Barang bekas

download Barang bekas

If you can't read please download the document

  • date post

    24-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    763
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Barang bekas

BAB IPENDAHULUAN

A.Latar BelakangSalah satu aspek dalam pembelajaran adalah media pembelareanproses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satukomponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran.Untuk menciptakan suasan belajar yang aktif dan kreatif maka media perlu memberikan anifas-anifasi dan kreasi yang berkembang didunia sekarang tidak terbatas itu barang bagus dan berkualitas serta harganya maha tetapi juga barang-barang yang berasal dari barang bekasUntuk itu dalam makalah ini akan dijelaskan salah satu pemanfaatan barang bekas sebagai salah satu media dalam pembelajaran matematika.

B.Rumusan MasalahMakalah ini berisi penjelasan tentang Barang Bekas yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

C.Tujuan PenulisanAdapun tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memperlihatkan salah satu pemanfaatan kotak bekas dalam pembelajaran matematika.

BAB IIPEMBAHASAN

A.Pemanfaatan Kotak Bekas Dalam Belajar Bangun RuangBahan- bahan:1.Kotak bekas, misalnya (kotak obat nyamuk, kotak mie, kotak lampu, kotak teh, kaleng susu, topi ulang tahun, dll2.Gunting

Cara Penggunaan:1.Untuk sifat-sifatbangun ruanga.Sisi adalah bidang yang membentuk suatu bangun ruangb.Rusuk adalah garis yang merupakan pertemuan antara dua sisi.c.Titik sudut adalah titik yang merupakan pertemuan dua rusuk atau lebihContohnya Kubus seperti ( kotak pasta gigi, kotak lampu dll)

2.Untuk jaring-jaring bangun ruangGunting kotak bekas bagian tutupnya yang tidak perlu sehingga menutup keseluruhan dan tidak ada sisa nya, kemudian membentukjaring-jaring bangun ruang,

B.Pemanfaatan Koran Dalam Belajar Bangun DatarBahan- bahan1.Koran bekas2.Pensil3.Penggaris4.Kardus bekas5.Gunting6.Lem

Persiapan1.Ambil Koran, dibuat sketsa gambar bangun datar yang akan dibuat lalu gunting.2.Buat juga sketsa nya pada kardus dan digunting.3.Selanjutnya Koran tadi dilengketkan pada kardus yang telah digunting sehingga bentuknya lebih tebal.

PeragaanKoran disini berfungsi sebagai alat peragaan. Guru memperagakan bangun-bangun datar tadi dan memperkenalkannya satu-satu sehingga anak menjadi tahu apa-apa saja bangun datar tersebut.Dalam bentuk permainan:Dalam satu kelas dibagi menjadi 2 kelompok atau lebih. Masing- masing kelompok dibagi 5 buah gambar bangun datar yang telah yang masing- masing gambar telah tertera soal-soal. Didepan kelas letakkan sebanyak mungkin gambar bangun datar yang ditaruh didalam kardus. Setelah itu intruksikan kepada siswa untuk mencari gambar yang sama dalam kardus yang berada didepan dengan catatan gambar tersebut harus berisi jawaban dari soalyang tertera pada gambar yang diberikan tadi. Waktunya juga harus ditentukan. Misalnya hanya 2-3 menit saja. Setiap kelompok juga tidak perlu semunya maju kedepan tetapi hanya utusannya saja yaitu2-3 orang.Catatan:untuk lebih menarik juga bisa menggunakan kertas lain misalnya kertas majalah bekas atau tabloid dll.

C.Pemanfaatan Sendal Bekas Untuk Penjumlahan Dalam Matematika Dengan Hasil PenjumlahanAlat yang di gunakan1.30 buah bulatanyang terbuat dari sandal yang di potong potongbulat2.Paralon , di sini sebagai tiang cempoa3.Tali

Cara membuatnyaAmbil sandal yang tidak di gunakan lagi , sebaiknya sandal jepit , kemudian potong bulat sehingga mudah untuk menghitungnya , bulatan bulat tersebut di bagi 3 , kemudian bulatan itu di lobangi dan masukkan tali kedalam lobang bulatan kemudian di ikatkan ke paralon yang telah di sediakan . begitu seterusnya .

Aturan Permainan1.10 bulatanyang pertama untuk Ratusan 2.10 bulatan yang ke dua untukPuluhan 3.10 bulatan yang ke tiga untukSatuan

Cara bermainGeser bulatan sebanyak penjumlahan yang di inginkan . Geserannya seperti sempoh biasa 1.Sempoahyang pertama untuk ratusan 2.Sempoah yang ke dua untukpuluhan 3.Sempoah yang ke tiga untuksatuan Misalnya :323 + 355a.Ambil3buah bulatan yang pertama pada baris pertama , ambil2buah bulatan yang kedua pada baris ke dua .dan3buah bulatan yang ke tiga pada baris ke tiga.b.Kemudian , ambil lagi3buah bulatan yang pertama pada baris pertama, 5 buah bulatan yang kedua pada baris kedua, dan 5 buah bulatan yang ke tigapada baris ke tiga.c.satukan semua bulatan , kemudian jumlah kan ,maka hasil nya adalah 678

CATATANApabilahasil penjumlahan bulatan itu sama dengan 10 maka tambahkan 1 bulatan ke atas kemudian , bulatan yang samadengan 10 tadidianggapnol.

D.Pemanfaatan Tutup Botol Untuk Perkalian Lima dan SembilanTujuan1.Untuk menimbulkan minat siswa dalam belajar perkalian lima dan sembilan2.Mempermudah siswa berhitung perkalian lima dan sembilan3.Sebagai media yang dapat membantu siswa berpikir lebih kritis

Alat dan Bahan1.Tutup botol sebanyak yang anda butuhkan2.Pewarna tutup botol sesuai dengan keinginan anda

Cara Membuat Tutup Botol Untuk Perkalian Lima1.Tutup botol dibedakan menjadi dua bagian yaitu 2 buah tutup botol bernilai limadan lima buah tutup botol bernilai sepuluh2.Warnai bagian dalam tutup botol , untuk tutup botol yang bernilai lima misalnya anda mewarnai dengan warna merah, dan yang bernilai sepuluh warnai dengan warna biru.

Cara Membuat Tutup Botol Untuk Perkalian Sembilan1.Pilih tutup botol yang mempunyai jenis sama sebanyak 102.Warnai bagian dalam tutup botol sesuai keinginan, tetapi harus berbeda dengan warna pada bagian luar tutup botol.

Cara Penggunaan Tutup Botol Untuk Perkalian Lima1.Jika dalm hasil perkalian terdapat dua tutup botol yang bernilai lima, maka kita harus mengganti denagan satu tutup botol yang bernilai sepuluh.2.Misalnya 3 * 5, berarti pertam siswa akan menggunakan tutup botol yang brnilai lima, kemudian tutupbotol kedua juga bernilai lima, karna sudah ada dua tutup botol yang bernilai lima dapat diganti dengan tutup botol bernilai sepuluh, kemudian terakhir tutup botol bernilai lima, jadi tutup botol ada yang bernilai 10 satu dan bernilai 5 satu, jadi jumlahnya 10 + 5 = 15

Cara Penggunaan Tutup Botol Untuk Perkalian Sembilan 1.Tutup botol yang berada pada bagian kiri tutup botol yang tertutup akan bernilai puluhan dan pada bagian kanan tutup botol yang tertutup bernilai satuan. 2.Susun tutup botol dalam keadaan terbuka bagian dalam menghadap keatas 3.Jika tutup botol yang tertutup berada pada baris5 ke 3 maka banyak tutup botol pada bagian kiri tutup botol yng tertutup ada dua puluhan,begitu juga dengan yang lainnya. 4.Misalnya 3 * 9, berarti tutup botol akan di tutup pada baris ketiga , lihat gambar tutup botol dibawah. 5.Pada sebalah kiri ada dua, dan pada sebelah kanan ada tujuh , berarti 3*9

BAB IIIPENUTUP

A.KesimpulanDalam pembelajaran media pembelajaran juga merupakan aspek yang penting. Karena media pembelajarn juga menjadi perantara komunikasi dalm proses belajar. Dalam bentuknya media pembelajaran tidak harus bersumber oleh teknologi yang canggih dan mutahir. Tetapi juga bias menggunakan barang-barang yang sering kita jumpai sehari-hari. Contohny barang bekas, banyak barng-barng bekas yang kita jumpai sehari, ayng sering dubuang dan tidak dipedulikan oarng tetapi malah sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran.

B.SaranGunakanlah media pembelajaran sebagai salah satu penunjang kelancaran proses belajar, tidak mesti harus mahal, tetapi dengan kreativitas kita bisa menciptakan apapun menjadi media belajar. Dalam makalah ini masih banyak terdapat kesalahan oleh karena itu kami masih membutuhkan saran dan kritik dari teman-teman.

DAFTAR ISIKATA PENGANTARDAFTAR ISIBAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang B.Rumusan Masalah C.Tujuan Penulisan D.Metode Penulisan E.Sistematika PenulisanBAB II PEMBAHASANPemanfaatan Barang Bekas 1.Pemanfaatan Tutup Botol Bekas 2.Pemanfaatan Kalender Bekas 3.Pemanfaatan Kardus BekasBAB III PENUTUP AKesimpulan B.Saran

BAB 1PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Salah satu aspek dalam pembelajaran adalah media pembelajaran,proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem,maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran.Tanpa media,komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal.Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran.Untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan kreatif maka media perlu memberikan anifas-anifasi dan kreasi yang berkembang didunia sekarang tidak terbatas itu barang bagus dan berkualitas serta harganya maha tetapi juga barang-barang yang berasal dari barang bekas.Untuk itu dalam makalah ini,penulis menjelaskan beberapa pemanfaatan barang bekas sebagai salah satu media dalam pembelajaran matematika.

B.Rumusan MasalahMakalah ini berisi penjelasan tentang pemanfaatan barang bekas yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

C.Tujuan Penulisan Makalah ini bertujuan untuk menyelesaikan tugas mandiri dari mata kuliah workshop matematika dan juga untuk menambah pengetahuan kita dalam memahami materi pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran matematika.

D.Metode Penulisan Metode penulisan yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah metode perpustakaan dan pengambilan dari sumber buku yang berkaitan,serta sumber dari internet.

E.Sistimatika Penulisan

Pada BAB 1 sistematika penulisan makalah terdiri dari Pendahuluan yang membahas tentang latar belakang masalah,rumusan masalah,tujuan penulisan,metode penulisan,serta sistematika penulisan makalah.BAB II sistematika penulisan makalah yang membahas tentang isi makalah yang terdiri dari pemanfaatan barang