Cara Merekam Dan Mengedit Audio Menggunakan Adobe Audition

download Cara Merekam Dan Mengedit Audio Menggunakan Adobe Audition

of 7

  • date post

    27-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    2.339
  • download

    6

Embed Size (px)

Transcript of Cara Merekam Dan Mengedit Audio Menggunakan Adobe Audition

Cara Merekam dan Mengedit Audio menggunakan Adobe Audition Cara Merekam Suara Vocal1. Buka software Adobe Audition. Bila baru diinstall biasanya muncul demo project yang bisa Anda pelajari. Bila sudah mempelajari, tutup software Adobe Audition terus buka lagi.2. Merekam suara vocal atau sumber suara lainnya seperti gitar, keyboard, drum digital, dll, lebih baik gunakan Mode Single Track. Untuk mengubah posisi Single Track atau MultiTrack klik 'kotak hijau kecil' di bawah tulisan File.3. Hubungkan Mic ke dalam sound card Komputer atau Laptop Anda. Bisa mic dinamic bisa juga mic headset.4. Adobe Audition sudah pada mode Single Track kan... Nah, silahkan klik Record untuk mulai merekam (tombol merah di bagian bawah). Muncul Kotak peringatan memilih channel mono atau stereo. Klik OK.5. Mulai merekam. Bila terjadi kesalahan ngomong, lanjutkan saja sebab nanti bisa diedit atau di potong maupun dihapus.6. Selesai merekam. Klik Stop (tombol kotak di bagian bawah). Hapus bagian suara yang ingin dihapus, dengan cara mem-block bagian suara tertentu, kemudian tekan delete pada keyboard.7. Simpan ke folder tertentu dan ingat-ingat letaknya, dengan cara Klik File, klik Save As, beri nama file Anda, ubah format (Save as type) menjadi mp3PRO.

Cara Menggabungkan Suara Vocal dengan Lagu/Backsound1. Menggabungkan suara vocal dengan lagu atau backsound tertentu sangatlah mudah. Kita bisa menggunakan mode Multi Track pada Adobe Audition. Untuk mengubah posisi Single Track atau MultiTrack klik 'kotak hijau kecil' di bawah tulisan File.2. Mode Multi Track berisi banyak sekali track lagu/audio.3. Masukkan file audio vocal pada Track 1. Klik tahan dari kolom Files dan lepas di area Track 1.4. Masukkan file audio lagu atau backsound di Track 2. Klik tahan dari windows explorer, cari lagu yang sesuai dengan produk audio kita, lepas pada area Track 2.5. Atur tata letak 'track vocal' dengan 'track backsound' hingga dirasa didengar sudah pas. Geser tata letak dengan cara klik 'kanan' tahan pada mouse dan geser.6. Pastikan Mode "Edit Envelopes" dalam keadaan aktif (icon kotak kecil atas nomor 5 dari kanan)7. Silahkan atur volume file audio backsound atau lagu di Track 2. Misal, pada saat ada suara vocal lagu dipelankan, dan setelah vocal selesai kemudian backsound dikencangkan kembali. Atur volume dengan menggeser garis hijau (klik kiri tahan) pada tepi file audio.8. Selesai. Simpan dengan cara Klik File, klik Save Mixdown As, pilih format mp3PRO, klik Save. Untuk menyimpan file project, klik file, klik Save Sessions As. File project diperlukan bila Anda ingin mengedit lagi produk audio yang sudah Anda buat ini, suatu ketika nanti.

Mode Single Trackberisi 1 track audio

Mode Multi Trackberisi banyak track audio yang digabung-gabung

Rekaman Dengan Adobe AuditionSalam Hangat semuanya , pada kesempatan kali ini saya akan membahas tata cara rekaman atau recording dengan adobe audition .

Apa kalian sudah mengetahui tata cara rekaman dengan software ? bagaimana cara merekam dengan software ? sebelum menginjak tata cara rekaman dengan adobe audition , sobat harus mengetahui dahulu tata cara rekaman dengan software itu seperti apa .Untuk Permulaan baca dulu Rekaman Dengan Software (merekam suara dengan software).

Mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu Rekaman/Recording dengan adobe audition atau MIXING.

Pada kali ini kita bahas recording dengan adobe audition karena software ini menurut saya software yang cukup ramah untuk di gunakan , terutama bagi pemula seperti saya ini .Sebelum sobat memulai recording pada software adobe audition , alangkah baiknya sobat memperhatikan perangkat/hardware yang di gunakan recording.(Pada kesempatana kali ini saya membahas tentang recording dengan alat music asli dan bukan MIDI).

Hardware yang perlu di perhatikan :1. Microphone2. Soundcard3. Speaker4. Spesifikasi Komputer yg memadai.

Pada kesempatan ini saya memakai adobe audition 3 , karena tampilannya yang cukup simple dan tidak begitu rumit . mengapa saya tidak menggunakan adobe audition 6 yang terbaru ? . karena ada perbedaan fitur yang sedikit menonjol , tapi sebenarnya kalau untuk permulaan , mau yang manapun sama saja .

Langkah Langkah rekaman/recording dengan adobe audition :

1. Buka Dulu Adobe Audition nya

2. Lihat baik baik tampilan awal adobe audition 3

3. Setting Input dan output serta sound driver , Klik tab "Edit" dan Klik "Audio Hardware Software Setup"

4. Pilih Sound driver yang tepat untuk di gunakan , untuk sound driver yang asli dari adobe audition nya adalah "Adoudition 3 windows sound" , akan tetapi untuk sound driver yang lebih baik kita bisa menggunakan ASIO . Klik Disini Untuk menngunduhnya . setelah di download , instalkan ASIO nya , dan nanti akan terdeteksi di adobe audition tersebut . setelah terinstal pilih lah ASIO . Untuk input an output sesuaikan dengan perangkat anda .

5. Klik Tab multi track untuk rekaman beberapa track

6. Klik Tombol "R" untuk track yang akan kita rekam/record .

7. Isikan nama dan klik save untuk menyimpan nya .

8. Maka Tombol akan berwarna merah dan itu tandanya , track itu sudah siap untuk di rekam/record.

9. Klik Tombol Rekam Untuk merekam suara , tepatnya pada pojok kiri bawah

10. Keluarkan suara anda atau suara alat musik anda untuk mulai merekam , dan lihat hasil rekam nya . track yang siat tandai warna merah itu adalah track hasil kita merekam.

Sekian tutorial rekaman dengan aobe audition , nantikan tutorial selanjutnya yang akan membahas tentang musik midi ( Tidak menggunakan alat musik nyata) .