DAFTAR ISI - index - powered by h5ai v0.29.0 (...

download DAFTAR ISI - index - powered by h5ai v0.29.0 ( ...file.tkplb.net/_MODUL/2019/UP-PKP/03._Unit_Pembelajaran...¢ 

of 37

  • date post

    23-Jul-2021
  • Category

    Documents

  • view

    0
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of DAFTAR ISI - index - powered by h5ai v0.29.0 (...

BERBASIS ZONASI
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang
Dilarang mengopi sebagian atau keseluruhan isi buku ini untuk kepentingan komersial
tanpa izin tertulis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
DAFTAR ISI
Unit ini sebagai salah satu aternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami topik Penggunaan Media Sosial. Alasan dipilihnya topik ini karena penggunaan Media Sosial selain merupakan keterampilan pilihan peserta didik autis juga dapat berlaku sebagai sarana terapeutik yaitu sebagai sarana pengembangan interaksi dan komunikasi peserta didik autis.
Landasan hukum yang digunakan unit ini adalah Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 10/D/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum, Kompetensi Inti-Kompetensi Dasar, dan Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus. Mata pelajaran yang diambil adalah Keterampilan Pilihan Teknologi Informasi dan Komunikasi SMALB Autis, kelas X.
Pembahasan materi yang terdapat pada unit ini agar guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sendiri sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam rangka memudahkan guru mempelajari konten dan cara mengajarkannya, di dalam unit ini dimuat kompetensi dasar terkait yang memuat target kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi, bahan bacaan tentang aplikasi topik Penggunaan Media Sosial di kehidupan sehari-hari. Komponen-komponen di dalam unit ini dikembangkan dengan tujuan agar guru dapat dengan mudah memfasilitasi peserta didik autis menguasai penggunaan Media Sosial.
Topik Penggunaan Media Sosial yang dikembangkan pada bahan bacaan diarahkan pada salah satu media sosial yaitu Facebook dengan pertimbangan media sosial ini mempunyai fitur yang paling lengkap dibanding media sosial yang lain. Submateri yang telah diarahkan ke Facebook tersebut adalah: 1) Pembuatan akun Facebook; 2) Status di Facebook; 3) Pengiriman Pesan di Facebook; dan 4) Penjualan barang di Facebook.
KOMPETENSI DASAR DAN PERUMUSAN IPK
1. Kompetensi Dasar dan Target Kompetensi
Tabel 1. Target Kompetensi Dasar
No.
X
4.17
Kompetensi dasar dikembangkan menjadi beberapa indikator pencapaian kompetensi. Indikator ini menjadi acuan bagi guru untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar. Kompetensi Dasar 3.17 dan 4.17 di kelas X dikembangkan menjadi 3 indikator untuk ranah pengetahuan dan 3 indikator untuk ranah keterampilan.
Dalam rangka memudahkan guru menentukan indikator yang sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar, indikator dibagi menjadi ke dalam tiga kategori, yaitu indikator pendukung, indikator kunci, dan indikator pengayaan. Berikut ini rincian indikator yang dikembangkan pada Kompetensi Dasar 3.17 dan 4.17 di kelas X.
Tabel 2. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
IPK Penunjang
4.17.1 Mengaktifkan media sosial
3.17.3 Menerapkan prosedur menambah teman
3.17.4 Menerapkan prosedur membuat status
3.17.5 Menerapkan prosedur memberi komentar status teman
3.17.6 Menerapkan prosedur mengirim pesan
3.17.7 Menerapkan prosedur menjual barang
4.17.2 Menunjukan cara membuat Akun media sosial
4.17.3 Menunjukkan cara menambah teman
4.17.4 Menunjukkan cara membuat status
4.17.5 Menunjukkan cara memberi komentar status
4.17.6 Menunjukkan cara mengirim pesan
4.17.7 Menunjukkan cara menjual barang
IPK Pengayaan
Media sosial atau medsos merupakan suatu media daring yang penggunanya (user) dapat berbagi, berpartisipasi, dan menciptakan konten yang didukung oleh teknologi multimedia yang canggih. Internet, media sosial dan teknologi multimedia menjadi satu kesatuan yang sulit dipisahkan serta mendorong pada hal-hal baru.
Merebaknya situs media sosial yang muncul menguntungkan banyak orang dari berbagai belahan dunia untuk berinteraksi dengan mudah, cepat dan dengan ongkos yang murah. Berikut ini manfaat media sosial secara umum yaitu sebagai:
1. Sarana bersosialisasi
3. Alat untuk mencari dan menambah teman baru
4. Sarana untuk mencari dan menemukan teman-teman lama
5. Sarana berbagi kabar dan berita
6. Sarana berbagi hobby dan kegemaran
7. Sarana berjualan barang dan jasa
8. Sarana menunjukkan eksistensi diri
9. Media pembelajaran
Gambar 1 Facebook
Permasalahan yang pokok pada anak autis adalah masalah interaksi sosial dan komunikasi. Anak Autis mempunyai hambatan dan keterbatasan dalam menjalin hubungan dan komunikasi dengan orang-lain.
Gambar 2. Autis dan media sosial
Sumber: www.cartoonday.com
Media Sosial dapat menjadi alat bagi peserta didik autis untuk berlatih dan mengembangkan beberapa keterampilan sekaligus sebagai sarana terapeutik pada keterbatasan yang dimiliki anak autis. Melalui media sosial anak autis dapat belajar berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, belajar mengembangkan diri, berlatih untuk mengekspresikan diri. Manfaat lain dari media sosial bagi anak autis yaitu sebagai sarana untuk berlatih menghasilkan uang.
BAHAN PEMBELAJARAN
Bahan pembelajaran yang diuraikan di sini merupakan contoh panduan pembelajaran yang dapat Saudara implementasikan ketika akan membelajarkan topik Penggunaan media Sosial. Bahan pembelajaran dikembangkan dengan prinsip berpusat pada peserta didik dan berusaha memfasilitasi kemampuan berpikir tingkat tinggi. Bahan pembelajaran ini berisikan rincian aktivitas pembelajaran, lembar kegiatan peserta didik dan bahan bacaan.
1. Aktivitas Pembelajaran
Bahan pembelajaran berisi rincian alternatif kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dan peserta didik untuk mencapai kompetensi pada topik Penggunaan Media Sosial. Sebelum menguraikan aktivitas pembelajaran, terlebih dahulu disusun desain aktivitas pembelajaran yang dapat dilihat pada Tabel 3.
Pada Tabel 3 selain dapat dapat dilihat Indikator Pencapaian Kompetensi, submateri yang dibelajarkan, dan aktivitas pembelajaran. Aktivitas pembelajaran dan submateri diarahkan pada salah satu contoh media sosial yaitu Facebook dengan pertimbangan media sosial ini mempunyai fitur yang paling lengkap dibanding media sosial yang lain. Submateri yang telah diarahkan ke Facebook tersebut adalah: 1) Pembuatan akun Facebook; 2) Status di Facebook; 3) Pengiriman Pesan di Facebook; dan 4) Penjualan barang di Facebook. Aktivitas pembelajaran untuk mencapai masing-masing indikator yang telah ditetapkan dan dapat dicapai dalam dua kali pertemuan. Aktivitas pembelajaran akan diuraikan lebih rinci menjadi dua skenario pembelajaran. Berikut ini rincian aktivitas pembelajaran untuk mesing-masing pertemuan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
· Pembuatan akun Facebook;
1. Observasi dan Praktik pembuatan akun Facebook dan menambah teman;
2. Observasi dan Praktik Status Facebook, berkirim pesan dan Penjualan barang di Facebook
4 X 40’
(2JP dan 2JP)
·
3.17.4 Menerapkan prosedur memberi komentar status teman
3.17.5 Menerapkan prosedur mengirim pesan
3.17.6 Menerapkan prosedur pembuatan akun media sosial
Aktivitas Pembelajaran 1 (Pertemuan Ke-1)
Langkah awal untuk dapat menggunakan media sosial adalah dengan memiliki akun media sosial tersebut, dalam hal ini akun media sosial Facebook, untuk itu pada aktivitas pembelajaran ini peserta didik autis dibimbing untuk membuat akun Facebook, mengaktifkan, dan menambah teman.
Aktivitas pembelajaran ini akan mencapai indikator 3.17.1, 3.17.2, 3.17.3, 4.17.1, 4.17.2, dan 4.17.3 yang dilakukan dengan pembelajaran saintifik yang meliputi aktivitas 1) mengamati; 2) menanya; 3) mengumpulkan informasi; 4) mengasosiasi; dan 5) mengomunikasikan.
· Pembuatan Akun dan Penambahan Teman Facebook
Tujuan Aktivitas Pembelajaran:
a. Melalui Bimbingan, peserta didik mampu mengidentifikasi Prosedur pembuatan akun Facebook
b. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu mengaktifkan media sosial Facebook
c. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu menerapkan prosedur pembuatan akun media sosial
d. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu menunjukan cara membuat akun media sosial
e. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu menerapkan prosedur menambah teman
f. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu menunjukkan cara menambah teman
Estimasi Waktu Aktivitas Pembelajaran : 2 x 40 Menit
Media, alat, dan bahan yang digunakan adalah:
a. Bahan Bacaan;
b. Komputer/Laptop/ Handphone;
c. LCD Projector
c. Menginstruksikan peserta didik untuk membuat akun Facebook berdasar bahan bacaan dan hasil pengamatan demonstrasi. (mencoba)
d. Meminta peserta didik saling berdiskusi dengan teman sebelahnya apabila ada hal-hal yang dirasa kurang jelas (menanya, mengasosiasi)
e. Meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil yang telah dilakukan (mengkomunikasikan)
2. Penambahan teman di Facebook
a. Menginstruksikan peserta didik untuk mempelajari prosedur menambah teman Facebook yang ada di bahan bacaan. (mengamati, mengumpulkan informasi)
b. Mendemonstrasikan prosedur menambah teman Facebook, peserta didik diminta memperhatikan (mengamati, mengumpulkan informasi)
c. Menginstruksikan peserta didik untuk menambah teman Facebook berdasar bahan bacaan dan hasil pengamatan demonstrasi. (mencoba)
d. Meminta peserta didik saling berdiskusi dengan teman sebelahnya apabila ada hal-hal yang dirasa kurang jelas (menanya, mengasosiasi)
e. Meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil yang telah dilakukan (mengkomunikasikan)
Aktivitas Pembelajaran 2 (Pertemuan Ke 2)
Setelah berhasil membuat akun dan menambah teman, maka Facebook siap digunakan. Pada aktivitas pembelajaran ini akan dibahas bagaimana menggunakan Facebook untuk beberapa aktivitas yaitu membuat status, memberi komentar status teman, mengirim pesan kepada beberapa teman dan menjual barang di Facebook.
Aktivitas pembelajaran ini akan mencapai indikator 3.17.4, 3.17.5, 3.17.6, 4.17.4, 4.17.5, dan 4.17.6 yang dilakukan dengan pembelajaran saintifik yang meliputi aktivitas 1) mengamati; 2) menanya; 3) mengumpulkan informasi; 4) mengasosiasi; dan 5) mengomunikasikan.
· Penggunaan Facebook
a. Melalui Bimbingan, peserta didik mampu mengidentifikasi Prosedur penggunaan Facebook
b. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu menerapkan prosedur membuat status
c. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu menunjukkan cara membuat status
d. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu menunjukkan cara memberi komentar status.
e. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu menunjukkan cara mengirim pesan di Facebook
f. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu menerapkan prosedur memberi komentar status teman
g. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu menerapkan prosedur mengirim pesan
h. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu menerapkan prosedur menjual barang di Facebook
i. Melalui kegiatan praktek, peserta didik mampu menunjukkan prosedur menjual barang di Facebook
Estimasi Waktu Aktivitas Pembelajaran : 2 x 40 Menit
Media, alat, dan bahan yang digunakan adalah:
a. Bahan Bacaan;
b. Komputer/Laptop/ Handphone;
c. LCD Projector
a. Menginstruksikan peserta didik untuk mempelajari prosedur membuat status di Facebook yang ada di bahan bacaan. (mengamati, mengumpulkan informasi)
b. Mendemonstrasikan prosedur membuat status di Facebook, peserta didik diminta memperhatikan (mengamati, mengumpulkan informasi)
c. Menginstruksikan peserta didik untuk membuat status di Facebook sesuai bahan bacaan dan hasil pengamatan demonstrasi. (mencoba)
d. Meminta peserta didik saling berdiskusi dengan teman sebelahnya apabila ada hal-hal yang dirasa kurang jelas (menanya, mengasosiasi)
e. Meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil yang telah dilakukan (mengkomunikasikan)
2. Pemberian komentar pada Status
a. Menginstruksikan peserta didik untuk mempelajari prosedur memberi komentar di status Facebook teman yang ada di bahan bacaan. (mengamati, mengumpulkan informasi)
b. Mendemonstrasikan prosedur memberi komentar di status Facebook teman, peserta didik diminta memperhatikan (mengamati, mengumpulkan informasi)
c. Menginstruksikan peserta didik untuk memberi komentar di status Facebook teman dan hasil pengamatan demonstrasi. (mencoba)
d. Meminta peserta didik saling berdiskusi dengan teman sebelahnya apabila ada hal-hal yang dirasa kurang jelas (menanya, mengasosiasi)
e. Meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil yang telah dilakukan (mengkomunikasikan)
3. Berkirim pesan di Facebook
a. Menginstruksikan peserta didik untuk mempelajari prosedur berkirim pesan di Facebook yang ada di bahan bacaan. (mengamati, mengumpulkan informasi)
b. Mendemonstrasikan prosedur berkirim pesan di Facebook, peserta didik diminta memperhatikan (mengamati, mengumpulkan informasi)
c. Menginstruksikan peserta didik untuk mengirim pesan kepada beberapa teman di Facebook sesuai bahan bacaan dan hasil pengamatan demonstrasi. (mencoba)
d. Meminta peserta didik saling berdiskusi dengan teman sebelahnya apabila ada hal-hal yang dirasa kurang jelas (menanya, mengasosiasi)
e. Meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil yang telah dilakukan (mengkomunikasikan)
4. Penjualan barang di Facebook
a. Menginstruksikan peserta didik untuk mempelajari prosedur Penjualan barang di Facebook yang ada di bahan bacaan. (mengamati, mengumpulkan informasi)
b. Mendemonstrasikan prosedur prosedur Penjualan barang di Facebook, peserta didik diminta memperhatikan (mengamati, mengumpulkan informasi)
c. Menginstruksikan peserta didik untuk melakukan prosedur Penjualan barang di Facebook sesuai bahan bacaan dan hasil pengamatan demonstrasi. (mencoba)
d. Meminta peserta didik saling berdiskusi dengan teman sebelahnya apabila ada hal-hal yang dirasa kurang jelas (menanya, mengasosiasi)
e. Meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil yang telah dilakukan (mengkomunikasikan)
1. Bahan Bacaan
1. Media Sosial
Media Sosial (Social Media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking).
Media sosial bisa dikatakan sebagai sebuah media online, dengan para penggunanya (users) bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Berikut ini manfaat media sosial secara umum yaitu sebagai:
1. Sarana bersosialisasi
3. Alat untuk mencari dan menambah teman baru
4. Sarana untuk mencari dan menemukan teman-teman lama
5. Sarana berbagi kabar dan berita
6. Sarana berbagi hobby dan kegemaran
7. Sarana berjualan barang dan jasa
8. Sarana menunjukkan eksistensi diri
9. Media pembelajaran
Karakteristik Media Sosial
Gamble, Teri, dan Michael (2005) media sosial mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
1. Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
2. Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
3. Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
4. Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Jenis-Jenis Media Sosial
Media sosial yang populer digunakan di Indonesia antara lain Facebok, Twitter, Youtube, Blog, Instagram dan lain-lain.
Topik Penggunaan Media Sosial yang dikembangkan pada bahan bacaan diarahkan pada salah satu media sosial yaitu Facebook dengan pertimbangan media sosial ini mempunyai fitur yang paling lengkap dibanding media sosial yang lain.
2. Pembuatan Akun Facebook
Sumber: www.Facebook.com
b. Masukkan nama, email atau nomor ponsel, kata sandi, tanggal lahir, dan jenis kelamin.
c. Klik tombol Daftar, akan muncul layar seperti berikut.
Gambar 4. Halaman konfirmasi email
Sumber: www.Facebook.com
d. Untuk menyelesaikan pembuatan akun, silahkan klik tautan konfirmasi dari Facebook di email atau di nomor ponsel yang sebelumnya diberikan.
3. Menambah Teman di Facebook
Untuk menambahkan teman menggunakan namanya di komputer:
a. Klik bilah pencarian di bagian atas halaman Facebook.
Gambar 5. Kolom Pencarian di Facebook
Sumber: www.Facebook.com
.
c. Untuk mengirimi seseorang permintaan pertemanan, klik Tambahkan Teman di samping foto profilnya. Beberapa orang mungkin tidak memiliki Tambahkan Teman di samping foto profilnya, tergantung pada pengaturan privasinya.
Gambar 6. Tambahkan teman Facebook
Sumber: www.Facebook.com
· Untuk berbagi perasaan atau kegiatan dalam status terbaru:
a. Klik Buat Postingan di bagian atas Kabar Beranda atau linimasa. Ketuk Tulis Postingan di grup, atau Tulis sesuatu... di acara.
Gambar 7. Membuat status di Facebook
Sumber: www.Facebook.com
b. Klik
, lalu pilih
.
c. Pilih Perasaan... atau pilih apa yang sedang Anda lakukan (misalnya: Bepergian Ke...) di menu pilihan.
d. Pilih apa yang Anda rasakan atau deskripsikan apa yang Anda lakukan (misalnya: ke mana tujuan perjalanan Anda) dengan mengeklik salah satu saran atau menuliskan sebuah kata untuk mencari saran lain. Jika belum tercantum, Anda dapat memasukkan pilihan Anda sendiri dan mengekliknya saat muncul di menu pilihan.
e. Untuk mengedit perasaan atau kegiatan Anda, klik
Perasaan/Aktivitas dan buat perubahan, atau klik X untuk menghapusnya dari status Anda. Untuk mengubah ikon, klik ikon itu di status terbaru Anda lalu pilih ikon baru dari menu pilihan.
f. Setelah menambahkan perasaan atau aktivitas, selesaikan mengisi status lalu klik Bagikan atau Posting.
Gambar 8. Membuat status di Facebook
Sumber: www.Facebook.com
Jika Anda memilih kegiatan seperti menonton acara televisi atau membaca buku, acara televisi atau buku itu juga akan muncul di bagian terkait di halaman Tentang Anda.
Catatan: Anda hanya dapat menambahkan satu ikon suasana hati atau aktivitas pada satu pembaruan status.
· Untuk mengomentari sesuatu:
a. Klik Komentar di bawah postingan itu atau dalam kotak putih yang bertuliskan Tulis komentar.
Gambar 9. Mengomentari status di Facebook
Sumber: www.Facebook.com
· Klik
· Klik
· Klik
c. Tekan tombol enter atau return untuk menerbitkannya.
Untuk membuat paragraf atau baris baru dalam komentar, tahan tombol Shift di keyboard Anda, lalu tekan Enter (di PC) atau Return (di Mac).
5. Mengirim Pesan
a. Klik
b. Klik Pesan Baru.
Sumber: www.Facebook.com
d. Nama teman akan muncul di pilihan.
e. Pilih nama orang atau orang-orang yang ingin Anda kirimi pesan.
Gambar 11. Menulis pesan baru di Facebook
Sumber: www.Facebook.com
6. Menjual Barang di Facebook
Fasilitas untuk penjualan barang di Facebook yaitu Marketplace.
Gambar 12. Marketplace Facebook
Saat menjual barang di Marketplace, Anda membuat tawaran publik yang bisa dilihat siapa pun di Marketplace dan di Kabar Beranda, pencarian, dan tempat lain di atau di luar Facebook. Ada Kebijakan Dagang dari Facebook yang harus dipatuhi.
Berikut langkah untuk menjual barang di Marketplace:
a. Siapkan Foto/Gambar barang yang akan dijual
b. Klik
c. Klik + Jual Sesuatu, lalu klik Barang Dijual.
Gambar 13. Jual Sesuatu di Marketplace Facebook
d. Masukkan judul tawaran, harga, lokasi, dan kategori barang Anda (misalnya: Perabotan, Bayi & Anak). Anda juga bisa menambahkan deskripsi. Untuk menandai barang sebagai Gratis, Anda bisa memasukkan 0 sebagai harganya.
e. Klik +10 Foto untuk mengunggah foto barang Anda dari komputer.
f. Klik Posting. Jika Posting berwarna abu-abu, pastikan Anda sudah memasukkan judul, harga, lokasi, foto, dan kategorinya.
Gambar 14. Kotak isian di Marketplace Facebook
Sumber: www.Facebook.com
PENGEMBANGAN PENILAIAN
1. Penilaian Pengetahuan
Pada bagian ini akan dimodelkan soal-soal untuk menilai KD 3.17 Menerapkan prosedur penggunaan media.
1. Data yang harus dimasukkan ketika membuat akun Facebook adalah:
a. Nama, alamat rumah atau nomor ponsel, kata sandi, tanggal lahir, dan jenis kelamin.
b. Nama, alamat email atau nomor ponsel, Hobby, tanggal lahir, dan jenis kelamin.
c. Nama, alamat email atau nomor ponsel, kata sandi, tanggal lahir, dan jenis kelamin.
d. Nama, alamat email atau nomor ponsel, kata sandi, tanggal lahir, dan hari lahir.
2.
untuk mencari orang di Facebook dengan mudah, tulisan yang harus kita ketik pada kolom pencarian di atas adalah:
a. Nama orang
b. Alamat rumah
c. Nomor ponsel
d. Tanggal lahir
a.
b.
c.
d.
a.
b.
c.
d.
a.
b.
c.
d.
Penilaian Keterampilan
Pada bagian ini akan dimodelkan soal-soal untuk menilai KD 4.17 Menggunakan media sosial :
Tabel 3. Contoh Rubrik Penskoran Praktik
No
5.
No
Indikator
Rubrik
1.
3.
2:
4.
1:
4:
17.
3:
18.
2:
19.
1:
20.
0:
21.
4:
27.
3:
28.
2:
29.
1:
30.
0:
KESIMPULAN
Unit ini dikembangkan berdasarkan pasangan KD 3.17. Menerapkan prosedur penggunaan media sosial dan KD 4.17 Menggunakan media sosial di kelas X. Dari pasangan kompetensi dasar tersebut diturunkan 7 indikator pencapaian kompetensi dimensi pengetahuan dan 7 indikator pencapaian kompetensi dimensi keterampilan.
KD pengetahuan menuntut Saudara melatihkan pengetahuan prosedural, hal ini kemungkinan tidak terlalu susah karena karakteristik peserta didik autis yang cenderung terstruktur dan prosedural. KD keterampilan menuntut Saudara memfasilitasi peserta didik untuk mempunyai keterampilan era 4.0 ini yaitu keterampilan digital.
Media sosial yang ada jumlahnya sangatlah banyak, bisa sampai ratusan jumlahnya, sehingga tidak mungkin dalam unit ini dibahas tentang penggunaan semua media sosial. Saudara bisa mengajarkan penggunaan Facebook sebagai perwakilan media sosial karena Facebook mempunyai fitur-fitur paling lengkap dibandingkan media sosial lainnya.
Di Unit ini ada aktivitas pembelajaran dan materi tentang penggunaan media sosial sebagai sarana untuk menjual barang. Hal ini merupakan poin penting karena tujuan akhir dari program keterampilan pilihan salah satunya adalah peserta didik mampu menghasilkan uang.
UMPAN BALIK
Dalam rangka mengetahui pemahaman terhadap unit ini, Saudara perlu mengisi lembar persepsi pemahaman. Berdasarkan hasil pengisian instrumen ini, Saudara dapat mengetahui posisi pemahaman beserta umpan baliknya. Oleh karena itu, isilah lembar persepsi diri ini dengan objektif dan jujur.
Lembar Persepsi Pemahaman Unit
2
4
5
8
9
10
Jumlah
40
< 70
Masih banyak yang belum dipahami. Saudara membaca ulang unit ini dan mendiskusikannya dengan dengan fasilitator di MGMP sampai anda memahaminya.
70-79
Masih ada yang belum dipahami dengan baik. Saudara perlu mendiskusikan bagian yang belum dipahami dengan fasilitator atau teman lain di MGMP.
80-89
> 90
Program PKB melalui PKP berbasis Zonasi
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Unit Pembelajaran
32
33