Bonjour! #02 June 2014

32
BoNJ0UR! MENERBITKAN INSPIRASIMU VOL.2 JUNI 2014

description

BONJOUR! Vol.2 créé par les étudiants de la Section Française de L'Universitas Indonesia :)

Transcript of Bonjour! #02 June 2014

Page 1: Bonjour! #02 June 2014

BoNJ0UR! M E N E R B I T K A N I N S P I R A S I M U

V O L . 2 J U N I 2 0 1 4

Page 2: Bonjour! #02 June 2014

FESTIFRANCE akan hadir kembali tahun ini dengan tema Les Marionnettes Vous Invitent à La Foire. Dengan mengusung boneka sebagai tema utama dekorasi dan acaranya, pengunjung seolah akan dibawa menuju negeri dongeng. Akan ada banyak kegiatan, antara lain acara pembukaan dengan penampilan dari

mahasiswa, lomba Concours untuk siswa SMA sederajat, pemutaran film Prancis, bazaar, penampilan musik dan DJ, workshop DIY (Do-It-Yourself)

membuat boneka, cheese and wine testing, dan khusus pertama kali diadakan tahun ini, yaitu kompetisi film pendek. Rangkaian acara FESTIFRANCE 2014 juga akan ditutup dengan pertunjukkan yang paling ditunggu-tunggu seluruh rakyat

FIB, apalagi kalau bukan Fashion Show (!!!) dengan mengusung tema Les Marionnettes. Pastinya, FESTIFRANCE 2014 akan menjadi acara yang luar biasa

berkesan! Allez ! Venez !

Page 3: Bonjour! #02 June 2014

Maka dari itu, lewat Bonjour! vol. 2 ini, kami ingin mengajak kalian untuk mencari makna joie de vivre dan menemukan kembali rasa itu dalam diri kalian masing-masing. Alors, bonne lecture!

Bisous,

KenANGA W .

P e m i m p i n R e d a k s i

Kenanga Wungu

R e d a k t u r P e l a k s a n a

Meutia Adelia

E d i t o r

Indah Paramita Jessica Rachel Meutia Adelia Mohammad Djodi Raissa Devita Rr. Ayu R.

R e p o r t e r

Faizah Aidid Indah Paramita Jessica Rachel Meutia Adelia Mohammad Djodi Raissa Devita Rr. Ayu R. Kenanga Wungu Patricia Elle Nurul Idzni Yania Humaira Titus Kartika

F o t o g r a f e r

Karina Dwi Priliani

D e s a i n

Kenanga Wungu

K o n t r i b u t o r

Dinia Putri Lutfi Bayi Mahdi Sava Callysta Ajeng Lestari Midi Nurul Handayani Bambang Tetuko Kevy Arighy Nayli Suroya

H u m a s & D i s t r i b u s i

Nurul Idzni Meutia Adelia

Bonjour !

D a r i r e d a k s i J o i e d e v i v r e / sukacita hidup adalah sebuah ekspresi yang

digunakan orang Prancis untuk menggambarkan kebahagiaan dalam menikmati hidup. Sering juga digunakan untuk menyebut suatu kualitas langka yang terpancar dari orang-orang yang memiliki kemampuan untuk dapat menjalani dan mencintai hidup semaksimal mungkin.

Sayangnya, dalam kehidupan sehari-hari, tidak banyak kita temui orang yang memiliki joie de vivre. Sebagian besar dari kita umumnya terlalu sibuk dengan bermacam tuntutan kewajiban. Hal ini membuat hati kita kerap penuh dengan tumpukan keluhan, sehingga yang kita lihat hanyalah sisi yang kurang menyenangkan dari kehidupan. Padahal, menemukan kembali cinta dan antusiasme untuk hal-hal sederhana dalam hidup penting bagi pemenuhan kesejahteraan dan keseimbangan hidup kita.

B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 1

M E N E R B I T K A N I N S P I R A S I M U

M o d e l S a m p u l

Kenia Septiari Nadya Devina

Page 4: Bonjour! #02 June 2014

1 5 M e i - 2 3 J u n i

http://ifi-id.com/printemps

3 1 M e i – 1 3 J u l i

Gandaria City Ground External,

Jakarta. Waktu : 10.00 – 21.00 WIB

5 J u n i – 6 J u l i

All Halls JIExpo Kemayoran, Jakarta

4 – 7 J u n i

Kota Kasablanka, Jakarta

1 4 – 1 5 J u n i

Tennis Indoor Senayan Jakarta

Waktu : 11.00 – 23.00 WIB

1 6 – 1 8 J u l i

Lobby menara 165 – Gedung ESQ-

lantai dasar (gibraltar room), Jakarta

2 0 - 2 1 J u n i

2 7 - 3 0 A g u s t u s

JIExpo Kemayoran, Jakarta

9 – 1 0 S e p t e m b e r

Balai Sudirman Jakarta, Jl. Saharjo

no 268. Waktu : 10.00 – 20.00 WIB

Sentra Bunga Rawa Belong, Jakarta

JUNI-JULI-AGUSTUS -SEPTEMBER 2014

c a l a n d r i e r

(YH) 2 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

Page 5: Bonjour! #02 June 2014

Di hari apresiasi Mahasiswa Berprestasi FIB UI 2014 akhir

Maret lalu, nama BAMBANG TETUKO (2011) keluar sebagai

peraih IPK tertinggi dari Prodi Prancis FIB UI dengan perolehan IPK 3.84. Bravo Koko!

Selain cantik NURUL IDZNI (2011)

memang terkenal punya segudang bakat, mulai dari balet, wushu, renang, dan masih banyak lagi. Maka tidak heran kalau tahun ini ia berhasil menjadi salah satu finalis None Kepulauan Seribu.

DARI PRANCIS

Penanggung jawab divisi Keilmuan IKABSIS sekaligus ketua Fakta Bahasa Depok,

TEGAR RAMADAN (2011) sukses

menjadi Mahasiswa Berprestasi FIB UI 2014. Sementara di Mapres tingkat UI ia juga berhasil meraih juara 3 Mapres terbaik rumpun Ilmu Sosial & Humaniora.

N O U V E L L E S

Akhir tahun lalu, MOHAMMAD DJODI (2012) terplih menjadi

salah satu dari 18 delegasi Indonesia yang dikirim untuk mengikuti program Japan - East Asia Network of Exchange for Students & Youths di Jepang. Di sana ia berkesempatan untuk bertemu 200 pemuda lain dari 14 negara se Asia Pasifik!

(KW/YH) B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 3

Page 6: Bonjour! #02 June 2014

V i s i t e l a f r a n c e

Kota Strasbourg terletak di timur Prancis, tepatnya di wilayah Alsace. Letaknya yang sangat strategis membuatnya menjadi pusat pemerintahan Uni Eropa dan Hak Asasi Manusia. Saya berkesempatan mengunjungi kota ini pada April 2014. Cuaca pada saat itu berkisar antara 8-15 derajat celcius. Cuaca yang dingin ini membuat tidak nyaman untuk bepergian dengan berjalan kaki. Strasbourg memiliki sarana angkutan publik yang sangat baik. Kebersihan, kepraktisan, dan ketepatan waktu adalah alasannya. Mode trasportasi yang ada juga beragam dari sepeda sampai bus dalam kota yang modern. Bagi para pengendara sepeda, Strasbourg akan menjadi surga. Pemberhentian khusus sepeda terdapat di banyak titik kota tersebut. Bila tidak memiliki sepeda, ada beberapa perusahaan yang menyewakan sepeda. Sistem penyewaannya hampir sama seperti di Universitas Indonesia. Kita bisa pinjam dari satu shelter dan mengembalikannya ke shelter terdekat. Alat transportasi lain yang sangat efektif di Strasbourg adalah trem. Trem mudah dijangkau karena tidak berada di bawah tanah seperti metro. Trem Strasbourg terdiri dari 4 jalur yang

menghubungkan semua sudut kota. Jumlah armada yang banyak dan penduduk yang tidak padat membuat trem tidak pernah penuh bahkan pada jam-jam sibuk. Keunikan lain dari trem adalah sepeda diperbolehkan masuk di gerbong paling belakang yang memang dirancang dengan ruang yang lebih luas. Mode transportasi publik lainnya adalah bus kota. Strasbourg memiliki banyak jalur bus yang jangkauannya lebih luas daripada trem; bus menghubungkan banlieue (daerah pinggiran kota) di Strasbourg. Seperti yang dikatakan sebelumya, semua transportasi umum di Strasbourg sangat tepat waktu. Di semua tempat pemberhentian trem, terdapat penanda waktu yang menunjukkan berapa lama lagi trem akan datang. Walaupun tidak ada penanda waktu untuk bus, kedatangan bus selalu sesuai dengan jadwal. Keunggulan lain dari transportasi umum Strasbourg adalah sistem yang terintegrasi. Tidak perlu repot membeli berbagai jenis tiket, di sana tiket berlaku untuk seluruh mode transportasi publik. Tiket yang dibeli untuk trem juga dapat digunakan untuk naik bus. Tiket juga dapat dibeli langsung melalui supir.

Strasbourg:

O l e h N u r u l H a n d a y a n i

4 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

Page 7: Bonjour! #02 June 2014

M a d a m e d e x x x

B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 5 (BT/KA/NS)

Page 8: Bonjour! #02 June 2014

Selamat pagi, Bu! Mari kita mulai perbincangan ini dengan pertanyaan sederhana. Kami penasaran, apa yang membuat Ibu tertarik menjadi dosen? Ya, mengajar memang sudah menjadi passion saya. Pada dasarnya, saya adalah orang yang senang untuk tahu banyak hal. Saya ingin berdiskusi. Dengan menjadi dosen lah saya menemukan tempat untuk membagi yang saya tahu dan bertukar pikiran dengan mahasiswa. Selain itu, saya juga mendapat dukungan dari suami dan ayah saya. Selama sekian tahun mengajar, apakah ada satu atau dua mahasiswa yang berkesan bagi ibu?

Setiap anak mempunyai kekhasannya masing-masing. Mereka dengan karakter mereka yang unik sudah menjadi kesan tersendiri bagi saya. Saya tidak setuju jika kita hanya melihat mahasiswa yang unggul secara akademis. Kuliah itu hanya satu aspek dalam hidup tiap anak. Apabila seorang anak lemah dalam mengikuti pelajaran, bukan berarti dia bodoh. Mungkin saja ia hebat dalam hal lain. Di luar mengajar sebagai passion ibu, apakah ibu mempunyai hobi atau kegiatan lain di waktu senggang? Saya suka membaca buku. Saya juga suka menonton film dan mendengarkan musik. Kalau film, saya tidak selalu menonton, tapi saya selalu mengikuti film-film yang sedang in. Terkadang saya hanya melihat ulasan film tersebut untuk tahu kenapa suatu film sedang sangat dibicarakan. Kalau musik, saya suka semua jenisnya, tidak ada batasan. Dari musik tradisional sampai musik modern. Contohnya musik dari Final Fantasy oleh Nobuo Uematsu, yang saya tahu dari anak saya. Dulu saya juga belajar main gitar, tetapi tidak sampai selesai. Saya juga suka memasak. Menurut saya, masakan Indonesia itu lebih menantang, karena prosesnya lama.

U n m a t i n a v e c ...

6 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

Page 9: Bonjour! #02 June 2014

Kami perhatikan, ibu sepertinya juga sangat aktif di jejaring sosial media ya? Ya, saya memang aktif di Twitter. Sebelumnya saya aktif di Facebook, tetapi sekarang Facebook menjadi tempat untuk narsis, sementara saya butuh tempat untuk menuangkan pikiran-pikiran saya. Jadi sekarang saya lebih memilih Twitter ketimbang Facebook. Saya sebenarnya ingin punya blog, namun belum kesampaian. Saya ingin punya blog yang berkonsep, jadi isinya tidak campur-campur. Masih tentang internet, dalam perkuliahan ibu terkenal sebagai dosen yang tidak anti Wikipedia. Apa yang membuat ibu berbeda pendapat dengan dosen lain dalam hal ini? Tidak masalah jika mahasiswa menggunakan Wikipedia untuk mencari bahan kuliah. Wikipedia juga semakin terpercaya. Terlebih lagi banyak halaman di Wikipedia yang mencantumkan referensi yang sangat lengkap di bagian akhir. Wikipedia sangat berguna sebagai batu loncatan dalam mencari informasi yang lebih pasti. Selain itu, Wikipedia juga gratis untuk diakses, sehingga

semua orang bisa mendapatkan ilmu. Setelah kami telusuri, ternyata ibu banyak dikagumi oleh beberapa mahasiswa, khususnya mahasiswa Prodi Prancis. Mereka sepertinya terkesan akan opini-opini ibu yang selalu mencoba untuk melihat dari sisi lain, salah satunya tentang penggunaan Wikipedia tadi. Bagi saya, tahu bahwa saya disenangi oleh mahasiswa adalah anugrah. Saya juga merasa senang, karena berarti omongan saya tidak menjadi omongan di padang pasir, bahwa ada mahasiswa yang mengingat kata-kata saya. Ketika ada yang membuat mahasiswa terkesan, itu berarti ada yang membekas pada dirinya. Sebagai penutup sesi wawancara, kami ingin tahu pendapat ibu mengenai joie de vivre yang menjadi tema Bonjour! edisi ini. Joie de vivre bagi bu Ari itu seperti apa? Karena mengajar adalah passion saya, maka joie de vivre bagi saya adalah mengajar. Saya senang belajar dan tahu banyak hal. Berbagi apa yang saya tahu adalah kesenangan tersendiri bagi saya. (JR/MEU)

B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 7

Page 10: Bonjour! #02 June 2014

Joie de vivre

Istilah joie de vivre merupakan istilah terkenal dari Prancis yang berarti kebahagiaan hidup. Istilah ini tidak hanya terkenal di Prancis, tapi juga di luar negeri. Bagaimana sih joie de vivre français yang terkenal itu? Apa saja rahasia orang Prancis yang membuat mereka terkenal dengan joie de vivre-nya? Ini dia kebiasaan dan pikiran orang Prancis yang dianggap orang asing sangat mencerminkan semboyan joie de vivre mereka.

D a y a t a r i k orang Prancis mempunyai daya tarik tertentu yang dianggap sangat menarik hati bagi orang asing, seperti aksen ketika mereka berbicara, senyuman, dan gaya berpakaian.

K e i n d a h a n s e b a g a i k e s e n a n g a n keindahan sebagai kesenangan kabarnya menjadi latar belakang dari penciptaan produk budaya Prancis yang terkenal indah, seperti mode pakaian, dekorasi, dan makanan.

T i d a k m e n c a r i k e b a h a g i a a n bagi orang Prancis, mereka tidak perlu mencari kebahagiaan, karena kebahagiaan lah yang datang kepada mereka.

K e s e n a n g a n p r i b a d i i t u n o m o r s a t u ! orang Prancis menaruh kesenangan dan kenikmatan sebagai prioritas utama dalam hidup mereka. Bagi mereka, hidup itu memang serius tapi tidak harus membosankan. Berbagai kewajiban hidup dikerjakan, tetapi tidak menjadi alasan untuk melupakan kesenangan hidup. Kerja dan belajar secukupnya menjadi pegangan untuk les Français. Bahkan, pada 2007 ucapan presiden Prancis terdahulu, Nicolas Sarkozy, "Travail plus pour gagner plus” atau bekerja lebih untuk mendapatkan lebih dianggap kebanyakan orang Prancis sebagai perusak semboyan joie de vivre mereka.

K e s e n a n g a n i t u m a k n a h i d u p bagi banyak orang di dunia, terlalu banyak berpikir tentang kesenangan adalah hal yang tidak baik. Akan tetapi bagi orang Prancis, kesenangan seperti makanan, wine, dan sepatu adalah apa yang membuat hidup mereka lebih bermakna.

B e r c e n g k r a m a d i c a f é budaya minum-minum kopi di teras café juga merupakan bentuk joie de vivre orang Prancis. Mereka tertawa, merayu, dan saling berargumentasi satu sama lain di teras café. Orang Prancis bisa melakukan hal tersebut selama berjam-jam. Bagi kebanyakan penduduk di negara lain, hal ini kurang baik, tetapi bagi mereka inilah yang disebut sebagai joie de vivre.

J o i e d e v i v r e

8 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 (MEU)

Joie de vivre

pour les FranCais

Page 11: Bonjour! #02 June 2014

Joie de vivre

Menurut

mereka

J o i e d e v i v r e

“Joie de vivre itu ketika gue berhasil mengajar murid-murid gue dengan baik…

Ngeliat mereka ketawa dan berhasil ngerjain

tugasnya. ” - NAYLI -

“Kebahagiaan hidup itu kerasa kalo kita lagi bikin orang lain

bahagia. Wgwg azik.” - KARINA -

“Money.” - ZARA -

B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 9 (TK)

Page 12: Bonjour! #02 June 2014

Kevy Arighy

“Hidup gue selalu senang karena gue

nggak pernah ngeribetin sesuatu dan yang terpenting

ada temen ”

DALAM 4 H IDUP YANG BERBEDA Libra Akila

“Menjadi pembawa acara merupakan kegiatanku selain kuliah. Hal itu bermula dari hobi dan cita-citaku. Dari dulu, aku memang bercita-cita ingin bekerja di dunia hiburan. Kata ibuku, waktu aku masih kecil, setiap ditanya ingin jadi apa, pasti aku langsung menjawab ingin jadi artis. Padahal saat itu aku belum tahu artis itu apa. Entahlah, mungkin karena dari kecil aku suka cari perhatian dan senang ketika berbicara ada efeknya buat orang lain. Sebenarnya semua yang aku kerjakan itu menurutku adalah hobi. Hobi ngomong, hobi nyanyi, hobi nari, hobi nonton film, dan yang terakhir itu hobi tidur. Buat aku, kebahagiaan dalam hidupku adalah ketika kita masih memiliki kecintaan terhadap apa yang kita lakukan. Seperti sekarang, aku sangat menikmati dunia hosting. Aku melakukan apa yang sekarang aku lakukan karena kecintaan aku terhadap dunia tersebut. Joie de vivre buat aku adalah bisa melakukan apa kita suka, follow our heart and follow our passion.”

“kebahagiaan dalam

hidupku adalah ketika

kita masih memiliki

kecintaan terhadap apa

yang kita lakukan.

Seperti sekarang, aku

sangat menikmati dunia

hosting”

J o i e d e v i v r e

J o i e d e v i v r e

1 0 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

“Kalau masuk kuliah jam delapan, gue pasti bangun jam tujuh, kalau masuk jam sembilan, gue pasti bangun jam

delapan. Intinya, harus maksimalin tidurnya. Selesai kuliah, gue langsung makan di kansas, ngobrol sama temen-temen.

Itu kebiasaan gue siang hari. Sebenarnya kehidupan gue sesungguhnya itu dari sore sampai malam bukan dari pagi

sampai siang. Biasanya, pulang dari kampus, gue kumpul sama teman-teman gue, di kolam renang komplek rumah

gue, di situ kita nongkrong, ngerokok, main gitar sambil nyanyi dan ngobrol ngalor ngidul sampe malem.

Nah apalagi kalo udah libur, gue pasti jalan ke suatu tempat bareng temen-temen gue, ke bar atau ke mall. Kalau lagi

nggak punya duit paling kita nongkrong di warung, makan mie goreng dan minum air mineral gelas. Buat gue, kumpul

sama temen-temen itu pengalaman paling the best yang nggak bisa diukur sama materi, teman itu kesenangan dalam

hidup gue. Hidup gue selalu senang karena gue nggak pernah ngeribetin sesuatu dan yang terpenting ada temen.

Nggak ada temen lo nggak akan hidup man.”

Page 13: Bonjour! #02 June 2014

Muhammad Sidiq P.

“Hobi gue itu ngepost foto makanan di jejaring media sosial. Dua sampai tiga kali dalam seminggu gue pasti wisata kuliner sama sahabat-sahabat gue. Iya, makanan itu passion gue. Hal itu gue sadari semenjak kuliah. Dari dulu gue seneng banget liat demo masak di tv. Puncaknya ketika kuliah ini, gue menyadari bahwa ketika gue mencoba makanan baru dan mencoba bikin resep baru gue merasa bahagia. Gue sangat menghargai makanan dan gue selalu menghabiskan makanan yang gue makan. Itu bukti cinta gue terhadap makanan. Gue sering ngepost foto makanan hasil wisata kuliner dengan tujuan memberitahu orang lain bahwa makanan itu enak. Lo bisa cari nama gue, Rahel Sinta Monica di jejaring sosial, pasti lo bakal nemu foto-foto makanan di situ. Kesenangan dalam hidup gue itu kalau gue bisa makan makanan yang nggak biasa (luar biasa) dan kalo gue bisa membuat makanan dari resep yang sulit, itu kesuksesan buat gue. Suatu saat, gue pingin kerja yang sesuai dengan kecintaan gue, misalnya memonitor makanan di restoran atau di hotel dan gue ingin punya restoran sendiri dari makanan yang gue buat sendiri. “

“Saya adalah anak rantau dari Madiun dengan visi di masa depan, yakni menjadi orang yang dipandang di semua kancah, baik itu regional maupun internasional. Orang biasa memanggil saya, Adi, lengkapnya Muhammad Sidiq Permadi. Menatap matahari merupakan aktivitas awal saya di pagi hari guna menyehatkan mata. Setelah itu, bergegas untuk pergi latihan bola sampai jam setengah delapan. Kemudian saya pergi kuliah dan sehabis kuliah latihan lagi. Awalnya merasa lelah, tapi setelah saya mencoba menjalani itu dengan tidak mengeluh dan tidak

Rahel Shinta Monica “Kesenangan dalam hidup

gue itu kalau gue bisa

makan makanan yang nggak

biasa”

membebankan itu ke dalam pikiran, ya hasilnya akan merasa senang dan justru malah membantu menghilangkan stress. Sampai sekarang saya masih merasa bahwa bermain bola merupakan kesenangan paling utama dalam hidup karena itu sudah tertanam sejak kecil dan sudah membentuk karakter diri saya. Hal lain yang mendukung kesenangan hidup saya adalah organisasi, selain olahraga kita harus pintar berorganisasi. Di dalam hidup itu ada tiga yang paling penting menurut saya, organisasi, kesehatan badan, dan ilmu. “

“Sampai sekarang saya

masih merasa bahwa

bermain bola merupakan

kesenangan paling utama

dalam hidup ”

(FA)

B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 1 1

Page 14: Bonjour! #02 June 2014

Terkadang, manusia terlalu sibuk memikirkan pendapat orang lain, sehingga tidak bebas menjadi dirinya sendiri. Padahal, siapa diri kita dan bagaimana kita menjalani hidup hanya kita yang berhak menentukan. Begitu pula dengan kebahagiaan. Jika kalian merasa enjoy saat mendengarkan musik dangdut, jangan takut disebut kampungan. Jangan biarkan gengsi menghancukan kebahagiaan kalian.

Menemukan kembali

Joie de Vivre bukanlah sesuatu yang dapat dibeli, bukan sesuatu yang bersumber dari obsesi-obsesi terhadap

hal yang belum kita miliki dan bukan juga sesuatu yang dapat kita temukan di antara tumpukan pekerjaan yang kita lakukan tanpa tujuan. Joie de vivre adalah tentang bagaimana membebaskan diri kita dari

keinginan-keinginan, bagaimana menemukan kembali kesenangan-kesenangan sederhana dalam hidup dengan memberi perhatian lebih pada hal-hal kecil. Hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk

menemukan joie de vivre dalam diri kita? Mari simak dan coba beberapa tips di bawah ini :

Tidak perlu memusingkan diri menganalisis arti kebahagiaan. Sesungguhnya, kita dapat mengerti makna kebahagiaan ketika kita dapat menyadari betapa berharganya setiap momen yang kita jalani.

Kerja senin-minggu, ambil 24 sks di tiap semester, ikut 5 UKM* sekaligus -- adakah di antara kalian yang memiliki jadwal sepadat itu? Jika iya, berhatilah-hatilah! Kesibukan yang terlalu padat dapat membuat kalian kehilangan poin penting dari hidup, yaitu bersukacita. Coba untuk lebih santai dan tidak tergesa-gesa dalam mengejar ambisi. Selalu sempatkan waktu untuk bersenang-senang dan menghibur diri sendiri.

Setiap hari mungkin kita selalu dikelilingi oleh teman, anggota keluarga, dan lingkungan yang sama. Namun, bukan berarti hidup kita membosankan. Dengan prinsip joie de vivre, coba kita lihat hal tersebut dengan pandangan yang baru. Beri perhatian lebih pada orang-orang atau hal-hal di sekitar kita. Misalnya, coba habiskan waktu 1 hari untuk kepo-in dosen-dosen kalian, siapa tau kalian dan si dosen punya idola yang sama

1 . K e n a l i a p a i t u k e b a h a g i a a n

2 . J a l a n i h i d u p d e n g a n s a n t a i

3 . L i h a t d a n t e m u i k e a j a i b a n d a r i o r a n g - o r a n g d a n h a l - h a l s e k i t a r k i t a

4 . H i l a n g k a n g e n g s i

*Unit Kegiatan Mahasiswa

J o i e d e v i v r e

Joie de vivre

1 2 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

Page 15: Bonjour! #02 June 2014

5 . T e r i m a k e k u r a n g a n

Lihatlah ke dalam mata orang lain dengan penuh cinta dan rasa ingin tahu. Tebarkan senyum kepada siapapun yang kalian temui. Tidak ada yang dapat menggambarkan perasaan senang ketika mendapat tatapan hangat dan senyuman balik dari orang lain. Tidak masalah apabila orang tidak membalas tatapan dan senyuman kita, karena kebahagiaan yang sejati itu adalah ketika kita dapat belajar memberi tanpa mengharap apapun kembali.

Untuk dapat menikmati segala bentuk kebahagiaan dalam hidup, kita memerlukan tubuh yang selalu fit atau minimal tidak sakit. Berolahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan. Tidak perlu muluk-muluk membentuk badan yang six pack, cukup dengan konsisten menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Luangkan waktu dan puaskan rasa penasaran untuk mencari tahu dan mempelajari hal-hal yang selama ini menarik kalian dan selalu ingin kalian coba. Tidak perlu sampai benar-benar ahli dalam bidang tersebut. Cukup dengan menjadi bagian dari proses pembelajarannya dapat memberikan kalian energi positif. Mengambil kelas ekologi pesisir atau mendaftar kursus belly dance – inilah waktunya kalian menemukan sukacita baru!

Cobalah untuk selalu berpenampilan terbaik dengan memakai baju dan aksesoris yang dapat meningkatkan kepercayaan diri kalian. Rasa percaya diri dapat memancarkan aura positif dari dalam diri kita. Begitu pula dengan rumah atau kamar kalian, usahakan untuk selalu rapi dan indah. Jangan ragu untuk menghiasnya dengan bunga atau lukisan. Selain memberikan inspirasi, tinggal di tempat yang indah dapat menempatkan kita pada kerangka berpikir yang lebih baik.

Percaya atau tidak, baik kesedihan maupun kebahagiaan sesungguhnya adalah sesuatu yang menular. Maka berhentilah bergaul dengan orang-orang yang hanya menambah beban dan kegalauan hidup kalian. Dekatilah orang-orang yang selalu memancarkan aura positif dan dapat menularkan rasa senang ke kalian. Setelah kalian bahagia, jangan lupa untuk menularkan lagi virus kebahagian ini pada orang-orang di sekitar.

Tidak ada seorang pun yang tahu ukuran sempurna itu seperti apa. Bahkan artis Hollywood yang sangat cantik dan kaya pun masih suka merasa hidupnya kurang sempurna. Tidak ada manusia yang sempurna. Berhenti meratapi kekurangan dan rayakan potensi diri kalian!

6 . P e r b a n y a k s e n y u m d a n k o n t a k m a t a d e n g a n o r a n g l a i n

1 0 . K e l i l i n g i d i r i d e n g a n o r a n g - o r a n g y a n g b a h a g i a

7 . C o b a h a l b a r u

8 . J a g a k e s e h a t a n

9 . K e l i l i n g i d i r i d e n g a n k e i n d a h a n

Semoga sepuluh tips di atas dapat menginspirasi kalian. Selamat menemukan joie de vivre!

B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 1 3 (KW)

Page 16: Bonjour! #02 June 2014

J o i e d e v i v r e

Sebuah penelitian dari Harvard Medical School dan University of San Diego telah

membuktikan bahwa ternyata kebahagiaan itu menular baik dari orang-

orang yang kita kenal ataupun dari yang tidak

dikenal. Menurut peneliti, James H. Fowler dan Nicholas Christakis,

kebahagiaan menyebar melalui hubungan sosial.

Di awal tahun 2014, Denmark terpilih menjadi negara paling bahagia di dunia, menurut World

Happiness Report. Prestasi ini dicapai selain karena

faktor ekonomi, juga karena faktor sosial dan tingkat toleransi yang tinggi. Gelar ini sebelumnya diraih oleh Norwegia, yang kali ini berada pada posisi kedua negara paling bahagia.

Selain untuk mendapatkan

penampilan fisik yang ideal,

menari juga bisa mengurangi

depresi. Cara ini bahkan lebih

efektif daripada meditasi &

support group karena

menari 'memaksa' kita untuk

fokus pada tarian yang kita

pelajari dan melupakan

pikiran negatif yang

menyebabkan depresi. Jenis

tarian yang dianjurkan:

balet, quixotic, salsa, belly dance & hiphop.

Savez-vous que…

(JR) 1 4 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

Page 17: Bonjour! #02 June 2014

Quand? 14 April 2014 Où? Auditorium gedung 10 FIB UI Quoi? Workshop penyusunan CV yang dipandu oleh Anissa dari HRD Galeries Lafayette. Di workshop ini kita diajarkan bagaimana menyusun CV yang baik dan mampu menarik perhatian perusahaan. Selain mempresentasikan profil perusahaan, Galeries Lafayette juga memberi informasi akan lowongan pekerjaan dan magang yang saat ini tengah tersedia. Di akhir acara, kuis berhadiah suvenir kecil berhasil menarik antusiasme peserta.

É v É n e m e n t s

Quand? 24 April 2014 Où? Auditorium gedung 9 FIB UI Quoi? Puncak acara mahasiswa berprestasi (Mapres) FIB. Di acara ini diumumkan pemenang mapres dalam berbagai bidang, seperti seni budaya, bahasa inggris, karya ilmiah, dan karakter terbaik, setelah serangkaian seleksi selama kurang lebih 3 bulan. Dari prodi Prancis, IPK tertinggi diperoleh Bambang Tetuko dan gelar mahasiswa berprestasi utama FIB UI tahun ini berhasil diraih oleh Tegar Ramadan dari prodi yang sama. Félicitation Tegar et Koko!

W o r k s h o p

P e n y u s u n a n C V

o l e h G a l e r i e s

L a f a y e t t e

H a r i A p r e s i a s i

P r e s t a s i F I B U I

B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 1 5 (NI)

Page 18: Bonjour! #02 June 2014

Berdasarkan sudut pandang psikologi, memakai pakaian dengan warna tertentu dapat merepresentasikan kepribadian serta mempengaruhi suasana hati seseorang. Selain itu, warna yang dipilih juga dapat memberi kesan yang berbeda pada si pemakai. Mari cari tahu makna dibalik warna baju yang kita pakai!

La Mode Couleur en

L a M o d e p r é f é r é e

Kebahagiaan, optimisme, kepercayaan diri, kreativitas

KUNING hijau

Kedamaian, keseimbangan

hidup, ketenangan

oranye

Kesenangan, keamanan diri, kenyamanan

1 6 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

Page 19: Bonjour! #02 June 2014

PUTIH

UNGU

MERAH

Kebaikan, kesederhanan, kepolosan, kesempurnaan

Kemewahan, kebijaksanaan,

kesetiaan

Kegembiraan, kekuatan, keberanian fisik

B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 1 7 (IP/RD)

Page 20: Bonjour! #02 June 2014

T Hidup terlalu singkat untuk diisi dengan kesedihan. Bagaimana cara menikmati hidup dengan lebih seru? Setelah ‘menjelajahi dunia’, Genevieve Mansion lewat buku ini akan mengajak kita untuk menikmati hidup serta memikirkan dan melakukan berbagai macam kegiatan yang harus dilakukan selama kita hidup. Mansion akan membawa kita untuk mengunjungi satu negara ke negara lain, mengajak kita untuk mencoba berbagai petualangan baru, membuka pikiran kita tentang dunia, dan mendorong kita untuk berpikir kreatif. Berpuasa selama satu hari, melempar botol ke laut, menghabiskan malam di penjara, memberi nama untuk bintang, membeli sebuah pulau, merasakan sensasi hidup dalam kerajaan Inggris, hingga naik kereta mewah Orient Express, merupakan hal-hal yang menarik untuk dilakukan. (PE)

Tant De Chose A vivre Avant

Mourir

T Le Magasin des Suicides

L I v R E E T F I L M

1 8 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

Film Le Magasin des Suicides bercerita tentang keluarga Tuvache yang turun-temurun mengelola sebuah toko bernama ‘Le Magasin des Suicides’ (Toko Bunuh Diri). Toko ini berada di sebuah kota yang penduduknya suram dan tidak bergairah. Seolah menjawab kebutuhan para konsumen, toko yang dikelola oleh Mishima Tuvache, istrinya Lucréce Tuvache serta dua anak mereka ini menawarkan 300 jenis racun, piranha, samurai, kursi listrik, dan barang lain yang dapat membantu mengakhiri kesuraman hidup dengan cara bunuh diri. Namun, keadaan mulai berubah semenjak anak ketiga mereka, Alan Tuvache lahir. Berbeda dari anggota keluarga Tuvache lain yang memiliki aura gelap, Alan terlahir dengan aura positif dan joie de vivre yang begitu terpancar . Konsep cerita yang unik dan bernuansa kelam direpresentasikan dengan baik melalui pemilihan corak warna gelap pada animasi film Le Magasin des Suicides ini. Selain itu juga terdapat selipan adegan-adegan musikal yang cukup menghibur. Sayangnya beberapa bagian dalam film tidak layak untuk ditonton oleh anak-anak, sehingga film ini hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa. (KW)

Page 21: Bonjour! #02 June 2014

dibentuk pada Januari 2011 oleh 4 pemuda asal Caen, Prancis, Mélissa Dubourg (vokalis), Sofian El Gharrafi (penulis lagu, gitar, keyboards), Nathan Bellanger (bass) dan Arthur Allizard (drum). Nama Granville diambil dari nama sebuah daerah di Basse Normandie, Prancis yang keindahan alamnya banyak menginspirasi mereka. Mengawali karir dengan tampil di berbagai festival musik di Prancis, Melissa dkk kemudian baru mengeluarkan single pertama yang diberi judul Jersey pada 6 Juni 2012. Lagu yang merupakan tribute untuk Jersey, sebuah pulau dekat Normandie, berhasil menarik banyak perhatian kalangan pecinta musik berkat irama lagu yang penuh semangat serta vokal manis Melissa yang mengingatkan kita pada lagu-lagu pada era musik yé-yé. Keempat personil Granville sendiri mengakui kecintaan mereka terhadap musik di tahun 1960-an.

Maka tidak heran jika nama-nama pelopor musik yé-yé yang berjaya di era tersebut seperti Francoise Hardy, France Gall, dan Serge Gainsbourgh muncul di ingatan kita ketika mendengar lagu-lagu Granville. Granville makin membuktikan keindahan dan keunikan musik pop yang mereka usung lewat debut album mereka berjudul Les Voiles yang dirilis pada 4 Februari 2013. Lirik-lirik yang dibawakan dalam lagu-lagu mereka sederhana dan tidak terlalu panjang, sehingga mudah terngiang di ingatan kita. Mendengarkan 12 lagu di album ini seolah membawa kita pada suasana musim panas di tahun 1960-an di pinggir pantai Normandie yang indah dan tenang. Oleh karena itu lagu-lagu dari Granville ini sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin mencari ketenangan dan keceriaan lewat musik.

Lewat Musik Menghidupkan Kembali Keceriaan Tahun 60-an

m u s i q u e

w

T r a c k l i s t

Nancy Sinatra 3:16 Jersey 3:04 La Robe Rouge 3:39 Polarod 3:02 Le Slow 3:34 Adolescent 4:00 Crvecoeur 2:32 Les Corps Perdus 2:24 tic Boum 3:00 Jeans Trous 2:16 Macadam 2:29 Les Voiles 2:20

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12.

H

H

LES VOILES (2013)

B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 1 9 (KW)

Page 22: Bonjour! #02 June 2014

N O T R E G A L E R I E

S a v a C a l l y s t a

D i n i a P u t r i L u t f i B a y i M .

2 0 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

Page 23: Bonjour! #02 June 2014

“Aku lihat, kau sering menulis tentang Hujan akhir-akhir ini?” “Yah, begitulah.” “Kau tak lagi menulis tentang Musim Gugur?” “Menurutmu aku masih menulisnya?” “Entahlah. Tapi kurasa tidak. Kenapa?” “Aku juga tak begitu yakin. Tapi sepertinya Hujan lebih memikatku kali ini.” “Kau sudah benar-benar berhenti menulis tentang Musim Gugur itu?” “Bukan berarti berhenti seutuhnya. Kadang aku pun masih menuliskan tentangnya sedikit. Hanya untuk mengingat bahwa ia pernah menarik perhatianku.” “Tapi, apakah benar bahwa kau sungguh-sungguh ingin menghapuskannya dari hidupmu?” “Tentu saja tidak. Memangnya orang macam apa aku ini? Aku hanya ingin menukar posisinya dengan yang lain. Kuharap dengan Hujan. Aku tak setega itu, kawan, untuk menghapusnya begitu saja.” “Lalu, sejak kapan kau mulai terpikat dengan

Hujan?” “Aku juga tak tahu persis. Tapi sepertinya sejak aku bertemu dengannya pertama kali.” “Dan kapan kau mulai benar-benar tertarik dengannya?” “Kurasa di penghujung tahun lalu. Ketika dahan-dahan perasaanku mulai mengering dan gugur bersama Musim itu, Hujan mulai datang untuk membasahinya kembali.” “Lantas bagaimana dengan sekarang?” “Dia merintik semakin sering. Satu dua daun sudah mulai tumbuh di dahan-dahan kering tadi.” “Apakah kau akan terus bersamanya?” “Aku tak tahu itu. Hanya Tuhan yang berhak memutuskan. Tapi kuharap Hujan selalu menemani jalanku.” “Tapi apa kau tak takut jika suatu saat dia tiba-tiba turun dengan begitu deras bersama kencangnya angin dan petir?” “Aku juga kadang memikirkannya. Aku mungkin akan takut. Tapi mungkin yang terjadi malah sebaliknya. Bukankah ada

A j e n g L e s t a r i M i d i S e t y o p u t r i

Cerita Tentang

Hujan

B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 2 1

Page 24: Bonjour! #02 June 2014

masanya setiap kehidupan akan mengalami hal-hal buruk seperti itu? Aku hanya harus bersabar dan berusaha melewatinya bukan?” “Namun apa kau akan mampu menghadapinya?” “Aku yakin bisa. Bukankah kau melihatnya sendiri? Saat Musim Gugur perlahan berakhir dan pergi meninggalkanku, aku tetap bisa bertahan sampai sekarang walaupun awalnya terasa amat menyakitkan. Tapi aku bisa melaluinya, bukan? Bukankah setiap kau berhasil melewati masa sulit, Tuhan akan menghadiahimu dengan kebahagiaan? Kau lihat, bahkan kini aku mampu menemukan Hujan-ku.” “Ya, aku mengetahuinya. Aku begitu kagum padamu yang perlahan walau mungkin sebenarnya menyakitkan bisa kembali berdamai dengan perasaanmu hingga kau menemukan Hujan itu.” “Tapi kuharap dia tidak akan pernah

menjadi Hujan yang kau sebutkan tadi. Entah kenapa aku sebenarnya lebih senang jika ia turun sebagai gerimis. Apalagi jika rinainya yang turun berpadu dengan kerlip cahaya lampu. Aku seperti menemukan kehangatan di sana.” “Aku juga berharap begitu, kawan. Ia tak akan pernah menjadi Hujan yang mengerikan bagimu. Tapi satu pertanyaan terakhirku. Apakah kau sudah menceritakan tentang Musim Gugur kepadanya?” “Belum. Aku belum siap untuk menceritakannya. Tapi suatu saat, jika waktunya sudah tepat, aku pasti akan bercerita tentang Musim Gugur itu. Dan aku yakin dia akan mengerti kenapa aku belum menceritakannya sekarang. Kau tahu, seperti yang dikatakan dalam puisi Sapardi, Hujan akan selalu tabah, bijak, dan arif dalam menerima setiap keadaan. Aku yakin pasti ia akan mengerti alasanku.”(fin)

Cerita Tentang Hujan

2 2 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

Page 25: Bonjour! #02 June 2014

Test De

Personnalite

1. Kamu sedang berada di galeri lukisan menikmati koleksi yang ada. Kamu menikmati tiap detik mengamati lukisan-lukisa tersebut. Namun ada satu lukisan yang membuat kamu terdiam dan kagum, sebuah lukisan yang sangat menarik. Lukisan apakah itu ? a. Self-potrait b. Versi parodi dari lukisan ternama c. Abstrak d. Keindahan alam 2. Jika kamu punya sebuah penghapus ajaib yang bisa menghapus apapun di dunia ini, apa yang ingin kamu hapus ? a. Dirimu sendiri b. Kekaksihmu saat ini c. Orang ketiga 3. Kamu sedang menginap di kamar hotel berbintang lima dengan pemandangan langit yang biru. Kamupun tertidur selama beberapa jam. Ketika terbangun kembali, pemandangan apakah yang kamu lihat ? a. Mentari tengah hari diatas pantai yang

biru b. Lautan biru gelarp yang merefleksikan

cahaya bintang di langit c. Lautan biru dingin yang tertutup kabut d. Matahari tenggelam di batas

cakrawala

Aturan main tes kepribadian ini adalah jawab dengan

menggunakan insting / yang pertama kali terlintas di pikiran

kamu. Tulis jawaban yang sudah kamu pilih dan jangan

mengintip dulu arti dari jawaban tersebut.

4. Kamu adalah seorang penyanyi terkenal yang hendak meluncurkan album baru. Gambar apakah yang ada di cover album kamu ? a. Pemandangan b. Gambar kartun c. Abstrak yang artistik d. Foto dirimu

5. Ada sebuah telur di hadapanmu, telur apakah itu ? a. Telur ular b. Telur penyu c. Telur dinosaurus d. Telur ayam 6. Kamu sedang berjalan menyusuri trotoar, tiba-tiba tanpa disengaja menendang tong sampah hingga jatuh berantakan. Apa yang kamu lihat ? a. Tidak ada, tong sampahnya kosong b. Sampah yang mengotori jalanan c. Sebagian besar makanan d. Semua sampah terbungkus dengan rapi di

dalam sebuah plastik 7. Kamu sedang bersepeda Di pinggir pantai. Karena pemandangannya sangat indah kamu pun tak kuasa untuk berhenti dan menggambar pemandangan tersebut di secarik kertas. Bagaimana kamu menggambar pohon kelapa di sebelah kanan kertas tersebut ?

q u i z

B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 2 3

Page 26: Bonjour! #02 June 2014

a. Lebih tinggi dari aslinya b. Sama seperti aslinya c. Lebih pendek dari aslinya 8. Kamu memutuskan untuk tidur ke kamar setelah mengantuk membaca buku favoritmu di ruang tamu. Ketika tiba di kamar betapa kagetnya kamu melihat seekor ular di atas tempat tidurmu. Apa yang kamu lakukan ? a. Lari b. Kaget dan tidak tahu apa yang harus dilakukan c. Kaget namun tidak seberapa, dan segera

berpikir bagaimana menghilangkannya dari sana

J A W A B A N 1. Pertanyaan ini menggambarkan sisi menarikmu a. Kamu percaya diri b. Kamu senang berbicara dan memiliki selera humor

yang bagus c. Kamu orang yang kreatif d. Kamu orang yang lembut dan sopan 2. Pertanyaan ini menggambarkan bagaimana kamu menangani permasalahan cinta kamu a. Kamu selalu berlari dari permasalahan cinta b. Kamu respek terhadap cinta dan memandangnya

sebagai sesuatu yang indah c. Kamu tidak suka membiarkan masalah

berlangsung lama dan segera mencari pemecahannya

3. Pertanyaan ini menggambarkan pengharapanmu terhadap cinta a. Kamu mengharapkan cinta yang menggebu b. Kamu percaya kejujuran merupakan hal yang

penting dalam hubungan c. Kamu mengharapkan kekasihmu bisa jadi

sahabatmu d. Kamu mengharapkan cinta yang sempurna, ideal

dan romantis 4. Pertanyaan ini menggambarkan hal yang kamu sukai dari diri kamu sendiri dan berharap orang lajn juga berpendapat sama. a. Kamu menilai diri kamu sebagai orang yang lembut

dan sopan b. Kamu menyukai interaksi sosial dan berusaha

menyenangkan orang di sekelilingmu

c. Kamu sangat berbakat dan kreatif d. Kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan berharap bisa jadi pemimpin 5. Pertanyaan ini menggambarkan harapan terhadap anak-anakmu kelak a. Kaya dan berpendidikan b. Sehat dan berumur panjang c. Keunikan dan jadi orang terpandang d. Kamu hanya ingin anak-anakmu aman dan

bahagia 6. Pertanyaan ini menggambarkan hal yang kamu sembunyikan dari orang lain a. Kamu tidak punya sesuatu yang

disembunyikan, sangat terbuka dan hangat terhadap orang lain.

b. Kamu bersikap seperti orang yang berpikiran terbuka, padahal punya pemikiran sendiri

c. Kamu paranoid dan tidak suka orang lain mengetahui kehidupan pribadimu

d. Kamu sangat terkontrol dan jarang sekali membiarkan orang lain mengetahui perasaanmu

7. Pertanyaan ini mengambarkan latar belakang hubunganmu dengan sang mantan a. Kamu sudah melupakan sang mantan dan

siap menjalin hubungan dengan orang lain b. Kamu masih memiliki perasaan terhadap

sang mantan, dan jika kamu memulai hubungan dengan orang baru maka orang tersebut harus memiliki kesamaan dengan sang mantan

c. Kamu tidak bisa melupakan sang mantan 8. Pertanyaan menggambarkan perspektifmu dalam hubungan asmara a. Kamu takut untuk memulai hubungan

dengan orang lain b. Kamu tidak takut untuk memiliki hubungan

dengan orang yang kamu sukai c. Kamu tidak ingin memulai hubungan

dengan orang lain. Jika kamu berusaha membunuh ular tersebut berarti kamu telah menemukan seseorang yang sangat berarti buat kamu atau orang yang kamu sukai sudah menjadi milik orang lain

q u i z

(FA) 2 4 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

(Foto: http://bit.ly/1gRQpa1)

Page 27: Bonjour! #02 June 2014

D e s s i n s d r ô l e s

tawa

m a r i h a d a p i r e a l i t a s

k e h i d u p a n m a h a s i s w a

d e n g a n

(DJ) B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 2 5

*Kemampuan Berbahasa Prancis

*

*

Page 28: Bonjour! #02 June 2014

G a s t r o n o m i e

40 gr mentega

4 lembar daging asap, potong memanjang

4 butir telur, pisahkan bagian kuning dan putih telur. Kocok putih telur.

50 gr parutan keju gruyere/mozzarella

croque madame

in a cup

1 sdm mentega 1 sdm tepung terigu 200 ml susu full-cream 30 gr parutan keju gruyère (salah satu tipe keju swiss, bisa diganti dengan potongan keju mozzarella) ¼ sdt parutan pala garam dan lada secukupnya

Bahan

Saus Bechamél:

• Panaskan oven dengan suhu 180°C • Giling roti dengan rolling-pin. Setelah itu,

olesi kedua sisinya dengan mentega. Lalu tempatkan ke dalam ramekin atau loyang muffin ukuran besar.

• Masukan potongan daging asap dengan rata dan kuning telur. Lalu tambahkan 2 sdm kocokan putih telur dan sejumput garam dan lada diatasnya.

• Saus béchamel: lelehkan mentega di panci dengan api sedang dan tambahkan tepung terigu. Aduk hingga rata. Lalu tambahkan susu, garam, lada dan pala. Aduk terus hingga susu menjadi kental.

• Tambahkan 2 sdm saus dan parutan keju diatas telur.

• Panggang selama 10-15 menit. • Nikmati dengan beberapa potongan tomat

segar

Cara Membuat >>

(KDP) 2 6 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

Page 29: Bonjour! #02 June 2014

F a i t e s L e

V o u s - m ê m e !

• T-shirt putih/polos • Pewarna kain (warna sesuai dengan selera) • Wadah berbahan stainless steel / ember • Air hangat • Garam

• Isi wadah dengan 3/4 air hangat.

• Masukkan bahan pewarna yang ditambah ±2 sdm garam.

• Aduk bahan pewarna tersebut.

• Rendam bagian bawah t-shirt dengan air hangat, sampai di batas yang kamu mau.

• Kemudian rendam bagian bawah t-shirt dengan pewarna tadi, tidak perlu semua bagian.

• Biarkan pewarna meresap naik ke atas hingga batasan air yang kamu inginkan. Air akan perlahan naik dan memudar warnanya. Bagian paling bawah akan menjadi lebih gelap warnanya.

• Sebelum mengangkat t-shirt, masukkan kembali sedikit pewarna ke dalam air rendaman.

• Kemudian celup lagi dan biarkan sekitar 10-20 detik sampai warnanya meresap dan membuat bagian bawah kaus menjadi lebih gelap.

• Atau kalau kamu merasa warnanya kurang terlihat dan ingin lebih gelap, kamu bisa menambahkan sedikit pewarna dan mencelupkannya lebih lama lagi.

OMBRE

• Jangan peras t-shirt karena akan membuat warna berantakan.

• Jemur t-shirt sampai benar-benar kering.

• Pastikan terdapat wadah atau ember selama proses pewarnaan agar pewarnanya tidak mengotori lantai.

• Setelah kering, cuci baju secara terpisah dengan baju lain, dan gnakan air hangat serta sedikit deterjen.

ALAT DAN BAHAN

T-SHIRT

(RR) B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4 | 2 7

Page 30: Bonjour! #02 June 2014

D e M o i à V o u s

Dari ... Untuk ...

Dengan Ucapan…

(RR) 2 8 | B O N J O U R ! J U N I 2 0 1 4

Page 31: Bonjour! #02 June 2014

La Meilleure!

Page 32: Bonjour! #02 June 2014