Banjarmasin Post Rabu, 2 Juli 2014

download Banjarmasin Post Rabu, 2 Juli 2014

of 31

  • date post

    31-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    365
  • download

    45

Embed Size (px)

description

NO. 151503 TH XLII/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Rabu, 2 Juli 2014

  • Banjarmasin Post2 JULI 2014/

    4 RAMADAN 1435 H

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    RABU

    NO. 151503 TH XLII/ ISSN 0215-298732 HALAMANRP 3.000

    Hal 6 kol 1-3

    SI PALUiiiii

    Anang Gayam

    - Daerah kita dapat predikat wetepe, Lak ai+ Mudahan magin nyaman kita baurusan,

    Nang ai

    Miliki 27 TumorDERITA luar biasa dialami Kian yang baru berusia

    18 tahun. Bocah asal Newcastle, Inggris itu memiliki27 tumor di tubuhnya! Sang ibu, Kat Musgrove (26),mengatakan, pada awalnya ia tak curiga dengankesehatan putranya saat berlibur di Turki.

    Dia terbangun pada pagi hari dan terlihat tidakseimbang. Keesokan harinya suhu tubuhnya naik. Saya

    membawa ke dokter.Mereka mengatakania demam karenaakan tumbuh gigi,katanya, kemarin. Tiba di Inggris,dia langsung diperik-sakan ke enam dok-ter. Semua menga-takan terkena virus.

    Karena kondisinya kianlemah, akhirnya Kian

    menjalani tes darah di RS Royal Victoria Infirmary.Di situlah terungkap, Kian memiliki sel-sel kankerparah. Satu-satunya bagian tubuh yang tak terkenaadalah kaki dan tangannya, katanya.

    Pengobatan, operasi, pencangkokan sel punca dankemoterapi harus dijalani Kian. Dia sudah membaiktetapi tetap menjalani radioterapi. (dlm/kps)

    Bajual LatupanBULAN puasa ini,

    Palui kayak tahun saba-lumnya umpatan jua ba-jualan di pasar wadai.Inya manyasuaiakanlawan parmintaan pa-sar yaitu bajualan aliliwan latupan.

    Aku marasa hajabahwa bajualan alili

    NET

    0207/B01

    BharadaRizky TakMampu

    Melawan Tewas Dianiaya 10 Orang

    Berambut CepakJAKARTA, BPOST - Cuti untuk pu-lang kampung saat Polri merayakanHUT ke-68. Itulah tujuan personel De-tasemen B Satuan III Pelopor Brimob

    Mabes Polri,Bharada RizkyDwi Wicaksonomeninggalkanmes di KsatrianAmji Attak, Ke-pala Dua, Depok,Jabar, Selasa (1/7) sekitar pukul02.00 Wita. Dia dijemputtaksi yang dike-mudikan Tocha-ri (60), untuk me-nuju BandaraSoekarno Hatta,Tangerang, Ban-ten. Tragis, baru Hal 6 kol 4-7

    Live on

    Jumat (4/7)Pukul 24.00 Wita

    UNTUK pertama-kali sejak 28 tahun la-lu, Jerman dan Peran-cis akan bertemukembali di ajang PialaDunia. Les Blues me-nekuk Nigeria 2-0 le-wat gol di menit-menit akhirbabak 16 besar kemarin un-tuk melaju ke perempatfinal,sedang tim Panser menyikatAljazair 2-1 lewat babak per-panjangan waktu.

    Kedua raksasa Eropa ini

    Partai Klasikbakal bertarung dibabak perempatfinaldi Stadion Maracana,Rio de Janiero, Jumat(4/7) lusa.Mereka melaju ke

    delapan besar me-nemani empat tim lain yangsudah lolos yakni Belandayang akan dijajal Kosta Rika,dan Brasil yang ditantang Ko-lombia. Dua slot lagi masih di-

    Hal 6 kol 4-7

    PELAIHARI, BPOST - Tidakada permainan. Kami beranibersumpah, kata Darmin.Ketua Dinas Pendapatan,Pengelolaan Keuangan dan

    Sumpah, TakAda Permainan

    Pemda Yakin BPK Profesional

    IBU Kota provinsi, tetapibelum mendapatkan opiniwajar tanpa pengecualian(WTP). Itu terjadi di Palang-karaya, Kalteng. Bahkan,pada penilaian terakhiryang dilakukan BadanPemeriksa Keuangan (BPK)pada 2012, Palangkaraya

    OPINI HASIL AUDITOPINI HASIL AUDITOPINI HASIL AUDITOPINI HASIL AUDITOPINI HASIL AUDIT

    z WWWWWajar Tajar Tajar Tajar Tajar Tanpa Pengecualiananpa Pengecualiananpa Pengecualiananpa Pengecualiananpa Pengecualian(WTP)(WTP)(WTP)(WTP)(WTP): laporan keuangantidak bermasalah danditerapkan secara konsisten

    z Wajar DenganWajar DenganWajar DenganWajar DenganWajar DenganPengecualian (WDP)Pengecualian (WDP)Pengecualian (WDP)Pengecualian (WDP)Pengecualian (WDP):laporan keuangandisajikan secara wajar,namun ada hal-hal tertentuyang tidak dapat diterima

    Data Ikut Terbakar

    Hal 6 kol 4-7

    menem-puh perja-lanan selama30 menit, Rizkyyang akan pulangke Pasuruan, Jatim,mengalami nasib me-nyedihkan. Dia dianiaya10 orang hingga tewas saatdibawa ke rumah sakit.

    Mengapa itu terjadi? Belumjelas. Personel Polda Metro Jayamasih melakukan penyelidikan. Pol-da Metro Jaya sudah memetakan te-man-temannya, apakah ada latar be-lakangnya, kok tiba-tiba yang ber-sangkutan diadang di depan (halte)Universitas Indonesia (UI) di Depok,kata Kabareskrim Polri, Komjen Su-hardi Aliyus.

    03 04:56 05:06 12:27 15:51 18:26 19:4004 04:56 05:06 12:28 15:52 18:26 19:4005 04:57 05:07 12:28 15:52 18:27 19:40

    Aset Tanahlaut (DPPKA Tala)itu menegaskan opini wajartanpa pengecualian (WTP)dari Badan Pemeriksa Keua-ngan (BPK) benar-benar hasilkerja keras.

    Pada 2013, Tala memang

    meraih WTP sete-lah sejak 2008 hing-ga 2013, BPK selalumemberi nilaiWDP (wajar dengan penge-cualian) terkait upaya pemkabsetempat mengelola keua-ngan dan aset. Dugaan terja-dinya permainan pun me-

    nyeruak.

    Hal 6 kol 4-7

    BANJARMASIN, BPOST -Umi Kalsum dan Amat, ka-kak beradik yang harus men-jalani operasi akibat tembakanperampok di Toko Emas Ara-fah, Pasar Kalindo, beberapahari lalu, kondisinya sudah

    Kalsum MasihKenali Ciri Pelaku

    Kerugian Toko Arafah Capai 27 Kg Emasmembaik.

    Kalsum sudah dapat mi-num meski makan masih me-lalui selang, sedang Amatsudah dikeluarkan dari ruang

    Hal 6 kol 1-3

    GRAFIS:BPOST.DENNI

    Komentar lain di hal 4

    Siti Mulia SariMungkin parapelaku pernahbermasalah dgbrimob tsb,hingga munculdendam tnpaprduli bhwa inbulan ramadhan.

  • 2 Banjarmasin PostRABU 2 JULI 2014 ribun Kota

    Advertorial

    BANJARMASIN, BPOST -Semula, Sailandra terlihatseperti termenung saat men-jalani sidang dugaan korupsidi Dinas Pendapatan Penge-lolaan Keuangan dan AsetDaerah (DPPKAD) Kabupa-ten Tabalong, di PengadilanNegeri Tipikor, Banjarmasin,Selasa (1/7).

    Namun kemudian, dia punlangsung bereaksi setelah di-beri kesempatan oleh majelishakim untuk mengklarifikasikesaksian empat orang ang-gota Badan Anggaran (Bang-gar) DPRD Tabalong yangdihadirkan Jaksa PenuntutUmum (JPU), Suryadi.

    Keempat saksi itu adalahMasrudin dari Komisi II, SitiArbayah dari Komisi I, Kus-nadi dari Komisi II dan Syari-fuddin Juhri dari Komisi I. Didepan hakim, mereka me-nyatakan tidak menerima am-plop berisi uang, seperti yangditanyakan penasihat hukumterdakwa.

    BADAN PemeriksaKeuangan (BPK) RIPerwakilan Provinsi Kalselmengapresiasi upayaPemprov Kalsel dalammenindaklanjuti reko-mendasi BPK hinggaPemprov Kalsel meraihOpini Wajar Tanpa Penge-cualian (WTP).

    Pemprov Kalsel dalamLaporan Keuangan Tahun2013 menyajikan realisasipendapatan Rp 4,35 triliun,belanja Rp 4,75 triliun,penerimaan pembiayaanRp 1,2 triliun, pengeluaranpembiayaan Rp 193,13miliar, SILPA Rp 611,53miliar dan total aset per 31Desember 2013 sebesar Rp10,28 triliun.

    BPK telah melaksa-nakan pemeriksaanstandar pemeriksaankeuangan negara yangmengharuskan BPKmerencanakan danmelaksanakan peme-riksaan agar memperolehkeyakinan yang memadaibahwa laporan keuanganbebas dari salah saji yangmaterial, kata Sjafrudin

    Mosii, Auditor UtamaKeuangan Negara VI diBPK RI, saat paripurna diDPRD Kalsel, Senin (30/6).

    Dia mengatakan,Pemprov Kalsel telahmelakukan upaya me-madai dalam perbaikanpenyajian Aset Tetap danAset Lain-lain denganmenginventarisasi fisikaset tanah dan kendaraanbeserta bukti kepemi-likannya. Melakukaninventarisasi aset pera-latan dan mesin.

    Menatausahakan dalamKartu Inventaris Barangdan Buku Inventaris,melakukan penilaian atastanah bernilai nol dan yangbelum diketahui nilainya.Pemprov Kalsel juga telahmenghibahkan asetTerminal Induk KilometerEnam kepada PemkoBanjarmasin.

    Setelah BPK melaku-kan pemeriksaan atasLaporan KeuanganPemprov Kalsel TahunAnggaran 2013, denganmenggunakan metode riskbased audit (RBA) yang

    komprehensif, dengandilandasi asas integritas,independensi dan pro-fesionalisme yang tinggi,BPK memberikan OpiniWajar Tanpa Pengecualian(WTP), ujarnya.

    Gubernur Kalsel, RudyAriffin, mengatakan,rekomendasi dari BPK RIpada tahun-tahun sebe-lumnya menjadi titik tolakjajaran Pemprov Kalseluntuk membenahi penya-jian Laporan KeuanganPemerintah Daerah (LKPD)agar menjadi lebih baik lagi.Hingga, terwujud harapanPemprov Kalsel meraihWTP dalam LKPD TahunAnggaran 2013.

    Kami menyadari,pengelolaan keuangandaerah yang berkualitas,tetap akan menjadi komit-men dalam penyeleng-garaan pemerintahan didaerah. Hal ini kamimaksudkan sebagai bentukdukungan terhadappemerintahan yang bersihdan bebas dari KKN,katanya.

    Rudy berjanji akan terus

    Pemprov Kalsel Raih Opini WTP

    meningkatkan kualitaspertanggungjawabanpelaksanaan APBD, melaluiLKPD secara komprehensif,meskipun WTP sudah bisatercapai. Pemprov Kalselakan dapat menata LKPDyang lebih berkualitas dimasa yang akan datang,meraih opini WTP setiaptahun.

    Kepala Biro KeuanganSekretariat Pemprov Kalsel,Sjah Jehan, mengatakan,opini WTP sebagai bentukpertanggungjawabankepada masyarakat. Setiappemerintah daerah harusmelaporkan penggunaandana dalam bentuk laporankeuangan yang disusundengan baik.

    Laporan keuangantersebut, sesuai denganamanat konsitusi, harus

    diperiksa oleh BPK-RI dankemudian diberikan opini(pendapat). Opini auditmerupakan pernyataanprofessional pemeriksamengenai kewajaraninformasi keuangan dariLaporan Keuangan Pe-merintah Daerah.

    Opini yang diberikan adaempat kategori, terdiri atasWajar Tanpa Pengecualian(WTP), Wajar DenganPengecualian (WDP), TidakWajar (TW) dan TidakMemberikan Pendapat.

    Opini audit BPK-RIberupa Wajar TanpaPengecualian atas LaporanKeuangan Pemprov Kalselsudah menjadi cita-cita ataubila boleh menggunakansedikit ekstrim menjadiobsesi bagi PemprovKalsel, katanya.

    Dia mengatakan,dengan opini tersebut,Pemprov Kalsel dapatmengekspresikan akunta-bilitasnya sebagai entitasPemerintah Daerahkepada parastakeholdernya (publik/masyarakat) sebagaibirokrasi yang memilikicitra good governance.

    Opini audit bertujuanuntuk meyakinkanauditor bahwa laporankeuangan sudah dibuatdan disusun berdasarkanstandar akuntansi yangberlaku dan bebas darisalah saji yang bersifatmaterial.