Bedah Buku - Tuhan, Inilah Proposal Hidupku

download

of 29

  • date post

    01-Dec-2014
  • Category

    Spiritual

  • view

    2.241
  • download

    13

Embed Size (px)

description

Apabila menjadi panitia sebuah event yang hanya beberapa hari saja kita memerlukan sebuah Proposal. Bagaimana dengan hidup kita yang sekitar 63 tahun? Buku : Tuhan Inilah Proposal Hidupku karya Ust Jamil Azzaini inilah yang akan memandu kita untuk membuat Proposal Hidup. Silahkan di download semoga bermanfaat.

Transcript of Bedah Buku - Tuhan, Inilah Proposal Hidupku

  • 1. Tuhan, Inilah Proposal Hidupku.. Inspirator Sukses Mulia
  • 2. Langkah-langkah Sukses Mulia 1. Sadarilah bahwa anda adalah Masterpiece 2. Tetapkan Prestasi Terbaik yang Akan Anda Raih 3. Jadilah Seorang Expert 4. Sempurnakan Hidup Anda Sekarang 5. Sempurnakan Lingkungan Anda
  • 3. LANGKAH : 1 Sadarilah bahwa anda adalah Masterpiece
  • 4. Sadarilah bahwa anda adalah Masterpiece Anda adalah maha karya dari sang Pencipta. Anda adalah masterpiece yang tiada duanya. Begitu anda terlahir- tumbuh-meninggal maka tidak pernah ada tidak akan pernah ada lagi makhluk seperti anda. Anda benar-benar special. Anda hanya satu-satunya yang ada dimuka bumi ini. Tidak ada satupun makhluk yang kehidupannya sama persis dengan anda. Tuhan mencipta anda benar-benar special. Anda bukan produk gagal. Potensi yang diberikan Tuhan kepada anda tidak terbatas. Hanya diri anda sendiri yang membatasinya.
  • 5. LANGKAH : 2 Tetapkan Prestasi Terbaik yang Akan Anda Raih
  • 6. Tetapkan Prestasi Terbaik yang Akan Anda Raih Jean Henri Fabre, Ilmuwan Perancis pada tahun 1870 an pernah mengadakan percobaan terhadap sekelompok ulat.
  • 7. KERJALAH BERKUALITAS Tetapkan prestasi terbaik yang ingin anda raih. Karena anda special dan berharga mahal. Jangan sia-siakan hidup anda. Jangan lakukan pekerjaan murahan. Jangan lakukan pekerjaan yang tidak pantas dilakukan seseorang yang special dan berharga mahal.
  • 8. Cara penulisan prestasi yang salah Cara penulisan prestasi yang benar Tidak spesifik: saya adalah orang bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat. Spesifik: saya adalah pengusaha restoran terbaik di Jawa Barat. Tidak terukur: usaha saya setiap tahun selalu meningkat. Terukur: restoran saya setiap tahun bertambah satu outlet. Jangka waktu tidak jelas: suatu saat nanti saya pasti berprestasi. Jangka waktu jelas: 20 tahun, 30 tahun atau tercapai pada tahun 2020, 2025 dst. Tidak meningkatkan 4-ta: keluarga saya lebih bahagia. Meningkatkan 4-ta: CEO terbaik di Indonesia, member i inspirasi 5 juta orang. Tidak memberi manfaat untuk orang lain: menjadi manager yang sukses. Memberi manfaat untuk orang lain: mempekerjakan 20 ribu orang, mempekerjakan orang-orang cacat, mengentaskan kemiskinan. I Have a Dream
  • 9. LANGKAH : 3 Jadilah Seorang Expert
  • 10. Jadilah Seorang Expert Memulai untuk menghasilkan uang adalah kesalahan terbesar dalam kehidupan. Lakukan apa yang menurutmu merupakan keahlianmu dan jika cukup bagus melakukannya, uang akan datang. (Greer Garson, pemenang Piala Oscar 1943 untuk peran utama wanita)
  • 11. Langkah-langkah menuju Expert: 1. Mulailah dengan mendaftar semua kegiatan yang telah anda jalani dan banyak menghabiskan waktu. 2. Kelompokkan kegiatan tersebut menjadi 3 bagian; kegiatan yang anda kuasai, kegiatan yang anda cintai, kegiatan yang menghasilkan. Boleh jadi satu kegiatan bisa termasuk ke dalam 3 bagian tersebut. 3. Pilih dari daftar itu satu, dua, atau tiga hal yang paling anda kuasai, anda cintai dan menghasilkan. Fokuslah kepada kegiatan itu, karena itu adalah diri anda. Mulai hari ini, waktu anda seharusnya paling banyak dialokasikan kepada hal yang anda kuasai, cintai dan menghasilkan. 4. Lihatlah daftar kembali, ciptakan rencana untuk mendelegasikan smua kegiatan lain kepada orang lain. Kegiatan yang tidak anda kuasai, cintai dan menghasilkan serahkanlah kepada orang lain. Biarkanlah hal itu dikuasai, dicintai dan member manfaat bagi orang lain. Dengan cara seperti itu anda akan semakin focus kepada hal yang benar-benar anda kuasai, cintai, dan menghasilkan. Ini berarti anda telah bersiap untuk menjadi seorang expert.
  • 12. FOKUSLAH PADA PEKERJAAN: Kegiatan yang anda kuasai Kegiatan yang anda cintai Kegiatan yang menghasilkan 1 1 1 2 2 2 3 3 3 4 4 4 5 5 5 6 6 6 7 7 7 8 8 8 9 9 9 10 10 10
  • 13. Konferensi Para Binatang
  • 14. 3.1. Curahkan waktu untuk meningkatkan expert anda Kegiatan Per Hari (Jam) Bila Usia anda 60 tahun Tidur Bekerja Meningkatkan Expert Berinteraksi dengan keluarga Ibadah Nonton televisi Kegiatan lain Per hari dibagi 24 dikalikan 60
  • 15. 3.2. Carilah Guru Expert, Spiritual dan Kehidupan Guru Expert = Guru Spiritual = Guru Kehidupan =
  • 16. 3.3. Bersahabatlah dengan orang yang mendukung anda Nama Sahabat Anda Alasan Memilih Menjadi Soulmate 1 2 3 4 5 BENTUKLAH KELOMPOK MASTERPIECE DENGAN MEREKA !!!
  • 17. LANGKAH : 4 Sempurnakan Hidup Anda Sekarang
  • 18. 4.1. Tetapkanlah target anda secara terukur dan menantang Bidang kehidupan Target 90 hari (terukur dan menantang) Karya-karya yang akan anda hasilkan Keuangan / financial / asset Kesehatan Keluarga Social kemasyarakatan / kepedulian Kehidupan spiritual Komitmen yang tertulis tanpa disiplin itu akan menghasilkan Rencana tanpa hasil. Disiplin tanpa komitmen tertulis itu adalah Keteraturan tanpa hasil.
  • 19. 4.2. Tetapkan komitmen sikap dan perilaku anda (PPC) Hilangkan kata-kata ini Sebaiknya, katakan hal-hal ini Saya bodoh Saya tidak bisa Saya takut Wah, hal ini sulit sekali Saya tidak berbakat Saya tidak pede Saya harus banyak belajar Saya pasti bisa Saya percaya Hal ini mungkin sulit, tapi pasti ada jalan keluar Saya akan berlatih meningkatkan kemampuan saya Pede aja lagi a.1. Bersikap dan berperilaku positif Sesungguhnya sebagian dari prasangka adalah berdosa.. (QS Al Hujurat : 13)
  • 20. Kebiasaan negative anda Komitmen untuk diubah menjadi 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 a.2. Bersikap dan berperilaku positive
  • 21. Kehidupan adalah fungsi waktu Kehidupan adalah dinamika yang terjadi pada : Fisik (jasmani + kebutuhannya) dan Mental (Intelectual, emosional, spiritual) HI < HK HI = HK HI > HK CELAKA RUGI SUKSES b. Bersikap dan berperilaku produktif
  • 22. Kegiatan rutin harian Keterangan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Susunlah Kegiatan Rutin Harian Mu (PRIORITAS).
  • 23. Hal-hal apa saja yang akan sumbangkan untuk masyarakat di sekitar anda?. .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. Seberapa besar curahan waktu, tenaga, dan dana yang akan kontribusikan untuk masyarakat sekitar anda? .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. ............