Banjarmasin Post Jumat, 14 Maret 2014

download Banjarmasin Post Jumat, 14 Maret 2014

of 28

  • date post

    08-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    347
  • download

    0

Embed Size (px)

description

NO. 151393 TH XLII/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Jumat, 14 Maret 2014

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin Post JUMAT14 MARET 2014/

    12 JUMADIL AWAL 1435 HNO. 151393 TH XLII/ ISSN 0215-298728 HALAMANRP 3.000

    SI PALUiiiii

    12:33 18:3715:36 19:45

    Anang Gayam

    - Banjarbaru calap pulang, Lak-ai

    + Kada kawa jadi ibu kota, Nang ai

    05:12

    Hal 22 kol 1-3

    -+

    Ritual Unik Caleg

    MUHAMMAD Khalidi(26) warga Bahungin, Kelua,seorang anggota komplotancuranmor berhasil dibekuk ja-jaran Polres Tabalong. (BPost,4/3/2014, hal 22); dan AhmadImam Al-Hafid (19) pembu-nuh berencana yang mem-bunuh mantan pacarnya di-tangkap di Jakarta usai me-

    nengok korbanyang dibunuh-nya. (BPost, 8/3/2014, hal 1).

    Miris rasa-nya hati mem-baca berita ini;o r a n g - o r a n gyang menggu-

    nakan nama nabi menjadipencuri dan pembunuh. Ma-yoritas ulama berpendapat,bahwa boleh-boleh sajamemberi nama anak dengannama para nabi; tetapi jikadikhawatirkan sang anakakan berbuat suatu kejahatan,maka makruh hukumnya.(Ibnu Qayyim Al-Jauziyah,

    BERAGAM upaya dilakukan calon anggotalegislatif (caleg). Harapannya bisa duduk di kursidewan. Seperti dilakukan caleg Partai Demokrat (PD)di Ngawi, Jatim, Miftahul Jannah. Ditemani suami,dia menggelar ritual doa dan mandi di Sungai TempukAlas Ketonggo (Srigati), Paron, Ngawi, kemarin.

    Tak hanya Miftahul, caleg lain juga melakukanritual di sungai yang berada di tengah hutan jati itu.Menurut sang penunggu, Marji, sudah sekitar 50 or-ang caleg yang melakukan ritual mandi sembari berdoadi sungai tersebut.

    Biasanya datang diam-diam agartidak ketahuan orang lain apalagiwartawan. Nama mereka, saya lupa.

    Tetapi dari hampir semua partai.Sehari bisa tiga hingga lima or-ang yang datang sejak duaminggu lalu, kata Marji.

    Sebagai juru kuncipria itu selalu menemani

    ritual tersebut. Sayapersilakan saja. Mung-

    kin mereka percayamelalui cara itu ha-jatnya bisa terkabul.

    Tetapi yang menen-tukan tetap Allah SWT,

    tegas dia. (sry/tbn)

    Orang-orangItu MemakaiNama Nabi

    Hal 22 kol 4-7

    KH HusinNaparin

    Ikut mencari Vietnam Indonesia Australia Cina Selandia Baru Filipina Singapura Taiwan Thailand Amerika Serikat India Jepang

    Pejabat Militer Dilempari Botol Keluarga Penumpang MAS Asal Cina MarahBEIJING, BPOST - Enamhari sudah pesawat MalaysiaAirlines (MAS) bernomor pe-nerbangan MH370 hilang.Aksi pencarian yang meli-batkan 12 negara selain Ma-laysia terus berlang-sung dengan me-ngerahkan 49 ka-pal perang serta39 pesawat danhelikopter. Itu be-lum lagi kapal danperahu milik nelayan dikawasan Laut Cina Selatan.Dua negara yang mulai ikutmencari adalah Jepang danIndia.

    Kecemasan bercampurkegeraman terus dialami ke-luarga penumpang pesawatberjenis Boeing 777-200 itu.Mereka cemas karena nasibanggota keluarga dan kera-

    batnya belum ada ke-pastian. Mereka jugageram karena mana-jemen MAS selalumemberikan penje-lasan yang berpu-tar-putar.Emosi itu pula yang

    membuat keluarga penum-pang asal Cina melemparipimpinan MAS mengguna-kan botol minuman. Me-

    ngutip Dailymail, Kamis (13/3), peristiwa itu terjadi diBeijing, Cina. Saat itu digelarpertemuan antara keluargapenumpang dan manajemenMAS. Juga ikut, beberapapejabat militer Malaysia.

    Kejengkelan memuncaksaat keluarga penumpang

    menanyakan tentang per-kembangan pencarian danhasil penyelidikan sementaratentang penyebab hilangnyapesawat, kepada pejabat mi-liter Malaysia itu. Namun,pertanyaan itu tidak dijawabsecara tegas. Pejabat militerMalaysia mengatakan hasilpenyelidikan tidak bisa di-ungkapkan ke publik.

    KitaGabung di Pages BPostOnline

    Komentar lain di hal 4

    PESAWAT MAS belumjuga ditemukan

    SURYA/SUDARWAN

    BUBUHAN Paluiwayah ini rajin sam-bahyang di langgarumpat bajamaah. Ba-rakat katuju umpat

    Pagat TaliSalawar

    Hal 22 kol 1-3

    Tetap Terbang Setelah HilangBERAGAM dugaan dan

    temuan terkait hilangnyapesawat Malaysia Airlines(MAS) terus muncul. Ter-baru, tim dari Amerika Seri-kat (AS) yang ikut terlibatdalam pencarian mendugapesawat itu masih terbangselama empat jam setelah

    otoritas penerbangan Ma-laysia kehilangan jejaknya diradar.

    Mengutip situs The WallStreet Journal Asia, Kamis(13/3), mereka mendasarkandugaan itu pada data yangdikirim oleh sistem otomatismonitoring mesin yang se-

    lalu ada di pesawat Boeing777 sebagai bagian dari pro-gram pemeliharaan dan pe-mantauan rutin.

    Sebagai bagian dari per-janjian perawatan, MASmentransmisikan data me-

    Hal 22 kol 2-3

    Azalia PutriBerbagaikhabar santerberedar, drpembajaknpesawat

    sampai dukun. mdhan cepatktmu kasian kluarga yg dicekam rasa was2

    BANJARBARU, BPOST - Hujanderas mulai Kamis (13/3) diniharikembali membuat Yadi (38) danistrinya, Helmina (35), warga RT2RW1 Gang Keluarga Kelurahan

    Hal 22 kol 4-7

    Loktabat Selatan, Keca-matan Banjarbaru Selatan,

    terjaga dari tidur sekitarpukul 05.00 Wita. Mereka

    bahkan tersentak begitu me-lihat air Sungai Kemuning me-

    luap hingga ke dalam rumah. Yadidan Helmina pun bergerak cepatmengamankan perabot rumah darigenangan.

    Mereka diburu kekhawatiranrumah nyaris tenggelam seperti duabulan lalu. Itu karena hujan selamaberjam-jam itu tak kunjung reda.

    Pada hari yang sama, Kamis,

    sembilan Januari lalu, permukimankami tenggelam. Oleh karena itu ka-mi bersiap mengamankan isi rumahmengantisipasi banjir besar. Saya punterpaksa batal berjualan,ucap Yadi.

    Tak hanya diburu kepanikan me-nyelamatkan seisi rumah dari ge-nangan, Yadi pun harus menerobosbanjir demi mengantarkan anaknya,Nadia, ujian di SD Al Masyur, tak jauhdari gang.

    Sampai pagi banjir terus meninggi.

    Puncaknya pukul 07.30 Wita, banjirmenggenangi lantai rumah setinggi20 centimenter. Rumah Yadi yangberada di turunan jalan gang, posisi-nya masih cukup tinggi sehinggatidak sampai tenggelam.

    Sedang sejumlah tetangganyayang berada di cekungan jalan, ke-banjiran lebih parah. Kastari dankeluarga, yang rumahnya sekitar

    Baca juga Metro Banjar edisi hari ini

    PALANGKARAYA, BPOST Memiliki penghasilan cukupbesar secara mudah di kotabesar. Itulah salah satu alasanyang membuat tujuh remajaputri asal Palangkaraya, Kal-teng bersedia dikirim sebagaidancer (penari) ke Jakartadan Depok, Jabar. Merekatidak berprasangka pengi-riman itu bisa saja merupa-kan modus aksi traffick-ing (perdagangan) ma-nusia.

    Karena bayangan bi-sa hidup enak itulahyang yang membuatpara remaja putri ter-sebut menerima tawaran dariempat perempuan juga be-rusia muda yang diduga ang-gota jaringan kejahatan per-dagangan manusia lintaspro-vinsi. Bahkan, para anak barugede (ABG) itu juga nekatkabur atau tidak minta izindulu kepada orangtua.

    Seperti yang dilakukan AN(17). Karena sudah bersedia di-ajak ke Jakarta, dia berupayakabur melalui cara melompatdari jendela samping rumah.AN melakukan itu karena su-dah terikat janji dengan empatperempuan yang mengajak-nya ke Jakarta, yakni PutriVevoneka (17), Desi Rahma-yanti (17), Yuningsih alias Adel(18) dan Niki Nesa (18). Ke-empat remaja itu sudah di-tetapkan sebagai tersangkadan menjalani penahanan diMapolresta Palangkaraya.

    Saya keluar rumah sekitarpukul 24.00 Wita karena didepan gang, Putri sudah me-nunggu. Dia menjemput sa-ya, kata AN di Palangkaraya,Kamis (13/3).

    Saat ditemui BPost di ru-mah neneknya, kawasan Ja-lan Meranti, Palangkaraya,tidak tergambar beban atauketakutan di wajah remaja itu,meskipun nyaris menjadi

    Korban Trafficking Dijerat Denda

    Batal Gabung Bayar Rp 10 Juta

    PENYIDIKAN kasusdugaan upaya traffickingterhadap tujuh anak barugede (ABG) perempuanterus dilakukan aparatPolresta Palangkaraya,Kalteng. Penyidik mendugaempat perempuan mudayang diduga menjadiperekrut, tergabung dalamsindikat perdaganganmanusia berskala nasional.

    korban trafficking. Secara san-tai dia memainkan ponselsembari sesekali bercandadengan sepupunya yang ma-sih kecil.

    AN mengaku sudah lamakenal dan berteman denganPutri yang sebelum bekerja diJakarta adalah penari di VinoClub Aquarius Boutique Ho-tel, Palangka. Saat disinggung

    kemungkinan akan di-jadikan korban perda-gangan manusia, diamengatakan tidak tahu.Yang diketahuinya, ber-dasar perkataan Putri,akan dipekerjakan seba-

    gai penari. Namun, sebelum-nya mendapat pelatihan darimanajemen di Jakarta.

    Semula, lanjut AN, Putrimenawarkan pekerjaan se-bagai penari di Jakarta melaluiBlackBerry Messenger (BBM).Tertarik karena tawaran gaji-nya cukup besar, antara Rp 5juta hingga Rp 15 juta sebulanplus komisi, dia menyatakaningin bergabung.

    BANJARMASIN, BPOST -Pascamenjalani sidang MajelisKehormatan Hakim (MKH)di Jakarta, Hakim PengadilanTata Usaha Negara (PTUN)Banjarmasin, Jumanto, kem-bali bertugas di kota ini.

    Dia tetap menjalankan tu-gas kendati MKH telah meme-catnya sebagai hakim. Itu ka-rena surat pemecatannyayang harus ditandatanganioleh presiden belum diterima.

    Kendati demikian, Juman-to tidak lagi menjadi anggotamajelis hakim. Dia hanyamenjalankan fungsi sebagaiwakil ketua PTUN Banjar-masin.

    Dia berkantor seperti bia-sa. Kamis (13/3), Jumantobahkan turut menjemput ta-mu dari Mahkamah Agungyang akan melakukan pem-binaan internal.

    Jumanto dipecat sebagaihakim pada Rabu (5/3) ka-

    SindikatNasional

    Hal 22 kol 4-7

    Hal 22 kol 5-7

    Hakim JumantoIkut Jemput Tamu

    rena dinilai terbukti berse-lingkuh dengan Hakim PTUNSurabaya, Puji Rahayu. Pujijuga mendapat hukumanyang sama. Kendati demikian,mereka tetap mendapatkanhak pensiun.

    Saat ditemui BPost, Juman-to tidak bersedia diwawan-cari. Dia mengatakan cukupsatu pintu saja yakni melaluihumas, yakni Yuliant Praja-ghupta. Hal serupa juga di-sampaikan Ketua PTUN Ban-jarmasin AK Setiyono.

    Saat ditemui di ruang ker-janya, Yuliant membenarkanJumanto masih menjabat wa-kil ketua PTUN Banjarmasin.

    Hal 22 kol 1-3

    GIANLUGI Buffon