CONTOH Proposal Kkn-1

download CONTOH Proposal Kkn-1

of 18

  • date post

    16-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    152
  • download

    32

Embed Size (px)

description

Contoh pembuatan proposal kkn

Transcript of CONTOH Proposal Kkn-1

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

UNIVERSITAS AIRLANGGA

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Kampus C Mulyorejo Surabaya 60115, Telp (031) 5995246, 5995247

Fax. (031) 5962066 E-mail :infolemlit@unair.ac.id http://lppm.unair.ac.id

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dewasa ini, seiring dengan berkembangnya pertumbuhan pembangunan, tidak dapat dipungkiri lagi persaingan dari segala aspek semakin tinggi guna meningkatkan kualitas kehidupan bangsa Indonesia, akan tetapi akibat dari persaingan ini muncul permasalahan yang kompleks dalam hal ini dilihat dari ekonomi sosial masyarakat yang tidak merata serta faktor - faktor yang menjadi penghambat, karena tidak seimbangnya pembangunan diberbagai daerah. Mahasiswa sebagai komponen masyarakat yang notabene menjadi penerus pembangunan nantinya dituntut memiliki kemampuan baik secara hardskill maupun softskill serta menjadi pribadi yang berpendidikan, peduli, berwawasan dan empati terhadap lingkungan maupun masyarakat.

Oleh karena itu, Universitas Airlangga sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang turut berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan pembangunan bangsa Indonesia, untuk realisasinya dituangkan melalui program Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN - BBM), sebagai bentuk upaya kontribusi dalam hal pengabdian masyarakat yang didasarkan pada berbagai bidang keilmuan dengan sasaran utama adalah pembangunan masyarakat. KKN - BBM sebagai kegiatan intrakuler sejak tahun 1989 hingga sekarang mencapai angkatan ke-50, hal ini membuktikan bahwa eksistensi Universitas Airlangga dalam membantu meningkatkan pembangunan masyarakat ditengah persaingan yang tinggi saat ini.

Dalam aplikasinya, pada program KKN - BBM ini mahasiswa diterjunkan langsung pada masyarakat, dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan dan bekerjasama dengan perangkat desa, tokoh masyarakat, PKK, koperasi, karang taruna dan berbagai lembaga lain yang terkait guna membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada dengan pendekatan ilmiah. Untuk pelaksanaannya program ini didasarkan pada empat indikator penilaian dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yakni meliputi bidang kesehatan, perancangan bisnis, pemberdayaan masyarakat, dan lingkungan sedangkan landasan dari program ini terkait falsafah pada proses belajar mengajar itu sendiri meliputi :

1. Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, pengabdian, dan penelitian.

2. Menggunakan pendekatan interdisipliner dan komprehensif yaitu melibatkan banyak dimensi ilmu, sehingga dalam aplikasinya tidak monoton.

3. Lintas sektoral, sehingga tidak terpaku pada salah satu sektor saja

4. Program disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat ditempat lokasi.

Program KKN - BBM 50 ini diadakan diberbagai daerah di Jawa Timur meliputi Kotamadya Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Sampang, Bojonegoro dan Kabupaten Probolinggo. Salah satunya kegiatan KKN - BBM 50 ini yang akan dilaksanakan di Kelurahan Kodak, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang.

1.2 Hasil Observasi

Kelurahan

: Kodak

Kecamatan

: Torjun

Demografi

1. Jumlah Penduduk: 1905 jiwa

2. Rata-rata per KK: 5-6 orang

Sosial

1. Jumlah SD

: 2 (Negeri)

2. Jumlah SMP/MTs: 5 (Swasta)

3. Pondok pesantren: 34. Tempat ibadah

: 1 (Masjid)

5. Jumlah Posyandu: 1 (setiap tanggal 5)

6. Bidan swasta

: 1

Ekonomi

Mata pencaharian utama: Petani

Geografis

1. Jarak dari kecamatan: 5 km

2. Jenis Kawasan

: perkampungan dan sawah

3. Batas Wilayah

:a. Utara : Desa Kanjar

b. Selatan: Petapanc. Timur: Kecamatan Sampangd. Barat: Jeruk PurutMasalah Kesehatan

1. Daya beli kesehatan masyarakat rendah

2. Kesadaran terhadap kesehatan kurang

Masalah Perancangan Bisnis

1. KUD macet

2. Tidak ada UKM

Masalah Pemberdayaan Masyarakat

1. Karang taruna tidak berjalan

2. Masyarakat kurang produktif

Masalah Lingkungan

1. Kondisi pasar kotor

2. Jalanan gersang

3. Pemanfaatan lingkungan rumah kurang

1.3 Latar Belakang Keilmuan

Sesuai dengan tujuan dari KKN-BBM angkatan ke-49 ini yang salah satunya adalah agar mahasiswa dapat membantu memecahkan masalah-masalah pembangunan melalui pendekatan ilmiah maka dibutuhkan tenaga dan pemikiran mahasiswa pada KKN-BBM dari berbagai disiplin ilmu. Berdasarkan latar belakang keilmuan anggota kelompok, yang terdiri dari enam fakultas yang berbeda antara lain:

1. Fakultas Kedokteran

(FK)

2. Fakultas Hukum

(FH)

3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

(FEB)

4. Fakultas Farmasi

(FF)

5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik(FISIP)

6. Fakultas Sains dan Teknologi

(FST)

7. Fakultas Ilmu Budaya

(FIB)

Program-program KKN-BBM ke-50 ini dijalankan sesuai dengan pendekatan interdisiplin ilmu masing-masing dan bersifat ilmiah untuk dapat memecahkan masalah (menjadi problem solver) yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.1.4 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, maka dapat disimpulkan rumusan masalah antara lain, yakni :1. Bagaimana upaya pemberdayaan masyarakat dengan menggali potensi serta turut serta dalam membantu mengatasi permasalahan dibidang kesehatan, perancangan bisnis, pemberdayaan masyarakat, dan lingkungan.2. Bagaimana upaya untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dan tekhnologi terkini sesuai dengan disiplin ilmu terkait, dalam rangka meningkatkan kualitas SDM yang ada.1.5 Tujuan

1.5.1 Tujuan umum

1. Mengamalkan nilai - nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

2. Memelihara dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi selaras dengan tuntutan pembangunan saat ini.

1.5.2 Tujuan khusus

3. Menerapkan program - program di bidang kesehatan, perencanaan bisnis, pemberdayaan masyarakat dan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

4. Mampu membantu mengatasi dan memberi solusi masalahnyata dalam masalah pembangunan masyarakat sesuai pada bidang disiplin ilmu yang terkait.

1.6 Manfaat

1.6.1 MahasiswaMahasiswa dapat memperdalam pengertian dan penghayatan tentang pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang dipelajarinya bagi pelaksanaan pembangunan dan mendewasakan cara berfikir dan penalaran mahasiswa dalam penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah secara pragmatis ilmiah, serta menambah kemampuan terutama di bidang softskill yang secara aplikatif turut serta secara langsung kepada masyarakat dan bersama - sama mencari solusi untuk permasalahan yang sedang berlangsung sebagai bentuk dari pengalaman.

1.6.2 UniversitasMemperoleh berbagai kasus penting dan informasi terkini yang dapat digunakan sebagai contoh dalam memberikan materi perkuliahan dan menemukan berbagai masalah untuk pengembangan penelitian serta sebagai bentuk eksistensi universitas dalam rangka membantu pembangunan masyarakat.

1.6.3 MasyarakatMemperoleh metode - metode terbaru yang dibutuhkan untuk merencanakan, merumuskan dan melaksanakan pembangunan serta memperoleh bantuan pemikiran dan tenaga serta ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan dengan menerapkan berbagai bidang pada disiplin ilmu terkait dalam penyelesaian permasalahan yang ada saat ini.

BAB 2

RENCANA BIDANG GARAPAN

2.1 Bidang Kesehatan

1. Gerakan Cuci Tangan dan Gosok Gigi Sehat

Penanggung Jawab: Alief Waitupu

Waktu pelaksanaan: 13 dan 27 Agustus 2014

Tempat pelaksanaan:SDN Kodak

Sasaran

: Siswa SD kelas 3

Teknis

:Kegiatan diawali dengan pre test dan dilanjutkan dengan penyuluhan mengenai pentingnya menjaga menjaga kebersihan gigi dan mulut, cara menggosok gigi yang benar, games dengan melibatkan beberapa siswa maju untuk mempraktikkan cara menggosok gigi yang benar pada alat peraga, menjelaskan kegunaan dan cara mengisi kalender (dental care calendar) sebagai alat monitoring program dan membagikannya.Setelah itu, mengajak seluruh siswa/siswi untuk melakukan gerakan gosok gigi bersama. Setelah satu minggu, community worker (tim) melihat kalender yang telah diisi siswa/siswi untuk melihat ketercapaian program dan memberikan post test. Pertemuan berikutnya kegiatan diawali denganpre test penyuluhan mengenai pentingnyamenjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan secara benar terutama saat sebelum makan ,bernyanyi dan games dengan melibatkan beberapa siswa maju untuk mempraktikkan 7 langkah mencuci tangan. Setelah itu, mengajak seluruh siswa/siswi untuk melakukan gerakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir bersama. Kegiatan diakhiri dengan post test.

Tujuan

:

1. Memberikan pemahaman akan pentingnya merawat kesehatan gigi pada anak-anakkhususnya anak usia SD kelas 3.

2. Mengajak siswa/siswi untuk melakukan perawatan gigi secara sederhana sesuai aturan kesehatan.

3. Meningkatnya derajat kesehatan khususnya kesehatan gigi anak-anak usia SD kelas 3

4. Memberikan pemahaman akan pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir gigi pada anak-anak mengalir khususnya anak usia SD kelas 3.

5. Mengajak siswa/siswi melakukan gerakan 7 langkah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan.

6. Meningkatkan derajat kesehatan dengan memutus mata rantai penularan penyakit melalui tangan sebagai upaya pencegahan terhadap penularan penyakit khususnya flu burung.

Pelaksana

: Tim KKN BBM Kodak

2. Penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat)

Penanggung Jawab: I Made Ary Adiharma

Waktu Pelaksanaan:7 Agustus dan 21