BSP bLOK 4 2009-2010

download BSP bLOK 4 2009-2010

of 19

Transcript of BSP bLOK 4 2009-2010

I. PENDAHULUAN1.1 LATAR BELAKANGUntuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di tingkat primer, seorang dokter dituntut agar mampu menyelesaikan masalah-masalah kesehatan yang dihadapinya secara ilmiah menurut ilmu kedokteran mutakhir. Untuk dapat menyelesaikan masalah kesehatan tersebut, seorang dokter harus memiliki pengetahuan dasar ilmu biomedik. Ilmu Biomedik merupakan landasan ilmiah Ilmu Kedokteran dan Kesehatan. Dalam kurikulum Fakultas Kedokteran Unjani, blok biomedik dasar ini diberikan pada semester 2 dan dibagi dalam 2 tahap, yaitu pada Blok 4 sebagai Blok Biomedik Dasar I dan Blok 6 sebagai Blok Biomedik Dasar II. Blok Biomedik Dasar I mencakup pengetahuan dasar dari cabang-cabang ilmu Biologi Molekuler dan Seluler, Histologi, Anatomi, Biokimia, dan Fisiologi. Materi yang terangkum dalam ilmu-ilmu tersebut dibagi menjadi 4 modul, yaitu berdasarkan struktur, proses biokimia dalam tubuh, koordinasi fungsi sel, dan aplikasinya yang diselesaikan dalam waktu 6 minggu. Materi yang tercakup dalam Anatomi, Histologi, Biokimia, dan Fisiologi yang belum dibahas dalam blok ini, akan dibahas secara terintegrasi dalam blok sistem tubuh pada semestersemester berikutnya. Metode pembelajaran yang digunakan berbentuk kuliah, belajar mandiri, diskusi kelompok, praktikum, tutorial, keterampilan medik, dan seminar . Evaluasi tentang sikap dilakukan dengan observasi dengan check list (daftar tilik) yang dilakukan selama pembelajaran praktikum, diskusi kelompok, keterampilan medik, dan tutorial. Sedang evaluasi ranah kognitif melalui ujian tertulis dalam bentuk MCQ, dan ujian praktikum dengan OSPE. Evaluasi ranah psikomotorik dengan ujian keterampilan medik dalam bentuk OSCE. Kedua jenis evaluasi dilakukan pada akhir blok.

1| BSP

Blok

4

1.2 Garis Besar MateriMateri Blok Biomedik Dasar I dikelompokkan dalam 4 modul, yaitu Struktur, Proses, Koordinasi Fungsi Sel, dan Aplikasi Biomedik Dasar. 1.2.1 Modul Struktur : Mencakup pokok bahasan anatomi permukaan tubuh manusia, sistem pembagian tubuh manusia. susunan saraf pusat, membran sel, organel sel, mekanisme sintesis protein, komunikasi antarsel, siklus pembelahan sel, struktur dan fungsi jaringan dasar, pola-pola hereditas, dampak mutasi pada substansi genetik, berbagai jenis pola pewarisan penyakit herediter. 1.2.2 Modul Proses : Mencakup pokok bahasan dasar filosofi modul proses, komposisi kimia dalam tubuh, enzim dan koenzim, reaksi kimia dalam tubuh, vitamin dan mineral, radikal bebas dan antioksidan, bioenergetika, mekanisme kontrol pada penginformasian genetika, dan sintesis protein. 1.2.3 Modul Koordinasi Fungsi Sel : Mencakup pokok bahasan sel dan lingkungan, transpor membran, regulasi komunikasi antar sel, regulasi komunikasi melalui saraf, transpor pada membran epitel mukosa usus, transpor melalui sel epitel tubuli ginjal, transpor melalui dinding berbagai macam kapiler, dan kontraksi otot secara molekuler. 1.2.4 Modul Aplikasi Biomedik Dasar : Mencakup materi terminologi anatomi, sirkulasi, pengaruh suhu terhadap reaksi kimia, mekanisme pengaturan hormon pada mirosirkulasi untuk memahami aplikasi Biomedik Dasar dalam Keterampilan Medik Pronsip Penggunaan Mikroskop, Pemeriksaan antropometri, Teknik Dasar Anamnesis, Pemeriksaan Tanda Vital dan Dasar-dasar Pemeriksaan Fisik. Lama Pembelajaran Blok Biomedik Dasar I dilaksanakan pada awal semester 2 dan diselesaikan dalam waktu 6 minggu.

2| BSP

Blok

4

II. TUJUAN PEMBELAJARA N2.1 TUJUAN BLOKSetelah menyelesaikan Blok Biomedik Dasar I, mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan konsep dasar manusia sebagai makhluk biologis yang disusun oleh struktur mulai tingkat molekuler, seluler, jaringan, dan organ, dengan didukung oleh proses biofisika dan biokimia untuk mencapai hubungan antarsel yang harmonis, integratif, dan koordinatif dalam mempertahankan homeostasis sebagai landasan dalam pemecahan masalah kesehatan yang mutakhir. 2. Menerapkan keterampilan klinik yang terkait dengan biomedik dasar secara baik dan benar.

2.2 TUJUAN MODULPada akhir Blok Biomedik Dasar I, mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan dasar pembagian rongga tubuh, anatomi susunan saraf pusat, dan sirkulasi. 2. Menjelaskan dasar struktur tubuh dalam berbagai tingkat organisasi yang dikaitkan dengan fungsinya dan prinsip-prinsip hereditas berdasarkan struktur substansi genetik untuk diterapkan dalam menganalisis mekanisme pewarisan penyakitpenyakit herediter. 3. Menjelaskan dasar proses biokimia dalam tubuh manusia sebagai landasan proses pada fungsi normal dan kondisi sakit. dalam suatu organ sebagai landasan dasar untuk mempelajari patogenesis suatu penyakit. 4. Menjelaskan dasar komunikasi antarsel yang harmonis, integratif, dan koordinatif untuk mempertahankan homeostasis dan sebagai landasan, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan. 5. Melakukan keterampilan medik anamnesis, pemeriksaan tanda vital, pemeriksaan antropometri, pemeriksaan fisik, dan pemakaian mikroskop.

3| BSP

Blok

4

2.3 PENJABARAN AREA KOMPETENSIKompetensi yang harus dicapai dalam Blok Biomedik Dasar I ini termasuk dalam Area Kompetensi berikut : 1. Komunikasi efektif (Area 1) 2. Keterampilan klinis (Area 2) 3. Landasan ilmiah ilmu kedokteran (Area 3) 4. Pengelolaan informasi (Area 5) 5. Mawas diri dan pengembangan diri (Area 6) 6. Moral, medikolegal, dan profesionalisme (Area 7) Area 1. Komunikasi efektif : Berkomunikasi dengan probandus, sejawat, fasilitator dan instruktur Berkomunikasi dengan sejawat. Area 2. Keterampilan Klinis : Melakukan prosedur keterampilan medik dengan benar. Area 3. Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran : Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip ilmu Biologi Molekuler dan Seluler, Histologi, Anatomi, Biokimia, dan Fisiologi dengan pelayanan kesehatan tingkat primer. Area 5. Pengelolaan informasi: Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara profesional dalam mendapatkan referensi pembelajaran Membuat rekam medis terhadap probandus secara benar. Area 6. Mawas diri dan pengembangan diri: Menyesuaikan diri dengan tekanan yang dialami selama pendidikan dan praktik kedokteran Menyadari peran hubungan interpersonal dalam lingkungan profesi dan pribadi Mendengarkan secara akurat dan bereaksi sewajarnya atas kritik yang membangun dari probandus, sejawat, dan instruktur

4| BSP

Blok

4

Area 7. Moral, medikolegal dan profesionalisme pasien: Memiliki sikap profesional terhadap penanganan pada probandus Berperilaku profesional dalam bekerjasama Mendengarkan secara akurat dan bereaksi sewajarnya atas kritik yang membangun dari probandus, sejawat, dan instruktur 2.4 TINGKAT PENCAPAIAN Tingkat pencapaian kompetensi pada Blok Biomedik Dasar I berpedoman pada piramida Miller, berturut-turut: 1. Memahami pengetahuan dasar tentang (M1): Struktur tubuh dalam berbagai tingkat organisasi yang dikaitkan dengan fungsinya dan prinsip-prinsip hereditas berdasarkan struktur substansi genetik untuk diterapkan dalam analisis mekanisme pewarisan penyakit-penyakit herediter Susunan saraf pusat Proses biokimia dalam tubuh manusia sebagai landasan proses pada fungsi normal dalam suatu organ sebagai landasan dasar untuk mempelajari patogenesis suatu penyakit Komunikasi antar sel yang harmonis, integratif, dan koordinatif untuk mempertahankan homeostatis dan sebagai landasan ilmu Biomedik, ilmu Kedokteran dan Kesehatan serta Keterampilan Medik. 2. Melihat atau menunjukkan dalam mempelajari (M2): Dasar-dasar pembagian rongga tubuh dan struktur pembentuknya, meliputi cavum thoraxis dan cavum abdominalis Dasar-dasar proses hemolisis, difusi dan osmosis Biokimia enzim, serta faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas enzim Transpor membran.

3. Aplikasi (M3A dan M3B): Melakukan pemeriksaan dengan menggunakan mikroskop Melakukan pemeriksaan mikroskopis untuk melihat jaringan epitel, jaringan pengikat, jaringan kartilago dan tulang, jaringan otot, dan jaringan saraf. 4. Rutin (M4):

5| BSP

Blok

4

Menggunakan mikroskop Melakukan anamnesis dasar Melakukan pemeriksaan tanda vital Melakukan pemeriksaan antropometri Melakukan pemeriksaan fisik dasar

Catatan: Tingkat kompetensi untuk keterampilan (Millers Pyramid) 1: only theory with respect to the skill, the doctor must at 2: seen or have had demonstrated the doctor at least has the theoretical knowledge regarding the skill and has had demonstrated the performance of the skill in question or has seen it. 3: apply/perform the doctor must at least have the theoretical knowledge regarding the skill, besides he has performed the skill in question under supervision, at least several times 4 : routine the doctor must have the theoretical knowledge regarding the skill and has experience in using and performing the skill least have the theoretical knowledge (principle, (contra) indication, burden, performance, complication).

6| BSP

Blok

4

III. KARAKTERISTIK MAHASISWAMahasiswa yang mengikuti Blok Biomedik Dasar I adalah mahasiswa yang telah mengikuti blok Keterampilan Belajar, Komunikasi, serta Bioetik dan Humaniora.

7| BSP

Blok

4

IV. MATERIMATERI BERDASARKAN POKOK BAHASANMODUL NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 POKOK BAHASAN Anatomi Permukaan Tubuh Terminologi Anatomi Pembagian Rongga Tubuh Susunan Saraf Pusat Morfologi Sel Struktur Membran Kandungan Sitoplasma Morfologi Inti sel Pemanfaatan Produksi substansi genetik Komunikasi antar sel Siklus Pembelahan Sel Penyimpangan pola siklus Jaringan Epitel Jaringan Pengikat Jaringan otot Pola Umum Pewarisan Pola Pewarisan Populasi Pola Pewarisan Penyakit Herediter Kecacatan Non Herediter Dasar Filosofi Modul Proses Komposisi Kimiawi Sel Biokatalisator dalam metabolisme Protein Darah Transformasi Bioenergi Reaksi kimia dalam tubuh Vitamin, air, dan mineral Mekanisme kontrol pada informasi genetik & sintesis protein Sel dan Lingkungan Transpor Membran Mikrosirkulasi Kontraksi Molekuler Otot Regulasi Komunikasi antar sel (mel. Saraf)

Modul-1 Struktur

Modul-2 Proses

Modul-3 Koordinasi Fungsi Sel

8| BSP

Blok

4

Modul-4 Aplikasi Biomedik Dasar

33 34 35 36

Regulasi Komunikasi antar sel (mel. Hormon) Sirkulasi Regulasi Hormonal Mikrosirkulasi Pengaruh Suhu Terhadap Reaksi Kimia

9| BSP

Blok

4

V. PROSES PEMBELAJARANProses pembelajaran yang diterapkan pada Blok Biologi Medik Dasar I meliputi kegiatan kuliah, belajar mandiri, diskusi kelompok, tutorial, praktikum, dan keterampilan medik baik terstruktur maupun tidak terstruktur, yang diakhiri dengan seminar. 5.1 METODE PEMBELAJARAN Metode pembelajaran yang dilaksanakan berorientasi kepada Student-centered approach yang sebagian menggunakan metode kuliah interaktif, dengan kegiatan :JAM KEGIATAN PERSENTASE KEGIATAN

KEGIATAN

Mandiri Kuliah Diskel Praktikum Tutorial Trammed Seminar Jumlah CATATAN BENTUK PEMBELAJARAN

84 70 27 24 12 15 3 235

35.74 29.79 11.49 10.21 5.11 6.38 1.28 100.0

1. Kuliah: bentuk ceramah kelas besar student centered, interaktif. 2. Mandiri: di luar kelas dengan picuan masalah yang berkaitan dengan bahan kuliah sebelum atau sesudahnya, untuk didiskusikan secara bebas. 3. Diskusi kelompok: Kelompok kecil dalam ruang diskusi/tutorial (1214 orang) diberikan kemudahan oleh fasilitator berjumlah sesuai dengan jumlah kelompoknya. Tugas menyelesaikan masalah yang telah dirumuskan dari bahan kuliah. Hasilnya dilaporkan oleh ketua kelompok.

10 | B S P

Blok

4

Catatan: Satu jam sebelum pelaksanaan diskusi kelompok, semua pembimbing kelompok (12 orang) dikumpulkan oleh koordinator modul untuk menyamakan persepsi. 4. Seminar: forum kelas besar untuk menampung laporan diskusi kelompok/tugas lain di luar diskusi kelompok untuk dipresentasikan dan didiskusikan. 5. Tutorial: membahas skenario dalam kelompok kecil dalam 2 sesi masing-masing 3 jam yang dibimbing oleh seorang tutor. (berdasarkan seven jumps) Di antara 2 sesi tutorial, diberikan kesempatan belajar mandiri Catatan: selambat-lambatnya satu jam sebelum pelaksanaan tutorial, semua tutor (12 orang) dikumpulkan oleh koordinator modul untuk menentukan learning issue. 6. Kuliah rangkuman: kuliah kelas besar untuk merangkum bahan-bahan modul, diteruskan dengan diskusi umum. 7. Praktikum: ditujukan untuk lebih memahami dan mendalami materi kuliah Kelompok praktikum dibagi dalam 3 group yang disebut A,B dan C terdiri atas 4 kelompok mahasiswa. 8. Keterampilan Medik: ditujukan untuk mampu melakukan berbagai keterampilan medik yang tercantum dalam kurikulum Fakultas Kedokteran Unjani. Mahasiswa dibagi menjadi 12 kelompok masing-masing didampingi oleh seorang instruktur. 5.2 MATRIKS KEGIATAN BLOK 4 T.A 2009/2010JADWAL MINGGU INo 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Waktu 07.00-07.50 08.00-08.50 09.00-09.50 10.00-10.50 11.00-11.50 12.00-13.00 13.00-13.50 14.00-14.50 15.00-15.50 Terminologi Anatomi (W) SSP (ZJM) MANDIRI Senin 1-Mar-10 Overview. Blok 4 MANDIRI Anatomi perm (W) Pembagian Rongga Tubuh (W) DK Otot-otot Pernapasan (ZJM) Selasa 2-Mar-10 MANDIRI SSP (ZJM) Tramed Mikroskop MANDIRI Sirkulasi (W) ISHOMA MANDIRI Morfologi Sel (SBW) MANDIRI Struktur Membran (SBW) Kandungan Sitopl (SBW) MANDIRI Morfologi Inti sel (SBW) Pemanf. Prod. subs gen (SBW) MANDIRI DK SSP MANDIRI Libur Rabu 3-Mar-10 Kamis 4-Mar-10 MANDIRI Jumat 5-Mar-10 MANDIRI Sabtu 6-Mar-10

11 | B S P

Blok

4

JADWAL MINGGU II

12 | B S P

Blok

4

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Waktu 07.00-07.50 08.00-08.50 09.00-09.50 10.00-10.50 11.00-11.50 12.00-13.00 13.00-13.50 14.00-14.50 15.00-15.50

Senin 8-Mar-10 MANDIRI Komunikasi antar sel (SBW) Siklus Pemb. Sel (SBW) MANDIRI

Selasa 9-Mar-10

Rabu 10-Mar-10 MANDIRI

Kamis 11-Mar-10 Pola Pewarisan Peny. Herediter (SBW)

Jumat 12-Mar-10 MANDIRI

Sabtu 13-Mar-10 MANDIRI Filosofi M-2 (HDA) Komposisi Kimiawi Sel (ERY) Radikal Bebas & Antioksidan (ERY)

MANDIRI

Jaringan otot (SBW) Jaringan saraf (SBW)

Tramed Pem. Antropometri (SF)

DK Organela Sel (SBW)

MANDIRI MANDIRI MANDIRI

ISHOMA Penyimpangan pola siklus (SBW) Jaringan Epitel (SBW) MANDIRI Jaringan Pengikat Pola Umum Pewarisan DK Histologi MANDIRI Pola Pewarisan Pop Kecacatan Non Herediter (SBW) Rangkuman dan Umpan Balik Modul 1 (SBW) Kimia Asnuk (ERY)

MANDIRI

JADWAL MINGGU IIINo 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Waktu 07.00-07.50 08.00-08.50 09.00-09.50 10.00-10.50 11.00-11.50 12.00-13.00 13.00-13.50 14.00-14.50 15.00-15.50 Senin 15-Mar-10 MANDIRI DK Radikal Bebas & Antioksidan (ERY) ISHOMA Vitamin, air, dan mineral (DRH) MANDIRI Libur Koenzim (HJ) Selasa 16-Mar-10 Rabu 17-Mar-10 MANDIRI Tramed Dasar2 Anamnesis Kamis 18-Mar-10 MANDIRI DK Pola Pewarisan Herediter Jumat 19-Mar-10 MANDIRI Tramed Pemr. Tanda Vital MANDIRI Kimia KH dan dasar reaksi (IIR) Pengaruh Suhu thd Reaksi Kimia (IIR) Sabtu 20-Mar-10 MANDIRI Kimia Lemak & Dasar Reaksi (HJ) Transformasi Bioenergi (HDA)

ISHOMA Protein Darah (DRH) MANDIRI

MANDIRI

Enzim (IIR)

JADWAL MINGGU IVNo 1 2 3 4 5 6 7 8 9 No Waktu 07.00-07.50 08.00-08.50 09.00-09.50 10.00-10.50 11.00-11.50 12.00-13.00 13.00-13.50 14.00-14.50 15.00-15.50 Waktu (a) Anatomi (b) Histologi (c) Biokimia Senin sint. DNA/RNA (HJ) Reg. Sint Prot (DRH) MANDIRI Selasa Tutorial-1a Senin 22-Mar-10 MANDIRI Selasa 23-Mar-10 MANDIRI Kimia Protein & Dasar Reaksi (HDA) MANDIRI Rabu 24-Mar-10 MANDIRI (a) Biokimia (b) Anatomi (c) Histologi ISHOMA (a) Histologi (b) Biokimia (c) Anatomi Rabu (a) Anatomi (b) Histologi (c) Biokimia Kamis (a) Histologi (b) Biokimia (c) Anatomi Jumat Sabtu Tutorial-1b Kamis 25-Mar-10 MANDIRI Jumat 26-Mar-10 MANDIRI (a) Biokimia (b) Anatomi (c) Histologi MANDIRI Libur Sabtu 27-Mar-10

JADWAL MINGGU V

13 | B S P

Blok

4

29-Mar-10 1 2 3 4 5 6 7 8 9 07.00-07.50 08.00-08.50 09.00-09.50 10.00-10.50 11.00-11.50 12.00-13.00 13.00-13.50 14.00-14.50 15.00-15.50 Sel & Lingk (R1) Transpor Membran (R1) Tutorial-2a MANDIRI

30-Mar-10 MANDIRI Mikrosirkulasi (R2)

31-Mar-10 MANDIRI DK Nitrogen Balance

1-Apr-10 MANDIRI

2-Apr-10

3-Apr-10

Tutorial-2b Libur Libur

ISHOMA (a/b) Faal-1 (c) Mandiri Kontraksi Molekuler Otot (R2) MANDIRI (a/c) Faal-2 (b) Mandiri

JADWAL MINGGU VINo 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Waktu 07.00-07.50 08.00-08.50 09.00-09.50 10.00-10.50 11.00-11.50 12.00-13.00 13.00-13.50 14.00-14.50 15.00-15.50 Regulasi Hormonal Mikrosirkulasi (R1) MANDIRI Senin 5-Apr-10 MANDIRI Tramed Pemr. Fisik Dasar Selasa 6-Apr-10 MANDIRI Regulasi Komunikasi antar sel (mel. saraf) (R2) Rabu 7-Apr-10 MANDIRI DK Poliomyelitis ISHOMA (b/c) Faal-2 (a) Mandiri Regulasi Komunikasi antar sel (mel. Hormon) (R2) MANDIRI Kamis 8-Apr-10 Jumat 9-Apr-10 MANDIRI DK Edema MANDIRI Libur Sabtu 10-Apr-10

MANDIRI

Seminar

Waktu 08.00-16.00

Senin 12-Apr-09

Selasa 13-Apr-09 Teori

Rabu 14-Apr-09 Praktikum UJIAN BLOK 4

Kamis 15-Apr-09

Jumat 16-Apr-09 OSCE

Keterangan :1 2 3 4 5 Kuliah (K) Praktikum (P) Tramed Diskel (DK) Tutorial 6 7 8 9 10 Seminar ISHOMA Libur Ujian Blok Mandiri

VI. SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)14 | B S P Blok 4

6.1

ORGANISASI PENYELENGGARAAN Koordinator blok : R. J Nuriatin, dr., AIF Sekretaris : Iis Inayati, dr., M.Kes Anggota : Prof. Subowo, dr.,MSc.,PhD Hendrarto Dirdjoatmojo, dr.,MS R. J Nuriatin, dr., AIF Wendra, dr., M.Kes MODUL 1 (STRUKTUR): Ketua Modul : Prof. Subowo, dr.,MSc.,PhD Nara sumber : 1. Prof. Subowo, dr.,MSc.,PhD 2. Z.J Manoe, dr., AIA 3. Wendra, dr.,M.Kes 4. Fransiska AP,dr., M.Kes 5. Indarti Trimurtini,dr., M.Kes Fasilitator : 12 + 3 orang dosen terlatih Instruktur trammed : 12 + 3 orang dosen terlatih Instruktur praktikum : dosen terlatih di tiap bagian (Anatomi, Histologi) MODUL 2 (PROSES) : Ketua Modul : Hendrarto Dirdjoatmojo, dr.,MS Sekretaris : Euis Reni Yuslianti, drg., M.Kes Nara sumber : 1. Hendrarto Dirdjoatmojo, dr.,MS 2. Iis Inayati, dr.,M.Kes 3. Henny Juliastuti,dr., M.Kes 4. Dewi Ratih Handayani,dr., M.Kes 5. Euis Reni Yuslianti, drg., M.Kes Tutor : 12 + 3 orang dosen terlatih Fasilitator : 12 + 3 orang dosen terlatih Instruktur praktikum : 5 orang dosen terlatih (Biokimia)

6.2

6.3

6.4

MODUL 3 (KOORDINASI FUNGSI SEL) Ketua Modul Sekretaris Nara sumber : R. J Nuriatin, dr., AIF : Apen Apgani, dr., SpPD., M.Kes :15 | B S P Blok 4

1. R. J Nuriatin, dr., AIF 2. Daswara Djajasasmita, dr., M.Kes., Sp.S 3. Apen Apgani, dr., SpPD., M.Kes Tutor : 12 + 3 orang dosen terlatih Fasilitator : 12 + 3 orang dosen terlatih Instruktur praktikum : 3 orang dosen terlatih (Fisiologi) 6.5 MODUL 4 (APLIKASI BIOMEDIK DASAR) Ketua Modul : Wendra, dr., M.Kes Sekretaris : Iis Inayati, dr., M.Kes Nara sumber : 1. R. J Nuriatin, dr., AIF 2. Sally Fitriyanti, dr., SpGK., M.Gizi 3. Fransiska Ambarukmi, dr., M.Kes 4. Iis Inayati, dr., M.Kes 5. Lukman Tobing, dr., SpPD 6. Rini Sundari Harjono, dr., SpPK., M.Kes Instruktur Tramed : 12 + 3 orang dosen terlatih

VII. PRASARANA SARANA16 | B S P Blok 4

7.1 PRASARANA1. Ruang kuliah besar 2. Ruang tutorial dan diskusi kelompok (12 kelas kecil) 3. Ruang praktikum 4. Ruang Keterampilan Medik

7.2 SARANA :7.2.1 Kuliah 1. 2. 3. 4. Kursi sesuai jumlah mhs + kursi dosen Meja: utk dosen, utk alat audiovisual multimedia (komputer, infokus, mike/audio, pointer) Papan tulis dengan kelengkapannya 7.2.2 Tutorial/Diskusi Kelompok Kelengkapan Ruang Tutorial / Diskusi Kelompok Naskah tutorial / naskah diskusi kelompok 7.2.3 Seminar 1. 2. 3. 4. Ruang Kelas Besar Papan tulis Flip chart multimedia (komputer, infokus, mike/audio, pointer) 7.2.4 Keterampilan Medik Kelengkapan Ruang Keterampilan Medik Buku Panduan Keterampilan Medik 7.2.5 Praktikum Kelengkapan Ruang Praktikum Buku Panduan Praktikum 7.2.6 Belajar mandiri Komputer Hot spot area 7.2.7 Sumber belajar 1. Standar Kompetensi Dokter 2. Peraturan-peraturan Akademik di FK UNJANI 3. Buku Pedoman Mahasiswa Blok Biomedik Dasar I17 | B S P Blok 4

4. Buku Ajar relevan dengan materi pembelajaran: - Biologi medik - Anatomi - Histologi - Biokimia - Fisiologi 5. Buku Pedoman Praktikum 6. Buku Pedoman Keterampilan Medik 7. Internet

VIII. EVALUASI BLOK18 | B S P Blok 4

Evaluasi terhadap mahasiswa dilakukan terhadap 3 ranah, yaitu knowledge, psikomotor dan attitude. 1.Knowledge : 3.Attitude 4. Remedial Soal ujian MCQ jumlah soal : 200 pembagian o o o kuliah : 70 jam 130 soal diskusi kelompok : 24 jam 50 soal tutorial : 12 jam 20 soal Ujian tertulis Pilihan Ganda, OSPE : Observasi dengan daftar tilik selama proses tutorial,diskusi kelompok, praktikum dan keterampilan medik. : 2 kali, segera setelah selesai blok 2.Psikomotor : OSCE

Soal Ujian Praktikum (OSPE)

: 40 50 soal

19 | B S P

Blok

4