Buku Pengantar Sistem Aplikasi PDDIKTI dan UB .PDDIKTI" sebagai jembatan antara sistem akademik

download Buku Pengantar Sistem Aplikasi PDDIKTI dan UB .PDDIKTI" sebagai jembatan antara sistem akademik

If you can't read please download the document

  • date post

    03-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    218
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of Buku Pengantar Sistem Aplikasi PDDIKTI dan UB .PDDIKTI" sebagai jembatan antara sistem akademik

1

PENGANTAR SISTEM APLIKASI

PD DIKTI DAN UB FEEDER

(Tips, trik dan pembahasan kasusteknis)

2

Sanksi Pelanggaran Pasal 113Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta

1. Setiap Orang yang dengan tanpa hak melakukan pelanggaranhak ekonomi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1)huruf i untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana denganpidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidanadenda paling banyak Rp100.000.000 (seratus juta rupiah).

2. Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izinPencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaranhak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9ayat (1) huruf c, huruf d, huruf f, dan/atau huruf h untukPenggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidanapenjara paling lama 3 (tiga) tahun dan/atau pidana dendapaling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

3. Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izinPencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaranhak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9ayat (1) huruf a, huruf b, huruf e, dan/atau huruf g untukPenggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidanapenjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana dendapaling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

4. Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksudpada ayat (3) yang dilakukan dalam bentuk pembajakan,dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh)tahun dan/atau pidana denda paling banyakRp4.000.000.000,00 (empat miliar rupiah).

3

PENGANTAR SISTEM APLIKASIPD DIKTI DAN UB FEEDER

(Tips, trik dan pembahasan kasusteknis)

Oleh,Evi Suwarni, SAB., MAB.

2018

4

PENGANTAR SISTEM APLIKASI PDDIKTI DAN UB FEEDER

(Tips, trik dan pembahasan kasus teknis)

Penulis :Evi Suwarni, SAB,. MAB.

ISBN:

Perancang Sampul :Tim UB Press

Penata Letak :Tim UB Press

Pracetak dan Produksi:Tim UB Press

Penerbit:UB Press

UB PressJl. Veteran 10-11 Malang 65145 IndonesiaGedung INBIS Lt.3Telp: (0341) 5081255, wa: 082228238999e-mail: ubpress@gmail.com/ubpress@ub.ac.idhttp://www.ubpress.ub.ac.id

Cetakan Pertama, Februari 2018

i-x +80 hlm, 15.5 cm x 23.5 cm

Dilarang keras memfotokopi atau memperbanyak sebagianatau seluruh buku ini tanpa seizin tertulis dari penerbit

5

PENGANTAR PENULIS

Puji Syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT yang telahmelimpahkan kesempatan, rahmat dan hidayahNya sehinggapenulis dapat menyelesaikan buku ini. Sholawat serta salamkepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat sertaorang-orang yang mengikuti petunjuknya.

Sejalan diterapkannya sistem informasi pangkalan dataperguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Pelaporan PDDikti ini begitu penting karena merupakan ujung tombak dariperguruan tinggi. Implikasi dari hasil pelaporan PD Diktiberdampak pada validitas dari ijazah mahasiswa, hasil pelaporandikti ini juga sebagai rujukan / sumber informasi bagi Lembagaakreditasi, untuk melakukan akreditasi Program Studi danPerguruan Tinggi; juga bagi Pemerintah, untuk melakukanpengaturan, perencanaan, pengawasan, pemantauan, danevaluasi serta pembinaan dan koordinasi Program Studi danPerguruan Tinggi, sehingga diharapkan Pengolahan data yangdilakukan oleh operator prodi adalah benar dan valid.

Buku Pengantar Sistem Aplikasi PDDIKTI dan UB Feeder inimembahas penjelasan tentang pengenalan dan pengerjaan teknisdalam sistem pelaporan pangkalan data Pendidikan tinggi (PDDIKTI khususnya pengolahan data melalui UB Feeder. Keunggulandari buku ini adalah disusun lebih komprehensif dan detail teknisdan tahapan pengerjaan UB Feeder dan keterkaitan dengannyadengan sumber data aplikasi SIAKAD disertai rangkuman dariberbagai sumber untuk melengkapi dari panduan UB Feeder yangtelah dibuat tim TIK Universitas Brawijaya.

Agar pembaca mudah memahami isi buku secara sistematis,materi buku ini dibagi menjadi 3 bab yakni :

6

Bab 1 : menjelaskan tentang gambaran umum prosesSistem pelaporan PD DIKTI dan keterkaitan dengan UBFeeder

Bab 2 : menjelaskan tentang teknis pengerjaan UB Feederdan logika pengerjaan

Bab 3 : merupakan bagian pelengkap dari dua bab diatas,yang menjelaskan tentang tips dan trik serta solusi daribeberapa permasalahan yang terjadi dalam pengerjaan UBFeeder.

Buku ini ditujukan untuk jajaran akademisi di lingkunganUniversitas mulai dari wakil dekan 1 bidang akademik, kasubbagakademik sebagai penanggung jawab akademik. Dan khususnyayang berkaitan langsung atau pengguna aplikasi UB Feeder yaknipara operator prodi diseluruh Universitas Brawijaya yangdiamanahi untuk melaporkan pelaporan PD Dikti setiap semester.

Saat ini, fenomena yang terjadi dilapang masih banyak operatorprodi yang masih belum memahami proses dan mekanisme secarakeseluruhan pelaporan DIKTI dikarenakan berbagai macam faktorseperti: Laporan PDDIKTI (sebelumnya PDPT) yangmenggantikan aplikasi EPSBED yang berbeda cara pengisiannya,masih kurang rutin diadakan pelatihan pengisian UB Feedersecara detail, masih belum ada buku pedoman yang lengkapsecara teknis membahas detail pengerjaan UB Feeder. Selain ituadanya rotasi dan mutasi dalam organisasi di tingkat Fakultassehingga memungkinkan pergantian operator prodi lama keoperator yang baru.

Harapannya penyusunan buku ini dapat bermafaat sebagaipanduan Operator prodi untuk dapat memahami secarakeseluruhan proses dan mekanisme pelaporan PDDIKTI melaluiUB Feeder. Selain itu juga buku ini sebagai sarana sharingknowledge (berbagi pengetahuan) tentang detail pengerjaan,penyelesaian masalah / kasus kesalahan pengisian data dalampelaporan UB Feeder.

7

Dalam penulisan buku ini, masih mungkin ditemui berbagaikesalahan baik dalam cara penyajian data maupun teknispengoperasian UB Feeder. Oleh karena itu, apabila pembaca inginmemberikan pertanyaan, kritik dan saran yang membangun dapatmelalui alamat email penulis : evi_fia@ub.ac.id

Ucapan terima kasih ditujukan kepada Wakil Dekan I FIA UB,Bapak Yusri Abdillah, S.Sos, M.Si, Ph.D yang telah memberikanarahan, semangat, dan motivasi penulis untuk menyelesaikanbuku ini. Ibu Dr. Hamidah Nayati Utami, S,Sos, M.Si selaku WakilDekan II FIA UB dan Bapak Tedjo Wahono Putro, SE selakukasubbag Akademik FIA UB yang juga mem berikan dukungan,Mbak Riris Mahmudah, SH selaku Koordinator Jurusan Bisnis yangikut memberikan ide terbitnya buku ini. Mas Zaky Bahtiar selakusenior operator UB Feeder yang ikut memberikan arahan, reviewtentang penulisan buku ini. Mbak Lidya, senior operator yangmengajari penulis mengenal aplikasi UB Feeder. Mas Wempy danMbak Dwi juga sebagai senior operator FIA UB serta semuateman- teman sesama operator prodi FIA UB pejuang UB Feederyang ikut memberikan semangat dan dukungan. Tak lupa penulisjuga haturkan terima kasih yang terdalam kepada keluarga besaryakni orang tua, suami (Ady Hady Utomo) dan anak (DanishShalih Ibrahim) yang selalu memberikan semangat, motivasi dandukungan kepada penulis untuk berkarya.

8

DAFTAR ISI

PENGANTAR PENULIS ...................................................................................... 5DAFTAR ISI ............................................................................................................ 8DAFTAR GAMBAR .............................................................................................11DAFTAR TABEL..................................................................................................13BAB 1 GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI PANGKALANDATA PENDIDIKAN TINGGI..........................................................................15

1.1. Sistem Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.................................17

1.2. Sistem Aplikasi UB Feeder ................................................................20

BAB 2 TEKNIS PROSES PENGERJAAN UB FEEDER.........................22

2.1. Membuka Aplikasi UB Feeder..........................................................23

2.2. Tahap Pemrosesan Data ....................................................................31

2.3. Pembahasan Isian Tabel UB Feeder..............................................38

2.3.1. Data Master Mahasiswa (MHS).............................................382.3.2. Master Mahasiswa PT (MHSPT) ...........................................492.3.3. Dosen Pembimbing (Dosbim) ...............................................562.3.4. Data Master Kurikulum ( Kurikulum )...............................592.3.5. Matakuliah.....................................................................................622.3.6. Data Master Matkul Kurikulum (MK Kurikulum) .........682.3.7. Kelas Kuliah (Kelas)..................................................................712.3.8. Aktifitas Mengajar Dosen (Ajar) ...........................................772.3.9 Nilai Semester Mahasiswa (Nilai).......................................812.3.10. Data Nilai Transfer ..................................................................862.3.11. Kuliah Mahasiswa (Kuliah).................................................91

BAB 3 TIPS, TRIK DAN PEMBAHASAN KASUS TEKNIS.....................99

9

3.1 Masalah yang sering terjadi pada aplikasi UB Feeder............ 100

3.2. Teknis pengolahan data pada Excel dengan menggunakanformula excel. ......................................................................................... 103

3.2.1 Fungsi Vlookup.......................................................................... 103BIOGRAFI PENULIS ....................................................................................... 106SINOPSIS BUKU............................................................................................... 107

11

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.