Cara Membuat Flanel

download Cara Membuat Flanel

of 13

  • date post

    31-Dec-2014
  • Category

    Documents

  • view

    51
  • download

    8

Embed Size (px)

Transcript of Cara Membuat Flanel

1. Sediakan bahan-bahan standar buat bikin kerajinan flanel Kain flanel, lem uhu dan kawat (untuk dibikin sungutnya si kupu) 2. Gunting kain flanel sesuai bentuk yang ada d gambar

3. Bentuk dan potong kawat agar bisa dijadikan sungutnya kupu-kupu (bisa juga menggunakan sari bunga yang biasa dipakai untuk membuat bunga plastic)

4. Ambil lembaran flanel yang sudah dipotong, kemudian lem kedua sisi pada bagian tengahnya.

5. Tekuk kain flanel seperti gambar

6. Satukan bagian pinggir atas kedua kain flanel yang sudah ditekuk seperti gambar

7. Beri lem pada bagian tengah kupu-kupu untuk menempel sungut

8. Keudian tempelkan badannya

9. Tarrrraaaaaa jadi dehhh..

10. Untuk mempecantik bisa dibei hiasan manic-manik pada sayap kupu-kupu.

1. Siapkan kain flannel 3 warna (pink, coklat tua, coklat muda), potong kain flanel sesuai pola. 2. Satukan pola 1 (badan eskrim) yang terdiri dari kain warna pink dan coklat tua, dengan lapisan coklat diluar (paling atas) 3. Jahit bagian badan es krim, jangan tutup rapat jahitan, sisakan sedikit.

4. Pada lubang sisa jahitan itu, masukkan dakron, lalu rekatkan lagi jahitannya. 5. Kemudian jahit kain coklat muda yang sudah dipotong sesuai pola 2 (stik eskrim) 6. Sama seperti jahit badan, jangan sampai rapat, longgarkan sedikit untuk memasukkan dakron 7. 8. 9. Beri lem bagian bawah eskrim Kemudian rekatkan dengan stik Tekan sisi-sisi eskrim agar lem lebih menempel

10. Terakhir tempelkan peniti bros, pada salah satu bagian, bros siap dikenakan.

1. Potong kain flanel sesuai pola (polanya ada di paling bawah) 2. Tumpuk semua badan eskrim dengan lapisan coklat diluar 3. Jahit 4. Masukkan dakron

5. Jahit stik eskrim 6. Masukkan dakron 7. Beri lem bagian bawah eskrim 8. Rekatkan dengan stik

9.Tekan sisi-sisi eskrim agar lem lebih menempel 10. Jadi deeeh Sekaraaaang kita lanjut ke eskrim bentuk Cone

1. Gunting flanel kayak di pola 2. Jahit bagian eskrim 3. Beri dakron

4. Sekarang jait Cone-nya 5. Isi dakron

6. Beri lem pada bagian bawah eskrim 7. Rekatkan dengan cone 8. Tempelin toppingjadi dehhhh

Tutorial / Panduan

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari FlanelKerajinan tangan dengan bahan flanel saat ini menjadi salah satu kerajinan tangan yang sangat diminati. Pembuatan yang cukup mudah serta bahan-bahan yang mudah dicari tentunya menjadi alasan utama disamping karena bisa dibuat berbagai macam benda. Berikut ini macam-macam tusuk jahit dan tusuk hias yang digunakan dalam kerajinan tangan flanel : 1. Tusuk Feston Tusuk feston ini biasa digunakan untuk menggabungkan 2 lembar kain flanel dan juga merapikan pinggiran kain flanel.

2. Tusuk Rol Tusuk rol ini juga digunakan untuk menggabungkan 2 lembar kain flanel. Apabila dikerjakan dengan hati-hati maka akan menghasilakn jahitan yang jauh lebih rapi dan halus daripada tusuk feston.

3. Tusuk Tikam Jejak Tusuk tikam jejak ini biasa digunakan untuk membuat bentuk mulut.

4. Tusuk Pipih Tusuk pipih ini biasa digunakan untuk membuat bentuk hidung.

5. Tusuk Jeruji Tusuk jeruji ini biasanya hanya digunakan sebagai hiasan.

Bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan tangan dari flanel antara lain : 1. kain flanel 2. benang sulam 3. jarum jahit 4. dakron/kapas 5. manik-manik 6. lem serbaguna (all pupose adhesive), lem PVAc, melty stick (batangan lem) 7. glue gun (lem tembak) 8. gunting 9. bahan pelengkap (gantungan kunci, gantungan handphone, jepit rambut, karet rambut, bros Berikut ini beberapa bentuk kerajinan tangan yang terbuat dari kain flanel : Gantungan Kunci Keropi Cara membuat : 1. Membuat pola dari kertas kemudian di gunting. 2. Gunting kain flanel sesuai pola yang sudah dibuat di kertas.

3. Pasang mata dan buat bentuk mulut pada kain flanel bentuk keropi. Untuk memasang mata bisa menggunakan lem tembak. Untuk membuat mulut menggunakan tusuk tikam jejak.

4. Gabungkan kedua lembar kain flanel bentuk keropi, jahi sekelilingnya menggunakan tusuk feston. Sisakan sedikit bagian untuk memasukkan dakron kemudian setelah selesai memasukkan dakron selesaikan dengan menjahit menggunakan tusuk feston.

5. Dibagian atasnya selipkan tali untuk mengaitkan gantungan kunci. 6. Gunting kain flanel dengan bentuk bulat untuk ditempelkan di pipi.