Contoh Laporan Prakerin 2015

download Contoh Laporan Prakerin 2015

of 18

  • date post

    11-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    138
  • download

    12

Embed Size (px)

description

contoh laporan prakerin

Transcript of Contoh Laporan Prakerin 2015

LAPORAN

LAPORAN

PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

PADA PERUSAHAAN REDAKSI KORAN

KOTA KUDUSLAYOUT DESAIN GRAFIS MEDIA CETAK

Disusun Oleh :

Nama

:

Kelas

:

Jurusan

: Teknik Komputer Jaringan

LEMBAGA PENDIDIKAN MAARIF KUDUS

SMK NU Maarif KudusJl. Jepara Prambatan Lor 679 Telp/Fax: (0291) 434330, 4244370, Kudus 59361Email : smkmaarifkudus@yahoo.com home page: http://www.smk-maarifkudus.sch.id

LEMBAR PENGESAHAN

Laporan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri pada Perusahaan Gunt Computer, dengan judul Layout Desain Grafis Media Cetak Tahun Pelajaran 2014/2015 telah disetujui dan disyahkan pada :

Hari

: ..

Tanggal: ..

Mengesahkan,

Pembimbing DU/DI

Andre Pembimbing Sekolah

Heru Saputro, S.Kom

Pimpinan DU/DI

Guntur Nugraha, S.Pd. Kepala Sekolah

Drs. Akhmad Nadlib

MOTTO

1. Anda tidak hidup sekali, Anda hanya mati sekali dan hidup setiap hari.

2. Kita tidak akan pernah mengetahui jawaban yang sebenarnya, sebelum kita mencoba.

3. Ketenangan bisa kita temukan apabila kita bersamaTuhan.

4. Jika Anda ingin dihargai orang lain, maka hargailah diri anda sendiri.

5. Tidak ada yang mustahil.Semua bias terjadi asalkan kita percaya.

6. Semakin banyak kita bersyukur, semakin banyak kebahagiaan yang kita dapatkan.

7. Kesalahan terbesar anda adalah meninggal dengan kemiskinan.

8. Jadilah dinding yang kuat ketika masa-masa sulit.Jadilah matahari yang tersenyum, ketika masa-masa indah.

9. Kejujuran adalah mata uang yang berlaku diman apun anda berada.

10. Jangan menyalahkan masa lalu anda, karena masa lalu tidak akan pernah berubah.

11. Jadilah orang baik, karena tuhan menyukai kebaikan. Setiap orang sukses pastimempunyai kegagalan.Jangan takut gagal karena kegagalan adalah bagian dari kesuksesan.

12. Ketika seseorang meninggalkanmu, maka jangan menangis. Itu adalah pesan bahwa kau akan mendapatkan seseorang yang lebih baik.

13. Masalah adalah sahabat terbaikmu.Dia menjadikanmu lebih kuat danl ebih mengerti tentang kehidupan.

14. Jangan pernah menyerah, perbaiki kesalahan, dan teruslah melangkah.

15. Kebahagiaan akan datang ketika Anda mampu membuat orang lain bahagia.

PERSEMBAHAN

Laporan ini penulis persembahkan kepada :

1. Kedua orang tua yang penulis cintai

2. Kepala SMK NU Maarif Kudus3. Bapak dan Ibu Guru SMK NU Maarif Kudus

4. Siswa siswi SMK NU Maarif Kudus5. Adik adik kelas X

6. Serta semua orang yang membaca laporan ini

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah penyusun panjatkan kehadiarat Allah S.W.T yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga akhirnya penyusun dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini sesuai dengan tenggang waktu yang telah diberikan oleh pihak sekolah. Dari hasil yang telah dilakukan dan dicapai selama penyusun mengikuti proses Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di KORAN MURIA , selama 3 bulan dari tanggal 1 Februari sampai dengan 30 April 2015, penyusun banyak mendapatkan pengetahuan yang lain di dalam dunia industri dan yang terutama sekali penyusun juga banyak mendapatkan pengalaman berharga yang tak ternilai. Dan dengan bersumber dari hal-hal tersebut, akhirnya menjadi dasar dan bahan bagi penyusunan laporan ini. Sebelum melanjutkan penyusunan, terlebih dahulu penyusun mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak Drs. Akhmad Nadlib, selaku Kepala SMK NU Maarif Kudus2. Bapak Eko Prasetyo Julianto, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK NU Maarif Kudus3. Bapak Heru Saputro, S.Kom, selaku pembimbing di Sekolah.4. Ibu Siti Merie selaku Pimpinan Redaksi5. Saudara Agus Sriyanto selaku Pembimbing PRAKERIN6. Bapak ibu guru yang telah membantu dan memberikan dukunganya.

7. Kedua orangtua yang telah memberi dorongan dan semangat.

8. Semua pihak yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu yang senantiasa selalu membantu baik moral maupun materi

Penyusun mengakui bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, dengan dasar itu penulis mohon kritik dan saran yang sifatnya membangun.

Semoga laporan ini berguna, khususnya untuk penyusun dan masyarakat pada umumnya.

Kudus, 05 Mei 2015

Penyusun

DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL

i

LEMBAR PENGESAHAN

ii

MOTTO

iii

PERSEMBAHAN

iv

KATA PENGANTAR

v

DAFTAR ISI

vi

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

1

B. Rumusan Masalah

3C. Tujuan

3

D. Waktu dan Tempat

3

BAB II URAIAN UMUM

A. Sejarah Perusahaan

4

B. Struktur Organisasi

5

BAB IV PENUTUP

A. Kesimpulan

24B. Saran

24C. Penutup

25

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.Alasan saya memilih PRAKERIN dibidang layout desain yaitu karena saya tertarik dalam bidang tersebut. Menurut saya, layout desain ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi yang mempunyai keahlian di bidang ini, karena jarang-jarang sekolah memberi materi desain dalam pembelajaran. Saya Memilih PRAKERIN dibidang layout desain karena saya ingin menambah pengetahuan dan kemampuan di bidang IT.Latar belakang saya memilih PRAKERIN dibidang layout desain karena saya minat di bidang tersebut. Keinginan saya setelah masuk PRAKERIN tidak banyak, saya hanya ingin menambah wawasan, teman, pengetahuan dll. Cita-cita saya setelah masuk PRAKERIN dibidang layout desain, yakni ingin mengetahui lebih jauh desain-desain, imajinasi-imajinasi layout untuk membuat tampilan grafis yang menarik.B. Rumusan MasalahBerdasarkan dari latar belakang tersebut, kita dapat merumuskan masalah-masalah yang akan di bahas sebagai berikut :

1. Bagaimanakah perkembangan desain grafis sendiri?

2. Apa saja yang kamu harus kenali saat melakukan layout?

3. Bagaimana cara pembuatan layout satu halaman?

C. Tujuan 1. Meningkatkan kualitas pengetahuan di bidang IT Desain .2. Memberikan arahan positif di bidang IT Desain.3. Meningkatkan kemampuan di bidang IT Desain.4. Untuk mengetahui perhatian orang terhadap bidang IT Desain.5. Untuk mengetahui cara berkreatif membuat IT Desain menjadi tampilan yang menarik.D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Adapun waktu untuk melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah mulai dari tanggal 2 Februari s/d 30 April 2015 bertempat di Koran Muria Kudus Jalan Panjang Ring Road Kota Kudus.BAB II

PEMBAHASANA. Perkembangan Desain GrafisDesain grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Perjalanan desain dan gaya huruf latin mulai diterapkan pada awal masa kejayaan kerajaan ROMAWI. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama yang berhasil menaklukkan Yunani, membawa peradaban baru dalam sejarah Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet Latin yang dibawa dari Yunani. Pada awalnya alfabet Latin hanya terdiri dari 21 huruf : A, B, C, D, E, F, G, H, I, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, V, dan X, kemudian huruf Y dan Z ditambahkan dalam alfabet Latin untuk mengakomodasi kata yang berasal dari bahasa Yunani. Tiga huruf tambahan J, U dan W dimasukkan pada abad pertengahan sehingga jumlah keseluruhan alfabet Latin menjadi 26.

Ketika perguruan tinggi pertama kali berdiri di Eropa pada awal milenium kedua, buku menjadi sebuah tuntutan kebutuhan yang sangat tinggi. Teknologi cetak belum ditemukan pada masa itu, sehingga sebuah buku harus disalin dengan tangan. Konon untuk penyalinan sebuah buku dapat memakan waktu berbulan-bulan. Guna memenuhi tuntutan kebutuhan penyalinan berbagai buku yang semakin meningkat serta untuk mempercepat kerja para penyalin (scribes), maka lahirlah huruf Blackletter Script, berupa huruf kecil yang dibuat dengan bentuk tipis-tebal dan ramping. Efisiensi dapat terpenuhi ewat bentuk huruf ini karena ketipis tebalannya dapat mempercepat kerja penulisan. Disamping itu, dengan keuntungan bentuk yang indah dan ramping, huruf-huruf tersebut dapat ditulisakan dalam jumlah yang lebih banyak diatas satu halaman buku. Berikut ini adalah peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah perkembangan desain grafis. Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan pada tahun 1447 dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman untuk menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa. 1851, The Great Exhibition : Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851,pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain. Pameran digelar dalam bangunan berupa struktur besi-tuang dan kaca, sering disebut juga dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.1892, Aristide Bruant, Toulouse-Lautrec : Pelukis post-Impressionist d