Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

24
Moral and Intellectual Integrity Membangun karakter yang kuat Mencetak kader yang berkualitas Waktu Pendaftaran: Semester Gasal : 1 Mei s.d. Agustus Semester Genap : 1 November s.d. Februari Pendaftaran Mahasiswa Baru setiap Semester, kecuali Magister Psikologi Profesi hanya di Semester Gasal. YOGYAKARTA, INDONESIA TAHUN 2014 PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

description

Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

Transcript of Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

Page 1: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

Moral and Intellectual IntegrityMembangun karakter yang kuatMencetak kader yang berkualitas

Waktu Pendaftaran:Semester Gasal : 1 Mei s.d. AgustusSemester Genap : 1 November s.d. Februari

Pendaftaran Mahasiswa Baru setiap Semester, kecuali Magister Psikologi Profesihanya di Semester Gasal.

YOGYAKARTA, INDONESIATAHUN 2014

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARUPROGRAM PASCASARJANAUNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Page 2: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015
Page 3: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

iiiPANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2014/2015

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah.

Dengan kerjasama yang baik antar semua karyawan dan dosen di lingkungan Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan, buku Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana UAD ini akhirnya dapat terselesaikan. Buku ini disusun selain untuk mendukung program tata kelola organisasi yang baik di pascasarjana, juga pada level praktis untuk membantu para mahasiswa dan calon mahasiswa tentang program-program yang diselenggarakan di pascasarjana UAD.

Peningkatan kualitas terus menerus dalam layanan akademik diharapkan akan dapat membantu kenyamanan dalam belajar para mahasiswa. Dengan hal tersebut, capaian pembelajaran yang diharapkan pada level magister insya Allah dapat tercapai dengan baik.

Informasi yang dituangkan dalam buku pedoman ini bersifat dinamis sesuai dengan berbagai perkembangan program studi yang ada; sehingga pada beberapa aspek sangat mungkin untuk berubah sesuai keadaan yang terjadi. Diharapkan para stakeholder dapat memahami hal ini dengan melakukan klarifikasi ke unit-unit terkait pada alamat yang tertera jika memang diperlukan.

Semoga buku Panduan PMB ini bermanfaat bagi semua pihak. Saran positif sangatlah dinantikan bagi penyempurnaan buku panduan ini.

Terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Direktur,

Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Si., Apt.

Page 4: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

iv UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN - PROGRAM PASCASARJANA

Daftar Isi

iii Kata Pengantariv Daftar Isi

1 Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan5 Magister Pendidikan Fisika7 Magister Pendidikan Bahasa Inggris10 Magister Manajemen Pendidikan12 Magister Psikologi14 Magister Psikologi Profesi17 Magister Farmasi19 Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah20 Alamat Kantor

Page 5: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

1PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2014/2015

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Sejarah Ringkas

PendirianPerkembangan keilmuan dan kebutuhan akan tenaga ahli dengan kompetensi yang lebih tinggi terasa semakin menguat. Berdasar pada studi kelayakan dan kebutuhan akan pendidikan pascasarjana di Indonesia, UAD melihat peluang ini sebagai kesempatan untuk dapat berperan serta dalam menumbuhkan daya saing bangsa. Hal ini yang menjadi salah satu dasar bagi pendirian Program Pascasarjana beserta program studi S2 maupun S3 ke depannya yang dilandasi pada kualitas keunggulan akademik.

Inisiasi pendirian program pascasarjana dilakukan sejak 1 Januari 2004 untuk pengusulan program studi S2 Pendidikan Fisika yang memperoleh SK Pendirian dari Dirjen DIKTI Kemdikbud No. 4182/D/T/2004 tanggal 22 Oktober 2004. Selanjutnya, secara resmi Program Pascasarjana UAD berdiri sejak 1 Januari 2005 sesuai dengan Surat Keputusan Rektor No. 002 Tahun 2005 yang ditandatangani oleh Prof. Drs. H. Sugiyanto, S.U., Ph.D., Apt. selaku rektor saat itu. Usulan pendirian prodi dilanjutkan dengan usulan pendirian S2 Pendidikan Bahasa Inggris yang memperoleh ijin pendirian dari Dirjen DIKTI No. 1993/D/T/2005 tanggal 24 Juni 2005, dan disusul S2 Psikologi yang memperoleh ijin pendirian No. 4154/D/T/2005 tanggal 29 Desember 2005.

Atmosfer AkademikKampus UAD terletak di posisi yang sangat strategis, berada di tengah kota Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Umbulharjo. Hal tersebut akan memudahkan bagi para mahasiswa untuk mengakses transportasi ke terminal, stasiun, maupun bandara. Berbagai kemudahan untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka studi juga sangat mudah didapatkan, baik di lingkungan dalam kampus maupun luar kampus, sehingga studi di Pascasarjana UAD akan lebih efektif dan efisien.

Pada saat ini Pascasarjana UAD memiliki 6 program studi, yaitu Magister Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Magister Pendidikan Fisika, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Psikologi (Sains dan Sekolah), Magister Psikologi Profesi, dan Magister Farmasi. Tahun 2015 akan ditambah prodi baru yaitu: Magister (S2) Pendidikan Matematika, dan Magister (S2) Ilmu Kesehatan Masyarakat, serta satu Program Doktoral (S3) Psikologi.

Pascasarjana UAD telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan, instansi pemerintah, instansi swasta, serta berbagai perguruan tinggi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri memberikan banyak kesempatan bagi mahasiswa Pascasarjana UAD untuk mengikuti berbagai program yang ditawarkan antara lain: students mobility, short course, double degree, credit transfer system, dan lain-lain. Student mobility diprogramkan setiap tahun yang dapat diikuti oleh mahasiswa pascasarjana untuk semua program studi dan angkatan serta alumni pascasarjana UAD. Kegiatannya antara lain: seminar internasional, kuliah bersama, kunjungan ke berbagai sekolah atau perguruan tinggi. Pada acara seminar, peserta dapat mempresentasikan makalahnya dan makalah dimasukkan pada proceeding.

Mahasiswa Pascasarjana UAD memperoleh berbagai kesempatan untuk melakukan penelitian bersama dosen/penelitian payung dengan dana hibah pemerintah maupun LPP UAD. Bagian penelitian dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk membuat tesis ataupun tugas lain. Penelitian bersama dosen inilah yang akan menambah pengalaman, keilmuan, dan mempercepat kelulusan mahasiswa.

Page 6: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

2 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN - PROGRAM PASCASARJANA

Fasilitas yang dimiliki oleh Pascasarjana UAD juga sangat mendukung proses belajar mengajar dengan tersedianya ruang kelas ber-AC lengkap dengan berbagai perlengkapan pendukung, laboratorium, perpustakaan (digital, e-library), ruang konsultasi/bimbingan, kantin, kopma, hotspot, serta lingkungan yang nyaman untuk belajar.

Berdasarkan hasil penelusuran alumni, bahwa Alumni Pascasarjana UAD memiliki keterserapan yang tinggi dengan berbagai profesi sesuai bidang masing-masing. Bagi yang sudah bekerja juga akan memiliki jenjang karir yang cepat, memiliki karakter kepemimpinan yang kuat, karena mahasiswa tidak hanya akan diberi ilmu-ilmu scientific saja namun juga ilmu-ilmu agama (akhlak) dan kepribadian.

Hal-hal tersebut yang menjadi pendorong bagi calon mahasiswa untuk kuliah di Pascasarjana UAD.

Kepemimpinan Pada periode pertama (2004-2008) kepemimpinan Pascasarjana UAD dipimpin oleh Prof. Dr. Noeng Muhadjir. Pada periode kedua (2008-2013) dilanjutkan periode ketiga/ perpanjangan (2013-2017) dipimpin oleh Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt.

PersonilDirektorat1. Direktur : Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt. 2. Wakil Direktur : Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T. 3. Staffing

1) Kepala Kantor : Danang Sukantar 2) Administrasi & Keuangan : Adil Pandriyo 3) Staf Pendidikan Fisika : Parwanti Dewi 4) Staf Pend. Bahasa Inggris : Suryono Hadi, Hanifah5) Staf Psikologi : Subkhan Aziz6) Staf Farmasi : Suparno7) Staf Manajemen Pendidikan : Risty Kurniasih8) Staf Psikologi Profesi : Joko Tri Winarto, Tri Noviana Rini

4. Ketua Program Studi Magister/Profesi:1) Pendidikan Fisika : Dr. Moh. Toifur, M.Si.2) Pendidikan Bahasa Inggris : Dr. R.A. Noer Doddy Irmawati, M.Hum.3) Psikologi : Drs. Mujidin, M.Si.4) Farmasi : Dr. Laela Hayu Nurani, M.Si., Apt.5) Manajemen Pendidikan : Prof. Suyata, M.Sc., Ph.D.6) Psikologi Profesi : Dr. Siti Urbayatun, M.Si., Psi.

VisiMenjadi institusi pendidikan integratif berlandaskan nilai-nilai keislaman yang berkomitmen pada keunggulan dengan terus menerus mengembangkan pengetahuan yang berwawasan global.

MisiProgram Pascasarjana UAD memfasilitasi proses pendidikan bagi mahasiswa dari berbagai wilayah Indonesia dan juga luar negeri dengan misi sebagai berikut:• Memberikan pendidikan berkelanjutan dalam membangun moralitas melalui proses belajar mengajar

baik secara langsung maupun online yang diperkuat dengan ilmu pengetahuan terbaru, keragaman, dan kreativitas dosen, mahasiswa, dan staf.

• Melakukan penelitian dan menghasilkan karya-karya ilmiah yang mendorong pada pengembangan manusia, ekonomi, kesepemahaman global, dan kemajuan dalam profesionalisme.

Page 7: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

3PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2014/2015

• Menguatkan aktivitas kerjasama dengan industri, pemerintah, dan institusi pendidikan lain dalam berbagai level baik dalam maupun luar negeri untuk menghasilkan, mensosialisasikan, mengintegrasikan, dan menerapkan pengetahuan yang lebih bernilai bagi masyarakat.

• Meningkatkan terus menerus lingkungan yang islami bagi individu maupun komunitas melalui program terintegrasi dalam pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Standar Kompetensi Lulusan Pascasarjana UAD• Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang masing-masing melalui

aktivitas penelitian secara inovatif yang dilihat pada kemampuan menerapkan dan mengembangkan inovasi dalam dunia kerja.

• Mampu memecahkan permasalahan dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner, yang ditunjukkan pada kemampuan problem solving.

• Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan yang ditunjukkan pada kemampuan mengelola penelitian.

• Mampu menjadi contoh dalam pengamalan keagamaan di dunia kerjanya yang ditunjukkan pada moralitas yang baik.

TujuanTujuan 1: Meningkatkan keberhasilan studi mahasiswa. Pascasarjana UAD memiliki komitmen pada mahasiswa sebagai inti dari misi organisasi. Strategi yang perlu dilakukan adalah peningkatan proses belajar mengajar, pemberian peluang keterlibatan mahasiswa dalam penelitian, peningkatan kualitas proses pendampingan studi, perluasan magang dunia kerja, penguatan credit transfer system, sandwich degree, dan student exchange.

Tujuan 2: Memajukan keunggulan akademik dan penelitian. Keunggulan akademik merupakan atribut dari world class university. Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kompetensi dan kualifikasi akademik dosen, memberi peluang pada penelitian lintas disiplin ilmu, peningkatan kualitas reputasi publikasi artikel peneliti, peningkatan kerjasama penelitian dengan institusi lain, peningkatan pendanaan penelitian dari sumber yang lebih luas, perluasan sosialisasi hasil penelitian pada pengguna hasil penelitian, peningkatan ketersedian fasilitas penelitian dan pembelajaran.

Tujuan 3: Memperluas akses pendidikan berkelanjutan bagi masyarakat. Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah credit earning system, perluasan kerjasama dengan pemerintah daerah maupun dinas pendidikan di berbagai wilayah untuk berperan serta dalam memajukan SDM.

Tujuan 4: Memanfaatkan teknologi untuk perluasan akses dan layanan pendidikan. Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah penguatan SDM dalam literasi IT, penguatan penyelenggaraan e-learning,

èFOTO:penelitian payung modul berprograma atau CTS di

Usant filipina??

è FOTO: mou kerjasama penelitian, ketersediaan fasilitas penelitian (gambar pengamatan astronomi pfis), siapa punya??

Page 8: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

4 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN - PROGRAM PASCASARJANA

digitalisasi data dan informasi untuk mendukung good university governance.

Tujuan 5: Mengendalikan pembiayaan dan menciptakan efisiensi tambahan dalam organisasi. Dengan keterbatasan sumber daya, komitmen organisasi untuk lebih efisien dengan kualitas yang lebih baik menjadi sangat penting. Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah: melakukan rasionalisasi pembiayaan mahasiswa sesuai kebutuhan, standardisasi proses bisnis melalui sistem penjaminan mutu, menyelenggarakan operasional harian secara paperless, pelaksanaan kebijakan beban kerja yang transparan dan terukur, perluasan peluang penyelenggaraan kuliah interdisiplin secara bersama.

Perguruan Tinggi Partner1. University Nueva Caceres (UNC), Filipina2. University of Saint Anthony (USANT), Filipina3. Prince of Songkhla University (PSU), Thailand4. Fatoni University, Thailand5. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Malaysia6. Universiti Utara Malaysia (UUM), Malaysia7. Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia8. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Indonesia9. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia10. Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia11. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia12. Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR), Indonesia13. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan, Lampung, Indonesia14. Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arqam Muhammadiyah, Garut, Indonesia15. Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Instansi Non Pemerintah Partner1. Musa Asiah Foundation, Cambodia2. Islamic School Network, Thailand3. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta4. Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang

Program yang Diselenggarakan1. Credit Transfer System2. Joint Degree3. Student Mobility4. Perkuliahan Reguler

Program Studi meliputi:1. Magister Pendidikan Fisika2. Magister Pendiikan Bahasa Inggris3. Magister Manajemen Pendidikan4. Magister Psikologi5. Magister Psikologi Profesi6. Magister Farmasi

èFOTO: terkait e-learning atau IT, ada yg punya?

Page 9: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

5PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2014/2015

Magister Pendidikan FisikaIjin Pendirian dan StatusProgram Magister (S2) Pendidikan Fisika UAD memperoleh ijin operasional dari Dirjen Dikti Depdiknas SK Nomor: 4182/D/T/2004 tertanggal 22 Oktober 2004 dan pada 10 Januari 2013 telah berstatus Terakreditasi “B” sesuai dengan SK BAN-PT Nomor: 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013.

VisiPada tahun 2020 menjadi Program Magister Pendidikan Fisika berwawasan global yang kuat dalam penguasaan konsep fisika, unggul dalam penguasaan teknik pembelajaran berbasis IT yang sejalan dengan nilai keislaman.

Misi• mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pendidikan fisika yang islami• menyiapkan guru fisika yang menguasai konsep fisika dan teknologi pembelajaran berbasis IT.• meningkatkan kemampuan penelitian dan pengabdian masyarakat bidang fisika.• mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak menuju Program Magister Pendidikan Fisika yang

berwawasan global.

Mata Kuliah/Kurikulum Semester I: Elektromagnetika (3 SKS), Fisika Komputasi (3 SKS), Matematika Terapan (2 SKS), Mekanika (3

SKS), Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Fisika (2 SKS), Mata Kuliah Pilihan (2 SKS).

Semester II: Eksperimen Fisika (3 SKS), Filsafat Sains (2 SKS), Fisika Modern (3 SKS), Fisika Statistik (3 SKS), Teknologi Informasi dan Komunikasi Pembelajaran Fisika (3 SKS), Mata Kuliah Pilihan (2 SKS).

Semester III: Seminar Proposal Tesis (0 SKS), Tesis (6 SKS).

Mata Kuliah Pilihan Semester Gasal: Supervisi Pendidikan (2 SKS), Astronomi dan Fisika Kebumian (2 SKS), Termodinamika (2 SKS), Kapita

Selekta Fisika (2 SKS), Praktek Pengajaran (2 SKS), sertifikasi (2 SKS) Teknologi Informasi dan Komunikasi Pembelajaran Fisika Lanjut (2 SKS).

Mata Kuliah Pilihan Semester Genap: Getaran dan Gelombang (2 SKS), Inovasi Pendidikan Fisika (2 SKS), Metode Penelitian Pendidikan (2 SKS),

Seminar Fisika (2 SKS), Statistik Pendidikan (2 SKS).

Lama Studi, Beban SKS, dan GelarUntuk dapat lulus, mahasiswa harus menempuh minimal 38 SKS (termasuk tesis). Khusus lulusan S1 non kependidikan yang belum lulus Akta IV minimal mengambil 41 SKS. Gelar yang diperoleh adalah Magister Pendidikan Sain (M.Pd.Si.) atau dalam bahasa Inggris Master of Science Education (M.Sc.Ed.). Lama studi dapat diselesaikan dalam 3 semester, dapat diperpanjang hingga 8 (delapan) semester.

Program KhususBagi rombongan belajar yang berasal dari suatu daerah, minimal 20 mahasiswa. Kelebihan program ini adalah jadwal kuliah fleksibel, kombinasi kuliah dengan e-Learning, fasilitas penginapan di Asrama UAD dan transportasi.

Page 10: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

6 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN - PROGRAM PASCASARJANA

Staf PengajarProf. Dr. Sumadji, B.Sc., Prof. Dr. Achmad Hinduan, M.Sc., Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Prof. Suparwoto, M.Sc., Prof. Darsono, M.Sc., Dr. Moh. Toifur, M.Si., Dr. H.R. Oktova, Dr. Widodo, M.Si., Dr. Guntur Maruto, M.Si., Dr. Arif Hermanto, Dr. Dwi Sulisworo, M.T., Yudhiakto Pramudya, Ph.D., Drs. Ishafit, M.Si. (sedang S3), Drs. Suharno, M.Si., Dra. Zahara, M.Sc.

Prosedur Pendaftaran1. Pendaftaran dapat dilakukan pada setiap semester (Gasal maupun Genap) sesuai jadwal.2. Calon mahasiswa dapat mendaftar langsung ke Sekretariat Pendaftran PMB UAD di Jln. Kapas 9 Semaki

Yogyakarta atau mendaftar secara online di website http://www.pmb-online.uad.ac.id3. Jika mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran, silakan menghubungi Staf Prodi S2 Pendidikan Fisika

a.n. Dewi Parwanti di nomor HP: 081315295892.4. Calon mahasiswa membayar uang pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 di Bank Syariah Mandiri Kampus

II atau Bank BRI di seluruh Indonesia.5. Berkas pendaftaran beserta bukti pembayaran dapat dikirim via pos atau diserahkan langsung ke:

Sekretariat Panitia PMB UAD (Kantor BAA) Jln. Kapas 9 Semaki Yogyakarta atau ke: Sekretariat Panitia PMB Pascasarjana Magister Pendidikan Fisika di Kampus II Ruang A3.01 Lantai III Jln. Pramuka 42 Sidikan, Yogyakarta 55161 atau scan-email dikirim ke [email protected]

Syarat Pendaftaran1. Memiliki ijazah S1 Pendidikan Fisika atau program studi lain yang relevan misalnya: Matematika, Fisika

Teknik, Teknik Fisika, Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dsb.2. Menyampaikan surat permohonan mengikuti pendidikan (formulir silakan download di http://www.pasca-

pfisika.uad.ac.id) dilampiri:a. Isian daftar riwayat hidupb. Pernyataan dukungan/izin atas tempat bekerja (tidak wajib)c. Fotokopi ijazah S1 yang sudah dilegalisir, bagi yang belum ada ijazah untuk sementara dapat

menggunakan surat keterangan lulusd. Fotokopi transkrip akademik S1 yang sudah dilegalisir, bagi yang belum ada untuk sementara dapat

menggunakan transkrip sementara yang ditandatangani oleh Pimpinan Fakultase. Fotokopi SK pengangkatan pegawai pertama dan terakhir (jika ada)f. Fotokopi kartu pegawai (jika ada)g. Pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 3 lembarh. Karya ilmiah dan sertifikat lima tahun terakhir (jika ada)i. Piagam penghargaan/prestasi yang pernah dicapai (jika ada).

NB: item-item tersebut digunakan untuk bahan scoring/penilaian.

Waktu Perkuliahan

Perkuliahan Magister Pendidikan Fisika diselenggarakan pada setiap Jumat – Sabtu mulai pukul 13.30 s.d. selesai.

Page 11: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

7PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2014/2015

Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Ijin Pendirian dan StatusProgram Magister (S2) Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris memperoleh ijin operasional dari Dirjen Dikti Depdiknas SK No. 1993/D/T/2005 tanggal 24 Juni 2005 dan pada 10 Januari 2013 telah berstatus Terakreditasi sesuai dengan SK BAN-PT Nomor: 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013.

VisiMenjadi program studi yang unggul dalam bidang Pengajaran Bahasa Inggris (ELT) yang integratif berbasis penelitian dan teknologi berlandaskan nilai-nilai keislaman dan berwawasan global.

Misia. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan Pengajaran Bahasa Inggris (ELT) yang integratif

berlandaskan ilmu linguistik, sastra, dan budaya dalam suasana akademik yang menjunjung tinggi nilai keislaman.

b. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah yang relevan dengan ilmu kependidikan dan Pengajaran Bahasa Inggris (ELT) sehingga bisa menghasilkan temuan-temuan mutakhir dan aplikatif yang berguna bagi masyarakat secara luas.

c. Menyelenggarakan dan mengembangkan layanan sosial dan kepakaran kepada masyarakat dalam Bidang Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Inggris (ELT) melalui kerjasama dengan stakeholders.

Mata Kuliah/Kurikulum Matakuliah Dasar (10 SKS), meliputi: Philosophy of Science (2 SKS), Theories of Culture (2 SKS), Theories of Literature and Language (2 SKS),

Qualitative Research Methodology (2 SKS), Quantitative Research Methodology (2 SKS), Al Islam dan Kemuhammadiyahan/Akhlaq (0 SKS).

Matakuliah Keahlian (31 SKS), meliputi: Applied Linguistics and ELT (2 SKS), Methods of TEFL (3 SKS), Children Language Acquisition and ELT (2 SKS),

ELT Textbooks (2 SKS), English Language Testing (2 SKS), Varieties of English and ELT (2 SKS), Selected Literary Works and ELT (2 SKS),Culture and ELT (2 SKS), Educational Management and ELT (2 SKS), Instructional (Educational) Technology (2 SKS), Curriculum and Material Development (2 SKS), Thesis Proposal Seminar (2 SKS), Thesis (6 SKS).

Matakuliah Pilihan 3 SKS (Pilih Salah Satu), meliputi: Seminar on ELT (3 SKS), Pragmatics (3 SKS), Discourse Analysis (3 SKS), Translation (3 SKS).

Lama Studi, Beban SKS, dan GelarStudi Magister PBI dapat diselesaikan dalam waktu 4 (empat) semester atau kurang. Beban studi sebanyak 44 SKS terdiri dari 10 SKS matakuliah dasar, 31 SKS matakuliah keahlian, dan 3 SKS matakuliah pilihan. Gelar yang diperoleh adalah Magister Pendidikan Bahasa Inggris (M.Pd.B.I.).

Page 12: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

8 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN - PROGRAM PASCASARJANA

Staf PengajarProf. Dr. Bustami Subhan, M.S.; Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd.; Prof. Dr. Soepomo Poedjosoedarmo; Prof. Dr. Abdul Gafur, M.Sc.; Prof. Dr. Suharsimi Arikunto; Prof. Dr. Mundzirin Yusuf, M.Si.; Prof. Sugirin, Ph.D.; Dr. Kasiyarno, M.Hum.; Dr. R.A. Noer Doddy Irmawati, M.Hum.; Dr. Mohammad Syakur, M.Pd.; Dr. Ngadiso, M.Pd.; Dr. Adnan Zaid, M.Sc.; Dr. Agus Widyantoro, M.Pd.; Drs. Surono, M.Hum.(***); Dra. Umi Rokhyati, M.Hum.(***); Azwar Abbas, M.Hum. (***); Drs. Nuri Fainuddin, M.Hum.

Tanda (***) sedang menempuh S3.

Syarat Pendaftaran1. Menyandang Gelar Sarjana S-1 Pendidikan Bahasa Inggris atau Sastra Inggris (*)2. Memiliki IPK minimal 3,00 (**)3. Melampirkan salinan ijazah dan transkrip Sarjana (S1) PBI atau Sastra Inggris yang telah dilegalisir4. Melampirkan 2 surat rekomendasi dari 2 orang yang mengetahui kemampuan akademik calon mahasiswa

dengan baik5. Melampirkan fotokopi TOEFL atau TOEFL-LIKE dengan nilai minimal 475 (***)6. Memiliki nilai TPA atau setara TPA minimal 450 (tes dilaksanakan di Magister PBI UAD Kampus II) (***)

Keterangan:(*) Bagi pemegang ijazah selain itu, melalui matrikulasi(**) Bagi calon mahasiswa lulusan program lama, IPK kurang dari 3,00 dapat dikompensasikan dengan

pengalaman, keahlian yang dimiliki, dan dengan matrikulasi.(***) Nilai yang kurang dari ketentuan dapat dikompensasikan dengan matrikulasi.

Prosedur Pendaftaran1. Calon mahasiswa mendaftar secara online di http://pmb-online.uad.ac.id/, bukti pendaftaran diprint untuk

keperluan pembayaran uang pendaftaran2. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 di Bank Syariah Mandiri Kampus II (Jln. Pramuka

42 Sidikan Yogyakarta) atau Bank BRI di seluruh Indonesia, dengan menunjukkan print out pendaftaran kepada Petugas/Kasir Bank)

3. Selanjutnya mengajukan permohonan tertulis sebagai calon mahasiswa dengan cara mengisi formulir yang tersedia di http://pascapbi.uad.ac.id/download/

4. Berkas pendaftaran beserta bukti pembayaran dapat dikirim via pos atau diserahkan langsung ke: Sekretariat Panitia PMB UAD (Kantor BAA) Jln. Kapas 9 Semaki Yogyakarta 55166 atau ke: Sekretariat Panitia PMB Pascasarjana Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Kampus II Lantai I Jln. Pramuka 42 Sidikan, Yogyakarta 55161.

Berkas pendaftaran terdiri dari: 1) Formulir Permohonan Mengikuti Pendidikan;2) Isian Formulir Riwayat Hidup;3) Pernyataan dukungan/izin atas tempat bekerja (bagi yang sudah bekerja);4) Rekomendasi akademik dari 2 orang dosen yang pernah membimbing dalam studi atau atasan;5) Fotokopi ijazah dan transkrip akademik pendidikan terakhir yang telah disahkan oleh pihak yang

berwenang;6) Fotokopi karya ilmiah terbaik yang dihasilkan dalam 5 tahun terakhir. Bila penelitian lampirkan

ringkasannya; (*)7) Fotokopi pengangkatan pegawai pertama dan terakhir; (*)8) Fotokopi NIP/NIY/Karpeg; (*)

Page 13: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

9PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2014/2015

9) Pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 3 (tiga) buah (ditempel pada Daftar Riwayat Hidup dan Tanda Peserta Seleksi);

10) Tanda bukti pembayaran biaya pendaftraan/bukti transfer;11) Ringkasan/Abstrak Tugas Akhir pada Program S1;12) Amplop berperangko kilat dengan diberi alamat lengkap calon peserta untuk pemberitahuan hasil

seleksi;13) Fotokopi nilai TOEFL atau TOEFL-LIKE.

Tanda (*) jika ada

Waktu PerkuliahanPerkuliahan Magister PBI diselenggarakan pada setiap Kamis s.d. Minggu mulai pukul 13.30 s.d. selesai.

Page 14: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

10 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN - PROGRAM PASCASARJANA

Magister Manajemen Pendidikan

Ijin Pendirian dan StatusProgram Magister (S2) Manajemen Pendidikan UAD memperoleh ijin operasional dari Dirjen Dikti Depdiknas SK No. 167/E/O/2011 tanggal 5 Agustus 2011 dan pada 9 Agustus 2014 telah berstatus Terakreditasi sesuai dengan SK BAN-PT Nomor: 276/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2013.

VisiMenjadi program studi bertaraf internasional yang memiliki keunggulan komparatif, kreatif dan inovatif, berbasis nilai-nilai keislaman, didukung oleh kemajuan keilmuan, penelitian, dan teknologi.

Misi1. Menyiapkan pemimpin pendidikan yang bermoral dan profesional,2. Memperbaiki kinerja sistem pendidikan yang kaffah (utuh dan benar), 3. Melakukan Penelitian Pengelolaan Pendidikan untuk memajukan praksis pendidikan, 4. Membangun jaringan kerja perbaikan pendidikan multikultural yang islami, 5. Membangun dan mengembangkan sistem informasi pendidikan,6. Memberdayakan lembaga dan organisasi pendidikan.

Mata Kuliah/Kurikulum Semester I: Aplikasi computer dan Internet/ICT (0 SKS), Bahasa Inggris (0 SKS), Filsafat Ilmu (3 SKS),

Manajemen SDM (3 SKS), Metodologi Penelitian MP (3 SKS), Sistem Manajemen Mutu Pendidikan Terpadu (3 SKS), Perilaku Organisasi (3 SKS).

Semester II: Analisis dan Refleksi Praktek Administrasi Sekolah Terbaik/ Best Practices (2 SKS), Analisis Praktek Administrasi Pendidikan sejak UU N0 4 th 1950 (2 SKS), Aplikasi Statistik dalam Penelitian Pendidikan/Statistik (3 SKS), Inovasi dan Paradigma Baru MP (3 SKS), Kepemimpinan Pendidikan (3 SKS), Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran (3 SKS), Analisis Kasus Best Practices Kelembagaan (2 SKS), MBS dan Networking Pendidikan (2 SKS), Analisis Kasus Best Practices Kepemimpinan Kepala Sekolah (2 SKS).

Semester III: Analisis Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perencanaan Pendidikan (3 SKS), Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan (3 SKS), Pengembangan Indikator dan Sistem Informasi Manajemen (3 SKS), Seminar Proposal Tesis (0 SKS), Supervisi dan Evaluasi Pendidikan (3 SKS).

Semester IV: Tesis (6 SKS).

Staf PengajarProf. Suyata, M.Sc.,Ph.D.; Prof. Dr. Aliyah Rasyid Baswedan; Prof. Dr. Suharsimi Arikunto; Prof. Drs. H.M. Sarbiran, M.Ed., Ph.D.; Prof. Dr. Noeng Muhadjir; Prof. Dr. Wuradji, M.S.; Prof. Dr. Bustami Subhan, M.S.; Prof. Dr. Anik Ghufron; Prof. Dr. Pujiati Suyata; Prof. Dr. Siti Partini Suardiman, S.U.; Dr. Widodo, M.Si.; Sumarno, M.A., Ph.D.; Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T.; Dr. Sugito, M.Si.; Dr. Muchlas, M.T.; Dr. Cepi Syafrudin Abdul Jabbar; Drs. Harmanto, M.Si.; Dra. Alif Muarifah, S.Psi.,M.Si.,Ph.D.

Lama Studi, Beban SKS, dan GelarUntuk dapat lulus, mahasiswa harus menempuh minimal 41 SKS (termasuk tesis). Khusus lulusan S1 non kependidikan atau lulus Akta IV harus menempuh matrikulasi 4 SKS. Gelar yang diperoleh adalah Magister Pendidikan (M.Pd.). Lama studi dapat diselesaikan dalam waktu minimal 4 semester, dan dapat diperpanjang hingga 8 (delapan) semester.

Syarat Pendaftaran1. Telah lulus Sarjana Strata 1 kependidikan maupun non kependidikan terakreditasi, dari perguruan tinggi

negeri maupun swasta.2. Calon mahasiswa dari S-1 Kependidikan, atau S-1 non Kependidikan dari semua jurusan.3. Calon mahasiswa dari S-1 Kependidikan, S-1 non Kependidikan mengikuti matrikulasi 4 SKS.

Page 15: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

11PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2014/2015

Tata Cara PendaftaranPendaftaran Online1. Mengisi formulir pendaftaran dengan benar di http://pmb-online.uad.ac.id 2. Bukti pendaftaran diprintout/dicetak sebagai bukti telah melakukan pendaftaran online dengan benar.

Selanjutnya, hasil printout tersebut ditunjukkan ke petugas bank (BRI, BNI Syariah/BPD Syariah) untuk membayar uang pendaftaran

3. Mengirimkan fotokopi bukti/resi pendaftaran beserta persyaratan lainnya, meliputi:1) Formulir Permohonan Mengikuti Pendidikan;2) Isian Formulir Riwayat Hidup;3) Pernyataan dukungan/izin atas tempat bekerja (bagi yang sudah bekerja);4) Rekomendasi akademik dari 2 orang dosen yang pernah membimbing dalam studi atau dari atasan;5) Fotokopi ijazah dan transkrip akademik pendidikan terakhir yang telah disahkan oleh pihak yang

berwenang;6) Fotokopi karya ilmiah terbaik yang dihasilkan dalam 5 tahun terakhir. Bila penelitian lampirkan

ringkasannya; (*)7) Fotokopi pengangkatan pegawai pertama dan terakhir; (*)8) Fotokopi NIP/NIY/Karpeg; (*)9) Pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 3 (tiga) buah (ditempel pada Daftar Riwayat Hidup dan Tanda

Peserta Seleksi);10) Tanda bukti pembayaran biaya pendaftraan/bukti transfer;11) Ringkasan/Abstrak Tugas Akhir pada Program S1;12) Amplop berperangko kilat dengan diberi alamat lengkap calon peserta untuk pemberitahuan hasil

seleksi;13) Fotokopi nilai TOEFL atau TOEFL-LIKE.

Tanda (*) jika ada

Berkas pendaftaran dikirim ke: Panitia PMB UAD d.a. Biro Akademik dan Admisi (BAA) Universitas Ahmad Dahlan Jln. Kapas 9 Semaki Umbulharjo Yogyakarta 55166

4. Konfirmasi dan Pengumuman hasil seleksi dapat ditanyakan kepada staf prodi Magister MP a.n. Risty Kurniasih nomor HP: 085228441187 atau dilihat di website http://pmb.uad.ac.id/2014/hasil-seleksi/

Pendaftaran Langsung1. Konsultasi pada petugas di stand konsultasi (hall Kampus I Jln. Kapas 9 Semaki Yogyakarta) atau dapat

berkonsultasi pada staf prodi Magister Manajemen Pendidikan Sdri. Risty Kurniasih HP 085228441187 di Kampus I Jln. Kapas 9 Semaki Yogyakarta;

2. Mengisi formulir pendaftaran di Anjungan Komputer/Komputer yang disediakan dan Berkas Formulir Pendaftaran;

3. Mencetak/menulis nomor formulir pendaftaran;4. Membayar uang pendaftran di Bagian Keuangan, Bank BSM Kampus I;5. Menyerahkan Berkas Formulir Pendaftaran di Loket Verifikasi.

Alur pendaftaran Program Pascasarjana : http://pmb.uad.ac.id/2013/images/stories/AlurPendaftaranS2.jpg

Download Berkas Formulir Pendaftaran :http://pasca-mp.uad.ac.id/wp-content/uploads/Dok_Klengkapan_Pdaftarn_S21.pdf

Waktu PerkuliahanPerkuliahan dilaksanakan pada Kamis s.d. Sabtu mulai pukul 13.30 s.d. 20.30 WIB.

Page 16: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

12 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN - PROGRAM PASCASARJANA

Magister PsikologiIjin Pendirian dan StatusProgram Magister (S2) Psikologi memperoleh ijin pendirian No. 4154/D/T/2005 tanggal 29 Desember 2005, ijin operasional sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti nomor: 119/D/0/2010 dan telah terakreditasi “B” oleh BAN-PT sesuai SK Nomor 035/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013.

VisiMenjadi Program Studi yang unggul dan kompetitif dengan keunikan pada psikologi indegenous yang mengedepankan nilai-nilai Islam dan budaya Indonesia, yang pada tahun 2022 dapat berkompetisi secara global.

Misi1. Menjalankan seluruh proses akademik di prodi secara profesional dan Islami.2. Menyelenggarakan program-program untuk meningkatkan kompetensi akademik dosen yang sesuai dengan

lingkup kompetensi magister sain psikologi. 3. Menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan yang melekat dan berkelanjutan demi tercapainya lulusan

yang berkualitas unggul dan Islami.4. Mendorong terselenggaranya penelitian dosen dan mahasiswa yang berkualitas sesuai dengan konteks

budaya Indonesia dan Islam.5. Memberikan layanan pengembangan kompetensi kepada masyarakat melalui kolaborasi atau kerjasama

dengan sekolah Muhammadiyah atau Universitas antar Muhammadiyah atau institusi lain.

Mata Kuliah/KurikulumMata Kuliah Wajib Kemagisteran (16 SKS): Filsafat Ilmu, Berbagai Pendekatan Teori Dalam Psikologi, Metode Penelitian Lanjut, Analisis Data, Penyusunan dan Pengembangan instrumen Psikologi, Psikologi Indigenius (Perilaku Islami + Psikologi Positif), Psikologi Lintas Budaya (masing-masing 2 SKS).

Mata Kuliah Pilihan Wajib Utama Psikologi Sekolah (14 SKS): Terapan Psikologi Perkembangan, Terapan Psikologi Belajar, Psikologi Inteligensi & Kognitif, Psikologi Kreativitas, Psikologi Motivasi, Pengukuran Psikologi Kepribadian dan Sosial, Psikologi Konseling & Psikoterapi (masing-masing 2 SKS).

Mata Kuliah Pilihan Kekhususan Manajemen Sekolah (6 SKS): Psikologi Manajemen Sekolah (Praktek) (4 SKS), Psikologi Komunitas, Keluarga dan Sekolah (2 SKS).

Mata Kuliah Pilihan Kekhususan Belajar (6 SKS): Psikologi Pengajaran (2 SKS), Psikodiagnostik Kesulitan Belajar (Praktek) (4 SKS).Tesis 6 (SKS)

Mata Kuliah Wajib Khusus untuk S1 selain Disiplin Ilmu Psikologi (16 SKS): Psikologi Umum dan Se-jarah, Psikologi Perkembangan Kognitif, Sosial dan Kepribadian, Psikologi Sosial dan Terapan, Psikologi Kepribadian dan Dinamika, Psikologi Gangguan Kepribadian, Statistika Psikologi Multivariat, Psikologi Te-rapan Pendidikan, Psikologi Terapan Industri dan Organisasi (masing-masing 2 SKS).

Lama Studi, Beban SKS, dan GelarUntuk dapat lulus, bagi mahasiswa S1 Psikologi harus menempuh minimal 42 SKS (termasuk tesis), bagi mahasiswa S1 non Psikologi harus menempuh minimal 58 SKS (termasuk Tesis dan Matrikulasi). Gelar yang diperoleh adalah Magister Sain (M.Si.). Lama studi dapat diselesaikan dalam 4 semester atau kurang, dan dapat diperpanjang hingga 8 (delapan) semester.

Page 17: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

13PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2014/2015

Staf PengajarProf. Dr. Noeng Muhadjir; Prof.dr. Soejono Aswin,Ph.D.; Prof.Dr. Sartini Nuryoto,Psi.; Prof.Dr. Koentjoro, M.BSc.,Ph.D.,Psi.; Prof.Dr. Asmadi Alsa,SU.,Psi.; Dr. Marcham Darokah,M.A.,Ph.D.,Psi.; Dr. Toto Kuwato, Psi.; Dr. Khoiruddin Bashori,M.Si.,Psi.; Dr. Murtini, SU., Psi.; Dr. Siti Urbayatun, M.Si.,Psi.; Elli Nur Hayati, MPH.,Ph.D.,Psi.; Triantoro Safaria, M.Si.,Ph.D.,Psi.; Dr. Kusno Effendi, M.Si.,M.Pd.; Drs. Choirul Anam, M.Si.,Psi.; Drs. Amrizal Rustam, M.Si.,Psi.; Drs. Mujidin, M.Si.(***); Erita Yuliasesti D.S., S.Psi.,M.Si.,Psi.(***); Drs.Purwadi, M.Si. (***); Hadi Suyono, S.Psi.,M.Si. (***); Herlina Siwi Widiana, S.Psi.,M.Si., Psi.(***); Dra. Alif Mu'arifah, S.Psi., M.Si., Ph.D.

Tanda (***) sedang menempuh S3.

Prosedur Pendaftaran1. Untuk Magister Psikologi Minat Psikologi Sekolah berijazah S1 Psikologi atau Ijazah S1 dari jurusan lain;2. Bersedia mengikuti tes seleksi masuk ;3. IPK minimal 2,75 ;4. TOEFL minimal 400 dapat menyusul.

Syarat Pendaftaran1. Mengisi formulir online dan cetak nomor pendaftaran melalui http://pmb-online.uad.ac.id/;2. Bukti pembayaran biaya pendaftaran;3. Foto copy ijazah S1 dan transkip nilai yang dilegalisir masing-masing 1 lembar;4. Isian daftar riwayat hidup;5. Pas Foto berwarna (6 bulan terakhir) ukuran 3x4 cm = 4 lembar dan 2x3 = 2 lembar;6. Surat ijin dari instansi/ lembaga tempat bekerja (bagi yang sudah bekerja);7. Mengumpulkan amplop berperangko kilat dengan alamat lengkap calon peserta;8. Surat Permohonan beserta seluruh berkas lampiran dimasukkan ke dalam amplop tertutup.

Waktu dan Tempat Pendaftaran1. Informasi Pendaftaran di web http://pmb.uad.ac.id/ atau di http://pascapsi.uad.ac.id/2. Pendaftaran via online http://pmb-online.uad.ac.id/, informasi lebih lanjut dikantor Pascasarjana UAD

Magister Psikologi (S2) Kampus I Lt. 2 Universitas Ahmad Dahlan Jalan Kapas 9 Semaki, Yogyakarta 55166 Tlp. 0274-563515, 511830, Extension 1264 Fax. 0274-564604

3. Untuk konsultasi dapat menghubungi staf TU Pascasarjana UAD Psikologi di nomor: (0274)563515 Ext. 1264 atau Subkhan Aziz nomor HP: 087738164576 atau 02747871340.

Page 18: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

14 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN - PROGRAM PASCASARJANA

Magister Psikologi ProfesiIjin Pendirian dan StatusProgram Magister (S2) Psikologi Profesi memperoleh ijin pendirian No. 4154/D/T/2005 tanggal 29 Desember 2005, ijin operasional sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti nomor: 119/D/0/2010 dan telah mengajukan akreditasi ke BAN-PT (saat ini menunggu jadwal visitasi dari BAN-PT).

VisiMenghasilkan lulusan yang profesional dalam pengembangan ilmu dan pemberian layanan psikologis kepada masyarakat, berwawasan global dan berdasarkan nilai-nilai Islami.

Misi1. Menyelenggarakan program untuk meningkatkan kompetensi akademik dan profesionalisme dosen dalam

pengajaran, penelitian dan pengembangan keilmuan yang berwawasan global2. Mendorong terealisasikannya pengabdian kepada masyarakat yang menghormati harkat dan martabat

manusia. 3. Mendorong pengembangan metode asesmen untuk memecahkan problematika Psikologis masyarakat

berdasarkan nilai-nilai indigenous dan nilai-nilai Islami.4. Meningkatkan kerjasama dengan industri, institusi pemerintah maupun non-pemerintah dalam

menyelesaikan problem Psikologis dalam masyarakat.5. Mendorong pengembangan intervensi Psikologis berdasarkan hasil riset.6. Mendorong layanan Psikologis berdasarkan nilai-nilai indigenous dan nilai-nilai Islami (aqidah, akhlak,

amaliyah) serta kode etik Psikologi.

Pilihan Bidang Magister Psikologi Profesi:1. Psikologi Industri dan Organisasi (PIO)2. Psikologi Klinis

Kompetensi Bidang Psikologi Industri dan Organisasi (M.Psi.)Dapat melakukan praktek pelayanan dan pengembangan teori maupun tahapan Psikologi sesuai bidang minat kajiannya (sekaligus mendapatkan izin praktek dari HIMPSI), serta dapat untuk melanjutkan pendidikan ke Program Doktor (S3).

Mata Kuliah/Kurikulum1. Wajib Kemagisteran 14 SKS2. Dasar-dasar Praktek 16 SKS3. Pendalaman & Praktek Mayor 14 SKS4. Tesis 6 SKSTotal Beban 50 SKS

Matakuliah WajibFilasafat Ilmu, Konstruksi Alat Ukur Psikologis, Metodologi Penelitian Kuliatatif, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Statistika Psikologi (Multivariat), Psikologi Indigenius,Tesis.

Matakuliah Kekhususan UtamaKode Etik PIO, Observasi dan Wawancara PIO (Prk), Psikodiagnostika PIO (Prk), Pendalaman Psikologi Industri dan Organisasi (Prk), Praktek Kerja Profesi (PKP) PIO Individu, Praktek Kerja Profesi (PKP) PIO Kelompok,

Page 19: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

15PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2014/2015

Praktek Kerja Profesi (PKP) PIO Organisasi, Mayor Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pemberdayaan Masyarakat (Asesmen/Teori).

Kompetensi Bidang Psikologi Klinis (M.Psi.)Dapat melakukan praktek pelayanan dan pengembangan teori maupun terapan Psikologi sesuai bidang minat kajiannya (sekaligus mendapatkan ijin praktek dari HIMPSI), serta dapat untuk melanjutkan pendidikan ke Program Doktor (S3).

Kurikulum Bidang Psikologis Klinis1. Wajib Kemagisteran 16 SKS2. Dasar-dasar Praktek 12 SKS3. Pendalaman & Praktek Mayor 14 SKS4. Tesis 6 SKSTotal Beban Studi 48 SKS

Matakuliah Wajib Bidang Psikologi Klinis:Filasafat Ilmu, Konstruksi Alat Ukur Psikologis,Metodologi Penelitian Kuliatatif, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Statistika Psikologi (Multivariat), Psikologi Indigenius, Psikofarmakologi, Tesis.

Matakuliah Kekhususan Utama Bidang Psikologi Industri dan OrganisasiKode Etik Klinis, Intervensi Klinis, Observasi dan Wawancara Klinis (Prk), Psikodiagnostika Klinis (Prk), Pendalaman Praktek Klinis (Prk), Praktek Kerja Profesi (PKP) Klinis Individu, Praktek Kerja Profesi (PKP) Klinis Kelompok, Psikologi Pemberdayaan Masyarakat (Asesmen/Teori), Psikologi Pemberdayaan Masyarakat (Intervensi/Prk).

Staf PengajarProf. Dr. Noeng Muhadjir; Prof. Dr. Sartini Nuryoto, Psi.; Prof. Dr. M. Noor Rochman H, SU, Psi.; Prof. Dr. Koentjoro, M.BSc., Ph.D., Psi.; Prof. Dr. Asmadi Alsa, SU., Psi.; Dr. Marcham Darokah, M.A., Ph.D., Psi.; Drs. Fathul Himam, M.Psi., MA, Ph.D., Psi.; Dr. Bagus Riyono, M.Psi., Psi.; Dr. Khoiruddin Bashori, M.Si., Psi.; Dr. Indria L. Gamayanti, M.Si., Psi.; Prof. Dr. Badrun Kartowagiran; Dr. Murtini, SU., Psi.; Dr. Nuryati Atamimi, SU., Psi.; Dr. Siti Urbayatun, M.Si., Psi.; Moch. Saiful Bahri, M.Si., Ph.D., Apt.; Triantoro Safaria, M.Si., Ph.D., Psi.; Dra. Sri Hartati, M.Si., Psi.; Drs. Choirul Anam, M.Si., Psi.; Erita Yuliasesti D.S., S.Psi., M.Si., Psi.; Dra. Siti Mulyani, M.Si., Psi.; Dr. Elli Nur Hayati, MPH., Psi.; Alfi Purnamasari, S.Psi., M.Si., Psi.; Faridah Ainur Rohmah, S.Psi., M.Si., Psi.; Nurul Hidayah, S.Psi., M.Si., Psi.; Erlina LW., S.Psi., M.Si., Psi.; Erny Hidayati, MA., Psi.; Herlina Siwi Widiana, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psi.; Dra. Mutingatu Sholichach, M.Si., Psi.; Arini Widyowati, S.Psi., M.Psi., Psi.; Devi Damayanti, S.Psi., M.Psi., Psi.

Lama Studi, Beban SKS, dan GelarUntuk dapat lulus, mahasiswa harus menempuh minimal 48 SKS (termasuk tesis). Gelar yang diperoleh adalah Magister Psikologi (M.Psi.). Lama studi dapat diselesaikan dalam 5 semester, dan dapat diperpanjang hingga 8 semester.

Persyaratan PendaftarLulusan S1 Psikologi (Terakreditasi); TOEFL minimal 450; TPA minimal 500; IPK minimal 2,75; lulus seleksi masuk.

Page 20: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

16 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN - PROGRAM PASCASARJANA

Syarat Permohonan1. Mengisi formulir online dan cetak nomor pendaftaran melalui http://pmb-online.uad.ac.id/ 2. Bukti pembayaran biaya pendaftaran3. Foto copy ijazah S1 dan transkip nilai yang dilegalisir masing-masing 1 lembar4. Isian daftar riwayat hidup5. Pas Foto berwarna (6 bulan terakhir) ukuran 3x4 cm = 4 lembar dan 2x3 = 2 lembar6. Surat ijin dari instansi/ lembaga tempat bekerja (bagi yang sudah bekerja)

Waktu dan Tempat Pendaftaran1. Informasi Pendaftaran di web http://pmb.uad.ac.id/ atau di http://pascapsi.uad.ac.id/2. Pendaftaran via online http://pmb-online.uad.ac.id/, informasi lebih lanjut dikantor Pascasarjana UAD

Magister Psikologi (S2) Kampus I Lt. 2 Universitas Ahmad Dahlan Jalan Kapas 9 Semaki, Yogyakarta 55166 Tlp. 0274-563515, 511830, Ekstensi 1264 Faks. 0274-564604.

3. Untuk konsultasi dapat menghubungi staf TU Pascasarjana UAD Psikologi di nomor: (0274) 563515 Ext. 1264 atau Joko Tri Winarto 08994105637.

Page 21: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

17PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2014/2015

Magister FarmasiIjin PenyelenggaraanSesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti nomor: 119/D/0/2010 dan telah terakreditasi oleh BAN-PT sesuai SK Nomor 035/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013.

VisiMenjadi Program studi Farmasi (S2) yang unggul dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang professional dan berdaya saing global dalam bidang Farmasi komunitas dan farmasi bahan alam yang dilandasi moral keislaman.

Misi• Menyelenggarakan pendidikan Farmasi (S2) untuk menghasilkan pakar-pakar Farmasi yang mempunyai

kemampuan dalam penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi farmasi bahan alam dan farmasi komunitas sesuai dengan kemajuan IPTEK berlandaskan nilai-nilai keislaman dan semangat pengabdian kepada masyarakat.

• Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan sebagai kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan.• Menjalin jejaring pendidikan lanjut dan penelitian dengan lembaga lain terkemuka di dalam maupun di

luar negeri.

TujuanMenghasilkan lulusan Farmasi (S2) (Master of Science) yang memiliki: integritas kepribadian yang tinggi; kemampuan mengikuti perkembangan terkini ilmu-ilmu kefarmasian; kemampuan mengembangkan obat dan kosmetika bahan alam dalam aspek mekanisme aksi farmakologis serta formulasi dan penggunaannya dalam terapi berdasar evidence based; kemampuan memberikan pelayanan farmasi klinis yang professional; kemampuan mengembangkan penelitian di bidang farmasi.

Mata Kuliah/Kurikulum Semester 1: Farmasi Klinik (19 SKS), Farmasi POKBA (18 SKS)

Wajib: Biologi Molekuler Penyakit dan Target Terapi (2 SKS), Evidence Based dalam Pelayanan Kesehatan & Biostatistic (1 SKS), Farmakologi Senyawa Bioaktif (2 SKS), Metodologi Penelitian (2 SKS), Pengobatan Islami (2 SKS).

Wajib Farmasi Klinik (FK): Farmakoterapi I (2 SKS), Farmakoterapi II (2 SKS), Farmakoterapi III (2 SKS), Farmakoterapi IV (2 SKS), Farmasi Klinik dan Farmakokinetik Praktis (1 SKS), Teknik Komunikasi, Edukasi dan Konseling (1 SKS).

Wajib Farmasi POKBA: Elusidasi Struktur Bahan Alam (3 SKS), Fitoterapi (2 SKS), Konsep Dasar Kosmetika (2 SKS), Sistem Penghantaran Obat (2 SKS)

Semester 2: Farmasi Klinik (19 SKS), Farmasi POKBA (20 SKS)

Wajib Farmasi Klinik: Pembelajaran Klinik Unit Kebidanan dan Kandungan (1 SKS), Pembelajaran Klinik Pelayanan Informasi Obat (1 SKS), Pembelajaran Klinik Unit Penyakit Dalam (2 SKS), Pembelajaran Klinik Unit Bedah (1 SKS), Pembelajaran Klinik Unit Geriatri (2 SKS), Pembelajaran Klinik Unit Jantung (1 SKS), Pembelajaran Klinik Unit Kanker (1 SKS), Pembelajaran Klinik Unit Anak (2 SKS), Mata Kuliah Pilihan FK (2 SKS).

Wajib Farmasi POKBA: Bahan Aktif Kelautan, Jaminan Mutu Obat dan Kosmetik, Pengembangan Obat dari Bahan Alam, Praktikum Pengembangan Obat dan Kosmetika Bahan Alam, Seminar, Teknologi Sediaan Obat & Kosmetik, Mata Kuliah Pilihan POKBA (2 SKS).

Page 22: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

18 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN - PROGRAM PASCASARJANA

Mata Kuliah Pilihan FK: Formulasi Obat di Rumah Sakit, Monitoring Terapi Obat, Psikiatri, Total Parenteral Nutrition dan Iv admixture (masing-masing matkul 1 SKS).

Mata Kuliah Pilihan POKBA: Aromaterapi dan Parfum, Bahan Aktif dari Mikroorganisme, Keamanan Kosmetika, Kimia Komputasi (masing-masing Matkul 2 SKS).

Semester 3: Tesis (6 SKS).

Staf PengajarProf. Drs. Sugiyanto, S.U., Ph.D., Apt.; Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt.; Prof. Dr. Nurfina Aznam, S.RU., Apt.; Prof. Dr. Mustofa, M.Kes, Apt.; Prof. Dr. Suwidjiyo P., Apt.; Prof. Dr. A. Fudholi, DEA., Apt.; Dr.rer.nat. Endang Darmawan, M.Si., Apt.; Abdul Rahman,M.Si.,Ph.D., Apt.; Dr. Tedjo Yuwono, Apt.; Dr. Nurkhasanah, M.Si., Apt.; Moch. Saiful Bachri, M.Si., Ph.D., Apt.; Dr. Ahmad Kharis N., Apt.; Dr. Probo, Sp.PD, (K) Ger.; Dr. Dwi Suhartanti, M.Si.; Dr. Dr. Akrom, M.Kes.; Dr. Endang Lukitaningsih, M.Si., Apt.; Dra. Endang M., M.Pharm, Apt.; Mariyatul Q, S.Si., SpFRS.; Dra. Nanik S., M.Si., Apt.; Dr. Dyah A. Perwitasari, M.Si, Ph.D, Apt.; Dr. Laela Hayu Nurani, M.Si., Apt.; Dr. Nining Sugihartini, M.Si., Apt.

Lama Studi, Beban SKS, dan GelarPendidikan selama 3 (tiga) semester (semester I dan II Teori dan Praktik, semester III Tesis). Jumlah SKS minimal 36. Gelar akademik lulusan Magister (S2) Farmasi UAD adalah Master of Science (M.Sc.)

Informasi dan Pendaftaran1. Penerimaan Mahasiswa Baru dilaksanakan 2 kali pada setiap semester (Gasal dan Genap).2. Informasi pendaftaran dapat dilihat di www.pmb.uad.ac.id atau www.pascasarjana.uad.ac.id3. Informasi pendaftaran dapat menghubungi Suparno, S.T. (Staf Magister Farmasi) HP: 085878509959 email:

[email protected]

Persyaratana. Minat Pengembangan Obat dan Kosmetika Bahan Alam (POKBA)Sarjana S1 dari bidang ilmu Farmasi, MIPA Kimia, Biologi, Pertanian, atau Teknologi Pertanian.b. Minat Farmasi KlinikApoteker atau Sarjana Farmasi yang sedang mengambil program apoteker.

Ketentuan Pendaftaran1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) yang bisa dibayarkan langsung

ke sekretariat: Program Pascasarjana Farmasi atau ditransfer ke rekening Bank Bukopin no. rek. 1001744042 a.n Universitas Ahmad Dahlan;

2. Mengisi formulir online dan cetak nomor pendaftraan melalui: http://pmb-online.uad.ac.id/ ;3. Menyerahkan berkas-berkas persyaratan (masing-masing rangkap 2) :

a. Salinan ijazah S1 yang telah disahkanb. Salinan transkrip akademik S1 yang telah disahkanc. Salinan hasil test TOEFL dari Pusat Bahasa UAD dengan skor minimal 450 yang masih berlakud. Surat keterangan sehat dari doktere. Surat ijin instansi, bagi yang telah bekerjaf. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 2×3, 3×4 masing-masing 4 lembarg. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap

Catatan :1. Minat Farmasi Klinik diperuntukkan hanya untuk apoteker (farmasis), atau sarjana S1 farmasi yang sedang

mengambil program profesi.2. Perkuliahan dilaksanakan setiap hari Jum’at, Sabtu, dan Ahad. Perkuliahan di Kampus III UAD Jln. Prof.

Supomo, S.H., Janturan, Yogyakarta.

Page 23: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

19PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2014/2015

Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah1. Biaya Pendaftaran:

• Magister Pendidikan Fisika, Magister PBI, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Psikologi, Magister Psikologi Profesi sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah).

• Magister Farmasi sebesar Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

2. Biaya Studi:

Program Studi Jenis Pembayaran Semester I Semester II Semester III Semester IVPendidikan Bahasa Inggris SPP Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000

Pengembangan Rp 2.000.000 Rp - Rp - Rp - Matrikulasi* Rp 1.000.000 Rp - Rp - Rp - Jumlah Rp 8.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000

Pendidikan Fisika SPP Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000

Pengembangan Rp 2.000.000 Rp - Rp - Rp - Matrikulasi* Rp 1.000.000 Rp - Rp - Rp - Jumlah Rp 8.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000

Psikologi Profesi SPP Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000

Pengembangan Rp 2.000.000 Rp - Rp - Rp - Praktikum Rp 3.000.000 Rp 3.000.000 Rp 3.000.000 Rp 3.000.000 Jumlah Rp 10.000.000 Rp 8.000.000 Rp 8.000.000 Rp 8.000.000

Psikologi Sain SPP Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000

Pengembangan Rp 2.000.000 Rp - Rp - Rp - Jumlah Rp 7.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000

Manajemen Pendidikan SPP Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000

Pengembangan Rp 2.000.000 Rp - Rp - Rp - Matrikulasi* Rp 1.000.000 Rp - Rp - Rp - Jumlah Rp 8.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000

Farmasi SPP Rp 5.000.000 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000

Pengembangan Rp 2.000.000 - Rp - Matrikulasi* Rp 2.000.000 Rp - Rp - Farmasi Klinik* Rp - Rp 8.000.000 Rp - Jumlah Rp 9.000.000 Rp 13.000.000 Rp 5.000.000 *Biaya Pembelajaran Klinik berlaku untuk Minat Farmasi Klinik.

1. Pembayaran pada tiap semester dapat dilakukan 2 tahap, dengan ketentuan pembayaran Tahap I minimal sebesar 50%, kecuali Prodi S2-Farmasi pembayaran 100% pada tiap semester.

2. Biaya matrikulasi (*) hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang dinyatakan “diterima dengan matrikulasi”.3. Biaya pendidikan setelah semester III bagi mahasiswa S2-Farmasi dan setelah semester IV untuk prodi

yang lain sebesar 50% SPP.4. Mahasiswa yang memiliki ijin cuti tidak dikenai pembiayaan.5. Mahasiswa yang tidak registrasi dan tidak mengajukan cuti dikenakan pembiayaan sesuai ketentuan

pembiayaan.6. Biaya pada tabel di atas, belum termasuk Ujian Tesis, Pelepasan Wisuda dan Wisuda yang ketentuannya

diatur oleh masing-masing prodi serta unit.

Page 24: Buku Panduan Pmb Pascasarjana Uad 2014 2015

20 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN - PROGRAM PASCASARJANA

Alamat KantorKantor Magister PsikologiUniversitas Ahmad Dahlan, Kampus IJl. Kapas No. 9 Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta 55166Ph. (0274) 563515, 371120, 379418, 511830 ext. 1264Fax. 0274 564604Email: [email protected]: http://pascapsi.uad.ac.id/

Kantor Magister Psikologi ProfesiUniversitas Ahmad Dahlan, Kampus IJl. Kapas No. 9 Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta 55166Ph. (0274) 563515, 371120, 379418, 511830 ext.1264Fax. 0274 564604Email: [email protected] Website: http://pascapsi.uad.ac.id/

Kantor Magister Manajemen PendidikanUniversitas Ahmad Dahlan, Kampus IJl. Kapas No. 9 Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta 55166Ph. (0274) 563515, 371120, 379418, 511830 ext. 1153Fax. 0274 564604Email: [email protected] Website: http://pasca-mp.uad.ac.id/

Kantor Magister Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan, Kampus IIJl. Pramuka No. 42 Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164Ph. (0274) 563515, 371120, 379418, 511830 ext. 2302, 2303Fax. 0274 564604Email: [email protected] Website: http://pasca-pfisika.uad.ac.id/

Kantor Magister Pendidikan Bahasa InggrisUniversitas Ahmad Dahlan, Kampus IIJl. Pramuka No. 42 Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164Ph. (0274) 563515, 371120, 379418, 511830 ext. 2112, 2113Fax. 0274 564604Email : [email protected] Website: http://pascapbi.uad.ac.id/

Kantor Magister Farmasi Universitas Ahmad Dahlan, Kampus IIIJl. Prof. Dr. Soepomo, S.H. Janturan, Warungboto, Umbulharjo,Yogyakarta 55164 Ph. (0274) 563515, 371120, 379418, 511830 ext. 3309Fax. 0274 564604Email: [email protected] Website: http://pasca-farmasi.uad.ac.id/

Kantor Pascasarjana (Pusat)Universitas Ahmad Dahlan, Kampus IIIJl. Prof. Dr. Supomo, Janturan, Warungboto, Umbulharjo, YogyakartaPh. (0274) 563515, 371120, 379418, 511830 ext. 3122 Fax. (0274) 564604Email: [email protected] Website: http://pascasarjana.uad.ac.id/ Humas HP: 087838271960, Yahoo Messenger (YM): [email protected]