CD dan DVD

download CD dan DVD

If you can't read please download the document

  • date post

    05-Dec-2014
  • Category

    Education

  • view

    1.215
  • download

    7

Embed Size (px)

description

 

Transcript of CD dan DVD

  • 1. CD dan DVD Oleh : Eka Mia Hartanti (07 / XI KI) STM Pembangunan Yogyakarta
  • 2. Pengertian Umum Kepingan CD/DVD adalah sebuah media tempat penyimpanan data atau program, dimana data pada CD/DVD hanya bisa dibaca oleh Optik Disk yang ada pada CD/DVD Room.
  • 3. Pengertian CD (Compact Disc) CD atau Compact Disc adalah format digital standar untuk penyimpanan gambar video dalam suatu cakram padat.Atau disebut juga optik pada generasi pertama yang menggantikan disket (floppy) CD Disk optik dengan diameter maksimum 12 cm, dengan ketebalan 1,2 mm, single layer. Kapasitas simpan antara 650MB sampai 720MB.
  • 4. Detail Fisik CD Komponen CD Pertama adalah poros CD daerah transisi pertama (cincin penjepit). Daerah transisi kedua adalah daerah informasi dan RIM. CD sendiri secara fisik dibagi menjadi 2 yaitu : - CD dengan diameter 120 mm dapat menyimpan audio selama 80 menit. - CD dengan diameter 60-80 mm dapat menyimpan audio selama 24 menit. Lapisan tipis aluminium yg digunakan di permukaan untuk menimbulkan refleksi, lapisan ini dilindungi oleh sebuah film pernis yang diputar langsung ke lapisan reflektif. Logam ini dilindungi oleh sebuah film data di dalam CD disimpan dalam rangkaian lekukan kecil yang disebut pits, daerah antara pits disebut dengan lands.
  • 5. Pengertian DVD (Digital Versatile Disc) Disk optik generasi kedua pengembangan dari CD yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar yaitu sekitar 7x dari CD. DVD memiliki kapasitas penyimpanan 4,7 GB single layer dan dapat memutar film atau video dengan resolusi 720x4 piksel.
  • 6. JENIS-JENIS CD & DVD
  • 7. Jenis-jenis CD 1. CD Room Singkatan dari Compact Disk-Read Only Memory merupakan salah satu dari peralatan optical disc yang mampu menampung jumlah data yang banyak. CD-ROM berbentuk piringan cakram plastik yang kaku berukuran 650 MB / setara dengan 600 disket biasa. Piringan CD-ROM ini berwarna perak. Proses pembuatannya adalah dengan cara menaruh selembar lapisan plastik yang telah disinari oleh sinar laser. Data direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopik pada permukaan yang reflektif. Sinar laser itu akan membentuk semacam pit (lubang) berukuran mikro yang sangat kecil sekali. Lubanglubang itu akan membentuk deretan kode yang isinya berupa data. Sekali terbentuk lubang, maka tidak bisa ditutup lagi. Lalu lapisan plastik itu akan dibungkus lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul.
  • 8. Jenis-jenis CD 2. CD-R Singkatan dari Compact Disc-Recordable. Piringan CDR ini umumnya berwarna hijau tetapi ada beberapa yang berwarna biru, merah dan hitam. Proses pembuatannya mirip dengan CD-ROM yaitu dengan cara menaruh selembar lapisan plastik. Perbedaannya adalah lembaran plastik tersebut belum disinari oleh laser kemudian lapisan plastik akan dibungkus lagi oleh plastik cair yang berfungsi sebagai pelindung dan pemantul CD-R yang disebut juga dengan CD-Blank karena isinya masih kosong.
  • 9. Jenis-jenis CD 3. CD-RW Singkatan dari Compact Disc-ReWriteable. Piringan CD-RW ini umumnya berwarna ungu. Proses pembuatannya mirip dengan CD-ROM atau CD-R dengan cara menaruh selembar lapisan plastik. Perbedaannya lembaran plastik itu memiliki kemampuan untuk membuka dan menutup. Seperti yang telah dijelaskan bahwa lapisan data jika disinari oleh laser akan membuat lubang-lubang sebagai kode. Pada lapisan data CD-RW, lubang-lubang itu dapat menutup lagi jika dibutuhkan. Keuntungan dari CD-RW adalah keleluasaan dalam merekam dan menghapus data.
  • 10. Jenis-jenis DVD 1. DVD-ROM Ini adalah format DVD yang paling umum saat ini. Terdapat empat jenis DVD-ROM yaitu DVD5,DVD-9, DVD-10 dan DVD 18. DVD-5 dan DVD-9 adalah DVD single sided merupakan dual layer. Masing-masing memiliki kemampuan untuk menyimpan data sebanyak 4,37GB dan 7,95GB. . DVD ini tidak dapat ditulis, sesuai dengan namanya DVD-ROM (Read Only Memory) ini hanya dapat dibaca
  • 11. Jenis-jenis DVD 2. DVD-R (Readable) DVD-R adalah salah satu format yang dikembangkan oleh Pioneer. Pada DVD-R sendiri ada dua format yang tersedia yaitu DVD-R Autorithy (A) dan DVD-R General (G). DVD-R (A) lebih banyak digunakan untuk membuat master DVD pada proses penduplikasian DVD menggunakan mesin khusus dan menggunakan region code. Sedangkan DVD-R (G) untuk membuat master pada proses duplikasi yang lebih sederhana dan dalam jumlah yang lebih sedikit serta tidak memerlukan region code. Keduanya hanya dapat ditulis/diisi sekali saja
  • 12. Jenis-jenis DVD 3. DVD-RW (Readable-Writeable) DVD-RW adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R. Jika DVD-R hanya dapat dituliskan satu kali saja, maka DVD-RW dapat dituliskan sampai 1000 kali. Keuntungannya adalah bila ada kesalahan menulis, cakram masih dapat digunakan dengan cara menghapus data yang salah tersebut.
  • 13. Jenis-jenis DVD 4. DVD+R Perbedaan yang menonjol adalah tanda plus yang dimiliki DVD ini. DVD+R dikembangkan oleh Philips, Dell, Sony, HP, dan Microsoft. Jika pada versi minus hanya mendukung penulisan dengan satu layer saja, maka pada DVD+, DVD pada dituliskan dengan dua layer. Dengan kemampuan penulisan secara dua layer, kapasitas yang dimiliki DVD+ dapat lebih banyak dari DVD.
  • 14. Jenis-jenis DVD 5. DVD+RW Sama halnya dengan DVD+R yang juga dikembangkan Philips, Dell, Sony, HP, dan Microsoft. Jika DVD+R hanya dapat dituliskan sekali saja sebaliknya DVD+RW dapat dilakukan secara berulang-ulang.
  • 15. Cara Kerja CD dan DVD
  • 16. Setiap CD memiliki alur spiral mikroskopis yang bermula pada tepi luar dan berakhir di tengah (pusat) CD.Alur ini bermuatan dengan kode biner. Kode ini lantas dibaca oleh laser. Definisi Kode biner terdiri atas dua angka: 1 dan 0. Angka tersebut digunakan untuk membentuk kode biner. Kode ini lantas dibaca oleh komputer untuk kemudian diterjemahkan menjadi suara/gambar. Kode biner direkam dalam semacam logam mikroskopis yang diletakkan di dalam alur spiral CD. Permukaan logam tersebut atau yg datar/berlubang. Laser akan menerjemahkan hasil yang berbeda saat mengenai logam yang berlubang dan datar.
  • 17. Cara Kerja CD dan DVD Laser Seperti diulas sebelumnya, kode biner pada CD dibaca oleh laser. Laser menghasilkan 1 ketika mendeteksi lubang dalam logam serta menghasilkan 0 saat mengenai permukaan yang datar. Suara Kode biner menciptakan sampel suara dengan frekuensi sekitar 40.000 kali per detik. Hal ini dikenal sebagai frekuensi sampling dan diukur dalam satuan hertz. Saat membakar CD, Anda berarti sedang membuat kode biner pada logam mikro dalam alur spiral. Sebuah sinar laser merah mengenai kode biner yang terukir dalam logam mikroskopis saat CD diputar. Kode biner ini lantas diterjemahkan oleh komputer menjadi suara atau gambar
  • 18. Berikut ini Tips merawat CD dan DVD: 1. Perhatikan Warna Lapisan Pemantul Agar CD dan DVD saat ditulis dan dibaca tidak mengalami mas alah, Anda dianjurkan mencari CD/DVD yang lapisan pemantul nya berwarna silver (perak) atau agak keemasan. Anda jangan pernah memilih pemantul yang berwarna-warni (biru, merah apalagi hitam). Sebab lapisan pemantul ini berperan dalam pe mbacaan data dari CD/DVD yang telah ditulis. CD/DVD yang b erwarna-warni kemungkinan tidak ada kendala saat penulisan (write) oleh CD/DVD burner, namun ada kemungkinan akan su sah saat dibaca.
  • 19.