Chap 2 PAsar Modal

download Chap 2 PAsar Modal

of 25

  • date post

    12-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    17
  • download

    8

Embed Size (px)

description

portfilio management

Transcript of Chap 2 PAsar Modal

  • PASAR MODALKelompok 5Fauzi RahmanGadiz DwivaIda Ayu Agung Idawati

  • PASAR MODALPerusahaan yang membutuhkan dana dapat menjual surat berharganya di pasar modal.PASAR PRIMERPASAR SEKUNDERPASAR KETIGAPASAR KEEMPATTempat perdagangan surat berharga yang baru dikeluarkan oleh perusahaan.Pasar modal yang dilakukan diantara institusi berkapasitas besar untuk menghindari komisi untuk broker.Pasar perdagangan surat berharga pada saat pasar kedua tutup.Tempat perdagangan surat berharga yang sudah beredar.

  • Penawaran Perdana ke PublikPerusahaan yang sedang berkembang, sangat membutuhkan dana tambahan.UTANG ATAU MENERBITKAN SAHAM BARU???Menambah modal

  • Menjual saham baruDijual kepada pemegang saham yang sudah ada.Dijual kepada karyawan lewat ESOP (employee stock ownership plan).Menambah saham lewat dividen yang tidak dibagi (dividend reinvestment plan).Dijual langsung kepada pembeli tunggal (biasanya investor institusi) secara privat (privat placement).Ditawarkan kepada publik.

  • Going publicKeuntunganKemudahan meningkatkan modal di masa mendatang.Meningkatkan likuiditas bagi pemegang saham.Nilai pasar perusahaan diketahui. KerugianBiaya laporan yang meningkat.Pengungkapan (disclosure).Ketakutan untuk diambil-alih.Jika perusahaan memutuskan untuk going public dan melemparkan saham perdananya ke publik (initial public offering), isu utama yang muncul adalah tipe saham apa yang akan dilempar, berapa harga yang harus ditetapkan untuk selembar sahamnya dan kapan waktunya yang paling tepat.

  • Fenomena harga murah di penawaran perdanaTerjadi karena penawaran perdana ke publik yang secara rerata murah.Secara rerata membeli saham di penawaran perdana dapat memperoleh return awal (initial return) yang tinggi.Return awal adalah return yang diperoleh dari aktiva di penawaran perdana mulai dari saat beli di pasar primer sampai pertama kali didaftarkan di pasar sekunder.

  • Banker Investasi (Investment banker)Perusahaan menyerahkan permasalahan yang berhubungan dengan IPO (initial public offering) ke banker investasi yang mempunyai keahlian di dalam penjualan sekuritas.Perantara antara perusahaan yang menjual saham (emiten) dengan investorFungsi banker investasi: pemberi saran (advisory function), pembeli saham (underwriting function), pemasar saham ke investor (marketing function).Penjualan sekuritas ke publik harus didukung dengan dokumen-dokumen berdasarkan hukum dan peraturan yang berlaku. Salah satunya adalah prospectus merupakan dokumen yang berisi informasi tentang perusahaan penerbit sekuritas dan informasi lainnya yang berkaitan dengan sekuritas yang ditawarkan.

  • PASAR MODAL SEKUNDERSekuritas yang baru selesai dijual di pasar primer melalui banker investasi, kemudian diperdagangkan untuk publik di pasar sekunder.Pasar sekunder dibedakan menjadi pasar bursa saham (stock exchange) dan over- the counter (OTC) market.

  • Pasar Bursa Saham (Pasar lelang)Proses penjualan saham di stock exchange market (pasar bursa saham atau pasar modal atau bursa efek) umumnya menggunakan sistem lelang (auction).Disebut pasar lelang karena transaksi dilakukan secara terbuka dan harga ditentukan oleh supply dan demand dari anggota bursa yang ask price (atau offer price atau harga penawaran terendah untuk jual) dan bid price (harga permintaan tertinggi untuk beli.

  • Specialist merupakan anggota dari bursa yang mendapat tugas untuk mengamati, mencatat dan menstabilkan harga serta volume transaksi dari suatu saham tertentu.

    Fungsi specialist yang lain, menstabilkan pasar dengan menyeimbangkan kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran.

    Transaksi di bursa dilakukan dengan order standar dalam ukuran round lot, yaitu 100 lembar saham. Jumlah lembar yang kurang dari 100 disebut odd lot.

  • BrokerFull-service brokerInvestment research and adviceAsset ManagementOrder executionClearingDiscount brokerOrder executionClearingWakil investor dalam melakukan transaksi di lantai bursa.

  • Pembayaran untuk pembelian sekuritasRekening kasMengharuskan investor untuk membayar penuh semua nilai pembeliannya sebelum atau pada tanggal jatuh tempo.Tanggal jatuh tempo (settlement date atau due date) umumnya adalah 4 hari (T+4) setelah tanggal transaksi.Rekening MarjinPembelian sekuritas dengan cara membayar terlebih dahulu sebagian (marjin) dari keseluruhan harga yang ada dan sisanya meminjam dari broker.Untuk pembelian tersebut, investor harus membuka rekening di broker, yang disebut rekening marjin.In street name merupakan sekuritas milik investor yang disimpan broker sebagai jaminan pembelian secara marjin.

  • Bentuk Order

  • Day order. Order ini hanya berlaku pada hari order diberikan.Good-till-canceled (GTC). Order ini akan terus berlaku sampai ada pemberitahuan untuk membatalkannya.Not held (NH). Mengizinkan broker untuk menggunakan judgment namun broker tidak bertanggung jawab atas judgment tersebut.Participate but not initiate (PNI). Instruksi kepada broker untuk menjual atau membeli selama harga sekuritas tidak berubah.All or None (AON). Investor menginginkan untuk membeli atau menjual dengan harga yang sudah ditentukan sejumlah lembar tertentu semuanya (all) sekaligus atau tidak (none) sama sekali.Immediate or cancel (IOC). Investor menginginkan semua atau sebagian order dieksekuasi segera (immediate) setelah order diterima dan sebagian sisanya yang tidak dapat dieksekusi untuk segera dibatalkan (cancel).Fill or Kill (FOK). Sama dengan IOC, tetapi semua order (tidak boleh sebagian saja) harus dieksekusi. Jika broker tidak dapat mengeksekusi semua order segera setelah diterima, order ini harus segera dibatalkan.

    Limit orderStop Order

  • Pasar modal untuk perusahaan yang lebih kecil dibandingkan dengan yang terdaftar di stock exchange market.Menggunakan sistem negosiasi, dimana harga ditentukan dengan cara negosiasi (tawar-menawar) antara investor dan dealer.Terdiri dari jaringan dealer yang siap membeli dan menjual sekuritas.Dealer mendapat laba dari perbedaan harga jual dan harga beli.Pasar NegosiasiOver The Counter (OTC) Market

  • PASAR MODAL INDONESIAPASAR MODAL INDONESIA

  • PENYELESAIAN TRANSAKSIINDEKS PASAR MODALSISTEM PERDAGANGAN DI BEIPROSEDUR PENDAFTARAN SEKURITAS DI BEIOTORITAS JASA KEUANGANBAPEPAM-LKSEJARAH PASAR MODAL DI INDONESIA

    Win8.1

  • SEJARAH PASAR MODAL di INDONESIA

    Periode jaman BELANDA(1912 1942 )Periode Orde Lama( 1951 1960 )Periode Bangun dari Tidur yang Panjang( 1988 1995 )Periode Orde Baru( 1977 1988 )Periode Tanpa Warkat(mulai Juli 2000)Periode Krisis Moneter(mulai Agustus 1997)Periode OtomatisasiJATS & S-MART(mulai 1995)Periode Penyembuhan(Oktober98 Desember02)Periode kebangkitan Kembali(Jan02 Jan08)Bursa Efek Indonesia( Oktober 2007)Periode Stagnasi(Agust11 Jun12)Periode Kejayaan(Apr09 Agust11)Periode Krisis Global(Jan08 Mar09)Ketidakpastian Tapering AS(Jun13 Jun14)Periode Kembali Berjaya(Jun11 Mei13)

  • BAPEPAM - LKPada tahun 1976 didirikan melalui Keputusan Presiden yang mulanya bernama BAdan PElaksana PAsar Modal (BAPEPAM) yang berperan untuk melaksanakan jalannya kegiatan pasar modal dan regulasinya.Namun karena dianggap meregulasikan pelaksanaan dirinya sendiri, maka pada tahun 1990 melalui Keputsan Presiden No.53 tahun 1990 mengubah BAPEPAM sebagai Badan Pengawas Pasar Modal yang fungsinya hanya sebagai pembuat Regulasi, pengkoordinir semua bursa-bursa pasar modal serta pengawas jalannya pasar modal (watch-dog)Pada tahun 2005, dilakukan penggabungan antara Unit Eselon I BAPEPAM dengan Unit Eselon I Direktorat Jendral Lembaga Keuangan (DJLK) sehingga menjadi BAPEPAM-LKBAPEPAM-LK mempunyai tugas merumuskan kebijakan di bidang Lembaga Keuangan, seperti membuat dan meyakinkan pelaksanaan peraturan,kebijakan, standar, norma dan pedoman kriteria serta prosedur yang ada di pasar modal dan juga menerapkan prinsip-prinsip keterbukaan bagi emiten dan Perusahaan Publik

  • OTORITAS JASA KEUANGANUU No.21 tahun 2011Lembaga Pengawas Industri Jasa Keuangan yang terpercaya-Pengaturan (Regulation)-Pengawasan (Supervision)-Pemeriksaan (Inpection)-Penyidikan (iInvesgation)Dewan KomisarisPasal 2Pasal 1--terselenggara dengan teratur, adil, transparan dan akuntabel-mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil-mamou melindungi kepentingan konsumen dan masyarakatPasal 4 Menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan didalam sektor jasa keuanganPasal 5

  • SISTEM PERDAGANGAN di BEITransaksi perdagangan di BEI menggunakan order-driven market system dan sistem lelang kontinyu (continous auction system) Apabila menggunakan order-driven market system berati bahwa pembeli dan penjual sekuritas yang ingin melakukan transaksi harus melalui broker.Apabila menggunakan sistem lelang kontinyu, harga transaksi ditentukan oleh penawaran (supply) dan permintaan (demand) dari investor.Selain transaksi tersebut terdapat transaksi reguler yang terdiri dari:Round lotBlock TradesCash TradesAdd-lot TradesForeign Board Trades

  • INDEKS PASAR MODALIndeks Harga Saham Gabungan (IHSG)Indeks Liquid 45 (ILQ-45)Indeks IDX (Indonesia Stock Exchange) SektoralIndeks Jakarta Islamic Index (JII)Indeks Papan Utama dan Indeks Papan PengembanganIndeks Kompas 100Indeks BISNIS-27Indeks PEFINDO25Indeks SRI-KEHATI Indeks Saham Syariah Indonesia (Indonesia Sharia Stock Index atau ISSI)

  • PENYELESAIAN TRANSAKSIProses Kliring merupakan proses-proses dalam penyelesaian pekerjaan-pekerjaan transaksi dilantai bursa.

    Salah satu badan yang dipercaya yaitu PT Kliring Deposit Efek Indonesia (KDEI) yang sekarang bernama PT Kliring Pinjaman Efek Indonesia (KPEI), menggunakan 5 buah saham yang paling liquid di BEJ, yang membuatnya berhasil mencoba sistem penyelesaian saham (kliring) untuk per