Contoh Tata Ibadah Perjamuan Kudus JUMAT AGUNG - 3 April 2015

19
GEREJA PROTESTAN di INDONESIA bagian BARAT G.P.I.B JEMAAT ” “ TATA IBADAH SAKRAMEN PERJAMUAN KUDUS JUMAT AGUNG Jumat, 03 April 2015

description

gpib

Transcript of Contoh Tata Ibadah Perjamuan Kudus JUMAT AGUNG - 3 April 2015

TATA IBADAH

3

GEREJA PROTESTAN di INDONESIA bagian BARATG.P.I.B JEMAAT

TATA IBADAH SAKRAMEN PERJAMUAN KUDUS JUMAT AGUNG

Jumat, 03 April 2015Pukul 06.00 , 09.00 dan 17.00 wib

TATA IBADAH SAKRAMEN PERJAMUAN KUDUS JUMAT AGUNGJumat, 03 April 2015Persiapan sebelum ibadah:*Doa Jemaat Pribadi *Latihan lagu - lagu ibadah*Doa Konsistorium

AJAKAN BERIBADAHP II:Jemaat Tuhan Yesus Kristus yang terkasih,Hari ini kita beribadah untuk memperingati peristiwa Jumat Agung yakni hari kematian Yesus Kristus. Melalui karya kematian Yesus Kristus kita semua telah dibebaskan dari belenggu maut. Untuk itu melalui pembaharuan hidup yang kita alami, marilah kita bersama datang beribadah kepadaNya. Jemaat Tuhan, marilah berdiri bersama kita menyanyi memuji Sang Penebus, dari KJ 155 : 1(pemandu lagu), 2&3(bersama)

I MENGHADAP TUHAN

KJ 173:1-3 SIAPA TERGANTUNG DI DALIB DI SANA2) Di salib di sana, menanggung sengsara, tergantunglah Anakdomba Allah. Tiada salahNya selain mengasihi, dan itu ditolak dunia ini. (prosesi masuk diiringi instrument)

3) Jikalau kasihNya sempurnya sejati, mengapakah Ia harus mati? Mengapakah Ia menyangkal diriNya sehingga dipandang hina dina?

V O T U MPF:Pertolongan kita adalah dalam nama TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. (Mzm. 124: 8)U:1 . | 1 . A - min

NAS PEMBIMBING : Roma 7:24-25Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini? Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. Jadi dengan akal budiku aku melayani hukum Allah, tetapi dengan tubuh insaniku aku melayani hukum dosa.

SALAM PF:Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. ( I Korintus 1 : 3 )U:1 . 7 . | 1 . . . A - min

KJ 157:1(bersama) INSAN, TANGISI DOSAMU = Umat Duduk =PENGAKUAN DOSAP.II:Jemaat, marilah dengan segala rasa sesal, malu dan dengan kerendahan hati, kita mengaku dosa-dosa kita di hadapan Tuhan.Ya Bapa Mahakudus, kembali kami jemaatMu datang mengaku dosa kepadaMu. Kami sadar bahwa sering kali kami telah berbuat salah, baik dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Sebagai orang percaya, kami tidak pernah luput dari kelemahan iman, ketidaksetiaan dan kelalaian, untuk itu kami mohon ampun kepadaMu.U:PKJ 41:1 KU DATANG KEPADAMU P.II:Ya Bapa Mahakudus, sebagai jemaatMu yang telah Kau hadirkan di dunia ini, kami sadar bahwa seringkali kami berada pada kepudaran pengharapan, pementingan diri dan perselisihan. Ampuni kami Bapa.U:PKJ 41:2 KU DATANG KEPADAMU2) "Ku datang kepadaMu, Anak Domba Allah. Ku mohon pengasihan, Anak Domba Allah. Tunjukkanlah padaku jalan kebenaran. Hanya oleh rahmatmu, Anak Domba Allah.

P.II:Ya Bapa Mahakudus, sebagai Gereja yang telah Kau utus ke dalam dunia, kami sadar bahwa seringkali kami berada pada sikap ketidaksetiaan, ketertutupan, ketidakjelasan dalam kesaksian. Ampuni kami Bapa.U:PKJ 41:3 KU DATANG KEPADAMU3) "Ku bersujud padaMu, Anak Domba Allah. Ku serahkan hidupku, Anak Domba Allah. Kar'na Tuhan sajalah yang menyelamatkan. Bimbing kehidupanku, Anak Domba Allah.

P.II:Ya Bapa Mahakudus, berilah kami pengampunan dan damai sejahtera. Bebaskanlah kami dari dosa-dosa dan baharuilah hidup kami dalam Yesus Kristus.

BERITA ANUGERAHPF:Efesus 2:8-10 Berdasarkan Firman Tuhan ini, sebagai Pelayan Yesus Kristus, kami memberitakan bahwa pengampunan dosa telah berlaku dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus. Amin.

KJ 169:1&2 (bersama) MEMANDANG SALIB RAJAKU

2) Tak boleh aku bermegah selain di dalam salibMu; kubuang nikmat dunia demi darahMu yang kudus.

PETUNJUK HIDUP BARUPF:Marilah berdiri dengarlah amanat hidup baru sebagai tujuan Perjanjian Tuhan seperti tertulis dalam Yesaya 55:1-3 yang demikian bunyinyaKiranya Roh Kudus menolong kita mewujudkan kemuliaan Allah dalam hidup kita dan di seluruh dunia.

KJ 177:1,2 GOLGOTA, TEMPAT TUHANKU DISALIB

2) O samud'ra kasih Allah: bagi isi dunia diberiNya Putra Tunggal, agar kita s'lamatlah! Yesus, Jalan, Kebenaran, Sumber Hidup yang baka, t'lah berkurban bagi kita pada salib Golgota.

= Umat Duduk = PS/VGII PEMBERITAAN FIRMANDOA MOHON BIMBINGAN ROH KUDUS

PF:Ya Tuhan, terangilah hati dan pikiran kami dengan kuasa Roh KudusMu, sehingga di dalam merenungkan FirmanMu kami senantiasa dapat dimampukan untuk bisa mengerti dan memberlakukannya di dalam hidup kami. Amin.

PEMBACAAN ALKITABPF:Marilah berdiri untuk mendengar Firman Tuhan, Hosiana! GB 292bHosiana, Hosiana, Hosiana! P III:Bacaan Alkitab hari ini adalah dari Injil Yohanes 19:28-37 yang demikian bunyinya ................. PF :Hendaklah Firman-Nya diam dengan segala kekayaannya diantara kamu dan ucaplah syukur kepada Allah.

KJ 474KepadaMu puji-pujian, madah syukur dan segala kemuliaan, ya Bapa, Putra, Roh Kudus, sampai kekal abadi!dudukKHOTBAHMAKNA KEMATIAN KRISTUS

KJ 31a: 1&2 (bersama) MUNGKINKAH AKU PUN SERTA

2) Para malak sekalipun tiada dapat mengerti apa sebabnya Yang Kudus menanggung siksa yang keji. KasihNyalah alasannya menanggung dosa dunia.

PENETAPAN PERJAMUANPF:Dengarlah Penetapan Perjamuan Kudus sebagaimana tertulis dalam Matius 26: 26 29 yang menyatakan

PENJELASANPF:Sesungguhnya, roti dan cawan berisi anggur ini merupakan kesaksian tentang telah dipulihkannya hubungan manusia dengan Allah yang terputus karena dosa, melalui Tuhan kita Yesus Kristus.Melalui perjamuan kudus ini, persekutuan antara Tuhan Yesus dan para murid pada Perjamuan Malam Terakhir akan berlangsung terus hingga penggenapannya di dalam Kerajaan Allah, dimana kita duduk bersama Kristus di perjamuanNya.Saudara-saudara, persekutuan dengan Kristus yang kita alami dan hayati melalui perjamuan kudus ini, sesungguhnya hendak mengingatkan kita kembali pada hidup baru, yang untuknya kita telah dipanggil keluar dari kegelapan dosa kepada terang keselamatan oleh Yesus Kristus. Hidup yang dimaksud adalah hidup yang bersaksi melalui kata dan perbuatan untuk kemuliaan Sang Penebus dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

DOA SYUKUR AGUNGPF:Mari berdoa :Ya Bapa Mahakudus, Pencipta dan Raja semesta. Kami bersyukur dan memuliakan namaMu, sebab kami percaya bahwa Roti dan Anggur dalam cawan ini adalah lambang tubuh dan darah Tuhan Yesus Kristus. Melalui Roti dan Anggur dalam cawan ini, Engkau mempersatukan kami dengan Yesus Kristus, agar kami beroleh pengampunan dosa dan hidup baru yang kekal untuk memaklumkan KerajaanMu dan kebesaran pengasihanMu bagi dunia ini, dan menjadikan kami milikMu. Engkau mengangkat semua orang yang jatuh, menegakkan yang tertunduk, memulihkan hati yang hancur. Engkau menghibur yang berduka, membebaskan yang tertindas dan menghentikan semua badai kehidupan dan pertikaian bangsa-bangsa. Oleh karena itu, bersama dengan semua hambaMu, malaikat dan manusia, nabi-nabi, para rasul dan martir serta seluruh GerejaMu di segala waktu dan tempat dan di sorga, kami memuji dan memuliakan namaMu dalam madah kebesaran yang tiada hentinya.

U:Kudus, kudus, kuduslah, Tuhan Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang.

PF:Kami memuji namaMu, ya Bapa, karena pemberianMu yang paling utama, AnakMu, Yesus Mesias, yang rela disalibkan untuk menebus dan menyelamatkan kami dari cengkeraman dosa dan maut, dan yang bangkit untuk membuat kami tak bernoda di hadapanMu. Utuslah Roh KudusMu mendiami hati kami, agar kami yang menerima Roti dan Anggur dalam cawan ini, benar-benar menjadi anggota tubuh Kristus di dunia yang saling mengasihi dan melayani menurut teladanNya serta membawa damai sejahteraMu kepada segala mahkluk. Sama seperti bahan baku roti dan anggur ini yang tumbuh tersebar, kemudian dikumpulkan dan diolah menjadi satu, maka kumpulkanlah kami umatMu dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan dalam Kerajaan AnakMu, Yesus Mesias, Tuhan dan Juruselamat, yang telah mengajarkan kami berdoa:

PF+U:Bapa kami (dox. KJ 475 KARNA ENGKAULAH dinyanyikan)

PENGAKUAN IMANPF:Sebelum menerima roti dan anggur sebagai lambang tubuh dan darah Tuhan Yesus, marilah berdiri untuk mengaku iman menurut Pengakuan Iman Nicea Konstantinopel Dengan hati dan mulut, masing-masing berkata :PF+U:Aku percaya kepada satu Allah, Bapa yang Mahakuasa,Pencipta langit dan bumi, segala yang kelihatan dan yang tidak kelihatan.Dan kepada satu Tuhan, Yesus Kristus, Anak Allah yang tunggal,yang lahir dari Sang Bapa sebelum ada segala zaman,Allah dari Allah, Terang dari Terang, Allah yang sejati dari Allah yang sejati,diperanakkan, bukan dibuat, sehakekat dengan Sang Bapa,yang dengan perantaraanNya segala sesuatu dibuat;yang telah turun dari sorga untuk kita manusia dan untuk keselamatan kita,dan menjadi daging oleh Roh Kudus dari anak dara Maria dan menjadi manusia;yang disalibkan bagi kita di bawah pemerintahan Pontius Pilatus,menderita dan dikuburkan; yang bangkit pada hari ketiga,sesuai dengan isi Kitab-kitab, dan naik ke sorga;yang duduk di sebelah kanan Sang Bapa dan akan datang kembali dengan kemuliaan untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati;yang kerajaanNya takkan berakhir.Aku percaya kepada Roh kudus, yang jadi Tuhan dan yang menghidupkan,yang keluar dari Sang Bapa dan Sang Anak,yang bersama-sama dengan Sang Bapa dan Sang Anak disembah dan dimuliakan, yang telah berfirman dengan perantaraan para nabi.Aku percaya satu gereja yang kudus dan am dan rasuli,Aku mengaku satu baptisan untuk pengampunan dosa.Aku menantikan kebangkitan orang matidan kehidupan di zaman yang akan datang. (duduk) KJ 312b ANAK DOMBA ALLAH (Diaken menyiapkan meja Pelayan Sakramen turun dari mimbar)

PENGARAHAN HATIPF:Supaya kita terpelihara dengan Roti Sorgawi, yakni Yesus Kristus, janganlah hati dan pikiran kita melekat pada roti dan anggur yang kelihatan ini; tetapi marilah kita menerimanya dengan iman yang tertuju kepada Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita.PF:Damai sejahtera Kristus memenuhi persekutuan kita.U:Damai sejahtera bagimu (diucapkan sambil berjabat tangan dengan sesama di kiri dan kanan)

UNDANGANPF:Marilah karena segala sesuatu telah tersedia. (Meja 1).

JAMUANPemecahan roti dan pengangkatan cawan;- Roti yang dipecah-pecahkan ini adalah persekutuan dengan tubuh Kristus.- Cawan minuman ini yang dipakai untuk mengucap syukur adalah persekutuan dengan darah Kristus. P.F :Ambillahroti dan anggur diedarkan.

Catatan:Jemaat mengambil roti dan anggur, mengadakan saat teduh, sampai semua sudah mendapat roti dan anggur baru dimakan dan minum bersama-sama.

P.F :Makanlah, ingat dan percayalah bahwa tubuh Tuhan Yesus Kristus telah dipecah-pecahkan untuk keampunan dosa kita.

:Minumlah, ingat dan percayalah bahwa darah Tuhan Yesus Kristus telah ditumpahkan untuk keampunan dosa kita. Membaca Nas Alkitab.

U: Nyanyian umat GB 169:3 NUN DIBUKIT YANG JAUH3) Indahlah bagiku salib hina keji, berlumuran darah-Nya kudus: hilanglah dosaku, sucilah hatiku berkat korban Yesus Penebus.

meja 1 selesai dilanjutkan dengan meja ke 2

Nyanyian meja ke 2, GB 300:1 KEPADA-MU KUBERDOA meja 2 selesai dilanjutkan dengan meja ke 3Nyanyian meja ke 3, GB 263:1 KETIKA HIDUPKU SENTOSA

meja 3 selesai dilanjutkan dengan meja ke 4Nyanyian meja ke 4, GB 262 BAGAI RUSA RINDUKAN AIR

meja 4 selesai dilanjutkan dengan meja ke 5Nyanyian meja ke 5, GB 261:1-2 AKU INSAN YANG LEMAH

2) Dalam dunia yang kejam,jalan hidup pun kelam;Siapakah andalanku?Tiada lain hanyalah Tuhanku!. Refrain

PF:.

III.JAWABAN UMATDOA SYAFAAT PF: Ya Tuhan dalam pengasihanMu kami mohonU : DENGARlah doa kami. AMIN

PENGUCAPAN SYUKURP IV:Marilah kita persembahkan syukur kepada Tuhan sambil mengingat pesan Alkitab: Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. Ia yang memanggil kamu adalah setia, Ia juga akan menggenapinya. (1 Tesalonika 5: 23,24). Tuhan memberkati persembahan saudara.KJ 293 : 1-3 (bersama) PUJI YESUS

2) Puji Yesus! Pujilah Juruselamat! Pada salib dosa dihapusNya. Gunung Batu dan Pengharapan Abadi dinyatakan di Bukit Golgota. Haleluya! Hilanglah dukacita oleh kuasa kasih setiaNya. Puji Dia! B'ritakan keagunganNya! Puji Dia! Mari bernyanyilah!

saatnya memberikan persembahan sambil diiringi musik setelah terkumpul, jemaat menyanyi bait 3

3) Puji Yesus! Pujilah Juruselamat! Hosiana! Soraknya bergema. K'rajaanNya untuk selama-lamanya: Yesus Kristus Raja, Nabi, Imam. Ia datang: Raja segala alam; kuasa, hormat hanya kepadaNya. Puji Dia! B'ritakan keagunganNya! Puji Dia! Mari bernyanyilah!

DOA PERSEMBAHAN (berbalasan)P IV:Ya Tuhan, yang kami persembahkan ini adalah daripadaMu. Kami mohon agar Tuhan berkenan memberkatiNya sehingga berguna bagi Diakonia GerejaMu. Terimalah syukur hati kami.U:Ya Yesus Anak Domba Allah, Engkaulah yang layak menerima segala kuasa dan kekayaan, hikmat dan kekuatan, hormat kemuliaan dan puji-pujian. Amin.= Umat Duduk =

IV. PENGUTUSANWARTA JEMAATP VI:

AMANAT PENGUTUSAN= Umat Berdiri =PF:Pulanglah dengan sejahtera, dalam kehidupan sehari-hari dan lakukanlah Firman Tuhan yang telah kamu dengar.

PKJ 244:1,2 SEJENAK AKU MENOLEH

2) Bukan kar'na aku baik dipegangNya tanganku erat. Bukan pula orang laik, hingga aku didekap. O, betapa aku heran, dilimpahkan yang terbaik. Dengan apa kunyatakan kasih Tuhan yang ajaib? Kulakukan, kusebarkan kasih Tuhan yang ajaib.

BERKATPF: U : KJ 478a AMIN, AMIN, AMIN

Prosesi keluar (Umat tetap berdiri)Saat Teduh (Umat duduk)Salam Persekutuan