Citra Satelit

Click here to load reader

  • date post

    10-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    21
  • download

    1

Embed Size (px)

description

Presentasi mengenai Citra Satelit

Transcript of Citra Satelit

Citra dalam Pengindraan jauh

Spektrum ElektromagnetikFoto ultraviolet yaitu foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum ultraviolet dekat dengan panjang gelombang 0,29 mikrometer.

Sensor yang digunakanCitra tunggal, yakni citra yang dibuat dengan sensor tunggal yang salurannya lebar.

Citra foto dibedakan berdasarkan :

Spektrum ElektromagnetikSumbu kameraWarna yang digunakanWahana yang digunakanMenu utamaWahana yang digunakanFoto udara, yaitu diambil melalui pesawat udara atau balon.Foto satelit/orbital, yatu diambil melalui satelit.

Menu utamaMenu sebelumnyaCitra non fotoSpektrum Elektromagnetik

Foto ortokromatik yaitu foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum tampak dari saluran biru hingga sebangian hijau (0,4-0,56 mikrometer).Spektrum ElektromagnetikFoto pankromatik yaitu foto yang dengan menggunakan spektrum tampak mata dari warna merah sampai ungu.

Spektrum Elektromagnetik

Foto inframerah yang terdiri dari foto warna asli (true infrared photo) yang dibuat dengan menggunakan spektrum inframerah dekat sampai panjang geombang 0,9 mikrometer hingga 1,2 mikrometer dan infra merah modifikasi (inframerah dekat) dengan sebagian spektrum tampak pada saluran merah & saluran hijau.

Menu sebelumnyaMenu utamaSumbu KameraFoto condong atau foto miring (oblique photograph) yaitu foto yang dibuat dengan sumbu kamera menyudut terhadap garis tegak lurus ke permukaan bumi. Pada umumnya sebesar >10 derajat.Foto condong dibedakan menjadi :Foto agak condong (low oblique photograph) yaitu bila cakrawala tidak tergambar dalam foto.Foto sangat condong (high oblique photoghaph) yaitu apabila pada foto tampak cakrawalanya.Sumbu KameraFoto agak condongFoto sangat condong

Menu utamaMenu sebelumnyaWarna yang digunakan

Foto berwarna asli (true colour). Contoh foto pankromatik berwarna.

Menu sebelumnyaMenu utamaCitra non foto dibedakan menjadi :

Spektrum ElektromagnetikSensor yang digunakanWahana yang digunakanSpektrum Elektromagnetik

Citra radar dan citra gelombang mikro, yaitu yang dibuat dengan spektrum gelombang mikro yang merupakan hasil pengindraan dengan sistem aktif yaitu dengan sumber tenaga buatan, sedangkan sistem pasif yaitu dengan sumber tenaga alamiah.Menu utamaMenu sebelumnyaSensor yang digunakanCitra multispektral, yakni citra yang dibuat dengan sensor jamak, tetapi saluranya sempit, yang terdiri dari :Citra RBV (Return Beam Vidicon), yaitu yang sensornya berupa kamera yang hasilnya tidak dalam foto kerena detektornya bukan film dan prosesnya non fotografik.Citra MSS (Multi Spektral Scanner), yaitu yang sensornnya dapat menggunakan sspektrum tampak maupun spektrum inframerah thermal. Citra ini dapat dibuat dari pesawat udara.Menu sebelumnyaMenu utamaWahana yang digunakanCitra satelit (Satelit/Spacebone Image), yaitu citra yang dibuat dari antariksa atau angkasa luar. Citra ini dibedakan lagi atas penggunaannya, yaitu:Citra satelit untuk pengindraan planet. Contoh: Citra satelit VIKING (AS), Citra satelit Venera (RUS).Citra satelit untuk pengindraan cuaca. Contoh: NOAA (AS).Citra satelit untuk pengindraan sumber daya bumi. Contoh: Citra Landsat (AS), Citra Soyuz (RUS) Citra satelit untuk pengindraan laut. Contoh: Citra Seasat (AS), Citra MOS (JPG)Menu utamaMenu sebelumnyaTerima kasih..