Contoh Laporan Prakerin

download Contoh Laporan Prakerin

of 17

  • date post

    20-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    32
  • download

    5

Embed Size (px)

description

contoh laporan prakerin

Transcript of Contoh Laporan Prakerin

HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBINGYang bertanda tangan di bawah ini Guru Pembimbing, Pembimbing Lapangan Praktek Kerja industri, PimpinanElmi Computer Centre ECC, dan Kepala SMKDharma Bahari Surabaya menyatakan bahwa Praktek Kerja Industri dari:

Nama : 1. Allivan Setiawan

2. Hidayatul Karim A

3. Melinda Dwi P

4. Misbachul

Telah diperiksa dan dinyatakan sudah selesai melaksanakan Praktek Kerja Industri pada :

Hari::Jumat

Tanggal::21 Maret 2014

Guru Pembimbing

Nugroho Purnomosidi Pembimbing DU/DI Ariez H.B

Mengetahui,

Kepala SMK Dharma BahariDrs.Paulus Takdare, M.Mpd Pimpinan Elmi Computer Centre Hendrawan Teguh

KATA PENGANTARPuji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan kesehatan dan kesejahteraan serta rahmat dan nikmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN). Shalawat dan salam semoga tetap dicurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Laporan uji kompetensi ini merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional (UNAS) di SMK Dharma Bahari Surabaya.

Kami menyadari bahwa laporan ini tidak dapat tersusun dengan baik dan benar, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :1. Bapak Drs. Paulus Takdare, selaku Kepala Sekolah SMK Dharma Bahari Surabaya.2. Nugroho Purnomosidi selaku guru pembimbing di sekolah SMK Dharma Bahari .

4. Mas Ariez HB selaku Kepala Teknisi dimana kami melaksanakan PSG/PKL.5. Bapak Hendrawan Teguh selaku Pimpinan di Elmi Computer Centre.6. Bapak / Ibu Guru di sekolahan yang telah membantu kami dalam melaksanakan kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) dan juga dalam pembuatan laporan ini.

Semoga Laporan Praktek Kerja Industri ini dapat bermanfaat terutama pada diri penulis dan penulis juga sangat mengharapkan adanya saran-saran demi perbaikan Laporan Praktek Kerja Industri ini.Surabaya, 21 Maret 2014 Bachul, DkkDAFTAR ISI :Halaman Pengesahan i

Kata Pengantar.. ii

Daftar Isi............................................. iiiBAB I. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang PRAKERIN........................... 1

1.2 Dasar Penulisan PRAKERIN 1

1.3 Maksud dan Tujuan PRAKERIN........................ 2

1.4 Waktu dan Lokasi Perusahaan 3BAB II. Laporan Kegiatan2.1 Pelaksanaan Kegiatan Prakerin.. 42.2 Hasil Kegiatan. 5

2.3 Contoh Pekerjaan yang Dilakukan 6

BAB III. Penutup

3.1 Kesimpulan.. 153.2 Saran 15BAB I. PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Praktek Kerja Industri adalah salah satu kegiatan yang dapat menambah ilmu pengetahuan, kedisiplinan, bertanggung jawab, jujur dan teknologi yang diperoleh disekolah menengah kejuruan (SMK) dengan keadaan diluar atau lapangan.

Tujuan Praktek Kerja Industri merupakan tujuan Pembangunan dalam jangka panjang di Indonesia guna terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, terampil, mandiri, kreatif, inovatif dan berjiwa swasta. Untuk itu perlu diadakannya pendidikan dan penerapan ilmu dunia pendidikan dan dunia industri melalui program Prakerin.

Program SMK Dharma Bahari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di Kota Surabaya bertujuan menghasilkan tenaga kerja yang terampil di era industri pada masa yang akan datang, agar dapat menghasilkan lulusan terampil dan dapat melaksanakan tugas dalam bidangnya terutama teknologi industri.

1.2 DASAR PENULISAN

Selain sebagai salah satu syarat untuk menempuh UNAS/UN, serta untuk memahami dasar-dasar dunia industri, pengenalan konsep industri, pengenalan tata tertib industri. Adapun beberapa ketentuan yang tertuangdalamUU No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP No. 29 tahun 1990 tentang pendidikan menengah, PP No. 39 tentang peran masyarakat dalam Pendidikan Nasional. Adapun daripada UU tersebut antara lain :

1. Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan mulai 2(dua) jalur, pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah (UUSPN, Bab IV, Pasal 10 Ayat 1).

2. Penyelenggara Sekolah Menengah dapat bekerjasama dengan masyarakat teutama dunia usaha dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan (PP 29, Bab 29, Ayat 1).

3. Pengadaan dan pendayagunaan Sumber Daya Pendidikan dilakukan oleh pemerintah masyarakat dan keluarga peserta didik (UUSPN, Bab VIII, Pasal 33).

4. Peran serta masyarakat dapat berbentuk pemberian kesempatan untuk magang atau latihan kerja (PP 39, Bab III, Pasal 4, Butir 8).

5. Masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan nasional (UUSPN, Bab VI, Pasal 47, Ayat 1).

6. Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang yang lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam sistem pendidikan nasional (PP 39, Bab VI, Pasal 8, Ayat 1).

7. Pada sekolah menengah dapat dilakukan uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan menengah (PP 29, Bab XIII, Pasal 32, Ayat 2).

8. Pelaku peran serta masyarakat dapat mengadakan forum konsultasi, kerjasama dan koordinasi (PP 39, Bab VI, Pasal 10)1.3 MAKSUD DAN TUJUAN

1. Memberikan bekal yang nyata bagi siswa/i menengah kejuruan pada bidang program Teknik Komputer dan Jaringan untuk lebih mengembangkan ilmu pengetahuan.

2. Meningkatkan dalam penyerapan sesuatu hal yang baru dalam globalisasi.

3. Menambah mental dan keterampilan serta kemampuan yang dimiliki untuk berusaha atau bekerja sehingga dapat menjadikan siswa/i menjadi calon tenaga yang handal di tengah dunia usaha.

4. Melatih disiplin dan tanggung jawab pada pekerjaan yang dilakukan.

5. Dapat membandingkan apa yang di pelajari di sekolah dan di dunia usaha.1.4 WAKTU dan TEMPAT PELAKSANAAN

Waktu prakerin dilaksanakan selama hampir 3 bulan, yaitu mulai tanggal 02 Januari 2014 sampai dengan 21 Maret 2014.Prakerin ini dilaksanakan di Elmi Computer Centre (ECC), alamat : Darmo park 1 blok IIIC 9/10 SURABAYA.

BAB II. LAPORAN KEGIATAN

2.1 Pelaksanaan Kegiatan Prakerin

Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini dilaksanakan selama HAMPIR 3 bulan, yaitu dari tanggal 2 Januari sampai dengan 21 Maret 2014 yang dilaksnakan di ELMI Computer Centre (ECC) Dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB yang berada di kawasan Surabaya.

Adapun perincian kegiatan yang dilaksanakan selama melakukan Prakerin, yaitu sebagai berikut:1. Instalasi Windows XP,7 dan 8

2. Upgrade processor

3. Cek spesifikasi CPU

4. Merakit Komputer

5. Setup Bios dan Partisi Hardisk

6. Instal Driver dan Software

7. Melakukan Perawatan Perifheral

8. Tes ulang Laptop

9. Tes ulang proyektor

10. Troublesetting dan maintenance Komputer

2.2 Hasil Kegiatan

Dari semua kegiatan yang dilakukan, kami akhirnya dapat menyelesaikan laporan ini. Selain itu kami pun menjadi mengerti tentang cara kegiatan dalam melaksanakan tugas dalam dunia informasi dan teknologi.Adapun hasil-hasil kegiatan tersebut antara lain :1. Kami menjadi lebih mengerti secara mendalam apa itu Operating System dan cara Menginstalnya.

2. Kami menjadi lebih mengerti tata cara memasang Processor yang baik dan benar.

3. Kami menjadi lebih mengerti hal-hal yg harus diperhatikan saat pembelian Pc.

4. Kami menjadi lebih mengerti tata cara merakit computer dengan baik dan benar serta cara pengecekan computer yang layak dijual.

5. Kami menjadi lebih mengerti cara setting Bios dan Partisi hardisk beserta kegunaanya.

6. Kami menjadi semakin mengerti apa itu driver dan software beserta tata cara menginstalnya.7. Kami menjadi semakin mengerti kegunaan atau fungsi melakukan perawatan perifheral.

8. Kami menjadi semakin mengerti hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli laptop.

9. Kami menjadi semakin mengerti berbagai macam kerusakan computer dan cara memperbaikinya. Dll

2.3 CONTOH PEKERJAAN YANG DILAKUKANINSTALASI WINDOWS 7

next aja ..

Pilih Install now

Centang I accept the license terms, lalu next..

Pilih Custom..

Pilih Partisi yang akan di isi dengan Windows 7, karena ini hanya ada 1 partisi, maka langsung saja, tetapi di laptop/PC anda pasti ada beberapa partisi, pilih yang partisi C, sekitar 100GB, bisa di cek di MyComputer..Karena ada pertanyaan dari teman yaitu cara nya agar data2 saya yang lain tidak hilang, dan yang dihapus cuma windows 7 nya bagaimana?

PenjelasanIni cukup sulit dijawab, karena data dan disk di setiap komputer/laptop berbeda, tetapi saya akan menjelaskan garis besarnya..Secara umum, file windows yang akan kita format dan kita install ulang berada di local disk C yang berkapasitas kurang lebih 100 GB, dan data2 kita terletak di Local Disk D, atau E, dan seterusnya, jadi kita hanya perlu masuk ke windows 7, dan buka disk C, kira2 isi file nya seperti ini

Jika isinya seperti gambar diatas, maka disk C itulah yang akan kita gunakan untuk diformat dan diinstall ulang, jika tidak, lihat di local disk yang lain.----------------------------------Oke, setelah tau, maka kita kembali lagi ke proses install, pilih disk yang berisi windows dan klik Drive Options, lalu Format. Setelah Format lalu Next, windows akan memulai install, kira2 30 menit,

Tunggu Proses Install.. Setelah itu PC akan restart se