bari (“Perseroan”) PT SAUDI INDONESIA MULTI ... ... Melalui RUPTL PT PLN (Persero)...

Click here to load reader

  • date post

    01-Mar-2021
  • Category

    Documents

  • view

    0
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of bari (“Perseroan”) PT SAUDI INDONESIA MULTI ... ... Melalui RUPTL PT PLN (Persero)...

  • RUPTL PLN Perlu Diubah

    NERACA

    Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebutkan bahwa Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2018- 2028 perlu perubahan karena adanya dinamika per- tumbuhan kebutuhan listrik. “Ada beberapa hal perlu penyesuaian, sebab untuk mengejar target rasio elektri- fikasi,” kata Jonan di Auditorium PT PLN (Persero) Jakarta, Senin (18/3).

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan membuka acara diseminasi Keputusan Menteri ESDM Nomor 39 K/20/MEM/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Pengesahan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero) Tahun 2019 sampai 2028. Menteri ESDM mengungkap- kan perubahan RUPTL PT PLN (Persero) tahun 2018- 2028 perlu dilakukan karena adanya dinamika pertum- buhan kebutuhan listrik dan pembangunan infrastruk- tur ketenagalistrikan, sehingga perlu dilakukan peruba- han terhadap lingkup dan kapasitas pembangkit, perge- seran commercial operation date (COD), dan penam- bahan proyek baru untuk peningkatan keandalan sis- tem ketenagalistrikan.

    Pada kesempatan tersebut Jonan kembali mene- gaskan dukungannya terhadap penggunaan Energi Ba- ru Terbarukan (EBT) dan meminta PLN agar dapat mempercepat proses pengembangan pembangkit EBT di Indonesia. "Pemerintah menetapkan energi baru ter- barukan dalam bauran energi minimal 23 persen pada 2025. Ini tantangan yang amat besar. Sehingga Pe- merintah memutuskan inisiatif pembangkit EBT di ba- wah 10 MW tidak perlu ada dalam RUPTL, tujuannya mengejar bauran energi yang berasal dari EBT," ungkap Jonan di depan perwakilan Kementerian/Lembaga, Pe- merintah Daerah, Pelaku Usaha, serta para pemangku kepentingan lain subsektor ketenagalistrikan yang hadir.

    Melalui RUPTL PT PLN (Persero) 2019-2028, Ke- menterian ESDM telah menginstruksikan kepada PLN agar terus mendorong pengembangan energi terba- rukan. Dalam RUPTL terbaru ini, target penambahan pembangkit listrik dari energi terbarukan hingga tahun 2028 adalah sebesar 16.714 MW. Menurut Jonan, hal terpenting lainnya adalah perluasan akses listrik, Rasio Elektrifikasi tahun lalu (2018) naik sebesar 14 persen dibanding empat tahun terakhir. "Sesuai arahan Presiden, energi harus berkeadilan, tantangannya (har- ga) harus terjangkau," ujarnya.

    Ia meminta PLN dapat merealisasikan target pada tahun 2028 yang tertuang dalam RUPTL seperti total rencana pembangunan pembangkit sebesar 56.395 MW, jaringan transmisi tenaga listrik sepanjang 57.293 kms, gardu induk sebesar 124.341 MVA, jaringan dis- tribusi sepanjang 472.795 kms, dan gardu distribusi sebesar 33.730 MVA. Dalam RUPTL 2019-2028 ini, Pemerintah juga mendorong penggunaan teknologi pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Hal ini telah dilakukan antara lain dengan mendorong penerapan teknologi PLTU Clean Coal Technology (CCT).

    Kementerian ESDM juga menginstruksikan kepa- da PLN agar bauran energi dari gas dapat dijaga sebe- sar minimum 22 persen pada tahun 2025 dan seterus- nya, guna mendukung integrasi pembangkit EBT yang bersifat intermittent (Variable Renewable Energy). Pemerintah juga berkomitmen bahwa pemanfaatan gas untuk pembangkit listrik memprioritaskan gas di mu- lut sumur (wellhead). Terkait penggunaan BBM untuk pembangkit listrik, dibatasi maksimal 0,4 persen mulai tahun 2025 yang digunakan hanya untuk daerah perde- saan dan kawasan 3T (Terdepan, Tertinggal, dan Terluar).

    Ignasius Jonan berharap kebijakan ketenagal- istrikan yang diimplementasikan melalui RUPTL ini da- pat didukung oleh semua pihak dalam rangka mewu- judkan energi berkeadilan bagi seluruh rakyat Indo- nesia. bari

    LG Pastikan Bawa TV AI Ke Indonesia NERACA

    Jakarta - Pameran tahunan yang khusus dibuat LG Electronics (LG) untuk memperkenalkan produk elek- tronik dengan inovasi terkininya, InnoFest 2019, LG res- mi mengumumkan rangkaian TV LG kelas premium yang bakal ditujukan bagi pasar Asia. Tentang kebaru- an teknologi, keberadaan prosesor terbaru dan pengembangan Artificial Intelligence (AI) menjadi dua hal besar yang menjadi pokok inovasi TV LG bagi pasar Asia di tahun ini.

    Dalam kegiatan sepanjang 11 – 14 Maret yang ber- tempat di Sydney, Australia tersebut pun LG men- gungkap dua kebaruan pada kategori TV. Bersanding dengan memperlebar portofolio TV OLED, LG juga memperkenalkan kategori TV UHD premiumnya den- gan nama NanoCell TV. Yang tak kalah menarik, pada tahun ini pula, LG memastikan akan membawa TV OLED dengan resolusi 8K pertama di dunia untuk pasar Asia.

    Merespon pengumuman ini, LG Indonesia meny- atakan kepastian untuk membawa serta jajaran TV LG dengan prosesor terbaru dan pengembangan Artificial Intelligence (AI) ini ke Indonesia. “Disamping sebagai pasar strategis, Indonesia menjadi bagian negara di Asia yang memiliki kecepatan tinggi dalam mengadopsi teknologi terbaru,” ujar Julius, TV Product Marketing LG Electronics Indonesia, seperti dikutip dalam keteran- gannya, kemarin. “Tawaran pengalaman menonton TV lebih baik melalui pengembangan visual dan audio yang ditunjang interaksi pengguna dan TV yang lebih baik melalui pemanfaatan AI akan menjadi hal pem- beda menarik yang menunjang penguatan kepemimp- inan kami pada pasar TV di Indonesia,” ujarnya lagi.

    Bicara mengenai prosesor TV terbarunya, LG mem- beri nama a (Alpha) Gen 2. Letak kepintaran prosesor generasi kedua LG ini ada pa- da algoritma terbarunya yang mampu belajar. bari

    HARIAN EKONOMI NERACA SELASA, 19 MARET 20196

    BURSA & FINANSIALMAKRO

    NERACA

    "Bandara internasional baru di Yogyakarta yang se- gera beroperasi. Targetnya, bandara tersebut bisa me- layani wisatawan mancane- gara pada April 2019 dan un- tuk seluruh penerbangan pada Oktober 2019," kata Perry. Selain bandara baru di Yogyakarta, proyek infra- struktur lain adalah lan- dasan atau "runway" 3 Ban- dara Internasional Soekar- no Hatta, Tangerang, Ban- ten, dan penyelesaian pe-

    ngembangan Bandara In- ternasional Gusti Ngurah Rai, Bali, untuk memudah- kan akses wisatawan man- canegara.

    Pemerintah menarget- kan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pa- da dapat mencapai 20 juta kunjungan wisman dan da- pat menambah devisa 17,6 miliar dolar AS pada 2019. Selanjutnya, ujar Perry, langkah strategis kedua adalah meningkatkan pe- ngembangan atraksi wisata, yang mengedepankan po-

    tensi daerah. Selain itu, pen- ingkatan kualitas pariwisata juga akan ditingkatkan di daerah-daerah perbatasan.

    "Pengembangan pari- wisata di daerah perbatasan (cross-border tourism) me- lalui penyelenggaraan se- jumlah kegiatan wisata se- cara periodik," ujarnya. Langkah strategis ketiga adalah pemerintah dan BI akan meningkatkan kualitas amenitas atau kenyamanan tinggal wisatawan dengan beberapa program seperti penyelenggaran Idnonesia Bersih untuk menjaga ke- bersihan dan kelestarian lingkungan, kemudian pen- ingkatan daya tarik wisa- tawan.

    Pemerintah juga me- ngupayakan percepatan pembebasan lahan agar da- pat lebih mudah menyedi- akan tingkat amenitas atau kenyamanan yang baik, seperti yang akan dilakukan di sekitar Danau Toba dan Candi Borobudur. "Pada langkah keempat, kami a- kan memperkuat promosi pariwisata nasional untuk meningkatkan lama tinggal (length of stay) wisatawan

    mancanegara, antara lain melalui promosi digital (marketplace), pengemba- ngan paket wisata, perlu- asan paket promo wisata (hot deals) di destinasi wisa- ta," ujar dia.

    Pemerintah dan BI juga menyoroti masalah pen- danaan untuk pengemban- gan usaha pariwisata. Di program strategis kelima, pemerintah dan BI akan meningkatkan investasi dan pembiayaan dalam penge- mbangan destinasi wisata. Langkah untuk memu- dahkan pembiayaan ini, an- tara lain, adanya petunjuk teknis (juknis) untuk pe- nyaluran kredit usaha raky- at (KUR) pariwisata dan penyusunan kajian terkait insentif dan model pembi- ayaan destinasi wisata. Di program terakhir, pemerin- tah dan BI akan menyusun standar prosedur Manaje- men Krisis Kepariwisataan dan forum membentuk Ma- najemen Krisis Kepariwi- sataan Daerah. Deputi Gu- bernur BI Sugeng menga- takan pihaknya mendorong pertumbuhan sektor pari- wisata. bari

    Jakarta - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) akan mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara dan penerimaan devisa parawisata pada 2019 dengan enam langkah strategis sesuai hasil rapat koordinasi yang diputuskan di Jakata, Senin (18/3). Usai rapat itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan bahwa langkah strategis perta- ma adalah percepatan penyelesaian proyek- proyek infrastruktur penopang pariwisata, seperti bandara baru internasional di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, (New Yogyakarta International Airport/NYIA).

    RAKOR PENCAPAIAN TARGET DEVISA PARIWISATA : Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kiri) didampingi Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar (tengah) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan seu- sai Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Daerah, dan Bank Indonesia mengenai Strategi Pencapaian Akselerasi Pencapaian Target Devisa Pariwisata 2019, di Jakarta, Senin (18/3).

    NERACA/Antarafoto/Indrianto Eko Suwarso/aww

    Kebijakan Pemerintah dan BI untuk Mengejar Target Devisa Pariwisata

    Macetnya Regenerasi Bidang Pertanian NERACA

    Jakarta - Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti (SDID) Kemenristekdikti Prof Ali Ghufron Mukti mengatakan regenerasi bidang pertanian agak macet dibandingkan bidang lainnya. "Berbicara pertanian tidak hanya mengenai lahan pertanian, juga sumber daya manusianya. Usia petani makin bertambah, kare- na regenerasinya agak macet," ujarnya dalam seminar nasional mengenai ketahanan pangan di Jakarta, Senin (18/3).

    Menurut dia, jika orangtuanya dokter maka anak itu ingin menjadi dokter, begitu juga jika orangtuanya dosen maka anak itu ingin menjadi dosen. L