Cara buat aplikasi jualan pulsa sederhana menggunakan microsoft access

Click here to load reader

Embed Size (px)

Transcript of Cara buat aplikasi jualan pulsa sederhana menggunakan microsoft access

MODUL PRAKTIKUM KOMPUTER APLIKASI BISNIS

Modul Komputer Aplikasi Bisnis

MODUL PERKULIAHAN

KOMPUTER APLIKASI BISNIS

Dengan Menggunakan Microsoft Access 2007

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI

STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG

2015/2016MODUL 1PENGENALAN MICROSOFT ACCESS 2007

Microsoft Access 2007 merupakan salah satu program yang ada pada paket program Office yang diberfungsi untuk membuat paket program aplikasi sederhana. Pada program ini telah disediakan beberapa fasilitas yang bisa digunakan untuk membuat program, yaitu meliputi Database, Tabel, Query, SQL, Form, Report, Macro, dan yang lainnya. Dengan menggunakan program ini kita bisa dengan mudah dan praktis untuk membuat program aplikasi. Namun karena program ini merupakan program yang instan jadi fasilitas yang disediakan pun terbatas hanya bisa digunakan untuk membuat program yang sederhana saja. Untuk membuat program yang besar dan berbasis jaringan program ini tidak cocok untuk digunakan. Tempat penyimpanan yang disediakan kurang lebih 4 Giga, untuk ukuran penyimpanan data ini cukuplah besar untuk bisa diguankan.Dibawah ini beberapa tampilan pada program Microsoft Access 2007, meliputi :

1. Tampilan Awal Microsoft Access 2007

2. Tampilan Area Kerja

3. Tampilan Hasil Project

Gambar diatas merupakan beberapa contoh tampilan pada Microsoft Access 2007, fasilitas-fasilitas yang disediakan pada program ini sangat jelas dan mudah untuk dipahami dan diimplementasikan untuk membuat program aplikasi.MODUL 2

MEMBUAT DATABASE DAN TABEL

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mulai membuat program aplikasi yaitu membuat Database terlebih dahulu dan membuat Tabel yang dibutuhkan untuk membuat program aplikasi. Pada kasus ini yang akan dibahas adalah kasus Persedian Barang. Untuk membuat database-nya, caranya seperti dibawah ini :1. Buka program Microsoft Acces 2007.

2. Akan muncul tampilan awal program, kemudian pilih Blank Database dan akan muncul tampilan disebelah kanan untuk mendefinisikan database yang akan dibuat. Tentukan dulu lokasi penyimpanannya misalkan dalam kasus ini disimpan di D:\Persediaan_Barang pada kotak File name = Persediaan_Barang, lalu klik OK.

3. Setelah selesai diperiksa kembali lokasi penyimpanan dan nama database-nya lalu klik Create.Langkah selanjutnya yaitu membuat Tabel, tabel ini berfungsi sebagai tempat menyimpan data. Untuk membuat program Persediaan Barang ada beberapa tabel yang diperlukan, diantaranya Petugas, Distributor, Pembeli, Barang, Pemasukan, dan Pengeluaran. Tabel pertama yang akan dibuat adalah tabel Petugas. Cara untuk membuat tabel Petugas, yaitu :

1. Pada Microsoft Access 2007 pilih menu Create, kemudian klik Table Design. Kemudian isikan field name, data type, field size, dan pada ID_Petugas beri Primary Key seperti tampilan dibawah ini.

Field NameData TypeField SizeIndex

ID_PetugasText10Primary Key

Nama_PetugasText30

JabatanText15

2. Kemudian simpan dengan nama Tbl_Petugas.

3. Untuk membuat tabel-tabel yang lain caranya sama seperti cara diatas, ketentuan untuk masing-masing tabelnya seperti dibawah ini. Tbl_Distributor

Field NameData TypeField SizeIndex

ID_DistibutorText10Primary Key

Nama_DistributorText30

AlamatText100

No_HPText15

Tbl_Pembeli

Field NameData TypeField SizeIndex

ID_PembeliText10Primary Key

Nama_PembeliText30

AlamatText100

No_HPText15

Tbl_Barang

Field NameData TypeField SizeIndex

Kode_BarangText10Primary Key

Nama_BarangText50

SatuanText100

JumlahNumberLong Integer

HargaCurrency

ID_DistributorText 10Foreign Key

Tbl_Pemasukan_Barang

Field NameData TypeField SizeIndex

Nota_BeliText10Primary Key

TanggalDate/Time

ID_PetugasText10Foreign Key

ID_DistributorText10Foreign Key

Kode_BarangText10Foreign Key

JumlahNumberLong Integer

HargaCurrency

Tbl_Pengeluaran_Barang

Field NameData TypeField SizeIndex

Nota_JualText10Primary Key

TanggalDate/Time

ID_PetugasText10Foreign Key

ID_PembeliText10Foreign Key

Kode_BarangText10Foreign Key

JumlahNumberLong Integer

HargaCurrency

Setelah semua tabel dibuat, langkah selanjutnya yaitu relasi. Relasi tabel ini bertujuan untuk melihat aliran data pada program yang akan dibuat. Pada Microsoft Acces 2007 ada fasilitas untuk merelasikan yaitu Relationship. Cara untuk membuat relationship ikuti langkah dibawah ini :1. Pada Microsoft Access 2007 pilih menu DatabaseTools lalu pilih Relationship. Maka akan muncul dialog box Show Table, pilih semua tabelnya kemudian klik Add. Bila sudah lanjutkan dengan mengklik Close.

2. Setelah tabel-tabelnya berada pada area Relationshhip atur posisi tabelnya agar posisinya sesuai untuk direlasikan.

3. Selanjutnya relasikanlah tabel-tabel yang ada dengan cara fokus pada satu tabel terlebih dahulu lihat mana field yang ada kuncinya (Primary Key) kemudian drag field tersebut ke field yang berstatus kunci tamu (Foreign Key) pada tabel lain. Sehingga tampilannya seperti dibawah ini.

4. Kemudian Close area relasi lalu pilihYes.Catatan : Yang harus diperhatikan dalam pembuatan database dan tabel setiap penulisan jangan ada space dan simbol-simbol, walaupun dalam penggunaanya bisa seperti itu tapi ketika dihubungkan dengan bahasa pemrograman tidak akan terbaca.

Untuk memberi Primary Key caranya klik field-nya kemudian klik kanan pilih Primary Key atau klik menu Design klik Primary Key.

Untuk mendesain ulang tabel caranya klik kanan tabel pilih Desain View.

Untuk menginput data pada tabel caranya klik kanan tabel pilih Open.

Yang direlasikan harus nama Field yang sama.

MODUL 3MEMBUAT QUERYQuery merupakan fasilitas pada Microsoft Access untuk memanipulasi data baik itu data pada tabel atau form. Pada Microsoft Access, query ini menggunakan bahasa SQL tapi tampilan untuk mengetikkan kode SQL-nya dipermudah dengan adanya tabel isian yang nantinya akan otomatis menghasilkan kode SQL. Query biasa digunakan untuk penggabungan beberapa tabel, melakukan perhitungan, melakukan validasi update/delete, dan kondisi yang lainnya.Pada contoh kasus diatas kita buat Qry_Transaksi_Pemasukan dan Qry_Transaksi_Pengeluaran. Untuk membuat Qry_Transaksi_Pemasukan caranya sebagai berikut :

1. Pada Microsoft Acces pilih menu Create lalu klik Query Desgin. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kemudian pilih tabelnya yaitu Tbl_Pemasukan_Barang lalu klik Add. Setelah tabel tersebut ada pada area query klik Close.

2. Pindahkanlah semua field yang ada pada Tbl_Pemasukan_Barang, caranya bisa mendouble-click field, mendrag field, dan bisa langsung dipilih di kolom dan baris pada query. Sehingga tampilannya seperti dibawah ini.

3. Lalu untuk memberikan validasi perhitungan tambahkan variable field baru setelah field Harga yaitu Total :[Jumlah]*[Harga].

4. Kemudian simpan Query dengan nama Qry_Pemasukan_Barang.5. Untuk membuat Qry_Pengeluaran_Barang caranya sama seperti cara diatas yang membedakan pada pemilihan tabel yaitu Tbl_Pengeluaran_Barang.

MODUL 4MEMBUAT FORM

Form merupakan fasilitas pada Microsoft Acces untuk membuat interface atau antar muka program dan form ini berfungsi untuk menginput data. Untuk membuat form bisa berasumsi pada tabel atau query yang telah dibuat. Pada kasus Persediaan Barang ini ada beberapa form yang harus dibuat, untuk lebih jelasnya liatlah tabel dibawah ini.

NOFORMSUMBER

(TABEL / QUERY)HUBUNGAN (TABEL)

1Frm_PetugasTbl_Petugas

2Frm_DistributorTbl_Distributor

3Frm_PembeliTbl_Pembeli

4Frm_BarangTbl_BarangTbl_Distributor

5Frm_Pemasukan_BarangQry_Pemasukan_BarangTbl_Pemasukan_Barang

Tbl_Petugas

Tbl_Distributor

Tbl_Barang

6Frm_Pengeluaran_BarangQry_Pengeluaran_BarangTbl_Pengeluaran_Barang

Tbl_Petugas

Tbl_Distributor

Tbl_Barang

Pada tabel diatas form yang akan dibuat bersumber pada tabel atau query dan form yang dibuat nantinya akan berhubungan dengan tabel-tabel yang lainnya. Ada beberapa cara untuk membuat form yaitu manual, otomatis, dan wizard. Tapi untuk mengoptimalkan waktu dalam pembuatan form cara yang dipakai biasanya cara otomatis.

Cara otomatis untuk membuat Frm_Petugas yang bersumber dari Tbl_Petugas, yaitu :

1. Klik terlebih dahulu Tbl_Petugas, lalu pada menu Create pilih Form.

2. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

3. Selanjutnya klik kanan pada form pilih DesignView untuk mendesain Form.

4. Kemudian pada area desain kita bisa mengubah beberapa fitur pada Properties form yang terletak disebelah kanan.

5. Kemudian simpan Form dengan menekan kombinasi tombol pada keyboard Ctrl+S, beri nama Frm_Petugas.

Langkah selanjutnya tambahkan komponen pada form berupa tombol-tombol yaitu Tambah Data, Simpan Data, Hapus Data, dan Keluar Form. Untuk menambahkan tombol-tombol tersebut caranya sebagai berikut :

1. Pilih menu Design cari komponen Button kemudian klik dan drag komponen tersebut ke area Frm_Petugas. Tombol pertama yang akan dibuat yaitu tombol Tambah Data.

2. Akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini. Pilih RecordOperations pilih AddNewRecord.

Next, pilih salah satu pilihan antara tombol dengan Text atau Gambar.

Next, berikan nama untuk tombol.

3. Klik Finish, maka hasilnya seperti tampilan dibawah ini.

4. Untuk membuat tombol yang lain caranya sama dengan cara diatas, ketentuannya seperti dibawah ini.

TombolKategoriAksiJudulName

Simpan DataRecord OperationsSave RecordSIMPAN DATAcmdSimpan