brosur insantama 2014

20

description

edukasi

Transcript of brosur insantama 2014

Page 1: brosur insantama 2014
Page 2: brosur insantama 2014

B E T T E R E D U C A T I O N F O R B E T T E R L I F E

Page 3: brosur insantama 2014

Sejak didirikan 16 Juli 2001, SDIT Insantama tumbuh dan berkembang di 9 kota lain di Indonesia. Dimulai dari Kota Bogor sebagai pusatnya, kemudian berdiri cabang Insantama di Serang (Banten), Banjar (Jawa Barat), Bekasi (Jawa Barat), Banjarbaru (Kalimantan Selatan), Makassar (Sulawesi Selatan), Cilegon (Banten), Leuwiliang (Kab. Bogor), Bandar Lampung (Lampung) dan Kendari (Sulawesi Tenggara) di tahun 2013 ini.

Di tahun 2001, dengan tekad, keyakinan dan komitmen, Insantama menerima dan mendidik “para juara” siswa SDIT angkatan pertama. Kurikulum pendidikan Islam terpadu secara praktis diterapkan dengan melibatkan seluruh stakeholder penddikan. Kegiatan ilmiah seperti Open House, Seminar Pendidikan dan Outbound for Moslem Kids yang diselenggarakan Insantama menjadi trend setter kegiatan pendidikan di kota Bogor dan menjadi keunikan tersendiri bagi Insantama. Komitmen itupun tak berhenti,

seiring tumbuhnya harapan seluruh stakeholder. 12 tahun ditandai dengan berkiprahnya “para calon pemimpin” di berbagai perguruan tinggi terkemuka di seluruh Indonesia. Better education for better life terus menjadi semangat bagi Insantama. Semua ini agar visi dan misi yang telah dipancangkan benar-benar dapat diwujudkan oleh seluruh keluarga besar Insantama sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh umat. Insya Allah.

KetikaBerbuah

Kerja KerasKesuksesan12tahun

Insantama

2001- 2013

Alhamdulillah, dengan izin

Allah Swt, Insantama telah

berhasil melewati 12 tahun

perjalanan bersejarahnya.

Setiap saat adalah sejarah

bagi Insantama dalam

berkhidmat bagi perubahan

dan pembangkitan umat

melalui bidang pendidikan.

““

Wisuda Angkatan Pertama SMAIT Insantama

Page 4: brosur insantama 2014

Pendidikan Islam yang merupakan upaya sadar, terstruktur, terprogram dan sistematis bertujuan untuk membentuk manusia yang berkarakter, yakni (1) berkepribadian Islam, (2) menguasai tsaqofah Islam, dan (3) menguasai ilmu kehidupan (pengetahuan dan teknologi).

Tujuan ini merupakan konsekuensi keimanan seorang muslim dalam seluruh aktivitas kesehariaannya. Identitas kemusliman akan nampak pada kepribadian seorang muslim, yakni pada pola berpikir (aqliyah) dan pola bersikapnya (nafsiyah) yang distandarkan pada aqidah Islam. Islam mendorong setiap muslim untuk maju dengan cara men-taklif-nya (memberi beban hukum) kewajiban menuntut ilmu, baik ilmu yang berkaitan langsung dengan Islam (tsaqofah Islam) maupun ilmu pengetahuan umum (iptek).

Menguasai ilmu kehidupan (iptek) dimaksudkan agar umat Islam dapat menjalankan fungsinya sebagai khalifah Allah SWT dengan baik di muka bumi ini. Lebih dari itu, Islam bahkan menjadikannnya sebagai fardlu kifayah, yaitu suatu kewajiban yang harus dikerjakan oleh sebagian rakyat apabila ilmu-ilmu seperti teknik, kedokteran, pertanian dan sebagainya sangat dibutuhkan umat.

PENDIDIKAN ISLAM TERPADU

Keterpaduan Kurikulum Kepribadian Islam, Tsaqofah Islam dan Ilmu Kehidupan

Page 5: brosur insantama 2014

Secara faktual, pendidikan melibatkan tiga unsur pelaksana, yakni keluarga, sekolah dan masyarakat. Kondisi faktual obyektif pendidikan saat ini, ketiga unsur pelaksana tersebut belum berjalan secara sinergis di samping masing-masing unsur tersebut juga belumlah berfungsi secara benar. Sinergi negatif antar ketiganya, memberikan pengaruh kualitas proses pendidikan secara keseluruhan. Dengan melakukan optimasi proses belajar mengajar serta melakukan upaya minimasi pengaruh negatif yang ada dan pada saat yang sama meningkatkan pengaruh positif pada anak didik, diharapkan pengaruh yang diberikan pada pribadi anak didik adalah positif sejalan dengan arahan Islam. Selanjutnya, dibuka lebar ruang interaksi dengan keluarga dan masyarakat agar dapat berperan optimal dalam menunjang proses pendidikan. Sinergi pengaruh positif dari faktor pendidikan sekolah – keluarga – masyarakat inilah yang akan menjadikan pribadi anak didik yang utuh sesuai dengan kehendak Islam.

Untuk meciptakan kultur sekolah yang bersih dari pengaruh negatif masyarakat, program full-day school (di tingkat SDIT) dan boarding school (SMPIT dan SMAIT) merupakan alternatif yang dapat dilakukan. Karena itu, tiga poros sekolah, asrama/pesantren dan masjid yang berperan penting dalam pengembangan SDM tapi selama ini terpisah-pisah, harus dapat diharmonisasikan. Sekolah berfungsi untuk mengintroduksikan kurikulum pendidikan secara formal sesuai dengan jenjang yang ada. Asrama merupakan sarana di luar sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pendidikan formal. Sikap disiplin, kemandirian, kepemimpinan dan tanggung jawab dapat diciptakan dalam asrama. Sedangkan masjid merupakan pusat kegiatan keislaman siswa. Di masjid, siswa akan melakukan shalat berjamaah, pembinaan kepribadian dan kegiatan lainnya. Jika ketiganya diintegrasikan, diharapkan akan tercipta budaya sekolah yang ideal.

Keterpaduan Sekolah, Pesantren dan Masjid

Keterpaduan Pendidikan Sekolah, Keluarga dan Masyarakat

Page 6: brosur insantama 2014

SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADUIslamic Full Day School

Sebagai gerbang pertama pendidikan dasar formal, SDIT Insantama berkhidmat mendidik generasi “para juara” memiliki kepribadian tangguh berbasis aqidah Islam. Dengan menerapkan sistem pendidikan Islam terpadu, SDIT Insantama memadukan tiga keterpaduan pendidikan. Keterpaduan substansi kurikulum berarti memadukan aspek tsaqofah Islam, pembentukan syakhsiyah Islamiyah, dan ilmu kehidupan (saintek). Keterpaduan proses pendidikan berarti memadukan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik yang diramu dalam

pembelajaran in-door dan out door. Lebih dari itu, keterpaduan peran stakeholder pendidikan yang dilakukan melalui kerjasama antara orang tua (rumah), sekolah, dan masyarakat juga mutlak dibutuhkan dalam rangka mencapai visi bersama pendidikan.

Sekolah Para Juara

Page 7: brosur insantama 2014

Keterpaduan pendidikan tersebut diterapkan melalui metode:1. Qiraati, untuk pengajaran pembelajaran Al Quran2. Khithaban Fikriyan dan Talaqiyan Fikriyan dalam

kegiatan belajar mengajar yang diperkaya dengan tehnik Quantum Teaching, Quantum Learning dan Active Learning

3. Pembentukan jiwa kepemimpinan siswa yang terintergrasi dalam kegiatan belajar mengajar

4. Ekspresi Siswa dan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk mendukung life skill siswa

Metode Pendidikan

Sistem pendidikan SDIT Insantama diarahkan dalam rangka melahirkan anak didik dengan karakter:1. Menjadi anak didik yang shaleh

berkepribadian Islam, kuat aqidahnya, berpikir dan berperilaku Islami, cinta Allah dan Rasulullah, tekun beribadah, berakhlaq mulia dan rasa persaudaraan.

2. Memiliki perkembangan integrated intelligence yang lahir dari budaya pendidikan Islami.

3. Mampu membaca dan menulis bahasa al-Qur’an dan hafal setara 2 juz al-Qur’an dan hadits-hadits pendek.

4. Memiliki kemandirian dan ketrampilan hidup (life skill).

5. Memiliki kecintaan terhadap ilmu dan semangat belajar yang tinggi.

6. Memiliki pengetahuan yang cukup dan memahami cara belajar (how to learn) yang baik.

7. Memiliki sifat dan jiwa kepemimpinan yang baik.

7 Karakter Anak Didik SDIT Insantama

Page 8: brosur insantama 2014

Program untuk memberikan dasar-dasar penguasaan dan peningkatan keterampilan hidup (life skill) siswa. Ekspresi wajib berupa Renang (Swimming), Berkebun (Farming), dan Memasak (Cooking). Ekspresi Pilihan Bela diri, Kepanduan, Jurnalistik, Saintis Cilik, Dokter Cilik serta TIK.

EKSPRESI

Program Unggulan SDIT

INSANTAMA MARKET DAY

Kegiatan ini dilaksanakan untuk merangsang jiwa kewirausahaan dalam diri siswa terutama kelas 3 sampai kelas 6. Selain itu memberikan pengalaman dalam melakukan jual beli/transaksi yang sesuai dengan tuntunan Islam. Kegiatan ini dilaksanakan dua kali dalam setahun.

VISITING

Kegiatan ini berupa kunjungan ke tempat-tempat yang memiliki fasilitas dalam memberikan gambaran riil tentang objek-objek materi pelajaran sekolah. Tempat kunjungan di sekitar kota Bogor dan Jakarta seperti Kebun Raya Bogor, kebun obat, toko buku, Museum Zoologi, Taman Mini, Museum Jakarta Tua, dan lain-lain.

MABIT

Kegiatan ini diselenggarakan untuk menunjang pembentukan karakter syakhshiyyah Islamiyyah dalam bentuk menginap di sekolah bagi kelas 1 dan 2 dan menginap di luar sekolah bagi kelas 3 - 6. Dilaksanakan setiap angkatan sekali dalam setahun kecuali kelas 6 dilaksanakan dua kali.

Kegiatan Ramadhan ini dilaksanakan menjelang datangnya bulan Ramadán sampai bulan Syawal. Terinspirasi filosofi metamorfosis kupu-kupu, kegiatan meliputi latihan ibadah puasa Sya’ban, Tabligh Akbar, Tarhib Ramadhan, Sanlat, Pembagian ZIS dan baksos, dan halal bihalal siswa.

KEPOMPONG RAMADHAN

HKS diselenggarakan untuk menggali multi kecerdasan siswa. Dilaksanakan 3 kali setahun, bertema permainan tradisional, olahraga, olimpiade MIPA dan pengetahuan umum serta seni peran (drama). Program berbentuk perlombaan yang diikuti seluruh siswa dari kelas 1 sampai 6

HARI KREATIFITAS SISWA

Page 9: brosur insantama 2014

1. Juara 2 Lomba Karya Tulis Bogor Kids Festival “Save our water, save our life” , 2009

2. Juara 1 Lomba Tahfidz Juz Amma Al Quran Kategori Kelas 1-3 Festival Ramadhan 1430 H Kota Bogor, 2009

3. Juara 2 Lomba Tahfidz Juz Amma Al Quran Kategori Kelas 1-3 Festival Ramadhan 1430 H Kota Bogor, 2009

4. Juara 1 Lomba Tahfidz Juz Amma Al Quran Kategori Kelas 4-6 Festival Ramadhan 1430 H Kota Bogor, 2009

5. Juara 3 Lomba Tahfidz Juz Amma Al Quran Kategori Kelas 4-6 Festival Ramadhan 1430 H Kota Bogor, 2009

6. Juara 1 Olimpiade IPA Tingkat SD Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, 2009

7. Juara 2 Kompetensi Teknologi Komputer Tingkat SD Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, 2009

8. Juara 3 Olimpiade Matematika Tingkat SD Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, 2009

9. Juara 3 Kompetensi Seni Lukis Tingkat SD Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, 2009

10. Juara 1 Cerdas Cermat Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar

Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, 201011. Juara 1 Cerdas Cermat Festival Kompetensi

dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, 2010

12. Juara 1 Kaligrafi Putra Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, 2010

13. Juara 2 Olimpiade IPA Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, 2010

14. Juara 2 Hifzil Quran Putra Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, 2010

15. Juara 3 Kaligrafi Putri Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, 2010

16. Juara 2 Hifzil Quran Putra Sapta Lomba PAI SD Kota Bogor, 2010

17. Juara 3 Hifzil Quran Putri Sapta Lomba PAI SD Kota Bogor, 2010

18. Juara 2 Lomba Hafalan Quran kategori SD Festival Anak Bogor, 2010

19. Juara 3 Cerdas Cermat Sapta Lomba PAI Kota Bogor, 2011

20. Juara 3 Olimpiade MIPA Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, 2011

21. Juara 2 Cerdas Cermat Sapta Lomba PAI Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, 2011

22. Juara 2 Hankering for Memorizing the Holy Qur’an (hafizh) tingkat SD/MI se-Bogor Raya, SMA 1 Bogor, Kota Bogor, 2012

23. Juara 2 Show off your talent in Da’i Competition (Foundation) tingkat SD/MI se-Bogor Raya, SMA 1 Bogor, Kota Bogor, 2012

24. Juara 3 Lomba Puisi Islami tingkat Kota Bogor Muharam IT ABN Ceria 1434 H, 2012

25. Juara 1 Lomba Tahfiz Quran tingkat Kota Bogor Muharam IT ABN Ceria 1434 H, 2012

26. Juara 1 Gerakan dan Bacaan Sholat (Berjama’ah) KKG PAI, Pekan kreatifitas dan Seni Pendidikan Agama Islam SD Kemenag Tingkat Kota Bogor, 2013

27. Juara 2 Musabaqqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Puteri, Pekan Kreatifitas dan Seni Pendidikan Agama Islam SD, Kemenag Tingkat Kota Bogor, 2013

Torehan Para Juara

Page 10: brosur insantama 2014

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU

Islamic Full Day School

Sekolah Calon Pemimpin

Sistem pendidikan Islam terpadu pada tingkat SDIT dilanjutkan dalam SMPIT Insantama dengan fokus pembinaan

kepemimpinan siswa. SMPIT Insantama menerapkan konsep Islamic Full Day School

sehingga siswa mendapatkan porsi lebih dalam pembentukan kepribadian Islam di

sekolah. SMPIT Insantama juga menerima siswa dengan konsep Islamic Boarding

School yakni siswa tinggal di asrama dalam rangka memperdalam tsaqofah Islamiyah.

Harapannya adalah secara berkesinambungan mampu membentuk anak muslim yang cerdas, aktif, dan berkepribadian Islam.

Dengan dibimbing oleh tenaga pengajar yang mumpuni dan berpengalaman, berbagai

program pembinaan siswa diselenggarakan baik kurikulum formal maupun ekstrakurikuler

di luar ruang kelas.

Page 11: brosur insantama 2014

Metode pembelajaran yang diterapkan di SMPIT Insantama adalah:1. Kegiatan belajar mengajar menggunakan prinsip

Khithaban Fikriyan dan Talaqiyan Fikriyan yang diperkaya dengan teknik quantum teaching, quantum learning dan active learning.

2. Menerapkan sistem pembinaan siswa secara terpadu melalui pembentukan jiwa kepemimpinan.

3. Menerapkan program ekstrakurikuler Kepanduan, Sains Club, Jurnalis Club, Arabic/English Club, Seni dan Budaya Islam, Pesantren Ramadhan, dan Kemah Wisuda.

4. Menerapkanprogramsertifikasikompetensiunggulan

Metode Pendidikan

7 Karakter Anak Didik SMPIT Insantama

Sistem pendidikan SMPIT Insantama diarahkan dalam rangka melahirkan anak didik dengan karakter: 1. Siswa memiliki pemahaman Islam yang akan menuntunnya untuk senantiasa

berfikir Islami.2. Siswa memiliki nafsiyah Islam, yaitu bertingkah laku sesuai dengan ajaran

Islam yang merupakan perwujudan ketaatan terhadap ajaran Islam dalam aspek ibadah, makanan, minuman, akhlak, muamalah, aqidah, syari’ah, dan dakwah, serta fiqih kontemporer.

3. Siswa memiliki kemampuan pendukung seperti Bahasa Arab, Bahasa Inggris, hafal Al-Qur’an minimal 2.5 juz, hafal ayat-ayat dan hadits-hadits pilihan.

4. Siswa memiliki kemampuan dasar Tsaqofah Islam untuk bekalnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama menguasai ilmu alat dasar agama.

5. Siswa mempunyai penguasaan ilmu kehidupan yang cukup sehingga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

6. Siswa memiliki kemampuan dasar manajemen dan kepemimpinan yang aplikatif, yang akan mendorongnya untuk bersikap mandiri dalam penerapan prinsip perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan kegiatan.

7. Siswa mengenal berbagai pengetahuan dasar tentang beberapa jenis kegiatan produktif yang dapat dikembangkan.

Page 12: brosur insantama 2014

Pekan Ta’aruf Insantama yaitu acara penyambutan dan pengenalan kehidupan kampus bagi siswa-siswa baru SMPIT Insantama yang dikemas dalam beragam acara menarik, training dan aktifitas lainnya mengenal Insantama dan Kota Bogor.

PETA

Program Unggulan SMPIT

LKMM

Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Tingkat Menengah) ‘Problem Solving Masyarakat Desa’ dengan cara home stay 2 hari 1 malam. Di desa, mereka dilatih untuk melakukan observasi lingkungan, wawancara, analisis kondisi lingkungan desa. Diselenggarakan di tahun kedua semester kedua.

PESANTREN WISUDA

Kegiatan pembinaan akhir menjelang kelulusan. Diberikan untuk mereview semua materi pembelajaran yang telah diberikan selama 3 tahun dengan pemateri khusus dari Yayasan, Guru dan Orang Tua. Juga dibentuk Forum Alumni untuk menjalin hubungan selepas dari SMPIT Insantama.

PERMATAPerkemahan Bersama Insantama, kegiatan pamungkas Kepanduan di Insantama yang ditujukan untuk menguji kemampuan dan keterampilan kepanduan yang sudah diberikan sebelumnya. Diselenggarakan di tahun kedua semester kedua.

Latihan Dasar Kepemimpinan 2 ‘Taklukkan Bogor’ berupa Longmarch Bogor (berjalan kaki 40 KM) selama 1 hari. Pasca LDK 2, siswa diberi training lanjutan : Teknik Debat. Diselenggarakan di semester ketiga.

LDK TINGKAT 2

Latihan Dasar Kepemimpinan ’Motivaksi Kepemimpinan’ untuk memberikan pondasi kepemimpinan bagi siswa-siswi tahun pertama SMPIT Insantama yang dipungkasi dengan pembuatan Mimpi Besar dan Peta Jalan untuk 5 tahun ke depan. Diselenggarakan di semester pertama.

LDK TINGKAT 1

Page 13: brosur insantama 2014

Prestasi1. Mewakili Kota Bogor dalam Olimpiade IPA Biologi tingkat

Provinsi Jawa Barat, 2011.2. Satu-satunya wakil Kota Bogor dalam Erlangga English

Speech Competition Jakarta, 2011. (di-highlight ya)3. Juara I Lomba Poster Kimia se-Kota Bogor pada Smart Teen

Competition, 2011.4. Juara I Lomba Debat Siswa SMP se-Jabodetabek, 2011.5. Mewakili Kota Bogor dalam Olimpiade IPA Biologi tingkat

Provinsi Jawa Barat, 2012.6. Juara I Lomba Debat Siswa SMP se-Jabodetabek, 2012.

7. Juara II Lomba Outbound Ilmiah Siswa SMP se-Jabodetabek pada Smart Teen Competition, 2012.

8. Juara II Olimpiade Sains Nasional Guru SMP Mata Pelajaran IPA Tingkat Kota Bogor, 2012.

9. Juara II Olimpiade Sains Nasional Guru SMP Mata Pelajaran Matematika Tingkat Kota Bogor, 2012.

10. Mewakili Jawa Barat dalam Olimpiade IPA Biologi tingkat Nasional, 2013.

Page 14: brosur insantama 2014

SEKOLAH MENENGAH ATASISLAM TERPADU

Islamic Boarding School

Sekolah Calon PemimpinSMAIT Insantama merupakan Islamic Boarding School. Siswa tinggal penuh di

dalam asrama sekolah sehingga siswa memperoleh pembinaan menyeluruh baik pada aspek akademik, kepribadian, maupun kepemimpinan. Berbagai program

pembinaan siswa diterapkan guna menyiapkan calon pemimpin ummat masa depan yang tangguh yang bersyakhsiyah Islam, menguasai tsaqafah Islam dan memiliki

jiwa kepemimpinan yang handal.

Page 15: brosur insantama 2014

1. Menerapkan metode quantum teaching, quantum learning dan active learning.

2. Menerapkan sistem pembinaan siswa secara terpadu melalui pembentukan jiwa kepemimpinan.

3. Menerapkan program ekstrakurikuler Kepanduan, Sains Club, Jurnalis Club, Arabic/English Club, Seni dan Budaya Islam, Pesantren Ramadhan, dan Kemah Wisuda.

4. Menerapkanprogramsertifikasikompetensiunggulan

Metode Pendidikan

7 Karakter Anak Didik SMAIT Insantama

Sistem pendidikan SMAIT Insantama diarahkan dalam rangka melahirkan anak didik

dengan karakter:

1. Siswa memiliki pemahaman Islam yang akan menuntunnya untuk senantiasa berfikir Islami.

2. Siswa memiliki nafsiyah Islam, yaitu bertingkah laku sesuai dengan ajaran Islam yang merupakan perwujudan ketaatan terhadap ajaran Islam dalam aspek ibadah, makanan, minuman, akhlak, muamalah, aqidah, syari’ah, dan dakwah, serta fiqih kontemporer.

3. Siswa memiliki kemampuan pendukung seperti Bahasa Arab, Bahasa Inggris, hafal Al-Qur’an minimal 2.5 juz, hafal ayat-ayat dan hadits-hadits pilihan, dan ushul fiqh.

4. Siswa memiliki kemampuan Tsaqofah Islam untuk bekalnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama menguasai ilmu alat agama.

5. Siswa mempunyai penguasaan ilmu kehidupan yang cukup sehingga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi pada perguruan tinggi ternama di dalam dan luar negeri.

6. Siswa memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang aplikatif, yang akan mendorongnya untuk bersikap mandiri dalam penerapan prinsip perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan kegiatan.

7. Siswa menguasai berbagai pengetahuan kegiatan produktif yang dapat dikembangkan.

Page 16: brosur insantama 2014

(Sepekan Mengenal Insantama), yaitu acara penyambutan dan pengenalan kehidupan kampus bagi siswa-siswa baru SMAIT Insantama yang dikemas dalam beragam acara menarik, training dan aktifitas lainnya mengenal Insantama dan Kota Bogor.

SEMESTA

Program Unggulan SMAIT

LKMM

Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Tingkat Menengah ‘Problem Solving Masyarakat Desa’ dengan cara home stay 3 hari 2 malam. Di desa, mereka melakukan observasi lingkungan, indepth interview, analisis SWOT lingkungan desa dan mempresentasikan di hadapan aparat dan penduduk desa.

PESANTREN WISUDA

Kegiatan pembinaan akhir menjelang kelulusan. Diberikan untuk mereview semua materi pembelajaran yang telah diberikan selama 3 tahun dengan pemateri khusus dari Yayasan, Guru dan Orang Tua. Juga dibentuk Forum Alumni untuk menjalin hubungan selepas dari SMAIT Insatama.

LKMA

Latihan Kepemimpinan dan Managemen tingkat Akhir ‘Go to Abroad’ berupa penyelenggaraan manajemen even studi kepemimpinan dan manajemen ke luar negeri. Di luar negeri, mereka mengunjungi berbagai universitas, institusi manajemen untuk menjalin hubungan institusional dengan institusi tersebut.

Latihan Dasar Kepemimpinan 2 ‘Taklukkan Cianjur’ untuk memberikan pondasi sikap mental kepemimpinan dengan cara Longmarch Bogor-Cianjur. Pasca LDK 2, siswa diberi training lanjutan berupa Teknik Presentasi, Teknik Debat dan Team Building. Diselenggarakan di semester ketiga

LDK TINGKAT 2

Latihan Dasar Kepemimpinan ’Motivaksi Kepemimpinan’ untuk memberikan pondasi kepemimpinan bagi siswa-siswi tahun pertama SMAIT Insantama yang dipungkasi dengan pembuatan Mimpi Besar dan Peta Jalan untuk 5 tahun ke depan. Diselenggarakan di semester pertama.

LDK TINGKAT 1

Page 17: brosur insantama 2014

1. Juara 3 Lomba LKIR ke-44 LIPI 2012 Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa dengan judul Uji Potensi Cangkang Telur Ayam sebagai Anti Semut pada Bioplastik Wadah Makanan, 2012. Karya ilmiah ini kemudian dipilih untuk mewakili Indonesia ke ajang lomba sains internasional, International Science and Engineering Fair (ISEF) 2013, di Arizona, AS. (dihighlight ya!)

2. Juara 3 Olimpiade Matematika (Optika 12) wilayah Jawa Barat UIN Syahid 2012.

3. Juara 1 Lomba Debat dan Kreasi Seni Islam Se-Bogor Raya SEMESTA Universitas Djuanda 2012.

4. Juara 2 Kompetisi Statistik Junior Pesta Sains Nasional, FMIPA IPB 2012.

5. Juara 2 Lomba Nasyid Tingkat Jawa Barat, pada Ajang Remaja Berprestasi 2012.

6. Juara 3 Lomba Nasyid Se-Bogor Raya pada Lomba Syariah DKM Ar-Rahmah SMAN 1

Bogor 2012.7. Juara Umum (Lomba Reporter, Fotografi ,

Penulisan Artikel dan Mading) Se-Bogor Raya pada Pekan Jurnalis Pelajar UIKA, 2012.

8. Juara 1 Lomba Presentasi Ekonomi Islam pada AFBI, UIKA, 2012.

9. Juara 3 Lomba Kaligrafi se-Bogor Raya, PGRI 1, 2012.

10. Juara 2 Lomba Fotografi Festival Air FPIK IPB, 2012.

11. Juara 2 Khutbah se-Jabar dan DKI Jakarta di Aresta, 2013 (dihighlight ya)

12. Juara 2 Lomba Nasyid se-Jabar dan DKI Jakarta di Aresta, 2013.

13. Juara 1 Lomba Debat se-Jabodetabek di Smention, 2013.

14. Satu-satunya karya tulis ilmiah wakil SMA yang masuk dalam Call for Paper in The 1st International Conference on Islamic Wealth Management, 2013.

Prestasi Siswa

Muhammad Imaduddin Shiddiq (siswa SMAIT Insantama angkatan pertama) berhasil mewakili Indonesia dalam ajang sains internasional, International Science and

Engineering Fair (ISEF) 2013, 12-17 Mei 2013 di Arizona, AS. Dengan karya penelitiannya “bioplastik anti semut” Muhammad Imaduddin Siddiq mempresentasikan inovasinya di depan 1.500 pelajar dari seluruh dunia. Muhammad berhasil mewakili Indonesia setelah memenangi LKIR (Lomba Karya Ilmiah Remaja) yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Page 18: brosur insantama 2014

BIAYA PENDIDIKAN SDIT SMPIT SMAIT

Biaya Pendaftaran Rp 600.000 Rp 600.000 Rp 600.000

Infaq Pengembangan Rp 12.000.000 Rp 12.000.000 Rp 12.000.000

SPP per Bulan Rp 600.000 Rp 600.000 Rp 600.000

Kain Seragam Putra Putri

Rp 595.000Rp 640.000

Rp 895.000Rp 995.000

Rp 950.000Rp 1.040.000

Kegiatan Tahunan Menyusul

Parenting (2 kali) 600.000 600.000 600.000

Biaya Boarding Tahunan - Rp 1.950.000 Rp 1.950.000

Biaya Boarding Bulanan - Rp 980.000 Rp 980.000

JADWAL SDIT SMPIT SMAIT

Masa Pendaftaran 2 Desember 2013 – 31 Januari 2014

Observasi dan Wawancara 1 Februari 2014 2 Februari 2014 2 Februari 2014

Pengumuman 6 Februari 2014

Pendaftaran Ulang 7 – 15 Februari 2014

Awal Tahun Ajaran Baru Juli 2014 Juli 2014 Juli 2014

PERSYARATAN SDIT SMPIT SMAIT

Usia Minimal 6 tahun Lulus SD Lulus SMP

Persyaratan Administrasi

• FCAktelahir• FCKTPayahibu• Foto3x4(BW)3lbr• FCKartuKeluarga

• LegalisirFCIjazahSD*)

• LegalisirFCSKHUNSD• LegalisirRaport5-6SD• FCAktelahir• FCKTPayahibu• Foto3x4(BW)3lbr• FCKartuKeluarga• FCKartuNISNdanPesertaUN

• LegalisisrFCIjazahSMP*)

• LegalisirFCSKHUNSMP• LegalisirRaport7-9SMP• FCAktelahir• FCKTPayahibu• Foto3x4(BW)3lbr• FCKartuKeluarga• FCKartuNISN

Lulus Observasi dan Seleksi

Potensi dan karakter calon siswa.

•Akademik(IPA,BahasaInggris,Matematika,BahasaIndonesia,IPS,Pengetahuan Umum)

• BacatulisAlQuran• Wawancarapendalamanpotensi,karakter&tsaqofah• TesKesehatan(rontgenparu-paru,bebasnarkobadanhepatitisB)• Siaptinggaldiasrama(WajibuntukSMAIT)

*) pada saat daftar ulang

INFORMASI PENDAFTARAN

Telp. 0251.2160049WAhatsApp 08881822627PIN BB 75F196F7Email [email protected] ppdb.insantama.sch.id

Contact Person-HendrikYusuf(08567346315)- Yuliana/Ana (089638780940)

Pembayaran dilakukan melalui BNI Syariah No. Rek. 0235355843 atas nama Yayasan Insantama Cendekia

Page 19: brosur insantama 2014

Testimoni

Prof.Dr.DidinHafiduddinGuruBesarIPBdanKetuaBaznas

Mudah-mudahan lembaga pendidikan Insantama menjadi lembaga

pendidikan yang unggul dan dicintai oleh umat Islam khususnya di negara ini

Mohd SalmeeSenior Assistant Director Centre for Foundation Studies Univ. Islam Int. Malaysia

Saya Amat mengagumi sekolah ini. It’s very incredible. Saya menangkap semangat, keceriaan dan kesungguhan. Kita sehaluan untuk mencapai kejayaan.

Hudzaifah Alumni, Mhs. Jurusan Interior UI

Seru abis mantap, semua yg diajarkan disini bener2 kepake di dunia

perkuliahan khususnya pada bidang kepemimpinan, ga salah sekolah di insantama. Satu kata buat Insantama, kongkrit

Bu Lara Fridani, P.Si, PhDDosen dan Orangtua Siswa

Ahamdulillah, begitu banyak pembelajaran berharga khususnya tentang penanaman nilai nilai Islam yang telah diberikan oleh Insantama pada anak-anak kami. Sikap kritis mempertahankan kebenaran, percaya diri (bangga) sebagai muslim adalah contoh ‘hasil’ didikan nyata dari Insantama yang sangat kami syukuri dan apresiasi.

Dr. Iman SugemaDosen IPB dan Ortu Siswa

Jika Anda mencari sekolah yang memberikan siswanya pembelajaran

lengkap tentang Islam sebagai sebuah tatanan hidup yang lengkap dan sempurna, membangun karakter siswanya sebagaimana diinginkan Islam, maka sekolah seperti itu sangatlah sulit ditemukan di tengah gempuran pola hidup sekuler saat ini. Itulah alasannya mengapa saya memasukkan anak saya ke Insantama. Tetaplah istiqomah di jalan ini.

Raudhah Rahmatillah Nailati Alumni, Mhs Fak Kedokteran Unsoed

Alhamdulillah, banyak sekali pembelajaran yg saya peroleh, dan

itu sangat berguna saat ini. Lingkungan Insantama sangat kondusif menjadikan saya muslimah yang bersyakhshiyyah Islam. Sekarang, saat kuliah di Kedokteran, saya bisa aktif dalam dakwah berkat semua yg dipelajari d Insantama.

Page 20: brosur insantama 2014

Kampus Cabang

SDIT Insantama SerangJl. Rancapalupuh Drangong TaktakanKota Serang, BantenTelp. (0254) 7038851

SDIT Insantama BanjarJl Kantor Pos No. 237 Hegarsari Pataruman Kota Banjar, Jawa Barat Telpon (0265) 743582

SDIT Insantama BekasiJl. Rawa Gede Wetan No. 6 Pondok Melati Bekasi, Jawa BaratTlp (021) 84598195

SDIT Insantama BanjarbaruJl. Karang Anyar 2 Loktabat Utara Banjabaru, Kalimantan Selatan Telp. (0511)7333203

SDIT Insantama MakassarJl. Telkomas Raya No. 2 Tamalarea Makassar, Sulawesi Selatan Telp. (0411)5085285

SDIT Insantama CilegonJl. Kh Wasyid No 4 Kota Cilegon, BantenTelp. (0254) 9224442

SDIT Insantama LeuwiliangJl Setu Rt 07 Rw 04 Leuwi Mekar, Leuwiliang Kab. Bogor, Jawa BaratTelp. 082110152125

SDIT Insantama Bandar Lampung Jl. Durian II No. 33 Tanjung Senang Bandar Lampung, Lampung Telp. 081369450884

SDIT Insantama KendariJln. R.soeprapto No.77B Lrg.pdam, Mandonga.Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Telp. 085756023468, 081341692506

Kampus PusatBogor, Jawa Barat

Jl. Hegarmanah IV Gunung BatuKota Bogor Jawa Barat

SDIT Insantama (0251) 7167088SMPIT Insantama (0251) 8363973SMAIT Insantama (0251) 8343406

Fax (0251) 8372439