Blangko Penyelidikan

download Blangko Penyelidikan

of 30

  • date post

    20-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    17
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Penyelidikan Kecelakaan

Transcript of Blangko Penyelidikan

DAFTAR ISI

PETUNJUK UNTUK MENELITI FAKTOR - FAKTORPENYEBAB DAN TINDAKAN TINDAKAN PERBAIKANKECELAKAAN KEBAKARAN HEAT EXCHANGER

BAGIAN 1 PERALATAN

YT

1.0Apakah keadaan berbahaya merupakan faktor penyokong ? Ya, karena unsafe condition termasuk salah satu faktor yang menjurus terciptanya accident. Oleh karena itu, terdapat peraturan-peraturan keselamatan yang isinya memuat tindakan tindakan yang harus dilakukan ketika menghadapi keadaan yang berbahaya dan lamanya waktu paparan tersebut. Selain itu disediakan APD yang berfungsi melindungi diri para operator dari risiko-risiko yang mungkin ditimbulkan oleh unsafe condition.

FAKTOR FAKTOR PENYEBABPENJELASANTINDAKAN TINDAKAN PERBAIKAN YANG MUNGKINTINDAKAN TINDAKAN PERBAIKAN YANG DISARANKAN

TY

1.1Apakah kekurangan dalam peralatan / bahan bahan mendukung adanya keadaan yang berbahaya ?Peralatan seperti APD sangat diperlukan dalam menunjang keselamatan para pekerja, dengan dikenakannya APD diharapkan para pekerja dapat diminimalkan dari risiko kecelakaan kerja, kekurangan bahan-bahan maupun ketidaksediaan peralatan pendukung juga akan meningkatkan risiko kecelakaan kerja.

Peralatan/bahan pendukung lainnya sebaiknya dipenuhi dan dipelihara dengan baik.Peralatan/bahan pendukung yang dibutuhkan semestinya mengacu pada ketentuan tertentu, oleh karena itu harus dilengkapi.Teliti kembali prosedur inspeksi yang telah dibuat

Buat laporan apabila terjadi kerusakan atau masa pakai peralatan telah habis.

Permintaan perbaikan/penggantian peralatan/bahan/APD yang diketahui bermasalah atau pun telah habis masa pakainya.

Yakinkan bahwa seluruh peralatan/bahan pendukung dapat bekerja dengan baik. Termasuk juga suku cadang dan bahan-bahan yang dipakai. Lakukan inspeksi terhadap kelengkapan peralatan-peralatan penunjang keselamatan APD dan bahan-bahan yang diperlukan.

Segera lakukan permintaan penggantian terhadap peralatan dan bahan-bahan yang sudah habis masa pakainya/rusak.

Periksa peralatan yang telah diperbaiki dan diganti, apakah benar benar sudah bekerja dengan baik.

TYTYTY

1.2Apakah keadaan yang berbahaya ini diketahui ?Bila ya, jawab A dan B.Bila tidak, lanjutkan ke 1.3

A. Apakah keadaan berbahaya ini dilaporkan ?

B. Apakah karyawan diberitahu tentang hal ini dan cara cara kerja yang aman sebagai tindakan sementara ?

Operator ditugaskan untuk selalu mengetahui dan mengawasi apa yang menjadi area kerjanya.

Segala macam keadaan yang menimbulkan potensi bahaya seharusnya segera dilaporkan kepada supervisor dan dituliskan pada catatan kegiatan harian, selain itu dapat juga diceritakan kepada sesama rekan kerja saat pergantian shift.

Tiap karyawan sudah dibekali dengan hal tersebut dan dapat menanganinya walaupun untuk sementara sebelum diperbaiki oleh maintenance. Namun untuk suatu waktu dimungkinkan supervisor yang akan memberikan tugasnya secara langsung.Lakukan job safety analysis.

Pertinggi kemampuan karyawan untuk mengenal keadaan yang berbahaya.

Tingkatkan kemauan/kesadaran operator untuk melaporkan keadaan yang berbahaya.

Sediakan peralatan untuk mengecek keadaan berbahaya kalau diperlukan.

Teliti kembali setiap perubahan yang dilakukan terhadap peralatan.

Latih karyawan dalam cara melaporkan.

Tekankan bahwa ini adalah tanggung jawab setiap karyawan.

Teliti kembali prosedur kerja untuk menghindari bahaya.

Perbaiki komunikasi anatara supervisor karyawan. Coaching karyawan oleh supervisor tiap pagi atau saat pergantian shift dan membahas bersama masalah yang terjadi di area kerja masing operator.

Mengharmoniskan supervisor dengan karyawannya sehingga komunikasi jika terdapat hal seperti ini mudah dilakukan.

Pemberian coaching motivasi kepada karyawan mengenai penanganan sementara apabila terjadi keadaan yang berbahaya.

Simulasi bahaya yang dilakukan beberapa bulan sekali.

FAKTOR FAKTOR PENYEBABPENJELASANTINDAKAN TINDAKAN PERBAIKAN YANG MUNGKINTINDAKAN TINDAKAN PERBAIKAN YANG DISARANKAN

TY

1.3Apakah ada prosedur equipment inspection untuk mengetahui keadaan berbahaya ?Inspeksi peralatan dibutuhkan secara berkala tiap harinya guna mengetahui apabila peralatan tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Dengan adanya pelaksanaan sesuai prosedur tersebut, dapat diminimalkan dari keadaan bahaya.

Buat laporan harian yang didalamnya berisi check list mengenai peralatan peralatan operasi di kilang tanpa terkecuali, terutama untuk peralatan yang vital dalam proses pengolahan di kilang.

Melatih operator untuk benar benar mengikuti prosedur tersebut tanpa terkecuali, apabila tidak, dikenakan sanksi.Buat laporan harian yang didalamnya berisi check list, setiap pekerja lapangan diberikan tugasnya masing-masing satu atau beberapa peralatan, dan dia diberikan kewajiban tiap harinya/shiftnya untuk mengerjakan tugas tersebut.

Untuk hal-hal tertentu yang dirasa sangat penting dan dibutuhkan penanganan segera dapat juga disertakan pada kolom catatan.

Coaching kepada operator guna mengajak operator mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

Menelaah apakah prosedur itu sudah benar benar sesuai atau memang ada ketidakcocokan.

TY

1.4Apakah procedur equipment inspection yang ada mengungkapkan keadaan yang berbahaya ini ?Melalui inspeksi para pekerja dapat segera mengetahui apabila peralatan yang diawasinya mengalami gangguan dan bisa memicu keadaan yang berbahaya, Telaah kembali prosedur dan adakan perubahan seperlunya.

Lengkapi dengan alat pengetest kalau diperlukan

Perbaikan terdahap peralatan yang bekerja tidak sebagai mana mestinya.Lakukan permintaan perbaikan terhadap peralatan yang mengalami kerusakan.

Cek apakah peralatan yang sudah diperbaiki benar benar sdah normal kembali.

Catat setiap kejadian tersebut agar apabila terjadi hal-hal seperti itu kembali dapat segera ditangani.

TY

1.5Apakah yang digunakan alat / bahan yang cocok ?

Sebaiknya digunakan yang cocok dan memenuhi standar namun terkadang karena bermasalah dengan bagian managemen, managemen akan memilih peralatan yang cenderung murah sehingga kurang memenuhi standar.Perinci / penjelas peralatan / bahan yang cocok dalam prosedur kerja.

Mendekatkan bagian dengan bagian managemen, sehingga saling enak.

Telaah apakah peralatan telah benar benar cocok dan memenuhi persyaratan.

Tentukan pemilihan peralatan yang benear benar cocok dan sesuai dengan area kerja, peralatan harus menguntungkan, hemat konsumsi BB, hemat listrik, jarang bermasalah.

Permohonan penggantian peralatan yang sudah tidak cocok lagi.

Harmonisasi hubungan kita dengan managemen, setiap ada permintaan barang keluar masuk sebaiknya bertemu dengan managemen untuk membahas penyelesaiannya.

TY

1.6Apakah yang peralatan / bahan yang cocok ada tersedia ?

Tersedia namun kurang begitu lengkap, managemen kelihatannya kurang serius dan kurang mengetahui bahayanya risiko kerja dilapangan sehingga peralatannya walaupun tersedia namun tidak semuanya cocok dan memenuhi standar.Lengkapi atau ganti dengan peralatan / bahan yang cocok dan terstandar dengan jelas.

Teliti kembali spesifikasi dan prosedur pembelian. Buat perkiraan untuk pemakaian selanjutnya.

Harmonisasikan dengan managemen agar tidak ada rasa saling curiga antar bagianSegera lengkapi peralatan yang belum tersedia, dan untuk peralatan yang belum cocok/ tidak standar dapat diganti dengan yang standar, ini sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya keadaan yang berbahaya.

Permintaan peralatan/bahan yang diajukan kepada managemen hendaknya jelas dan rinci sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam pembelian peralatan.

Diadakan diskusi dengan managemen sehingga dapat saling enak, tidak saling bersaing, dapat bersatu.

TY

1.7Apakah karyawan mengetahui dimana dia bisa mendapatkan peralatan / bahan yang dibutuhkan ?Harusnya tahu karena peralatan/bahan tersebut tentu sudah diletakan pada tempat yang telah ditentukan yaitu aman dan mudah dijangkauTeliti kembali prosedur penyimpanan dan pengambilan peralatan/barang.

Tingkatkan kesadaran operator untuk mengembalikan peralatan kembali pada tempatnya apabila telah digunakan.

Tingkatkan kesadaran operator dalam melaksanakan sesuai prosedur.Koreksi prosedur penyimpanan/pengambilan peralatan dan bahan.

Lakukan pengecekan terhadap peralatan tersebut apakah sudah sesuai pada tempat yang telah disediakan, jika belum maka segera letakan pada tempat yang telah ditentukan.

Beritahu kepada karyawan/supervisor mengenai pemndahan tempat tersebut agar tidak bingung.

Memberikan nasihat antar karyawan apabila diketahui rekannya tidak melakukan sesuai prosedur.

TY

1.8Apakah digunakan alat pengganti untuk peralatan yang seharusnya dipakai ?Karena terpaksa, terkadang digunakan peralatan pengganti sebelum peralatan yang seharusnya tersedia, walaupun masih mempunyai risiko tinggi namun apa daya jika memang terjadi demikian, setidaknya sudah mencoba mencegahnya.

Laporkan kepada supervisor / atasan mengenai hal tersebut agar segera mendapat penanganan.Lengkapi dengan alat / bahan yang cocok.

Beri peringatan apabila memakai alat / bahan yang tidak sesuai.

Minimalkan penggunaan alat pengganti tersebut.Segera buat permintaan peralatan untuk diajukan kepada managemen, dan kalo perlu tambah keterangan jika itu harus segera direalisasikan

Minimalkan penggunaan alat tersebut, beri tagline terhadap peralatan yang bersifat sebagai pengganti.

Berikan coaching kepada operator lapangan mengenai penggunaan alat pengganti tersebut dan beritahukan untuk bekerja lebih hati-hati.

TY

1.9Apakah design per