contoh format laporan KKN UNIMA

download contoh format laporan KKN UNIMA

of 29

  • date post

    17-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    196
  • download

    35

Embed Size (px)

description

contoh format laporan KKN UNIMA LPM

Transcript of contoh format laporan KKN UNIMA

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN KEGIATAN KKN Gel. I Tahun 2014Universitas Negeri ManadoNama Nama Peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata)Gel. I Tahun 2014BADAN ASET

Mengetahui,

Sekretaris BADAN ASET

Dr.Justus. D.T. SangerNIP. 195708061988031001

Koordinator KKN UNIMA Koordinator Posko

Dr. Paul Pontoh, M.PdMeylan S. Yakobus NIP. 1958070221987031003 NIM. 11 314 179KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan lindunganNya sehingga kami dapat melaksanakan Kuliah Kerja Nyata KKN di Unit Kerja Badan Aset , mulai tanggal 15 Februari sampai dengan 23 April.KKN merupan salah satu mata kuliah intrakulikuler dalam rangka melengkapi studi mahasiswa yang nantinya akan kembali ke masyarakat. Lewat KKN mahasiswa dapat memecahkan dan memberikan solusi bagi kemajuan tempat dimana mahasiswa melakukan KKN.Selama melaksanakan KKN, berbagai pihak telah memberikan bantuan dan dukungan baik spiritual maupun financial. Oleh karna itu, dengan tulus hati kami menyampaikan terima kasih kepada :

1. Prof. Dr. Ph. E. A. Tuerah, M.SI, DES selaku Rektor UNIMA2. Dr. Joppy Liando, M.Pd Ketua LPM3. Dr. Paul Pontoh, M.Pd selaku coordinator KKN UNIMA4. Dr.Justus. D.T. Sanger5. Willy B. Tombeng6. Orang tua dan berbagai pihak yang selalu memberikan dorongan dan motivasi baik secara moral maupun spiritual.

Kesempurnaan dari laporan ini kami sadari belum memadai, harapan kami saudara/i dapat memberikan saran dan kritik yang membangun sehingga bisa menjadi acuan bagi siapa yang ingin membuat laporan untuk selanjutnya.

Tondano, 11 Juni 2014

Hormat Kami,

Mahasiswa KKN UNIMA Gel. I Tahun 2014

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN

KATA PENGANTAR ...iBAB I PENDAHULUAN ....iiA. Badan Aset.................................................................................................................1B. Kuliah Kerja Nyata KKN ..2C. Dasar dan Tujuan Pelaksanaan KKN ....3D. Maksud dan Tujuan Pelaksanaan KKN .....4E. Sasaran Pelaksaan KKN ....5

BAB II TINJAUAN TEORITIS

A. Kajian Teori ....6B. Tugas Pokok dan Fungsi ....7C. Pendekatan .....8D. Program Pengabdian Kepada Masyarakat .....9E. Kebijakan Umum ..10F. Pengelolaan Pengabdian Kepada Masyarakat ..11

BAB III KEADAAN LOKASI

BAB IV LAPORAN KERJA

BAB V PENUTUP

A. Kesimpulan ..B. Saran

LAMPIRAN

Nama Nama Mahasiswa KKN

Rincian Dana

DokumentasiBAB I

PENDAHULUAN

A. Badan Aset

Badan Aset adalah salah satu lembaga dalam lingkup Universitas Negeri Manado yang berperan dalam mengelola aset - aset Unima, baik dalam hal bergerak dan tidak bergerak, yang termasuk dalam hal bergerak seperti kendaraan dinas, dan tidak bergerak khususnya tanah, bangunan-bangunanan, dan lain-lain. Adapun Lembaga BADAN ASET ini di bentuk pada tahun 2012 hingga sekarang.Keberadaan BADAN ASET merupakan organisasi yang sangat penting bagi UNIMA karena badan aset merupakan wadah yang mengelolah aset-aset yang ada di UNIMA. Struktur organisasi BADAN ASET :

Sekertaris: Dr. Justus D. T. Sanger, SH

B. Kuliah Kerja Nyata KKNPerguruan Tinggi Indonesia lahir dari situasi perjuangan dalam merebut kembali menegakkan dan membela kemerdekaan bangsa dalam periode 1945 sampai 1949. Karena itu perguruan tinggi kita memiliki corak nasional dan universal yang beridiri di tengah tengah masyarakat sebagai bagian integral dari masyarakat yang sedang berjuang dalam rangka mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, serta pusat dan perangkat pembangunan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni IPTEK.Tercatat dalam sejarah perjuangan membela dan mempertahankan kemerdekaan kita, civitas perguruan tinggi telah banyak menunaikan darma baktinya dalam berbagai bidang seperti pengiriman dokter ke berbagai frond pembentukan rumah sakit sewaktu gerilya, pendirian pabrik pabrik oleh para insinyiur, pengadaan pengadaan logistic oleh para ahli pertanian, bantuan tenaga tenaga ahli ke bertbagai sector dan sebagailnya.Kuliah Kerja Nyata KKN lahir dari andil mahasiswa dalam pembangunan, KKN INI muncul atau lahir dari kesadaran bahwa mahasiswa sebagai calon sarjana harus siap bekerja untuk pembangunan dengan memanfaatkan sebagian waktu belajarnya dengan cara keluar dari ruang keliahnya.Kegiatan KKN ini mulai dilaksanakan sejak tahun akademik 1971/1972 dengan istilah yang dikenal dengan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat dan sebagai proyek perintis.Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini lebih ditingkatkansetelah presiden republic Indonesia pada bulan februari 1972 menganjurkan dan mendorong wsetiap mahasiswa untuk memecahkan persoalan pembangunan sebagai bagian dari kurikulernya.

C. Dasar dan Tujuan Pelaksanaan KKNKuliah Kerja Nyata KKN merupakan usaha mengintegrasikan antara pengabdian kepada masyarakat dengan pendidikan dan penelitian yang dilaksanakan terutama oleh mahasiswa karena pembangunan adalah tanggung jawab semua lapisan masyarakat termasuk poerguruan tinggi dan civitas akademik.Kuliah Kerja Nyata KKN adalah pelaksanaan falsafahpendidikan yang berdasarkan undang undang No. 22 tahun 1961 dalam rangka Tri Dharma perguruan tinggi. Sebagai pelaksanaan amanat rakyat melalui MPR dengan ketetpan No. IV/MPR/1973 yang dikenal dengan judul pendidikan ilmu pengetahuan teknologi dan pembinmaan generasi muda antara lain menyatakan peningkatan peran perguruan tinggi dalam usaha pembangunan yang diarahkan untuk :1. Menjadikan perguruan tinggi sebagai pusat pemeliharaan dan pengembangan ilmu pengetahuan.2. Medidik mahasiswa berjiwa penuh pengabdian besar terhadap masa depan bangsa dan Negara Indonesia.3. Meningkatkan mahasiswa akan perannya dalam pembangunan nasional dan pembangunan daerah.

D. Maksud dan Tujuan Pelaksanaan KKN 1. Mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat dan berperan dalam pembangunan.2. Mahasiswa dapat memberikan pemikiran berdasarkan disiplin ilmu yang dikuasai.3. Perguruan tinggi memberikan kader pembangunan yang siap pakai dalam menanggulangi permasalahan pembangunan masyarakat.E. Saran Pelaksanaan KKNKuliah kerja Nyata mempunyai tiga 3 kelompok sasaran yaitu : mahasiswa, masyarakat bersama pemerintah daerah, dan perguruan tinggi.Masing masiang variable memperoleh manfaat sebagai berikut :1. Untuk Mahasiswaa. Memperdalam pengertian terhadap cara berpikir dan bekerja secara interdisiplinb. Memperdalam pengertian terhadap cara berpikir dan penghayatan terhadap penghayatan terhadap pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknplogi.c. Memperdalam penghayatan dan perngertian mahasiswa terhadap kesulitan pembangunan desa dan universitas.d. Mendewasakan cara berpikir serta daya penalaran mahasiswa.e. Membina mahasiswa menjadi motivator, dinamisator dan problem solver. 2. Untuk Masyarakata. Memperoleh bantuan dan tenaga dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan b. Memperoleh cara cara baru yang dibutuhkan untuk pembangunanc. Memperoleh pengalaman dalam menggali sert amenumbuhkembangkan berbagai potensid. Terbentuknya kader kader pembangunan di masyarakate. Memanfaatkan pikiran dan tenaga mahasiswa untuk melaksanakan program proyek poembangunan. 3. Untuk Perguruan Tinggia. Mendapatkan umpan balik sebagi hasil pengintegrasian mahasiswa dengan proses pembangunan masyarakat , sehingga materi kurikulum bisa disesuaikan dengan kebutuhan kampus.b. Memperoleh berbagai kasus berharga bagi materi perkuliahan untuk kepentingan penelitian dan pengabdian.c. Menyesuaikan dengan teknologi hasil yang diperoleh mahasiswa sehingga apa yang diperoleh sesuai dengan tuntutan nyata.d. Meningkatkan, memperluas dan mempercepat kerja sama dengan instansi serta departemen melalui rintisan kerja sama dari mahasiswa yang melaksanakan kuliah kerja nyata.

BAB II

TINJAUAN TEORITIS

A. Kajian TeoriLembaga Pengabdian Masyarakat UNIMA awalnya berstatus pusat pengabdian pada masyarakat. Dengan dikeluarkannya keputusan Mendikbud No. 0209/0/1995, pada tanggal 18 juli 1995, status pusat pengabdian pada masyarakat berubah menjadi lembaga pengabdian kepada masyarakat LPM.Peratuaran pemerintah PP No. Tahun 1990 tentang pendidikan tinggi merupakan pengejahwantahan unu\dang undang No. 2 tahun 1989 tentang system pendidikan nasional membuka peluang besar bagi upaya pendidikan Tri Dharma perguruan tinggi serta pengembangan sumber daya manusia, dan secara strategis member isyarat adanya kebijakan meningkatkan mutu dan efisien pendidikan dalam arti luas. Dengan adanya otonomi pengelolaan di perguruan tinggi, prioritas pengembangan sumber daya disetiap perguruan tinggi hendaknya beoerientasi kepada tujuan pembangunan, baik dalam jangka panjang, menengah maupun pendek. Demikian pula karena paerguruan tinggi dalam merumuskan program kegiatannya khususnya menyangkut pengabdian kepada masyarakat dapat menopang pembangunan regional dan nasional.UNIMA sebagai institusi yang mempersiapkan tenaga kependidikan dan tebaga ahli memandang perlu adanya satu langkah dalam melksanakan pengabdian sehingga mampu membantu masyarakat yang membutuhkan.B. Tugas Pokok dan Fungsi LPMLembaga Pengabdian kepada Masyarakat adalah unsure pelaksanaan akademik dalam lingkungan UNIMA Tondano dengan fungsi utama mengkoordinir kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari staf dosen baik kelompok maupun mandiri, disamping itu juga melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat lintas sektoral dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ditugaskan secara institusional oleh Rektor.Pengabdian kepada masyarakat adalah pengalaman IPTEK secara ilmiah, melembaga dan langsung kepada masyaraklat. Secara ilmiah berarti dengan metodologi yang tepat rasional dan objektif. Melembaga berarti mempunyai sub system bagian dari system pengembangan UNIMA, melalui prosedur, metode dan cara cara yang sesuai dengan aturan yang berlaku dan sesuai dengan aturan /