Bank Soal Anak

download Bank Soal Anak

of 32

  • date post

    31-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    134
  • download

    5

Embed Size (px)

description

bank

Transcript of Bank Soal Anak

1. Anak usia 5 tahun mengeluh sering demam subfebris, berat badan sulit naik, nafsu makan sulit. Ibu pasien punya riwayat mendapat pengobatan rutin karena batuk lama. Gambaran rongent : pembesaran limfonodi parahiler. Diagnosis?

a. Pneumoniakan

b. Abses paru

c. Bronkektasis

d. Bronkopneumoni

e. TB paru

2. Seorang anak umur 2 tahun dating ke IGD RS diantar orangtuanya. Pasien rewel dan menangis dengan suara melengking seperti kesakitan sejak kemarin. Pasien mulai tidak mau makan dan minum, sebelumnya pasien demam tinggi dan keluar cairan kehijauan dari telinganya. Imunisasi tidak lengkap. Pada pemeriksaan fisik N: 115x/mnt, suhu: 39C. Pada pemeriksaan neurologis GCS: 11, kaku kuduk (+), tonus otot meningkat, tes babinsky (+/+) . Pada pemeriksaan LCS warna keruh sel 1100, protein 180, pada kultur kuman ditemukan H. influenza. Vaksin yang seharusnya dapat diberikan agar tidak terjadi penyakit tersebut adalh?a. HPV

b. MMR

c. Influenza

d. Hepatitis B

e. Meningokukus

3. Seorang anak perempuan usia 4 tahun datang ke IGD RS dengan keluhan kejang. Tadi pagi kejang 3x dengan tangan dan kaki kelonjotan, mata mendelik ke atas selama 15 menit. Setelah kejang anak tertidur hingga dibawa ke rumah sakit. Riwayat sebelumnya anak batuk dan pilek selama 2 hari. Pemeriksaan : Nadi 124x/menit, nafas 16x/menit, suhu 38,5. Pemeriksaan penunjang yang tepat dilakukan adalah

a. CT scan

b. MRI

c. Lumbal pungsi

d. EEG

e. Elektrolit darah

4. Seorang bayi usia 1 bulan dibawa ibunya periksa ke dokter dengan keluhan sering menangis, rewel dan tidak semangat saat menetek. Setelah diperiksa pada bagian mulut terdapat bercak putih kekuningan menonjol pada bagian lidah dan tepinya kemerahan. Penyebab paling mungkin dari kasus di atas adalah

a. ________

b. ________

c. Malasezia furfur

d. Candida albicans

e. ________

5. Seorang anak usia 4 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan bintik bintik merah di seluruh tubuh sejak 1 hari yang lalu, 1 minggu sebelumnya pasien pernah dirawat inap karena demam berdarah. Saat pulang kondisi pasien baik da hasil lab DBN. Pemeriksaan sekarang BB 16 kg, trombosit 27.000 ptekie di seluruh tubuh adalah

a. Leuko

b. ITP akut

c. ITP kronik

d. Trombositopati

e. Demam dengue

6. Seorang anak usia 7 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan demam 1 hari disertai nyeri perut kanan bawah. Mual muntah saat makan. Dari pemeriksaan fisik didapatkan TD 90/50 mmHg, HR 120 x/menit, teratur. Pemeriksaan laboratorium HB 12 mg/dl, leukosit 20.000, trombosit 250.000. penanganan yang paling tepat dilakukan adalah:

a. Langsung rujuk RS

b. Beri antibiotik adekuat

c. Rawat di puskesmas

d. Stabilkan kondisi kemudian rujuk RS

e. Memberitahu keluarga tentang kondisi pasien

7. Seorang anak perempuan umur 13 tahun datang periksa ke RS dengan keluhan terdapat benjolan di leher bagian depan. Sudah 6 bulan SMRS. Keluhan lain sulit konsentrasi jika disekolah, telapak tangan berkeringat, nafsu makan meningkat tetapi BB tidak naik. Pasien juga mengeluh mata sebelah kiri membesar dan disertai keluhan takikardi, hipertensi, tremor. Pemeriksaan penunjang apa yang ditemukan untuk menentukan diagnosis:

a. T3 rendah T4 tinggi TSH rendah

b. T3 rendah T4 rendah TSH tinggi

c. T3 tinggi T4 rendah TSH tinggi

d. T3 tinggi T4 tinggi TSH rendah

e. T3 tinggi T4 tinggi TSH tinggi

8. Seorang laki-laki umur 7 tahun diantar ke IGD RS oleh orang tuanya dengan keluhan pucat sejak 2 bulan yang lalu. Pada keluarga tidak mempunyai riwayat sakit yang sama. Pada pasien ditemukan anemis dan sedikit ikterik. Dijumpai pula sistolik murmur derajat II/6. Hepar teraba 3 cm di bawah arcus cosata, 3 cm di proc xyphoideus. Lien: schuffner III, tidak ada limfadenopati. Pemeriksaan lab didapatkan Hb 5,2 gr/dl, leukosit 7.300, Ht 5,8%, trombosit 185.000. morfologi eritrosit mikrositik, hipokromik, anisopoikilositosis ringan, polikromasia. Pemeriksaan apakah yang menunjang diagnosa?

a. Besi serum

b. Feritin serum

c. Kadar G6PD

d. Kadar Hb

e. Apusan sumsum tulang

9. Anak laki-laki usia 8 tahun hdatang dengan keluhan pucat dan badan lemah sejak 1 bulan yang lalu. Sejak 1 tahun yll pasien berak darah merah segar dan diberikan obat melalui dubur. TTV dbn, Hb 8 gr/dl., leukosit 4800, trombosit 200.000.penyebab anemia dari pasien adalah

a. Perdarahan

b. Penyakit kronis

c. Autoimun

d. Kekurangan zat besi

e.

10. Seorang anak 5thn dibawa ibunya karena mimisan beberapa menit yg lalu. Empat hari sebelumnya anak mengalami demam. Dari hasil px didapatkan kesadaran cm, TD 110/70 mmHg, nadi 120x/m, suhu 38C, RR 36x/m. Pembesaran hepar 2cm dibawah arcus costa dgn tepi tajam, perabaan kenyal, halus, akral hangat. Dari pemeriksaan hasil lab didapatkan Hb 11 gr/dl, Ht 42%, leukosit 2300 gr/dl, trombosit 95000. Diagnosa?

A. Demam dengue

B. Demam berdarah dengue grade I

C. Demam berdarah dengue grade II

D. Demam berdarah dengue grade III

E. Demam berdarah dengue grade IV

11. Anak perempuan 10th diantar ibunya ke puskesmas dg keluhan BAB cair disertai lendir & darah sejak 3 hari. Keluhan lain nyeri perut & mual. PF: peristaltik usus meningkat. Px mikroskopis tinja: mikroorganisme bentuk bulat dg 2 buah inti makro & mikronukleus. Terapi yg tepat?

A. Mebendazole

B. Metronidazole

C. Tiabendazole

D. Amoxicillin

E. Cotrimoxazole

12. Seorang anak 10 thn datang ke IGD dg keluhan kejang yg sangat lama. Kejang dirasakan pd kaki dan tangan kaku, mata berkedip2 selama 10 menit. Kejang dirasakan sudah 2 kali, tiap kejang tidak diserati pemulihan kesadaran. Saat pasien datang ia tidak sadar, kejang, demam tinggi. PF: RR 24 x/m, t 39C. Penatalaksanaan?

A. Diazepam supposituria

B. Diazepam iv line

C. Fenobarbital rumatan

D. Fenitoin loading dose iv

E. Menjaga jalan nafas dan beri O2

13. Seorang anak laki-laki umur 3 tahun datang ke puskesmas karena keadaan lemah. Pada anamnesis didpatkan muka dan kedua kaki bengkak sejak 2 bulan yang lalu. Nafsu makan menurun. Sehari-hari makan 2 kali dengan nasi dan sayur seadanya, tanpa daging atau ikan. Pada pemeriksaan didapatkan konjungtiva anemis, rambut kemerahan, tumbuh jarang, mudah dicabut, tidak sakit. Abdomen membuncit dan ada pitting oedem, crazy pavement dermatosis pada ekstremitas inferior. Unsur gizi yang dibutuhkan untuk mencegah terjadinya kasus di atas adalah

a. Energy

b. Protein

c. Zat besi

d. Vitamin C

e. Vitamin B1

14. Seorang anak usia 7 tahun datang dengan keluhan penurunan kesadaran. 1 minggu sebelumnya penderita demam tinggi dan diare. Pada pemeriksaan didapatkan TD 90/50 mmHg, nadi 120 x/menit, RR 26 x/menit, suhu 39oC. Sebelum Anda merujuk ke rumah sakit, terapi apa yang Anda berikan?

a. pemberian antipiretik iv

b. pemberian antibiotik iv

c. pemberian antikejang iv

d. pemberian antasida po

e. pemberian terapi cairan dengan RL

15. Bayi 2 bulan datang untuk imunisasi, sebelumnya imunisasi lengkap. Imunisasi yang harus dilakukan adalah....

a. BCG

b. DPT-1, HepB-2, polio-2

c. DPT-2

d. polio-3

e. campak

16 Seorang anak usia 7 hari dibawa oleh ibunya ke puskesmas karena kedua mata merah sejak 4 hari yang lalu. Pada pemeriksaan mata didapatkan kedua kelopak mata bengkak, spasme, sekret purulen, konjungtiva hiperemis. Pada pemeriksaan mikrobiologi sekret didapatkan kuman diplokokus gram negatif. Apa kuman penyebab penyakit tersebut?

a.

b. Neisseria gonorrhea

c. Neisseria meningitidis

d. Mycobacterium tuberculosis

e. Corynebacterium diphtheriae

17. Seorang anak usia 5 tahun dibawa ke dokter dengan keluhan gatal pada dubur terutama malam hari. Pada pemeriksaan diperoleh cacing yang mirip ampas kelapa di sekitar dubur dan bekas garukan. Apakah terapi yang tepat?

a. bithinolol

b. mebendazol

c. praziquantel

d. oxantel pamoat

e. dietilkarbamasin

18. Bayi usia 7 hari dibawa dengan keluhan mata merah sudah 4 hari yang lalu. Dari pemeriksaan mata didapatkan kedua kelopak mata edema, spasme, sekret purulen, dan konjungtiva hiperemis. Pemeriksaan mikroskopis sekret ditemukan kuman diplokokus gram (-). Apakah terapi yang sesuai?

a. kloramfenikol

b. tobramisin

c. penisilin

d. gentamisin

e. eritromisin

19. Seorang bayi 8 bulan dibawa ke puskesmas kareba BAB cair 8x sehari. Feses tampak kemerahan dan berlendir. Dari pemeriksaan fisik disapatkan mata dan ubun-ubun cekung, turgor kulit menurun, t 38C. Jika diberi minum bayi menolak, bayi tampak rewel. Apa terapinya?

a. Antibiotik, zinc, terapi cairan dan paracetamol

b. Antibiotik, probiotik, terapi cairan, dan paracetamol

c. Terapi cairan, anti biotic dan paracetamol

d. Terapi cairan, probiotik dan paracetamol

e. Terapi cairan, zinc dan paracetamol

20. Seorang anak lai-laki umur 3 thn diantar orang tuanya datang ke dokter umum dengan keluhan demam selama 3 hari. Pada PF t 38C, ditemukan ruam difus popular eritematosa, pucat didaerah mulut, dan lidah dikelilingi papilar yang bengkak dan kemerahan. Ditemukan tonsilitix folikular. Pada kasus diatas manajemen yang paling tepat adalah?

a. Pemberian hiperimunoglobulin

b. Rawat inap dan isolasi

c. Perawatan 10 hari dengan sulfonamide

d. Pemberian penisiline selama 10 hari

e. Symptomatic treatment di rumah

21.Seorang bayi umur 10