Bunga - Psikosis Akut

download Bunga - Psikosis Akut

of 24

  • date post

    07-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    16
  • download

    1

Embed Size (px)

description

laporan kasus psikiatri

Transcript of Bunga - Psikosis Akut

Psikosis Akut

Psikosis AkutOleh:Pungky Setya AriniNastiti Putri ArianiSMF/LAB PSIKIATRI RSD dr. SOEBANDIFAKULTAS KEDOKTERANUNIVERSITAS JEMBER2015DefinisiW.F. Maramis (1980 : 180), menyatakan bahwa psikosis adalah suatu gangguan jiwa dengan kehilangan rasa kenyataan (sense of reality). Kelainan seperti ini dapat diketahui berdasarkan gangguan-gangguan pada perasaan, pikiran, kemauan, motorik, dst. sedemikian berat sehingga perilaku penderita tidak sesuai lagi dengan kenyataan. Perilaku penderita psikosis tidak dapat dimengerti oleh orang normal, sehingga orang awam menyebut penderita sebagai orang gila.www.themegallery.comEtiologiTimbul dengan atau tanpa stres Penyebab organik

www.themegallery.comC. JENIS-JENIS PSIKOSISPsikosis organikPsikosis organik adalah penyakit jiwa yang disebabkan oleh faktor-faktor fisik atau organik, yaitu pada fungsi jaringan otak, sehingga penderita mengalamai inkompeten secara sosial, tidak mampu bertanggung jawab, dan gagal dalam menyesuaikan diri terhadap realitas.

1/13/2015Designed by Kuntjojo44Psikosis organis dibedakan menjadi beberapa jenis dengan sebutan atau nama mengacu pada faktor penyabab terjadinya. Jenis psikosis yang tergolong psikosis organik adalah sebagai berikut. Alcoholic psychosis, terjadi karena fungsi jaringan otak terganggu atau rusak akibat terlalu banyak minum minuman keras.Drug psychose atau psikosis akibat obat-obat terlarang (mariyuana, LSD, kokain, sabu-sabu, dst.).Traumatic psychosis, yaitu psikosis yang terjadi akibat luka atau trauma pada kepala karena kena pukul, tertembak, kecelakaan, dst.Dementia paralytica, yaitu psikosis yang terjadi akibat infeksi syphilis yang kemudian menyebabkan kerusakan sel-sel otak.

1/13/2015Designed by Kuntjojo55Psikosis fungsionalPsikosis fungsional merupakan penyakit jiwa secara fungsional yang bersifat nonorganik, yang ditandai dengan disintegrasi kepribadian dan ketidak mampuan dalam melakukan penyesuaian sosial. Psikosis jenis inidibedakan menjadi beberapa ., yaitu : schizophrenia, psikosis mania-depresif, dan psikosis paranoid (Kartini Kartono, 2000 : 106).

1/13/2015Designed by Kuntjojo66SCHIZOPHRENIAArti sebenarnya dari Schizophrenia adalah kepribadian yang terbelah (split of personality). Sebutan ini diberikan berdasarkan gejala yang paling menonjol dari penyakit ini, yaitu adanya jiwa yang terpecah belah. Antara pikiran, perasaan, dan perbuatan terjadi disharmoni.

1/13/2015Designed by Kuntjojo77Menurut Carson dan Butcher (Wiramihardja, 2005: 134), schizophrenia merupakan kelompok psikosis atau psikotik yang ditandai terutama oleh distorsi-distorsi mengenai realitas, juga sering terlihat adanya perilaku menarik diri dari interaksi sosial, serta disorganisasi dan fragmentasi dalam hal persepsi, pikiran, dan kognisi.1/13/2015Designed by Kuntjojo88Gejala-gejala schizophreniaKontak dengan realitas tidak ada lagi, penderita lebih banyak hidup dalam dunia khayal sendiri, dan berbicara serta bertingkah laku sesuai dengan khayalannya, sehingga tidak sesuai dengan kenyataan. Karena tidak ada kontak dengan realitas, maka logikanya tidak berfungsi sehingga isi pembeicaraan penderita sukar untuk diikuti karena meloncat-loncat (inkoheren) dan seringkali muncul kata-kata aneh yang hanya dapat dimengerti oleh penderita sendiri.

1/13/2015Designed by Kuntjojo99Pikiran, ucapan, dan perbuatannya tidak sejalan, ketiga aspek kejiwaan ini pada penderita schizophrenia dapat berjalan sendiri-sendiri, sehingga ia dapat menceritakan kejadian yang menyedihkan sambil tertawa.Sehubungan dengan pikiran yang sangat berorientasi pada khayalannya sendiri, timbul delusi ata waham pada penderita schizophrenia (bisa waham kejaran dan kebesaran).Halusinasi

www.themegallery.comFaktor penyebab terjadinya schizophreniaPendapat para ahlimengenai factor penyebab schizophrenia ada bermacam-macam. Ada yang menyatakan bahwa penyakit ini merupakan keturunan. Ada pula yang menyatakan bahwa schizophrenia terjadi gangguan endokrin dan metabolisme. Sedangkan pendapat yang berkembang dewasa ini adalah bahwa penyakit jiwa ini disebabkan oleh beberapa factor, antara lain keturunan, pola asuh yang salah, maladaptasi, tekanan jiwa, dan penyakit lain yang belum diketahui (W.F. Maramis, 1980 : 216-217).

1/13/2015Designed by Kuntjojo1111b. PSIKOSIS MANIA-DEPRESIFPsikosis mania-depresif merupakan kekalutan mental yang berat, yang berbentuk gangguan emosi yang ekstrim, yaitu berubah-ubahnya kegembiraan yang berlebihan (mania) menjadi kesedihan yang sangat mendalam (depresi) dan sebaliknya dan seterusnya.

1/13/2015Designed by Kuntjojo1212Gejala-gejala psikosis mania-depresif(a)Gejala-gejala mania antara lain:euphoria (kegembiraan secara berlebihan0;waham kebesaran;hiperaktivitas;pikiran melayang.(b)Gejala-gejala depresif antara lain :kecemasan;pesimis;hipoaktivitas;insomnia;anorexia.

1/13/2015Designed by Kuntjojo1313Faktor penyebab psikosis mania-depresifPsikosis mania-depresif disebabkan oleh factor yang berhubungan dengandua gejala utama penyakit ini, yaitu mania dan depresi. Aspek mania terjadi akibat dari usaha untuk melupakan kesedihan dan kekecewaan hidup dalam bentuk aktivitas-aktivitas yang sangat berlebihan. Sedangkan aspek depresinya terjadi karena adanya penyesalan yang berlebihan.

1/13/2015Designed by Kuntjojo1414c. PSIKOSIS PARANOIDPsikosis paranoid merupakan penyakit jiwa yang serius yang ditandai dengan banyak delusi atau waham yang disistematisasikan dan ide-ide yang salah yang bersifat menetap. Istilah paranoid dipergunakan pertama kali oleh Kahlbaum pada tahun 1863, untuk menunjukkan suatu kecurigaan dan kebesaran yang berlebihan (W.,F. Maramis, 1980 : 241).

1/13/2015Designed by Kuntjojo1515Gejala-gejala psikosis paranoidSistem waham yang kaku, kukuh dan sistematis, terutama waham kejaran dan kebesaran baik sendiri-sendiri maupun bercampur adukPikirannya dikuasai oleh hide-ide yang salah, kaku, dan paksaan..Mudah timbul rasa curiga .

1/13/2015Designed by Kuntjojo1616Kriteria Diagnosis (PPDGJ-III)PrioritasOnset akut ( 2 mgg jangka waktu gejala2 psikotik menjadi nyata dan mengganggu kehidupan dan pekerjaan sehari2, tidak termasuk periode prodromal dimana gejala tidak khas)Adanya sindrom polimorfik (beraneka-ragam dan berubah cepat) atau schizophrenic-likeAdanya stres akut yang berkaitan (tidak selalu ada (ggn kronik tidak dimasukkan)Tanpa diketahui berapa lama akan berlangsungTidak memenuhi kriteria episode manik/depresifTidak ada penyebab organik www.themegallery.comSUMGangguan psikosis akut dan sementara adalah sekelompok gangguan jiwa yang :Onset akut ( 2 minggu)Sindrom polimorfik/schizophrenia-likeDengan/tanpa stresor (akut)Tidak memenuhi kriteria episode manik atau depresif

www.themegallery.comKode menurut PPDGJ-IIIF23 Gangguan Psikotik Akut dan Sementara.0 Gangguan Psikotik Polimorfik akut tanpa Gejala Skizofrenia.1 Gangguan Psikotik Polimorfik Akut dgn Gejala Skizofrenia.2 Gangguan Psikotik Lir-Skizofrenia Akut.3 Gangguan Psikotik Akut Lainnya dgn Predominan Waham.8 Gangguan Psikotik Akut dan Sementara Lainnya.9 Gangguan Psikotik Akut dan Sementara YTT

.x0 Tanpa Penyerta Stres Akut.x1 Dengan Penyerta Stres Akutwww.themegallery.com1. Ggn Psikotik Polimorfik Akut tanpa Gx Skizofrenia(a). Onset harus akut (dari suatu keadaan non psikotik sampai keadaan psikotik yang jelas dalam kurun waktu 2 minggu atau kurang);(b).Harus ada beberapa jenis halusinasi atau waham yang berubah dalam jenis dan intensitasnya dari hari ke hari atau dalam hari yang sama ;(c).Harus ada keadaan emosional yang beranekaragamnya ;(d).Walaupun gejala-gejalanya beraneka ragam, tidak satupun dari gejala itu ada secara cukup konsisten dapat memenuhi kriteria skizofrenia atau episode manik atau episode depresif.2. Ggn Psikotik Polimorfik Akut dgn Gx SkizofreniaMemenuhi kriteria yang khas untuk gangguan psikotik polimorfik akut.Disertai gejala-gejala yang memenuhi kriteria untuk diagnosis Skizofrenia yang harus sudah ada untuk sebagian besar waktu sejak munculnya gambaran klinis psikotik itu secara jelas.Apabila gejala-gejala skizofrenia menetap untuk lebih dari 1 bulan maka diagnosis harus diubah menjadi skizofrenia.

www.themegallery.com3. Gangguan Psikotik Lir Skizofrenia AkutSuatu gangguan psikotik akut dengan gejala yang stabil dan memenuhi kriteria skizofrenia, tetapi hanya berlangsung kurang dari satu bulan lamanya.

Pedoman Diagnosis(1).Onset psikotiknya akut (dua minggu atau kurang)(2). Memenuhi kriteria skizofrenia, tetapi lamanya kurang 1 bulan.(3).Tidak memenuhi kriteria psikosis pilimorfik akut.Apabila gejala-gejala skizofrenia menetap untuk lebih dari 1 bulan maka diagnosis harus diubah menjadi skizofrenia.

www.themegallery.com4. Ggn Psikotik Akut Lainnya dgn Predominan WahamGambaran klinis berupa waham dan halusinasi yang cukup stabil, tetapi tidak memenuhi skizofrenia. Sering berupa waham kejaran dan waham rujukan, dan halusinasi pendengaran.Onset dari gejala psikotik harus akut ( 2 mgg dari keadaan non psikotik psikotik)Waham dan halusinasi harus sudah ada dalam sebagian besar waktu sejak berkembangnya keadaan psikotik yang jelasBaik kriteria untuk skizofrenia maupun untuk ggn psikotik polimorfik akut tidak terpenuhiJka waham; halusinasi menetap >3 bln Dx: Ggn Waham menetap; Gangguan psikotik non Organik Lainnyawww.themegallery.comPenatalaksanaan1. Indikasi rawat nginapPemeriksaan dan perlindungan pada pasien.2. FarmakoterapiObat utama Antipsikotik (Haloperidol) dan Benzodiazepin.Tidak dianjurkan terapi jangka panjang3. PsikoterapiPsikoterapi individual, kelompok, dan keluargaMengatasi stresor dan episode psikotikMengembalikan harga diri dan kepercayaan