Beritasore,jumat 20 november 2015

Click here to load reader

  • date post

    24-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    394
  • download

    1

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Beritasore,jumat 20 november 2015

  • SoreBeritaJUMAT, 20 November 2015/9 Safar 1437 H No. 4475 tahun ke-17

    Sambar GledekSambar GledekSambar GledekSambar GledekSambar Gledek- Dipangkas pun tumbuh lagi ....- He... he... he....

    HARGA ECERAN Rp 2.000,-http://www.beritasore.com

    Semua Berita Layak Cetak

    Ah Masak Ya....?

    Untuk Pemasangan Iklan Hubungi: 061-4150858 Contact Person Ibu Murniaty 0812 650 7884Klik beritasore.com dan e-paper harianberitasore

    Pangkas Ongkos PolitikJAKARTA (Berita): Direktur Eksekutif Perkum-

    pulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem),Titi Anggraini, mengatakan, ongkos politik di Indo-nesia masih terlalu tinggi. Karena itu, setelah sese-orang berkuasa segala upaya termasuk melakukantindak pidana korupsi akan dilakukan untukmengembalikan modal tersebut.

    Politik dengan KekuatanData di Jakarta Pusat, Kamis(19/11).

    Menurut Titik, para calonyang memang sejak mendaf-tarkan diri ke partai politiksudah harus mengeluarkanuang yang cukup besar hingga

    Di Mana Dia Sekarang...?

    Robby DarwisROBBY Darwis lahir di Bandung,

    Jawa Barat, 30 Oktober 1964 adalahpemain sepak bola legendaris Indonesiayang terkenal pada tahun 1990-an. Diamerupakan salah satu bintang PersibBandung pada era tersebut.

    Ia berposisi sebagai stoper (bek tengah). Pada musimpertama Liga Indonesia, ia membawa Persib menjadijuara sebagai kapten tim. Darwis pernah pula bermaindi Liga Malaysia, memperkuat Kelantan FC. Di timnasional Indonesia (1987-1997), ia tampil sebanyak 53kali dan mencetak 6 gol.

    Pensiun dari pemain, dia tidak lantas tenggelam.Di Liga Indonesia 2007 Robby Darwis menjadi asistenpelatih Persib (Arcan Iurie), dan cuti dari pekerjaansebelumnya yaitu sebagai bankir di BNI 1946. Tahun

    Lanjut ke hal 2 kol 1

    Lanjut ke hal 2 kol 1

    Lanjut ke hal 2 kol 7

    Lanjut ke hal 2 kol 1

    Angkut Kursi UntukTidur Di Kereta Api

    JIKA biasanya para pengguna kendaraan umumkereta api tetap berdiri, ketika tidak mendapatkan tempatduduk yang kosong, lain halnya dengan yang dilakukanoleh pria asal China ini.

    Dilansir dari Shanghaiist, Rabu 18/11, seorang penum-pang komuter Chongqing, memilih untuk membawasendiri bangku favoritnya ke dalam gerbong kereta,sehingga dia dapat menikmati perjalanannya dengannyaman.

    Selama lebih dari satu pekan, pria tersebut duduknyaman menggunakan bean bag yang ia bawa sendiri.Kadang, ia tertidur lelap sepanjang perjalanan, sedangkanpenumpang lain yang tak kebagian duduk tetap berdiridan hanya bisa memotret kelakuannya.

    Otoritas Stasiun Chongqing, akhirnya memberikanrespons terhadap ulah penumpang separuh baya itu.Petugas lalu memperingatkan para penumpang untuktidak membawa sendiri kursi mereka, agar bisa diguna-kan di dalam kereta.

    proses perhitungan suara,dapat dikatakan merekatengah menanam uang untukmendapatkan keuntunganyang lebih besar.

    Jadi mereka menanamuang untuk mendapatkankeuntungan yang lebih besar.

    Mereka melakukan korupsikebijakan dan main proyekdi kekuasaan, ungkapnya.

    Lebih lanjut, Titik men-jelaskan, ongkos politik yangtinggi bagi para calon maupun

    Lanjut ke hal 2 kol 1

    AJANG 1Malaysia YearEnd Sale (1MYES) 2015benar-benar saat yang tepatuntuk berbelanja. Pasalnya,di saat itulah para konsumenbisa mendapatkan penawaranproduk dan harga sangatmenarik, diskon fantastik danberbagai aktivitas promosiyang luar biasa.

    Deputi Direktur Jenderal(Strategis dan Domestik)Tourism Malaysia MadamChong Yoke Har menegaskanhal itu pada Launching of1MYES Campaign 2015 &Malaysia Shopping Maps diG Hotel, George Town, PulauPenang, Kamis (12/11).

    Acara itu diisi dengan pre-sentasi Malaysia ShoppingLandscape oleh Kepala Sek-retariat Perbelanjaan Malay-

    Berita Sore/aje

    DEPUTI Direktur Jenderal (Strategis dan Domestik) Tourism MalaysiaMadam Chong Yoke Har saat Launching of 1MYES Campaign2015 & Malaysia Shopping Maps di G Hotel, George Town, PulauPenang, Kamis (12/11).

    1MYES 2015 Saat Tepat Untuk Shoppingsia, Puan Baizuri Baharummempromosikan Malaysiasebagai tujuan shopping ber-kelas dunia, dan dihadiriPenang Tourism Exco EncikDanny Law.

    Kami bersukacita beradadiantara para kalian disiniuntuk menyaksikan pelun-curan festival perbelanjaanyang sangat hebat di Malay-sia, yakni 1Malaysia Year EndSale atau disingkat MYES,tuturnya.

    Memang, peluncuran1MYES tersebut disaksikan152 peserta Mega FAMProgramme meliputi travelagen dan wartawan berbagaimedia dari 17 negara di duniaatas undangan khususTourism Malaysia. Dari

    Gatot DicecarSoal Rp500 JutaKe Jaksa Maruli

    JAKARTA (Berita): Kejaksaan Agung (Kejagung) telahmerampungkan pemeriksaan terhadap Gubernur nonaktifSumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, dan istrinya Evy Susanti.Mereka berdua diperiksa dalam kasus dugaan korupsi DanaHibah dan Bansos Pemprov Sumut 2012-2013.

    Setelah menjalani pemeriksaan, Gatot mengungkapkandirinya dicecar oleh penyidik Kejagung soal pemberian uangRp500 juta kepada Direktur Penyidik Jaksa Muda PidanaKhusus (Jampidsus), Maruli Hutagalung. Pemberian uangtersebut dilakukan melalui OC Kaligis.

    Kami ditanya seputar uang kepada Maruli. Jadi permin-taan keterangan oleh Kejaksaan, ujarnya di Gedung KPK,Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis(19/11).

    Tersangka dugaan suap dan korupsi Dana Bansos itu,dirinya hanya ditanya seputar aliran uang kepada Maruliyang dimutasi menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.Menurut dia, dirinya tak mengetahui soal uang USD20.000yang telah disiapkan untuk Jaksa Agung, HM Prasetyo.

    Kami tidak tahu-menahu (uang USD20.000 untuk JaksaAgung), kami hanya ditanya soal Pak Maruli, tukasnya.

    Seperti diketahui, dalam kasus ini, Gubernur nonaktifSumut Gatot Pujo Nugroho dan Kepala Kesbangpol LinmasEddy Syofian, sudah dijadikan tersangka. Menurut pihakKejagung, Gatot dinilai tidak melakukan verifikasi penerimadana Bansos.

    Sebelumnya, pihak Kejagung sudah memeriksa sejumlahpenerima dana Bansos Pemprov Sumut. Selain itu, belasanpegawai negeri sipil Badan Kesatuan Bangsa, Politik danPerlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) SumateraUtara. (ok)

    Antara

    Menlu Retno Marsudi.

    KBRI Bantah 36 WNIDitahan Di Malaysia

    JAKARTA (Berita): Kedutaan Besar RepublikIndonesia (KBRI) di Kuala Lumpur menyatakan tidakada pemberitahuan dari pihak berwenang Malaysiamengenai kabar 36 WNI yang ditahan karena dugaanberkaitan dengan gerakan radikal.

    KBRI Kuala Lumpur tidak pernah mendapatkaninformasi dari otoritas Malaysia terkait adanya penaha-nan terhadap 36 WNI karena diduga terkait gerakanradikal, kata KBRI Kuala Lumpur dalam siaran persnya,Kamis 19/11.

    Kedutaan juga telah memeriksa bandara di KualaLumpur dan tidak menemukan ada WNI yang ditahan.

    KBRI mengaku telah berkoordinasi dengan kantorImigrasi Bandara Ahmad Yani, Kota Semarang, Provinsi

    JAKARTA (Berita): KetuaPengadilan Tata Usaha Ne-gara di Medan, Tripeni IriantoPutro, dituntut empat tahunpenjara oleh jaksa penuntutumum Komisi Pemberan-tasan Korupsi.

    Ia dianggap terbukti me-

    nerima suap dari pengacaraOtto Cornelis Kaligis untukmengabulkan gugatan yangdiajukan ke PTUN Medan.

    Menuntut, memutuskanmenyatakan terdakwa TripeniIrianto Putro terbukti secarasah dan meyakinkan bersalah

    melakukan tindak pidanakorupsi secara bersama-samasebagaimana dalam dakwaanpertama, ujar jaksa Mocham-mad Wiraksajaya di Penga-dilan Tindak Pidana Korupsi,Jakarta, Kamis (19/11).

    Selain itu, Tripeni juga

    dituntut membayar dendasebesar Rp 300 juta subsiderlima bulan kurungan.

    Jaksa menganggap tidakada hal yang memberatkandalam mempertimbangkantuntutan untuk Tripeni.

    Kps

    KETUA PTUN Medan Tripeni Irianto Putro di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (8/10).

    Ketua PTUN Medan Dituntut 4 Tahun

    NDTV

    PENUMPANG yang melaporkan bom diperiksa oleh polisi.

    Akibat Ancaman Bom

    Pesawat PolandiaMendarat Darurat

    BURGAS (Berita): Sebuah pesawat komersial dariPolandia menuju Mesir, dengan 161 penumpang dikabar-kan harus mendarat darurat akibat adanya ancamanbom, dan terpaksa mendarat Kota Burgas, Bulgaria.

    Juru Bicara bandara di Burgas mengatakan seluruhpenumpang dan kru langsung di evakuasi namun tidakditemukan jejak bahan peledak ataupun bom di dalampesawat tersebut.

    Namun dilaporkan juga bandara tersebut langsungditutup ketika kabar mengenai ancaman bom tersebutmencuat.

    Perwakilan bandara Burgas juga sempat mengatakandalam pernyataannya, Pesawat itu mendarat di Burgas

    Lanjut ke hal 2 kol 7

    Daily Mail

    FOTO ketika pesawat tempur Rusia meledakan mobil tankerminyak ISIS.

    500 Tanker Minyak ISIS HancurDibombardir Jet Tempur Rusia

    SURIAH (Berita): Rusia merilis video yang memperli-hatkan bagaimana pesawat tempur mereka yang berhasilmenghancurkan 500 konvoi mobil tanker milik ISISyang menyelundupkan minyak ke Suriah menuju Irak.

    Dalam video berwarna hitam putih tersebut memper-lihatkan prosesi dari mobil tanker yang diledakan olehbom yang dijatuhkan pesawat tempur Rusia. Dilaporkansalah satu sumber pemasukan dari ISIS adalah penjualanilegal minyak, yang sebelumnya milik negara atau swastadan diambil alih oleh kelompok radikal ini.

    Juru Bicara militer Rusia, Mayor Jendral AndreyKartapolov mengatakan, ISIS dan beberapa kelompokekstremis lainnya memiliki operasi yang disebutPipa berjalan, sebagaimana dilansir dari RT, Kamis(19/11).

    Lanjut ke hal 2 kol 1

    Lanjut ke hal 2 kol 1

    Empat Alasan Teror ParisBisa Merembet Ke Indonesia

    JAKARTA (Berita): Peneliti Lembaga Survei Indonesia(LSI), Fitri Hari, menyebut ada empat alasan publikkhawatir teror yang terjadi di Paris, Prancis merembetke Indonesia.

    Alasan pertama, karena jaringan ISIS sudah sampaike Indonesia dan Asia Tenggara. Bahkan sudah munculberita penangkapan orang yang diduga terlibat ISISdi Bogor, Tangerang, Jakarta, dan Bekasi oleh Densus88, ujar Fitri di kantornya, Jalan Pemuda, Rawamangun,Jakarta Timur, Kamis (19/11).

    Selanjutnya, tindak kejahatan terorisme juga telahbeberapa kali terjadi di Indonesia. Kasus Bom Bali Ipada tahun 2002 silam misalnya, lalu bom JW Marriot2003, dan bom Kedubes Australia 2004.

    Aksi terorisme di Paris, mengembalikan memoripublik pada kasus yang pernah terjadi, imbuhnya.

    Ketiga, kondisi ekonomi yang kian sulit, dianggapmampu meningkatkan potensi terorisme. Terlebih pada

    TAPSEL (Berita):Pengakuan tragis da-tang dari Oniber Waru-wu (18), korban peng-aniayaan mertua dansuami . Bagaimanatidak, dia selalu dise-tubuhi oleh mertua laki-laki, baik sebelum mau-pun sesudah menikah.

    S e l a m a n i k a hdengan anaknya, sayaselalu diajaknya (mer-tua laki-laki) untukberhubungan badan,ujar OW ketika ditemuidi Mapolres TapanuliSelatan, SumateraUtara.

    Dia mengibaratkanberada dalam nerekasejak menjadi istri YG

    tvOne

    TINDAKAN biadab mertua dan suami yang mengikat menantunya di pohon di Tapanuli Selatan.

    Pengakuan Miris Menantu Disiksa Mertua

    Lanjut ke hal 2 kol 1

    R A N T A U P R A P A T(Berita): Pengadaan alat tuliskantor (ATK) Dinas Pendi-dikan Labuhanbatu tahun2015 senilai Rp 678 juta, da-lam pelaksanaannya didugatanpa proses tender untukdiserahkan pengerjaannyakepada pihak ke tiga ataurekanan.

    Terungkapnya indikasi

    penyimpangan dalam proyekpengadaan ATK DinasPendidikan itu bermula dariinformasi yang dihimpun dariDokumen Pelaksanaan Ang-garan (DPA) Dinas Pendidi-kan tahun 2015.

    Pada dokumen itu disebut-kan terdapat proyek pengada-an ATK dinas pendidikansenilai Rp 678 juta dan juga

    proyeksi penggunaan ang-garan secara bertahap seba-nyak empat tahap selama satutahun atau disalurkan setiaptiga bulan sekali (tri wulan).Juga dituliskan, dana yangakan digunakan setiap triwulan sebesar Rp 169,5 juta.

    Kapolres LabuhanbatuAKBP Teguh Yuswardhie,Sik,kepada Berita Rabu (18/11)

    mengatakan akan melakukanproses penyelidikan terkaitkasus tersebut. Nanti kitalidik, terima kasih infonya,kata Teguh.

    Kadis Pendidikan Labu-hanbatu Drs, SarimpunanRitonga Mpd saat dikonfir-masi perihal itu terkesan

    Lanjut ke hal 2 kol 3

    Pengadaan ATK DisdikL.Batu Tak Ditender

    Lanjut ke hal 2 kol 7

    Untuk Meminimalisir Korupsi

    Ketika dia sudah berkua-sa, orang akan berusaha men-dapatkan uangnya kembali.Melihat kasus korupsi yangada, pasti selalu berkaitandengan partai politiknya,kata Titi dalam diskusi ber-tajuk Memangkas Ongkos

  • 2Berita Sore

    Jumat

    20 November 2015

    1MYES 2015 ....Medan sebagai utusan atasnama Indonesia dipimpinDirektur Tourism MalaysiaMedan Nor Asikin Haron,sebanyak 10 travel agen dan4 wartawan, termasuk dariHarian Berita Sore diundanguntuk meliput kegiatan itu.

    Madam Chong mengung-kapkan, ini adalah kali per-tama MYES diluncurkan diPulau Penang nan indahdalam upaya mengajak parakonsumen lokal dan pelan-cong asing berbelanja di pulauitu.

    Saya berharap semuanyamendapatkan penawaranluar biasa diberikan selamaMYES ini dan juga menikmatipengalaman shopping yanghebat saat berada di Malay-sia, ujarnya.

    Disebutkannya, obralakhir tahun ini akan dimulaipada 14 November 2015hingga 3 Januari 2016. Total758 retailer dan pusat-pusatperbelanjaan berpartisipasidi penjuru Malaysia menye-marakkan kegiatan ini.

    Untuk mempermudahpara konsumen khususnyapara pelancong asing, pihakTourism Malaysia membuatdan mempublikasi ShoppingMaps (peta/brosur tempatberbelanja) terbaru yangdiluncurkan, Kamis (12/11),bersamaan dengan launching1MYES tersebut.

    Madam Chong menjelas-kan, ada empat brosur berbe-da masing-masing memuatsampul bertuliskan kotaKuala Lumpur/Selangor/Putrajaya, Penang, Johor/

    Melaka, Sabah/Sarawak. Ke-empat jenis brosur itu sebagaipedoman bagi para pelancong.Selain memuat daftar sejum-lah mall terkemuka, di brosuritu juga menyarankan pelan-cong lokasi-lokasi menarikyang patut dikunjungi.

    Informasi berguna lain-nya di brosur itu adalah caramengklaim pembayarankembali atas pajak 6 persenketika berbelanja setidaknya300 Ringgit dalam satu strukbelanja. Beberapa countervalidasi pembayaran kembalidapat didapati di KualaLumpur International Airport(KLIA) dan KLIA 2, demikianjuga bandara di Subang,Kuantan, Senai, Kuching, danKota Konabalu.

    Sebelumnya, Kepala Sek-retariat Perbelanjaan Malay-

    sia, Puan Baizuri Baharummenyebutkan kegiatan itumenjadikan Malaysia sebagaidestinasi belanja yang sangatmenarik di Asia. Disebutkan-nya, 3 Top 10 mall terbesardi dunia berada di Malaysia,yakni Sunway Pyramid, MidValley Megamall, dan Dama-nsara 1Utama.

    Menurutnya, kegiatanshopping saat ini fokus padaexperience (pengalaman) danservice (pelayanan), tidakhanya semata menjualproduk.

    Acara launching hari itudiakhiri dengan KualaLumpur Fashion Weekend2015, menampilkan koleksibusana siap pakai dirancangdesainer nasional Malaysiadan dunia internasionalternama. (aje)

    Ketua PTUN Medan ....Hal yang memberatkan, tidak ada, kata jaksa.Sementara itu, hal yang meringankan, yaitu Tripeni telah

    ditetapkan sebagai saksi pelaku yang bekerjasama atau justicecollaborator berda-sarkan ketetapan pimpinan KPK.

    Selain itu, Tripeni juga dianggap sopan dalam persi-dangandan punya tang-gungan keluarga.

    Tripeni didakwa menerima suap dari pengacara OttoCornelis Kaligis sebesar 5.000 dollar Singapura dan 15.000dollar AS.

    Sejumlah uang tersebut dimaksudkan agar gugatan yangdiajukan Pemerintah Provinsi Sumut dengan Kaligis sebagaikuasa hukum dikabulkan.

    Gugatan itu terkait dengan pengujian wewenang kejaksaantinggi dalam melakukan pemanggilan saksi dan penyelidikankasus dana bantuan sosial, bantuan daerah bawahan (BDB),bantuan operasional sekolah (BOS), serta terkait penahananpencairan dana bagi hasil (DBH) dan penyertaan modal padasejumlah BUMD Pemprov Sumatera Utara.

    Pada musyawarah majelis hakim, Tripeni meminta anggotamajelis, yaitu hakim Dermawan Ginting dan Amir Fauzi untukmengabulkan sebagian permohonan dari Kaligis.

    Putusan atas gugatan Pemprov Sumut dibacakan pada7 Juli 2015.

    Menyatakan keputusan termohon (Kejaksaan Tinggi)perihal permohonan keterangan kepada bendahara umumdaerah adalah penyalahgunaan wewenang, kata HakimTripeni dalam putusan, seperti dikutip dalam dakwaan.

    Karena dianggap bekerjasama dengan KPK, Tripeni IriantoPutro ditetapkan menjadi justice collaborator atau pelakuyang bekerja sama dalam kasus ini.

    Penetapan tersebut diteken oleh pimpinan KPK pada23 September 2015. (kps)

    Pengadaan ATK ....pura-pura tidak tahu. Oh..kucek dulu ya, katanya singkat.

    Sementara itu, Bendahara UPT Dinas Pendidikan Kecama-tan Bilah Barat Mukhtar kepada Berita mengaku menerimadana ATK yang disalurkan Bendahara Dinas PendidikanLabuhanbatu Mahdan, setiap tri wulan sebesar Rp 1,2 jutauntuk keperluan pengadaan ATK di kantor itu. Dalam satutahun UPT Kecamatan Bilah Barat akan menerima biayaATK Rp 4,8 juta.

    Menurut Mukhtar, saat dana diterima dirinya membelan-jakan uang itu untuk membeli ATK disalah satu toko diRantauprapat. Begitu dana diterima langsung saja aku belanjake toko membeli ATK, kalau itu tidak ada masalah ucapnya.

    Selain disalurkan ke UPT , dana itu juga disalurkan kepadasekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA se Labuhanbatudalam bentuk uang tunai. Sedangkan tingkat sekolah dasartidak turut menerima dana ATK karena sudah ada danaBantuan Operasional Sekolah (BOS).

    Setahu ku, dana itu disalurkan ke UPT dan SMP sertaSMA. Kalau SD kan sudah ada dana BOS nya, makanyamereka tidak memperoleh dana itu, katanya.

    Bendahara Dinas Pendidikan Pemkab LabuhanbatuMahdan, yang berulang kali coba untuk dikonfirmasi terkaithal itu tidak berhasil ditemui. (ast)

    Pesawat Polandia ....pada pukul 05.48 waktu setempat, pada awalnya penerbanganLLP8015 yang terbang dari Warsawa menuju Hurghadameminta izin pendaratan darurat, akibat laporan kehadiranbom di pesawat, sebagaimana dilansir dari Gulfnews, Kamis(19/11).

    Dilaporkan juru bicara kepolisian Bulgaria yang mem-berikan peringatan bom ini adalah salah satu penumpangdi pesawat tersebut yang ternyata dalam keadaan mabukkarena pengaruh alkohol. (ok)

    Pangkas Ongkos ....partai ini, lantaran proses rekruitmen yang dilakukan takberjalan maksimal. Selain itu, lanjutnya, para peserta Pemilutidak memiliki data yang akurat mengenai daerah pemilihandi Indonesia.

    Ini memang gagalnya rekutmen yang dilakukan parpol.Rekrutmen instan, karena banyak kandidat mengeluarkanuang untuk menang, sistem politik mahal, sitem pemilu mahal,tukasnya.

    Sementara, Chief Data Evangelist Sinyal Sosial, PangeranSiahaan mengatakan kekuatan data yang dimiliki para pesertapemilihan umum bisa memangkas biaya pemenangan politikdalam membuat proses demokrasi menjadi semakin sehat.

    Namun, data yang disuguhkan, sambungnya, tak sekedardata biasa yang disuguhkan, melainkan data yang dapatlangsung dimanfaatkan untuk menyusun strategi.

    Data yang banyak beredar saat ini belum bisa memenuhikebutuhan tersebut, misalnya data popularitas danelektabilitasnya saja, kata Pangeran Siahaan.

    Ketika kandidat sekedar tahu mereka lebih populer dantingkat keterpilihnya lebih tinggi, kata Pangeran, informasitersebut belum bisa langsung dimanfaatkan untuk menyusunsuatu strategi pemenangan.(ok)

    KBRI Bantah ....Jawa Tengah sebagai asal keberangkatan 36 WNI dan tidakmenemukan pendeportasian WNI dari Malaysia.

    Dari Kantor Imigrasi Bandara Ahmad Yani yang meru-pakan bandara keberangkatan 36 WNI dimaksud, didapatkaninformasi bahwa memang pada tanggal 16 November 2015terdapat keberangkatan 36 WNI tujuan Teheran, Iran, melaluiKuala Lumpur, kata KBRI.

    Menurut KBRI, sejumlah WNI memiliki dokumen perja-lanan seperti paspor dan visa kunjungan ke Iran serta tiketpenerbangan pulang-pergi yang sah.

    Sesuai prosedur normal, apabila seseorang dideportasioleh suatu negara, maka yang bersangkutan akan diterbangkankembali ke bandara keberangkatan, terang KBRI.

    Kantor Imigrasi Bandara Ahmad Yani menyatakan 36WNI itu telah melanjutkan penerbangan ke Teheran, Iranpada 17 November 2015 menggunakan maskapai MahanAir. Berdasarkan tiket itu, mereka akan ke Indonesia pada6 Desember 2015.

    KBRI Kuala Lumpur menyatakan terus memantauinformasi mengenai hal ini. (ant)

    500 Tanker Minyak ....Pipa berjalan adalah sebutan operasi yang dilakukan

    ISIS untuk mentransport minyak ilegal mereka, dan seringmenjadi target serangan Amerika Serikat (AS).

    Di dalam beberapa hari saja, angkatan udara kami berhasilmenghancurkan 500 truk tanker minyak yang sangatmengurangi kapabilitas ekspor minyak ilegal dari para militantersebut dan jelas menekan dana pemasukan ISIS, tambahnya.

    AS sendiri melaporkan telah menghancurkan 116 tankerminyak ISIS di wilayah Abu Kamal, timur Suriah. (ok)

    Empat Alasan ....kasus terorisme di Indonesia, menunjukkan latar belakangekonomi mengantar orang melakukan teror.

    Pelaku terorisme adalah mereka yang sulit kehidupanekonominya, imbuhnya.

    Terakhir, lanjut Fitri, radikalisme saat ini dirasa semakinmeluas. Hal tersebut tercermin melalui beberapa peraturandaerah (perda) yang dirasa mengandung unsur diskriminasi.

    Keempat alasan itu menguatkan kekhawatiran publikbahwa teror di Paris akan merembet ke Indonesia, pungkasnya.

    (ok)

    Di Mana Dia ....2010 Robby menjadi pelatih sementara Persib menggantikanJaya Hartono yang mundur. Tahun 2011 Robby menjadi pelatihtetap Persib, di AFF 2012 dia jadi asisten pelatih.

    Di mana dia sekrang.Di Hari Olahraga Nasional (Haornas)Ke-32 Tahun 2015, Robby Darwis memiliki harapan. Salahsatunya tentang kesejahteraan para atlet dari pemerintahpusat dan daerah. Harapan saya dengan adanya ini buatinduk organisasi olahraga manapun, buat atlet yang berprestasiagar diperhatikan baik dari induk atau daerah masing-masing.Sehingga bisa memicu para atlet untuk berprestasi lagi,kata Robby Darwis seperti dilansir kantor berita Antara.

    Ditemui usai mengikuti upacara Peringatan Haornas Ke-32 Tahun 2015, di Halama Gedung Sate Bandung, ia berharapke depannya perhatian pemerintah untuk atlet bisa lebihditingkatkan lagi.

    Selain itu, lanjut dia, Haornas juga menjadi momentumuntuk mengevaluasi peran dari pemerintah dalam hal jaminanmasa depan atlet. Pada kesempatan tersebut, Robby jugamenerima penghargaan dari Pemprov Jawa Barat terkaitperingatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-32 Tahun.

    Pengakuan Miris ....Mer-tuanya Elipati Gulo dan Yudilla Bulolo sering ber-buatkasar. Ironisnya, sang suami juga berbuat demi-kian hinggakepalanya bocor.

    Lebih lanjut dia menga-takan, setelah menikah, mertualaki-lakinya selalu memaksanya berhu-bungan badan. Apabilasuaminya sedang di luar rumah, mertua laki-lakinya dibantumertua perempuan memaksanya harus berhubungan badan.

    Kalaupun suami saya sedang di rumah, kedua mertuasaya sengaja menyuruhnya keluar rumah. Setelah itu, merekamulai memaksa saya untuk berhubungan badan, imbuhnya.

    Puncak dari perlakuan bejat mertua dan suaminya ituterjadi pada satu hari sebelum dia diikat di pohon dan ditelan-jangi. Saat itu, mertuanya memaksa berhubungan badan,namun dia menolak.

    Pemaksaan itu berlanjut pada esok harinya, namun OWtetap menolak. Karena korban terus menolak, mertuanyaitu langsung mengikatnya di atas pohon. Tidak hanya sampaidi situ, mertuanya itu mencopot seluruh pakain dan membuatrekaman videonya.

    Serahkan Diri Kini pasangan suami istri pelaku tindak asusila terhadap

    menantunya, Oniber Waruwu (18), akhirnya menyerahkandiri ke kepolisian.

    Elifati Gulo bersama istrinya Yadila Buulolo merupakanterlapor atas tindakan penelanjangan dan pengikat menan-tunya di pohon kelapa.

    Di hadapan polisi, Elifati mengaku awal mula korbanberada di rumah tersangka lantaran ayah korban pernahmeminjam uang Rp1 juta kepada Elifati.

    Sebagai jaminannya yakni anak korban, Oniber Waruwu,untuk membantu mengumpulkan getah karet selama sepekan.

    Namun karena uang Rp1 juta belum bisa dikembalikan,ayah Oniber lantas meminta agar anaknya dinikahkan denganYustino Gulo yang merupakan anak lelaki Elifati.

    Namun ternyata dalam kesehariannya, Oniber, menurutElifati, tidak membantu mengumpulkan getah karet. Istrisaya akhirnya marah. Lalu membuka baju korban dan meng-ikatnya di batang pohon kelapa di depan rumah, kata Elifati.

    Elifati membantah pernah menyetubuhi korban. Malahmenurut Elifati, saat dinikahkan korban memang sudah tidakperawan lantaran pengakuan korban pernah disetubuhikakeknya.

    Saat ini untuk proses penyelidikan lebih lanjut, keduatersangka masih diperiksa unit Perlindungan Perempuandan Anak kepolisian setempat.

    Aksi pelecehan dan Kekerasan Dalam Rumah Tanggaini sebelumnya membuat heboh warga di Desa Batu GodangTapanuli Selatan SUmatera Utara karena beredar lewat videosingkat. Dalam video berdurasi enam menit itu menampilkanseorang wanita tanpa busana dengan tangan dan kaki terikatdi sebuah pohon kelapa. (ok/vn)

    Ah Masak Ya ....Kendati demikian, pihak terkait tidak memberikan

    keterangan bagaimana cara pria yang tidak disebutkannamanya itu bisa membawa masuk kursi bean bag yang besartersebut tanpa pengawasan pihak keamanan.

    Selain itu, belum ada kejelasan, apakah usai pengumumandari otoritas stasiun, pria tersebut berhenti membawa kursinyasendiri, atau mengubah kelakuannya. (vn)

    JAKARTA (Berita): Menteri KoordinatorBidang Politik, Hukum dan Keamanan (Men-kopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan menga-takan bahwa PT Freeport Indonesia tidaklayak mendapatkan perpanjangan kontrakkarya jika tak mampu memenuhi syarat yangditetapkan pemerintah.

    Menurut saya, Freeportharus melakukan evaluasi,kata Luhut, di Gedung Ke-menkopolhukam, Jakarta,Kamis (19/11).

    Luhut menegaskan,dirinya telah melakukankajian mengenai Freeport saatmenjabat Kepala Staf Pre-siden.

    Menurut Luhut, perpan-jangan kontrak tidak perludiberikan jika Freeport tidakmemberi keuntungan setim-pal untuk Indonesia.

    Adapun proses renegosiasibisa dilakukan pada 2019,atau dua tahun sebelum masakontrak karya Freeport ber-akhir.

    Ia mengakui banyak de-sakan agar renegosiasi dila-kukan saat ini. Tetapi, Luhutmemastikan pemerintah tidakakan terpengaruh oleh apapun saat mengambil kepu-tusan terkait Freeport.

    Dia bisa negosiasi. Kalaunegosiasinya tidak mengun-tungkan Republik Indonesia,ngapain kita perpanjang,ungkapnya.

    Berdasarkan hasil kajian,kata Luhut, dirinya meng-usulkan agar pengelolaanFreeport dibuat seperti blokMahakam. Kontrak karyaMahakam tidak diperpanjangsampai berakhir 2017 danpengelolaan selanjutnyadilakukan oleh sumber dayanasional.

    Sama juga nanti denganFreeport. Kalau 2021 expiredkontraknya, itu menjadi milikpemerintah Indonesia. Bisasa ja nant i pemerintahm e n u n j u k A n t a m j a d ipemegang utama. Kemudianbisa saja memberikan firstright pada partner-nya,pungkas Luhut. (kps)

    Jika Tidak Menguntungkan Indonesia

    Freeport Tak LayakDiperpanjang

    Kps

    MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan, Kamis (19/11) di Kantor Kemenko Polhukam, memberikan keterangan kepada pers soal pencatutan namaPresiden dan Wakil Presiden terkait negosiasi perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

    Menurut Luhut, Freeportbelum memenuhi syaratdivestasi dan pembangunansmelter yang diminta olehPemerintah Indonesia.

    Selain dua syarat itu,Freeport juga masih harusmemperbarui pembagianroyalti dengan Indonesia danpembangunan Papua.

    Kronologi Desahan MesumDi Maskapai Lion Air

    JAKARTA (Berita): Maskapai Lion Air kembalimenjadi sorotan. Kali ini, menyusul insiden desahanmesum yang terjadi di pesawat Lion Air JT 990. PihakLion Air sendiri, langsung melakukan investigasi. Berikut,penjelasan lengkap dari Lion Air.

    Sebelumnya, banyak terjadi simpang siur mengenaikejadian ini, termasuk kabar tawaran menyediakanpramugari janda dan suara desahan mesum. Kronologiperistiwa ini dibebebarkan langsung Direktur UmumLion Air, Edward Sirait.

    Peristiwa ini terjadi dalam pesawat Lion Air JT 990,yang saat itu terbang dari Surabaya menuju Denpasarapada Sabtu lalu, 14 November 2015. Beberapa bantahanmengenai kabar tak sedap itu diungkapkan Edward.

    Kopilot sengaja igin membuat kejutan dan meng-ucapkan selamat ulang tahun ke teman pramugarinya,yang kebetulan terbang. Tapi benar hal itu melanggarprosedur announcement dan etika, kata Edward saatdihubungi via telepon.

    Menurutnya, sang kopilot sengaja mengucapkanselamat ulang tahun melalui microphone hingga suaranyakeluar dan terdengar di kabin pesawat. Dalamucapannya, kopilot hanya mengucapkan selamat ulangtahun dan memberi tahu kalau pramugari tersebut masihsingle dan sedang mencari jodoh.

    Jadi, yang katanya menawarkan janda, itu tidakbenar sama sekali, kata Edward.

    Terkait dengan adanya pernyataan yang menyebut-kan terdengar suara mendesah sepanjang perjalanan,juga dianggap aneh oleh Edward. Setelah dikonfirmasike yang bersangkutan, kopilot membantah ia mendesahselama pesawat terbang menuju ke Denpasar.

    Selain itu, kopilot juga tidak mungkin berbicaraterus, karena dia harus selalu berkomunikasi denganpetugas tower. Bisa jadi, kopilot bicaranya terlalu dekat,jadi terdengar seperti mendesah. Ada pula yang bilangkopilotnya mabuk. Jika mabuk, tidak mungkin maumenerbangkan pesawat, lanjut Edward.

    Atas tindakan kopilot tersebut, Lion Air memberisanksi berupa hukuman tidak boleh terbang minimaldua pekan. Edward mengaku tidak ingat siapa namakopilot tersebut. Dia juga meminta, agar nama kopilotitu tidak disebutkan atas dasar pertimbangan ter-tentu.

    Tidak usah disebutlah. Kasihan dia. Ini juga bukanpelanggaran berat yang membahayakan nyawa penum-pang, masalah etika saja, kata Edward. (vn)

    BELAWAN (Berita): Petu-gas Direktorat Polisi Perairan(Pol Air) Polda Sumut dikabar-kan mengamakan KapalMotor (KM) Jaya Makmur GT30 No. 101 yang bermuatanbawang merah sebanyak 110ton dari perairan Belawan,Kamis (19/11) dinihari sekirapukul 00.30 WIB. Kapal yangdisebut-sebut milik pengu-

    saha China, A alias SB, di-amankan saat hendak menujudermaga Belawan.

    Informasi yang diperolehdi lapangan, kapal tersebutmembawa bawang merahyang diduga seludupan dariPelabuhan Porklang, Malay-sia. Kuat dugaan, bawangmerah itu hendak didistri-busikan ke Kota Medan

    sekitarnya.Pemilik kapal yang dike-

    tahui berinisial A alias SB,merupakan penduduk JalanJemadi Villa Jemas Medan.Pengusaha keturunan Chinaitu disebut-sebut merupakansalah seorang mafia yangterkenal licin.

    Direktur Polisi PerairanPolda Sumut Kombes Pol

    Tubuh Musyareh dan KasiGakkum AKBP SF Napituyang dikonfirmasi wartawan,m e m b e n a r k a n a d a n y apenangkapan tersebut. Kapalpembawa bawang merah itudiamankan oleh pihaknyayang sedang melakukanpatroli. Ada dan kita sedangmelakukan penyelidikan lebihlanjut, kata Tubuh.

    Namun begitu, Tubuhenggan membeberkan lebihjauh. Ia mengaku masihmendalaminya. Masihdidalami, datanya nanti sayakabari kalau sudah selesai,katanya.

    Dikatakan penangkapanberawal kecurigaan denganadanya kapal yang sedang ter-apung. Selanjutnya, petugasmenghampiri kapal tersebutdan tidak ada menemukanseorangpun awak kapal.

    Setelah kita temukankapal langsung kita bawa kedermaga Dirpolair untukdilakukan penyelidikan danbawang diduga berasal dariMalaysia,kata Hutahuruk.

    Se lan jutnya , untukmemastikan didalam kapalitu tidak ada, pihak Polairtelah melakukan pemeriksaandengan menggunakan anjingpelacak milik Bea Cukai.Barang dan kapal ini nantikita serahkan ke Bea Cukaiuntuk proses lebih lanjut dankita belum tahu berapa beratbawang merah dan bawangbombai itu karena belumditimbang, pungkasnya. (ws)

    Polisi Gagalkan Penyeludupan110 Ton Bawang Merah

    BELAWAN (Berita): Duakapal patroli Bea Cukaibernomor lambung BC 9002dan BC 7003 menabarakbangkai kapal di alur masukPelabuhan Belawan, Kamis(19/11) sekira pukul 11:00.

    Akibatnya satu dari duakapal itu yakni KP BC 9002tenggelam dan KP BC 7003kandas. Sedangkan seluruhkru kedua kapal selamatsetelah mendapat pertolongandari KRI Cut Nyak Din milikLantamal I Belawan.

    K a s u b g a n g H u m a s

    Berita Sore/Rustam Efendi

    KEPOLISIAN polisi Air Belawan melakukan penangkapan dan penyitaan 110 Ton bawang merahyang diangkut kapal Motor (KM) Jaya Makmur GT 30 No. 101 perairan Belawan.

    Kanwi l BC Sumut EdiSyahputra membenarkanadanya peristiwa tersebut danpihaknya sedang melakukanupaya efakuasi terhdapakedua kapal.

    Dis inggung tentangpenyebab kapal tenggelam,A d i t i d a k b e r s e d i amemberikan keterangandengan alasan masih dalampenyelidikan. Kita masihlakukan penyelidikan dandatanya masih di Kabid P2,sabar ya, katanya saatdihubungi Waspada.

    Sementara itu, KabidPenindakan Penyidikan Rizalmengatakan kedua kapaltersebut merupakan kapalpatroli pusat yang di BKOkanbertugas di Belawan dan Aceh.Kedua kapal itu dalamkeadaan patroli atau bertugasdan menabrak bangkai kapalyang ada di alur, katanya.

    Selanjutnya, untukmengisi kekurangan kapalpatroli di Belawan dan Aceh,BC akan menempatkan kapalpenggangi dari Asahan.Kapal kita masih ada di

    Asahan dan itu sebagaipenggangti kapal yangtenggelam ini, sebutnya.

    Sementara itu, HumusSyahbandar PelabuhanB e l a w a n M u n a s i rmengatakan pihaknya sudahmenempatkan tanda disekitar bangkai kapal danlokasi kecelakaan bukan didalam alur. Bahkan kitasudah membuat maklumatatau pengumuman mengenaihal itu dan diumumkanhingga ke internasional,katanya. (ws)

    Dua Kapal Patroli BC TabrakBangkai Kapal, Satu Tenggelam

    Napi Kasus PembunuhanEdar Sabu Di Rutan

    LHOKSUKON (Berita): M Yusuf alias Jeck, 21, Narapidanakasus pembunuhan dan perampokan, ditangkap sipir penjaradan diserahkan ke polisi karena diduga mengedar sabu-sabudi dalam Rutan Lhoksukon.

    Kamar sel M Yusuf kita geledah Rabu (18/11) malam,sekitar pukul 22:30, karena gerak- geriknya mencurigakan.Dalam selnya, kita dapat enam paket sabu siap edar, kataKepala Rutan Lhoksukon, Effendi, Kamis (19/11). (ws)

  • 3Berita Sore

    Jumat

    20 November 2015Medan

    Penerbit : Yayasana Pers HM. SaidPendiri : H.Teruna Jasa said Dan H. Prabudi SaidPemimpin Umum/PemimpinRedaksi/Penanggung Jawab : H.Teruna Jasa SaidWakil PU/Wakil Pemimpin Redaksi : H.Prabudi SaidWakil Pemimpin Redaksi : Hj.Dewi Budiati Batubara

    Semua Berita Layak CetakTerbit Sejak 11 Desember 1998

    Anggota SPS No. 182/1998/02/A/2015

    Asisten Redaktur Berita: Hendrik PrayitnoAsisten Redaktur Berita: Erwin SiregarRedaktur Senior: H.Halim Hasan

    Pimpinan Perusahaan: Hj.Murniati MisanManager Promosi/Iklan: Hj.Dewi Budiati BatubaraKepala Pemasaran: Mukhlis PutraSekretaris Redaksi Dan Perushaan: Erwin Siregar

    Redaktur Daerah Sumut: Irham Hagabean NasutionRedaktur Kota Medan: Hendrik PrayitnoRedaktur Daerah Aceh: Diurna WantanaRedaktur Ekonomi: Hj. Laswiyati WakidRedaktur Olahraga: Hendrik PrayitnoRedaktur Opini/Internasional: Erwin SiregarRedaktur Pendidikan: AgustinaRedaktur Berita Sore.com: Eddy Rachmad

    Wartawan Kota Medan: Irham Hagabean Nasution, Hj. Laswiyati Wakid,Andi Arya Tirtayasa, Agustina, Siti Delina, Syafri Junanda, Amrizal, Marzili, ZulfiAzmi, M. Amri, Sriadi, Muslim Lubis, Mukhlis Putra. Jakarta: Andianto Aritonang,Irwansyah, Agus T

    Koresponden Daerah Sumut:Kepala Biro Tabagsel-Tapteng-Sibolga: M.Yusuf Siregar, Wakil Kepala BiroTabagsel-Tapteng-Sibolga: M. Cerem Neha. Langkat: Selaman SPd, BudiHermawan Nst. Binjai: Riswan Rika, Riza Nilwansyah, Paian Hamdani, Deliserdang:Jumasat Pulli Noor, Sudirman Dachi, Gajali Hasan. Serdang Bedagai: AzwinFadly, Hendro Rifai, Anwar Effendi Siregar.Tebingtinggi: Edwin Dhani. Batubara:Alirsyah, Mazlan.,Asahan. Paimin, Zukhri Batubara, Akmal. Tanjung Balai: SyaifulNasution. Labura: Ilham, Labuhan Batu: Dedi Priadi,SH, Ilyas Siregar. Labusel:Frans Herlis, Teguh, Palas, Syarif Ali Usman, M.Satio, Paluta: Aris Mulia Daulay,P.Sidimpuan/Tapsel: Birong Rahmad Tua, Mandailing Natal: Iskandar Hasibuan,Rina Hasibuan, Faisal, Dairi: Sondang Silalahi, Sibolga/Tapteng: Poltak Tarihoran,Tanah Karo: Ami Tarigan, Sef Imanuel Tarigan, Ismail, Nias Selatan: MenghadapiSarumaha, Nias/Gunung Sitoli: Firman Zebua, P.Siantar/Simalungun: Surati.

    Koresponden Daerah Aceh:Banda Aceh: Marwan Muhammad, Aceh Tenggara: Husaini Amin, Jufri PalastaAceh Timur/Langsa: Edy Syahputra, Raden Sudiono, Aceh Tamiang/K.Simpang:Tarmizi, Hendra, Dikky Zulkarnain, Aceh Utara/Lhok Seumawe: MuhammadDaud, Subulussalam: M Jailani Sidik, Gayoluwes: M.IqbalCatatan: Agar tidak melayani dan laporkan segera ke pihak berwajib atau keSekretaris Redaksi, bila ada yang mengaku wartawan BERITA SORE tanpa bisamenunjukkan kartu pers yang sah,ditandatangani Pemimpin Redaksi.

    Alaman Kantor: Kantor Pusat Penerbit,Redaksi, Tata Usaha/Periklanan,Jalan Lejen Suprapto no.1 Medan. Tel: 061-4150858 - 061-4158787 Fax:061-4150383 Webside: http//www.beritasore.com. email:[email protected]@yahoo.co.id

    Kantor Perwakilan: Perwakilan dan Biro Jakarta, Jalan Siaga II No.6-C Pejaten Barat, PasarMinggu, Jakarta Selatan. Tel:021-79197052 Fax:021-79199874 Perwakilan Dan Biro Banda Aceh, Jalan Ratu Syafiatuddin No.21-C BandaAceh Tel & Fax: 0651-22385 Biro Tabagsel-Tapteng-Sibolga, Jalan Sultan Soripada Mulia No.97-AP.Sidimpuan Utara, Kota Padang Sidimpuan. Tel/Hp.081264005758 -081370727080.

    Harga Iklan per milimeter/kolom Hitam putih Rp.7.500,- Berwarna/Full Colorper milimeter/kolom Rp.21.000,-Iklan Mini per Sentimeter/kolom Rp.10.000,-Ukuran kolom 42 milimeter.

    PERCETAKAN, PT.Prakarsa Abadi Press, Jalan Sidorukun Medan. Isi diluartanggung jawab percetakan.

    USIANYA sudah menca-pai 77 tahun namun penam-pilan DR. H. ANIF, masihterlihat bugar dan enerjik.Sekilas, orang kebanyakansegan menegur atau menya-panya bila pertamakali berte-mu dengannya namun sosokinipula yang yang tak sung-kan-sungkan untuk menegurorang yang belum dikenalnya.Prinsip hidupnya, manusiaharus banyak berteman ka-rena teman itu pula yang akanmenjadi modal dalam menitikehidupan ini.

    Sikap keramahtamahan,murah senyum, rendah hatidan kedermawanan yangtanpa pamrih itulah yangmembuat pengusaha ini dike-nal luas oleh berbagai lapisanmasyarakat, mulai dari ma-syarakat kelas bawah hinggakalangan elite di SumateraUtara.

    Kedermawanannya puntak diragukan lagi. Sudahratusan masjid, madrasahyang dibangun dan anak yangdibiayai pendidikan olehbapak dari sembilan anak ini.Bahkan, dia sendiripun takingat lagi berapa jumlah mad-rasah, masjid maupun gedungyang sudah dibantu pem-

    bantu. Nggak ada maksudapapun, saya hanya merasahidup saya bahagia, ketikasaya bisa menyenangkan hatiorang lain. Saya nggak pedu-likan orang yang menaruhcuriga sama saya, yang pen-ting saya membantu ma-syarakat dengan ikhlas,ungkapnya.

    H Anif mengakui, jiwasosialnya sudah ada sejakmuda. Saya masih ingat,lajang dulu pernah menjualsepeda demi membantukawan yang mau membukausaha. Prinsipnya, saya takingin melihat kawan-kawan

    atau saudara kita atau banyakorang hidup menderita. Kalaukita bisa bantu orang lainmaka kita bisa menikmatihidup dengan bahagia,tuturnya.

    Dalam memberikan ban-tuan, H. Anif fokus pada duniapendidikan. Baginya, pendi-dikan formal dan agama samapentingnya. Tanpa pendi-dikan mau diapakan bangsaini! Saya yakin masyarakatbisa sejahtera jika dia berpen-didikan, sehingga gizi makan-nya tercukupi, anak bisasekolah. Makanya saya inginmengisi sisa hidup dengan

    kebajikan dan kebaikandalam membangun madrasahlebih banyak lagi, imbuh Anif.

    Sejumlah penghargaandan prestasi dia raih, karenakepedulian dan kecintaannyaterhadap dunia pendidikan,alam dan lainnya. Dia pernahmendapat anugerah beruparekor MURI karena orang per-tama kali yang menyediakanjasa mobil pembersih masjidgratis. Saya berbuat sebelumyang lain melakukannya,ujar Anif tersenyum.

    Anif juga sangat dekatdengan alam dan satwa.Awalnya, dia hendak menjualtanah kosong berupa rawa diKomplek Cemara Asri itu. Diapun berencana menimbun danmenjualnya. Namun, niat itudia urungkan karena telahmenjadi habitat bagi ribuanburung yang makin banyakberdatangan ke situ.

    Burung-burung i tumakhluk Tuhan yang membu-tuhkan tempat tinggal yangaman dan makanan cukup.Jadi paling tidak saya telahberusaha untuk saling berbagidengan makhluk Tuhan yangdengan membiarkan kawasanrawa-rawa itu, imbuhnyalagi. Dalam hal ini, lagi-lagi

    H. Anif, Bantu Orang Lain Bisa Menikmati Hidup Bahagia

    H Anif Shah dan putranya Musa Rajeck Shah.

    Berita Sore/Amrizal

    USAI menjalani pemeriksaan tim penyidik Kejagung di Kejari Medan, Sutias Handayani memberi keterangan kepada wartawan dihalaman Kejari Medan Jl. Parada Harahap Medan.

    Sutias Diperiksa KejagungMEDAN (Berita): Istri

    Gubernur Sumut nonaktifGatot Pujo Nugroho, SutiasHandayani, Rabu (18/11)diperiksa tim penyidik Keja-gung di aula kantor KejaksaanNegeri (Kejari) Medan.

    Dia mengaku diperiksaterkait korupsi dana Bansosdan dana hibah Pemprov Su-mut yang menjerat suaminya.Ada delapan pertanyaan.Bagaimana penggunaaandana hibah. Alhamdulillahkita sesuai peraturan dan kitatidak ada masalah, katanyasambil tersenyum.

    Sutias diperiksa penyidikKejagung dalam kapasitasnyasebagai Ketua Dewan Kera-jinan Nasional Daerah (Dek-ranasda) Sumut. Lembaga inijuga menerima aliran danaBansos pada 2012-2013. Kitagunakan Rp400 juta sekian,kita terimanya Rp700 juta,sisanya kita kembalikan kekas daerah. Sudah dikembali-kan, harus, Desember ituharus dikembalikan, ucapSutias.

    Dia memastikan tidak adamasalah dana Bansos dandana hibah di DekranasdaSumut pada 2012-2013. Tapisebagai pengguna dana hi-bah, kita juga ditanya, ucap-nya.

    Sutias menjalani peme-riksaan bersama sejumlahsaksi kasus Bansos dan danahibah di aula Kejari Medanmulai pukul 09.00. Dalamkasus ini, Gubernur nonaktifSumut Gatot Pujo Nugroho

    dan Kepala KesbangpolLinmas Eddy Syofian, sudahdijadikan tersangka.

    Gatot dinilai tidak mela-kukan verifikasi penerimadana Bansos. Sementara Eddymeloloskan berkas yangbelum lengkap.

    Istri pertama GubernurSumut nonaktif Gatot PujoNugroho, Sutias Handayani,buka suara soal kasus yangmenimpa suaminya. Dia jugamenyampaikan harapanterkait persoalan itu. Priha-tin. Namanya istri ya priha-tin, katanya saat ditanya soalkasus yang menimpa sangsuami.

    Gatot Pujo Nugroho sudahditetapkan sebagai tersangkadalam tiga kasus suap dangratifikasi yang ditanganiKomisi Pemberantasan Ko-rupsi (KPK). Istri keduanya,Evy Susanti, juga jadi ter-sangka dalam dua kasus diantaranya.

    Selain itu, Gatot juga ter-jerat kasus lain. Dia jaditersangka kasus dugaan ko-rupsi dana Bansos dan danahibah Pemprov Sumut 2012-2013 yang ditangani Kejak-saan Agung.

    Sutias menyampaikanharapannya terkait kasus-kasus yang menjerat sua-

    minya. Harapan kami yamudah-mudahan Sumut kedepan lebih baik.

    Saat ini Gatot masih dita-han KPK. Sutias mengakusudah menjenguk suaminya.Alhamdulillah sudah (je-nguk). Mungkin 4 kali,ucapnya.

    Dia mengatakan, saat iniGatot dalam kondisi sehat.Saat dijenguk, sang suamimemberi pesan padanyauntuk menjaga keluarga.Alhamdulillah bapak (Gatot)sehat. Pesannya jaga kese-hatan, jaga anak-anak. Kon-disi anak-anak alhamdulillahsehat, jelasnya. (ws)

    MEDAN (Berita):Penyidik Komisi Pem-berantasan Korupsi(KPK), Rabu (18/11)memeriksa 12 saksiterkait pengem-bangan kasus suapDPRD Sumut. Salahseorang saksi yangdiperiksa adalah ang-gota Dewan Perwa-kilan Daerah (DPDRI), juga mantan ang-gota DPRD Sumut2009-2014.

    Pemeriksaan hari kelimapara saksi masih berlangsungdi ruang Rupatama MakoBrimob Polda Sumut, JalanKH Wahid Hasyim Medan.

    Informasi di Mako BrimobPoldasu, yang menjalani pe-meriksaan KPK di antaranyaRijal Sirait, Helmiati (anggotaDPRD Sumut 2009-2014),DTM Abul Hasan Maturidi(anggota DPD Sumut 2009-2014), Arlene Manurung(anggota DPRD Sumut 2009-2014), Dermawan Sembiring(anggota DPRD Sumut 2009-2014), Bustami HS (anggotaDPRD Sumut 2009-2014 dan2014-2019), Musdalifah (ang-gota DPRD Sumut 2009-2014), Tonnies Sianturi (ang-gota DPRD Sumut 2009-2014), Ahmad Hosen Hutaga-lung (anggota DPRD Sumut2009-2014 dan 2014-2019),Murni Elieser Verawaty Mun-the (anggota DPRD Sumut2009-2014), M Simatupang(Kabid Sosbud BalitbangPemprov Sumut), NurulAzhar Lubis (anggota DPRDSumut 2009-2014), dan IndraAlamsyah (Fraksi Golkar).

    Anggota DPD RIDiperiksa KPK

    Berita Sore/Rizky Rayanda

    ANGGOTA DPD RI Rijal Sirait memberi keterangan di sela-sela pemeriksaan KPK di Mako SatBrimob Polda Sumut, Rabu (18/11).

    Rijal Sirait mantan ang-gota DPRD Sumut Periode2009-2014 yang kini duduksebagai Anggota DPD RI ke-pada wartawan di mako Bri-mobdasu menyabutkan, diatermasuk salah seorang ang-gota dewan yang mengajukaninterpelasi terhadap Gubsunon aktif Gatot Pujo Nugroho.

    Saya ikut menandatanga-ni pengajuan interpelasi. Sam-pai saat masa jabatan sayaberakhir tanda tangan itu ti-dak pernah saya cabut, ujar-

    nya.Ketika disinggung apakah

    dia menerima uang Rp350juta seperti di berkas KPKyang dikatakan mantan ang-gota DPRD Sumut lainnya,Syamsul Hilal, Rijal menegas-kan sama sekali tidak ada me-nerima uang.

    Seperti saya tegaskan,saya tidak ada mencabut tan-datangan untuk interpelasi,dari situ kan sudah bisa di-simpulkan, ujarnya sambilmenegaskan, dia sama sekali

    tidak mengetahui perihalbagi-bagi uang dari Pem-provsu di DPRD Sumut,untuk menutupi kebobrokanGatot sebagai Gubsu. Tidaktahu saya. Kalau tahu ya maulah. Siapa yang tidak mauduit, tapi dilihat darimanaasalnya, katanya.

    Rijal juga menjelaskan,dalam pemeriksaan penyidikKPK mempertanyakan ber-bagai hal seperti pengesahanAPBD, interpelasi hinggalaporan pertanggungjawa-ban.

    Sementara Indra Alam-syah yang datang sekitar pu-kul 15.00 masuk mako Brimobdan menuju ruang pemerik-saan KPK tergesa gesa.

    Dalam kasus ini KPKmenetapkan enam tersangka,yakni Gubernur Sumut nonaktif Gatot Pujo Nugroho,Ketua DPRD Sumut AjibShah, Ketua DPRD Sumutperiode 2009-2014 SalehBangun, tiga Wakil KetuaDPRD Sumut periode 2009-2014, Chaidir Ritonga, SigitPramono Asri dan Kamalud-din Harahap.

    Selain Kamaluddin Hara-hap yang mangkir panggilanKPK, semua tersangka sudahditahan KPK.

    Hingga hari ke lima KPKsudah memeriksa 72 mantandan anggota DPRDSU sertaSKPD Sumut. (ws)

    MEDAN (Berita): Timpenyidik Kejaksaan Agung RIkembali menggeledah KantorGubsu, Rabu (18/11). Merekajuga memeriksa Kabag Per-bendaharaan Biro KeuanganSetdaprovsu Ilyas Hasibuandalam kasus Bansos yangmenyebabkan Gubsu non-aktif, Gatot Pujo Nugroho danKaban Kesbangpollinmas,Eddy Sofyan menjadi ter-sangka.

    Pantauan di Kantor Gub-su, terlihat penyidik Kejagungmengajukan beberapa perta-nyaan kepada Ilyas dan se-orang stafnya terkait laporan

    keuangan. Bahkan sebelummemeriksa, tim penyidik sem-pat minta beberapa berkas diruang Kas Daerah (Kasda)Biro Keuangan Setdaprovsu.

    Melihat keberadaan war-tawan yang melakukan peli-putan pemeriksaan dirinyadan stafnya, Ilyas minta agarwartawan ke luar. Coba ka-lian ke luar dululah biar la-pang ruangan ini. Nanti sajakalian sorot kalo saya sudahjadi artis, ujar Ilyas.

    Selang beberapa menitmasuk dua lagi penyidik Ke-jagung ke ruangan Kabag Per-bedaharaan Biro Keuangan

    Setdaprovsu, ikut memeriksaIlyas Hasibuan.

    Ada KejanggalanUsai melakukan pemerik-

    saan, Ketua Tim PenyidikKejagung Viktor Antoniusmengatakan, pihaknya se-dang melakukan pendalamantentang audit yang dilakukanBPK mengenai penghitungankerugian negara.

    Meski sebelumnya sudahdilakukan pemeriksaan, kataAntonius, namun pihaknyamasih mengulangi pemerik-saan itu kembali. Karena da-lam pemeriksaan sebelumnya,pihaknya menemukan adabeberapa kejanggalan dalamlaporan dibuat Pemprovsu.

    Iya, kita ulang kembali.Ada beberapa kejanggalandalam laporan mereka. Dannanti akan kita buka hal ter-sebut di pengadilan, sebut-nya.

    Antonius menjelaskan,sebelumnya pihaknya sudahmelakukan koordinasi dengantim audit BPK untuk memas-tikan ada kejangggalan atautidak dalam penanganan Ban-sos ini.

    Ditanya mengenai ke-janggalan, apakah ada datayang sengaja dihilangkan olehPemprovsu, Antonius menga-takan mungkin saja itu ter-jadi.

    Ditanya kembali apakahbanyak data yang dihilangkanpihak Pemprovsu mengenailaporan Bansos, Antonius punmengatakan bukan dihilang-kan, melainkan ada selisihdalam perhitungan pelaporanyang dibuat Pemprovsu.

    Lalu tentang mengapahanya Biro Keuangan yangterus diperiksa Kejagungdalam kasus Bansos, Antoniusmenjawab, karena Biro Ke-uanganlah yang menjadipusat perputaran aliran DanaBansos.

    Mengenai kemungkinanakan ada tersangka baru, me-nurut Antonius, ada kemung-kinan. (ws)

    Laporan Bansos Janggal,Kantor Gubsu Digeledah Lagi

    MEDAN (Berita): PltGubsu HT Erry Nuradi me-ngatakan Pemprovsu me-nyambut baik dan memberiapresiasi pembentukan TimPengawal, Pengamanan Pe-merintahan dan Pembangu-nan Daerah (TP4D) yang di-laksanakan Kejaksaan TinggiSumatera Utara (Kejatisu).

    Plt Gubsu menilai ini bu-kan hanya untuk mendorongpelaksanaan pemerintahandan pembangunan di daerahkhususnya di Sumatera Utaraagar bisa berjalan bersih,aman dan terhindar dari ma-salah hukum, tapi juga seba-gai sarana strategis untukmenguatkan jalinan koordi-nasi dan sinergitas antarapemerintah daerah, DPRD,Walikota/Bupati se SumateraUtara bersama pihak kejak-saan TNI dan Polri.

    Hal tersebut disampaikanPlt Gubsu pada Launchingdan Sosialisasi PembentukanTim Pengawal, PengamananPemerintahan dan Pemba-ngunan Daerah (TP4D) Keja-tisu di aula Martabe, Lantai2 Kantor Gubsu, Rabu (18/11).

    Hadir FKPD ProvinsiSumatera Utara, Kajatisu MYusni, para bupati/walikotase Sumatera Utara, Kajarikabupaten/kota se-Sumut danpara Kepala SKPD ProvinsiSumatera Utara.

    Plt Gubsu dalam perspek-tif administrasi publik me-nyampaikan salah satu pe-nyebab terjadinya krisis multidimensi di Indonesia disebab-kan adanya salah keloladalam penyelenggaraan tatapemerintahan atau poor go-vernance. Ditandai denganbanyaknya korupsi, kolusi dannepotisme, rendahnya kinerjaaparatur pemerintah baikdalam pengelolaan anggarannegara mau pun pelayananpublik.

    Kenyataan di lapanganpenerapan tata pemerintahanyang baik di Indonesia khu-susnya di daerah belum

    berhasil sepenuhnya. Selainmasih banyaknya ditemukankecurangan dan kebocorandalam pengelolaan keuangannegara, permasalahan utamayang terlihat dalam penge-lolaan negara adalah ketidak-mampuan pemerintah mem-beri pelayanan yang baik dankomprehensif kepada publik.

    Karena itu Plt Gubsu me-nekankan kepada Bupati danwalikota se Sumut untuk me-nerapkan good governancemelalui pelayanan prima bagimasyarakat. Salah satu di an-taranya dengan menerapkanProgram Administrasi Terpa-

    du Kecamatan sesuai Permen-dagri Nomor 4 Tahun 2010.Dia minta Bupati dan Waliko-ta mendelegasikan sebagiankewenangannya ke tingkatkecamatan sehingga lebihmemudahkan masyarakat.

    Sedangkan Asisten IntelKejati Sumut Nanang Sigitmengatakan maksud dantujuan diselenggarakan acaraagar keberadaan TP4D untukwilayah Sumut dapat diketa-hui secara umum khusunyapara pimpinan SKPD provsu,bupati/walikota dan kepalaBUM/BUMD di SumateraUtara. (ws)

    TP4D Berfungsi JalankanPemerintahan Bersih

    bangunannya untuk tempatpendidikan bagi masyarakatSumut.

    Selasa (17/11) malam,Redaksi Harian Berita Sorehadir ke rumahnya di Jln.Pinus Komplek Cemara Asri,Desa Sampali, Kec PercutSeituan. Malam itu, H Anifbersama anaknya nomordelapan, Musa Rajeck Shahmenyambut Berita Soredengan hangat. Sembarimakan malam, dia berceritabanyak hal terutama kondisikemiskinan yang dialamimasyarakat Sumut. Inilahyang melatarbelakangi H.Anif, tergerak hatinya rutinmembantu masyarakat.

    Saya yakin, kita bisamenikmati kehidupan inidengan bahagia, jika kita bisabuat oranglain bahagia. Diusia saya saat ini, saya masihberguna bagi orang banyak.Oya, kabari saya jika ada anakSMA juara 1 tetapi tidak me-miliki biaya untuk menerus-kan pendidikan tinggi, kataAnif .

    Tak ada maksud apapunketika kakek dari 27 cucu inimembantu masyarakat. Teta-pi masih ada saja kecurigaanorang ketika dirinya mem-

    H. Anif Shah menerima pia-gam Rekor MURI pada Maret2013 lalu.

    Amal dan niat baik yangmenjadi penyemangatnya.Meski tidak duduk di peme-rintahan, kontribusinya untukSumut cukup luar biasa. Diayakin, banyak dunia usahasebenarnya mau membantuinfrastruktur di Sumut, tapimereka ragu apakah bantuanitu tepat sasaran atau tidak.

    Sebenarnya banyakorang yang mau membantu,hanya saja mereka mungkinsangsi bantuan yang diberi-kan tepat sasaran atau tidak.Karena tidak semua orangpunya waktu untuk meman-tau bantuan yang diberikanitu, tambahnya.

    Sebagi pengusaha suksesdan terkenal, dia tidak pernahmembedakan pegawai dengandirinya. Menurutnya, derajatorang semua sama dihadapanAllah, hanya rezekinya sajayang berbeda. Saya selaluberpesan kepada anak-anakdan keluarga untuk bertemanpada semua orang. Teman itumodal. Uang boleh habis,kalau ada teman past iditolong, pesannya.

    (att)

  • 4Berita Sore

    Jumat

    20 November 2015Medan

    MEDAN (Berita): Plt Gubsu HT Erry Nura-di mengajak seluruh instansi dan elemen ma-syarakat untuk bersinergis dalam memaksi-malkan potensi sektor Pertanian, Perikanandan Kehutanan (P2K) di Sumut dalam upayamencapai impian Sumut Paten.

    kepada penyuluh pertanian,perikanan dan kehutananmeningkatkan kinerjanyadalam mendorong pemanfaat-kan tiga sektor tersebut.

    Sementara Wakil BupatiLangkat Sulistianto menga-

    takan, Jambore P2K menjadipemicu semangat bagi parapetani di Sumut, terutamapetani Langkat untuk me-ningkatkan produktivitas sek-tor pertanian dan perikanan.

    Jambore P2K dimeriah-

    kan pameran teknologi perta-nian, penyerahan bibit, penye-rahan bantuan kepada Kelom-pok Tani, dan penyerahanhadiah Lomba Cerdas Cer-mat. Jambore berlangsung 3hari. (ws)

    Jambore P2K Sumut Di Langkat

    Plt Gubsu: MaksimalkanPemanfaatan Sektor P2K

    Harapan itu disampaikanHT Erry Nuradi dalam acaraJambore P2K Tingkat Pro-vinsi Sumut di alun-alunTengku Amir Hamzah, Stabat,Langkat, Rabu (18/11).

    Hadir Kepala Pusat Pe-nyuluhan Pertanian, BadanPenyuluhan dan Pengem-bangan Sumber Daya Manu-sia (SDM) Pertanian MomonRusmono dan Kepala Bakor-luh Provinsi Sumut BonarSirait, Wakil Bupati LangkatSulistianto dan sejumlahBupati/Walikota se Sumut.

    Erry mengatakan, Sumutmemiliki sejumlah sektorunggulan, tiga di antaranya

    adalah sektor pertanian, peri-kanan dan kehutanan. Ke tigasektor tersebut hingga kinibelum dikelola secara mak-simal hingga tidak memberimanfaat dalam mendongkrakkesejahteraan masyarakat.

    Sumut memiliki kekaya-an alam luar biasa. Tetapibelum dimanfaatkan secaramaksimal. Ini tidak bolehterus berlanjut. Sektor per-tanian harus kita kembang-kan dalam upaya mencapaiketahanan dan swasembadapangan. Begitu juga sektorperikanan dan kehutanan,ujar Erry.

    Erry juga mengimbau

    MEDAN (Berita): AnisyaUl Husin, mahasiswa Faku-ltas Kedokteran UniversitasMuhammadiyah SumateraUtara (FK UMSU) terpilihmewakili Sumatera Utara diajang pemilihan Duta Gene-rasi Berencana (GenRe) Su-mut ke tingkat nasional.

    Ada ratusan mahasiswadari berbagai universitas ne-geri dan swasta yang meng-ikuti seleksi Duta GenRe yangdiadakan BKKBN Sumut.Namun pada tahap akhir, adadua yang dipilih untuk me-wakili Sumut ke tingkatnasional yakni dari USU dansaya sendiri dari FK UMSU,ungkap Anisya.

    Dijelaskan dia, tahapanseleksi yang dilaksanakanBKKBN Sumut dalam pemili-han Duta GenRe cukup ketat.Peserta harus menyampaikanpresentasi tentang isu-isuaktual, tes kemampuan publicspeaking, kepribadian danbakat.

    Peserta dalam hal inidituntut untuk menguasaiwawasan budaya dan kebang-saan, ujarnya.

    Sebagai Duta GenRe yang

    mewakili Sumut ke tingkatnasional, Anisya mengaku,telah mempersiapkan diriuntuk bisa tampil maksimal.Persiapan yang dilakukanmeliputi pengumpulan bahanpresentasi dan menjalankanprogram kerja sebagai DutaGenRe yang meliputi banyakaspek diantaranya, meliputimasalah sosial, pendidikanbudaya dan kesehatan.

    Dari berbagai aspekprogram yang dilaksanakanitu, sebagai Duta GenRe, sayaharus terjun ke masyarakatuntuk ikut membantu mem-berikan solusi terhadap per-soalan yang dihadapi,katanya.

    Seleksi nasional sendiriakan dilangsungkan di Ja-karta pada 23 hingga 28November 2015. Tema dalamkegiatan ini Revolusi Men-tal, peserta dituntut sebagaiagen perubahan yang mem-berikan inspirasi kepada ge-nerasi muda.

    Anisya berharap du-kungan masyarakat Sumutuntuk bisa tampil maksimaldan mengharumkan namadaerah ini. (aje)

    MEDAN (Berita): Seleksipenerimaan karyawan di PTMujur Timber mendapatperhatian yang cukup besardari alumni Institut TeknologiMedan (ITM). Ini dapat dilihatdari tingginya minat paraalumni untuk mendaftar danmengikuti test perusahaanitu. Pendaftaran digelar diruangan wakil rektor IV ITMJalan Gedung Arca Medan.

    Sejak dibukanya pendaf-taran seleksi penerimaan kar-yawan di PT Mujur Timber,setiap harinya ada saja alumniyang datang untuk menanya-kan pembukaan lowongankerja, ungkap staf WakilRektor IV Bidang KerjasamaIr Zulkifli.

    Dia menyebutkan, pela-mar yang mengikuti seleksipenerimaan karyawan di PTMujur Timber berjumlah 37orang.

    Kemungkinan pesertayang mendaftar bisa bertam-bah mengingat masih pan-jangnya tenggang waktu pene-rimaan dibuka. Kita masihmenunggu kepastian daripadapihak PT Mujur Timber ten-

    tang batas akhir penutupan-nya, ujarnya.

    Dia mengatakan, seleksipenerimaan karyawan di PTMujur Timber memang dila-kukan di Medan. Namunsebelum dilakukan seleksi,seluruh berkas peserta akandikirimkan kepada pihakperusahaan untuk dilakukanpengecekan terlebih dahulu.

    Mudah-mudahan syaratyang telah dilengkapi parapelamar tidak ada masalah,sehingga mereka bisa meng-ikuti seleksi dengan baik danlancar. Para alumni akhirnyadapat diterima sebagai karya-wan di perusahaan yang ber-gerak di dalam pembuatantriplek ini, ungkapnya.

    Dia berharap dengan ada-nya penerimaan seleksi kar-yawan di PT Mujur Timberini, akan diikuti oleh perusa-haan-perusahaan yang adadi Sumatera Utara maupundiluar Sumatera. Dia menya-kini alumni ITM memiliki skiilyang handal dalam bidang-nya.

    Ditempat terpisah, Kahu-mas ITM M Vivahmi Manaf-

    sah SH MSi mengapresiasipihak PT Mujur Timberdengan melakukan seleksimasuk karyawan bagi paraalumni ITM.

    Saya harap alumni ITMmemanfaatkan kesempatanini dengan sebaik-baiknya,karena ini hanya sekali da-tangnya, tuturnya.

    Dengan adanya penerima-an seleksi karyawan di PTMujur Timber nantinya akanterjalin kerjasama antara ITMdengan PT Mujur Timber ter-utama yang berkaitan denganpenerimaan karyawan. Apa-lagi seleksi penerimaankaryawan di PT Mujur Timberkali pertama diadakan di ITM.

    Vivahmi menyebutkanITM kini telah menjalin kerja-sama dengan berbagai perusa-haan -perusahaan yang adadi Indonesia. Hal ini bertujuanuntuk memberikan kesem-patan bagi para mahasiswadan alumni ITM untuk melau-kan pengabdian masyarakatberupa Kuliah kerja Nyata(KKN) dan juga membukakesempatan bekerja bagialumni ITM. (aje)

    MEDAN (Berita): Pelan-tikan Himpunan MahasiswaMesin Universitas Muham-madiyah Sumatera Utara(HMM UMSU) periode 2015-2016 diharapkan membuathimpunan program studiTeknik Mesin Fakultas TeknikUMSU berkarya nyata sesuaiprogram kerjanya dan aturankemahasiswaan serta tridarma perguruan tinggi.

    HMM harus melaksana-kan dan mengambil porsiprogram kerja prioritas seba-gai langkah awal, dan bersi-nergilah untuk kejayaanHMM prodi teknik mesin,fakultas teknik, dan UMSU,kata Dekan FT UMSU Rah-matullah, ST MSc ketikamenghadiri pelantikan HMMTeknik Mesin FT UMSU,kemarin.

    Hadir di kesempatan ituWakil Dekan I MunawwarAlfansuri Siregari, WakilDekan III Khairul Umurani,Ketua Prodi Teknik MesinAffandi ST dan Sekretarisprogram studi mesin ChandraA Siregar ST, ketua prodi tek-nik sipil dan teknik elektro,

    lembaga mahasiswa fakultasteknik (BEM Teknik, IMMTeknik, Himpunan Mahasis-wa Sipil, Ikatan MahasiswaElektro.

    Ketua program studi(prodi) teknik mesin UMSUAffandi didampingi Sekretarisprodi Chandra Siregar me-minta kepada pengurus yangbaru dilantik dapat melanjut-kan program kerja. Selain itujuga tetap menjaga keber-samaan dalam membangunfakultas teknik khususnyaprogram studi teknik mesin.

    Pada kesempatan itu jugadisampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus lamadibawah kepemimpinan Rah-mad Kurniawan Rambe atasprogram kerja yang telahdilaksanakan dan tetap beker-jasama dalam memandu ataumembina kepengurusan yangbaru ini.

    Di tahun kedua kamimelantik himpunan ini sangatdiharapkan kedepan programkerja yang dilaksanakan lebihbanyak ke bidang akademik-nya, karena memang himpu-nan itu konsen di bidang ke-

    ilmuannya yaitu teknik mesinsesuai dengan pedoman orga-nisasi kemahasiswaan umsu,ujarnya.

    Selanjutnya diera kepe-mimpinan ini diharapkanmempunyai suatu produkatau ikon yang berhubunganerat dengan teknik mesin.Karena dengan produk atauikon tersebut himpunan ma-hasiswa mesin umsu ini lebihdikenal oleh masyarkat ataudunia industri.

    Affandi juga meminta agarmelakukan hubungan siner-gisitas antara rektorat, pim-pinan fakultas, dan pimpinanprodi dalam menjaga, danmengembangkan UMSUserta menjalankan program-program kerja baik itu darirektorat, pimpinan fakultas,program studi, maupun darihimpunan agar bisa beker-jasama untuk kemajuan dankebersamaan.

    Adapun pengurus danKetua HMM dipimpin MFachri Zendrito, SekretarisRandy Andara Perangin-angind a n b e n d a h a r a D a v i dSonuddin. (aje)

    MEDAN (Berita): Kepoli-sian Daerah Sumatera Utarabeserta perkuatannya didu-kung oleh instansi terkait danmitra kamtibmas lainnyamenyelenggarakan Ops Kepo-lisian Kewilayahan dengansandi Mantap Praja Toba 2015 dalam rangka back-uppengamanan pemilukada di23 kab / kota di wilayah pro-vinsi Sumut.

    Kegiatan itu telah di mulaidari tahap pendaftaran sam-pai dengan pelantikan denganmengedepankan kegiatanpreventif yang didukung ke-giatan preemtif, intelijen dankegiatan penegakkan hukumguna terselenggaranya pemi-lukada di 23 kab/kota denganlancar, aman dan kondusif.

    Bahwa dari sebanyak 20satuan kewilayahan (Polres)yang melaksanakan pemi-lukada serentak, pada saatpemungutan suara tanggal 09Desember 2015 terdapathanya 15 satuan kewilayahan(Polres) yang memerlukan Ba-wah Kendali Operasi (BKO)yaitu sebanyak 3.505 perso-nel, terang Kabid HumasPoldasu, Kombes Helfi Asegaf,Rabu (18/11) kepada warta-wan.

    Ditambahkannya, bahwapenugasan Bawah KendaliOperasi (BKO) di 15 satwiladalah untuk pengamananTPS, Ton Dalmas kerangkadan Ton tindak, sedangkanlama penugasannya menye-suaikan permintaan satwilyang melaksanakan pemi-lukada.

    Dipaparkannya personelyang dikerahkan yaitu, PolresSergai : lama BKO 4 hari(tanggal 08 s/d 11 Desember2015) jumlah BKO personelsebanyak 95 orang.

    Polres Tanah Karo : LamaBKO 10 hari (tanggal 08 s/d17 Desember 2015) jumlahBKO personel sebanyak 106orang.

    Polres Simalungun : LamaBKO 8 hari (tanggal 06 s/d 13Desember 2015) untuk Tontindak dari Sat Brimobdengan jumlah BKO personelsebanyak 150 orang dan 4 hari(tanggal 08 s/d 11 Desember2015, dan untuk PAM TPSjumlah BKO personel seba-nyak 150 orang.

    Polres P.Siantar : LamaBKO 6 hari (tanggal 07 s/d 12Desember 2015) jumlah BKOpersonel sebanyak 50 orang.

    Polres Asahan : LamaBKO 4 hari (tanggal 08 s/d 11Desember 2015) jumlah BKOpersonel sebanyak 180 orang.

    Polres Labuhan Batu :Lama BKO 18 hari (tanggal03 s/d 20 Desember 2015)untuk Ton tindak dari SatBrimob dengan jumlah BKOpersonel sebanyak 100 orangdan 15 hari (tanggal 03 s/d 17Desember 2015) untuk PAMTPS jumlah BKO personelsebanyak 100 orang.

    Polres Madina: LamaBKO 30 hari (tanggal 01 s/d30 Desember 2015) jumlahBKO personel sebanyak 60orang untuk ton tindak BKOSatBrimob.

    Polres Tapsel : Lama BKO5 hari (tanggal 08 s/d 12Desember 2015) jumlah BKOpersonel sebanyak 196 orang.Polres Tobasa lama BKO 6hari (tanggal 07 s/d 12 Desem-ber 2015) untuk Ton tindakdari Sat Brimob dengan jum-lah BKO Personel sebanyak30 orang dan 5 hari (tanggal07 s/d 11 Desember 2015)untuk PAM TPS jumlah BKOpersonel sebanyak 100 orang.

    Polres Samosir: LamaBKO 42 hari (tanggal 20Nopember s/d 31 Desember2015) untuk Ton tindak dariSat Brimob dengan jumlahBKO personel sebanyak 60orang dan 8 hari (tanggal 05s/d 12 Desember 2015 untukPAM TPS jumlah BKO perso-nel sebanyak 200 orang.

    Polres Humbahas lamaBKO 6 hari (tanggal 07 s/d 12Desember 2015) untuk Tontindak dari Sat Brimobdengan jumlah BKO personelsebanyak 60 orang dan PAMTPS jumlah BKO personelsebanyak 242 orang.

    Polres Pak-pak Bharat :Lama BKO 5 hari (tanggal 07s/d 11 Desember 2015) untukKompi Dalmas dan ton tindakdengan personel BKO berasaldari Polres Dairi 100 orangdan Sat Brimob sebanyak 30orang.

    Polres Sibolga : LamaBKO 4 hari (tanggal 07 s/d10 Desember 2015) untuk Tontindak dari Sat Brimobdengan jumlah BKO personelsebanyak 63 orang dan 3 hari(tanggal 08 s/d 10 Desember2015) untuk PAM TPS jumlahBKO personel sebanyak 83orang.

    Polres Nias lama BKO 15hari (tanggal 06 s/d 20 Desem-

    ber 2015) untuk Ton tindakdari Sat Brimob dengan jum-lah BKO personel sebanyak80 orang dan 5 hari (tanggal06 s/d 10 Desember 2015)untuk PAM TPS jumlah BKOpersonel sebanyak 440 orang.

    Polres Nias Selatan lamaBKO 15 hari (tanggal 04 s/d 18 Desember 2015) untukTon tindak dari Sat Brimobdengan jumlah BKO personelsebanyak 150 orang dan 15hari (tanggal 04 s/d 18 Desem-ber 2015) untuk PAM TPSjumlah BKO personel seba-nyak 680 orang.

    Guna kelancaran dalampenugasan BKO, bahwa per-sonel yang di BKO kan adalahdibawah kendali kapolressetempat selaku Ka Ops ResMantap Praja Toba-2015untuk masing-masing tingkatsatwil dan diberikan APPsebelum melaksanakan tugasserta menjaga netralitas Polri,para personel PAM TPS sudahberada H-1 dilokasi penga-manan/desa / kelurahan sertabertugas mendokumentasi-kan, mencatat hasil perolehansuara di TPS nya masing-ma-sing. Pungkas Helfi.

    (anw)

    Berita Sore/Surya Efendi

    Plt Gubsu HT Erry Nuradi di dampingi Wakil Bupati Langkat dan Kepala Bakorluh Provinsi SumutBonar Sirait menyerahkan bibit kepada sejumlah perwakilan Kelompok Tani dalam acara JamboreP2K Tingkat Provinsi Sumut di Alun-alun Tengku Amir Hamzah Stabat, Langkat, Rabu (18/11).

    Amankan Pilkada Serentak

    Poldasu Gelar OperasiMantap Praja 2015

    HMM UMSU Terus Berkarya Nyata

    PT Mujur Timber Dibanjiri Alumni ITM

    MEDAN (Berita): Dalammemberantas penyakit ma-syarakat, Polsek Medan Areamelaksanakan Operasi PekatToba 2015 dan berhasil meng-amankan 27 pemain judi darilokasi berbeda, Rabu (18/11).

    Kapolsek Medan Area,Kompol T Rizal Moelana,didampingi Kanit ReskrimPolsek Medan Area, AKPAlexander Pilliang kepadaWaspada Online mengatakan,dalam penangkapan parapemain judi tersebut jugaturut diamankan berbagaibarang bukti yaitu kartu remidan uang tunai ratusan riburupiah dari lokasi judi.

    Penangkapan para pe-main judi tersebut sebagaibentuk penertiban dimanapara pemain judi sudahsangat meresahkan masya-rakat, dalam rangka OperasiPekat Toba 2015, katanyasaat memaparkan pemain judidi halaman Polsek Medan

    Area.Dijelaskan operasi terse-

    but akan terus digelar secaraberkesinambungan sehinggamemberikan rasa nyamankepada masyarakat. Semuayang berhubungan dengantindak pidana akan diprosessecara hukum, katanya.

    Mantan Kanit MedanTimur ini mengungkapkan,pemain judi yang diamankantersebut memang sudah dike-nal sangat meresahkan.

    Penangkapan para pe-main judi ini atas tindak lanjutlaporan warga sekitar yangbermukim di wilayah hukumPolsek Medan Area menye-butkan keberadaannya sudahsangat meresahkan, ungkapAlexander.

    Saat ini para preman danpemain judi sudah diamankandi Polsek Medan Area. Dankini tengah menjalani peme-riksaan di ruangan juruperiksa. (wol)

    Polsek Medan Area AmankanPuluhan Pemain Judi

    MEDAN (Berita): KamarDagang dan Industri (Kadin)Sumatera Utara menyuratiberbagai negara di ASEAN se-perti Malaysia, Philipina,Thailand dan Singapura, juganegara Eropa menawarkaninvestasi di daerah ini.

    Kadin sudah menyuratinegara-negara itu bulan lalu,kata Ivan Iskandar Batubara,Ketua Kadin Sumatera Utaradi Medan Kamis (19/11).

    Ivan menyebut surat yangmereka kirim kepada pengu-saha di sana yang belum mela-kukan investasi di Sumutintinya meminta dulu tangga-pan mereka tentang SumateraUtara, salah satu provinsi diIndonesia, bagaimana kaca-mata mereka melihat provinsidi ujung Sumatera ini. Tang-gapan mereka itu penting bagikita di sini. Sisi lain, Kadinjuga memaparkan potensiyang ada di sini dan menarikuntuk investasi.

    Ia mengakui kondisi Su-mut saat ini masih galaukarena banyak tersandungmasalah hukum, sehinggapenting respon pengusahaluar untuk mengerti Sumutbahwa investasi di daerah ini

    Ist

    POLSEK Medan Area berhasil mengamankan 27 pemain judi dari lokasi berbeda, Rabu (18/11).

    cukup menjanjikan.Menurut Ivan, jika mere-

    ka memberikan pendapatbagaiamana Sumut maka kitadapat lebih mempersiapkandiri. Kepada anggota Kadindiminta bersiap-siasp menjadipartner bisnis investor asing.Sebab setiap investor asingmasuk harus menjalin kerja-sama dengan pengusaha lokal.

    Mengenai Kawasan Eko-nomi Khusus (KEK) SeiMangke yang masih melem-pem, Ivan menyebut memangkondisinya terpengaruh dariperekonomian yang melambatsaat ini, baik global maupunlokal. Saat inipun pengusahasedang menyusun belanjamodal. Sehingga pengusahalebih banyak wait and see.Oleh karena itu pemerintahmengeluarkan berbagai kebi-jakan termasuk KebijakanPaket Ekonomi jilid VI yanglebih mengutamakan percepa-tan kawasan industri sepertiKEK Sei Mangke.

    Sebelumnya penggagasKEK Sei Mangke Amri Sire-gar kepada wartawan kema-rin mengakui infrastrukturKEK Sei Mangke memangbelum siap. Namun infrstruk-

    tur itu dibuat setelah masukinvestor. Kondisi ini memangbeda dengan negara luar yanginfrastrukturnya dulu dibuatbaru ditawari ke investor.

    Sejak peletakan batu per-tama (ground breaking)Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) Sei Mangke di Suma-tera Utara oleh Presiden JokoWidodo, 27 Januari 2015,namun sampai sekarang takbanyak yang berniat investasidi sana, hanya ada PT Unile-ver yang menggelontorkaninvestasinya Rp1,5 triliun dariperkiraan Rp1 triliun.

    Ivan menyebut di KEK SeiMangke memang harus adapembenahan sambil jalaninvestor masuk. Sebab Sumutharus bangga punya KEK SeiMangke yang ditetapkanpemerintah masuk dalam

    Masterplan Percepatandan Perluasan PembangunanEkonomi Indonesia (MP3EI).Di Indonesia ada delapankoridor KEK yang bagian dariMP3EI, satu diantaranyaKEK Sei Mangke.

    Mudah-mudahan per-lambatan ekonomi tak lamasehingga investasi mening-kat, katanya. (wie)

    Kadin Sumut TawarkanInvestasi Ke ASEAN Dan Eropa

    Mahasiswa FK UMSUDuta GenRe Sumut

    MEDAN (Berita): Dalamrangka menjaga kualitas airyang didistribusikan kepadapelanggan, PT Tirta Lyion-naisse Medan (TLM) yangmerupakan mitra PDAMTirtanadi dalam penyediaanair bersih akan melakukanpencucian pipa transmisi 500mm. Hal ini dikatakan Kadiv.Public Relations PDAM Tirta-nadi Irsan Effendi Lubis,S.Sos, MM melalui siaranpersnya kepada awak media,Kamis (19/11).

    Pencucian pipa transmisimaupun pipa distribusi rutinkami lakukan setiap tahun-nya sebagai upaya untuk men-jaga kualitas air yang didistri-busikan kepada pelanggan,kata Irsan Effendi.

    Irsan menyebut pencucianpipa transmisi diamater 500mm mulai dari IPA TLM sam-pai ke perbatasan Medan Tanjung Morawa (depan Sian-tar Top) akan dilaksanakanpada hari Jumat malam Sabtu(20/11) mulai pukul 21.00 WIBdan diperkirakan selesaipukul 04.00 WIB dinihariSabtu (21/11).

    Selama pelaksanaan pen-cucian pipa transmisi tersebut,

    produksi air IPA TLM berhentitotal sehingga beberapa wila-yah pelayanan terganggu baikkualitas, kuantitas maupunkontinutasnya.

    Adapun wilayah yangmengalami gangguan pelaya-nan yaitu : Jl. Medan - Tan-jung Morawa, PerumahanTamora Indah, Jl. Balai Desa,Jl. Patumbak, Jl. Pertahanan,Gang Dame, Jl. Menteng, Jl.Garu I s/d Jl. Garu III sekitar-nya, Jl. Panglima Denai, Jl.Seksama, Jl. M Nawi Hara-hap, Jl. Swadaya, Jl. Bromo.

    Pendistribusian air diwilayah tersebut diatas akanberoperasi kembali pada dini-hari Sabtu tanggal 21 Novem-ber 2015 namun karena pengi-sian pipa dan pemerataantekanan memerlukan waktulama maka pendistribusianair diwilayah tersebut baruakan normal kembali padahari Minggu tanggal 22November 2015.

    Kami mohon maaf atasketidaknyamanan ini, pelang-gan yang mengalami gang-guan air dapat menyam-paikan keluhannya ke cabangterkait, demikian disam-paikan Irsan Effendi. (wie)

    PT TLM Cuci Pipa TransmisiDistribusi Air Tirtanadi Terganggu

    MEDAN (Berita): Sesamamahasiswa Universitas Dar-ma Agung yang berada diJalan T.D Pardede, Kecam-atan Medan Petisah salingbentrok, Kamis (19/11).

    Keterangan yang dipero-leh, bentrokan tersebut dila-kukan antara mahasiswa dariFakultas Hukum dan Fakul-tas Teknik.

    Yang bentrok tadi itumahasiswa dari FakultasTeknik dan Fakultas Hukumbang, terang salah seorangmahasiswa saat ditemui.

    Mahasiswa yang enggan

    menyebutkan inisialnya terse-but, tidak mengetahui persispenyebab terjadinya insidenbentrokan yang dilakukanantar mahasiswa itu.

    Saat bentrok tadi kamisedang melaksanakan ujianbang. Jadi aku tidak tau pastipenyebab bentroknya, sebutsumber.

    Mendapat laporan adanyamahasiswa Universitas Dar-ma Agung terlibat tawuran,puluhan personel kepolisiandari Polsek Medan Baru turunke lokasi.

    Para personel kepolisian

    Ist

    SESAMA mahasiswa Universitas Darma Agung saling bentrok, Kamis (19/11).

    Mahasiswa Universitas Darma Agung Bentroktampak membubarkan keru-munan mahasiswa yang bera-da di luar maupun dalamgedung kampus UniversitasDarma Agung. Selain itupetugas juga terlihat berjaga-jaga sembari menyisir sepu-taran kampus untuk meng-antisipasi adanya bentrokansusulan.

    Hingga berita ini ditu-runkan belum ada keteranganresmi yang diberikan pihakkampus Universitas DarmaAgung terkait tawuransesama mahasiswa itu.

    (wol)

    KampusKedokteranUISU KembaliMemanas

    MEDAN (Berita): KampusKedokteran Universitas IslamSumatera Utara (UISU) Al-Munawaroh yang berada diJalan Sisingamangaraja, Ke-camatan Medan Kota kembalimemanas, Kamis (19/11).

    Informasi yang diperolehdari lapangan menerangkan,kembali memanasnya kondisiKampus Kedokteran UISUtersebut dikarenakan pihakKampus UISU Al-Manaringin merebut kembali gedungKampus Kedokteran UISUJalan Sisingamangaraja,Medan.

    Selain itu untuk merebutgedung Kedokteran UISUtersebut pihak yang bersiteruakan membawa sejumlahoknum yang diduga preman.

    Untuk mengantisipasiadanya aksi-aksi anarkis yangdapat menimbulkan korbanjiwa atas perebutan gedungKampus Kedokteran UISU,puluhan personel kepolisiandari Sabhara Polresta Medandan Polsek Medan Kota disia-gakan. Belum ada keteranganresmi dari yayasan. (wol)

  • A5EkonomiBerita SoreBerita SoreBerita SoreBerita SoreBerita SoreJumat20 November 2015

    Nilai Mata Uang RupiahTerhadap Mata Uang Asing

    Harga Emas Di Medan

    Mata Uang Simbol Jual (Rp) Beli (Rp)

    Dolar Amerika USD 13856 13.718Dolar Australia AUD 9.930,60 9.824,83Dolar Hongkong HKD 1.787,80 1.769,93Yen Jepang JPY 112,37 111,21Dolar Singapura SGD 9.772,89 9.672,14Ringgit Malaysia MYR 3.186,75 3.149,94Euro EUR 14.841,44 14.687,86

    Jenis Kadar Harga

    London Murni (LM) 99% Rp480.000London (24 K) 97% Rp432.000Suasa 50% Rp240.000

    (wie)

    DENGAN MEMBAYAR PKB-BBNKENDARAAN BERMOTOR TEPAT WAKTU

    BERARTI TURUT MENUNJANG PEMBANGUNAN

    SUMATERA UTARADinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara

    Sumber: Bank Indonesia

    Start Belajar 06 Juni 2014Telah dibuka pendaftaran BimbinganProgram Super Intensive Ujian Tulis CPNS.

    Start Belajar: 27 April 2015

    INFORMASI & PENDAFTARAN

    BT/BS BIMA Jl Bantam No. 6ATelp. (061) 4533156 Medan

    Anda diajar dan dilatih materi Ujian TulisCPNS: Wawasan Kebangsaan, Tes PotensiAkademik, Tes Karakteristik Pribadi, dan

    soal-soal yang diujikan menggunakansistem CAT, sehingga Anda akan terbiasa

    pada waktu Ujian CPNS sebenarnya.

    Ikuti Juga Try Out CPNS 2015 dan TryOut CPNS dengan sistem CAT

    yang diadakan setiap hari Minggu

    PROGRAM SUPER INTENSIVECPNS 2015

    Start Belajar 27 April 2015

    PROGRAM SUPER INTENSIVES B M P T N 2 0 1 5S B M P T N 2 0 1 5S B M P T N 2 0 1 5S B M P T N 2 0 1 5S B M P T N 2 0 1 5

    Dapatkan:

    - Model Soul SBMPTN 2015

    - Lokasi Belajr Full AC

    - Belajar Pagi/Sore

    Teori dan soal-soal disusun berdasarkan teori

    peluang yang diolah oleh komputer sehingga

    kemungkinan untuk keluar pada UMB-PT Tahun

    2015 sangat besar. Terbukti UMB-PT 2014

    banyak soalnya yang sama dengan yang didapat

    siswa pada waktubelajar di BT/BS BIMA.

    Pastikan Adik menjadi pemenang SBMPTN 2015

    BT/BS BIMA Jl Bantam No. 6ATelp. (061) 4533156 Medan dan Cabang Terdekat

    Dilengkapi dengan latihan TPAyang diadakan setiap hari

    Kuatkan ereksi seketika,tahan lama berulang2, &meningkatkan gairah smlmsuntuk, aman ke jantung

    CIALIS HERBAL

    Menambah ukuran panjang maupun diameter PenisMemperlancar & Meningkatkan aliran darah ke penisKuat, Keras, & Tahan LamaMengobati Impoten

    VIMAX CANVIMAX CANVIMAX CANVIMAX CANVIMAX CANADADADADADAAAAARAJANYA OBAT PEMBESAR MR.P

    PUSAT PELANGSING DI SUMUTMenurunkan Berat Badan

    8-12 Kg/BlnTANPA DIET KETATTANPA BUANG-BUANG AIR BESARTANPA EFEK SAMPING

    TERSEDIA KOSMETIK:PELANGSING FRUIT PLANTPENINGGI BADAN USAPENGGEMUK BADANPERONTOK BULU > DLL

    OBOBOBOBOBAAAAAT KUT KUT KUT KUT KUAAAAAT PRIAT PRIAT PRIAT PRIAT PRIA

    MAXMANLINTAH PAPUAPLANT VIAGRALILONG (KLG)

    EGELSPRAYSRIGALAV6 TIAN dll

    T E R BT E R BT E R BT E R BT E R B U K T I BU K T I BU K T I BU K T I BU K T I B U K A N JU K A N JU K A N JU K A N JU K A N J A N J I ,A N J I ,A N J I ,A N J I ,A N J I , H A N Y H A N Y H A N Y H A N Y H A N Y A D I S I N I A D I S I N I A D I S I N I A D I S I N I A D I S I N I T E R L E N G K A P & B E R K UT E R L E N G K A P & B E R K UT E R L E N G K A P & B E R K UT E R L E N G K A P & B E R K UT E R L E N G K A P & B E R K U A L I TA L I TA L I TA L I TA L I T A SA SA SA SA S

    FIAT SENG0812 1094 4445BB PIN: 2A48182DBB PIN: 2A48182DBB PIN: 2A48182DBB PIN: 2A48182DBB PIN: 2A48182D

    Jl. SEI WAMPU NO. 147 SIMP BARAT/DEPAN ALFA MIDIJl. SM RAJA NO. 2 SIMPANG RAMBUNG MERAH P.SIANTARJl. T.AMIR HAMZAH NO. 80 + 20 METER RM. SIANG MALAM BINJAIJl. SM RAJA NO. 2 DEPAN GARU 4 MARENDAL MEDANPEMESANAN LUAR KOTA DI PAKET LEWAT L300, 1 HARI SAMPAI

    Tercecer BPKB Sp. Motor HondaBK 3097 ABB a/n Azizah, alamatJl. T Sntosa 16 Blok III-16 GM Me-dan Labuhan. Yang menemukanmohon dikembalikan.

    TERCECERTERCECERTERCECERTERCECERTERCECER

    Tercecer BPKB Mobpen ToyotaBK 1420 a/n Benny Daniel PahalaSitumorang, alamat Aspol HM JoniBlok Q No. 7 Medan. Yang mene-mukan mohon dikembalikan.

    TERCECERTERCECERTERCECERTERCECERTERCECER

    MEDAN (Berita): Plt GubsuIr H T Erry Nuradi mengharap-kan, pengurus Dewan Pimpi-nan Pusat Forum Wajib PajakIndonesia (DPP FWPI) yangbaru dilantik agar tidak hanyaterfokus pada kepengurusan,melainkan lebih menitikberat-kan pada penyusunan programyang inovatif, responsif, kredli-bel sesuai dengan tuntutan dankebutuhan yang didasarkanpada pencapaian visi dan hara-pan para wajib pajak.

    Dengan adanya forum inidiharapkan masyarakat Suma-tera Utara menjadi taat pajak,karena orang bijak taat pajak,sebut Plt Gubsu saat menghadiriPelantikan FWPI periode 2015-2019 di Restoran OCEAN, Kom-pleks Cemara Asri Medan Selasa(17/11).

    Selain itu Erry Nuradi jugamengajak seluruh masyarakatkhususnya wajib pajak yang adadi Sumatera Utara agar me-manfaatkan Forum Wajib PajakIndonesia sebagai media dialogkepada pemerintah khususnyaKanwil Pajak. Dengan demikian,masyarakat Sumatera Utarakhususnya wajib pajak akan le-bih mengerti apa arti dari pajakuntuk masyarakat dan negara.

    Pelantikan yang ditandaipenyerahan pataka oleh DewanPembina FWPI, Iskandar ST ke-pada Ketua Umum FWPI, Her-bin Polin Marpaung SE, AK itudihadiri Pencetus sekaligus De-wan Pembina DPP FWPI HRamdan Effendi (Anton Me-

    Tin Reihani Batubaramenunjukkan tas ulosbuatan pada pameranUMKM di MerdekaWalk Medan Rabu(17/11).-Berita/Hj Laswie Wakid-

    Produk Khas Daerah Siap BersaingMESKI buatan lokal, namun

    perajin Usaha Mikro Kecil Me-nengah (UMKM) yang menam-pilkan produk khas daerah inisiap bersaing di pasar lokal, jugapasar global, termasuk pada pa-sar bebas ASEAN (MEA) yangmulai awal Januari 2016.

    Hal itu diungkapkan sejum-lah pelaku UMKM pada pame-ran produk yang diprakarsai Di-nas Koperasi dan UKM Sumutkepada Berita di Merdeka WalkMedan Rabu (18/11). PameranUMKM itu mulai 14-19 Novem-ber 2015.

    Sejumlah pelaku UMKM ituantara lain Tin Reihani Batubaradari usaha Rehani (Tenun danbatik Batak Melayu), WiwiedWidyastuti (Nyla Craft), Pempy(Fame Handmade), Ana RubyModa dan M Mubaeli WR (Roy-yan). Mereka ikut dalam pame-ran UMKM tersebut.

    Tin Reihani Batubara dariusaha Reihani Tenun dan Batik

    Batak Melayu kepada Waspadamenuturkan keyakinan parapelaku UMKM untuk bersaingkarenya produknya ekslusif.Keunggulan kami karena tam-pilan khas daerah, motif ulosdipadu dengan motif Melayu.Produknya juga terbatas, kataTin.

    Dia sendiri menjual anekabaju, tas, taplak meja sampaipernak pernik dompet yang se-muanya berbahan baku ulos di-padu dengan kulit sehingga cirikedaerahan kental sekali dalamsetiap produknya.

    Bahan baku ulos, menurutTin, dia buat sendiri. Ada enamperajin ulos yang dipekerjakandengan pekerjaannya sistemtenun secara manual. Para pe-rajin itu bekerja di rumah se-hingga merupakan usaha sam-bilan namun memiliki nilai tam-bah buat keluarga. Sebab upahsatu lembar ulos Rp40.000-Rp85.000, bahkan bisa lebih

    tergantung dari tingkat kesu-litannya. Untuk satu lembar di-kerjakan 1-2 hari, desainnya di-cari Tin dari internet.

    Harga lembaran ulos ber-variasi Rp20.000-Rp40.000, bah-kan bisa lebih tergantung de-ngan motif dan bahan benang-nya. Kalau benang sutra, harga-nya menjadi mahal. Biasanyabenang yang dipakai sepertipolyster, rayon dan piscos. Har-ga tas Rp150.000-Rp250.000,dompet Rp150.000. Selama pa-meran di Merdeka Walk, omset-nya Rp2-3 juta per hari.

    Hal sama diungkap WiwiedWidyastuti pemilik usaha NylaCraft warga Percut Sei Tuanbahwa keyakinan dia mampubersaing produknya karena se-mua produknya buatan tangan,bukan mesih jahit. Wiwied men-jual tas kain dan dompet kainyang unik dengan motif lajurjahitan sehingga menimbulkanefek timbul pada motif tas mau-

    pun dompet tersebut, semua-nya dijahit dengan tangan.

    Karena dijahit secara telitidengan tangan maka produkkami tidak banyak di pasaraneksklusif sehingga kami mampubersaing, tegasnya.

    Selain tas, dompet, produklain yang dijual Wiwied saat itu,ada sepatu rajut atau hasil meng-kait, unik dan tak ada dijual dimana-mana. Para perajin hand-made ini berkumpul dalam satukomunitas TDA (Tangan diatas).Komunitas TDA kami itumemberikan pelatihan kepadaanggotanya, kata Wied, serayamenyebut untuk mengaksesnyabisa melalui www.tdamedan.org.

    Pada pameran ini, menurutWied, pembelinya agak sepi.Banyak yang melihat produkkami, seperti tas kain bungatimbul dan sepatu kaitan cumakagum saja. Umumnya merekaingin menirunya, jelas Wied.

    (wie)

    OJK Awasi Aset Keuangan Rp13.375 TFokus Penegakan Good Governance

    JAKARTA (Berita): Sebagai otoritas pengatur danpengawas Lembaga Jasa Keuangan secara menyeluruh,OJK harus mengawasi pengelolaan aset keuangan secarakeseluruhan mencapai Rp13.375 triliun.

    Ketua Dewan KomisionerOtoritas Jasa Keuangan (OJK)Muliaman D Hadad dalam sia-ran pers diterima Berita Kamis(19/11) melalui Kantor Regional5 Sumatera OJK menyebut luas-nya cakupan pengawasan itumaka OJK melihat bahwa pene-gakan good governance dalamsektor jasa keuangan menjadimodal utama dan terpentingdalam menunjang keberhasilankemajuan perekonomian se-buah negara.

    Muliaman merinci, di indus-tri keuangan non-bank sampaidengan semester I 2015,a setperusahaan asuransi mencapaiRp777 trilliun, aset perusahaanpembiayaan sebesar Rp435 tri-liun dan aset Dana Pensiun se-besar Rp195 triliun.

    Di perbankan sampai de-ngan Semester 1 2015 total aset

    bank umum sebesar Rp5.793triliun atau 55 persen dari GDP.Aset di pasar modal sampai de-ngan Juli 2015 nilai kapitalisasisaham di Bursa Efek Indone-sia (BEI) mencapai Rp4.522 tril-liun atau sekitar 43 persen dariGDP, kapitalisasi obligasi telahmencapai Rp1.657 trilliun atau16 persen dari GDP. Semua itudiawasi oleh OJK.

    Dalam mendukung terca-painya tujuan-tujuan pemben-tukan OJK tersebut serta untukmengelola dengan baik kewena-ngannya yang besar, penerapangood governance di OJK menja-di suatu keharusan, kata Mulia-man.

    OJK bertekad untuk dapatmenjadi role model implemen-tasi governance bagi industrijasa keuangan di Indonesia. Un-tuk itu, program penerapan prin-sip-prinsip governance telahdiintegrasikan dengan programbudaya di OJK. Selain itu, bebe-rapa inisiatif strategis juga telahdiambil untuk mengimplemen-tasikan governance dan mem-

    perkuat integritas insan OJK.Melalui pendekatan budaya,

    governance akan lebih mudahditerima oleh seluruh pemangkukepentingan sehingga prinsip-prinsip governance termasukprinsip integritas dapat diterap-kan dalam setiap aktifitas secarasadar dan sungguh-sungguh.Pada akhirnya diharapkan go-vernance menjadi budaya bang-sa, bukan hanya menjadi jar-gon semata.

    Tahun 2015 bagi OJK meru-pakan tahapan menjadi GoodGoverned Organisation, yangberarti seluruh infrastrukturdan prasarana telah dimiliki danenforcement dilakukan secarakonsisten, termonitor, dan ter-ukur. Tahun 2015 juga ditetapkansebagai Tahun Penguatan In-tegritas OJK, dengan programutama adalah: memastikan ber-fungsinya unit anti fraud, revi-talisasi whistleblowing system(WBS), dan pelaksanaan Pro-gram Pengendalian Gratifikasi.

    Kami mengajak seluruhpemangku kepentingan untuk

    bersama-sama mendukungprogram OJK ini agar kita bersa-ma dapat memastikan bahwaOJK terus memiliki kapasitasterbaik dalam menjalankanfungsi pengaturan, pengawasan,dan perlindungan konsumen,tambah Ketua Dewan Auditmerangkap Anggota DewanKomisioner OJK, Ilya Avianti.

    Sebagai upaya memajukanpenegakan governance di sektorkeuangan, OJK menggelar Riskand Governance Summit (RGS)2015 di Museum Nasional padatanggal 17 November 2015

    RGS 2015 dibuka oleh KetuaDewan Komisioner OJK denganmenghadirkan pembicaraOlivia Kirtley, President of Inter-national Federation of Accoun-tant (IFAC), Prof. Dr. H. AhmadSyafii Maarif, Remy Sylado, to-koh budayawan dan sastrawan,Nadiem Makarim, socio-entre-preneur pendiri PT Go-Jek In-donesia, serta Effendi Gazali,Ph.D, MPS ID selaku moderatordiskusi.

    (wie)

    KEK Sei Mangke MelempemMEDAN (Berita): Sejak pe-

    letakan batu pertama (groundbreaking) Kawasan EkonomiKhusus (KEK) Sei Mangke di Su-matera Utara oleh Presiden JokoWidodo, 27 Januari 2015, na-mun sampai sekarang tak ba-nyak yang berniat investasi disana, hanya ada PT Unileveryang menggelontorkan inves-tasinya Rp1,5 triliun dari per-kiraan Rp1 triliun.

    Saya prihatin sekali KEK SeiMangke yang sudah sayaperjuangkan namun kondisinyamasih melempem, tak ada per-gerakan bisnis di sana, kataAmri Siregar, penggagas KEKSei Mangke kepada wartawandi Medan Senin (16/11) malam.

    Dia berbicara usai live di TVRIMedan soal kondisi Sei Mangkesekarang dan ke depannya.Amri sendiri mengaku sebagaipenggagas berdirinya KEK SeiMangke semasa dia masih Di-rektur Utama PTPN III, dimanakawasan seluas 2002 hektar itusebagian tanah PTPN III.

    Amri menginiasi Sei Mang-ke berharap dulunya di kawasanitu punya industri hilir kelapasawit. Awalnya, ketika buah sawitPTPN III di Kebun Sei Mangkebanyak, dia berpikir kenapa

    tidak diolah saja di sana menjadiindustri hilir dan menjadikanSei Mangke sebagai kawasan ter-padu. Ada pabrik kelapa sawit(PKS) dari kapasitas 30 ton perhari menjadi 70 ton per hari.

    Selanjutnya, ia pun mem-perjuangkan Sei Mangke jadiKEK di Jakarta yang kemudianmenjadi bagian dari Master-plan Percepatan dan PerluasanPembangunan Ekonomi Indo-nesia (MP3EI). KEK Sei Mangkeselanjutnya ditetapkan melaluiPeraturan Pemerintah nomor29 tahun 2012 pada 27 Pebruari2012 dan merupakan KEK per-tama di Indonesia yang dires-mikan operasionalnya oleh Pre-siden Jokowi pada 27 Januari2015.

    Bisnis utama KEK Sei Mang-ke, katanya, berupa hilirisasi ke-lapa sawit dan karet. Kawasanini dilengkapi bisnis pendukungseperti logistik, energio, anekaindustri dan pariwisata. Produkutama yang dihasilkan di anta-ranya fatty acid, fatty alcohol,surfactant, biodiesel dan biogas.Selain itu disana juga diharapkantumbuh pergudangan, penge-pakan, hotel, golf course danMICE. Pembangunan kawasanitu menelan biaya Rp5,7 triliun

    dan diperkirakan mampu me-narik investasi Rp123,3 triliunsampai tahun 2015 dengan pro-yeksi tenaga kerja 83.304 orang.

    Kenyataannya, jelasnyaAmri, sudah hampir setahunberjalan sejak gound breaking,hanya beberapa investor sajayakni PT Unilever Oleochemicaldengan perkiraan investasi Rp1triliun, PTPN III Rp850 miliar,PT PLN (Persero) investasi gardu2x30 MW dan PT Cipta BuanaMandiri (CBUM) Rp400 miliar.

    Kalau KEK Sei Mangke ja-lan, mampu menyerap banyaktenaga kerja, ada capitak inflowyang t