Cara mempercepat kinerja komputer

download Cara mempercepat kinerja komputer

of 7

  • date post

    11-Aug-2015
  • Category

    Services

  • view

    91
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Cara mempercepat kinerja komputer

  1. 1. Proses Startup merupakan proses awal komputer Anda akan masuk pada Sistem Operasi Windows, jika pada proses banyak aplikasi yang dijalankan, maka secara otomatis kinerja sistem saat pertama kali masuk akan terasa berat dan lambat KLIK TOMBOL START => RUN => LALU KETIKAN MSCONFIG =>ENTER Maka akan muncul kotak dialog System Configuration Utility, Anda akan menjumpai beberapa tab pada kotak dialog tersebut, klik tab Startup maka akan tampil semua aplikasi yang dijalankan pada saat proses Startup 1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan saat proses Startup
  2. 2. 2. Hapus Temporary File pada komputer. Temporary File adalah file-file yang penggunaannya hanya bersifat sementara dan tidak permanen. KLIK TOMBOL START => RUN =>LALU KETIKAN temp => ENTER Maka akan muncul semua file-file temporary yang sudah dibuat oleh sistem, silahkan hapus file tersebut secara berkala untuk mengurangi space yang terdapat dalam harddisk agar kinerja komputer dapat lebih optimal.
  3. 3. 3. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan. Untuk penggunaan aplikasi pada komputer sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi komputer yang Anda miliki, jika komputer Anda memiliki spesifikasi yang kecil sebaiknya jangan terlalu banyak menginstal aplikasi pada komputer Anda, silahkan uninstall (hapus) aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk mempercepat kinerja komputer Anda. KLIK TOMBOL START => CONTROL PANEL=> CLIK Add or Remove Programs Semua aplikasi yang sudah Anda install pada komputer akan muncul, silahkan klik aplikasi yang Anda ingin hapus kemudian klik uninstall dan ikuti langkah-langkah, dan tunggu beberapa saat hingga proses uninstall aplikasi benar-benar selesai.
  4. 4. 4. Lakukan Disk Defragment secara berkala Fungsi Defragment adalah untuk menata dan mengurutkan file- file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write. Klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter Saat menjalankan fungsi ini sebaiknya tutup semua aplikasi, agar proses penataan dapat berjalan secara optimal. Untuk melakukan Disk Defragment, silahkan pilih Drive yang akan dilakukan penataan filenya kemudian pilih Defragment.
  5. 5. 5. Gunakan bantuan Software lain TuneUp Utilities adalah perangkat lunak tambahan yang dapat dipergunakan untuk memaksimalkan sistem operasi yang bekerja pada komputer. Program ini selain dapat memperbaiki registry juga mampu menata ulang (rewrite) registry Windows, sehingga memperkecil risiko kerusakan sistem dan mempercepat kinerja komputer CCleaner adalah software yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry-nya, temporary file
  6. 6. SEKIAN TERIMA KASIH