BULETIN FEBRUARI 2015

20

description

 

Transcript of BULETIN FEBRUARI 2015

2 Edisi 100 / Februari 2015

IntegritasOleh: Yeremia

Penerbit : Yayasan MIKA, Pemimpin Redaksi : Uli, Desain : Uli,Penulis : Yeremia, Bigman Sirait, Hendro N.B.C. Yasonta, Jonas, Nelson.Alamat Redaksi ; Wisma Bersama, Jl. Salemba Raya No:24A-B, Jakarta Pusat.Email:[email protected]&[email protected].

Dalam masyarakat ada kerinduan yang kuat agar para pemimpin dibidang Pendidikan, Usaha, Politik, Agama, Budaya, Ekonomi hidup berintegritas. Integritas diartikan sebagai kualitas yang sangat mendasar dan penting dalam kepemimpinan. Kita tidak perlu terkejut apabila integritas juga dinilai tinggi, ketika kita melayani orang lain.

Menjadi seseorang yang berintegritas tidak mudah karena diperlukan proses panjang untuk melatih dan mengujinya. Karena itu semakin dini proses ini dikerjakan, makin besar peluang seseorang menjadi pemimpin yang berintegritas dan setia kepada Tuhan. Proses pembentukan integritas dapat dimulai dari seorang anak sejak dari PAUD, SD, SMP, dan SMA. Pada anak-anak ditanam prinsip-prinsip kebenaran dan keteladanan. Selain itu juga disertai dengan penanaman nilai-nilai kerohanian seperti kesalehan hidup melalui disiplin doa, membaca Alkitab, mengikuti ibadah, renungan pribadi, program membaca buku rohani, memberi persembahan dan partisipasi dalam pelayanan. Dan semua itu diperlukan Pembina, pembimbing, guru, orang tua, dan para Mitra Yayasan yang memiliki kasih tanpa sarat untuk mensuport dan

memperhatikan anak-anak tersebut, terutama anak-anak yang kita bina di bawah Yayasan MIKA.

Pembinaan yang baik dan benar harus diawali dengan keyakinan identitas diri sebagai orang tebusan Kristus, bahwa Anak Allah telah datang untuk mati mengantikan kita. Atas kesadaran sebagai umat tebusan ini maka seseorang harus mengembangkan kepedulian, komunikasi, kompetisi, komitmen, dan keberanian untuk melayani orang lain. Integritas yang sejati haruslah didasarkan pada kehidupan kerohanian yang sehat, yaitu:1. Menjadikan Kristus Tuhan sebagai landasan setiap keputusan hidup kita.2. Menjadikan Injil sebagai dasar dalam membimbing setiap keputusan yang akan diambil.3. Menyadari bahwa tujuan dan pangilan hidup kita senantiasa untuk melengkapi Tubuh Kristus.

Tidak ada cara yang mudah untuk menjadi seorang murid, dan tidak ada jalan yang mudah untuk menjadi orang yang berintegritas. Namun dengan penyertaan Tuhan kita pasti mampu melangkah dengan tegap dan melewati setiap ujian dengan kemenangan.

DAFTAR ISIPROlegomena ........................................ 2 PROvisi ............................................... 4-5PROfil ......................................................6PROgress ......................................... 7-11PROyeksi .........................................12-14PROSpek ............................................. 15PROficiat ..........................................16-17Pro DEO ............................................... 18

PendiriPdt. Bigman Sirait

PembinaPdt. Bigman SiraitS. Abrian NatanHenky Gautama

PenasihatDr. Otto Hasibuan

Prof. Dr. Masno GintingFenny Wijaya

PengawasHandoko Supranoto

Setiady PerwataJui C. GaniSally Chew

KetuaSugihono Subeno

SekretarisJensen Kohardjo

Wakil SekumNona D. Bulo

BendaharaEkarina Wangsanegara, S.E

Jimmy Budhi

DEPARTEMEN - DEPARTEMENDepartemen Pendidikan

Ratna HadiwirawanEster Kristina

Departemen PembangunanIr. Victor Yusuf Tanoko

Ir. Hadi KusumaIr. Anita Permana

Departemen HRDPdt. Paulus Bollu, M.Div

Iwan KoharYusak Budi Kurniawan

Pantar Sigit P

Departemen Kesehatandr. Mangontang Sitorus

dr. Ohadr. Irwan Silaban

dr. Edwin Theodore

Departemen Humas & Support

JakartaYanti Sudirman

Christanto TirtasaputraVonny Susamto

BandungIrvan Setiadi

Suwito

MISIMIKA memahami bahwa misi tunggal orang percaya adalah memberitakan Injil untuk membebaskan manusia dari belenggu dosa oleh kuasa salib Kristus dan hidup untuk menjadi murid Yesus Kristus yang beraksi dan bersaksi ( Matius 28: 19-20 )

VISIMeningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dari wilayah pedesaan, melalui pendidikan Kristiani dan kesehatan yang seutuhnya

SASARAN1. Pembelajaran dan bimbingan kepada siswa secara efektif dan holistic (kesatuan yang menyeluruh)

2. Disiplin waktu, secara hidup dan keteladanan bagi seluruh warga sekolah

3. Christian character building dan Christian leadership

TUJUANMemberikan kesempatan mendapatkan pendidikan bagi anak SD, SMP, SMA di Kabupaten Landak pada khususnya dan Provinsi Kalimantan Barat pada umumnya yang mempunyai cita-cita tingi, kemampuan, kemauan dan kegigihan untuk membangun dirinya sendiri, serta bersama-sama membangun masyarakat sesuai dengan iman Kristen.

SEKRETARIAT YAYASAN MIKAJl. Salemba Raya No. 24A-B,

Jakarta Pusat 10430Telp. (62-21) 310 0023, Fax (62-21) 310 1350

Email: [email protected][email protected]

Website: www.yamika.org a.n. Yayasan MIKA BCA Kedoya Baru - Jakarta

Dana Operasional A/C No. 309 300 4589Dana Pembangunan A/C No. 309 300 8720

4 Edisi 100 / Februari 2015PROvisi

Babtisan Kudus dalam iman Kristen, menunjuk jelas keterikatan umat dengan Yesus Kristus dalam

kematian dan kebangkitan-Nya. Roma 6:3-4 dan Kolose 2:9-12 menggambarkan dengan jelas bahwa dalam baptisan, orang percaya terikat-menyatu dengan kematian dan kebangkitan Kristus. Itu berarti kita telah mati terhadap dosa, karena Kristus telah menyucikan kita dengan darah-Nya, di dalam kematian-Nya. Sebaliknya, kita dihidupkan dalam kebangkitan-Nya, dimana kita hidup oleh dan untuk Dia. Jadi, baptisan dengan jelas menunjuk kepada kesatuan orang percaya dengan Yesus Kristus, dan tindakan iman orang percaya di dalam nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus (Matius 28:19).

Dalam Kolose 2:11, dengan jelas Paulus mengatakan bahwa orang percaya telah disunat, bukan dengan sunat oleh manusia, melainkan dengan sunat Kristus. Dan sunat oleh Kristus menunjuk kepada baptisan (ayat 12). Ini sangat menarik, bagaimana Paulus membuat paralel antara sunat dan baptisan. Sunat dengan segera mengingatkan kita pada perjanjian Allah dengan Abraham. Allah adalah pembuat janji, dan Abraham penerima janji Allah (Kejadian 17:2-9). Dan, legalitas perjanjian itu adalah sunat terhadap semua keturunan, maupun milik Abraham, para pekerja, yang berumur 8 hari (ayat 10-14). Pada waktu itu di rumah Abraham ada banyak yang

berusia lebih dari 8 hari, bahkan sudah tua seperti Abraham sendiri (99 tahun). Mereka yang tua adalah generasi pertama. Begitulah semua mereka disunat, mulai dari anak berusia 8 hari dan semua yang ada di rumah Abraham. Sunat, adalah tanda perjanjian atas inisiatif Allah sepenuhnya, dan tindakan iman orang percaya.

Alkitab mencatat: Barangsiapa yang lalai menyunat anaknya akan digugat Allah. Musa di dalam pelariannya di Midian pernah teledor menyunatkan anaknya, dan hampir saja dia mati oleh murka Allah (Keluaran 4:24-26). Perhatikan, betapa seriusnya Allah dengan janji-Nya kepada orang yang diperkenan-Nya.

Namun, dalam perjalanan waktu, kita juga mengerti, bahwa ternyata banyak orang Israel yang disunat ternyata tegar tengkuk. Untuk itu Musa pernah mengatakan, bahwa sunat yang ritual seharusnya diikuti dengan tindakan spiritual, yaitu menyunat hati (Ulangan 10:16). Karena itulah, setiap orangtua Israel diwajibkan mengajarkan anak-anak mereka akan kebenaran Firman Tuhan (Ulangan 6:4-9), sehingga kelak anak-anak itu menjadi orang dewasa yang beriman teguh. Itu sebab orangtua bertanggungjawab penuh atas keberimanan anak-anak mereka. Orangtua yang beriman tidak boleh lalai dalam mendidik anak-anaknya, sehingga menjadi anak yang hormat dan tunduk pada Firman Tuhan.

Dengan sunat inilah baptisan

Memaknai Makna Babtisan KudusPdt. Bigman Sirait

Edisi 100 / Februari 2015 5Provisi

disejajarkan, dan hal ini ditekankan oleh Petrus dalam Kisah 2:37-39. Para orangtua dituntut bertobat, percaya kepada Yesus Kristus, dan memberi diri mereka dibaptis. Maka, sangat jelas bahwa anak-anak orang beriman adalah pewaris janji Allah, dan itu sebab mereka dibaptiskan dalam nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus. Ingat, janji adalah inisiatif Allah pemberi anugerah, dan bukan keunggulan pikir manusia. Ini bukan soal rasional, tapi tindakan iman.

Dalam hal ini diperlukan sikap iman yang konsisten. Seringkali, jika berbicara penebusan dosa, orang berkata ini kasih karunia bagi kita yang tidak layak. Jika tidak layak, lalu alasan rasional apa orang meyakini bahwa dia sudah diselamatkan? Iman! Itulah jawabannya. Sayangnya, ketika soal dibaptis, maka alasan rasional dikemukakan, dan iman diabaikan. Tak ada satu manusia pun di kolong langit ini, baik para nabi, maupun rasul, yang bisa memahami Allah sepenuhnya. Yohanes berkata kasih yang sangat besar, Paulus bersaksi aku yang hina mendapat kasih karunia-Nya. Semua dipanggil oleh Tuhan. Tidak ada yang dengan kesadaran diri menawarkan diri kepada Tuhan. Semua karena kasih-Nya.

Lalu, kata baptis itu sendiri apa artinya? Dalam pemakaian bahasa Yunani sehari-hari, paling tidak ada 7 arti. Sementara yang dipakai dalam Alkitab, paling tidak baptiso (Yunani), baptis (Indonesia); diterjemahkan sebagai : Membersihkan (Markus 7:4), Membasuh (Lukas 11:38), Mencelupkan, Menenggelamkan, (Matius 26:23), Memerciki (Ibrani 9: 10,19,21). Dan, dalam PL, padanannya adalah upacara pentahiran, diperciki, atau dari air

pancur (dari atas ke bawah). Semua arti ini amat sangat jelas di dalam Alkitab. Dalam 2 peristiwa pembaptisan, baik Matius 3:16, Yesus keluar dari air, bukan dari dalam air (tenggelam), dalam kata Yunaninya sangat jelas memakai kata depan apo, dan bukan ek. Begitu juga dalam Kisah 8:38, Filipus dan Sida-sida itu keluar dari air, menunjuk keduanya, dan jelas tidak mungkin keduanya menenggelamkan diri (yang dibaptis dan yang membaptis). Maka, jika kita menelusuri cara baptis, tidak akan menemukan contoh prakteknya, melainkan memahami kemungkinannya. Karena itu, membenturkan cara baptisan percik atau selam, sungguh tidak bijak.

Benang merah penyelamatan di dalam Alkitab harus kita selusuri dengan teliti, dan luar biasa, tampak jelas sejak PL hingga PB. Dalam sunat, perjanjian Allah ditandai dengan tertumpahnya darah orang yang disunat, yang masuk ke dalam perjanjian Allah. Dan, jika kelak sudah dewasa, dia jatuh ke dalam dosa, maka darah domba akan tertumpah sebagai penebus dosanya. Dan kini, di dalam PB, bukan lagi darah karena sunat, atau darah domba, melainkan darah Yesus Kristus penggenap janji Allah. Itu sebab dikatakan kita disunat oleh sunat Kristus, yaitu dibaptis dalam kematian dan kebangkitan-Nya. Ya, karena dalam kematian-Nya, darah-Nya tertumpah bukan lagi darah manusia karena sunat. Betapa luar biasanya pemeliharaan Allah atas hidup kita. Dan betapa dahsyatnya kebenaran Alkitab yang amat sangat presisi itu. Tugas kita sebagai gereja adalah menggali dan memahaminya dengan benar.

Selamat memahami makna indah Baptisan Kudus dalam karya agung Yesus Kristus.

6 Edisi 100 / Februari 2015PROfil

Lazarus Aldoria adalah siswa kelas X SMA tahun pelajaran 2014/2015. Ia memilih mengikuti

tes di SKM karena baginya SKM adalah sekolah Favorit yang sangat berkualitas dalam akademik dan pembentukan karakter setiap peserta didiknya. Ditambah dengan sekolah bersarama, ia dapat belajar hidup mandiri. Dengan perjuangan keras ia merasa sangat bahagia mengetahui lolos tes masuk seleksi penerimaan peserta didik.

Satu semester sudah ia lewati di SKM. Disini ia merasa sangat menikmati proses pembelajaran. setiap proses belajar-mengajar membuatnya memiliki kerinduan tersendiri untuk terus belajar. Interaksi yang baik antara guru dan siswa serta cara mengajar yang menarik membuatnya tidak merasa bosan ketika belajar. jika mengalami kesulitan dalam belajar baik disekolah maupun diasrama, siswa diperbolehkan datang kepada guru dan guru di SKM siap untuk membantu. Perjuangan guru dalam mendidiknya tidak ingin dia abaikan, ia berharap dapat menjadi siswa SKM yang bisa membawa nama baik sekolah.

Orang tuanya berharap dengan menempuh pendidikan di SKM ia memiliki dasar yang kuat dalam menggapai cita-cita dan masa depan yang lebih baik. Anak ke dua dari empat bersaudara ini mengakui adanya kesulitan air di SKM, akan tetapi ia merasa senang karena sekarang keluarga besar SKM baik siswa, staf dan guru-guru SKM bekerja-sama membuat waduk dengan, demikian kesulitan air di SKM akan segera teratasi. Pesannya untuk teman-teman “Hadapi harimu dengan sukacita dan teruslah berkarya bagi sekolah kita”.?Uli

Belajar, Memikat HatiLazarus Aldoria - X SMA

Edisi 100 / Februari 2015 7PROfil

Belajar tidak mengenal tempat. Pembelajaran bisa dilakukan di mana saja termasuk di dapur. Inilah

yang dilakukan siswa-siswi kelas VI SDK Makedonia bersama guru mata pelajaran Muatan Lokal, Patrisia Seli, S.S. Kegiatan mengolah buah-buahan ini dilakukan menjelang ulangan akhir semester ganjil pada November 2014.

Lewat pelajaran yang bertemakan “Pengolahan buah bernilai ekonomi tinggi” ini, kemampuan anak-anak dalam bekerja di dapur pun diasah. Banyak keterampilan yang dipelajari dari kegiatan berdurasi empat jam pelajaran tersebut. Tidak mudah bagi anak-anak berusia kurang lebih dua belas tahun untuk melakukan pekerjaan dapur seperti menggunakan pisau untuk memotong, membuat adonan, hingga memasak.

Tidak disangka, anak-anak dapat menunjukkan kebolehan mereka. Tidak lepas dari bimbingan guru, anak-anak bekerja dengan mandiri mulai dari mengupas, menyiapkan adonan, hingga

menggoreng pisang, memeras jeruk, mengupas dan memarut nanas, mengolah nanas menjadi selai, hingga menyajikan semuanya untuk disantap bersama.

Setelah semua kegiatan selesai, semua siswa berkumpul di teras rumah nomor dua, Komplek Betlehem, perumahan guru Sekolah Kristen Makedonia (SKM). Buah-buahan yang telah diolah menjadi makanan pun dihidangkan di atas daun pisang. Jerih payah semua siswa kelas VI pun terbayar dengan menyantap makanan dan minuman hasil pekerjaan mereka sendiri.

Tidak hanya sekedar mengolah makanan, siswa pun telah belajar cara meningkatkan nilai ekonomis dari buah-buahan. Melihat potensi Kalimantan yang kaya akan keanekaragaman buah, Patrisia Seli, S.S berharap, kelak siswa-siswi bisa membuka usaha dengan mengolah buah-buahan yang ada di sekitar. ?Yasonta.

Belajar di Dapur(SDK MAKEDONIA)

8 Edisi 100 / Februari 2015PROgress

HUT KE-13 SKM“REVOLUSI DIRI”

Edisi 100 / Februari 2015 9PROgress

Perayaan ulang tahun Sekolah Kristen Makedonia yang ke-13 dilangsungkan pada hari Jumat, 23 Januari 2015, di Landak Multi-Purpose Hall atau yang biasa disebut Gedung Serba-guna Sekolah Kristen Makedonia. Acara ini dihadiri oleh

perwakilan Gubernur Kalimantan Barat, Bupati Landak, Kepala Dinas Kabupaten Landak, dan jajaran Muspida.

Perayaan HUT setiap tahun ini merupakan peringatan berdirinya Sekolah Kristen Makedonia di Kalimantan Barat. Acara ini diadakan untuk mengajak seluruh guru dan warga SKM untuk melanjutkan misinya di tahun 2015 ini.

Acara yang bertema “Reformasi Diri” ini diawali dengan ibadah syukur serta Firman Tuhan yang disampaikan oleh Pdt. Bigman Sirait, selaku pendiri Sekolah Kristen Makedonia, kemudian dilanjutkan dengan perayaan ulang tahun.

Acara ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Pdt. Bigman Sirait, Bapak Sugihono Subeno, Perwakilan Gubernur Kalimantan Barat, dan Perwakilan Bupati Landak. Bapak John Wesly selaku ketua panitia perayaan mengungkapkan perayaan HUT tahun ini sudah sangat baik, sayangnya untuk alat dan prasarana masih harus meminjam, serta pentingnya koordinasi dengan pihak yayasan. Sebelum meninggalkan kompleks SKM, rombongan juga sempat mengunjungi stand pameran yang digelar para siswa serta meresmikan kompleks rumah guru yang baru. ? Rosmela

10 Edisi 100 / Februari 2015PROgress

Pentas Seni Makedonia yang terlaksana pada tanggal 17 Januari 2015 adalah kegiatan yang diadakan untuk memeriahkan HUT Makedonia yang ke-13. Acara ini mengangkat tema “Life is Never Flat” dengan tujuan untuk memotivasi anak-

anak muda agar menjadi lebih kreatif. Pada kesempatan kali ini Panitia Pensi turut mengundang beberapa sekolah sahabat

seperti SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Ngabang, dengan maksud untuk mempererat jalinan persahabatan dan bersama-sama memeriahkan HUT Sekolah Kristen Makedonia. Banyak sekali penampilan yang bagus dan menarik, salah satunya adalah persembahan tarian dayak dari siswa-siswi SMA Negeri 2 Ngabang. Performance Drama “Batu Menangis” dari siswa-siswi kelas teater pun tak kalah menarik. Melalui drama ini, siswa-siswi mengajak para penonton untuk belajar menghormati orang tua.

Acara pentas seni ini ditutup dengan peniupan lilin oleh Ibu Hariya, Ibu Sri, Bapak Setiadiana, Ketua OSIS SMAK Makedonia, Ketua OSIS SMA Negeri 2 dan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Ngabang. Setelah itu dilanjutkan dengan foto bersama untuk semua kru yang bertugas. ?Archie Arenhart

Life is Never Flat

Edisi 100 / Februari 2015 11PROgress

Koperasi SMS (Sekolah Makedonia Sejahtera), itulah nama untuk koperasi yang baru saja diresmikan pada 28 Januari 2015, setelah apel bendera Senin pagi. Bapak Setiadiana selaku Kepala SMA Kristen Makedonia dipercayakan untuk

menggunting pita merah yang menandakan Koperasi yang bertempat di ruang olahraga ini resmi dibuka.

Pengadaan Koperasi sendiri bertujuan untuk pembelajaran bagi siswa-siswi tentang bagaimana melakukan pembukuan dan transaksi, serta keterampilan lainnya yang tentu saja akan dipelajari dalam Koperasi ini. Oleh sebab itu, kepengurusan Koperasi akan diserahkan kepada siswa-siswi dengan pengawasan dan bimbingan dari Guru-guru Ekonomi. Penyediaan alat tulis seperti buku, pulpen, dan alat tulis lainnya juga menjadi landasan utama pendirian Koperasi Sekolah Kristen Sejahtera.

Dana yang terbatas bukanlah kendala yang berarti bagi Bapak Seven Simamora, selaku penggagas ide pendirian Koperasi ini, apalagi Yayasan MIKA mendukung penuh adanya Koperasi yang dapat membantu anak-anak asrama Makedonia. Sekarang tinggal antusiasme dari siswa-siswi, guru, dan semua karyawan SKM untuk ambil bagian dalam pengembangan Koperasi Sekolah Makedonia Sejahtera ini, seperti yang disampaikan juga oleh Bapak Seven Simamora. ?Eggidius Ex

Koperasi S M S

12 Edisi 100 / Februari 2015PROyeksi

January Finance ProgressPenerimaan Mitra Anak Asuh

Tanggal No. Donatur Nominal

2-Jan-2015 MAH 0014 1,000,000

5-Jan-2015 MAH 0132 250,000

5-Jan-2015 MAH 0117 2,000,000

5-Jan-2015 MAH 0005 1,500,000

5-Jan-2015 MAH 0032 3,750,000

5-Jan-2015 MAH 0068 250,000

5-Jan-2015 MAH 0099 5,000,000

5-Jan-2015 MAH 0141 2,500,000

5-Jan-2015 MAH 0020 2,000,000

5-Jan-2015 MAH 0118 250,000

6-Jan-2015 MAH 0010 1,000,000

6-Jan-2015 MAH 0011 250,000

6-Jan-2015 MAH 0131 2,000,000

7-Jan-2015 MAH 0149 250,000

9-Jan-2015 MAH 0092 2,000,000

12-Jan-2015 MAH 0045 1,500,000

12-Jan-2015 MAH 0126 1,000,000

13-Jan-2015 MAH 0045 500,000

13-Jan-2015 MAH 0002 1,250,000

15-Jan-2015 MAH 0049 3,750,000

19-Jan-2015 MAH 0087 2,500,000

23-Jan-2015 MAH 0134 500,000

26-Jan-2015 MAH 0004 250,000

27-Jan-2015 MAH 0147 1,000,000

30-Jan-2015 MAH 0006 250,000

30-Jan-2015 MAH 0028 3,000,000

30-Jan-2015 MAH 0146 5,750,000

30-Jan-2015 MAH 0094 500,000

30-Jan-2015 MAH 0138 3,000,000

30-Jan-2015 MAH 0112 1,500,000

50,250,000 Total

Edisi 100 / Februari 2015 13PROyeksi

Penerimaan Mitra Anak PrestasiTANGGAL NO. DONATUR NOMINAL

12-Jan-2015 MAP 0017 1,000,000 27-Jan-2015 MAP 0016 2,000,000 30-Jan-2015 MAP 0004 7,000,000 30-Jan-2015 MAP 0008 2,000,000

12,000,000 Total

Penerimaan Mitra OperasionalTANGGAL NO. DONATUR NOMINAL

2-Jan-2015 MPS 0548 150,000

2-Jan-2015 MPS 0462 50,000

5-Jan-2015 MPS 0476 3,000,000

5-Jan-2015 MPS 0229 1,000,000

6-Jan-2015 MPS 1,000,000

6-Jan-2015 MPS 0200 100,318

7-Jan-2015 MPS 1,200,000

7-Jan-2015 MPS 0336 100,000

8-Jan-2015 MPS 850,000

9-Jan-2015 MPS 0414 10,000,000

12-Jan-2015 MPS 0415 10,000,000

12-Jan-2015 MPS 0524 100,000,000

12-Jan-2015 MPS 0546 500,000

13-Jan-2015 MPS 0258 2,000,000

13-Jan-2015 MPS 0092 4,487,000

15-Jan-2015 MPS 0092 4,095,000

16-Jan-2015 MPS 0401 400,000

20-Jan-2015 MPS 0310 10,000,000

20-Jan-2015 MPS 0547 4,080,000

23-Jan-2015 MPS 1,500,000

23-Jan-2015 MPS 0167 10,000,000

23-Jan-2015 MPS 0185 750,000

26-Jan-2015 MPS 0358 5,000,000

27-Jan-2015 MPS 5,000,000

28-Jan-2015 MPS 0396 100,000

29-Jan-2015 MPS 1,194,700

29-Jan-2015 MPS 0366 4,000,000

30-Jan-2015 MPS 0359 2,500,000

183,057,018 Total

14 Edisi 100 / Februari 2015PROyeksi

Penerimaan Mitra PembangunTANGGAL NO. DONATUR NOMINAL2-Jan-2015 MPB 0240 150,000 2-Jan-2015 MPB 0018 300,000 2-Jan-2015 MPB 0221 3,500,000 6-Jan-2015 MPB 0067 100,318

14-Jan-2015 MPB 0189 5,000,000 19-Jan-2015 MPB 0221 6,500,000 23-Jan-2015 MPB 0194 15,000,000 26-Jan-2015 MPB 0163 660,000 27-Jan-2015 MPB 0128 10,000,000 27-Jan-2015 MPB 0190 1,000,001 28-Jan-2015 MAH & MPP 15,400,000

57,610,319 Total

Penerimaan Mitra Partner-StafTANGGAL NO. DONATUR NOMINAL5-Jan-2015 MPP 0002 8,750,000

8,750,000

Penerimaan Mitra Partner-GuruTANGGAL NO. DONATUR NOMINAL

12-Jan-2015 MPP 0001 20,250,000 19-Jan-2015 MPP 0006 2,700,000

22,950,000 Total

Total

Kekurangan Donasi Bulan Januari 2015

No Jenjang Total orang

sudah mendapat

donatur

belum mendapat Donatur

Donasi/ anak Total Kekurangan (dalam Rupiah)

1 PAUD 92 20 72 100,000 7,200,0002 SD 144 122 22 250,000 5,500,0003 SMP 166 122 44 250,000 11,000,0004 SMA 259 125 134 250,000 33,500,0005 MAHASISWA 24 24 0 1,000,000 06 STAFF 35 8 27 1,250,000 33,750,0007 GURU 52 40 12 1,350,000 16,200,000

772 461 311107,150,000

TOTALTotal Kekurangan Dana/bulan

Edisi 100 / Februari 2015 15PROSpek

Kesadaran akan luasnya ladang pelayanan di Indonesia yang memerlukan sentuhan Injil,

pendidikan yang memadai dan pelayanan kesehatan terutama dipedesaan menjadi aspek pendorong lahirnya Yayasan MIKA.

Melaui pendidikan kristiani dan kesehatan yang seutuhnya diwilayah pedesaan, Yayasan MIKA hadir untuk merubah kehidupan pedesaan yang tergambar dengan rendahnya kualitas pendidikan dan minimnya pemahaman mengenai pola hidup sehat. Dengan semangat kebersamaan, Yayasan MIKA mewujudkan panggilan tersebut dengan menghadirkan sekolah unggulan yaitu Sekolah Kristen Makedonia (SKM) di Plasma V, Desa Amboyo Inti, Kec. Ngabang, Kab. Landak, Kalimantan Barat yang telah berjalan selama 12 tahun mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA dengan moto sekolah “Menjadi Murid Sejati, Beriman Teguh, Berilmu Tinggi dan Berarakter Terpuji” bagi puji hormat nama Tuhan.

Yayasan MIKA menyadari bahwa apa yang sudah dikerjakan, tidak cukup sampai disini. Pengembangan pelayanan di Sekolah Kristen Makedonia melalui pembangunan masih dalam proses dan progress. Proyek yang baru diselesaikan pada akhir tahun 2013 adalah Balai Latihan Kerja (BLK), yang akan digunakan sebagai tempat pelatihan bagi warga disekitar Sekolah Kristen Makedonia dan para siswa lulusan SKM yang tidak dapat melanjutkan study kejenjang Universitas. Selain itu juga pembangunan rumah staf dapur, yang merupakan tempat tinggal bagi staf dapur yang melayani di Sekolah Kristen Makedonia.

Stop Press

Pembangunan yang sekarang ini sedang dikerjakan ialah pembuatan 6 unit rumah guru berkeluarga, waduk, lapangan sepak bola, pemagaran lahan PAUD Tubang Raeng dan Pemagaran lahan PAUD di Peruan Dalam yang masih mengalami kekurangan dana sebesar Rp.1.328.544.500,- (satu miliar tiga ratus dua puluh delapan juta lima ratus empat puluh empat ribu lima ratus rupiah). Oleh karena itu mari kita bergandengan tangan didalam pelayanan ini, melalui karya nyata kita untuk melayani Tuhan dan sesama dalam mencetak pemimpin masa depan yang unggul. Kiranya Tuhan Yesus memberkati setiap pelayanan kita.

16 Edisi 100 / Februari 2015PROficiat

Ulang Tahun FebruariRiri Febrianti Siswa PAUDIbu Ekarina Wangsanegara Pengurus Yayasan MIKAFebiana Siswa PAUDFebrian Yeriko Batda Simanjuntak Siswa SD

Cornelia Tiara Arolov Siswa SMPIbu Nominanda Staf SKMDito Riandi Siswa PAUDCynthia Siswa SD

Niko Guel Siswa SMAPrima Laya Siswa SMAMonica Ayu F Siswa SMAYosina Esuwe Siswa SMAIbu Ruth Suhada Mitra MIKABp. Johan Suhadi Suwandi Mitra MIKAFebrianus Jeri Siswa SMAMichia Isyanti Siswa SMAIbu Maksima Yanti Guru SKMAgata Tania Febiola Siswa SD

Melisa Dinata Siswa SMAChristina Ester Y Siswa SMABp. Ferdi Mitra MIKAIbu Rumondang Panjaitan Mitra MIKABill Clinston Salim Siswa SD

Deli Siswa SMPIbu Grace Magdalena Tambunan Mitra MIKAArisa Anggraini Siswa SMPYoel Verdielaro Siswa SMAPriscilla Hallel Lesmana Siswa SD

Ibu Pedrina Chrisna Winata, S. Pd Guru SKMAlethia Grace Eklin Olla Siswa PAUDNanda Florida Siswa SMP

12 Februari Bp. Frets Yohanes Salindeho Staf SKMGresya Kristian Valenty Siswa PAUDPelagia Silvester Siswa SD

Wiwil Siswa SMA

Februari9

Februari4

Februari5

Februari8

6 Februari

1 Februari

Februari3

2 Februari

Februari13

Februari11

Februari10

Edisi 100 / Februari 2015 17PROficiat

Yayuk Pebriani Siswa SMP

Sanda Valentina Awumbas Siswa SMA

Efrianti Siswa SMA15 Februari Emelia Helen Siswa SMP

Vryzaz Elvin H.S. Siswa SMP

Ibu Tjendrawati Gunawan Mitra MIKA

Rina Silawati Siswa SMP

Ibu Riana Mitra MIKADaud song fesdaruah nubatonis Siswa PAUDLeonardo Febriyan Novin Siswa SD

Icha Feby Anjelica Siswa SMP

Bp. Harry Puspito Mitra MIKA

Yeremia Kesya Siswa SMP

Johandi Siswa SMA

Avil Liani Siswa SMA22 Februari Yoga Mandala Putra Siswa PAUD23 Februari Ribka Crisella Hutagalung Siswa SMP

Jessica Khatarina Rezeki Siagian Siswa PAUDGegevani Ebeng Siswa SD

Sirilius Liyant Restano Siswa SMP

Ibu Ester Murdailina Staf SKMLeander Febriyan Antolin Siswa SD

dr.Oha Pengurus Yayasan MIKA

Jhosua Nathnael Pahotan Girsang Siswa PAUD

Gratiavita Febrianti Siswa SMP

Dennis Delvino Siswa SMPFaula Febiola Siswa SD

Yayasan Eunike Mitra28 Februari

Februari18

Februari16

Februari14

Februari20

Februari27

Februari25

Februari24

Februari21

18 Edisi 100 / Februari 2015PRO DEO

“Ketahuilah, bahwa TUHAN telah memilih bagi-Nya seorang yang dikasihi-Nya; Tuhan mendengarkan apabila aku berseru kepada-Nya” Mazmur 4:3

PRO DEOMarilah kita ambil bagian dalam pokok-pokok Doa dibawah ini :1. Bersyukur atas pertolongan Tuhan sehingga setiap kegiatan di SKM dapat terlaksana

2. Bersyukur untuk semester genap 2014/2015 yang telah dilalui, dan berdoa untuk proses belajar-mengajar semester ganjil yang sedang dijalani.

3. Bersyukur untuk penyertaan Tuhan dalam 13 tahun perjalanan SKM.

4. Berdoa untuk roadshow calon siswa SKM

5. Berdoa untuk Mahasiswa yang dalam penulisan skripsi, yaitu :*) Yatno (UNTAN) *) Merrysna Nadeak (TC-UPH)*) Leonard Agustinus (UNTAN) *) Christine Feby Silitonga (TC-UPH)*) Apriadi Mandraguna Tariu (TC-UPH) *) Yunus (IKJ)*) Kezia Worter (TC-UPH) *) Lamjunior (STBI Semarang)

6. Kebutuhan dana operasional per bulan Rp. 450 juta, kiranya Tuhan mencukupkan

7. Kekurangan kebutuhan dana Operasional rutin Yayasan MIKA :a. 72 Anak Asuh PAUD @Rp.100.000,-/siswa/bulan total Rp.7.200.000,-/bulanb. 205 Anak Asuh SD-SMA @Rp.250.000,-/siswa/bulan total Rp.51.250.000,-/bulanc. 27 Staf Sekolah @Rp. 1.250.000,-/staf /bulan total Rp. 33.750.000,-/buland. 12 Guru @Rp. 1.350.000,-/guru /bulan total Rp. 16.200.000,-/bulan

8. Penyelesaian pembangunan 6 unit rumah guru berkeluarga.

9. Kekurangan dana Pembangunan sebesar Rp.1.328.544.500,-

10. Mitra MIKA yang telah dan selalu mendukung pengembangkan SKM

11. Berdoa untuk Mahasiswa (alumni SKM) yang sedang menjalani studi.a. UNTAN : 4 orang e. UPI YAI : 2 orangb. TC-UPH : 14 orang f. Surya University : 1 orangc. IKJ : 1 orang g. UKI : 1 Orangd. STBI Semarang : 1 orang

12. Berdoa dan bersyukur untuk yang berulang tahun bulan ini.

Perjuangan guru-guru dalam Roadshow calon siswa SKM

di pedalaman Kalimantan Barat

Pengukuran

Tanah

SKM

oleh

BPN

20 Edisi 100 / Februari 2015