Contoh Laporan Prakerin 2015

Click here to load reader

  • date post

    11-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    171
  • download

    16

Embed Size (px)

description

contoh laporan prakerin

Transcript of Contoh Laporan Prakerin 2015

LAPORAN

LAPORAN

PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

PADA PERUSAHAAN REDAKSI KORAN

KOTA KUDUSLAYOUT DESAIN GRAFIS MEDIA CETAK

Disusun Oleh :

Nama

:

Kelas

:

Jurusan

: Teknik Komputer Jaringan

LEMBAGA PENDIDIKAN MAARIF KUDUS

SMK NU Maarif KudusJl. Jepara Prambatan Lor 679 Telp/Fax: (0291) 434330, 4244370, Kudus 59361Email : [email protected] home page: http://www.smk-maarifkudus.sch.id

LEMBAR PENGESAHAN

Laporan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri pada Perusahaan Gunt Computer, dengan judul Layout Desain Grafis Media Cetak Tahun Pelajaran 2014/2015 telah disetujui dan disyahkan pada :

Hari

: ..

Tanggal: ..

Mengesahkan,

Pembimbing DU/DI

Andre Pembimbing Sekolah

Heru Saputro, S.Kom

Pimpinan DU/DI

Guntur Nugraha, S.Pd. Kepala Sekolah

Drs. Akhmad Nadlib

MOTTO

1. Anda tidak hidup sekali, Anda hanya mati sekali dan hidup setiap hari.

2. Kita tidak akan pernah mengetahui jawaban yang sebenarnya, sebelum kita mencoba.

3. Ketenangan bisa kita temukan apabila kita bersamaTuhan.

4. Jika Anda ingin dihargai orang lain, maka hargailah diri anda sendiri.

5. Tidak ada yang mustahil.Semua bias terjadi asalkan kita percaya.

6. Semakin banyak kita bersyukur, semakin banyak kebahagiaan yang kita dapatkan.

7. Kesalahan terbesar anda adalah meninggal dengan kemiskinan.

8. Jadilah dinding yang kuat ketika masa-masa sulit.Jadilah matahari yang tersenyum, ketika masa-masa indah.

9. Kejujuran adalah mata uang yang berlaku diman apun anda berada.

10. Jangan menyalahkan masa lalu anda, karena masa lalu tidak akan pernah berubah.

11. Jadilah orang baik, karena tuhan menyukai kebaikan. Setiap orang sukses pastimempunyai kegagalan.Jangan takut gagal karena kegagalan adalah bagian dari kesuksesan.

12. Ketika seseorang meninggalkanmu, maka jangan menangis. Itu adalah pesan bahwa kau akan mendapatkan seseorang yang lebih baik.

13. Masalah adalah sahabat terbaikmu.Dia menjadikanmu lebih kuat danl ebih mengerti tentang kehidupan.

14. Jangan pernah menyerah, perbaiki kesalahan, dan teruslah melangkah.

15. Kebahagiaan akan datang ketika Anda mampu membuat orang lain bahagia.

PERSEMBAHAN

Laporan ini penulis persembahkan kepada :

1. Kedua orang tua yang penulis cintai

2. Kepala SMK NU Maarif Kudus3. Bapak dan Ibu Guru SMK NU Maarif Kudus

4. Siswa siswi SMK NU Maarif Kudus5. Adik adik kelas X

6. Serta semua orang yang membaca laporan ini

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah penyusun panjatkan kehadiarat Allah S.W.T yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga akhirnya penyusun dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini sesuai dengan tenggang waktu yang telah diberikan oleh pihak sekolah. Dari hasil yang telah dilakukan dan dicapai selama penyusun mengikuti proses Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di KORAN MURIA , selama 3 bulan dari tanggal 1 Februari sampai dengan 30 April 2015, penyusun banyak mendapatkan pengetahuan yang lain di dalam dunia industri dan yang terutama sekali penyusun juga banyak mendapatkan pengalaman berharga yang tak ternilai. Dan dengan bersumber dari hal-hal tersebut, akhirnya menjadi dasar dan bahan bagi penyusunan laporan ini. Sebelum melanjutkan penyusunan, terlebih dahulu penyusun mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak Drs. Akhmad Nadlib, selaku Kepala SMK NU Maarif Kudus2. Bapak Eko Prasetyo Julianto, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK NU Maarif Kudus3. Bapak Heru Saputro, S.Kom, selaku pembimbing di Sekolah.4. Ibu Siti Merie selaku Pimpinan Redaksi5. Saudara Agus Sriyanto selaku Pembimbing PRAKERIN6. Bapak ibu guru yang telah membantu dan memberikan dukunganya.

7. Kedua orangtua yang telah memberi dorongan dan semangat.

8. Semua pihak yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu yang senantiasa selalu membantu baik moral maupun materi

Penyusun mengakui bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, dengan dasar itu penulis mohon kritik dan saran yang sifatnya membangun.

Semoga laporan ini berguna, khususnya untuk penyusun dan masyarakat pada umumnya.

Kudus, 05 Mei 2015

Penyusun

DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL

i

LEMBAR PENGESAHAN

ii

MOTTO

iii

PERSEMBAHAN

iv

KATA PENGANTAR

v

DAFTAR ISI

vi

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

1

B. Rumusan Masalah

3C. Tujuan

3

D. Waktu dan Tempat

3

BAB II URAIAN UMUM

A. Sejarah Perusahaan

4

B. Struktur Organisasi

5

BAB IV PENUTUP

A. Kesimpulan

24B. Saran

24C. Penutup

25

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.Alasan saya memilih PRAKERIN dibidang layout desain yaitu karena saya tertarik dalam bidang tersebut. Menurut saya, layout desain ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi yang mempunyai keahlian di bidang ini, karena jarang-jarang sekolah memberi materi desain dalam pembelajaran. Saya Memilih PRAKERIN dibidang layout desain karena saya ingin menambah pengetahuan dan kemampuan di bidang IT.Latar belakang saya memilih PRAKERIN dibidang layout desain karena saya minat di bidang tersebut. Keinginan saya setelah masuk PRAKERIN tidak banyak, saya hanya ingin menambah wawasan, teman, pengetahuan dll. Cita-cita saya setelah masuk PRAKERIN dibidang layout desain, yakni ingin mengetahui lebih jauh desain-desain, imajinasi-imajinasi layout untuk membuat tampilan grafis yang menarik.B. Rumusan MasalahBerdasarkan dari latar belakang tersebut, kita dapat merumuskan masalah-masalah yang akan di bahas sebagai berikut :

1. Bagaimanakah perkembangan desain grafis sendiri?

2. Apa saja yang kamu harus kenali saat melakukan layout?

3. Bagaimana cara pembuatan layout satu halaman?

C. Tujuan 1. Meningkatkan kualitas pengetahuan di bidang IT Desain .2. Memberikan arahan positif di bidang IT Desain.3. Meningkatkan kemampuan di bidang IT Desain.4. Untuk mengetahui perhatian orang terhadap bidang IT Desain.5. Untuk mengetahui cara berkreatif membuat IT Desain menjadi tampilan yang menarik.D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Adapun waktu untuk melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah mulai dari tanggal 2 Februari s/d 30 April 2015 bertempat di Koran Muria Kudus Jalan Panjang Ring Road Kota Kudus.BAB II

PEMBAHASANA. Perkembangan Desain GrafisDesain grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Perjalanan desain dan gaya huruf latin mulai diterapkan pada awal masa kejayaan kerajaan ROMAWI. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama yang berhasil menaklukkan Yunani, membawa peradaban baru dalam sejarah Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet Latin yang dibawa dari Yunani. Pada awalnya alfabet Latin hanya terdiri dari 21 huruf : A, B, C, D, E, F, G, H, I, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, V, dan X, kemudian huruf Y dan Z ditambahkan dalam alfabet Latin untuk mengakomodasi kata yang berasal dari bahasa Yunani. Tiga huruf tambahan J, U dan W dimasukkan pada abad pertengahan sehingga jumlah keseluruhan alfabet Latin menjadi 26.

Ketika perguruan tinggi pertama kali berdiri di Eropa pada awal milenium kedua, buku menjadi sebuah tuntutan kebutuhan yang sangat tinggi. Teknologi cetak belum ditemukan pada masa itu, sehingga sebuah buku harus disalin dengan tangan. Konon untuk penyalinan sebuah buku dapat memakan waktu berbulan-bulan. Guna memenuhi tuntutan kebutuhan penyalinan berbagai buku yang semakin meningkat serta untuk mempercepat kerja para penyalin (scribes), maka lahirlah huruf Blackletter Script, berupa huruf kecil yang dibuat dengan bentuk tipis-tebal dan ramping. Efisiensi dapat terpenuhi ewat bentuk huruf ini karena ketipis tebalannya dapat mempercepat kerja penulisan. Disamping itu, dengan keuntungan bentuk yang indah dan ramping, huruf-huruf tersebut dapat ditulisakan dalam jumlah yang lebih banyak diatas satu halaman buku. Berikut ini adalah peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah perkembangan desain grafis. Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan pada tahun 1447 dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman untuk menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa. 1851, The Great Exhibition : Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851,pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain. Pameran digelar dalam bangunan berupa struktur besi-tuang dan kaca, sering disebut juga dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.1892, Aristide Bruant, Toulouse-Lautrec : Pelukis post-Impressionist dan ilustrator art nouveau Prancis, Henri Toulouse-Lautrec melukiskan banyak sisi Paris pada abad ke sembilan belas dalam poster dan lukisan yang menyatakan sebuah simpati terhadap ras manusia. Walaupun lithography ditemukan di Austria oleh Alois Senefelder pada tahun 1796, Toulouse-Lautrec membantu tercapainya peleburan industri dan seni.1910, Modernisme : Modernisme terbentuk oleh urbanisasi dan industrialisasi dari masyarakat Barat. Sebuah dogma yang menjadi nafas desain modern adalah Form follow Function yang di lontarkan oleh Louis Sullivan.Symbol terkuat dari kejayan modernisme adalah mesin yang juga diartikan sebagai masa depan bagi para pengikutnya. Desain tanpa dekorasi lebih cocok dengan bahasa mesin, sehingga karya-karya tradisi yang bersifat ornamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan estetika mesin1916, Dadaisme : Suatu pergerakan seni dan kesusasteraan (1916-23) yang dikembangkan mengikuti masa Perang Dunia Pertama dan mencari untuk menemukan suatu kenyataan asli hingga penghapusan kultur tradisional dan bentuk estetik. Dadaism membawa gagasan baru, arah dan bahan, tetapi dengan sedikit keseragaman. Prinsipnya adalah ketidakrasionalan yang disengaja, sifat yang sinis dan anarki, dan penolakan terhadap hukum keindahan.1916, De Stijl : Gaya yang berasal dari Belanda, De Stijl adalah suatu seni dan pergerakan disain yang dikembangkan sebuah majalah dari nama yang sama ditemukan oleh Theo Van Doesburg. De Stijl menggunakan bentuk segi-empat kuat, menggunakan warna-warna dasar dan menggunakan komposisi asimetris. Gambar dibawah adalah Red and Blue Chair yang dirancang oleh Gerrit Rietveld.1918, Constructivism : Suatu pergerakan seni modern yang dimulai di Moscow pada tahun 1920, yang ditandai oleh penggunaan metoda industri untuk menciptakan object geometris. Constructivism Rusia berpengaruh pada pandangan moderen melalui penggunaan huruf sans-serif berwarna merah dan hitam diatur dalam blok asimetris. Gamabr dibawah adalah model dari Menara Tatlin, suatu monumen untuk Komunis Internasional.1919, Bauhaus : Bauhaus dibuka pada tahun 1919 di bawah arahan arsitek terkenal Walter Gropius. Sampai akhirnya harus ditutup pada tahun 1933, Bauhaus memulai suatu pendekatan segar untuk mendisain mengikuti Perang Duni Pertama, dengan suatu gaya yang dipusatkan pada fungsi bukannya hiasan.1928-1930, Gill Sans : Tipograper Eric Gill belajar pada Edward Johnston dan memperhalus tipe huruf Underground ke dalam Gill Sans. Gill Sans adalah sebuah jenis huruf sans serif dengan proporsi klasik dan karakteristik geometris lemah gemulai yang memberinya suatu kemampuan beraneka ragam (great versatility).1931, Harry Beck : Perancang grafis Harry Back ( 1903-1974) menciptakan peta bawah tanah London (London Underground Map) pada tahun 1931. Sebuah pekerjaan abstrak yang mengandung sedikit hubungan ke skala fisik. Beck memusatkan pada kebutuhan pengguna dari bagaimana cara sampai dari satu stasiun ke stasiun yang lain dan di mana harus berganti kereta.1950s, International Style : International atau Swiss style didasarkan pada prinsip revolusioner tahun 1920an seperti De Stijl, Bauhaus dan Neue Typography, dan itu menjadi resmi pada tahun 1950an. Grid, prinsip matematika, sedikit dekorasi dan jenis huruf sans serif menjadi aturan sebagaimana tipografi ditingkatkan untuk lebih menunjukkan fungsi universal daripada ungkapan pribadi.1951, Helvetica : Diciptakan oleh Max Miedinger seorang perancang dari Swiss, Helvetica adalah salah satu tipe huruf yang paling populer dan terkenal di dunia. Berpenampilan bersih, tanpa garis-garis tak masuk akal berdasarkan pada huruf Akzidenz-Grotesk. Pada awalnya disebut Hass Grostesk, nama tersebut diubah menjadi Helvetica pada tahun 1960. Helvetica keluarga mempunyai 34 model ketebalan dan Neue Helvetica mempunyai 51 model.1960s, Psychedelia and Pop Art : Kultur yang populer pada tahun 1960an seperti musik, seni, disain dan literatur menjadi lebih mudah diakses dan merefleksikan kehidupan sehari-hari. Dengan sengaja dan jelas, Pop Art berkembang sebagai sebuah reaksi perlawanan terhadap seni abstrak. Gambar dibawah adalah sebuah poster karya Milton Glaser yang menonjolkan gaya siluet Marcel Duchamp dikombinasikan dengan kaligrafi melingkar. Di cetak lebih dari 6 juta eksemplar.1984, migr : Majalah disain grafis Amerika, migr adalah publikasi pertama untuk menggunakan komputer Macintosh, dan mempengaruhi perancang grafis untuk beralih ke desktop publishing ( DTP). Majalah ini juga bertindak sebagai suatu forum untuk eksperimen tipografi.B. Pengenalan Sebelum Layout

BAB IIIPENUTUP

A. Kesimpulan

Setelah penyusun menyelesaikan kegiatan prakerin ini maka penyusun dapat menyimpulkan bahwa, Gunt Computer merupakan salah satu prusahaan yang dimiliki pribadi oleh Bapak Guntur Nugraha S. Pd, yang bergerak dibidang Rental, Pengetikan, meintenence, networking, upgrade, warnet dan lain lain. Selain itu Gunt Computer juga perusahaan yang telah berpartisipasi dalam rangka mengurangi angka pengangguran khususnya di wilayah Kota Banjar yaitu dengan mengadakan kegiatan tahunan kursus gratis untuk para pemuda yang mempunyai minat dan kemauan untuk mendalami bidang komputer.

Gunt Computer juga merupakan sponsor dari setiap kegiata kegiatan yang diselenggarakan pemkot Kota Banjar, seperti :

1. Hikking Relly setiap tahun

2. Setiap kegiatan di SMA Negeri Banjar

3. Pameran Banjar Fair tahun 2008

Relasi relasi yang tergabung atau sebagai sponsor Gunt Computer adalah :

1. Radio Jas FM Banjar

2. Kejaksaan Negeri Banjar

3. PT Jarum Indonesia. Tbk

4. Dinas Pendidikan Kota Banjar

5. Sekolah sekolah Se-Kota Banjar (Khususnya SMP)

Yaitu dalam bidang service dan pengadaan barang barang yang terkait.

B. Saran

1. Lebih meningkatkan mutu pelayanan terhadap konsumen.

2. Lebih meningkatkan pengawasan dari pimpinan untuk ketertiban kinerja karyawan

3. Lebih meningkatkan ketertiban yang sudah berlaku,

4. Hargailah Karyawan-karyawan lama.

C. Penutup

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan syukur kehadirat Allah S.W.T, karena rahmat dan hidayah-Nya, akhirnya penulis dapat menyelesaikan laporan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) di Gunt Computer Banjar. Dan tidak lupa pula Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Penulis, baik moral maupun materil. Dan juga atas diberikannya kesempatan untuk Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) dan mengenali Dunia Usaha di Gunt Computer Banjar.

Penulis juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pembimbing yang telah membimbing sampai Penulis menyelesaikan Laporan ini dan juga beserta karyawan-karyawan Gunt Computer yang membantu Penulis selama PRAKERIN.

Penulis mohon maaf atas segala kesalahan yang telah diperbuat, baik disengaja maupun tidak disengaja. Penulis juga menyadari bahwa Penulis disini juga masih tahap belajar, jadi harap di maklumi, dan Penulis juga masih banyak membutuhkan bimbingan dari semua pihak. Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kesempurnaan Laporan Praktik Kerja Industri ini. Dan semoga laporan ini dapat berguna bagi semua pihak dan bagi penulis khususnya.

LAMPIRAN

A. Jurnal PrakerinB. Lembar AsistensiKARTU ASISTENSI ( BIMBINGAN )

NOTANGGALMATERI BIMBINGANCATATANPARAF PEMBIMBING

1.

Penulisan nama harus lengkap

Daftar Gambar dibuat seperti daftar isi

Manfaat prakerin keterangan gambar

Gambar 3.1 primter tebal

Ukuran 10

Kata / pemilihan kalimat lebih di teliti

Buat Biodata

Diperbaharui

C. Foto DokumentasiGambar Perbaikan/Servis PC Epson

Gambar Kegiatan Refiil/isi Ulang Tinta Printer Epson

ii

iii

iv

v

vii

24

25