Buku Panduan Kerja Praktek DKV

download Buku Panduan Kerja Praktek DKV

of 32

  • date post

    27-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    140
  • download

    17

Embed Size (px)

description

Buku panduan buat yang mau magang

Transcript of Buku Panduan Kerja Praktek DKV

PANDUAN PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK

PAGE

BUKU PANDUAN KERJA PRAKTEK (KP)DAN LEMBAR AKTIFITAS

KERJA PRAKTEK MAHASISWA

Program Studi Desain Komunikasi Visual S1FAKULTAS ILMU KOMPUTERUNIVERSITAS DIAN NUSWANTOROSEMARANGBUKU PANDUAN KERJA PRAKTEK (KP)

Program Studi Desain Komunikasi Visual S1

FAKULTAS ILMU KOMPUTERUNIVERSITAS DIAN NUSWANTOROSEMARANG

KATA PENGANTAR

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer wajib melaksanakan Kerja Praktek. Dalam pelaksanaannya mahasiswa membutuhkan mendapatkan petunjuk tata cara pendaftaran dan penulisan kerja praktek. Sehingga dapat memperlancar pelaksanaan proses pembelajaran.Buku panduan pelaksanaan dan penulisan ini diterbitkan agar dapat dipakai oleh para mahasiswa dan dosen pembimbing di Fakultas Ilmu Komputer UDINUS Semarang untuk mendaftar, menyiapkan dan menulis laporan kerja prakteknya dengan benar. Sangat dimaklumi, bahwa cara menulis laporan kerja praktek yang dipakai di universitas yang satu dengan universitas yang lain tentu berbeda, namun buku ini dapat memberikan petunjuk pendaftaran dan penulisan secara umum, sehingga tata fikir dalam membuat dan menulis laporan kerja praktek dapat lebih terarah dan seragam.

Mudah-mudahan terbitnya buku ini dapat memberikan manfaat seperti apa yang diharapkan.Dekan Fakultas Ilmu KomputerDAFTAR ISIBAGIAN I : BUKU PANDUAN KERJA PRAKTEK (KP)

Kata Pengantar

1Daftar Isi

2A. Tujuan Kerja Praktek

3B. Sasaran Kerja Praktek

3C. Lingkup Kerja Praktek

3D. Syarat Mengambil Kerja Praktek

4E. Prosedur Pelaksanaan Kerja Praktek

4F. Penilaian

4G. Formulir yang Berkaitan dengan Kerja Praktek

5H. Hasil Kerja Praktek

5I. Susunan Laporan Kerja Praktek

6J. Susunan Lampiran

7K. Petunjuk Penulisan

8L.Lampiran

10

BAGIAN II : LEMBAR AKTIFITAS KERJA PRAKTEK MAHASISWA

LEMBAR KONSULTASI PEMBIMBING LAPANGAN

24

LEMBAR KONSULTASI DOSEN PEMBIMBING

26MANUAL PROSEDUR KERJA PRAKTEK

283A. TUJUAN KERJA PRAKTEK

Kerja Praktek (KP) dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan secara profesional untuk mengenal dan memahami dunia kerja yang sesungguhnya, mengikuti proses kerja yang ada pada perusahaan, mengetahui perkembangan desain sesuai dengan teknologi yang berkembang hingga saat ini, serta untuk menimba ilmu yang tidak diperoleh selama masa kuliah untuk menambah pengalaman sebagai bekal mencari kerja di masa depan.

B. SASARAN KERJA PRAKTEK

Kerja Praktek diarahkan pada organisasi/ instansi/ perusahaan yang bergerak di bidang Desain Komunikasi Visual secara luas, sehingga mahasiswa dapat mengamati dan mengikuti prosedur kerja pada organisasi/ instansi/ perusahaan.

C. LINGKUP KERJA PRAKTEK

Lingkup Kerja Praktek meliputi bidang:

1. Desain grafis2. Desain web3. Periklanan4. Video Editing

5. Animasi

6. Fotografi

7. Grafika

8. PenerbitanDalam penentuan lingkup, skala dan kedalaman materi Kerja Praktek, perlu diperhatikan faktor kontribusi pada bidang ilmu dan ketepatan waktu. D. SYARAT MENGAMBIL KERJA PRAKTEK1. IPK >= 2,00 dan telah menyelesaikan minimal 110 SKS.

2. Mengambil mata kuliah Kerja Praktek, sebagaimana tercantum dalam KRS.

E. PROSEDUR PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK1. Pendaftaran KP, dan mengajukan surat pengantar dari Program Studi Desain Komunikasi Visual ke institusi yang dituju. 2. Kerja Praktek dilaksanakan minimal dalam 1 bulan berturut-turut dan maksimal 2 bulan, dengan selalu berkonsultasi pada dosen pembimbing lapangan/instansi (minimal 5 kali) dan pembimbing laporan penulisan kerja praktek (minimal 5 kali) .3. Setelah mahasiswa selesai menjalankan kerja praktek, selanjutnya pengesahan laporan harus disetujui oleh pembimbing lapangan/instansi dan dosen pembimbing laporan penulisan kerja praktek.

4. Melakukan Presentasi di depan Dosen Pembimbing.

5. Dosen pembimbing laporan melakukan penilaian dengan memperhatikan penilaian dari perusahaan.

6. Pelakasanaan keseluruhan KP maksimal satu semester. Jika lewat dari waktu tersebut maka mahasiswa diwajibkan untuk menginput kembali mata kuliah Kerja Praktek.

F. PENILAIAN

1. Penilaian Kerja Praktek dilakukan oleh pembimbing lapangan/instansi 60%, terdiri dari unsur : inovasi, sikap, kedisiplinan.

2. Penilaian laporan Kerja Praktek oleh Dosen pembimbing laporan 40%, terdiri dari unsur: materi, penguasaan materi, bahasa dan tata penulisan.3. Ujian presentasi Kerja Praktek sebagai penentu nilai akhir.4. Semua hal yang berkaitan dengan penilaian Kerja Praktek dan laporan Kerja Praktek harus dicantumkan dalam lembar penilaian.

G. FORMULIR YANG BERKAITAN DENGAN KERJA PRAKTEK.

1. Form KP 01:Formulir pendaftaran Kerja praktek (KP) diketahui oleh koordinator KP Program Studi Desain Komunikasi Visual.

2. Form KP 02:Surat pengantar yang ditanda tangani Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual3. Form KP 03:Lembar penilaian Kerja praktek diisi oleh pembimbing lapangan/instansi.

4. Form KP 04:Lembar penilaian laporan Kerja praktek diisi oleh Dosen pembimbing laporan KP.

5. Form KP 05: Rekap nilai.

6. Form KP 06:Surat PernyataanH. HASIL KERJA PRAKTEKLaporan Kerja Praktek disusun dalam bentuk print out disertai dengan lampiran yang dijilid dalam bentuk hard cover berwarna putih dilengkapi dengan contoh karya jadi, serta CD yang ditempel dalam laporan tersebut. I. SUSUNAN LAPORAN KERJA PRAKTEK

HALAMAN JUDULLEMBAR PENGESAHANKATA PENGANTAR

DAFTAR ISIBAB IPENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang

1.2.Lokasi Kerja Praktek

1.3.Lingkup Kerja Praktek

1.4.Jangka Waktu Kerja

1.5.Tujuan Kerja Praktek1.6.Manfaat Kerja PraktekBAB IITINJAUAN PERUSAHAAN

2.1. Sejarah Singkat Perusahaan

2.2. Jenis Produk/Jasa

2.3. Bagan Struktur Organisasi Perusahaan

2.4.Peralatan dan Software Pendukung

2.5.Proses Produksi Perusahaan

2.6.Produk yang Sudah Dihasilkan

2.7.Mitra Perusahaan dan Klien(hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan)BAB IIIPELAKSANAAN KERJA PRAKTEK3.1.Keterlibatan Mahasiswa dalam Proyek3.2.Alur Kerja/Proses Kerja

3.3.Peluang dan Kendala yang Dihadapi(hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan mahasiswa pada perusahaan)BAB IVPENUTUP

4.1.Kesimpulan

4.2.Saran

LAMPIRAN (lihat susunan lampiran)

J. SUSUNAN LAMPIRAN

Lampiran yang wajib disertakan dalam penyusunan Laporan Kerja Praktek adalah sebagai berikut:1. Surat Keterangan Surat Keterangan Telah Menyelesaikan Kerja Praktek dari instansi (sebagai syarat KP)

2. Contoh Desain yang Dihasilkana. Contoh draf desain yang telah di buat mahasiswa selama melaksanakan Kerja Praktek berupa print out b. Contoh desain jadi dalam bentuk cetakan asli (bila berukuran besar dapat berupa foto) atau ke dalam CD apabila hasil desain jadi non cetak (misal: web desain, animasi, audio visual, interaktif dll). 3. Foto Kegiatan KP

Foto yang dilampirkan meliputi:

a. Foto yang memperlihatkan mahasiswa ketika sedang terlibat dalam kegiatan dengan menampilkan wajah mahasiswa dalam suasana kerja minimal 3 (tiga) buah.

b. Foto perusahaan tempat KP dari dalam dan luar minimal 3 (tiga) buah.c. Foto-foto yang lain berkaitan dengan kegiatan KP pada perusahaan tersebut.4. Jurnal Kegiatan KP (Form KP 08)Mahasiswa harus menyusun jurnal kegiatan sejak dimulai sampai berakhirnya kegiatan KP. 5. Lembar penilaian KP (Form KP 03 s/d Form KP 05)6. CD ArsipCD yang disertakan berisi:a. File laporan KP (MS Word)

b. File asli hasil pekerjaan/desain (CDR, PSD, FLA, AI, dll)c. Foto lampiranK.PETUNJUK PENULISANa.Ukuran Kertas Dan Ukuran Huruf1. Ukuran Kertas HVS ukuran A4, 80 gram

2. Apa bila dipakai pengolah kata MS-Word, jenis huruf yang dipakai adalah Times New Roman, Normal, ukuran 12, jarak antar baris 2 spasi, dicetak dengan tinta hitam, untuk pengolah kata yang lain dapat dilakukan penyesuaian.

3. Ketebalan kulit muka dan kulit belakang tidak lebih 1 mm, warna putih polos dan dilaminasi (hard cover)4. Ketebalan minimal 30 halaman (tidak termasuk lampiran)

5. Batas teks adalah 3,5 cm dari tepi atas dan tepi kiri, 3 cm dari tepi bawah kertas, serta 2,5 Cm dari tepi kanan kertas.

c. Penulisan Laporan Kerja Praktek1. Daftar Isi, Daftar gambar, Daftar Tabel, dan Daftar Lampiran dicetak dengan spasi tunggal.

2. Pembagian judul dan sub judul dapat dilakukan dengan cara :

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang .

1.1.1

1.1.2

1.2. Lokasi Kerja Praktek.

1.3. Dst .

3. Penomoran halaman :

a)Halaman muka diberi nomor halaman romawi, berada di bagian tengah-bawah.

b)Halaman isi diberi nomor arab 1,2,3, nomor halaman diletakkan di kanan atas, kecuali halaman Judul Bab, nomor halaman diletakkan di bagian tengah-bawah.c)Penomoran bab dimulai dari angka romawi besar I, II, III, dst dan penomoran lampiran dimulai dari huruf besar A, B, C .dst.

d)Penomoran gambar dilakukan dengan menyebutkan nomor bab, diikuti nomor urutnya, misal Gambar 3.2 artinya gambar nomor 2 di bab III. judul gambar diletakkan di bawah gambar

e)Penomoran tabel dilakukan dengan menyebutkan nomor bab, diikuti nomor urutnya, misal Tabel 2.4 artinya Tabel nomor 4 di bab II. judul Tabel diletakkan di atas table.

4. Penggunaan kata asing ditulis dengan huruf miring.

5. Setiap gambar harus dilengkapi dengan legenda untuk menjelaskan arti simbol yang dipakai.

d.Penulisan Daftar Pustaka.1. Daftar Pustaka disusun menurut abjad, tanpa nomor urut.

2. Judul buku tidak boleh disingkat.

3. Nama belakang/keluarga ditulis terlebih dahulu, diikuti dengan singkatan na