Contoh RPP Kelas 12 IIS Kurikulum 2013

46
1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMA Harapan 1 Medan Mata Pelajaran : Geografi Kelas/Semester : XII IPS/ 1 Materi : Penginderaan Jauh untuk Tata Guna Lahan dan Transportasi Alokasi Waktu : 32 x 45 menit (8 pertemuan) A. Kompetensi Inti 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 2. Mengembangkan perilaku dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. B. Kompetensi Dasar 1.1. Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa untuk mendalami kajian ilmu dan teknologi Penginderaan Jauh, peta, serta Sistem Informasi Geografis (SIG). 2.1. Menunjukkan sikap proaktif dalam praktek pemanfaatan citra penginderaan jauh untuk kajian tata guna lahan dan transportasi 3.1. Menganalisis citra penginderaan jauh untuk perencanaan kajian tata guna lahan dan transportasi 4.1. Mencoba menginterpretasi citra penginderaan jauh untuk perencanaan tata guna lahan dan transportasi C. Indikator Pencapaian Kompetensi 3.1.1 Menjelaskam pengertian dan komponen penginderaan jauh 3.1.2 Mengidentifikasi jenis-jenis citra penginderaan jauh 3.1.3 Mengintitrepetasi citra penginderaan jauh secara visual dan digital secara umum 4.1.1 Mengidentifikasi manfaat dan keunggulan penginderaan jauh D. Materi Penginderaan Jauh A. Pengertian Pengindraan Jauh (Indraja) Pengindraan jauh sering disingkat indraja. Menurut Lillesand dan Keifer, indraja adalah ilmu atau teknik dan seni untuk mendapatkan informasi tentang objek / wilayah / gejala dengan cara menganalisis data yang diperoleh dari suatu alat tanpa berhubungan langsung dengan objek/ wilayah / gejala yang sedang dikaji. B. Komponen Indraja Komponen-komponen dalam indraja merupakan serangkaian objek yang saling berkaitan dan bekerja sama secara terkoordinasi untuk melakukan pengindraan. RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

description

Contoh RPP Kelas 12 IIS Kurikulum 2013

Transcript of Contoh RPP Kelas 12 IIS Kurikulum 2013

1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA Harapan 1 MedanMata Pelajaran : GeografiKelas/Semester : XII IPS/ 1Materi : Penginderaan Jauh untuk Tata Guna Lahan dan TransportasiAlokasi Waktu : 32 x 45 menit (8 pertemuan)

A. Kompetensi Inti1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.2. Mengembangkan perilaku dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai

permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, ke-bangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat-nya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggu-nakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar1.1. Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa untuk men-

dalami kajian ilmu dan teknologi Penginderaan Jauh, peta, serta Sistem Informasi Ge-ografis (SIG).

2.1. Menunjukkan sikap proaktif dalam praktek pemanfaatan citra penginderaan jauh untuk kajian tata guna lahan dan transportasi

3.1. Menganalisis citra penginderaan jauh untuk perencanaan kajian tata guna lahan dan transportasi

4.1. Mencoba menginterpretasi citra penginderaan jauh untuk perencanaan tata guna lahan dan transportasi

C. Indikator Pencapaian Kompetensi3.1.1 Menjelaskam pengertian dan komponen penginderaan jauh3.1.2 Mengidentifikasi jenis-jenis citra penginderaan jauh3.1.3 Mengintitrepetasi citra penginderaan jauh secara visual dan digital secara umum4.1.1 Mengidentifikasi manfaat dan keunggulan penginderaan jauh

D. Materi

Penginderaan JauhA. Pengertian Pengindraan Jauh (Indraja)Pengindraan jauh sering disingkat indraja. Menurut Lillesand dan Keifer, indraja adalah ilmu atau teknik dan seni untuk mendapatkan informasi tentang objek / wilayah / gejala dengan cara menganalisis data yang diperoleh dari suatu alat tanpa berhubungan langsung dengan objek/ wilayah / gejala yang sedang dikaji.

B. Komponen IndrajaKomponen-komponen dalam indraja merupakan serangkaian objek yang saling berkaitan dan bekerja sama secara terkoordinasi untuk melakukan pengindraan.

Rangkaian dalam komponen indraja meliputi sumber tenaga, atmosfer, objek, sensor, wahana, perolehan data, dan pengguna data.

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

2

1. Sumber TenagaSumber tenaga dalam proses indraja terdiri atas tenaga alamiah dan tenaga buatan. Tenaga alamiah adalah sinar matahari, sedangkan tenaga buatan adalah berupa gelombang mikro (dari baterai / blitz dll). Fungsi tenaga tersebut adalah menyinari objek permukaan bumi dan memantulkannya pada sensor.

2. AtmosferMolekul-molekul gas yang terdapat di dalam atmosfer tersebut dapat menyerap, memantulkan, dan melewatkan radiasi elektromagnetik. Oleh karena itu, di dalam indraja terdapat istilah jendela atmosfer, yaitu bagian spectrum gelombang elektromagnetik yang dapat mencapai bumi. Dengan demikian keadaan atmosfer sangat berpengaruh terhadap pancaran energi. Keadaan atmosfer dapat menghalangi pancaran sumber tenaga ke muka bumi. Kondisi tersebut berarti menghalangi pula interaksi antara tenaga dan objek.

3. Interaksi Antara Tenaga dan ObjekInteraksi antara tenaga dan objek dapat terlihat pada rona yang dihasilkan. Tiap-tiap objek memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam memantulkan atau memancarkan tenaga ke sensor. Objek yang mempunyai daya pantul tinggi akan terlihat cerah pada citra, sedangkan objek yang daya pantulnya rendah akan terlihat gelap pada citra. Contohnya, batu gamping yang mempunyai daya pantul tinggi akan terlihat lebih cerah daripada batu granit yang mempunyai daya pantul rendah.

4. Sensor Sensor merupakan alat pemantau yang dipasang pada wahana, baik pesawat maupun satelit. Berdasarkan proses perekamannya, sensor dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sensor fotografik dan sensor elektronik. Sensor fotografik merekam objek melalui proses kimiawi yang dapat dipasang pada pesawat udara maupun satelit (menggunakan negatif film). Sensor fotografik itu menghasilkan foto. Sensor fotografik yang dipasang pada pesawat udara menghasilkan citra foto (foto udara), sedangkan jika dipasang pada satelit menghasilkan citra satelit (foto satelit).Sensor elektronik merupakan sensor yang bekerja secara elektrik dalam bentuk sinyal. Sinyal elektrik yang direkam pada pita magnetic selanjutnya dapat diproses menjadi data visual atau digital dengan menggunakan computer. Sensor elektronik itu menghasilkan citra indraja (lebih dikenal dengan sebutan citra).

5. WahanaWahana adalah kendaraan yang digunakan untuk membawa sensor guna mendapatkan data indraja. Berdasarkan ketinggian peredaran dan tempat pemantulannya di angkasa, wahana dapat di bedakan menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut.Pesawat terbang rendah sampai menengah, yaitu pesawat yang ketinggian pendaratannya antara 1.000 m dan 9.000 m di atas permukaan bumi.Pesawat terbang tinggi, yaitu pesawat yang ketinggian peredarannya lebih dari 18.000 m di atas permukaan bumi.Satelit, yaitu wahana dengan 900 km di atas permukaan bumi.

6. Perolehan Data (citra)Data indraja diperoleh dengan cara manual atau dengan cara numeric (digital). Secara manual dan diperoleh melalui interpretasi citra. Guna melakukan interpretasi citra secara manual diperlukan alat Bantu yang dinamakan steroskop. Steroskop dapat digunakan dengan menggunakan computer.

7. Pengguna Data Pengguna data merupakan komponen yang penting dalam sistim indraja, yaitu orang atau lembaga yang memanfaatkan informasi hasil indraja. Jika tidak ada pengguna, data indraja tidak ada manfaatnya. Data indraja sangat bermanfaat untuk memperoleh data special yang dapat digunakan dalam berbagai bidang. Oleh karena itu, kerincian, keandalan dan kesesuaiannya terhadap kebutuhan pengguna sangat menentukan diterima atau tidaknya data hasil indraja oleh pengguna

CitraCitra merupakan gambaran yang terekam oleh kamera atau sensor. Data indraja juga berupa data visual yang pada umumnya dianalisis secara manual. Data visual dibedakan menjadi dua, yaitu data citra dan data noncitra. Data citra adalah berupa gambaran yang mirip dengan wujud aslinya atau minimal berupa gambaran planimetri. Data noncitra pada umumnya berupa garis atau grafik.Citra indraja adalah gambaran suatu gejala atau objek sebagai hasil rekaman dari sebuah sensor, baik dengan cara optic, elekrooptik, maupun elektronik. Citra dibedakan menjadi dua, yaitu citra foto (photographic image) atau foto udara dan citra nonfoto (nonphotographic image) 1. Citra Foto

Citra foto adalah gambaran suatu gejala di permukaan bumi sebagai hasil pemotretan dengan menggunakan kamera. Guna melakukan pemeotretan, kamera tersebut dipasang pada wahana tertentu, contohnya layang - layang, balon udara, atau pesawat terbang.

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

3

Hasil pemotreran yang menggunakan wahana-wahana itu di sebut foto udara, sedangkan apabila wahana yang digunakan adalah satelit hasilnya disebut foto satelit.Citra foto dibedakan atas dasar spectrum elektromagnetik yang digunakan, posisi sumbu kamera, sudut liputan kamera, jenis kamera, wahana yang digunakan, dan system wahananya.Spektrum Elektromagnetik yang DigunakanBerdasarkan spectrum elektromagnetik yang digunakan, citra foto dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu sebagai berikut:a. Citra foto ultraviolet, yaitu foto yang dibuat dengan menggunakan spectrum ultraviolet.b. Citra foto ortokromatik, yaitu citra foto yang dibuat dengan menggunakan spectrum

tampak dari warna biru hingga sebagian warna hijau.c. Citra foto pankromatik, yaitu citra foto yang dibuat demgan menggunakan seluruh

spektrum tampak.d. Citra inframerah asli, yaitu citra foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum

inframerah.e. Citra foto inframerah modifikasi, yaitu citra foto yang dibuat dengan menggunakan

spectrum tampak dari warna merah dan sebagian warna hijau.

Dari kelima jenis citra foto tersebut yang paling banyak penggunaannya dalam indraja sistim fotografi adalah citra foto panakromatik.Posisi Sumbu KameraBerdasarkan posisi sumbu kamera terhadap permukaan bumi citra foto dibedakan menjadi dua jenis, yaitu citra foto vertical dan citra foto condong.a. Citra foto vertikal, yaitu citra foto yang dibuat dengan posisi sumbu kamera tegak lurus

terhadap permukaan bumi. kemiringan sumbu kamera sebesar 10 - 40

b. Citra foto condong, yaitu citra foto yang dibuat dengan posisi sumbu kamera miring, umumnya membentuk sudut sebesar 100 atau lebih. Citra foto condong dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.

Citra foto agak condong, yaitu apabila cakrawala tidak tergambar pada citra fotoCitra foto sangat condong, yaitu apabila cakrawala tergambar tergambar pada citra foto.

Sudut Liputan KameraBerdasarkan sudut liputan kamera, citra foto dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu sudut kecil, sudut normal, sudut lebar, dan sudut sangat lebar.

Table, Jenis Citra Foto Berdasarkan Sudut Liputan

Jenis Kamera Sudut Liputan

Jenis Foto

Sudut kecil(narrow angel)

<>0 Sudut kecil

Sudut normal(normal angel)

600 – 750 Sudut normal/ sudut standar

Sudut lebar(wide angel)

750 – 1000 Sudut lebar

Sudut sangat lebar(super-wide angel)

> 1000 Sudut sangat lebar

Kamera Berdasarkan kamera yang digunakan, citra foto dibedakan menjadi dua jenis, yaitu citra foto tunggal dan citra foto jamak.a. Citra foto tunggal, yaitu citra foto yang dibuat dengan kamera tunggal. Oleh karena

itu, setiap objek hanya tergambar dalam satu lembar foto.b. Citra foto jamak, yaitu citra foto yang dibuat pada saat yang sama dan

menggambarkan objek liputan yang sama. Foto jamak dibuat dengan 3 cara, yaitu sebagai berikut.1. Multikamera, yaitu menggunakan beberapa kamera yang masing-masing

diarahkan ke satu objek.2. Kamera multilensa, yaitu satu kamera dengan beberapa lensa.3. Kamera tunggal berlensa tunggal dengan pengurai warna.

e. Warna yang DigunakanBerdasarkan warna yang digunakan, citra foto berwarna dibedakan menjadi 2,

yaitu citra foto warna asli (true color) dan citra foto warna semua (false color).f. Sistem Wahana

Berdasarkan wahana yang digunakan, citra foto dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu citra foto udara dan citra foto satelit.

1. Citra foto udara, yaitu citra foto yang dibuat dengan menggunakan wahana yang bergerak di udara, contohnya laying-layang, balon udara, dan pesawat terbang.

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

4

2. Citra foto satelit, yaitu citra foto yang dibuat dengan menggunakan wahana yang bergerak di ruang angkasa, umumnya satelit.

2. Citra NonfotoCitra nonfoto adalah gambar atau citra tentang suatu objek yang dihasilkan oleh

sensor bukan kamera dengan cara memindai (scanning). Citra nonfoto dibedakan atas dasar spectrum elektromagnetik yang digunakan, sensor yang digunakan, dan wahana yang digunakan.Spektrum Elektromagnetik yang DigunakanBerdasarkan spektrum elektromagnetik yang digunakan, citra nonfoto dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu citra inframerahtermal, citra radar, dan citra gelombang mikro.a. Citra inframerah termal, yaitu citra yang dibuat dengan menggunkan spectrum

inframerah termal.b. Citra radar, yaitu citra yang dibuat dengan menggunakan spectrum gelombang

mikro dan sumber tenaga buatan.c. Citra gelombang mikro, yaitu citra yang dibuat dengan menggunakan spectrum

gelombang mikro.

Sensor yang DigunakanBerdasarkan sensor yang digunakan, citra nonfoto dibedakan menjadi 2, yaitu citra tunggal dan citra multispektral.a. Citra tungal, yaitu citra yang dibuat dengan dengan menggunakan sensor

tunggal.b. Citra multipektral, yaitu citra yang dibuat dengan menggunakan sensor saluran

jamak.

Wahana yang DigunakanBerdasarkan wahana yang digunakan, citra nonfoto dibedakan menjadi 2, yaitu citra dirgantara dan citra satelit.a. Citra dirgantara, yaitu citra yang dibuat dengan menggunakan wahana yang

beroperasi di udara atau dirgantara b. Citra satelit, yaitu citra yang dibuat dengan menggunakan wahana yang

beroperasi di antariksa.

Tabel. Perbedaan citra foto dengan citra nonfotoNo

Variabel PembedaJenis Citra

Citra Foto Citra Nonfoto1 Sensor Kamera Nomkamera, atas dasar pemindaian

(scaning).Kamera yang detektornya bukan film

2 Detektor Film Pita magnetic, termistor, foto konduktif, foto voltaic, dan sebagainya

3 Proses perekaman Fotografi/kimiawi Elektronik4 Mekanisme

PerekamanSerentak Parsial

5 Spektrum Elektromagnetik

Tampak dan Perluasannya

Tampak dan perluasannya, termal, serta gelombang mikro.

Teknik Interpretasi CitraTeknik interpretasi citra adalah cara khusus untuk melaksanakan metode indraja secara ilmiah. Teknik interpretasi citra terdiri atas cara-cara interpretasi dengan mempertimbangakan kemudahan pelaksanaan interpretasi, akurasi hasil interpretasi, atau jumlah informasi yang diperoleh.Cara-cara interpretasi ilmiah tersebut terdiri atas data acuan, kunci interpretasi citra,penanganan data, pengamatan stereoskopis, metode pengkajian, dan penerapan konsep.

A. Data AcuanCitra menyajikan gambaran lengakap yang mirip dengan wujud dan letak sebenarnya. Akan tetapi, masih diperlukan data lain untuk lebih meyakinkan hasil iterpretasi. Data lain ini disebut data acuan karena tidak diperoleh dari citra indraja. Data acuan dapat berupa keputusan, peta, hasil kerja lapangan, atau data-data lain yang sifatnya melengkapi data yang terdapat dalam citra. Oleh karena itu, data acuan berguna untuk membantu proses interpretasi, analisis, dan verifikasi hasilnya.Meskipun citra menyajikan gambaran lengkap, pada umumnya masih perlu dilakukan kegiatan lapangan (observasi). Observasi tersebut dilakukan untuk menguji atau meyakinkan kebenaran hasil interpretasi citra yang telah dilakukan. Observasi atau uji medan (field check) perlu dilakukan terutama pada tempat-tempat yang hasil interpretasinya meragukan.

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

5

Hasil interpretasi citra yang memerlukan ujian medan antara lain dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini.1. Kualitas citra meliputi skala, sesolusi, dan informasi yang harus diinterpretasi.2. Jenis interpretasi atau analisisnya3. Tingkat ketelitian yang diharapkan4. Pengalaman dan pengetahuan pengguna dalam melakukan interpretasi5. Kondisi medan6. Ketersediaan data acuan

Kunci InterpretasiKunci interpretasi citra pada umumnya berupa potongan citra yang telah diinterpretasi, diyakinkan kebenarannya, dan diberi keterangan. Keterangan itu meliputi jenis objek yang digambarkan, unsur interpretasi, serta keterangan tentang citra meliputi jenis, skala, waktu perekaman, dan lokasi.

c. Penanganan DataData yang tersimpan dalam citra perlu dijaga agar tidak menimbulkan goresan atau sampai terhapus. Oleh karena itu, perlu penanganan yang hati-hati terhadap setiap citra.

Cara sederhana untuk mengatur citra dengan baik antara lain sebagai berikut.1. Menyusun citra tiap satuan perekaman atau pemotretan secara numerik2. Menyusun tumpukan citra sesuai dengan urutan interpretasi yang akan dilaksanakan

dan meletakkan penyekat di antaranya.3. Menyusun tumpukan citra sehingga menunjukan jalur terbang membentang dari kiri

ke kanan terhadap arah pengamat.4. Meletakkan citra pembanding di sebelah citra yang akan diinterpretasi.5. Pada saat citra dikaji, tumpukan menghadap ke bawah dalam urutannya.

d. Pengamatan StereoskopisPengamatan stereoskopis adalah kegiatan menafsir citra dengan menggunakan alat bantu yang dinamakan stereoskop. Salah satu syarat dapat dilakukannya pengamatan stereoskopis adalah adanya daerah yang bertampalan. Pengamatan stereoskopis pada citra yang bertampalan menimbulkan gambaran tiga dimensi. Jenis yang umum untuk pengamatan stereoskopis adalah citra foto udara. Perwujudan tiga dimensi pada citra foto udara memungkinkan adanya pengukuran beda tingi dan kemiringan lereng sehingga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan peta kontur.

e. Metode PengkajianMetode pengkajian adalah suatu cara yang bersistem dalam menelaah atau melakukan penyelidikan terhadap objek. Interpretasi citra pada umumnya mengikuti metode tertentu, yaitu dimulai dari pertimbangan yang bersifat umum ke objek khusus yang belum diketahui. Perwujudan umum dapat diartikan sebagai perwujudan regional, sedangkan perwujudan khusus dapat diartikan sebagai berwujudan local.Secara umum ada dua metode pengkajian dalam interpretasi citra. Pertama, melakukan pengamatan ke seluruh wilayah disertai pengambilan data. Kedua, melakukan pengamatan ke seluruh wilayah, tetapi data yang diambil hanya pada tempat-tempat tertentu.

f. Penerapan KonsepCara perolehan dan analisis data indraja dikenal dengan konsep multi, yaitu multispektrum, multitingkat, multitemporal, multiarah, multipolarisasi, dan multidisiplin.a. Multispektrum, yaitu interpretasi citra dan analisisnya dengan memanfaatkan

banyaknya warna.b. Multitingkat, yaitu adanya perbedaan ketinggian terbang atau orbit wahana pada

saat melakukan indraja.c. Multitemporal, yaitu data suatu objek yang tergambar dalam citra menggambarkan

kondisi dan waktu perekaman yang berbeda-beda.d. Multi arah, yaitu posisi sensor yang dapat diatur ke segala arah dapat meningkatkan

kemampuan pengadaan data indraja, terutama di daerah tropika yang banyak tertutup awan.

e. Multipolarisasi, yaitu objek yang terekam oleh sensor mengikuti bidang horizontal atau vertical.

f. Multidisiplin, yaitu data yang terdapat dalam citra dapat dimanfaatkan untuk berbagai keikmuan.

E. Langkah-langkah untuk mendapatkan data indraja:A. Deteksi

Mendeteksi objek yang terekam pada foto udara maupun foto satelitB. Identifikasi

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

6

Mengidentifikasi objek berdasarkan : 1. ciri spektral (ciri yang dihasilkan oleh interaksi antara tenaga

elektromagnetik dengan benda).2. ciri spasial (ciri yang terkait dengan ruang misal bayangan, bentuk, asosiasi,

pola, bentuk dan ukuran).3. ciri temporal (ciri yang terkait dengan umur obyek dan waktu saat

perekaman)C. Pengenalan

Pengenalan objek dilakukan untuk mengklasifikasikan objek yang tampak pada citra berdasarkan pengetahuan tertentu.

D. AnalisisAnalisis bertujuan untuk mengelompokkan objek yagn mempunyai cirri-ciri yang sama.

E. DeduksiDeduksi merupakan pemrosesan citra berdasarkan objek yang terdapat pada citra kea rah yang lebih khusus.

F. KlasifikasiKlasifikasi meliputi deskripsi dan pembatasan (delineasi) dari objek yang terdapat pada citra.

G. IdealisasiIdealisasi merupakan penyajian hasil interpretasi citra ke dalam bentuk peta yang siap pakai.

- Pemanfaatan Penginderaan JauhManfaat dari penginderaan jauh antara lain :1. Melalui penggunaan citra akan diperoleh gambaran obyek permukaan bumi dengan

wujud dan posisi yang mirip dengan kenyataannya, relatif lengkap, dan dapat meliput wilayah yang luas

2. Dengan adanya teknologi, objek yang terekam dalam foto udara memiliki kesan 3 dimensi

3. Melalui citra, dapat diketahui gejala atau ketampakan di permukaan bumi, sepeti kandungan sumber daya mineral suatu daerah dan jenis batuan dengan cepat, yaitu melalui citra yang menggunakan sinar infra merah

4. Citra dapat dengan cepat menggambarkan objek yang sangat sulit dijangkau oleh pengamatan langsung atau lapangan. Contohnya satu lembar foto udara meliputi luas 132 km² direkam dalam waktu kurang dari saru detik

5. Dapart menggambarkan atau memetakan daerah bencana alam dalam waktu yang cepat, seperti daerah yang terkena gempa, wilayah banjir, dan bencana alam lainnya

6. Melalui penginderaan jauh dapat diperoleh data atau informasi yang cepat, tepat, dan akurat.

Setelah melalui tahapan interpretasi, citra dapat diterjemahkan dan dipergunakan ke dalam berbagai kepentingan, seperti dalam geografi, geologi, lingkungan hidup, dan berbagai kepentingan lainnya. Adapun manfaat suatu citra, anatara lain sebagai berikut :1. Citra dapat memberikan informasi mengenai keadaan dan perubahan lahan sehingga

dapat membantu dalam perencanaan pembangunan2. Citra dapat membantu dalam menganalisis perairan darat maupun laut3. Citra dapat membantu dalam menganalisis keadaan cuaca dan prediksi keadaan

cuaca dan iklim4. Citra dapat menyajikan model, relief, dan kemiringan lereng suatu lahan5. Citra dapat memberikan gambaran atau pemetaan daerah bencana alam seperti

banjir, gempa bumi, sunami, dan daerah letusan gunung api sehingga dapat dimanfaatkan untuk pencegahan dan evakuasi.

E. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Tahapan Kegiatan WaktuPendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat:bagaimana mengenali pengertian penginderaan jauh dan kom-ponen-komponen penginderaan jauh

guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-

15’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

7

belajaran

Kegiatan Inti

Mengamati siswa membaca penjelasan tentang pengertian penginderaan

jauh dan komponen penginderaan jauh dari buku dan internetMenanya Siswa dituntut aktif dalam bertanya untuk menumbuhkanrasa

keingintahuan tentang inti dari penginderaan jauh Bersama siswa membuat kesimpulan tentang pengertian

penginderaan jauh dan komponen-komponen penginderaan jauh Melakukan refleksi tentang kegiatan yang telah dilakukan hari

ini dengan meminta seorang siswaatau menyampaikan pesan /kesan/pengalaman manfaat setelah mengikuti pelajaran hari ini.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan II

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru mengkondisikan siswa dengan memberikan motivasi penginderaan jauh dan komponen-komponen penginderaan jauhgsi bayangan untuk mengenali obyek pada citra

guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran

20’

Kegiatan Inti

Mengumpulkan Data Seserta didik sesuai dengan teman sebangkunya dan berdiskusi-

tentang pengertian penginderaan jauh dan kompenen–kompo-nen penginderaan jauh mengenai cara kerja penginderaan jauh

Mengasosiasi Setelah data diperoleh siswa menyimpulkan dan merumuskan

mengenai cara kerja penginderaan jauhMengkomunikasikan Setelah kesimpulan diperoleh maka setiap individu mengenai

cara kerja penginderaan jauh yang telah disampaikan didepan kelas, jika terdapat perbedaan hasil yang didapatmakadilakukan diskusi kelas sampai diperoleh kesimpulan yang disepakati bersama

55’

Penutup

Siswa dapat mengemukakan cara kerja penginderaan jauh. Kemudian siswa secara bersama-sama membuat kesimpulan

dari hasil diskusi yang telah dilaksanakan dengan arahan dari pendidik

15’

Pertemuan III

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti : mengucapkan salam dan berdoa bersama mengecek kehadiran siswa

Guru mengkondisikan siswa serta pemberian motivasi oleh guru kepada siswa tentang pentingnya mempelajari jenis – jenis citra penginderaan jauh, kemudian guru melakukan penguatan sikap sopan santun dalam perilaku dan menjalin kerja sama yang baik dengan teman melalui tugas dan kegiatan.

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengamati Siswa menyimak dan mengamati jenis-jenis foto udara dan je-

nis-jenis citra digitalMenanya Siswa dituntut aktif dalam bertanya untuk menumbuhkan rasa

keingin tahuan tentang jenis-jenis citra penginderaan jauh

50’

Penutup Guru menguatkan kembali materi jenis-jenis citra penginderaan jauh.

25’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

8

Kemudian guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi jika ada materi yang belum dipahami

Sebelum pembelajaran diakhiri guru memberikan arahan dan tu-gas dirumah kepada siswa untuk mempelajari materi yang akan dipelajari selanjutnya dengan membagi siswa dalam 6 kelompok dan membagi tema tiap kelompok agar dicari melalui internet .Setiapkelompok memiliki tema : kelompok I : (citra foto berdasarkan spektrum elektro

magnetik dan sumbu kamera) kelompok II: (citra foto berdasarkan sudut liputan

kamera,jenis kamera, warna dan wahana) kelompok III : (citra digital berdasarkan spektrum

elektromagnetik, sensor dan wahana ). Kelompok IV : (citra resolusi spasial rendah) Kelompok V : (citra resolusi spasial sedang) Kelompok VI : (citra resolusi spasial tinggi)

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

Pertemuan IV

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih semangat dalam belajar dengan yel-yel

Mengidentifikasi persiapan kelompok siswa yang akan presentasi

15’

Kegiatan Inti

Mengumpulkan data Siswa duduk bersama dengan teman kelompoknya masing –

masing dan berdiskusi tentang tugas yang diberikan oleh guru.Mengasosiasi Setelah data diperoleh , guru membimbing siswa mengolah dan

menganalisis data hasil tugas yang diberikan oleh guruMengkomunikasikan Setelah kesimpulan diperoleh maka setiap kelompok membuat

laporan tertulis dan menyampaikan /mempersentasikan hasil diskusi didepan kelas untuk ditanggapi kelompok lain dan guru. Jika terdapat perbedaan hasil yang didapat maka dilakukan hasildiskusi kelas sampai diperoleh kesimpulan yang disepakati bersama.

150’

Penutup

Siswa mengautkan kembali materi jenis –jenis citra penginder-aan jauh

Bersama- sama pendidik melakukan refleksi jika ada masalah yang belum dipahami. Sebelumpelajaran diakhiri guru mem-berikan arahan kepada siswa untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan V

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti : mengucapkan salam dan berdoa bersama mengecek kehadiran siswa

Guru mengkondisikan siswa serta pemberian motivasi oleh guru kepada siswa tentang cara atau prosedurinterpretasi citra kemudian guru melakukan penguatan sikap tepat waktu dalam pengumpulan tugas, cermat, teliti dan menjalin kerja sama yang baik dengan teman melalui tugas dan kegiatan.

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengamati Siswa menyimak penjelasan tentang cara atau prosedural ten-

tang interpretasi citra baik secara visual maupun digital.Menanya Siswa dituntut aktif dalam bertanya untuk menumbuhkan rasa

keingin tahuan tentang cara atau tahapan dalam interpretasi visual maupun digital

Mengumpulkan data Guru bersam-sama dengan siswa mengamati sebuah gambar

150’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

9

peta tematik untuk meningkatka ketelitian dalam menginterpre-tasi foto udara kemudian guru memberikan tugas kepada siswa untuk menggambar peta tematik yang baru yaitu peta penggu-naan lahan pada kertas transparan dengan menggunakan spidol warna dan siswa mengumpulkannya dengan tepat waktu.

Penutup

Guru menguatkan kembali materi mengenai interpretasi citra Bersama- sama pendidik melakukan refleksi jika ada masalah

yang belum dipahami. Sebelumpelajaran diakhiri guru mem-berikan arahan kepada siswa untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan VI

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru mengkondisikan siswa serta pemberian motivasi oleh guru kepada siswa tentang mengecek kehadiran siswa

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengamati Mengamati klasifikasi citra satelit Guru membagi siswa dalam 2 kelompok besar.

- Kelompok I membahas interpretasi citra visual- Kelompok II membahas interpretasi citra secara digital.

Menanya Tanya jawab tentang pembagian kelompo dan klasifikasi citra

satelitMengumpulkan data Siswa duduk bersama dengan teman sekelompoknya masing-

masing dan berdiskusi tentang tugas yang diberikan oleh guru kemudian siswa dibimbing oleh guru untuk mengumpulkan data.

Mengasosiasi Menghubungkan dengan data-data yang ada dengan sumber

lainnyaMengkomunikasikan Setelah kesimpulan diperoleh maka setiap kelompok membuat

laporan tertulis dan menyampaikan/menginterpretasikan hasil diskusi didepan kelas untuk ditanggapi oleh kelompok lain, jika terdapat perbedaan hasil yang diperoleh , maka dilakukan diskusi kelas, sampai diperoleh kesimpulan yang disepakati bersama.

150’

Penutup

guru menguatkan kembali materi mengenai interpretasi citra

Bersama- sama pendidik melakukan refleksi jika ada masalah yang belum dipahami. Sebelumpelajaran diakhiri guru memberikan arahan kepada siswa untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan VII

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru mengkondisikan siswa serta pemberian motivasi oleh guru kepada siswa terkait manfaa dan keunggulan penginderaan jauh kemudian guru melakukan penguatan sikap jujur dan bertanggung jawab melalui tugas dan kegiatan.

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengamati Siswa mengamati gambar atau video tentang pemanfaatan

penginderaan jauh pada berbagai bidang50’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

10

Menanya Siswa dituntut aktif dalam bertanya untuk menumbuhkan rasa

keingin tahuan tentang pemanfaatan penginderaan jauh

Penutup

Guru menguatkan kembali materi mengenai manfaat dan keung-gulan penginderaan jauh

Kemudian guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi jika ada materi yang belum dipahami

Sebelum pembelajaran diakhiri guru memberikan arahan dan tu-gas dirumah kepada siswa untuk mempelajari dan mencari dari internet materi yang akan dipelajari selanjutnya dengan mem-bagi siswa dalam 6 kelompok dan membagi tema tiap kelompok agar dicari melalui internet .Setiapkelompok memiliki tema :- Kelompok I : (perencanaan wilayah)- Kelompok II: (sumber daya geologi)- Kelompok III : (kelautan).- Kelompok IV : (pertanian dan perkebunan)- Kelompok V : (kehutanan)- Kelompok VI : (mitigasi bencana)

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

25’

Pertemuan VIII

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru mengkondisikan siswa serta pemberian motivasi oleh guru kepada siswa terkait manfaat dan keunggulan penginderaan jauh kemudian guru melakukan penguatan sikap jujur dan bertanggung jawab melalui tugas dan kegiatan.

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengumpulkan data Siswa bersama teman sekelompoknya berdiskusi terkait dengan

pemanfaatan penginderaan jauh.Mengasosiasi Setelah data diperoleh siswa menyimpulkan dan merumuskan

tugas yang telah diberikan oleh guruMengkomunikasikan Setelah kesimpulan diperoleh, maka setiap kelompok membuat

laporan tertulis dan menyampaikan / mempresentasikan hasil diskusi tentang kegiatan masing-masing kelompok didepan ke-las untuk ditanggapi oleh kelompok lain dan guru. Jika terdapat perbedaan hasil yang didapat maka dilakukan diskusi kelas sam-pai diperoleh kesimpulan yang disepakati bersama

150’

Penutup

Secara bersama-sama membuat kesimpulan dari hasil diskusi yang telah dilaksanakan, dengan arahan dari guru.

Bersama- sama pendidik melakukan refleksi jika ada masalah yang belum dipahami. Sebelumpelajaran diakhiri guru mem-berikan arahan kepada siswa untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1. PenilaianTeknik dan Instrumen Penilaian

a. Sikap

No Nama

Sikap Spiritual

NilaiBerdoa sebelum

dan sesudah melakukan melakukan aktivitas

Mengucapkan rasa syukur atas karunia

Tuhan

Memberi salam sebelum dan sesudah

menyampaikan pendapat/presentasi

Mengungkapkan kekaguman secara lisan

ketika melihat kebesaran Tuhan

1

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

11

2345

dst

No NamaSikap Sosial Total

NilaiTanggung Jawab

Rasa Ingin Tahu

PeduliKejujuran

12345

Dst

JurnalNo Nama Siswa Waktu Kejadian / Perilaku +/- Nilai12345

dst

Rubrik Tugas IndividuAspek Nilai

Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan guruDapat menyampaikan pendapat dengan suara yang baik, bahasa yang santun dan sistematisMenyampaikan pendapat dengan intonasi dan bahasa tubuh yang meyakinkanPendapat mencerminkan penerapan konsep yang dijelaskan

Nilai rata-rata

Kriteria PenilaianNilai Kualitatif Nilai Kuantitatif

A 4 > 80B 3 75 – 80C 2 72 - 74D 1 < 72

Rubrik Pengamatan Sikap Diskusi KelompokAspek Nilai

A. Isi Materi Ketikan menarik dan mudah dimengerti serta sistematis Hasil diskusi menggambarkan konsep penginderaan jauh Terlihat hubungan antara jenis, aspek, manfaat dan keunggulan

penginderaan jauhB. Kerjasama Kelompok

Semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi Semua anggota kelompok mengerti dan memahami mengenai materi

yang di diskusikanC. Presentasi

Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan audien Dapat menyampaikan materi dengan suara yang baik, bahasa yang

santun dan sistematis Menyampaikan materi dengan intonasi dan bahasa tubuh yang

menyakinkan audien Memberikan tanggapan/jawaban yang benar dan sesuai pemecahan

masalahNilai rata-rata

Kriteria Penilaian:Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif

A 4 > 80B 3 75 – 80C 2 72 - 74D 1 < 72

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

12

No Aspek yang dinilai 3 2 1 Keterangan

1 Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan

2 memiliki rasa ingin tahu (curiosity)

3 menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

Rubrik Penilaian SikapNo Aspek yang dinilai Rubrik1 Menunjukkan rasa syukur

kepada Tuhan YME3: menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan YME

pada satu atau lebih kesempatan (topik)2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau

ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi

1: belum menunjukkan ekspresi rasa syukur, atau menaruh minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi

2 Menunjukkan rasa ingin tahu 3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok

2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh

1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat

3 Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.

2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya

1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa.

b. PengetahuanTes Tertulis1. Uraikan pengertian penginderaan jauh2. Uraikan perbedaan citra foto dan non foto3. Uraiakan 2 manfaat dari penginderaan jauh4. Uraiakan 2 keunggulan dan kelemahan penginderaan jauh

c. Keterampilan

No Nama

Kegiatan

Pre

sen

tasi

Bera

rgu

me

nta

si

Men

jaw

ab

Pen

gu

asaa

n M

ate

ri

Nilai

123

dst

2. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

Media/Alat Foto UdaraBahan -Sumber Belajar Geografi Kelas XII. Jakarta: Erlangga

Mengetahui, Medan, Juli 2015Kepala SMA Harapan 1 Medan Guru Mata Pelajaran

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

13

Drs. Anwar Sofyanto, M.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA Harapan 1 MedanMata Pelajaran : GeografiKelas/Semester : XII IPS/ 1Materi : Pemetaan Dan Sistem Informasi Geografis Untuk PembangunanAlokasi Waktu : 40 x 45 menit (10 pertemuan)

A. Kompetensi Inti:1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.2. Mengembangkan perilaku dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai

permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, ke-bangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat-nya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggu-nakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar2.1. Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa untuk men-

dalami kajian ilmu dan teknologi Penginderaan Jauh, peta, serta Sistem Informasi Ge-ografis (SIG).

2.2. Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung jawab dalam menyajikan contoh hasil anal-isis penerapan informasi geografis melalui peta dasar dan peta tematik serta Sistem In-formasi Geografis (SIG).

3.2. Menganalisis pemanfaatan peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk inven-tarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kesehatan lingkungan, dan miti-gasi bencana.

4.2. Menyajikan contoh hasil analisis penerapan dasar-dasar pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam kehidupan sehari-hari

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

14

3.2.1. Menjelaskam dasar-dasar peta dan pemetaan3.2.2. Memahami Prinsip Sistem Informasi Geografi3.2.3. Memahami sumber data dan basis data SIG3.2.4. Menganalisis Pemanfaatan SIG untuk inventarisasi sumber daya alam dan perencanaan

pembangunan.3.2.5. Menganalisis Pemanfaatan SIG untuk kajian kesehatan lingkungan dan mitigasi bencana4.2.1. Menyajikan contoh hasil analisis penerapan dasar-dasar pemetaan dan Sistem Informasi

Geografis (SIG) dalam kehidupan sehari-hari

D. Materi

Pemetaan dan sistem informasi geografi untuk pembangunanPengertian peta menurut ICA adalah sesuatu gambaran permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan skala tertentu.Klasifikasi peta

Berdasarkan skanya peta dibedakan atas1. Peta kadaster memiliki skala yang sangat besar antara 1:100 sampai 1:5.0002. Peta skala besar memiliki skala yang sangat besar antara 1:5000 sampai 1:250.0003. Peta skala sedang Peta memiliki skala yang sangat besar antara 1:250.000 sampai

1:500.0004. Peta skala kecil memiliki skala yang sangat besar antara 1:500.000 sampai 1:1.000.0005. Peta skala geografis peta yang memiliki skala lebih 1:1.000.000

Berdasarkan data yang ditampilkan1. Peta umum : peta dunia, korografi dan peta topografi2. Peta khusus/tematik : Peta hujan, peta politik, peta kepadatan penduduk

Komponen peta1. Judul peta2. Skala peta3. Tanda orientasi4. Simbol dan warna peta5. Legenda6. Garis koordinat7. Inset peta8. Lembaga pembuat peta9. Tahun pembuatan peta

Keterampilan dasar peta dan pemetaan1. Membaca peta2. Analisis peta3. Intrepretasi peta

E. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengamati Peserta didik diminta mengamati peta, globe, atlas, peta digital

dan membaca referensi dari berbagai sumber untuk mema-hami dasar-dasar peta dan pemetaan, pemanfaatan untuk in-verntarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.

Peserta didik diminta untuk membuat klipping tentang peta dan pemetaan yang selanjutnya dipajang dikelas sehingga pe-serta didik dapat saling tukar informasi tentang teknologi peng-interaan jauh.

150’

Penutup Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

15’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

15

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

Pertemuan II

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat:

guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Menanya Peserta didik bertanya tentang pemanfaatan peta, untuk in-

verntarisasi sumberdaya alam, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.

Peserta didik diminta untuk mengkritisi atau menanggapi ten-tang inverntarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangu-nan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam tanpa menggunakan SIG.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan III

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat:

guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengumpulkan data Peserta didik mengumpulkan peta-peta dari berbagai sumber

untuk mendapatkan informasi keruangan tentang inventarisasi sumber daya alam, perencanaan pembangunan, kajian kese-hatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.

Peserta didik menganalisis data dalam inventarisasi sumber daya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan IV

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat:

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengasosiasi Peserta didik menelaah teori yang dikaitkan dengan fakta dan

sumber referensi lainnya untuk merumuskan simpulan tentang efektivitas pemetaan dan sistem informasi geografi dalam in-ventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pembangunan serta kajian kesehatan lingkungan dan mitigasi bencana alam.

150’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

16

Peserta didik dapat menyimpulkan urgensi SIG dalam proses pembangunan.

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan V

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat:

guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengomunikasikan Peserta didik mengomunikasikan hasil analisis melalui lisan

dan tentang pemanfaatan SIG melalui teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat diunggah di internet atau gagasan-nya dapat disampaikan kepada instansi terkait.

Peserta didik menyelenggarakan pameran tentang produk-pro-duk peta dan SIG yang telah dikerjakannya.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan VI

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengamati Peserta didik diminta mengamati peta digital hasil olahan SIG,

dan membaca referensi dari berbagai sumber untuk mema-hami dasar-dasar peta dan pemetaan, prinsip Sistem Informasi Geografis, sumber data dan basis data SIG, pemanfaatan untuk inverntarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.Pe-serta didik diminta untuk membuat klipping tentang SIG yang selanjutnya dipajang dikelas sehingga peserta didik dapat sal-ing tukar informasi tentang teknologi SIG

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan VII

Tahapan Kegiatan WaktuPendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat:

15’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

17

guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

Kegiatan Inti

Menanya Peserta didik bertanya tentang pemanfaatan Sistem Informasi

Geografis, untuk inverntarisasi sumberdaya alam, kajian kese-hatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.

Peserta didik diminta untuk mengkritisi atau menanggapi ten-tang inverntarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangu-nan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam tanpa menggunakan SIG.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan VIII

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat:

guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengumpulkan data Peserta didik mengidentifikasi dan memanipulasi data serta

meng-overlay-kan peta tematik (secara manual atau kumputer-isasi) untuk mendapatkan informasi keruangan tentang inven-tarisasi sumber daya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.

Peserta didik menganalisis data (secara manual maupun kum-puterisasi) hasil SIG dalam inventarisasi sumber daya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan IX

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat:

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengasosiasi Peserta didik menelaah teori yang dikaitkan dengan fakta dan

sumber referensi lainnya untuk merumuskan simpulan tentang efektivitas pemetaan dan sistem informasi geografi dalam in-ventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pembangunan serta kajian kesehatan lingkungan dan mitigasi bencana alam.

Peserta didik dapat menyimpulkan urgensi SIG dalam proses pembangunan.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

18

Pertemuan X

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengecek kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat:

guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengomunikasikan Peserta didik mengomunikasikan hasil analisis melalui lisan

dan tentang pemanfaatan SIG melalui teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat diunggah di internet atau gagasan-nya dapat disampaikan kepada instansi terkait.

Peserta didik menyelenggarakan pameran tentang produk-pro-duk peta dan SIG yang telah dikerjakannya.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan2. Penilaian

Teknik dan Instrumen Penilaiana. Sikap

No Nama

Sikap Spiritual

NilaiBerdoa sebelum

dan sesudah melakukan melakukan aktivitas

Mengucapkan rasa syukur atas karunia

Tuhan

Memberi salam sebelum dan sesudah

menyampaikan pendapat/presentasi

Mengungkapkan kekaguman secara lisan

ketika melihat kebesaran Tuhan

12345

dst

No NamaSikap Sosial Total

NilaiTanggung Jawab

Rasa Ingin Tahu

PeduliKejujuran

12345

Dst

JurnalNo Nama Siswa Waktu Kejadian / Perilaku +/- Nilai12345

dst

Rubrik Tugas Individu

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

19

Aspek NilaiBerdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan guruDapat menyampaikan pendapat dengan suara yang baik, bahasa yang santun dan sistematisMenyampaikan pendapat dengan intonasi dan bahasa tubuh yang meyakinkanPendapat mencerminkan penerapan konsep yang dijelaskan

Nilai rata-rata

Kriteria PenilaianNilai Kualitatif Nilai Kuantitatif

A 4 > 80B 3 75 – 80C 2 72 - 74D 1 < 72

Rubrik Pengamatan Sikap Diskusi KelompokAspek Nilai

A. Isi Materi Ketikan menarik dan mudah dimengerti serta sistematis Hasil diskusi menggambarkan konsep penginderaan jauh Terlihat hubungan antara jenis, aspek, manfaat dan keunggulan

penginderaan jauhB. Kerjasama Kelompok

Semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi Semua anggota kelompok mengerti dan memahami mengenai materi

yang di diskusikanC. Presentasi

Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan audien Dapat menyampaikan materi dengan suara yang baik, bahasa yang

santun dan sistematis Menyampaikan materi dengan intonasi dan bahasa tubuh yang

menyakinkan audien Memberikan tanggapan/jawaban yang benar dan sesuai pemecahan

masalahNilai rata-rata

Kriteria Penilaian:Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif

A 4 > 80B 3 75 – 80C 2 72 - 74D 1 < 72

No Aspek yang dinilai 3 2 1 Keterangan

1 Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan

2 memiliki rasa ingin tahu (curiosity)

3 menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

Rubrik Penilaian SikapNo Aspek yang dinilai Rubrik1 Menunjukkan rasa syukur

kepada Tuhan YME3: menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan YME

pada satu atau lebih kesempatan (topik)2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau

ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi

1: belum menunjukkan ekspresi rasa syukur, atau menaruh minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi

2 Menunjukkan rasa ingin tahu 3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok

2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh

1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat

3 Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam

3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

20

belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya

1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa.

b. PengetahuanTes Tertulis1. Uraikan pengertian pengertian peta2. Uraikan komponen-komponen peta3. Uraiakan data-data SIG4. Uraiakan 2 manfaat dari SIG untuk mitigasi bencana

c. Keterampilan

No Nama

Kegiatan

Pre

sen

tasi

Bera

rgu

me

nta

si

Men

jaw

ab

Pen

gu

asaa

n M

ate

ri

Nilai

123

dst

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

Media/Alat Foto UdaraBahan -Sumber Belajar Geografi Kelas XII. Jakarta: Erlangga

Mengetahui, Medan, Juli 2015Kepala SMA Harapan 1 Medan Guru Mata Pelajaran

Drs. Anwar Sofyanto, M.Pd

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

21

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA Harapan 1 MedanMata Pelajaran : GeografiKelas/Semester : XII IPS/ 2Materi : Interaksi Spasial Desa dan KotaAlokasi Waktu : 24 x 45 menit (6 pertemuan)

A. Kompetensi Inti:1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.2. Mengembangkan perilaku dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai

permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, ke-bangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat-nya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggu-nakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar1.2. Menghayati adanya interaksi spasial antara desa dan kota yang mendorong pembangu-

nan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Kuasa.2.3. Menunjukkan perilaku peduli terhadap dampak interaksi, dinamika, dan kerjasama an-

tara wilayah desa dan kota.3.3. Menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dan kota untuk

pengembangan ekonomi daerah.4.3. Membandingkan pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dengan kota dengan

menggunakan peta tematik.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

22

3.3.1. Memahami Pola Keruangan Desa3.3.2. Memahami Pola Keruangan Desa3.3.3. Memahami Interaksi desa dengan kota dalam pengembangan ekonomi daerah3.3.4. Menganalisisi perkembangan kota dan masalah alih fungsi lahan3.3.5. Menganalisis interaksi desa dan kota kaitannya dengan distribusi barang dan orang serta

pengembangan ekonomi wilayah4.2.1. Membandingkan pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dengan kota

menggunakan peta tematik

D. Materi

Pola Keruangan DesaPola Keruangan DesaInteraksi desa dengan kota dalam pengembangan ekonomi daerahMenganalisisi perkembangan kota dan masalah alih fungsi lahanInteraksi desa dan kota kaitannya dengan distribusi barang dan orang serta pengembangan ekonomi wilayah

E. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengamati Peserta didik mengamati peta, citra penginderaan jauh (foto

dan digital) untuk menambah wawasan tentang pola keruangan desa, pola keruangan kota, interaksi desa dengan kota dalam pengembangan ekonomi daerah, perkembangan kota dan masalah alih fungsi lahan, dan interaksi desa-kota kaitannya dengan distribusi barang dan orang serta pengembangan ekonomi wilayah, atau

Peserta didik ditugasi untuk mengamati tayangan (audio vis-ual), membaca referensi berbagai sumber tentang interaksi spasial desa dan kota.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan II

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Menanya Peserta didik diminta mengajukan pertanyaan tentang gejala

interaksi desa-kota yang ada kaitannya dengan distribusi barang dan orang serta pengembangan ekonomi wilayah.

Peserta didik diminta untuk bertanyasecarakritistentang inter-aksi desa kota yang menumbuhkan ekonomi daerah.

150’

Penutup Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

15’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

23

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

Pertemuan III

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengumpulkan data Peserta didik diminta untuk memberi tanggapan terhada ppola

keruangan desa, pola keruangan kota, interaksi desa dengan kota dalam pengembangan ekonomi daerah, perkembangan kota dan masalah alih fungsi lahan, dan interaksi desa-kota kai-tannya dengan distribusi barang dan orang serta pengemban-gan ekonomi wilayah.

Peserta didik ditugasi untuk mencari data dan informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyataan, hipotesis, atau berargumenasi pada saat memberi tanggapan.

Peserta didik mencoba menghitung potensiinteraksi antar kota dari data yang ada.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan IV

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengasosiasi Memberi contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari yang

dikaitkan dengan teori yang telah dipelajarinya sehingga dapat menyimpulkan tentang interaksi spasial desa dan kota.

Peserta didik mencobamengajukan usulan dalam bentuk gagasanskema pembangunan antar kota dengan teori interaksi wilayahsesuaikemampuannya.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan V

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

24

Kegiatan Inti

Mengomunikasikan Peserta didik mengomunikasikan hasil pekerjaan mereka dalam

membuat analisis dan kesimpulan tentang interaksi spasial desa dan kota melalui tulisan, media audio visual, dan teknologi informasi dan komunikasi (internet).

Peserta didik membuat peta jaringan transportasi untuk men-dukung interaksi antar daerah di kota setempat.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan VI

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengomunikasikan Peserta didik mengomunikasikan hasil pekerjaan mereka dalam

membuat analisis dan kesimpulan tentang interaksi spasial desa dan kota melalui tulisan, media audio visual, dan teknologi informasi dan komunikasi (internet).

Peserta didik membuat peta jaringan transportasi untuk men-dukung interaksi antar daerah di kota setempat.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

3. PenilaianTeknik dan Instrumen Penilaian

a. Sikap

No Nama

Sikap Spiritual

NilaiBerdoa sebelum

dan sesudah melakukan melakukan aktivitas

Mengucapkan rasa syukur atas karunia

Tuhan

Memberi salam sebelum dan sesudah

menyampaikan pendapat/presentasi

Mengungkapkan kekaguman secara lisan

ketika melihat kebesaran Tuhan

12345

dst

No NamaSikap Sosial Total

NilaiTanggung Jawab

Rasa Ingin Tahu

PeduliKejujuran

12345

Dst

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

25

JurnalNo Nama Siswa Waktu Kejadian / Perilaku +/- Nilai12345

dst

Rubrik Tugas IndividuAspek Nilai

Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan guruDapat menyampaikan pendapat dengan suara yang baik, bahasa yang santun dan sistematisMenyampaikan pendapat dengan intonasi dan bahasa tubuh yang meyakinkanPendapat mencerminkan penerapan konsep yang dijelaskan

Nilai rata-rata

Kriteria PenilaianNilai Kualitatif Nilai Kuantitatif

A 4 > 80B 3 75 – 80C 2 72 - 74D 1 < 72

Rubrik Pengamatan Sikap Diskusi KelompokAspek Nilai

A. Isi Materi Ketikan menarik dan mudah dimengerti serta sistematis Hasil diskusi menggambarkan konsep penginderaan jauh Terlihat hubungan antara jenis, aspek, manfaat dan keunggulan

penginderaan jauhB. Kerjasama Kelompok

Semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi Semua anggota kelompok mengerti dan memahami mengenai materi

yang di diskusikanC. Presentasi

Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan audien Dapat menyampaikan materi dengan suara yang baik, bahasa yang

santun dan sistematis Menyampaikan materi dengan intonasi dan bahasa tubuh yang

menyakinkan audien Memberikan tanggapan/jawaban yang benar dan sesuai pemecahan

masalahNilai rata-rata

Kriteria Penilaian:Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif

A 4 > 80B 3 75 – 80C 2 72 - 74D 1 < 72

No Aspek yang dinilai 3 2 1 Keterangan

1 Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan

2 memiliki rasa ingin tahu (curiosity)

3 menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

Rubrik Penilaian SikapNo Aspek yang dinilai Rubrik1 Menunjukkan rasa syukur

kepada Tuhan YME3: menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan YME

pada satu atau lebih kesempatan (topik)2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau

ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi

1: belum menunjukkan ekspresi rasa syukur, atau menaruh

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

26

minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi2 Menunjukkan rasa ingin tahu 3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat

aktif dalam kegiatan kelompok2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu

antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh

1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat

3 Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.

2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya

1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa.

b. PengetahuanTes Tertulis5. Uraikan tentang pola keruangan desa6. Uraikan tentang pola keruangan kota7. Uraiakan manfaat interaksi desa dan kota8. Uraiakan faktor terjadinya interaksi desa dan kota

c. Keterampilan

No Nama

Kegiatan

Pre

sen

tasi

Bera

rgu

me

nta

si

Men

jaw

ab

Pen

gu

asaa

n M

ate

ri

Nilai

123

dst

2. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

Media/Alat Foto UdaraBahan -Sumber Belajar Geografi Kelas XII. Jakarta: Erlangga

Mengetahui, Medan, Juli 2015Kepala SMA Harapan 1 Medan Guru Mata Pelajaran

Drs. Anwar Sofyanto, M.Pd

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

27

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA Harapan 1 MedanMata Pelajaran : GeografiKelas/Semester : XII IPS/ 2Materi : Percepatan Pertumbuhan WilayahAlokasi Waktu : 12 x 45 menit (3 pertemuan)

A. Kompetensi Inti:1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.2. Mengembangkan perilaku dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai

permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, ke-bangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat-nya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggu-nakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar1.2. Menghayati adanya interaksi spasial antara desa dan kota yang mendorong pembangu-

nan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Kuasa.2.3. Menunjukkan perilaku peduli terhadap dampak interaksi, dinamika, dan kerjasama an-

tara wilayah desa dan kota.3.4. Menyusun konsep wilayah dan pewilayahan dalam perencanaan pembangunan nasional.4.4. Mengomunikasikan konsep wilayah dan pewilayahan dalam perencanaan pembangunan

nasional dalam bentuk narasi, tabel, peta, grafik, dan atau peta konsep..

C. Indikator Pencapaian Kompetensi3.3.1. Memahami Pengertian wilayah dan perwilayahan

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

28

3.3.2. Memahami Kutub dna pusat pertumbuhuan wilayah3.3.3. Memahami Kajian daya dukung untuk pertumbuhan wilayah3.3.4. Menguraikan sistem perencanaan wilayah nasional4.2.1. Mengomunikasikan konsep wilayah dan pewilayahan dalam perencanaan pembangunan

nasional dalam bentuk narasi, tabel, peta, grafik, dan atau peta konsep.

D. Materi

PERCEPATAN PERTUMBUHAN WILAYAH ●Wilayah dan perwilayahan● Kutub dan pusat pertumbuhan wilayah●Pertumbuhan wilayah berkelanjutan●Kajian daya dukung untuk pertumbuhan wilayah●Sistem perencanaan wilayah nasional

E. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengamati Peserta didik diminta untuk mengamati peta atau atlas Indone-

sia, citra penginderaan jauh, dan membaca buku teks yang ada kaitannya dengan uraian tentang wilayah dan perwilayahan, kutub dan pusat pertumbuhan wilayah, pertumbuhan wilayah berkelanjutan, kajian daya dukung untuk pertumbuhan wilayah, dan sistem perencanaan wilayah nasional.

Peserta didik diminta untuk melakukan kunjungan ke kantor badan perencanaan pembangunan daerah (BAPPEDA) setempat untuk menambah wawasan tentang percepatan pertumbuhan wilayah.

Menanya Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang masalah yang di-

hadapi dalam pertumbuhan wilayah. Peserta didik diminta untukbertanyasecarakritistentangstrategi

percepatanpembangunan wilayah.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan IITahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengumpulkan Data Peserta didik diminta untuk mengajukan kritik terhadap sistem

perencanaan wilayah nasional. Peserta didik diminta untuk melakukan diskusi tentang wilayah

dan perwilayahan, kutub dan pusat pertumbuhan wilayah, per-tumbuhan wilayah berkelanjutan, kajian daya dukung untuk pertumbuhan wilayah, dan sistem perencanaan wilayah na-sional

Mengasosiasi Peserta didik menganalisis informasi yang didapat dari bacaan

150’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

29

dan sumber-sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan dan atau membandingkan dengan fakta di lapangan, sehingga menemukan solusi yang relevan untuk pertumbuhan wilayah.

Peserta didik memberi contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari yang dikaitkan dengan teori yang telah dipelajarinya se-hingga dapat menyimpulkan tentang pola perencanaan wilayah di daerahnya.

Peserta didik mengajukan usulan dalam bentuk skema pemban-gunan wilayah.

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan III

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengomunikasikan Peserta didik mengomunikasikan hasil pekerjaan mereka dalam

menganalisis tentang solusi yang relevan untukpertumbuhan wilayah di Indonesia melalui lisan dan tulisan yang dilengkapi, tabel, peta, grafik, dan atau peta konsep. Didukung oleh peta, citra inderaja, dan dapat diunggah di internet.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

4. PenilaianTeknik dan Instrumen Penilaian

a. Sikap

No Nama

Sikap Spiritual

NilaiBerdoa sebelum

dan sesudah melakukan melakukan aktivitas

Mengucapkan rasa syukur atas karunia

Tuhan

Memberi salam sebelum dan sesudah

menyampaikan pendapat/presentasi

Mengungkapkan kekaguman secara lisan

ketika melihat kebesaran Tuhan

12345

dst

No NamaSikap Sosial Total

NilaiTanggung Jawab

Rasa Ingin Tahu

PeduliKejujuran

12345

Dst

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

30

JurnalNo Nama Siswa Waktu Kejadian / Perilaku +/- Nilai12345

dst

Rubrik Tugas IndividuAspek Nilai

Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan guruDapat menyampaikan pendapat dengan suara yang baik, bahasa yang santun dan sistematisMenyampaikan pendapat dengan intonasi dan bahasa tubuh yang meyakinkanPendapat mencerminkan penerapan konsep yang dijelaskan

Nilai rata-rata

Kriteria PenilaianNilai Kualitatif Nilai Kuantitatif

A 4 > 80B 3 75 – 80C 2 72 - 74D 1 < 72

Rubrik Pengamatan Sikap Diskusi KelompokAspek Nilai

A. Isi Materi Ketikan menarik dan mudah dimengerti serta sistematis Hasil diskusi menggambarkan konsep penginderaan jauh Terlihat hubungan antara jenis, aspek, manfaat dan keunggulan

penginderaan jauhB. Kerjasama Kelompok

Semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi Semua anggota kelompok mengerti dan memahami mengenai materi

yang di diskusikanC. Presentasi

Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan audien Dapat menyampaikan materi dengan suara yang baik, bahasa yang

santun dan sistematis Menyampaikan materi dengan intonasi dan bahasa tubuh yang

menyakinkan audien Memberikan tanggapan/jawaban yang benar dan sesuai pemecahan

masalahNilai rata-rata

Kriteria Penilaian:Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif

A 4 > 80B 3 75 – 80C 2 72 - 74D 1 < 72

No Aspek yang dinilai 3 2 1 Keterangan

1 Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan

2 memiliki rasa ingin tahu (curiosity)

3 menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

Rubrik Penilaian SikapNo Aspek yang dinilai Rubrik1 Menunjukkan rasa syukur

kepada Tuhan YME3: menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan YME

pada satu atau lebih kesempatan (topik)2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau

ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

31

1: belum menunjukkan ekspresi rasa syukur, atau menaruh minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi

2 Menunjukkan rasa ingin tahu 3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok

2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh

1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat

3 Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.

2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya

1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa.

b. PengetahuanTes Tertulis1. Tuliskan pengertian wilayah formal dan non formal2. Uraikan tentang wilayah fungsional

c. Keterampilan

No Nama

Kegiatan

Pre

sen

tasi

Bera

rgu

me

nta

si

Men

jaw

ab

Pen

gu

asaa

n M

ate

ri

Nilai

123

dst

2. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

Media/Alat Foto Udara, Peta, AtlasBahan -Sumber Belajar Geografi Kelas XII. Jakarta: Erlangga

Mengetahui, Medan, Juli 2015Kepala SMA Harapan 1 Medan Guru Mata Pelajaran

Drs. Anwar Sofyanto, M.Pd

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

32

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA Harapan 1 MedanMata Pelajaran : GeografiKelas/Semester : XII IPS/ 2Materi : Percepatan Pertumbuhan WilayahAlokasi Waktu : 12 x 45 menit (3 pertemuan)

A. Kompetensi Inti:1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.2. Mengembangkan perilaku dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai

permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, ke-bangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat-nya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggu-nakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar1.4. Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Pengasih atas adanya interaksi, dinamika, dan

kerjasama antar negara dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia.2.4. Menunjukkan perilaku kooperatif dalam memahami bentuk kerjasama saling mengun-

tungkan antara negara Indonesia dan negara berkembang lainnya dengan negara maju.3.5. Menyusun kajian regional negara maju dan negara berkembang untuk terjalinnya

hubungan yang saling menguntungkan.4.5. Membuat rancangan kerjasama saling menguntungkan antara negara maju dan negara

berkembang dalam bentuk artikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi lainnya.

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

33

C. Indikator Pencapaian Kompetensi3.5.1. Memahami Sebaran negara-negara berkembang dan negara maju3.5.2. Memahami Karakteristik negara berkembang dan negara maju3.5.3. Memahami Pola pertumbuhan ekonomi di negera berkembang dan negara maju3.5.4. Menguraikan jalinan kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia

dengan negara sahabat4.5.1. Membuat rancangan kerjasama saling menguntungkan antara negara maju dan negara

berkembang dalam bentuk artikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi lainnya.

D. Materi

KAJIAN REGIONAL DAN INTERAKSI ANTARA NEGARA BERKEMBANG DAN NEGARA MAJU●Sebaran negara-negara berkembang dan negara maju●Karakteristik negara berkembang dan negara maju●Pola pertumbuhan ekonomi di negara berkembang dan negara maju ●Jalinan kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia dengan negara

sahabat

E. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengamati Peserta didik ditugasi untuk mengamati peta dunia, atlas, mem-

baca buku teks, mempelajari gambar tentang sebaran negara berkembang dan negara maju, karakteristik negara berkembang dan negara maju, pola pertumbuhan ekonomi di negara berkem-bang dan negara maju serta jalinan kerjasama ekonomi saling menguntungkan antara Indonesia dengan negara sahabat.

Peserta didik diminta membuat kliping yang bersumber dari me-dia massa yang membuat berita kerjasama antara negara berkembang dan negara maju. Kliping dipajang dan didiskusikan di kelas sehingga peserta didik dapat bertukar informasi.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan I I

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Menanya Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan tentang

karakteristik negara berkembang dan negara maju. Peserta didik diminta (mengkritisi) keuntungan dan kerugian ker-

jasama antar negara berkembang dan negara maju Peserta didik menanggapi tentang masalah kemiskinan di negara

berkembang akibat perdagangan bebas dan globalisasi.

150’

Penutup Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat

15’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

34

menjawab dengan baik Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan

kepercayan masing-masing.

Pertemuan I II

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengumpulkan Data Peserta didik diminta untuk menjawab pertanyaan dan hipotesis

atau menambah argumentasi tentang pola pertumbuhan ekonomi di negara berkembang dan negara maju serta jalinan kerjasama ekonomi saling menguntungkan antara Indonesia den-gan negara sahabat. Untuk menjawab pertanyaan atau hipotesis dapat melalui diskusi kelompok.

Peserta didik diminta untuk mengajukan kritik terhadap sistem perdagangan bebas untuk mencegah kerugian salah satu pihak dan mengajukan solusinya.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan I V

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengasosiasi Peserta didik menganalisis data informasi yang telah diperoleh

untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik, membandingkan-nya dengan fakta yang ada, mengajukan solusi, menyusun ran-cangan, dan dapat menyimpulkan dengan lebih baik.

Peserta didik memberi contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari yang dikaitkan dengan dampak kerjasama ekonomi global antar negara.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan IV

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

35

Kegiatan Inti

Mengomunikasikan Peserta didik mengomunikasikan gagasannya yang terkait den-

gan rancangan kerjasama antara Indonesia dengan negara saha-bat baik negara berkembang maupun negara maju melalui ar-tikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi lainnya yang didukung oleh peta, citra inderaja, dan dapat diunggah di inter-net.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

Pertemuan VI

Tahapan Kegiatan Waktu

Pendahuluan

Persiapan psikis dengan membuka pelajaran seperti :- mengucapkan salam dan berdoa bersama- mengidentifikasi kehadiran siswa

Guru memperlihatkan gambar citra suatu wilayah kemudian guru bersama siswa melakukan curah pendapat

Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pem-belajaran

15’

Kegiatan Inti

Mengomunikasikan Peserta didik mengomunikasikan gagasannya yang terkait den-

gan rancangan kerjasama antara Indonesia dengan negara saha-bat baik negara berkembang maupun negara maju melalui ar-tikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi lainnya yang didukung oleh peta, citra inderaja, dan dapat diunggah di inter-net.

150’

Penutup

Melaksanakan penilaian dalam bentuk test lisan Guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian atau ben-

tuk penghargaan lain (yang relevan) kepada siswa yang dapat menjawab dengan baik

Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayan masing-masing.

15’

F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

5. PenilaianTeknik dan Instrumen Penilaian

a. Sikap

No Nama

Sikap Spiritual

NilaiBerdoa sebelum

dan sesudah melakukan melakukan aktivitas

Mengucapkan rasa syukur atas karunia

Tuhan

Memberi salam sebelum dan sesudah

menyampaikan pendapat/presentasi

Mengungkapkan kekaguman secara lisan

ketika melihat kebesaran Tuhan

12345

dst

No NamaSikap Sosial Total

NilaiTanggung Jawab

Rasa Ingin Tahu

PeduliKejujuran

12345

Dst

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

36

JurnalNo Nama Siswa Waktu Kejadian / Perilaku +/- Nilai12345

dst

Rubrik Tugas IndividuAspek Nilai

Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan guruDapat menyampaikan pendapat dengan suara yang baik, bahasa yang santun dan sistematisMenyampaikan pendapat dengan intonasi dan bahasa tubuh yang meyakinkanPendapat mencerminkan penerapan konsep yang dijelaskan

Nilai rata-rata

Kriteria PenilaianNilai Kualitatif Nilai Kuantitatif

A 4 > 80B 3 75 – 80C 2 72 - 74D 1 < 72

Rubrik Pengamatan Sikap Diskusi KelompokAspek Nilai

A. Isi Materi Ketikan menarik dan mudah dimengerti serta sistematis Hasil diskusi menggambarkan konsep penginderaan jauh Terlihat hubungan antara jenis, aspek, manfaat dan keunggulan

penginderaan jauhB. Kerjasama Kelompok

Semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi Semua anggota kelompok mengerti dan memahami mengenai materi

yang di diskusikanC. Presentasi

Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan audien Dapat menyampaikan materi dengan suara yang baik, bahasa yang

santun dan sistematis Menyampaikan materi dengan intonasi dan bahasa tubuh yang

menyakinkan audien Memberikan tanggapan/jawaban yang benar dan sesuai pemecahan

masalahNilai rata-rata

Kriteria Penilaian:Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif

A 4 > 80B 3 75 – 80C 2 72 - 74D 1 < 72

No Aspek yang dinilai 3 2 1 Keterangan

1 Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan

2 memiliki rasa ingin tahu (curiosity)

3 menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

Rubrik Penilaian SikapNo Aspek yang dinilai Rubrik1 Menunjukkan rasa syukur

kepada Tuhan YME3: menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan YME

pada satu atau lebih kesempatan (topik)2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau

ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi

1: belum menunjukkan ekspresi rasa syukur, atau menaruh

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan

37

minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi2 Menunjukkan rasa ingin tahu 3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat

aktif dalam kegiatan kelompok2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu

antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh

1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat

3 Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.

2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya

1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa.

b. PengetahuanTes Tertulis1. Uraikan Indikator negara maju dan berkembang2. Tuliskan negara-negara maju dan berkembang di Benua Asia dan Amerika

c. Keterampilan

No Nama

Kegiatan

Pre

sen

tasi

Bera

rgu

me

nta

si

Men

jaw

ab

Pen

gu

asaa

n M

ate

ri

Nilai

123

dst

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

Media/Alat Foto Udara, Atlas, PetaBahan -Sumber Belajar Geografi Kelas XII. Jakarta: Erlangga

Mengetahui, Medan, Juli 2015Kepala SMA Harapan 1 Medan Guru Mata Pelajaran

Drs. Anwar Sofyanto, M.Pd

RPP Geografi Kelas XII SMA Harapan 1 Medan