Berita Utama 1 - · PDF fileSampaikan Ucapan Selamat dan Doa Perum Jamkrindo ... kegiatan...

Click here to load reader

  • date post

    08-Feb-2018
  • Category

    Documents

  • view

    241
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of Berita Utama 1 - · PDF fileSampaikan Ucapan Selamat dan Doa Perum Jamkrindo ... kegiatan...

  • 1w

    ww

    .JAMK

    RIN

    DO

    .CO

    .IDBerita Utama

    MED

    IA JAMK

    RIN

    DO

    | JULI 20

    17

  • 2 3

    ww

    w.JAM

    KR

    IND

    O.C

    O.ID

    ww

    w.JAM

    KR

    IND

    O.C

    O.ID

    MED

    IA JAMK

    RIN

    DO

    | JULI 20

    17

    MED

    IA JAMK

    RIN

    DO

    | JULI 20

    17

    Salam dari

    Kemayoran

    Panjang Umur Perum Jamkrindosemua rangkaian kegiatan ulang tahun ke-47 Pe-rum Jamkrindo sudah selesai dilaksanakan. Se-muanya berjalan sukses, penuh kegembiraan, dan selalu antusias diikuti oleh para karyawan. Seperti disampaikan oleh Direktur Utama Pe-rum Jamkrindo, Bapak Diding S. Anwar, keg-iatan ulang tahun ini mengambil tema Penja-minan UMKMK Menuju Indonesia Gemilang. Kegiatan ini dirancang dan dilaksanakan oleh insan Pe-rum Jamkrindo, untuk keluarga besar Perum Jamkrindo. Puncak perayaan HUT ke-47 Perum Jamkrin-do digelar dengan sangat meriah di Candi Ben-tar, Putri Duyung, Ancol pada 15 Juli 2017. Tidak bermewah-mewahan, tapi sangat berkesan. Keg-iatan tersebut bertema dari kita untuk kita. Pada akhirnya kita semua berharap Perum Jam-krindo jaya selalu, makin solid, dan bermanfaat bagi masyarakat UMKMK untuk selama-lamanya. (*)

    abdul BariPimpinan Redaksi

    susunan

    redaksi

    B. Redaktur : 1. Amin Masudi2. Zulfikar3. Ringgie Galih Sugestie4. Andre Andhara

    C. Editor : 1. Yana Suryana2. Winddy Dwi Cahyo3. Dwi Putra Renaldo K4. Azwar Annas Fahmi5. Yeti Nurmayati6. Dzikri Maulana7. Endar Muktar Jaelani8. Rully Ariefandi9. Joko Fendy Rusnanto

    D. Bendahara :1. Lies Nun2. Anzil Firdausi Nuzula

    E. Desain Grafis/Fotografer : 1. Cahyadi Haryo Pratomo2. Shahnaz Fakhrial

    H. Sirkulasi : Rudiman

    A. Pimpinan Redaksi / Penanggung Jawab

    I. Pelindung II. Penasihat

    III. Tim Pelaksana

    ::

    Direksi1. Satuan Pengawas Intern2. Seluruh Kepala Divisi

    : Abdul Bari

    Penerbit : Perum Jamkrindo

    Alamat RedaksiGedung Jamkrindo, Jl. Angkasa B-9 Kavling 6, Kota Baru Bandar Kemayoran, Jakarta Pusat 10610 Indonesia. Telp. (62-21) 6540335. Fax. (62-21) 6540344.6540348Website : www.jamkrindo.co.id, E-Mail : [email protected]

  • 5w

    ww

    .JAMK

    RIN

    DO

    .CO

    .IDBerita Utama

    MED

    IA JAMK

    RIN

    DO

    | JULI 20

    174

    ww

    w.JAM

    KR

    IND

    O.C

    O.ID

    MED

    IA JAMK

    RIN

    DO

    | JULI 20

    17

    DirgahayU Ke-47 perum jamkrindo

    Dirgahayu Ke-47Perum Jamkrindo

    Puncak PeringatanHUT k-47 Perum Jamkrindo

    08

    10

    13

    14

    16

    18

    20

    23

    05

    menteri BumN Rini soemarno Sampaikan Ucapan Selamat dan Doa

    Perum Jamkrindodari Masa ke Masa

    Perum Jamkrindo mendorongKemajuan Koperasi Indonesia

    Wimboh santosoPimpin OJK Periode 2017-2022

    Koperasi mengentaskan Kemiskinan

    sekilas Tentang sejarahKoperasi Indonesia

    Para Pemenang Lomba Tulis dan Foto Jurnalistik 2017

    34 Perum Jamkrindo FasilitasiPertukaran Peserta SMN

    36 The Guarantee in BriefDiaspora dan Akses Pasar UMKM

    24 strategi Kerjasama JamkrindoDorong UMKM Naik Kelas

    28 Penjaminan umKmSebuah Keniscayaan

    31 Pemeringkatan,Momentum Penting Pengembangan UMKM

    Daftar I s iEDISI JUlI 2017/XXIX.

    13

    18

    10

    24

    Pada tanggal 1 Juli 2017, Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum

    Jamkrindo) genap berusia 47 tahun. Di usianya yang makin matang, Perum

    Jamkrindo tumbuh menjadi lokomotif industry penjaminan.

    Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo Bakti Prasetyo

    Direksi Perum Jamkrindo menyalami jajaran kepala divisi dan seluruh karyawan pada acara halal bihalal sekaligus upacara peringatan HUT ke-47 Perum Jamkrindo

    di kantor pusat Kemayoran, Jakarta, 3 Juli 2017.

  • 6 7

    ww

    w.JAM

    KR

    IND

    O.C

    O.ID

    ww

    w.JAM

    KR

    IND

    O.C

    O.ID

    Berita Utama Berita Utama

    MED

    IA JAMK

    RIN

    DO

    | JULI 20

    17

    MED

    IA JAMK

    RIN

    DO

    | JULI 20

    17

    untuk meningkatkan efektifitas proses bisnis untuk mendukung kegiatan operasional. Inisiatif selanjutnya adalah optimalisasi jaringan operasional yaitu dengan cara menetapkan standarisasi organisasi, target bisnis, tampilan dan klasifikasi unit kerja yang akan diterapkan di seluruh kantor cabang Perum Jamkrindo, paparnya. (*)

    PULUHAN karangan bunga memenuhi kantor pusat Perum Jamkrindo di Kemayoran, Jakarta, pada hari pertama masuk kerja usai libur lebaran yaitu Senin, 3 Juli 2017. Di halaman belakang kantor, upacara peringatan HUT ke-47 Perum Jamkrindo digelar dengan dipimpin oleh Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S. Anwar.

    Hadir pula Direktur Bisnis Penjaminan Bakti Prasetyo, Direktur Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko I. Rusdonobanu, serta Direktur Operasional dan Jaringa R. Sophia Alizsa.

    Karena upacara peringatan HUT ke-47 Perum Jamkrindo digelar di hari pertama masuk kerja usai libur lebaran, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan acara halal bihalal. Seluruh jajaran direksi, dewan pengawas dan karyawan bersalaman, saling maaf memaafkan.

    Peringatan HUT ke-47 ini berlangsung serentak di seluruh kantor Cabang Perum Jamkrindo di seluruh Indonesia. Rangkaian acara

    ulang tahun dimulai dengan upacara dilanjutkan dengan tasyakuran, pemotongan tumpeng oleh Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S. Anwar sekaligus halal bihalal dengan jajaran manajemen dan seluruh karyawan-karyawati serta anak perusahaan PT. Jamkrindo Syariah.

    Sejak beroperasi pada tahun 1970 hingga saat ini Perum Jamkrindo telah banyak memberikan kontribusi nyata untuk memajukan UMKMK di Indonesia. Di usianya yang ke-47, Perum Jamkrindo terus tumbuh menjadi lokomotif industri penjaminan di Indonesia. Tema yang diusung tahun ini adalah Penjaminan UMKMK Menuju Indonesia Gemilang.

    Perusahaan terus berkomitmen memperluas pasar penjaminan dengan membuka kerja sama baru kepada perbankan maupun non perbankan serta melakukan kajian-kajian strategis untuk menciptakan produk penjaminan sesuai dengan yang ditawarkan oleh perbankan/non bank, kata Diding.

    Diawali dengan berdirinya

    Lembaga Jaminan Kredit Koperasi (LJKK) berdasarkan Keputusan Menteri Transmigrasi dan Koperasi Nomor 99/Kpts/ MENTRANSKOP/1970, tanggal 1 Juli 1970 Pemerintah mendirikan Lembaga Jaminan Kredit Koperasi (LJKK) untuk mendukung perkembangan koperasi di Indonesia melalui penjaminan kredit yang disalurkan kepada koperasi.

    Selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1981, tanggal 23 Desember 1981 tentang Pendirian Perum Pengembangan Keuangan Koperasi, pemerintah melebur dan menggabungkan LJKK ke dalam P erum PKK.

    Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2000, tanggal 7 November 2000 tentang Perusahaan Umum (Perum) Sarana Pengembangan Usaha, Perum PKK berganti nama menjadi Perum Sarana Pengembangan Usaha.

    Seiring berjalannya waktu Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2008, tanggal 19

    Mei 2008 tentang Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia, Perum Sarana Pengembangan Usaha berganti nama Perum Jamkrindo.

    Memperhatikan sejarah LJKK, maka tonggak awal berdirinya Perum Jamkrindo ditetapkan dan diperingati setiap tanggal 1 Juli mengacu pada tanggal berdirinya LJKK. Dengan demikian Perum Jamkrindo telah berusia 47 tahun.

    Dengan telah disahkannya UU No. 1/2016 tentang Penjaminan, POJK No. 1/POJK.05/2017 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Lembaga Penjamin, POJK No.2/POJK.05/2017 tentang Penyelenggaraan Usa-ha Lembaga Penjamin, dan POJK No.3/POJK.05/2017 tentang Tata Kelola Perusahaan yang Baik Bagi Lembaga Penjamin, maka semakin mengukuhkan industri penjaminan dan membuka kesempatan Perum Jamkrindo untuk terus berkembang sebagai perusahaan penjaminan yang mendukung perekonomian di Indonesia melalui penjaminan kepada UMKMK.

    Rangkaian kegiatan HUT ke-47 Perum Jamkrindo dimeriahkan dengan kegiatan pertandingan olahraga, donor darah, jamkrindo talent show, pemberian santunan, lomba karya tulis dan foto jurnalistik, serta peresmian taman.

    Selain itu, juga dilaksanakan pembagian sembako gratis bagi warga sekitar kantor Perum Jamkrindo sebanyak 7.775 paket di seluruh Indonesia, kegiatan Safari Ramad-han di 5 Kabupaten/Kota terluar, yaitu Kabupaten Watampone, Kota Tanjung Selor, Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Mandailing Natal, dan Ka-bupaten Flores, guna menyampaikan Santunan kepada Anak yatim serta penyelenggaraan lomba olahraga bagi karyawan Perum Jamkrindo.

    Karena upacara peringatan HUT ke-47 Perum Jamkrindo digelar di hari pertama masuk kerja usai libur lebaran, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan acara halal bihalal. Seluruh jajaran direksi, dewan pengawas dan karyawan bersalaman, saling maaf memaafkan.

    Tercatat, per Juni 2017 Perum Jamkrindo berhasil membukukan kinerja baik dengan mempertahankan pertumbuhan laba, aset dan ekuitas. Total aset perusahaan sebesar Rp14,15 triliun dengan ekuitas Rp 11,10 triliun dan laba sebelum pajak sebesar Rp 841,44 miliar atau 84,7 % dari target.

    Untuk pencapaian kinerja, Perum Jamkrindo membukukan pendapatan penjaminan bersih sampai dengan bulan Juni tahun 2017 tercatat naik 248,50% dari tahun lalu sebesar Rp 793,74 miliar, sementara tahun lalu sebesar Rp 297,69 miliar. Untuk total pendapatan konsolidasian terealisasi sebesar Rp 1,313 triliun yang terdiri dari imbal jasa penjaminan bersih naik 121,18 % menjadi Rp 883,03 miliar, pendapatan investasi bersih Rp 283,26 miliar dan pendapatan lain-lain Rp 147,51 miliar.