sebabnya, tema yang diambil adalah Sail Komodo 2013: Jembatan Emas Menuju Nusa Teng­gara Timur Menjadi Destinasi Utama Pariwisata Dunia,” papar Kementerian Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo, beberapa waktu lalu.

Sail Komodo, tambah Sharif, merupakan kegiatan pemerin­tah yang didukung semua kementerian/lembaga. Ma­sing­masing mengalokasikan

anggaran dan terlibat dalam kepanitiaan. Tugas peme­rintah daerah

memobilisasi semua sumber

daya daerah, baik itu dari APBD maupun keterli­

batan sector swasta. “Event ini diharapkan bisa menjadi stimu­lan. Intinya tidak hanya sebatas pelaksanaan Sail Komodo, tapi setelah itu harus berlan­jut. Harapannya, wisatawan mancanegara terus bertambah, perputaran ekonomi daerah tersebut juga kian baik.”

kAbAr & PErIStIWA

bPPI Lakukan riset & mapping tourism

BADAN Promosi Pariwisata Indo­nesia (BPPI) terus melakukan riset dan maping tourism

untuk meningkatkan kunjung­an wisatawan mancanegara dan menggerakkan wisatawan nusantara.

“BPPI membuat city map travel directory dan bulan depan akan mengadapan seminar ten­tang tourism distribution. Lewat riset, kita juga membuat blue print creative tourism,” papar Ketua BPPI Yanti Soekamdani, ketika ditemui di Jakarta, bebera­pa waktu lalu.

Terkait program mendorong ke­datangan wisman dan perputaran wisnus, BPPI concern pada pro­mosi green tourism, mendorong

dan merapikan mapping creative tourim, dan juga memikirkan bagaimana di saat low seasson tidak terjadi penurunan drastis wisatawan. “Ini yang perlu dipi­kirkan, menggenjot wisatawan di saat low seasson. Di BPPI ada pakar marketing Hermawan Kertajaya yang sekarang bersama tim tengah menggodok berbagai kemungkinan pemasaran yang bisa mengisi masa­masa low

seasson,” ujar Yanti.BPPI, lanjutnya, mendukung

sepenuhnya, pelaksanaan kom­petisi tourism sport seperti yang tengah digalakkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Wilayan DKI Ja­karta kini tengah bersiap melak­sanakan The Jakarta Marathon 27 Oktober 2013 yang dperki­rakan akan diikuti sekitar 1.000 pelari lokal dan kelas dunia.

“Ide itu datang dari Wamen Kemenparekraf dan disambut Gubernur DKI Jakarta. Event seperti itulah yang bisa mengisi masa­masa low seasson. Para peserta akan datang bersama keluarga dan suporter. Diper­kirakan The Jakarta marathon 2013, akan dihadiri sekitar 3.500 wisatawan.”

menuju Destinasi DuniaSITUS review berpengaruh Trip-Advisor belum lama ini me­ngeluarkan 20 tujuan wi sa ta utama di Asia Tenggara yang disasar wisatawan China.

Dalam daftar tersebut, Indonesia diwakili Bali, menempati urutan ke sepuluh. Sedangkan Thailand diwakili Phuket, Bangkok dan Chiang May, masing­masing di urutan ke­dua, ke­empat dan ke­12. Sejumlah agen perjalanan di China menyebutkan, tahun ini jumlah wisatawan China ke Thailand melonjak, karena pengaruh box officefilmkomediChinatahunlalu berjudul Lost in Thailand.

Dari 20 daftar tujuan wisata populer tersebut, Hong Kong masih men­duduki peringkat pertama, sebagai destinasi belanja bebas bea. “Namun telahterjadipergeseransignifikanyang didorong oleh kebiasaan per­jalanan eksekutif muda di China yang senang melakukan riset secara online. Mereka mulai merambah negara lain,”

papar Lily Cheng , managing director TripAdvisor China, seperti dikutip dari The Journal Wall Street lewat situsnya wsj.com.

Survei TripAdvisor itu dilakukan peri­ode Juli dan Agustus 2013 oleh dao-dao.com – perusahaan yang berope­rasi di bawah bendera TripAdvisor.

China Tourism Academy, menyebut­kan jumlah wisatawan muda China yang berlibur ke luar negeri akan terus bertambah. Data menunjukkan, seki­tar 90% pergerakan wisatawan China berusia di bawah 45 tahun.

Pada 2012, lebih dari 83 juta wisa­tawan China bepergian ke luar negeri. Itu berarti menurut data China Tourism Academy, tumbuh sekitar 18% diband­ingkan dengan 2011. Total pengeluaran sekitar US$102 miliar atau meningkat 40% dibandingkan dengan tahun se­belumnya. Pada 2013 akan ada 94 juta wisatawan China yang akan bepergian ke luar negeri dengan total pengelu­aran US$117 miliar.

20 Destinasi Paling Populer

INILAH 20 destinasi wisata paling populer bagi wisatawan China, berdasarkan survei yang

dilakukan TripAdvisor. 1. Hong Kong

2. Phuket 3. Taiwan

4. Bangkok 5. Paris 6. Dubai 7. Makau 8. Seoul

9. Singapura 10. Bali, Indonesia

11. Roma 12. Chiang Mai, Thailand

13. New York 14. London

15. Pulau Jeju , Korea Selatan 16. Boracay, Filipina 17. Kyoto, Jepang

18. Kota Kinabalu , Malaysia 19. Hanoi, Vietnam

20. Kuala Lumpur, Malaysia

20 destinasi Incaran wisatawan China

Inilah 20 destinasi yang menjadi incaran wisatawan China di bawah usia 45 tahun hasil survei TripAdvisor.

Searah jarum jam: bali, Dubai, Paris, hong kong, Singapura

Cakr

awala

Des

tina

si in

done

sia |

okt

ober

201

3

Page 31: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

58 59

Harmonisasi Konservasi & PariwisataPara peneliti menyebutkan, satu ekor hiu dewasa bila daging dan siripnya dijual akan menghasilkan uang sebesar Rp1,8 juta. Sedangkan jika dibiarkan hidup dan menjadi objek wisata menyelam akan menghasilkan Rp1,8 Miliar.

Adve

toria

lfo

to: D

ok

kemen

teria

n ke

laut

an

dan

Perik

ana

n De

stin

asi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Adve

toria

lfo

to: D

ok

kemen

teria

n ke

laut

an

dan

Perik

ana

n De

stin

asi

indone

sia |

okt

ober

201

3

KONSERVASI dan pe­manfaatan sumberdaya alam bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan Dibutuh­

kan harmonisasi agar dua kegiatan itu bisa berjalan seimbang. Itu sebabnya, lahirlah konsep ekonomi biru yang kini menjadi blue print Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Salah satu realisasi eko­nomi biru dilakukan Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil, KKP, melalui Program Minawisata. Pro­gram tersebut terutama ditujukan bagi pulau­pulau kecil berpenduduk yang berada di wilayah perbatasan.

Pada dasarnya Minawisata mengkombinasikan kegiatan investasi pariwisata di pulau­pulau kecil dengan upaya perlindungan ekosistem melalui kegiatan kon­servasi. “Prinsipnya, investasi tidak boleh merusak ekosistem,” tukas Sudirman Saad, direktur jendral Kelautan Pesisir dan Pulau­Pulau Kecil, KKP.

Untuk menjaga keseimbangan ekosistem, KKP melakukan ber­bagai macam kegiatan dan kebi­jakan. Selain Program Minawisata, dilakukan pula perlidungan jenis ikan dan satwa laut langka yang terancam punah seperti penyu, hiu, paus, dugong dan lumba­lumba.

Saat ini KKP telah menetapkan status perlindungan penuh pada hiu paus (Rhincodon Typus) melalui Kepmen­KP No 18 tahun 2013. “Sebagai gambaran, para peneliti menyebutkan satu ekor hiu dewasa bila daging dan siripnya dijual akan menghasilkan uang sebesar Rp1,8 juta. Sedangkan jika dibiarkan hidup dan menjadi objek wisata menyelam akan menghasilkan Rp1,8 Miliar. Bayangkan, berapa kali lipat selisih nilainya,” papar Sudirman.

raja AmpatProgram Minawisata sangat

didukung Pemerintah Daerah, di antaranya Pemda Kepulauan Raja Ampat yang juga telah menerbit­kan peraturan daerah yang mela­rang penangkapan Hiu di perairan

Raja Ampat. Hiu tersebut kini menjadi salah satu daya tarik andalan ke­giatan menyelam Raja Ampat.

Perlindungan satwa jenis lain juga terbukti menjadi daya tarik wisata. Sudirman menyebutkan

konservasi penyu di Berau (Kali­mantan Timur), Pantai Pangum­bahan (Sukabumi) dan Jamursba Medi di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat telah menarik banyak wisatawan mancanegara. Angka kedatangan wisatawan terus tum­buh dari tahun ke tahun.

Lombok barat Lombok, khususnya Kabupaten

Lombok Barat memiliki sejum­lah pulau­pulau kecil dan pesisir yang potensial dijadikan kawasan Minawisata. Di antaranya yang kini tengah digarap adalah Lombok Barat, tepatnya di kawasan koser­vasi tiga gili, yakni Gili Tangkong, Gili Nanggu, dan Gili Sudak.

Kawasan Minawisata yang dicanangkan Direktorat Pendayagu­naan Pulau­Pulau Kecil Ditjen KP3K pada 2012 itu mulai menunjukkan hasil. Wisatawan mancanegara dan nusantara berdatangan untuk melihat dari dekat keindahan penyu sisik, budi daya lobster, sotong, kerapu, dan bawal bintang. Ka­wasan pantai menuju Gili Tang­kong, Gili Nanggu, dan Gili Sudak yang dulu terlihat sepi dan kumuh, kini mulai berbenah. Tumbuh sentra­sentra ekonomi masyarakat seperti warung, kedai, restoran, dan jasa penyewaan kapal tradisio­nal.

Direktur Pendayagunaan Pulau­Pulau Kecil Ditjen KP3K Ridho MS Batubara, mengatakan setelah 6 bulan kembangkan sudah mem­berikan benefit sudah mulai bisa

dirasakan oleh kelompok penge­lola yang terdiri dari 25 anggota masyarakat. Karamba Jaring Apung yang dibangun mulai membuahkan hasil, belum lagi kedatangan turis yang ingin menikmati keindahan alam, sekaligus menyantap ikan bakar di atas kolam berbentuk heksagonal.

Pada September 2012, Minawisata Lombok Barat panen lobs ter sebanyak 450 ekor (sekitar 1 kwintal) dengan nilai keseluruhan Rp 8,5 juta. Kontribusi pendapatan mulaisignifikanmeskipunmere-ka belum menarik bayaran pada pengunjung. Multiplayer effect kegiatan ini sudah bisa dirasakan. Panen, kedatangan turis, dan kini banyak anak sekolah datang ke lokasi konservasi untuk ber­wisata sekaligus belajar. Selain itu, masyarakat sekitar mulai bergai­rah membangun warung­warung makan. “Saya perkirakan, tahun depan kawasan minawisata ini akan lebih bergairah dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Ridho.

Direktur Pendayagunaan Pulau-Pulau kecil Ditjen kP3k ridho mS batubara, ketika meninjau pelaksanaan

minawisata Lombok barat.

Page 32: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

60 61

gale

ri fo

to P

elun

cura

nfo

to: D

estin

asi In

done

sia |

fahd

i Wija

ya S

udja

na &

Pet

er t

arm

an

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

gale

ri fo

to P

elun

cura

nfo

to: D

estin

asi In

done

sia |

fahd

i Wija

ya S

udja

na &

Pet

er t

arm

an

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

taburan conveti dan bunyi sirene yang ditekan Wamen kemenparekraf Sapta nirwandar menandai peresmian Peluncuran Destinasi Indonesia.

Pimpinan redaksi Destinasi Indonesia Wanto umar

PELunCurAn DesTinasi inDonesia

AKHIRNYA, setelah maju mundur penentuan tanggal, peluncuran Destinasi Indonesia yang diresmi­kan Wakil Menteri Kementerian Pariwsata dan Ekonomi Kreatif

Sapta Nirwandar bisa terlaksana. Terimakasih kepada Wakil Menteri Perindus­

trian Alex Retraubun, tokoh masyarakat Sarwo­no Kusumaatmadja, Dirjen KP3K Kementerian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad, Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar, Bupati

Buolamo Rum Pagao, tokoh pariwisata Adhi Tirtawisata, Pontjo Soetowo, Yanti Soekamda­ni, Elly Hutabarat, Meity Robot, Mimi Hudoyo, dan seluruh undangan yang sudah memberi support atas kelahiran Destinasi Indonesia.

Terimakasih juga atas kepercayaan para sponsor yang telah mendukung kesuksesan peluncuran Destinasi Indonesia: Bumbu Desa, Aurecmedia, Sekolah Musik Indonesia, nesa-bridalbeauty.com, Duren Q, dan Mom’s Cake & Cookies.

60 61

Page 33: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

62 63

eXHiBiTion

ConTainer CloTHing1 – 10 november 2013bandung Indah Plaza

PeKan seni Dan KreaTiFiTas1 -12 Desember 2013

bandung timur Plaza Jl Ah nasution no 46, bandung

inDie CloTHing Carnival22-24 november 2013

Jogja Expo Center

brand: koil (bandung), Efek rumah kaca (Jakarta), Endank Soekanti (Jogja), billfold (bandung), rose-mary (bandung), festivalist (Jogja), Dan Lego (bandung, Captain jack (Jogja), fraud (Surabaya), knock-down (Jogja), nok37 (Jogja), havinhell (Jogja), dll.

AgEnDA

rubrik ini disediakan untuk menyebar luaskan berbagai event terkait seni, budaya, pariwisata, dan expo yang

diselenggarakan di Indonesia. Silakan kirim realese dan foto ke [email protected].

greBeg laWU14 november 2013

Pasar Wisata tawangmangu, karanganyar, Jawa tengah

grebeg lawu adalah sebuah rang-kaian kegiatan yang menampilkan berbagai kesenian dan upacara adat dari beberapa daerah di ka-ranganyar, sepeeti tarian mondo-sio, Dukutan, toronggo karyo, dan kirab prosesi

JA;An-JALAn fEStIVAL

mUsi TriBoaTTon 201326 november – 1 Desember 2013

Di Sepanjang Sungai musi

tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan musi triboat-ton. kegiatan akan dilangsungkan di Palembang, Sumatera Selatan. kegiatan ini merupakan kerjasama antara kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif dan Pemda setempat. tujuannya mempromosi-kan pariwisata melalui olahraga.musi triboatton menggabungkan olah raga arung jeram, kano, dan lomba perahu tradisional. Lokasi kegiatannya akan berlangsung di sepanjang Sungai musi dan diren-canakan melintasi rute sejauh 500 km yang dibagi dalam 5 level. ke-giatan berskala internasional ini akan diramaikan pagelaran snei dan budaya, bazaar, konser musik, dan festival kuliner.

sUraBaYa HeriTage TraCK house of Sampoernatelp: 0231-3539000

lsToUrthe Journey of Sampoerna founder

Liem Seeng tee 04 october - 03 november,

2013

regular Weekend (Jumat-Sabtu)• Exploring Surabaya, balai Pemu-

da (City hall – ex De Javasche bank) pukul 09.00 -10.30

• Surabaya the heroes City pukul 13.00 – 14.30

• babad Surabaya (kampung kraton – City hall, Cak Durasim) pukul 15.00 – 16.30

PariWisaTa sYariaH inDonesia30 oktober 2013 Jakarta International Expo

Pariwisata Syariah dipandang sebagai cara baru untuk mengem-bangkan pariwisata Indonesia yang menjunjung tinggi budaya dan nilai-nilai Islami. Pengembangan Pari-wisata Syariah meliputi empat jenis komponen usaha pariwisata, yaitu perhotelan, restoran, biro atau jasa perjalanan wisata, dan spa. Selain itu, sarana penunjang pariwisata lainnya juga akan diikutsertakan. Akan ada paket pariwisata syariah, dengan destinasi yang dianggap potensial, antara lain Aceh, Sumatera barat, riau, Lampung, banten, Jakarta, Jawa barat, Jawa timur, makassar, yogyakarta dan Lombok.

inDonesia Halal eXPo (inDHeX) 201330 oktober – 2 november 2013International Expo, kemayoran, Jakarta

Indonesia halal Expo (Indhex) 2013 merupakan event internasional yang sudah diselenggarkaan untuk ketiga kalinya di Jakarta. Event memaerkan produk dan inovasi terbaru berb-agai macam produk halal seperti makanan, minuman, kosmetik, perbank-an/financial, pariwisata, perhotelan, fashion, farmasi, logistik, dll.

Agen

da

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Agen

da

Dest

inasi

indone

sia |

okt

ober

201

3

konSEr muSIk

ngaYogjazz18 november 2013-10-15

09.00 – 21.00 WIbbrayut Pandowaharjo, Sleman,

yogyakarta

ESQI:Ef (Syaharani and Queen-fireworks), Benny Likumahuwa, Barry Likumahuwa Project, Shadu rasjidi, Shaku rasjidi, Irianti Erningpraja, Eramono Soekaryo, rio Sidik, dll.

jazz TraFFiC FesTival 201324 november 2013

Exhibition & Convention hall grand City mall Surabaya

aliCia KeYs – seT THe WorlD on Fire ToUr

jumat, 29 november 2013 Skenoo Exhibition - gandaria City,

Jakarta

Konser noaHnovember 2013

• 2 november 2013 Cilacap• 3 november 2013 banyumas• 5 november 2013 kebumen• 7 november 2013 magelang• 9 november 2013 Semarang• 10 november 2013 klaten• 13 november 2013 Sragen• 16 november 2013 kudus• 17 november 2013 blora• 19 november 2013 Lamongan• 21 november 2013 Jombang• 23 november 2013 tulung Agung

• 24 november 2013 Ponorogo

Page 34: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

64 65

rEADIng PoInt

Lounge & Boarding Gate Bandara Soekarno Hatta

Garuda Indonesia Lounge Soekarno Hatta

Padang Golf Rancamaya/ Rancamaya Golf & Country Club

BSD Golf/Damai Indah Golf & Country Club

Padang Golf Pondok Indah

Golf Halim

Sinou Cafe

Kafe Merica

Kafe Has Es Ef Kopitiam

Warung Solo

Star Buck Plaza Indonesia

Anomali Coffe

Tree House Kemang

Les Classiques Cafe

Cocktail & Friends

Warung Strawberry

Harum manis

Cafe Batavia

Bookshelf

Hotel Dharmawangsa

Fave Hotel Pasar Baru

Citi Residence Hayam Wuruk

Oak Tree Urban Hotel

Smart Hotel

Alila Hotel

Grand Mahakam

Intercontinental Mid Plaza

Red Top Hotel

Sugi Salon

Dental Health Center

Kids Foot, RS Mitra Keluarga Kelapa Gading

RS Omni Pulo Mas

Rumah Main Cikal

Animaland FX Senayan

Esther House of Beauty

Holistic Centre

Roger Salon, Clinic & Spa

Madeline Beauty Center

Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif

Kementerian Perikanan dan Kelautan

Kantor gubernur Kantor Bupati

Dinas Pariwisata

PEMERINTaH

JaKaRTa

Carina Hair & Beauty

Kat Salon

RSIA Kemang Medical Center

Brawijaya Women & Children Hospital

Studio Foto Kodok Ijo

RSIA Yadika

Drg Linus

Drg Edward

Hocus Focus MOI & Plaza Indonesia

Royal Progress International Hospital

RSIA Family

RS Hermina Podomoro

Klinik Gigi Gading Graha

Warung tahu Kelapa Gading

Punk Q Hair Studio

Chocokids Little Town

RH Baby & Mommy Spa Pluit

RSIA Bunda

Prodia Childlab

Pan Travel

Best Western Hotel

Bumbu Desa Cikini

RS Mitra Kemayoran

Sekolah Musik Indonesia

Mothercare/ELC

Apotek Mahakam

Tumbletots

Animaland Store FX Sudirman

Animaland Store Senayan City

Kiddy Cuts

Ever Green

Click House

RS Yadika

Children Hair Salon

Circus Play & Party

Planet Car Wash kebon Jeruk

Mr Pancage Puri

Blacklisted

Dunkin Donat Hayam Wuruk

Saudagar Coffee

dEPOK & BOGOR Buku Café

Zoe Café & Library

RS Ibu dan Anak Graha Permata

RS Bunda

Burger Grill

RS Hermina

RS Puri Cinere

Fery Salon & Spa

Hair Coloring & Beauty Salon

Margo City

Resto Solo

Royal Safari garden

Baby and Child Klinik Tumbuh Kembang Anak

Resto De’leuit

Kafe Kebun Kita

Hotel Horison

Rancamaya Golf and Country Club

Cafe Dedaunan

Hotel Salak The Heritage

BaNduNGKaraoke Bellaluna

ParahyanganCoffie

Prime Coffe & Tea Factory

Badung Bar & Lounge

Aston Braga & Residance

Marbella Suite

The Peak Resort Dinning

Bumi Bandhawa Hotel

El Cavana Hotel

Mountain View Golf Club

Bandung Giri Gahanan Golf

Padma Hotel

The Trans Luxury Hotel

The Lamar’s Day Spa & Family Reflexiology

Amaris Hotel Cimanuk Band­ung

Cipaku Garden Hotel

Dago Highland Resort & Spa

Yellow Truck

Kopi Selasar Sunaryo

Santosa Hospital

Bumbu Desa

Cafe Rumah 1930

Rumah Teras Pavilion

Asmila Boutique Hotel

Roemah Coffee

Congo Gallery & Caffe

Imah Kopi

Verde Resto & Lounge

Kopi Progo

Getback Coffee

Siera Cafe & Lounge

Noah Barn Coffee

Coffee Clinic

Bradford Coffee & Lounge

Pop Hotel

Exelco Coffee Dago

Klinik Prima Gemilang

Matah Cafe

Paramita Lab

MPX Travel

Bina Insani Tour

Adventure Tour & Travel

Swara Harmony Music School

Melinda Hospital & Esthetical Center

Selasih Cafe

Rollaas Coffee & Tea

D’Carmel Boutique Hotel

Harris Hotel

The Valley Resort Hotel

Gumilang Regency

Chara Hotel

Imah Seniman Resort

Mason Pine Hotel

Gino Feruci Hotel

Diva Clinic

Svarga Holistic Health Center

Icos Cafe Tembalang Semarang

PuRWaKaRTa &PaNGaNdaRaN

Kota Bukit Indah Plaza Hotel

Resort Laut Biru

GaRuTKampung Sampireun Resort & Spa

Tirtagangga

CIREBONBumbu Desa

Hotel Grage

RS Ibu & Anak Sumber Kasih

RS Gunung Jati

Praktek Dr Hendrawan

Hotel Patra Jasa

Hotel Bentani

Restoran Klapa Manis

Hotel Grand Tryas

Klinik Kecantikan Kusuma Beauty Lab

SEMaRaNGHotel pandanaran

Classic Coffe House

Lemon Tea Resto bakery & Cafe

Salon Rudy Hadisuwarno

Bliss Pampering Studio, Spa SalonandReflexy

KoenoKoeni Cafe Gallery

Coffee Toffee

The Rays Cafe and Resto

Cafe Deoholic

Dante Coffee Shop & Restaurant

Arjuna Radio Cafe & Resto Semarang

Miracle Aesthetic Clinic

Lexa Skin Clinic

Hotel Gumaya

Grand Candi

Hotel Ciputra

Hotel Horison

Haryono Tour & Travel

MG Suites MAVEN Semarang

Kencana Agrowisata Hotel & Resort Ungaran Semarang

RS Bunda

La Dolce Vita

Cafe Wedangan Mooei

River View Cafe

Icos Cafe Tembalang

Wong Art Bakery & Cafe Puri Anjasmoro

Indische Cafe and Imperial Bakery

Parahita Coffee Shop & Resto

Quest Hotel

Hotel Crown Plaza

JOGyaKaRTa & MaGELaNG

House of Ramiten

Cafe Momento

Lincak “Warung Hotspot Bukan Cafe”

Kedai Kopi

Penginapan Pugeran

Artemy Italian Gelato & Coffee Shop

Paztaholic

Legend Coffee

Komikoti

Snap Cafe

Bale Hotspot & Cafe

Coklat cafe

Dixie Square Yogyakarta

De Sava Coffee

Jentra Hotel

Hotel Brongto

Roemah Djawa Resort

Hotel 1001 Malam

Rumah Mertua Hotel

Dusun Jogja Village

Cakra Kusuma Hotel

Lecker Je Cafe

Scherz Cafe

The Phoenix Hotel

Merapi Merbabu Hotels & Resorts

Hotel Tentrem

Hotel Sewu Padi

Hotel Melia Purosani

Perpustakaan Kota

Djendelo Cafe

Kopi Item

Coklat Cafe

Kesuma Restoran

Bright Dental Maguwo

Klinik Harmoni Keluarga

Rumahku Art Cafe

SuRaBaya & SEKITaRNya

The Cafe House of Sampoerna

Garuda Indonesia Lounge Surabaya

Ciputra Golf Club & Hotel

Bukit Darmo Golf

Finna Golf & Country Club Resort

Chicco Swalayan

Siloam Hospital

Hotel Majapahit

Refresho Coffeee Sidoarjo

Hotel Singgasana

OostKoffie&Thee

C2O Library & Collabtive

Ladang Coffee

Coffee Corner

Trimurti Lounge & Restoran

Honeymoon Desert

The Library

Vis A Vis

Café Rollas

Wing Dom

Hotel Oval

Carpentier Kitchen

MaLaNG & SEKITaRNya

Hotel Tugu

Padi City Resort

Santika Premiere Hotel

Hotel Haris & Convention Malang

Solaris Hotel

Travel Café

Ria Djenaka Coffee House & Resto

LaMPuNGMokko Donuts & Coffee Mall kartini

Laboratorium Enggal

RS Imanuel

RS Anugerah Medika

Apotek K­24 Antasari

Lampung Futsal­Kedung Meneng

JaMBIApotek Anak Ibu

RS St Theresia

Town for Kids

KaLIMaNTaNBorneo News Kalteng

Palangka Post Kalteng

Refresho Kedai Kopi Paser Kaltim

Hotel Swiss Bellin

MEdaNRepvpublik Kopi

Bumbu Desa

Macehat Cafe

Kok Tong Kopi Tiam

Rocco Coffee & Snack

Hotel Swiss Bellin

Hotel Danau Toba International

Karibia Boutique Hotel

PadaNGRefresho kedai kopi padangHau’s TeaElidarman CafeD’Ox Ville HotelCubadak Paradiso VillageBedudal Café BukittinggiCafé Turret

BaTaMBumbu DesaBreak CafeMay cafeWaffleTownUSAKaya ToastCooljuzzSpa Central SukajadiOzon International HotelThe Rock 8 HotelRomance HotelHoliday HotelVista Hotel

Batam Smailing Tour & TravelEka Shogi TravelKaha Tour & Travel

MaKaSSaRKafe Baca BiblioholicStarbook CafeKafe BukuSinggasana HotelHotel Hertasning

BaLIBumbu Desa RenonBambu Indah HotelHard Rock Café BaliThe Coffee House Kopi Bali HouseKomaneka at Rasa Sayang HotelMelting WokLuhtu’s Coffee ShopMaya’s Coffee & Smothie BarStreet CafeIzakaya Café & BarCafé MokaThe Batu Belig Hotel & SpaJ­Boutique HotelBali tropic Resort & SpaThe Kunja HotelBuddha garden VillaVilla MahapalaKarma JimbaranThe Magani Hotel & SpaPondok AyuDijon CafeKopi Paras CafeBlack Canyon CafeCafé Batu JimbarMisterblek

LOMBOKCafe & Restaurant AlbertoMahamaya Boutique ResortCafe WayanLombok Kosaido Golf ClubLombok Golf Kosaido Country ClubChillout Bungalows and BarSegara VillasPool Villa Club SenggigiAlang­Alang Boutique Beach ResortBintang Senggigi HotelHoliday Resort LombokThree­C Tea & CoffeeTami’s Neverland

MaLaySIaBumbu Desa Alamanda Putrajaya Bumbu Desa Suria KLCCBumbu Desa Mid Valley

readin

g P

oin

tDe

stin

asi

indone

sia |

okt

ober

201

3

readin

g P

oin

tDe

stin

asi

indone

sia |

okt

ober

201

3

Page 35: Destinasi Indonesia - Oktober 2013

way fom all the rushAway fom all the rushA