Conveyor Kelompok 6 Fix

download Conveyor Kelompok 6 Fix

of 23

  • date post

    03-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    17
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Conveyor Kelompok 6 Fix

Slide 1

Operasi Teknik KimiaCONVEYORDisajikan Oleh :ARI RIDHA AMRILFAKHRI SAPUTRAFADLI RISFIANDILANIE FARADINADEVI INDRAKELAS CTEKNIK KIMIA S1UNIVERSITAS RIAU

1

ConveyorConveyor berasal dari kata convoy yang artinya berjalan bersama dalam suatu grup besar. Conveyor dapat mengangkut suatu barang dalam jumlah besar dan dapat mengatasi jarak yang diberikan. Conveyor telah banyak dipakai industri di seluruh dunia untuk menghemat waktu dalam mencapai jarak pengangkutan serta menghemat tenaga manusia.CONVEYOR2

Pemilihan alat transportasi (conveying equipment) material padatan antara lain tergantung pada:Kapasitas material yang ditanganiJarak Pemindahan materialArah pengangkutan : horizontal, dan vertikalUkuran (size), bentuk (shape), dan sifat dari material (properties)

ConveyorCONVEYOR3

Secara umum, conveyor diklasifikaikan sebagai berikut :CONVEYOR4

Belt ConveyerBelt Conveyor berbentuk seperti sabuk panjang yang berputar, bisa terbuat dari karet, plastik, kulit atau logam tergantung bahan yg diangkut. Sabuk yang digunakan bisa untuk mengangkut karung, pasir dan sebagainya.

CONVEYOR5

Karakteristik & PerformanceDapat beroperasi secara mendatar maupun miring dengan sudut maksimum sampai dengan 18 derjat.Sabuk disanggah oleh plat roller untuk membawa bahan.Kapasitas tinggi. Serba guna. Dapat beroperasi secara continiue.Kapasitas dapat diatur. Belt conveyor dipakai untuk memindah material baik satuan atau bulk curah, dengan putaran dari motor sebagai pengerak utama yang terhubung dengan drum.

Prinsip KerjaCONVEYOR6

CONVEYOR Belt Coveyor

7

CHAIN CONVEYOR

CONVEYOR8

CHAIN CONVEYORCONVEYOR9

Scraper ConveyorScraper conveyor merupakan konveyor yang sederhana dan paling murah diantara jenis-jenis conveyor lainnya. Conveyor jenis ini dapat digunakan dengan kemiringan yang besar. Conveyor jenis ini digunakan untuk mengangkut material-material ringan yang tidak mudah rusak, seperti : abu, kayu dan kepingan.

CONVEYOR10

Karakteristik & PerformanceDapat beroperasi dengan kemiringan sampat 45. Mempunyai kecepatan maksimum 150 ft/m. Kapasitas pengangkutan hingga 360 ton/jam.Harganya murah. CONVEYOR11

Apron ConveyorApron conveyor digunakan untuk memindahkan berbagai macam muatan curah dan satuan secara horizontal maupun membentuk sudut inklinasi. Apron conveyor terdiri dari frame, penggerak, take-up sprocket, apron/slat, travelling roller, feed hopers, dan discharge spout.

CONVEYOR12

Belt Conveyor, scraper maupun apron conveyor mengangkut material dengan kemiringan yang terbatas. Belt conveyor jarang beroperasi pada sudut yang lebih besar dari 15-20 dan scraper jarang melebihi 30 derajat. Secara umum bucket elevator terdiri dari timba -timba (bucket) yang dibawa oleh rantai atau sabuk yang bergerak.

Bucket ElevatorCONVEYOR13

Bucket ElevatorCONVEYOR

14

Screw ConveyorScrew conveyor berbentuk seperti sekrup bisa tunggal / ganda yg berputar pada poros, sehingga material akan terangkut melewati celah sekrup dan dibawa ke ujung. Jenis konveyor ini paling tepat untuk mengangkut bahan padat berbentuk halus atau bubur.Alat ini pada dasarnya terbuat dari pisau yang berpilin mengelilingi suatu sumbu sehingga bentuknya mirip sekrup. Pisau berpilin ini disebut flight.

CONVEYOR15

Screw ConveyorCONVEYOR

16

Prinsip kerja mengalirkan material dalam pipa dengan bantuan udara bertekanan. Konveyor jenis ini digunakan untuk mengangkut bahan yang ringan atau berbentuk bongkahan kecil. Pada pneumatic conveyor, bahan dalam bentuk suspensi diangkut oleh aliran udara.

Pneumatic ConveyorCONVEYORGravity konveyor adalah jenis peralatan material handling yang tidak bermotor dan menggunakan gaya gravitasi atau momentum untuk membantu dalam pergerakan produk, paket, makanan atau peralatan dari satu tempat ke tempat lain, atau melalui berbagai tahapan manufaktur otomatis atau finishing. Gravity konveyor memiliki dua jenis utama yaitu Gravity roller Conveyor dan Gravity Wheel Conveyor.

Gravity ConveyorCONVEYORGravity conveyor Rol (Gravity Roller Conveyor) memindahkan produk horizontal di sepanjang lintasan yang berisi serangkaian rol yang ditempatkan tegak lurus terhadap arah perjalanan dan dibantu bantalan dan poros.Konveyor Rol dapat dipakai untuk memindahkan bahan yang permukaan bagian bawahnya rata seperti kardus dan pallet ataupun yang permukaan bawahnya tidak rata seperti drum, kaleng, bongkahan, dll.

Gravity Roller ConveyorCONVEYOR

Gravity Roller ConveyorCONVEYOR

Gravity wheel conveyor, atau konveyor roda, sangat mirip dengan Gravity Roller Conveyor, perbedaannya terletak pada lintasannya yang bukan rol melainkan roda.Conveyor roda hanya dapat digunakan untuk memindahkan bahan yang permukaan bawahnya rata, seperti kardus, pallet, kayu lapis, kotak jinjing, nampan, dan lain-lain.

Gravity Wheel ConveyorCONVEYORKESIMPULAN

Konveyor adalah salah satu jenis alat pengangkut yang berfungsi untuk mengangkut bahan-bahan industri yang berbentuk padat.Pemilihan konveyor dilihat dari jarak angkut, kemiringan atau perbedaan ketinggian posisi bahan yang akan diangkut. Jumlah bahan yang akan diangkut dan kecepatan pengangkutan yang diperlukan.Untuk bahan yang bervolume besar, maka digunakan belt conveyor. Sedangkan untuk mengangkut bahan dalam wadah yang tertutup dan jarak angkutnya dekat digunakan screw conveyor. Dan pengangkutan yang membutuhkan kecepatan aliran digunakan pneumatic conveyor yang mengalir dengan menggunakan bantuan udara bertekanan.

TERIMA KASIH