Batu Andesit 97

Click here to load reader

  • date post

    29-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    57
  • download

    28

Embed Size (px)

description

b

Transcript of Batu Andesit 97

By : Miranti Andini

BATU ANDESITBatu andesit adalah jenis batuan beku vulkanik yang terbentuk dari permukaan lava yang keluar ke permukaan bumi saat letusan gunung berapi. batu Andesit terbentuk (membeku) ketika temperatur lava yang meleleh turun antara 900 sampai dengan 1,100 (C. Merupakan jenis batuan beku luar. Massa Jenis batu ini adalah 2,8 sampai dengan 3 gram/cm3. Batu ini mengandung silika (SiO2) sebanyak 63%. Batu alam ini yang paling keras diantara batu alam lainnya dan memiliki porositas yang kecil karena kerapatan pori-porinya. Batu ini berwarna abu-abu atau hitam serta memiliki bintik hitam karena adanya proses pembakaran lebih lanjut. Batu ini berisi kristal yang terdiri dari plagioclase feldspar dan satu atau lebih dari piroksen mineral (clinopyroxene dan orthopyroxene) Di ujung bawah kisaran silica, andesit lava mungkin juga mengandung olivin. Andesit magma sering meletus dari stratovolcano sebagai aliran lava tebal. Andesit magma juga dapat menghasilkan letusan kuat membentuk piroklastik dan lonjakan dan kolom letusan besar. Fenomena magma pencampuran yang dianggap kekuatan pendorong dalam banyak letusan di mana lava andesit relatif dingin terlibat: juga campur tangan dalam seperti kamar magma memanaskan reaksi magma dan kimia mengaktifkan seperti magma.

Di jaman dahulu jenis batu alam yang berwarna hitam ini merupakan jenis batu yang digunakan untuk membangun candi, sarkofagus, punden berundak dan meja batu. Batu alam ini memberikan tampilan yang alami dan natural pada suatu bangunan. Bentuk tekstur dan motifnya mampu membuat kesan suasana ruang berubah menjadi sejuk alami. Dalam pemasangan batu ini dapat menghasilkan bermacam-macam pola dan tampilan yang berbeda. Batu andesit ini cukup menjadi primadona di kalangan kontraktor bangunan Karena ini memiliki karakter permukaan yang halus dengan tekstur kasar seperti bulir-bulir yang hampir mirip dengan batu alam granit. Struktur yang keras dan tidak berpori membuat batu ini tidak bisa menyerap air sehingga sulit untuk ditumbuhi lumut dan mudah disikat. Batu ini terdiri dari 2 jenis yaitu, andesit polos bakar dan andesit bintik bakar.

Di jaman sekarang batu andesit ini digunakan sebagai bahan pembuatan nisan kuburan orang Tionghoa, cobek, lumpang jamu, cungkup/kap lampu taman. arca-arca untuk hiasan, dan hiasan dinding-dinding ruangan. Salah satu pusat kerajinan dari batu adesit ini ada di daerah Magelang, Cirebon dan Majalengka. Di daerah tersebut banyak perbukitan yang merupakan daerah tambang batu andesit. Batu Andesit Polos Bakar

Batu Andesit Polos Bakar