Desain Jaringan WAN

download Desain Jaringan WAN

of 31

  • date post

    02-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    155
  • download

    2

Embed Size (px)

description

Membuat jaringan WAN (Wide Area Network)

Transcript of Desain Jaringan WAN

  • 1Kelas 12 pada program keahlian

    Hanya untuk siswa

    Penyusun :Drs. Rolly U. GuE

    Tahun 2010

    Modul Pelajaran

  • 2KATA PENGANTAR

    Pemanfaatan komputer sebagai sebuah sarana pengembangan pendidikan saat inisudah menjadi suatu kebutuhan utama. Hal ini didasarkan kepada beberapa faktor utama,yaitu : Era kesejagatan, dimana perkembangan teknologi merupakan urat nadi utamakehidupan telah membawa perubahan besar terhadap tatanan dan cara hidup manusia.Setiap jenis pekerjaan dituntut untuk dapat dikerjakan dengan cara yang secepat dansetepat mungkin.

    Perkembangan teknologi ini juga berimplikasi terhadap pemanfaatan berbagaisarana dan prarasana teknologi, contohnya adalah komputer.

    Pendidikan, utamanya pada SMK yang membuka program keahlianTeknikKomputer dan Jaringan , bertujuan untuk menghasilkan tenaga yang terdidik dan terlatihpada bidangnya yaitu teknik komputer. Oleh sebab itu, pengetahuan komputer mutlakdiberikan kepada peserta diklat, agar mereka dapat bersaing di dunia kerja yang telahmemanfaatkan teknologi.

    Oleh sebab itu, modul ini disusun untuk memberikan pengetahuan danketerampilan bagi siswa sesuai dengan tuntutan kompetensi yang harus dimilikinya.Penulis menyadari masih adanya banyak kekurangan pada modul ini , maka penulis sangatberterima kasih apabila pembaca dapat memberikan masukan saran kepada penulis demikesempurnaan dimasa mendatang .

    Gorontalo , Juli 2010

    Drs. Rolly U. GuE

  • 3Membuat Disain Jaringan Berbasis Luas (WAN)

    Pengenalan jaringan

    Jaringan / network adalah suatu mekanisme yang memungkinkan berbagaikomputer terhubung dan para penggunanya dapat berkomunikasi dan share resources satusama. Informasi dan data bergerak melalui media transmisi jaringan sehinggamemungkinkan pengguna jaringan komputer untuk saling bertukar dokumen dan data,mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware / softwareyang terhubung dengan jaringan. Saat ini kita mengenal beberapa jenis jaringan padaumumnya yatu jaringan data dan internet.

    Jaringan data adalah sebuah jaringan yang memungkinkan komputer-komputer yangada saling bertukar data. Contoh yang paling sederhana adalah dari jaringan data adalah duabuah PC terhubung melalui sebuah kabel. Akan tetapi rata-rata jaringan datamenghubungkan banyak alat.

    Jaringan internet adalah sekumpulan jaringan-jaringan yang saling terhubung olehalat jaringan dan akan menjadikan jaringan-jaringan tersebut sebagai satu jaringan yangbesar. Public Internet adalah contoh yang paling mudah dikenali sebagai jaringan tunggalyang menghubungkan jutaan komputer.

    Arsitektur Jaringan

    Ada 3 jenis arsitektur jaringan data :1. LAN (Local Area Network)Jaringan ini beroperasi dalam area yang jaraknya terbatas(kurang dari 10kilometer).Biasanya jaringan ini bersifat tertutup karena hanya digunakan oleh sekumpulanorang dan memberikan akses bandwith yang tinggi dalam lingkup kelompok yangmenggunakannya.Alat yang biasa digunakan adalah Switch dan Hub.

  • 42. WAN (Wide Area Network)Jaringan ini beroperasi dalam area yang lebih luas dari LAN.Biasanya jaringan WANberfungsi untuk menghubungkan LAN yang berada terpisah secara geografis. Biasanyadigunakan juga untuk fulltime/partime connectivity antar daerah dan juga untuk publicservices seperti email. Alat yang biasa digunakan di jaringan ini adalah Router.

    3. MAN (Metropolitan Area Network )Jaringan ini beroperasi dalam area yang lebih luas secara geografis.Biasanyamenghubungkan jaringan WAN yang terpisah sehingga memungkinkan untuk terjadinyapertukaran informasi dan sharing data dan devices. Alat yang digunakan adala kumpulandari Router dan Gateway.

    Jaringan yang pertama kali dikenalkan adalah LAN. WAN diperkenalkan sebagaijaringan yang menghubungkan LAN-LAN yang ada sehingga user juga dapat membagiinformasi dan mengakses alat-alat yang ada.Di sini yang akan kita bahas lebih lanjut adalahmengenai WAN.

    Saat kita akan membahas lebih dalam mengenai jaringan ada 2 konsep yang penting yaitu:

    Protocol

    Protocol banyak digunakan untuk proses komunikasi diantara entiti padasistem yang berbeda-beda. Istilah entiti merujuk pada program-program aplikasiuser sedangkan sistem lebih pada komputer dan terminal.Elemen-elemen kunci untuk sebuah protocol adalah sebagai berikut :

    SyntaxMeliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan format data dan level-

    level sinyal

    SemanticsMeliputi informasi kontrol untuk koordinasi dan pengendalian kesalahan

    TimingMeliputi kesesuaian urutan dan kecepatan

  • 5Arsitektur komunikasi komputerAda 2 arsitektur protocol yang digunakan sebagai dasar bagi pengembangan

    standar-standar:

    1.Model TCP/IPModel dan protokol TCP/IP merupakan open standard yang merupakan

    standar teknis dan historis dari internet. Pada tahun 1973, Bob Kahn dan VintCerf mengerjakan proyek yang nantinya disebut TCP/IP. Selanjutnya, modelTCP/IP dikembangkan Departemen Pertahanan USA (DoD) pada tahun 1981(cisco.netacad.net, ch9, s1) dengan tujuan ingin menciptakan suatu jaringan yangdapat bertahan dalam segala kondisi. TCP/IP adalah jenis protokol pertama yangdigunakan dalam hubungan internet, sehingga banyak istilah dan konsep yangdipakai dalam hubungan internet berasal dari istilah dan konsep yang dipakaioleh protokol TCP/IP. Perkembangan TCP/IP menciptakan suatu standar defacto, yaitu suatu standar yang diterima oleh kalangan pemakai dengan sendirinyakarena pemakaian yang luas. Beberapa layer pada model TCP/IP mempunyainama yang sama dengan model OSI. Gambar 2.2 dibawah ini merupakangambaran dari model TCP/IP dimana dapat dilihat bahwa model TCP/IP jugadibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian networks dan protocols.

    Gambar 1 Model TCP/IP

  • 6Arsitektur atau model dari TCP/IP dibagi menjadi 4 lapisan yang antara lainadalah sebagai berikut:

    Application LayerApplication layer pada model TCP / IP menangani protokol tingkat tinggi

    yang berhubungan dengan representasi, encoding dan dialog control. ProtokolTCP/IP menggabungkan seluruh hal yang berhubungan dengan aplikasi ke dalamsatu lapisan dan menjamin data dipaketkan dengan benar sebelum masuk kelapisan berikutnya. Beberapa program berjalan pada lapisan ini, menyediakanlayanan langsung kepada user. Program program ini dan protokol yangberhubungan meliputi HTTP (The World Wide Web), FTP, TFTP (FileTransport), SMTP (Email), Telnet, SSH (Secure remote login), dan DNS (Namemanagement).

    Transport Layer

    Transport layer menyediakan layanan transportasi dari host sumber ke hosttujuan. Layer transport merupakan suatu koneksi logical diantara endpoints darisuatu jaringan, yaitu sending host dan receiving host. Transport protokolmembuat segmen dan mengumpulkan kembali lapisan aplikasi diatasnya menjadidata stream yang sama diantara endpoints. Data stream transport layermenyediakan layanan transportasi end-to-end. Protokol protokol yang berfungsipada lapisan ini adalah :

    Transmission Control Protocol (TCP)TCP berfungsi untuk mengubah suatu blok data yang besar menjadi segmen-

    segmen yang dinomori dan disusun secara berurutan agar si penerima dapatmenyusun kembali segmen-segmen tersebut seperti waktu pengiriman. TCP iniadalah jenis protocol connection oriented yang memberikan layanan bergaransi.

    User Datagram Protokol (UDP)

  • 7UDP adalah jenis protocol connectionless oriented. UDP bergantung padalapisan atas untuk mengontrol kebutuhan data. Oleh karena penggunaanbandwidth yang efektif, UDP banyak dipergunakan untuk aplikasi-aplikasi yangtidak peka terhadap gangguan jaringan seperti SNMP dan TFTP. UDP padaVoIP digunakan untuk mengirimkan audio stream yang dikrimkan secara terusmenerus. UDP digunakan pada VoIP karena pada pengiriman audio streamingyang berlangsung terus menerus lebih mementingkan kecepatan pengiriman dataagar tiba di tujuan tanpa memperhatikan adanya paket yang hilang walaupunmencapai 50% dari jumlah paket yang dikirimkan. Karena UDP mampumengirimkan data streaming dengan cepat dalam teknologi VoIP, UDPmerupakan salah satu protokol penting yang digunakan sebagai header padapengiriman data selain RTP dan IP. Untuk mengurangi jumlah paket yang hilangsaat pengiriman data (karena tidak terdapat mekanisme pengiriman ulang) makapada teknologi VoIP pengiriman data banyak dilakukan pada private network.

    Internet Layer

    Tujuan dari lapisan internet adalah untuk memilih jalur / path terbaik bagipaket-paket data di dalam jaringan. Protokol utama yang berfungsi pada lapisanini adalah Internet Protocol (IP) serta di lapisan ini terjadi penentuan jalur terbaikdan packet switching . Protokol protokol yang berfungsi pada layer ini antaralain adalah IP, ARP, RARP, BOOTP, DHCP, ICMP.

    IP merupakan protokol yang memberikan alamat atau identitaslogika untuk peralatan di jaringan komputer. IP mempunyai tiga fungsi utama,yaitu servis yang tidak bergaransi (connectionless oriented), pemecahan(fragmentation) dan penyatuan paket-paket, serta fungsi meneruskan paket(routing).

    Address Resolution Protocol (ARP) adalah protokol yangmengadakan translasi dari IP address yang diketahui menjadi alamat hardwareatau MAC address. ARP ini termasuk jenis protokol broadcast.

  • 8 Reverse Address Resolution Protocol (RARP) adalah protokol yangberguna mengadakan translasi MAC address yang diketahui menjadi IP address.Router menggunakan protokol RARP ini untuk mendapatkan IP address darisuatu MAC address yang diketahuinya.

    Bootstrap Protocol (BOOTP) adalah protokol yang digunakan untukproses boot diskless workstation. Dengan protokol ini, suatu IP address dapatdiberikan ke suatu peralatan di jaringan berdasarkan MAC address-nya.

    Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) merupakankelanjutan protokol bootstrap yang dapat memberikan IP address secara otomatiske suatu workstation yang menggunakan prot