Buklet Kanopi FEUI 2012

16
GUIDEBOOK ILMU EKONOMI 2012

description

Info dasar mengenai Dept IE & Kanopi FEUI

Transcript of Buklet Kanopi FEUI 2012

Page 1: Buklet Kanopi FEUI 2012

GUIDEBOOKGUIDEBOOKILMUEKONOMI2012

Page 2: Buklet Kanopi FEUI 2012

Saya beserta seluruh anggota Kajian Ekono-mi dan Pembangunan Indonesia (Kanopi) FEUI mengucapkan se-

lamat kepada seluruh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia angkatan 2012, khususnya Ilmu Ekonomi FEUI, yang baru ber-gabung dengan kami. Selamat atas keberhasilan usaha kalian dalam se-leksi masuk Universitas Indonesia. Yakinlah bahwa kalian adalah orang – orang terbaik bangsa.

Namun perjalanan kalian masih pan-jang, keberadaan kalian disini adalah angkah awal kalian untuk meng-gapai cita – cita kalian. Janganlah terbawa euphoriasesaat ketika me-mulai pembelajaran kalian di FEUI. Persiapkan diri kalian untuk meng-hadapi dunia kampus, karenaapa

Design & layout by:

Biro Penerbitan & Informasi Kanopi FEUI 2012

Produksi:

SELAMAT

Divisi PSDM Kanopi FEUI 2012

Page 3: Buklet Kanopi FEUI 2012

Kanopi FEUI - OPK 2012

03Kata sambutan

yang kalian hadapi di dunia kampus akan lebih berat lagi, sesuai dengan ilmu yang akan kalian dapatkan saat memasuki dunia perkuliahan nanti.

Anggaplah segala rintangan yang akan kalian hadapi nanti sebagai se-buah tantangan yang akan mengem-bangkan kemampuan kalian nanti, yang akan menjadi bekal bagi masa depan kalian. Banyak sekali kesem-patan untuk belajar ketika kalian berada di kampus ini, yang akan mengembangkan kemampuan ka-lian baik dalam bidang akademis maupun non akademis. Manfaat-kanlah kesempatan yang ada untuk mengembangkan kemampuan ka-lian sendiri, tetapi cermatlah juga dalam mengikuti kegiatan yang ada.Jangan sampai tugas utama kalian, yaitu kuliah, menjadi terbengkalai.

Sebagai individu, saya yakin bahwa kalian adalah manusia yang bebas dan dewasa, yang memiliki kebeba-san dalam menentukan impian ka-lian, dan tahu apa yang terbaik bagi diri sendiri. Terus kejar impian kalian dan jadikan proses perkuliahan ini sebagai tahap untuk mematang-kan diri kalian agar terus berkem-bang secara personal dan menjadi tahap untuk merealisasikan impian kalian. Karena saya percaya, bahwa hidup kalian akan terpenuhi ketika anda mencapai impian kalian dan menikmati proses pembelajaran dan perjuangan yang kalian lakukan dalam mencapai hal yang kalian in-ginkan Good luck!

Samuel Nursamsu.Ketua Kanopi FEUI 2012

DATANG!

Cover by:Ravi Garibaldi Akbar (Wakabiro PIN Kanopi 2012)

Page 4: Buklet Kanopi FEUI 2012

Kanopi FEUI - OPK 2012

04 Organigram

Page 5: Buklet Kanopi FEUI 2012

05Organigram

Kanopi FEUI - OPK 2012

Page 6: Buklet Kanopi FEUI 2012

06 IEO 2013

Kanopi FEUI - OPK 2011

INDONESIA ECONOMIC OUTLOOK (IEO) adalah salah satu Proyek Tahunan Kanopi FEUI yang diselenggarakan khusus untuk mengevaluasi perekonomian Indonesia selama tahun berjalan dan memproyeksi tahun berikutnya. Tahun ini merupakan tahun ke-7 IEO berlangsung. IEO 2013 mengevaluasi perekonomian Indonesia selama tahun 2012 dan memproyeksikan kondisi tahun 2013.

Bentuk acaranya berupa kompetisi esai, diskusi, dan seminar ekonomi dengan pe-serta mahasiswa dari seluruh universitas se-Indonesia. Untuk seminar, peserta tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa, tetapi juga ekonom, peneliti, praktisi, dan umum. Pembicara-pembicara pada seminar IEO tidak hanya berasal dari institusi dalam negeri seperti Emil Salim dan Iskandar Simorangkir, setiap tahunnya hadir juga petinggi dari World Bank dan IMF seperti Enrique Blanco Armas dan Milan Za-vadjil.

IEO 2013 akan memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa baru FEUI ang-katan 2012 untuk menjadi bagian dari kepanitiaan acara ini. Divisi yang tersedia ialah Kompetisi dan Diskusi (Komdis); Seminar; Liaison Officer (LO); Publikasi dan Doku-mentasi (Pubdok); Transportasi-Akomodasi-Konsumsi (Transakon); Perlengkapan; Humas dan Registrasi (Humreg); Sponsorship; Dana Usaha.

Catat tanggalnya dan pastikan kalian tidak melewatkan kesempatan ini. Dare to take a look?

EVENTSDISKUSI KEBIJAKAN EKONOMI: 27 November 2012FINAL KOMPETISI ESAI: 28 November 2012SEMINAR EKONOMI: 29 November 2012

CALL FOR ESSAY: 1 – 14 Oktober 2012

COMING SOON: OPEN RECRUITMENT!!10 – 22 SEPTEMBER 2012

Page 7: Buklet Kanopi FEUI 2012

0710th Economix

Kanopi FEUI - OPK 2011

Economix is Back!

Economix merupakan acara In-ternasional terbesar yang ada di FEUI. Economix merupakan salah satu proyek unggulan KANOPI

FEUI yang diadakan setahun sekali, ta-hun ini merupakan tahun kesepuluh.

Economix yang biasa disebut Emix ini terdiri dari Seminar, Kompetisi dan Kon-ferensi tingkat Internasional, biasanya diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di ASIA, seperti NUS, De La Salle, UGM dll.

Economix terkenal dengan keberhasi-lannya mendatangkan pembicara-pem-bicara kompeten dan terkenal. Tahun lalu saja tidak tanggung-tanggung Ma-rie Elka Pangestu (Mantan Menteri Per-dagangan RI) sebagai pembuka seminar dan Chatib Basri (Kepala BKPM) sebagai pembicara.

Tahun ini Economix 10 mengusung tema “Facing New Stage Of Global Economy : The Asian Century”. Selain seminar, kompetisi dan konferensi, di Economix juga terdapat acara International Gather-ing yakni side event seperti Cultural Night,

Welcoming Party, dan Tour de Jakarta.

Berminat menjadi PESERTA? Yah mung-kin teman-teman terlalu dini untuk mendaftar ya :p

Berminat menjadi PANITIA? YA! Ini kes-empatan terbaik teman-teman untuk aktif berorganisasi di FEUI dengan men-jadi Liaison Officer dari The 10 Econo-mix, Liaison Officer (LO) bertugas untuk mendampingi delegasi Internasional maupun Nasional selama kegiatan Emix berlangsung.

Jangan lewatkan kesempatan emas ini karena tempat terbatas! ENRICH YOUR KNOWLEDGE, EXPAND YOUR NETWORK AND FEEL THE INTERNATIONAL ATMOS-PHERE! ESPIRIT!

INFO :Amira Husna N. (EIE ‘11) | 081546019970Indra Gunawan (EAK ‘11) | 08128250440

Atau kunjungi dan follow @economixfeuiwww.economix10th.comwww.facebook.com/TheEconomixFEUI

Page 8: Buklet Kanopi FEUI 2012

08 Kanopi Internship Program

Kanopi FEUI - OPK 2012

Kanopi Internship Program (KIP)Merupakan program kerja Biro Internal Kanopi yang ditujukan bagi maha-siswa baru Ilmu Ekonomi. Melalui proker ini, maba bisa mendaftarkan diri se-bagai trainee Kanopi FEUI untuk ikut melaksanakan berbagai program kerja yang ada di Kanopi. Tujuan dari KIP ini ialah untuk mengenalkan Kanopi FEUI kepada mahasiswa baru Ilmu Ekonomi 2012, merangkul seluruh mahasiswa baru Ilmu Ekonomi 2012, dan menyiapkan kader Kanopi 2013.

Setiap maba IE, mempunyai hak untuk mendaftarkan dirinya pada Divisi dan Biro yang tersedia, yaitu:

- Divisi Kajian- Divisi Penelitian- Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)- Biro Hubungan Luar- Biro Internal- Biro Penerbitan dan Informasi (PIN)- Biro Dana

Jadi tunggu apa lagi... ambil kesempatan untuk menjadi bagian dari keluarga besar Kanopi FEUI 2012. Catat tanggalnya, pilih Divisi-Biro sesuai minat, dan daftarkan diri kalian

Pendaftaran & Wawanca dibuka mulai tanggal 3 Sept. 2012 sampai 20 Sept. 2012

Formulir pendaftaran bisa diambil di Mading Kanopi, Gedung A FEUI.

Page 9: Buklet Kanopi FEUI 2012

09Kanopi Internship Program

Kanopi FEUI - OPK 2012

Kalau kamu tergolong orang yang mengang-gap have fun itu adalah ngobrolin peristiwa peristiwa ekonomi, mengomentari kebijakan ekonomi pemerintah dan mikirin gimana memperbaiki ekonomi Indonesia, Divisi Kajian adalah tempat yang tepat buat kamu. Di sini bakal ngobrolin itu sepuasnya, brain-storming bareng dan buat tulisan dari hasil pemikiran kita. Dengan begitu pemikiran kamu akan lebih bermanfaat dan komentar kamu tidak akan berakhir sekedar di kedai kopi. Ayo mulai kontribusi kamu buat bangsa ini sekarang!

Bagi kamu yang mempunyai semangat, kreativitas, komitmen tinggi dan pantang menyerah, Divisi Penelitian inilah yang mel-aksanakan fungsi Kanopi FEUI sebagai organ-isasi penelitian melalui kegiatan penelitian ekonomi masyarakat yang menyenangkan, baik dalam lingkup FEUI maupun FEUI yang kemudian dituangkan hasilnya dalam output yang berkualitas.

Divisi PSDM merupakan pelaksana fungsi utama Kanopi sebagai himpunan mahasiswa yang mempunyai tiga main concern dalam programnya yaitu memberikan value added dalam setiap programnya, menjadi aspira-tion media, serta mempererat relationship antar mahasiswa IE. Dapatkan organizational skills, program kerja yang menarik, meng-hibur, bermanfaat dan mengasah kemam-puan, atmosfi r kerja yang menyenangkan. Siapa yang kami cari? Kamu yang punya se-mangat tinggi, easy going, dan menyukai tan-tangan. Ayo gabung di divisi PSDM, dijamin ga bakal nyesel!

Biro Dana merupakan jantung dari kegiatan Kanopi dalam hal fi nansial. Biro Dana bertu-gas mencari sumber pembiayaan untuk ke-berlangsungan program program kerja yang dilaksanakan oleh Kanopi FEUI. Disamping itu biro Dana juga berperaran dalam mengem-bangkan kreativitas dan jiwa kewirausahaan

(entrepreneurship) pada jiwa setiap anggot-anya. Sesuai motto dari Biro Dana: Create an idea in your brain, found a way to implement it, and then producing some money.

Merasa supel, suka jalan jalan dan bertemu dengan orang baru? Maka Biro Hubungan Luar merupakan pilihan yang paling cocok untuk kamu! Dengan suasana akrab dan nyaman, Biro hubungan luar mengemban tanggungjawab mulia untuk pencitraan dan membiana hubungan yang baik dengan pihak pihak eksternal Kanopi FEUI, yaitu: Alumni IE FEUI, Fakultas ekonomi UI, Univer-sitas Indonesia, Universitas-universitas lain baik dalam maupun luar negeri, media part-ner, lembaga lembaga yang terkait dengan Kanopi hingga masyarakat awam.

Bagi kamu yang merasa kreatif, Biro Pener-bitan & Informasi adalah biro yang tepat untuk mengasah potensimu. Kami menye-diakan wadah bagi kalian untuk mengasah kreativitas kalian mulai dari keterampilan de-sign, layout, jurnalistik, kreasi mading, hingga pengelolaan media online. Produk rutin biro ini adalah Mading Eksternal, Warta IE, Media Online dan tentunya banyak pelatihan pelati-han yang diselenggarakan oleh biro PIN. Ter-tarik untuk menjadi Creative dan Innovative Agents? Join us on biro PIN Kanpi!

Biro internal mempunyai fungsi utama dalam memberikan support bagi seluruh pengurus Kanopi FEUI. Biro Internal bertang-gungjawab dalam menejemen ruang Kanopi, melakukan kontrol internal serta membuat kenyamanan dan kehangatan antar pengu-rus Kanopi FEUI dengan berbagai macam program yang menarik dan menyenangkan. Dengan peran tersebut kami dapat berinter-aksi langsung dengan divisi atau biro yang ada di Kanopi. Untuk itu, Biro Internal sangat cocok buat kalian yang ingin mengetahui Kanopi FEUI lebih dalam. So, what are you waiting for?

Page 10: Buklet Kanopi FEUI 2012

10 From Maba

Kanopi FEUI - OPK 2012

FROM MABA IE adalah acara pertama mahasiswa baru IE untuk menjalin silaturahmi dan kekerabatan den-

gan seluruh warga IE di FEUI. Tahun lalu, FROM MABA IE, mengusung tema Un[IE]queness In Un[IE]ty yang menunjukkan keunikan dari mahasiswa IE sehingga dapat bersatu dan kompak. Tahun ini, giliran Maba IE 2012 yang menyeleng-garakan acaranya. Dibantu oleh PSDM

Kanopi, Maba IE 2012 bebas memilih tema, konsep, acara, konten, dekorasi, dan sebagainya.

So, tunggu apalagi. Kapan lagi bisa seru-seruan bareng anak IE seluruh angka-tan, apalagi kalian sendiri yang mem-buat acaranya. Tunjukkan kekompakan angkatanmu dengan menjadi bagian dalam acara ini!

FROM MABA IE

Dokumentasi: From Maba IE 2011

Page 11: Buklet Kanopi FEUI 2012

11Kanopi FEUI

Kanopi FEUI - OPK 2012

Kanopi FEUI (Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia)

merupakan organisasi himpunan maha-siswa ilmu ekonomi FEUI yang memiliki kompetensi utama di bidang kajian dan penelitian ekonomi. Kanopi FEUI pada kepengurusan periode 2012 mengu-sung visi :

“Kanopi FEUI sebagai organisasi him-punan mahasiswa Ilmu Ekonomi yang terdepan dalam kompetensi inti di bidang kajian dan penelitian, berdasarkan prinsip profesionalisme dan good govern-ance.”

Dapatkan publikasi output Kanopi FEUI di http://issuu.

com/kanopifeui

Page 12: Buklet Kanopi FEUI 2012

12 PSDM Calendar Events

Kanopi FEUI - OPK 2012

September+ Kanopi’s Training Program PenelitianKanopi’s Training Program StataBJ Challenge

Oktober+ Stud[IE]Penelitian KecilFrom Maba

November+ Kanopi’s EventIelection

Desember+ Stud[IE]BJ Challenge

Page 13: Buklet Kanopi FEUI 2012

13PSDM Calendar Events

Kanopi FEUI - OPK 2012

Kanopi’s Training Program Penelitian: Pelatihan dasar–dasar peneli-tian bagi mahasiswa baru yang baru masuk agar mahasiswa baru da-pat mempunyai gambaran tentang apa itu penelitian.

Kanopi’s Training Program Stata: Acara untuk seluruh anak IE teru-tama angkatan 2009 dalam membantu pendalaman program stata untuk mempersiapkan skripsi mereka.

BJ Challenge: Bentuk Apresiasi bagi mahasiswa Ilmu Ekonomi yang tulisannya telah dimuat di media cetak. Caranya, kumpulkan tulisan kamu yang pernah dimuat di koran/jurnal/majalah selama 1 periode tersebut (1 periode = 2 bulan).

Stud[IE]: Mentoring yang dilakukan oleh PSDM Kanopi agar maha-siswa Ilmu Ekonomi dapat meraih nilai maksimal di seluruh mata pela-jaran IE. Seminggu sebelum UTS dan UAS, akan ada belajar bareng ngebahas soal-soal ujian PE1, PE2, Statek, Statu, Matek, Matela, Mak-ro1, Mikro1.

Penelitian Kecil: Praktek dari pelatihan penelitian yang dilakukan oleh Kanopi. Merasakan bagaimana menjadi surveyor dan mengumpulkan data. Dijamin Seru!

From Maba: Acara welcoming party yang dilakukan oleh mahasiswa baru, dengan mengundang seluruh angkatan IE yang masih aktif. Se-makin bagus dan ramai acaramu, menunjukkan kekompakan angka-tanmu!

Kanopis Event: Kegiatan Bersenang Senang dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kanopi! Dengan berbagai rangkaian acara menarik, serta award bagi seluruh angkatan IE.

IElection: Pemilu untuk menentukan siapa yang akan memimpin Kanopi selanjutnya. Pastikan kamu mengambil peran dengan mem-berikan Suara.

Page 14: Buklet Kanopi FEUI 2012

14 Testimonial

Kanopi FEUI - OPK 2012

“Kanopi as a home and ( as for me) the right place to learn with people from various background , about economics itself and the way to run an organization

Mutiara Alam ,Kepala Biro Dana Kanopi FEUI 2012

“Kanopi tuh udah jadi rumah kedua gua setelah kampus. Tempat dengerin anak IE berkeluh ke-sah, tempat belajar semua info tentang acade-mik sampe gosip seputar anak IE juga ada disi-ni. Tempat mengasah soft skill terutama untuk mahasiswa baru. Daripada nangkring di selasar, lebih baik ke Kanopi aja”

Nurhadi M, Kepala Biro Intenal Kanopi FEUI 2012

“Awal gue masuk Kanopi, gue sendiri sempat ragu kalau Kanopi akan memberi sesuatu bagi gue. What do you re-ally expect from a student society? Tapi setelah sekitar 3 bulan jadi trainee dan 7 bulan jadi staff, gue merasa kalau Kanopi sudah mematahkan semua persepsi gue tentang sebuah himpunan jurusan anak IE!Disini lo ga cuma kumpul-kumpul sama anak-anak IE lainnya; Kanopi benar-benar memberi lo ruang untuk be-lajar. Kanopi mewadahi pertukaran konsep, pikiran, dan ide, terutama yang berkaitan tentang ekonomi. Kanopi juga merupakan wadah tempat lo belajar bekerja sama dalam tim. Ga akan nyesel deh masuk kanopi!” (p.s: masuk Divisi Kajian ya!)

Alvin Ulido Lumbanraja,Staff Divisi Kajian Kanopi FEUI 2012

Page 15: Buklet Kanopi FEUI 2012

15Testimonial

Kanopi FEUI - OPK 2012

“Kanopi ngebantu banget buat salah satu proker departe-men keilmuan BEM, yang memberi mentoring mata kuliah IE tiap pra UTS dan UAS secara ruin ke anak-anak FE. Kanopi juga bisa bikin anak-anak yang sebelumnya pendiam men-jadi lebih bisa bersosialisasi dan berorganisasi. Selain itu, kanopi juga bisa bikin kita lebih kritis dan mau tahu terha-dap masalah-masalah ekonomi yang sedang terjadi”

Windy Oktanaura,Akuntansi 2011, Staff Dept. Keilmuan BEM FEUI 2012

“kalo menurut gw, Kanopi punya acara-acara yang bagus. Ngundang speaker-speaker yang oke dan acara workshop dan lain-lainnya bagus. Tapi kalo acara eksternalnya kaya IEO dan Emix kurang bagus dan masih butuh pengem-bangan. Gw berharap tahun ini emix (terutamanya) bisa maju pesat dibndingkan emix sebelum-sebelumnya”

Amira Husna Natanegara, Ilmu Ekonomi 2011

“Kanopi itu organisasi yang oke. Acara-acara yang diadain berbobot dan menarik. Selalu ngebahas masalah-masalah ekonomi yang lagi in. Jadi helpful banget buat “buka mata” terhadap isu-isu ekonomi. Selain anak-anaknya pinter-pint-er, mereka juga seru-seru jadi bikin betah ada di kanopi. Dan yang paling keliatan, kanopi tuh solid, kompak dan nyatu banget. Mungkin karena anak IE nya dikit jadi gam-pang nyatuinnya kali ya”

Yohana Yukito, Akuntansi 2010

“Kanopi itu family oriented banget, orang-orangnya wel-come banget ke anak-anak IE maupun non IE. Yang unik lagi adalah alumni Kanopi seakan-akan tidak pernah ‘hilang’ dari Kanopi. I have to say that their bounding is so strong. I love Kanopi!”

Karina Miaprajna Utari,Manajemen 2009

Page 16: Buklet Kanopi FEUI 2012