CONTOH ANALISA PERTANDINGAN FUTSAL

download CONTOH ANALISA PERTANDINGAN FUTSAL

of 34

  • date post

    22-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    174
  • download

    16

Embed Size (px)

description

CONTOH DARI ANALISA PERTANDINGAN FUTSAL, YANG DI ISI BERDASARKAN HASIL ISIAN DATA STATISTIK PERTANDINGAN FUTSAL

Transcript of CONTOH ANALISA PERTANDINGAN FUTSAL

  • 1

    MODEL FORM DATA STATISTIK PERTANDINGAN FUTSAL

    MATERI UNTUK MEMBUAT ANALISA PERTANDINGAN BAGIAN DARI LAPORAN TEKNIK (TECHNICAL REPORT)

    CONTOH ANALISA PERTANDINGAN FUTSAL (MA-MSU) E-I

    M. ACHWANI MANAJEMEN SPORT UTAMA

    2015

  • 2

    CONTOH ANALISA PERTANDINGAN FUTSAL BERDASARKAN CONTOH ISIAN FORM DATA STATISTIK PERTANDINGAN SIMULASI FUTSAL

    PENGANTAR SESUAI RANGKAIAN JADUAL PERTANDINGAN SIMULASI FUTSAL YANG TELAH DI TETAPKAN SEBELUMNYA, PADA NOMOR PERTANDINGAN (NP) 3, MEMPERTEMUKAN AA FC MELAWAN BB FC PADA TANGGAL 1 JANUARI 2015 BERTEMPAT DI GOR FUTSAL AB YANG BERKESUDAHAN DENGAN ANGKA 4-1 (2-0), GOL YANG DI CETAK AA FC TIGA DI ANTARANYA MELALUI TENDANGAN DARI TITIK PENALTI 2 DAN SATU DARI SERANGAN YANG DI BANGUNNYA, GOL SATU-SATUNYA BB FC JUGA DI CETAK DARI TITIK PENALTI 2. KEEMPAT TENDANGAN DARI TITIK PENALTI 2 TERSEBUT MERUPAKAN HUKUMAN DARI AKUMULASI PELANGGARAN YANG DI BUAT PEMAIN LAWANNYA HANYA SATU GOL YANG TERCIPTA DENGAN BOLA HIDUP PADA PERTANDINGAN INI. CONTOH ANALISA PERTANDINGAN FUTSAL INI DI BUAT UNTUK MENGGAMBARKAN SITUASI PERTANDINGAN FUTSAL TERSEBUT SECARA KUANTITATIF MAUPUN KUALITATIF, PADA KESEMPATAN INI DI SAJIKAN CONTOH ANALISA PERTANDINGAN FUTSAL SEPERTI DI MAKSUD, GUNA KEPERLUAN SEBAGAI SALAH SATU RUJUKAN UNTUK MEMBUAT EVALUASI PEMAIN MAUPUN TIM. DAN JUGA SEBAGAI BAHAN PERBAIKAN PENAMPILAN PEMAIN MAUPUN TIM SELANJUTNYA, DENGAN MEMPERGUNAKAN BAHAN ANALISANYA BERASAL DARI CONTOH ISIAN FORM DATA STATISTIK PERTANDINGAN FUTSAL, YANG BERSIFAT KUANTITATIF SESUAI JUDUL KOLOM PADA SETIAP FORM DATA STATISTIK YANG TERSEDIA, DI BUAT SEUSAI PERTANDINGAN TERSEBUT, YANG JUGA DAPAT DI MANFAATKAN LANGSUNG SEBAGAI SALAH SATU RUJUKAN UNTUK KEPERLUAN MEMBUAT ANALISA TEKNIK DAN LAPORAN TEKNIK. UNTUK MELENGKAPI MATERI ANALISA PERTANDINGAN INI JUGA BISA DI AMBIL DARI CATATAN TAMBAHAN BERSIFAT KUANTITAS DAN KUALITATIF YANG DI BUAT SAAT PERTANDINGAN DI LUAR YANG TEREKAM PADA FORM STATISTIK PERTANDINGAN, UNTUK LEBIH MENGGAMBARKAN APA YANG TERJADI SAAT PERTANDINGAN.

  • 3

    SENTUHAN BOLA SENTUHAN BOLA DISINI DI HITUNG SEJAK TENDANGAN AWAL (KICK OFF) UNTUK PEMAIN LAPANGAN, DI MULAI KETIKA MENGONTROL BOLA ATAU MENYETOP BOLA, MENGGIRING BOLA, MENGUMPAN BOLA, MENENDANG DAN MENEMBAK BOLA KE GAWANG LAWAN, KEMUDIAN JUGA PADA SAAT MEREBUT BOLA, MEMOTONG DAN MEMBUANG BOLA, MENEMBAK KE GAWANG LAWAN DAN TENDANGAN DARI BERBAGAI BOLA DIAM. KEMUDIAN SENTUHAN BOLA KHUSUS PENJAGA GAWANG, DI HITUNG MULAI DARI KETIKA MENANGKAP BOLA, MEMBLOK/MENTIP/MEMUKUL BOLA, MENAHAN BOLA DENGAN KAKI, MELEMPAR/MENGUMPAN BOLA (BISA DENGAN KAKI) DAN PEMBERSIHAN GAWANG. PADA PERTANDINGAN, HITUNGAN SENTUHAN BOLA PENJAGA GAWANG PADA SAAT TERTENTU SENTUHAN BOLANYA BISA SAMA DENGAN PEMAIN LAPANGAN, MISALNYA KETIKA IA HARUS KELUAR DARI SARANGNYA UNTUK MENYELAMATKAN GAWANGNYA DENGAN TENDANGAN MEMBUANG BOLA KELUAR LAPANGAN PERMAINAN SERTA MENGGIRING BOLA, MENGUMPAN BOLA DAN MENEMBAK BOLA BILA MEMBANTU SERANGAN, ATAU TERUTAMA KETIKA SEDANG DI MAINKAN POWER PLAY. PADA PERTANDINGAN TERSEBUT SESUAI DATA STATISTIK YANG TERSAJI, SENTUHAN BOLA LEBIH BANYAK DI LAKUKAN PARA PEMAIN DARI AA FC, DENGAN KATA LAIN PENGUASAAN BOLA (BALL POSSESION) LEBIH UNGGUL, DENGAN JUMLAH SENTUHAN BOLA 302 BAGI AA FC DI BANDING JUMLAH SENTUHAN BOLA 264 BAGI BB FC PADA PARUH PERTAMA DAN SENTUHAN BOLA 308 BAGI AA FC DAN 231 BAGI BB FC PADA PARUH KEDUA. SENTUHAN BOLA ATAU PENGUASAAN BOLA DENGAN PERBEDAAN SELISIH 38 SENTUHAN LEBIH BANYAK BAGI AA FC, HAL ITU MENUNJUKAN BAHWA PERMAINAN PADA PARUH PERTAMA LEBIH DI KUASAI AA FC KENDATI TIDAK TERLALU LELUASA ATAS LAWANNYA, KARENA PARA PEMAIN BB FC MAMPU MEMBERIKAN PERLAWANAN YANG MEMBUAT PARA PEMAIN AA FC BEKERJA EKSTRA KERAS UNTUK MENGATASI PERLAWANAN YANG DI BERIKAN PARA PEMAIN BB FC, SEHINGGA PERTANDINGAN BERJALAN DENGAN KETAT DARI MENIT KE MENIT, KARENA KEDUA PIHAK MAMPU MENJAGA PENGUASAN BOLA SELAMA MUNGKIN DI SETIAP KALI ADA KESEMPATAN TIMNYA MENGUASAI BOLA.

  • 4

    SENTUHAN BOLA DARI SETIAP PEMAIN KEDUA PIHAK DENGAN MENGALIRKAN BOLA DARI KAKI KE KAKI, MULAI DARI DAERAH PERTAHANAN SENDIRI, BERGESER SEDIKIT DEMI SEDIKIT MEMASUKI DAERAH PERTAHANAN LAWAN MELALUI SENTUHAN UMPAN PENDEK DARI PEMAIN YANG BERPOSISI DI BELAKANG KEPADA PEMAIN YANG BERPOSISI DI TENGAH CUKUP LANCAR MENGALIR. HANYA MENJADI AGAK TERSENDAT ALIRANNYA KETIKA BOLA HENDAK DI SUPLAI KEPADA PEMAIN KAWAN YANG BERPOSISI DI DEPAN, PEMAIN YANG BERADA DI DEPAN DARI KEDUA TIM KURANG BANYAK MELAKUKAN PERGERAKAN-PERGERAKAN TANPA BOLA UNTUK MEMBUKA RUANG TEMBAK BAGI PEMAIN KAWANNYA, MAUPUN MELEPASKAN DIRI DARI KAWALAN PEMAIN LAWAN UNTUK MEMUDAHKAN KAWANNYA MENSUPLAI BOLA, ATAU JUGA GUNA MEMUDAHKAN PEMAIN KAWANNYA UNTUK MELAKUKAN PENETRASI LANGSUNG MENUSUK KE GAWANG LAWAN. AKHIRNYA ALIRAN BOLA LEBIH SERING BERAKHIR DI SINI PERJALANANNYA, KARENA KEHILANGAN BOLA DI REBUT PEMAIN BERTAHAN, TERKADANG MENENDANG TERGESA-GESA SEHINGGA BOLA YANG DI TENDANGNYA KE LUAR DARI SASARAN GAWANG YANG INGIN DI TUJUNYA, HAL INI KERAP TERJADI BAGI KEDUA PIHAK SEHINGGA SENTUHAN BOLANYA BERAKHIR DENGAN CARA SEPERTI ITU SAJA. SENTUHAN BOLA UMUMNYA LANCAR KETIKA PARA PEMAIN MENGALIRKAN BOLA DARI KAKI KE KAKI DENGAN CEPAT KETIKA MASIH BERGULIR DI DAERAHNYA SENDIRI, KEMUDIAN MENGENDUR KECEPATANNYA KETIKA BOLA SUDAH BERGULIR MELEWATI LAPANGAN TENGAH DAN MENJADI LAMBAT ALIRANNYA KETIKA SUDAH MEMASUKI DAERAH PERTAHANAN LAWAN. PADA PARUH PERTAMA INI SENTUHAN BOLA SETIAP PEMAIN DARI KEDUA PIHAK MASIH BERTENAGA, BERMAIN DALAM TEMPO TINGGI, BOLA BERGULIR DENGAN KECEPATAN SESUAI DENGAN KEINGINAN SI PENYENTUH BOLA, DI MANA PROSENTASI AKURASI MENGALIRKAN BOLA DARI KAKI KE KAKI MENYUSUR LAPANGAN PERMAINAN UNTUK MEMBERIKAN UMPAN TERARAH KEPADA KAWANNYA CUKUP TINGGI SAMPAI MENJELANG DAERAH PENALTI LAWAN, SESUDAH ITU TINGKAT AKURASINYA MENJADI MENURUN, ATAU TIDAK LAGI TERARAH SUPLAI BOLANYA.

  • 5

    MEMASUKI PARUH KEDUA PERTANDINGAN DENGAN PERBEDAAN SELISIH SAMPAI 77 SENTUHAN BOLA, ITU MAKIN MENUNJUKAN BOLA LEBIH BANYAK DI KUASAI PARA PEMAIN AA FC DARI PADA OLEH PEMAIN BB FC. ATAU DI BANDING PADA PARUH PERTAMA, AA FC BERTAMBAH 6 SENTUHAN BOLA MENJADI 308 SENTUHAN BOLA, SEDANGKAN BB FC MENGALAMI PENURUNAN 33 SENTUHAN BOLA MENJADI HANYA 321 SENTUHAN BOLA. PADA PARUH KEDUA INI PARA PEMAIN BB FC SENTUHAN BOLANYA SUDAH KURANG BERTENAGA LAGI, KARENA ADANYA PENURUNAN KONDISI FISIK DARI PARA PEMAIN BB FC, BOLA TIDAK LAGI BERGULIR DENGAN CEPAT, TINGKAT AKURASI MENGALIRKAN BOLANYA JUGA MENGALAMI PENURUNAN, SENTUHAN BOLA SAAT MENSUPLAI BOLA UNTUK PEMAIN KAWANNYA TERLIHAT MENJADI KURANG TERARAH, SALAH ARAH MENGALIRKAN BOLA ATAU BOLA OUT MAUPUN BOLA MELENCENG DARI SASARAN YANG DI TUJU MEWARNAI PERMAINAN PADA PARUH KEDUA. TETAPI ALIRAN BOLA KEDUA PIHAK MASIH TETAP SAMA CARANYA, KARENA UMUMNYA BERAKHIR DI DEKAT DAERAH PENALTI LAWAN SEBAGAIMANA TERJADI PADA PARUH PERTAMA.

    MENGUMPAN BOLA MENGUMPAN BOLA SEBAGAIMANA YANG TEREKAM DALAM DATA STATISTIK, PADA PARUH PERTAMA PARA PEMAIN AA FC MELAKUKAN 153 UMPAN, DI MANA 142 DI ANTARANYA UMPANNYA SAMPAI KEPADA KAWAN SATU TIMNYA DAN 11 KALI MELAKUKAN KESALAHAN MENGUMPAN BOLA ATAU BOLA OUT, PADA PARUH YANG SAMA PARA PEMAIN BB FC MELAKUKAN 112 UMPAN, DI MANA 100 DI ANTARANYA UMPANNYA SAMPAI KEPADA KAWANNYA DAN 12 KALI MELAKUKAN KESALAHAN MENGUMPAN BOLA DAN BOLA OUT. SECARA KUANTITATIF PARA PEMAIN AA FC LEBIH BANYAK BILANGAN MENGUMPAN BOLANYA DARI PADA BB FC, PERBEDAANYA 39 KALI MENGUMPAN LEBIH BANYAK, NAMUN TINGKAT KESALAHAN MENGUMPAN DAN BOLA OUT DI ANTARA KEDUANYA BERIMBANG KARENA PARA PEMAIN AA FC MELAKUKAN KESALAHANNYA SEBANYAK 11 KALI SEDANGKAN PARA PEMAIN BB FC MELAKUKAN KESALAHANNYA SEBANYAK 12, JADI HANYA BEDA TIPIS ATAU HANYA 1 KALI LEBIH SEDIKIT BAGI PARA PEMAIN AA FC.

  • 6

    BILA MELIHAT TINGKAT KESALAHAN MENGUMPAN BOLA PROSENTASENYA KECIL BAGI PARA PEMAIN KEDUA PIHAK PADA PARUH PERTAMA, OLEH KARENA ITU BISA DI KATAKAN BAHWA PARA PEMAIN DARI KEDUANYA MEMILIKI TINGKAT AKURASI MENGUMPAN BOLA CUKUP BAGUS, YANG DAPAT MENUTUPI TINGKAT KESALAHAN YANG DI LAKUKANNYA. PADA SAAT PERTANDINGAN UMUMNYA PARA PEMAIN TERLIHAT MENGUMPAN BOLA DARI SATU PEMAIN KE PEMAIN LAINNYA DI LAKUKAN DENGAN BAIK, SEBAGAIMANA DI SEBUT DI ATAS TERUTAMA BILA DI LAKUKAN DI DAERAH PERTAHANAN SENDIRI, KEMUDIAN JUGA CUKUP BAIK BILA DI LAKUKAN DI DAERAH SAYAP PERTAHANAN LAWAN PADA SAAT MEMBANGUN SERANGAN YANG DI BANGUN MULAI DARI BAWAH, NAMUN JARANG TERLIHAT MENGUMPAN ATAU SALING MENGUMPAN BOLA DI ANTARA KAWAN MELALUI DAERAH TENGAH YANG LANGSUNG MENUJU DAERAH GAWANG LAWAN. OLEH KARENA SERANGAN DARI KEDUA PIHAK LEBIH BANYAK DI BANGUN DARI SAYAP, UMPAN TARIK LEBIH BANYAK DI LAKUKAN DARI PADA UMPAN TEROBOSAN ATAU WALL PASS ATAU KERJA SAMA SEGI TIGA SALING MENGUMPAN UNTUK MEMBONGKAR PERTAHANAN LAWAN, CARA SEMACAM INI PROSENTASENYA LEBIH KECIL. UMPAN TARIK DARI SAYAP MENJADI PILIHAN TAMPAKNYA KARENA MEMASUKI DAERAH LAWAN DARI DAERAH PINGGIR LAPANGAN RELATIF LEBIH MUDAH DARI PADA LEWAT DAERAH TENGAH YANG MENJADI KONSENTRASI PEMAIN LAWAN MENGGALANG PERTAHANAN. TETAPI UMPAN TARIK DARI KEDUA PIHAK LEBIH BANYAK DARI ARAH KANAN PENGUMPAN ATAU DAERAH PERTAHANAN SEBELAH KIRI LAWAN, ITU LEBIH DI SEBABKAN PENGGUNAAN KAKI KIRI TIDAK LEBIH BAGUS DARI KAKI KANAN, ATAU KAKI KANAN MENJADI TUMPUAN UTAMA BERMAIN FUTSAL, KARENA LEBIH BANYAK DI PERGUNAKAN SETIAP SAAT BERMAIN FUTSAL OLEH KEBANYAKAN PEMAIN YANG TURUN BERTANDING, SEDANGKAN PENGGUNAAN KAKI KIRI NAMPAK JARANG DI PERLIHATKAN. NAMUN KUALITAS MENGUMPAN DARI PARA PEMAIN AA FC LEBIH BAIK DARI PADA PARA PEMAIN BB FC, KARENA BANYAK DARI UMPANNYA MENCAPAI PEMAIN KAWANNYA YANG BERPOSISI DI MUKA GAWANG LAWAN YANG MEMPUNYAI SUDUT CUKUP BAIK UNTUK MENEMBAK BOLA KE ARAH GAWANG LAWAN.

  • 7

    DALAM MELAKUKAN UMPAN DARI KAKI KE KAKI YANG MERAMBAT DARI DAERAH SENDIRI, PARA PEMAIN KEDUA PIHAK UMUMNYA MEMULAI MEMBANGUN SERANGANNYA MELALUI UMPAN PARALEL DARI PINGGIR LAPANGAN YANG SATU KE PINGGIR