BONEK - Persebaya Surabaya (1927)

19
Annisaa Nuur H. IX-B / 06 S. Fariz J. Z. IX-B / 34

Transcript of BONEK - Persebaya Surabaya (1927)

  1. 1. BONEK THE REAL SUPPORTER OF PERSEBAYA
  2. 2. Ini Tentang Bonek Apa yang terlintas di pikiran Anda jika mendengar Bonek ? Sekumpulan pendukung tim sepakbola yang fanatik dan suka rusuh ? Ya, banyaknya pemberitaan negatif tentang bonek di media massa membuat kebanyakan orang menjadi antipati terhadap mereka. Bagi kalian yang mungkin memandang sebelah mata bahkan antipati terhadap keberadaan Bonek, gak ada salahnya jika meluangkan waktu sejenak buat membaca dan mengenal sisi lain siapa, apa dan bagaimana Bonek itu. Dan buat para Bonek di saentero jagad raya, kobarkan semangatmu.. junjung tinggi sportifitas dan Salam Satu Nyali.. Wani..!Yuuuk.. Chekidot !
  3. 3. 1. NEK AKU BONEK KON KATE LAPO Membaca dan merenungkan dalam dalam makna kalimat yang sering diucapkan oleh Suporter pendukung Pesebaya ini, membuatku tergetar dan merasakan suatu spirit luar biasa yang bernyali berani.. Dalam benakku mereka hanya kumpulan orang orang yang memiliki citra negatif yang lebih besar dibanding hal-hal positifnya. Penolakan secara tidak langsung akan kehadiran mereka di rumah mereka sendiri telah menjadikan jiwa mereka akhirnya keras dan berontak dan terus berteriak LEK AKU BONEK KON KATE LAPO? untuk mempertahankan sebutan Bonek yang menjadi kebanggaan mereka sebagai pendukung Persebaya yang juga seharusnya didukung sebagai aset kebanggaan milik Suroboyo.
  4. 4. 2. LEK AKU BONEK AKU KUDU LAPO Kalimat yang menaruh simpati dan humanis yang mulai aku dengar ketika aku ada di tengah mereka. Membuat aku harus kembali menggali lebih dalam mengenal siapa dan bagaimana BONEK. Aku ingin memastikan dan semakin menguatkan keyakinkanku bahwa aku tak seharusnya menaruh prasangka negatif pada kawan-kawan Bonek. Masuk dalam kehidupan dan mulai mengenal dan menjadi bagian dari keseharian mereka. Mereka melakukan banyak hal positif yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat lain dan ekspos media. Berbanding terbalik ketika ada kejadian negatif yang menyangkut Bonek sepertinya menjadi santapan nikmat dan kakap sebagian besar media, sungguh perlakuan sangat tidak berimbang dan tidak adil kurasa saat ini setelah aku mengetahui bagaimana mereka.
  5. 5. 3. Bonek dan Bonita Bukan Sekedar Suporter Biasa Mungkin itu kalimat tepat untuk mereka, yang harus kuucapkan. Sekarang aku tahu kenapa pemberontakan dan keras itu terbentuk dalam jiwa mereka, aku harus bisa memberi ruang di hatiku untuk mereka, memberi apresiasi, memahami keinginannya, dan berada disisinya berpikir dan bertindak bersamanya untuk pencitraan lebih baik dan itu semua dimulai dari diriku sendiri merubah pandanganku yang dulu negatif pada para bonek.
  6. 6. 4. Akhirnya Aku Memilih Untuk Menyandang Predikat BONEK Tidak ada kata menyesal ketika akhirnya aku memilih menjadi BONEK. Mari sahabat Bonek Bonita (Bonek Wanita) kita benahi rumah kita, agar tak lagi mereka yang di luar sana melihat kita dengan prasangka negatifnya. BONEK bukan pengecut dan tidak munafik, kami akan mengaku salah jika kami memang bersalah, dan kami juga tidak akan tinggal diam jika kami tidak bersalah namun kami tetap disalahkan. Kami tidak ingin menjadi yang terbaik, tapi kami selalu berusaha untuk menjadi lebih baik.
  7. 7. Ratusan warga Surabaya beserta Bonek gelar aksi cabut paku di pohon-pohon di kawasan Raya Darmo, Minggu (25/3/2012).
  8. 8. Sudah saatnya media massa berperan serta dalam proses mendewasakan supporter sepakbola Indonesia. Tidak hanya untuk Bonek, tapi juga pada kelompok supporter lainnya. Aksi kekerasan tetaplah sebuah tindakan kriminal yang mempunyai konsekwensi di mata hukum. Namun, pemberitaan yang cenderung bias juga dapat menghambat upaya keras Bonek untuk mengubah citra negatif mereka selama ini. Sungguh, alangkah luarbiasanya jika media massa Indonesia, bersama supporter bekerja sama memerangi anarkisme supporter sepakbola. Saya sendiri menganut faham bonekisme "Biarkanlah orang menganggap luar kita radikal, tapi dalam hati kita bermoral. Daripada orang menganggap luar kita terbaik, tapi itu hanya munafik"
  9. 9. Bagi semua olahraga, kehadiran suporter sangat penting terutama sekali di dalam sepakbola. Adalah pemain ke 12 yang akan selalu hadir di setiap timnya bermain, tidak peduli home atau away. 1.Pemahaman dan pengetahuan terhadap klub kebanggaan merupakan ciri utama dari seorang supporter sepakbola.2.Mendukung klub bukan hanya soal datang ke stadion, menggunakan atribut klub, atau hal-hal lain yang menunjukkan identitas klub. Melainkan juga sikap respek supporter terhadap stake holder klub.3. Kecintaan pada klub dalam arti positif akan kuat dibenak supporternya jika supporter klub memiliki pemahaman dan pengetahuan yang mumpuni akan klub kebanggaannya. 4. Yang menjadi tolak ukur adalah besarnya dukungan secara sportif yang diberikan kepada klubnya meskipun klub sedang dalam masa masa sulit sekalipun.
  10. 10. Kami tak tahu, kapan kami mulai lahir.. Semuanya mengalir dan berjalan melintasi waktu Dengan apa adanya.. Sampai saat ini pun kami masih aktif mengorganisir diri kami Dan menjalin tali persahabatan.. Dari masa ke masa.. hingga era kini.. Kami Kami Atas Yang Jugaselalu dihujat.. Di caci.. mohon maaf.. ulah adik-adik kecil kami selalu meresahkan selama ini... peringatan bagi oknum-oknum Yang selama ini memanfaatkan atas nama kami..Keberingasan bukan semboyan kami Apapun cerita kami diluar sana.. Apapun foto-foto kami diluar sana.. Apapun ulasan-ulasan kami diluar sana.. BONEK... diri..Tak lelah dan tak akan habis keringat kami memperbaiki citraSampai kapan pun kami akan terus bersama bersatu memeperbaiki AYO BERSAMA KITA BANGUN NAMA BONEK Dengan rasa Cinta dan Kebersamaan.. Tak ada yang lain, selain dirimu.. Yang selalu kupuja... Ku sebut namamu..