biokimia transkripsi

download biokimia transkripsi

If you can't read please download the document

  • date post

    01-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    128
  • download

    15

Embed Size (px)

Transcript of biokimia transkripsi

TRANSKRIPSI / METABOLISME DNA MENJADI RNAOLEH : 1. CITRA 2. FEBBY MANDASARI 3. ROHMATULLAILI 4. SHEILA ABRIYANTI 5. WINDA UTAMI SAFITRI (08081003055) (08081003033) (08081003011) (08081003049) (08081003013)

APA ITU TRANSKRIPSI ?Transkripsi dalam genetika merupakan pembuatan RNA dengan menyalin sebagian berkas DNA. Transkripsi adalah bagian dari rangkaian ekspresi genetik. Dalam proses penyalinan DNA ke RNA terjadi pengubahan "teks" DNA, yang sebenarnya, yang berubah hanyalah basa nitrogen tymin yang ada di DNA diganti menjadi urasil pada RNA.

DNA

Purin

Pirimidin

Adenin

Guanin

Tymin

Cytosin

RNA

Purin

Pirimidin

Adenin

Guanin

Tymin

Urasil

MENGAPA DNA MELAKUKAN TRANSKRIPSIDNA berperan sebagai materi genetik; artinya DNA menyimpan cetak biru bagi segala aktivitas sel. Ini berlaku umum bagi setiap organisme. DNA melakukan transkripsi agar gen asli tetap terlindung di dalam inti sel, sementara hasil kopinya ditugaskan untuk melaksanakan pesan-pesan yang dikandungnya dalam proses sintesis protein. Jika RNA rusak, maka akan segera diganti dengan hasil kopian yang baru.

DI MANA TERJADINYA TRANSKRIPSI ?Transkripsi berlangsung di dalam inti sel atau di dalam matriks mitokondria dan plastida Prosesnya terjadi di dalam inti sel (nukleus) dan DNA tetap berada di dalam nukleus, sedangkan hasil transkripsinya dikeluarkan dari nukleus menuju sitoplasma dan melekat pada ribosom. Namun pada sel tumbuhan, transkripsi terjadi di dalam matriks pada mitokondria dan plastida.

BAGAIMANA PROSES TERJADINYA TRANSKRIPSI

Terminasi Elongasi

Inisiasi

TAHAP PERMULAANInisiasi (permulaan) Daerah DNA di mana RNA polimerase melekat dan mengawali transkripsi disebut sebagai promoter. Suatu promoter menentukan di mana transkripsi dimulai, juga menentukan yang mana dari kedua rantai heliks DNA yang digunakan sebagai cetakan.

PEMANJANGAN

Elongasi (pemanjangan) Saat RNA bergerak di sepanjang DNA, RNA membuka rantai heliks ganda DNA dengan bantuan enzim polimerase, sehingga terbentuklah molekul RNA yang akan lepas dari cetakan DNA-nya.

PENGAKHIRANTerminasi (pengakhiran) Transkripsi berlangsung sampai RNA polimerase mentranskripsi urutan DNA yang disebut terminator. Terminator yang ditranskripsi merupakan suatu urutan RNA yang berfungsi sebagai kodon terminasi (kode stop) yang sesungguhnya. Pada sel prokariotik, transkripsi biasanya berhenti tepat pada akhir kodon terminasi, yaitu ketika polimerase mencapai titik terminasi sambil melepas RNA dan DNA. Sebaliknya, pada sel eukariotik polimerase terus melewati sinyal terminasi, suatu urutan AAUAAA di dalam mRNA. Pada titik yang jauh kira-kira 10 hingga 35 nukleotida, mRNA ini dipotong hingga terlepas dari enzim tersebut. Sejumlah ATP diperlukan untuk membuat RNA polimerase mulai bergerak dari ujung 3 (ujung karboksil) berkas templat ke arah ujung 5 (ujung amino). RNA yang terbentuk dengan demikian berarah 5 3 . Pergerakan RNA polimerase akan berhenti apabila ia menemui urutan basa yang sesuai dengan kodon berhenti. Setelah proses selesai, RNA polimerase akan lepas dari DNA.

APA HASIL DARI PROSES TRANSKRIPSI ?

Hasil transkripsi adalah segmen mRNA yang masih mentah. Di dalamnya terdapat segmen yang membawa informasi genetik yang nantinya akan mengatur dan membantu sintesis protein (translasi) yang disebut sebagai ekson. Selain itu ada pula segmen yang tidak mengandung informasi genetik yang nantinya akan dipotong yang disebut sebagai intron. Berkas RNA ini selanjutnya akan mengalami proses yang disebut sebagai proses pascatranskripsi (post-transcriptional process). Proses ini terjadi di dalam nukleus dengan jalan melepaskan segmensegmen intron dan merangkaikan segmen-segmen ekson. Gabungan segmen-segmen ekson membentuk satu rantai/utas mRNA yang mengandung sejumlah kodon untuk penyusunan polipeptida. Rantai mRNA ini dikenal sebagai sistron.

Proses pematangan mRNA dengan membuang bagian intron

SEKIAN DAN TERIMAKASIH