Buku 1 Pedoman Pengorganisasian Unit (Lab) (Repaired) (Repaired) (Repaired)

download Buku 1 Pedoman Pengorganisasian Unit (Lab) (Repaired) (Repaired) (Repaired)

of 34

  • date post

    09-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    287
  • download

    10

Embed Size (px)

description

akreditasi RS

Transcript of Buku 1 Pedoman Pengorganisasian Unit (Lab) (Repaired) (Repaired) (Repaired)

RSIA SELARASBAB IPENDAHULUAN

Rumah sakit adalah bagian integral dari organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna.Salah satu jenis pelayanan di rumah sakit adalah pelayanan Unit Laboratorium, yang didalam struktur organisasi adalah penunjang medis. Adapun fungsi Unit Laboratorium adalah memberikan pelayanan yang bermutu yang berorientasi pada kepentingan masyarakat yang meliputi pelayanan Laboratorium Hematologi, Kimia Klinik, Imuno serologi, Urinalisa serta Feaces.Dengan adanya Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 37 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pusat Kesehatan Masyarakat. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 364/MENKES/SK/III/2003 tentang Laboratorium Kesehatan, kemudian Keputusan Menteri Kesehatan Nomor. 1647/MENKES/SK/XII/2005 tentang Pedoman Jejaring Pelayanan Laboratorium Kesehatan. Ada kejelasan bagi rumah sakit untuk menyelenggarakan pelayanan Laboratorium.Agar pelayanan Unit Laboratorium dapat dilaksanakan dengan baik, maka harus dilengkapi dengan Prosedur Standar Pelaksanaan tentang pelayanan Unit Laboratorium rumah sakit. Standar Prosedure Operating tersebut merupakan pedoman tertulis tentang tata cara pelayanan dan pemeriksaan di Unit Laboratorium yang harus dilaksanakan oleh seluruh staf Unit Laboratorium.Hal ini dimaksudkan agar seluruh petugas Kesehatan baik Analis Laboratorium, maupun petugas non Laboratorium di RSIA Selaras Cikupa dapat melaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BAB IIGAMBARAN UMUM

A. Sejarah Rumah Sakit Ibu dan Anak SelarasDalam upaya membantu pemerintah meningkatkan kesehatan masyarakat, yaitu penyediaan sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Tangerang khususnya Kecamatan Cikupa, dan dengan tekad serta semangat ingin memberikan pelayanan prima, PT.Bintarta Arnirah mendirikan Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras.Pelayanan kesehatan untuk masyarakat telah kami mulai sejak 11 Desember 2000 sebagai balai pengobatan No : BM 03.01.12.02440 Kepala Kantor Wilayah Departemen Kesehatan Provinsi Jawa Barat yang kemudian berkembang menjadi Rumah Bersalin dan Klinik 24 Jam pada Oktober 2001 dengan surat izin Rumah Bersalin No 445.7/Dinkes Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. Pada tanggal 11 Oktober 2004 Rumah Bersalin ini resmi menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras dengan Surat Izin Penyelenggaraan Rumah Sakit Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No YM.02.04.3.5.2962. Kemudian pada tanggal 23 Oktober 2009, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten mengeluarkan izin penyelenggaraan Perpanjangan (I) Nomor : 445 / 2849.a.I / kes / X / 09 yang berlaku sampai dengan 23 Oktober 2014.RSIA Selaras Cikupa didirikan pada tahun 2004, diawali dengan balai pengobatan yang didirikan pada tanggal 11 Desember 2000, yang kemudian berkembang menjadi Rumah Bersalin dan Klinik 24 jam (19 Oktober 2001), dengan komitmen dan usaha yang keras dari pemilik serta didukung oleh masyarakat sekitar maka dari Rumah Bersalin ditingkatkan statusnya menjadi RSIA Selaras, tepatnya pada tanggal 11 Oktober 2004.Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras siap menerima penderita sepanjang 24 jam sehari dengan dukungan dokter serta para medis yang terlatih, dimana penderita akan dilayani dengan ramah dan penuh perhatian. Fasiltas pelayanan rawat jalan meliputi : Medical Check Up, Poliklinik Umum, Poliklinik Penyakit Dalam, Poliklinik Kebidanan dan Kandungan, Keluarga Berencana, Poliklinik Anak, Poliklinik Gigi, Laboratorium, Pemeriksaan radiologi (USG, X-foto), Pelayanan Rehabilitasi Medis, Pelayanan Gawat Darurat (UGD) 24 jam dan Pelayanan Obat.

BAB IIIVISI, MISI, MOTTO, NILAI, FALSAFAH DAN TUJUAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK SELARAS

A. Visi Rumah Sakit Ibu dan Anak SelarasVisi Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras adalah Menjadikan Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras sebagai tempat pemberian pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak yang terbaik, dan terpecaya yang berpusat pada pasien yang mengutamakan mutu dan keselamatan pasien di wilayah Tangerang dan sekitarnya.

B. Misi Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras Misi Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras adalah:1. Memberikan pelayanan kesehatan secara profesional dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.2. Memberikan pelayanan prima yang berorientasi kepada peningkatan mutu dan keselamatan pasien.3. Menciptakan suasana kerja yang harmonis, dinamis, kebersamaan, rasa memiliki, serta disiplin yang tinggi.4. Menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan semua mitra kerja.5. Menjadikan amal usaha yang amanah.

C. Motto Rumah Sakit Ibu dan Anak SelarasMoto Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras adalah kesehatan dan keselamatan ibu anak adalah kebahagiaan dan harapan kami.D. Nilai-NilaiLandasan Nilai-nilai Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras adalah :S enyumE mpatiL ayanan primaA dil dan jujurR espon cepat A man bagi pasien, Aman bagi pekerja, Aman bagi Rumah Sakit S elaras dunia akhiratE. Logo Rumah Sakit Ibu dan Anak SelarasLogo Rumah Sakit adalah gambar ibu hamil dengan membentuk huruf S, kependekatan dari Selaras yaitu setiap gerakan dan perbuatan kita harus SELARAS dunia akhirat dan dapat dipertanggung jawabkan di dunia dan akhiratnya.

Gambar No 1 : Logo Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras

F. Tujuan Rumah Sakit Ibu dan Anak SelarasRumah Sakit Ibu dan Anak Selaras mempunyai tujuan sebagai berikut :1. Meningkatkan taraf kesehatan ibu dan anak masyarakat wilayah Cikupa khususnya dan wilayah Tangerang pada umumnya.2. Memberikan pelayanan prima dan profesional berdasarkan standar yang ditetapkan.3. Mengembangkan mutu pelayanan kesehatan secara optimal didukung oleh tim medis yang profesional sesuai dengan stantar pelayanan medis yang ditunjang oleh pelayanan kesehatan yang lengkap.4. Menggalang dan mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak untuk menjalin jaringan kerjasama yang saling menguntungkan.5. Meningkatkan kualitas dan profesional SDM sesuai dengan masing-masing profesi6. Menciptakan kemandirian dan efisiensi setiap unit kerja.RSIA SELARAS

UNIT LABORATORIUM 4

BAB IVSTRUKTUR ORGANISASI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK SELARAS

Struktur Organisasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras di pimpin oleh Direktur Rumah Sakit yang membawahi bagian pelayanan medis dan bagian pelayanan administrasi dan keuangan. Bagian pelayanan medis membawahi langsung kepala subbagian pelayanan medis, kepala subbagian keperawatan dan kebidanan serta kepala subbagian penunjang medis, sedangkan bagian pelayanan administrasi dan keuangan membawahi langsung kepala subbagian keuangan dan kepala subbagian administrasi dan umum.Struktur organisasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras adalah sebagai berikut :

Bagan. No 1 : Struktur Organisasi Rumah Sakit

BAB VVISI, MISI, FALSAFAH, NILAI DAN TUJUAN UNIT LABORATORIUMRUMAH SAKIT IBU DAN ANAK SELARAS

A. Visi Unit LaboratoriumVisi Unit Laboratorium Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras adalah Menjadikan Unit Laboratorium Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras sebagai tempat pemberian pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak yang terbaik, dan terpecaya yang berpusat pada pasien yang mengutamakan mutu dan keselamatan pasien di wilayah Tangerang dan sekitarnya.

B. Misi Unit LaboratoriumRumah Sakit Ibu dan Anak Selaras memiliki misi :1. Memberikan pelayanan kesehatan secara profesional dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan di Unit Laboratorium2. Memberikan pelayanan prima yang berorientasi kepada peningkatan mutu dan keselamatan pasien di Unit Laboratorium3. Menciptakan suasana kerja yang harmonis, dinamis, kebersamaan, rasa memiliki, serta disiplin yang tinggi di Unit Laboratorium4. Menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan semua mitra kerja di Unit Laboratorium5. Menjadikan amal usaha yang amanah di Unit Laboratorium

C. Falsafah Unit LaboratoriumFalsafah Unit Laboratorium Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras adalah memberikan pelayanan Laboratorium yang bermutu, profesional dan terjangkau oleh masyarakat yang berorientasi kepada keselamatan dan kepentingan pasien (patient care oriented)

D. Nilai-Nilai Unit LaboratoriumLandasan nilai-nilai unit laboratorium Rumah Sakit Ibu dan Anak Selaras adalah TELITI yang merupakan singkatan dari :

TepatEfektif & EfisienLengkapInovatifTerampilInformatif

E. Tujuan Unit Laboratorium1. Tujuan UmumTujuan umum adanya unit laboratorium adalah terwujudnya pelayanan laboratorium yang cepat dan tepat.

2. Tujuan KhususTujuan khusus dari unit laboratorium yaitu menyelenggarakan pelayanan laboratorium yang bermutu, teliti dan akurat untuk menunjang diagnostik, monitoring perjalanan penyakit dan pengobatan terhadap penyakit tertentu.

BAB VISTRUKTUR ORGANISASI UNIT LABORATORIUM

A. Struktur Organisasi Unit Laboratorium Unit laboratorium di pimpin oleh Kasub. Penunjang Medis yang membawahi Koordinator Laboratorium, staf quality control, staf perawatan alat, staf Administratif.

Bagan. No 2 : Struktur Organisasi Unit Laboratorium

KASUB. PENUNJ. MEDIS

KOORDINATOR LABORATORIUM

STAFF QUALITY CONTROL

STAFF PERAWATAN ALAT

STAFF ADMINISTRATIF

B. Uraian Tugas Uraian tugas Unit Laboratorium :1. Kasub. Penunj. Medis 2. Koordinator Laboratorium 3. Staff Quality control 4. Staff Perawatan Alat 5. Staff Administrasi

Tabel. No 1 : Uraian Jabatan1.Nama Jabatan:Kasub. Penunj. Medis

Misi Jabatan:Dicapainya pengelolaan pelayanan penunjang medis yang efektif dan efisien dengan kualitas optimal dalam mencapai misi dan tujuan rumah sakit ibu dan anak Selaras.

Tugas Pokok :Memimpin seluruh petugas pelayanan tugas dan fungsi penunjang medis.

Uraian Tugas:1. Membuat usulan rencana tentang kebutuhan tenaga