Banjarmasin Post Selasa, 1 April 2014

download Banjarmasin Post Selasa, 1 April 2014

of 32

  • date post

    25-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    447
  • download

    24

Embed Size (px)

description

NO. 151411 TH XLII/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Selasa, 1 April 2014

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post SELASA1 APRIL 2014/

    30 JUMADIL AWAL 1435 HNO. 151411 TH XLII/ ISSN 0215-298732 HALAMANRP 3.000

    Anang Gayam

    - Duit sertifikasinya tasalah kirim jar, Lak ai+ Tagih ka tukang kirimnya, Nang ai

    12:28 18:3215:38 19:4005:09

    SI PALUiiiii

    Hal 6 kol 1-3

    Akhirnya, Menginjak Tanah Suci (2)

    Awal Maret 2014, Pemimpin Redaksi Ban-jarmasin Post Group, Yusran Pare melak-sanakan umrah ke Tanah Suci bersama rom-bongan Travellindo. Ini tulisan kedua daricatatan pribadinya mengenai Makkah, setelahepisode Madinah yang ditayangkan pekanlalu.

    BANJARMASINPOST GROUP/YUSRAN PARE

    JAMAAH umrah dari berbagai negarasedang bersiap-siap tawaf. Latar bela-kang, Zamzam Tower jadi penanda baruKota Mekkah.

    KitaGabung di Pages BPostOnline

    Komentar lain di hal 4

    GURU penerima tunjangansertifikasi harus mengembalikanuangnya kepada pemerintah.

    WAYAH musimkampanye tarbuka, ra-mi banar kampung Pa-lui lawan karasminan,macam-macam hajahiburan nang dibawabubuhan caleg atawapartai nang handak ma-narik simpati warga.

    Artis Ibu Kota

    SEBUAH pesawat kecil membawaspanduk bertuliskan Wrong One;Moyes out! terbang mengitariStadion Old Trafford, saat ManchesterUnited (MU) menjamu Aston Villa,Sabtu (29/3).

    Sejumlah fan MU kabarnyasengaja patungan hingga terkumpulangka 840 pound atau sekitar Rp 15

    HARI kedua, letih luar bia-sa. Setelah perjalanan panjangdari Madinah, dilanjutkanumrah hingga menjelang dinihari, kembali ke hotel sayalangsung tepar. Rasanya barubeberapa saat terlelap ketikamerdunya azan subuh seakanberdengung di dalam kepala.Rupanya suara empuk dariMasjidil Haram itu ditata se-demikian rupa dan didist-ribusikan hingga ke kamar-

    Berharap Bantuan Penontonjuta, untuk menyewa pesawat danmembuat spanduk raksasa tersebut.Tujuannya jelas: mereka ingin Moyesangkat kaki.

    Namun, reaksi para fans MUlainnya berlawanan. Di Old Traffodsendiri, saat pesawat melintas, malah

    Stadion:OldTrafford

    Man United: 4-3-2-1De Gea; Jones,Vidic, Smalling,

    Buttner; Carrick,Giggs, Fellaini;

    Kagawa, Welbeck;Rooney

    Absen: C. Smalling,J. Evans, R. van

    PersieCadangan: B. Amos,Rafael, A. Januzaj,

    J. Hernndez,Young, Nani,

    CleverleyPelatih: David Moyes

    BayernMuenchen:4-2-3-1Neuer; Rafinha,Boateng,Martinez, Alaba;Lahm,Schweinsteiger;Robben, Gotze,Ribery;MandzukicCadangan: TStarke, VanBuyten, DContento, TMuller, Shaqiri,Pizarro, DantePelatih: JosepGuardiola

    Live on

    Rabu (2/4) Pukul 02.45 Wita

    Hal 6 kol 4-7

    TANJUNG,BPOST -Pemberian tunjangansertifikasi guru di Ka-bupaten Tabalongbermasalah.

    Hampir 150 orangguru di daerah itu diwajibkanmengembalikan tunjangansertifikasi yang telah diterimamereka sejak tahun 2010 hing-ga 2013.

    Kewajiban pengembaliandana itu setelah adanya hasilaudit BPKP pada 5 Februari2013 terhadap pendistribusiantunjangan sertifikasi dari ta-hun 2010 sampai tahun 2013.Rata-rata dana yang harusdikembalikan sebesar satusampai dua bulan tunjangansertifikasi yang telah diterima.

    Para guru pun kebingung-an dengan keharusan men-gembalikan dana tunjanganyang telah mereka terima.Salah seorang guru, sebut sajaSumi (bukan nama sebenar-nya) mengaku dana sertifikasiyang diperolehnya sudah ha-

    Dongeng Berhala, Batik, dan Albania

    kamar dan lorong hotel.Belakangan baru saya sa-

    dari bahwa pengeras suaracanggih jumlahnya pastiribuan dipasang merata disegala ruang bangunan-ba-ngunan di sekeliling MasjidilHaram. Alhamdulillah, sayadapat tempat menginap yangamat strategis, di ketinggianpencakar langit tepat di se-berang gerbang Masjidil Ha-ram.

    Dari jendela menaraZamzam ini, kami bisaleluasa menatap Kabahdan semua aktivitas disekelilingnya. Jadi, andaisalat di kamar pun serasapersis di depan Kabah.

    Pagi hari, kami keluaruntuk sarapan dan jalan-jalan sekadar mengenallingkungan. Saya ter-pana. Di sini tak sepertidi Madinah. Kawasan disekitar Masjidil Haramdemikian padat dan sesakoleh gedung-gedungjangkung. Sebagian besaradalah hotel-hotel, per-kantoran, pusat perbe-lanjaan dan toko-toko.

    Hal 6 kol 1-3

    DhedhefSebeningEmbun

    SETUJU,harusdikembalikan

    karna itu lain haknya namanyajuga keliru dan seharusnyapemerintah harus lebih telitisupaya kelak tidak ada terjadihal seperti ini

    Sumi Ngaku Uangnya Sudah Habis 150 Guru di Tabalong Wajib Kembalikan Tunjangan

    JAKARTA, BPOST - PresidenSusilo Bambang Yudhoyonodidesak tidak bermain pat-gulipat dalam kasus Satinah,TKW asal dusun Mrunten,Desa Kalisidi, Kecamatan U-ngaran Barat, Kabupaten Se-marang, yang divonis huku-man pancung di Arab Saudi.

    Pasalnya, SBY dinilai cen-derung hanya mau memba-yarkan uang untuk menundahukuman pancung bagi Sa-tinah, yang rencananya dila-kukan pada 3 April 2014.

    Presiden SBY harus mem-bayar uang diyat (tebusan)untuk membebaskan Satinah,

    BANJARMASIN, BPOST -Siklus peredaran uang ber-bungkus dana taktis begitulekat dengan maraknya akti-vitas bongkar muat batubarakarungan di Pelabuhan Mar-tapura Baru, Trisakti, Ban-jarmasin.

    Proses bongkar muat daripuluhan kapal imbal ke trukkontainer, kemudian ke Pe-labuhan Trisakti, selanjutnyadikirim ke Surabaya, Jatim,dan Jakarta pun berlangsungmulus dalam kurun waktu

    Satinah Harus Bebas

    bis digunakan untuk ber-bagai keperluan.

    Ya, jujur saja jikadiminta mengganti secaracepat, saya kesulitan. Sayaberharap ada kebijakan

    dari pihak terkait, ucap gurusekolah menengah di KotaTanjung, itu, Senin (31/3).

    HM Dimyati, Kepala DinasPendidikan Kabupaten Taba-long membenarkan seratuslebih guru harus mengem-balikan dana sertifikasi yangsudah terlanjur diterima me-reka. Pengembaliandana sertifikasi itu merupakanakumulasi pencairan mulai2010, 2011, 2012 dan 2013.

    (lihat tabel)Persoalan itu sudah infor-

    masikan baik lewat forum-fo-rum pertemuan maupun kekepala sekolah bersangkutan,sehingga sudah diketahui,ujarnya, Minggu (30/3).

    Disebutkan Dimyati, paraguru penerima pada tahun-tahun itu menjalani cuti be-

    rangkat umrah atau melak-sanakan ibadah haji. Bagiyang cuti untuk umrah harusmengembalikan sebesar satukali tunjangan sertifikasi ka-rena dianggap selama satubulan tidak memenuhi syaratuntuk menerima, ucapnya.

    Sementara yang berangkathaji harus mengembalikandana sertifikasi sebesar duabulan tunjangan sertifikasikarena selama dua bulan cutitidak memenuhi capaian wak-tu mengajar selama 24 jamdalam seminggu.

    Selain cuti karena umrahdan haji, dari hasi audit dite-

    bukan membayar uang hanyauntuk menunda pelaksanaanhukuman pancung, tegas

    anggota Komisi IX DPR, RiekeDiah Pitaloka, Senin (31/3).

    Dia membeberkan, infor-masi termutakhir, keluargamantan majikan Satinah ber-sedia menerima permintaanpemerintah Indonesia untukmemperpanjang tenggatpembayaran uang diyat, se-hingga hukuman pancung takjadi dilakukan pada 3 April2014 ini.

    Itu kalau pemerintah maumembayar 5 juta riyal atausekitar Rp 15 miliar. Dengandana itu, Satinah tak bakal

    Hal 6 kol 4-7

    Satinah

    BANJARMASIN POST GROUP

    SATU speedboat yang diduga berisi aparat menghampiri kapal imbaldan diduga sedang menarik setoran. Foto diambil pekan kemarin.

    Penerima Tunjangan SertifikasiTahun Jumlah Dana2010 24 guru Rp 26.728.2502011 24 guru Rp 79.724.0352012 46 guru Rp 173.203.3802013 50 guru Rp 190.220.055Sumber: Disdik Tabalong

    Hal 6 kol 4-7

    LAMBATNYA petunjukteknis (juknis) pencairandana serifikasi berakibatratusan guru di Tabalongwajib mengembalikan danatunjangan sertifikasi yangtelah diterima mereka. Halitu tentu saja membuatmereka kebingungan.

    Pasalnya, dana jutaanrupiah yang telah diterimapara guru sudah habisdigunakan untuk berbagaikeperluan. Kenapa tidaksebelumnya ada aturan itu.Kalau dari awal maka tidak

    Kita Ikuti Aturanakan terjadi seperti ini,sungut seorang guru diKota Tanjung, Minggu (30/3).

    Akibat keterlambatanturunnya juknis, kinimuncul kebingunganbagaimana mengganti danayang sudah diterima.Soalnya, sebut dia, danasertifikasi yang diterimasebanyak satu bulan sudahhabis untuk keperluanrumah tangga.

    Ketidaktahuan juga

    Hal 6 kol 1-3

    Jatah Uang Rokok Rp 12 Juta Dana Taktis Bikin Mulus Kiriman

    Batubara Karungan

    beberapa tahun terakhir ini.Sehingga ada kesan akti-

    vitas bongkar muat menda-pat perlakukan istimewa darioknum petugas di lokasi.Mulai dari sandar hingga pro-ses bongkar muat, selalu di-dahulukan dibanding kapal-kapal milik pengusaha pelra(pelabuhan rakyat). Pasalnya,ada dana taktis yang cukup

    Hal 6 kol 4-7

    FERRARI, mendengar merknya aja sudahmembuat kita takjub karena mobil keluaran peru-sahaan Italia ini pasti sangat mahal. Bagaimana kalaumobil itu di lapisi dengan cat emas murni 18 karat?Pasti membuat orang akan geleng-geleng kepalamendengarnya.

    Itu lah yang dilakukan RiyadhAl-Azzawi, juara dunia kickboxingyang melapisi mobil Ferrari 458-

    nya dengan vynil berwarna emas. Dia menghabiskanuang sekitar 4.000 dolar AS atau sekitar Rp 75,6 jutauntuk melapisi mobil mahalnya itu dengan cat emas.

    Al-Azzawi beralasan, mobil berlapis emassangatlah pantas untuk memuaskan diri ataspencapaian yang telah diraihnya di tingkat dunia.

    Al-Azzawi merupakan petinju kelas berat palingtangguh di dunia saat ini. Dia berasal dari Irak dantelah memulai karier tinjunya sejak usia 13 tahun.Dia pernah memenangkan enam kali kejuaran tinjunasional Irak, dan dua kali menjuarai kejuaran tinjutingkat regional kawasan Arab. (dmc/bwr)

    DAILYMAIL

    Ferrari Berlapis Emas

    0104/B01

    NET

  • 2 ribun Kota Banjarmasin PostSELASA 1 APRIL 2014

    KECELAKAAN lalu lintas kini menjelma menjadi sosok yangmengerikan. Bahkan, menurut WHO kecelakaan lalu lintas menjadipenyebab utama (leading cause) kematian muda usia antara