Client Server VB6 Praktikum 4.docx

Click here to load reader

  • date post

    26-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    265
  • download

    16

Embed Size (px)

description

Praktikum VB6

Transcript of Client Server VB6 Praktikum 4.docx

Komunikasi Data Client Server Side Visual Basic 6

Komunikasi Data Client Server pada Visual Basic 6[Praktikum 4]

Disusun oleh : Nama: Prima Syams FathurrachmanNo. Absen: 18Kelas: XI TKJ 2

A. TujuanPraktikum ini diharapkan siswa dapat memahami konsep sistem client server, dimana pada praktikum ini sisi server dapat menerima request lebih dari satu client serta dapat mengirimkan request tersebut ke semua client yang terkoneksi.

B. Alat & Bahan Alat: - Seperangkat PC / Laptop Bahan: - Aplikasi Visual Basic 6

C. Keselamatan Kerja Berdoalah sebelum dan setelah selesai melakukan praktik Gunakan pakaian praktik Hati-hati dalam melakukan praktik Bersihkan tempat kerja setelah selesai melakukan praktik

D. Teori Pendukung Tentang Visual BasicMicrosoft Visual Basic(sering disingkat sebagaiVBsaja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment(IDE) visual untuk membuatprogramperangkat lunak berbasissistem operasiMicrosoft Windowsdengan menggunakan model pemrograman (COM).

Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrogramanBASICdan menawarkan pengembangan perangkat lunakkomputerberbasisgrafikdengan cepat.

Beberapabahasa skripsepertiVisual Basic for Applications(VBA) danVisual Basic Scripting Edition(VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.

Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakanWindows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.

Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas.Sebuah survey yang dilakukan pada tahun2005menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti olehC++,JavaScript,C#, danJava.

Tentang Komunikasi DataKomunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (komputer, laptop, printer, dll.) yang terhubung dalam sebuah jaringan.

Jenis Jenis Komunikasi Data : 1. Terestrial, menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya .2. Satelit, menggunakan satelit sebagai aksesnya.

Metoda Komunikasi :1. Simplex, yaitu komunikasi satu arah, pengirim hanya bisa mengirim pesan ke penerima dan tidak dapat menerima pesan & penerima hanya dapat menerima pesan dari pengirim dan tidak dapat mengirim pesan (Contoh : Radio, Televisi, dll)

2. Half-Duplex, yaitu komunikasi dua arah, pengirim dan penerima masing masing dapat mengirim dan menerima pesan tetapi secara bergantian (Contoh : Walkie Talkie, dll)

3. Full-Duplex, yaitu komunikasi dua arah seperti Half-Duplex, tetapi penerima dan pengirim dapat mengirim dan menerima pesan secara bersamaan dalam satu waktu (Contoh : Telepon, Video Call, dll)

Karakteristik Komunikasi Data Informasi lewat melalui sistem telekomunikasi dalam bentuk sinyal elektromagnetik, dengan dua cara: sinyal analog dan sinyal digital.Sinyal analog berbentuk gelombang berkesinambungan lewat melalui media komunikasi, biasanya untuk komunikasi suara.Sinyal digital berbentuk gelombang berlainan yang mentransmisikan data ke dalam dua status yang berbeda yaitu bit-1 dan bit-0, digunakan untuk komunikasi data.

Bentuk-bentuk komunikasi data Sistem Komunikasi Off lineSistem komunikasi Offline adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit).

Sistem Komunikasi On line.Pada sistem komunikasi On line ini, data yang dikirim melalui terminal komputer bisa langsung diperoleh, langsung diproses oleh komputer pada saat kita membutuhkan. Sistem Komunikasi Online ini dapat berupa: Realtime system Batch Processing system Time sharing system Distributed data processing system

Komponen Komunikasi Data :1.Receiver / Penerima, penerima data / informasi yang dikirim oleh sender.2.Sender / Pengirim,pengirim data / informasi yang selanjutnya akan diterima oleh receiver.3. Message / Pesan,data yang dikirim oleh sender.4. Media Transmisi,media yang dibutuhkan oleh data / informasi yang dikirim oleh sender agar sampai ke receiver (Contoh : Kabel, udara, dll).5. Protocol,aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih device agar dapat berkomunikasi. Standar protokol yang terkenal yaitu OSI (Open System Interconnecting) yang ditentukan oleh ISO (International Standart Organization). (Contoh : IEEE 802.11 standar yang digunakan untuk jaringan local menggunakan wireless).

E. Langkah Kerja Membuat Server Side1. Buatlah sebuah program baru pada Visual Basic dengan standard exe. Kemudian buat sebuah form baru pada Visual Basic (VB) dengan tampilan seperti gambar di bawah.

Komponen yang dibutuhkan untuk form di atas.ObjectPropertyIsi PropertyEvent / Action

FormNameForm1LoadTerminateUnload

CaptionChat Server

LabelNameLabel1, Label2

CaptionIP Address, Port

TextBoxNametxtOutput

Text

MultilineTrue

TextBoxNametxtServerIP

Text

TextBoxNametxtServerPort

Text

TextBoxNametxtInput

Text

CommandButtonNamecmdSendClick

CaptionSend

WinsockNamesckListeningConnectionRequest

LocalPort

Protocol0 - sckTCPProtocol

WinsockNamesckServerCloseData Arrival

Protocol0 sckTCPProtocol

Index0

2. Cara memasukkan komponen objek (Winsock, Label, Textbox) Winsock1. Klik kanan pada toolbox. Pilih Components.

2. Centang pada Microsoft Winsock Control 6 . Kemudian klik OK.

3. Winsock telah muncul pada toolbox.

Textbox1. Textbox terdapat pada area toolbox (kotak berwarna merah). Untuk menggunakannya, klik pada Textbox kemudian drag pada area form.

Label1. Label terdapat pada area toolbox (kotak berwarna merah). Untuk menggunakannya, klik pada Textbox kemudian drag pada area form.

CommandButton1. CommandButton terdapat pada area toolbox (kotak berwarna merah). Untuk menggunakannya, klik pada Textbox kemudian drag pada area form.

2. Selanjutnya ketikkan code di bawah ini ke dalam komponen objek (Form, Winsock, dan Button) yang mengalami event/action pada tabel di atas. Buat variabel global pada jendela view code. Pilih pada tab General Declarations. Untuk membuka jendela view code, klik kanan pada form yang telah dibuat, pilih view code. Ketikkan source code seperti gambar di bawah.

Object Form.

Object Form dengan action Load

Object Form dengan action Terminate

Object Form dengan action Unload.

Object Winsock.

Object Winsock dengan nama sckListening dan action ConnectionRequest.

Object Winsock dengan nama sckServer dan action Close.

Object Winsock dengan nama sckServer dan action DataArrival.

CommandButton(Send)

Object CommandButton dengan nama CmdSend dan action Click.

3. Langkah terakhir buatlah sebuah module dalam VB dengan cara mengklik menu Project pada menu bar lalu pilih Add Module.

4. Pilih module lalu klik Open.

5. Ganti nama dengan MdlMain dan ketikkan code dibawah.

6. Setelah selesai membuat project server side simpan project tersebut pada folder tersendiri.

Membuat Client Side1. Buatlah sebuah program baru pada Visual Basic dengan standard exe . Buatlah sebuah form Visual Basic (VB) dengan tampilan seperti gambar di bawah.

Komponen yang dibutuhkan untuk form di atas.

2. Selanjutnya ketikkan code di bawah ini ke dalam komponen object (CommandButton, dan WinSock) yang mengalami event/action pada tabel di atas. Buat variabel global pada jendela view code. Pilih pada tab General Declarations. Untuk membuka jendela view code, klik kanan pada form yang telah dibuat, pilih view code. Ketikkan source code seperti gambar di bawah.

Object CommandButton (Send)

Object CommandButton dengan nama cmdSend dan action Click

Object Winsock

Object Winsock dengan nama sckClient dan action Connect.

Object Winsock dengan nama sckClient dan action DataArrival.

Object Winsock dengan nama sckClient dan action Error

3. Ubah nama Form Client menjadi FrmClient di kolom name (kotak berwarna merah).

4. Buatlah sebuah form lagi dengan cara mengklik menu project pada menu bar lalu pilih Add Form.

5. Pilih Form kemudian klik Open.

6. Lalu buat seperti gambar di bawah.

Komponen yang dibutuhkan untuk form di atas.ObjectPropertyIsi PropertyEvent / Action

FormNameFrmLogin

CaptionLogin

LabelNameLabel1, Label2, Label3

CaptionUsername, IP Address, Server Port

TextBoxNametxtUserName

Text

TextBoxNametxtServerIP

Text

TextBoxNametxtServerPort

Text

CommandButtonNamecmdOKClick

CaptionOK

CommandButtonNamecmdCancelClick

CaptionCancel

7. Ubah nama Form Login menjadi FrmLogin di kolom name (kotak berwarna merah).

8. Selanjutnya ketikkan code di bawah ini ke dalam komponen objek (Button) yang mengalami event/action pada tabel di atas. Buat variabel global pada jendela view code. Pilih pada tab General Declarations. Untuk membuka jendela view code, klik kanan pada form yang telah dibuat, pilih view code. Ketikkan source code seperti gambar di bawah.

Object CommandButton.

Object CommandButton dengan nama cmdOK dan action Click.

Object CommandButton dengan nama cmdCancel dan action Click.

9. Langkah terakhir buatlah sebuah module dalam VB dengan cara mengklik menu Project pada menu bar lalu pilih Add Module.

10. Pilih module lalu klik Open.

11. Ganti nama dengan MdlMain dan ketikkan code dibawah.

12. Setelah selesai membuat project client side simpan project tersebut pada folder tersendiri.

Pengecekan Aplikasi 1. Buka project vb client dan server. Kemudian run dengan menekan tombol .

Project VB Server Chat.

Project VB Client Chat.

2. Setelah kedua-duanya running, kita akan mencoba mengkoneksikan antara Server Side dengan Client Side. Isikan username sesuai keinginan anda. Ketikkan IP Address dan Port sesuai dengan server. Kemudian klik OK.

3. Client telah terkoneksi dengan Server. Setelah itu, coba kirim pesan dari Client ke Server dengan mengetik pada kolom message (kotak warna merah), setelah itu klik Send.

4. Pesan telah berhasil dikirim. Kemudian, saya akan mencoba mengirim pesan dari Server ke Client. Ketikkan pesan pada kolom message (kotak warna merah), lalu klik Send.

5. Pesan telah berhasil dikirim dari Server Chat ke Clien Chat dan sebaliknya.

Konfigurasi IP Address1. Buka Network Connections. Pilih salah satu interface yang akan digunakan. Di sini saya menggunakan interface Microsoft Loopback Adapter.

Klik kanan Pilih Properties

2. Pilih pada Internet Protocol (TCP/IP). Kemudian klik properties.

3. Setting IP Address sesuai keinginan. IP Address ini akan digunakan untuk menghubungkan Client dengan Server.

Setelah itu klik OK.