Cara Membuat Antena Yagi CDMA GSM 3G Sistem Induksi

download Cara Membuat Antena Yagi CDMA GSM 3G Sistem Induksi

of 14

  • date post

    11-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    145
  • download

    8

Embed Size (px)

description

ky gt deh

Transcript of Cara Membuat Antena Yagi CDMA GSM 3G Sistem Induksi

Cara Membuat Antena Yagi CDMA GSM 3G Sistem InduksiPosted by oprekzoneMAR

17

Cara Membuat Antena Yagi CDMA GSM 3G Sistem Induksi. Seperti posting saya terdahulu bahwa ada beberapa cara menguatkan Sinyal Modem baik CDMA GSM GPRS 3G dan Wireless LAN diantaranya adalah menggunakan Teknik USB Extender dan Antena Luar. Berikut saya sharing bagaimana cara membuat Antena Yagi GSM CDMA 3G Sistem Induksi. Antena ini sangat cocok bagi Anda yang menggunakan Modem tanpa dilengkapi konektor antena luar. Antena ini saya buat sudah lama sekali sekitar 10 tahun yang lalu dan sekarang saya gunakan kembali untuk Modem CDMA 3G 800-MHz yang saya gunakan. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Antena Yagi CDMA 800-MHz Sistem Induksi : 1. Batang alumunium persegi ukuran 1-cm x 2-cm panjang sekitar 100-cm berfungsi sebagai Boom 2. Kawat kuningan diameter 2,5-mm secukupnya. Berfungsi sebagai elemen antena Yagi. Kawat ini biasa digunakan untuk bahan Las dan Anda dapat membelinya di toko-besi 3. Kotak sambungan kabel Telepon. Kotak ini berfungsi sebagai tempat Driven dan penyambungan Kabel Coaxial 4. Manik-manik Isolator Transistor berfungsi untuk mengisolasi/memisahkan antara kawat elemen dan Boom Alumunium supaya tidak ada hubungan secara mekanik dan elektrik 5. Kabel Coaxial 50-ohm atau 75-ohm sepanjang 10-m s/d 15-m 6. Kawat Email penampang 1-mm secukupnya. Kawat ini digunakan untuk membuat Kumparan Induksi Sinyal bagi Modem CDMA atau GSM 7. Klem Antena untuk menggabungkan antena dengan tiang penyangga 8. Isolasi secukupnya 9. Lem Bakar secukupnya 10. Lem G atau Alteco secukupnya Nah untuk langkah-langkah cara pembuatannya saya kira tidak usah saya jelaskan. Yang jelas untuk membuat Antena Yagi CDMA 800-MHz Anda membutuhkan peralatan berupa Bor, Solder, Gergaji Besi, Tang Potong dan peralatan penunjang lainnya. Berikut Dokumentasi Antena Yagi Modem CDMA 800-MHz Sistem Induksi yang saya buat : Ini Antenanya :

Ini Kumparan Induksinya :

Pembuatan Kumparan Induksi disesuaikan dengan Ukuran/Bentuk Fisik Modem sekitar 4 lilitan. Pemasangan Kumparan Induksi pada Modem :

Hasil Pengujian :

Tanpa Induksi Antena :

Setelah dipasang Kumparan Induksi :

Terdapat perbedaan sangat signifikan dimana saat Modem CDMA 800-MHz tanpa antena (di dalam kamar) sinyal menunjukkan NOL Bar dan saat dipasang kumparan induksi Sinyal Modem CDMA terjadi penguatan 100 % menjadi 5 Bar atau Full Bar dan sangat lancar digunakan untuk Koneksi Internet CDMA. Untuk Skema Antena Lengkap beserta gambar, ukuran dan cara pembuatannya sengaja saya berikan 2 ukuran untuk CDMA frekuensi 800MHz dan CDMA frekuensi 1900-MHz. Bisa di Download : Skema Antena Yagi CDMA 3G 800 MHz Sistem Induksi Skema Antena Yagi CDMA 3G 1900 MHz Sistem Induksi Saat itu Antena Yagi CDMA 800-MHz Sistem Induksi tersebut saya letakkan diluar rumah dengan ketinggian hanya 4,5-meter dari atas tanah dan tepat mengarah ke BTS Provider CDMA-nya yang berjarak sekitar 6-km. Selain cara di atas, dapat digunakan teknik USB Extender.

Cara Membuat, Pembuatan USB Extender, Extended ModemPosted by oprekzoneAPR

14

Cara Membuat, Pembuatan USB Extender, Extended Modem. Untuk dapat menempatkan USB Modem atau USB WiFi pada ketinggian yang berjarak agak jauh dari komputer, diperlukan adanya perpanjangan kabel USB atau yang sering disebut USB Extender . Dipasaran memang banyak USB Extended atau perpanjangan USB namun untuk panjang 5 meter ke atas tentunya sangat sulit dan sangat mahal. Berikut cara membuat USB Extender atau perpanjangan USB Extended untuk Modem AirCard ataupun Wireless-LAN. Berikut alat dan bahan untuk pembuatannya : 1. Kabel UTP merk Belden yang bagus (agar tahan cuaca) dengan panjang kira2 = 5 meter atau sesuai kebutuhan. Maksimal 10-meter 2. USB Extender / Perpanjangan USB = 1 set yang paling pendek klu ada 3. Isolasi kabel warna hitam yang biasa digunakan untuk instalasi listrik 4. Kondom Kabel / selongsong karet kecil untuk menutup sambungan kabel. Anda dapat membuatnya dari pembungkus luar kabel 5. Isolator atau pipa listrik maspion = 2 buah masing2 panjang sekitar 10-cm 6. Solder, Tang Potong dan Lem Bakar Langkah Pembuatan USB Extender : 1. Potong USB Extended / Perpanjangan USB yang mau diperpanjang kira-kira 5-cm dari kepala konektor, kupas selongsong kabel, disitu ada 4 kabel masing2 berwarna merah, hitam, hijau dan putih. keterangan ; kabel merah = untuk tegangan 5VDC dari Port USB pada komputer, kabel Hitam = Ground (Nol), kabel Hijau dan Putih = Data + dan Data -. 2. Kupas kedua ujung kabel UTP kira2 5cm dari ujung selongsong kabel, disitu terdapat 4 pasang kabel masing2 : Coklat-CoklatPutih, Orange-OrangePutih, Biru-BiruPutih dan Hijau-HijauPutih. Berikutnya, kupas isolasinya sehingga kelihatan tambaganya 3. Sambungkan kabel Hijau dari kabel UTP dengan kabel Hijau dari kabel Extender USB yang telah dipotong. 4. Sambungkan kabel HijauPutih dari kabel UTP dengan kabel Putih dari ExtendedUSB yang telah dipotong. 5. Gabungkan kabel Orange-OrangePutih (2 kabel digabung jadi 1) pada kabel UTP, kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Merah dari usb Extender yang telah dipotong. 6. Gabungkan kabel Coklat-CoklatPutih dengan kabel Biru-BiruPutih (4 kabel digabung menjadi 1), kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Hitam dari Extended USB yang telah dipotong.

Potongan Konektor USB dan UTP :

Kable UTP dan Konektor USB :

USB Extender 5-meter :

Jangan lupa masing-masing sambungan pada USB Extender disolder, dibungkus kondom kabel atau diisolasi. Selanjutnya masukkan kabel ke dalam pipa listrik atau langsung diisolasi sehingga menutup seluruh sambungan kabel tadi dan kalau perlu isi pipa tadi dengan Lem Bakar (khusus untuk pemasangan di luar) sampai penuh atau cukup menutupi ujungnya saja. Pastikan air hujan tidak bisa masuk. Nah Pembuatan USB Extender selesai dan Extended siap digunakan. Cobalah dulu menggunakan Flashdisk, kalau OK berarti USB Extended siap digunakan untuk Menguatkan Sinyal Modem atau Wireless-LAN. Pengalaman saya dalam membuat USB Extender, panjang total efektif untuk Modem adalah tidak lebih dari 10 meter. Di atas 10 meter komunikasi data sering error dan drop bahkan untuk beberapa jenis modem terjadi Not Found Detected Device artinya Modem tidak terdeteksi meskipun untuk flashdisk OK. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut bisa dipasang USB Repeater.. namun harganya cukup mahal,.. sebagai contoh USB Repeater sepanjang 5 meter berharga Rp.300 ribuan !! Atau bisa dicoba dipasang USB Power Injektor, yaitu dengan memberikan Catu Daya tersendiri pada Modem/Wireless seperti halnya pada Access Point. Dengan Rangkaian tersebut USB Extender bisa diperpanjang sampai dengan 10-12 meter. Nah, sederhana bukan cara membuat USB Extended Modem dan Wireless?. Baca selanjutnya : Pembuatan USB Power Injector Modem dan Wifi.

Cara Membuat atau Pembuatan USB Power InjectorPosted by oprekzoneMAY

17

Cara Membuat, Pembuatan USB Power Injector Modem, Wi-Fi. USB Extender dengan panjang lebih dari 8 meter seringkali mengalami error saat digunakan untuk koneksi pada USB Air Card Modem maupun Wireless LAN. Sebenarnya error ini tidak selalu terjadi pada semua jenis Device yang menggunakan USB Extender dengan panjang lebih dari 8 meter. Sebagai contoh, dengan USB Extended sepanjang 12 meter, biasanya tidak akan terjadi error pada saat digunakan Device berupa Flash Disk, namun hal ini tidak menjamin bahwa Extended USB sepanjang 12 meter tadi bisa digunakan untuk Device berupa Wi-fi LAN atau Air Card Modem. Jadi kita tidak perlu heran apabila Extender USB sepanjang 12 meter yang dapat kita gunakan untuk Flash Disk ternyata tidak berfungsi saat kita gunakan pada Wireless LAN atau Air Card Modem. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Hal tersebut terjadi diantarnya karena kurangnya pasokan sumber daya listrik yang masuk ke Device. Setiap penghantar/kabel memiliki tahanan jenis dan semakin panjang kabel maka semakin besar pula tahanannya. Oleh karena itu saat ada arus yang mengalir pada kabel USB Extender maka akan terjadi kerugian tegangan di sepanjang kabel tersebut sehingga tegangan yang jatuh pada beban (Device) akan sama dengan Tegangan Sumber dikurangi Kerugian Tegangan pada kabel. Besarnya kerugian tegangan akan berbanding lurus dengan kuat arus yang mengalir pada kabel USB Extended tersebut. Dengan demikian pada setiap beban/device yang berbeda akan terjadi kerugian tegangan yang berbeda pula karena setiap device memiliki konsumsi arus yang berbeda. Sebuah Flash Disk memiliki konsumsi arus jauh lebih kecil dibandingkan dengan Air Card Modem atau Wi-fi. Begitu juga kebanyakan Wi-fi memiliki konsumsi arus yang lebih kecil dari pada Modem. Karena itulah mengapa USB Extender sepanjang 12 meter yang dapat digunakan untuk Flash Disk sering error atau bahkan tidak bisa digunakan untuk Air Card Modem atau Wi-fi yang memiliki konsumsi arus lebih besar.Bahkan dalam kondisi ekstrim device tidak terdeteksi sama sekali. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan Membuat USB Power Injector Modem atau Wi-fi yaitu dengan cara menaikkan tegangan yang jatuh/masuk pada device agar sesuai dengan nilai yang seharusnya yaitu 5 Volt DC. Dalam kondisi standar, tegangan 5 VDC ini diperoleh dari Soket USB yang ada pada CPU dengan kabel warna hitam untuk Ground (Nol) dan warna Merah untuk Positif (+) 5Volt nya. Untuk menaikkannya digunakan Catu daya Eksternal seperti halnya yang biasa diterapkan pada Access Point atau yang sering disebut USB Power Injector. Yang perlu Anda persiapkan adalah :

1 buah Kotak/Box kecil kira2 ukuran 10 x 15 x 5 cm sebagai kotak USB Power Injector. Bisa dari plastik atau dari plat. Dijadikan satu mounting box dengan Wi-fi LAN nya juga bisa asalkan cukup IC AN7805 atau AN7805F dan plat pendinginnya. Ingat..!! jangan gunakan AN78L05. Kabel secukupnya Solder dan Timah Solder

Caranya sebagai berikut : Siapkan USB Extende