Biologi - petunjuk adanya evolusi

of 19/19
Mahdiya Rahima Risma amalia Nadya Mahrita Ulfah Dessy Puteri N.s

Embed Size (px)

Transcript of Biologi - petunjuk adanya evolusi

  1. 1. Mahdiya Rahima Risma amaliaNadya Mahrita Ulfah Dessy Puteri N.s
  2. 2. Apakah itu evolusi ? Apa saja teori teori evolusi ? Apa saja yang menjadi petunjuk terjadinya evolusi ? Bagaimana mekanisme terjadinya evolusi ?
  3. 3. EVOLUSI suatu perubahan pada makhluk hidup yang terjadi secara berangsur-angsur dalam jangka waktu yang lama sehingga terbentuk spesies baru merupakan cabang biologi yang mempelajari sejarah asal-usul makhluk hidup dan keterkaitan genetik antara makhluk hidup satu dengan yang lain SECARA UMUM ILMU BIOLOGI
  4. 4. evolusi mengenai asal- usul makhluk hidup yang ada di muka bumi, berdasarkan fakta dan penalaran teoritis (evolusi biologis) merupakan evolusi filogenetis, yaitu mengenai asal-usul spesies dan hubungan kekerabatannya. evolusi anorganikevolusi organik
  5. 5. TEORI-TEORI EVOLUSI Jean Baptise Lamarck
  6. 6. Charles Darwin
  7. 7. Alfred Wallace
  8. 8. Fosil Homologi Analogi Embriologi Adanya variasi dalam satu spesies Petunjuk secara biokimia Petunjuk Peristiwa Domestikasi Adanya Organ- Organ tubuh yang tersisa
  9. 9. Fosil Merupakan sisa-sisa, cetakan ataupun berkas dari hewan maupun tumbuhan yang telah membatu. Fosil ini sebagai bukti adanya peristiwa evolusi yang dapat menentukan umur dengan cara menghitung laju erosi, sedimentasi, kandungan garam, dan kadar radio aktif.
  10. 10. Dua organ tubuh dikatakan homolog, apabila mempunyai asal sama (secara embrilogik), tetapi fungsi dan bentuknya berbeda. Homologi Contoh : alat gerak manusia dan sirip ikan. (memiliki bentuk rangka yang sama, namun berbeda fungsinya).
  11. 11. mempunyai asal yang berbeda, namun memiliki fungsi yang sama. Contoh : sayap kupu- kupu dengan sayap kelelawar (memiliki bentuk rangka yang berbeda, namun memiliki satu fungsi yang sama, yaitu untuk terbang)
  12. 12. Merupakan hewan-hewan kelas vertebrata, seperti ikan, reptil, aves dan mamalia, meskipun tubuh individu dewasanya berbeda, namun fase perkembangan embrionya sangat mirip Ontogeni : perkembangan individu mulai dari sel telur hingga individu tersebut mati Filogeni : Sejarah perkembangan organisme dari filum yang paling sederhana hingga yang paling sempurna.
  13. 13. Adanya variasi dalam satu spesies Individu yang termasuk dalam suatu spesies tidak pernah bersifat identik (sama persis). variasi ini terjadi karena faktor genetis dan lingkungan.
  14. 14. Petunjuk secara biokimia Digunakan uji presipitin (endapan) yang pada dasarnya adanya reaksi antara antigen-antibodi. semakin banyak endapan yang terbentuk maka semakin jauh hubungan kekerabatannya.
  15. 15. Adanya Organ-Organ tubuh yang tersisa Organ-organ tubuh yang tersisa nerupakan bukti adanya proses evolusi. organ-oran ini sudah tidak berguna, namun masih dijumpai pada manusia, antara lain : umbai cacing (apendiks) tulang ekor gigi taring yang runcing rambut pada dada
  16. 16. Petunjuk Peristiwa Domestikasi Pembudidayaan makhluk hidup (domestikasi) dapat mengakibatkan terjadinya perubahan fenotipe sesuai dengan keinginan manusia. cara ini, dapat mengevolusikan makhluk hidup, artinya, dapat menghasilkan suatu varietas baru yang dikehendaki manusia berdasarkan sifat-sifat yang berbeda.