Banjarmasin Post Jumat, 11 Juli 2014

download Banjarmasin Post Jumat, 11 Juli 2014

of 31

  • date post

    01-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    368
  • download

    32

Embed Size (px)

description

NO. 151512 TH XLII/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Jumat, 11 Juli 2014

  • Banjarmasin PostDEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    JUMAT

    NO. 151512 TH XLII/ ISSN 0215-298732 HALAMANRP 3.000

    SI PALUiiiii

    12 04:58 05:08 12:29 15:53 18:28 19:4113 04:58 05:08 12:29 15:53 18:28 19:4214 04:58 05:09 12:29 15:53 18:28 19:42

    11 JULI 2014/13 RAMADAN 1435 H

    Hal 22 kol 1-3

    Aplikasi Deteksi Selingkuh

    Rajaki Puasa

    - Kakanakan di Gaza ditembaki, Lak ai+ Amun lawan nang tuha inya kada wani,

    Nang aiAnang Gayam

    KH HusinNaparin

    BANJARMASIN, BPOST -Meski sedang menjalani pua-sa dan menjalani pemeriksaanselama sekitar enam jam sejakpukul 09.00 Wita, tidak begituterlihat raut kelelahan di wa-jah Gubernur Kalsel, H RudyAriffin.

    Begitu keluar dari ruangAsisten Tipidsus Kejati Kalsel,Rudy terus melangkahkan kakisembari tersenyum. Dia meng-aku dimintai keterangan terkait

    GAZA, BPOST - Di ka-la anak-anak muslimdi negara lain bersukacita dan bebas beriba-dah selama Ramadan,anak-anak muslim di Gaza,Palestina, justru harus hidup

    I M A MNawawi da-lam kitab Al-Azkar berka-ta: Ketahui-lah, membacaAlquran ada-lah zikir yangpaling utama (afdhal), mem-baca yang dikehendaki ada-

    HANYAR hari kasambilan Garbus wanTulamak sudah kaliha-tan liut banar, tara-bah-rabah bubuhan-nya badadua imbahsampai di pos ronda.

    Waktu TerpilihMembacaAlquran

    Hal 22 kol 4-7

    INGIN tahu pasangan Anda selingkuh atau tidak?Ada aplikasi khusus di ponsel untuk mendekteksinya.Namanya, mCouple. Untuk menggunakannya aplikasi

    ini harus dipasang di ponselAnda dan pasangan. Cara ter-mudah dan tidak kentara ada-lah memberi kado ponsel yangsudah dipasangi aplikasi itu kepasangan.

    Dengan aplikasi itu,kontak telepon, pesan teks,panggilan masuk dan keluar,media sosial, bahkan koordinat

    ponsel pasangan bisa dibaca langsung di ponselpengguna. Sesama pengguna tidak akan saling tahu,karena dilengkapi stealth mode.

    Dengan begitu, aplikasi tidak akan terdaftar dalamponsel. Cara kerjanya seperti enkripsi loker. ID akantersembunyi dan hanya dapat ditemukan olehpengunduh. Informasi dan privasi, dijamin aman.Sinkronisasi data juga bisa secara mudah dilakukan,baik secara manual maupun otomatis setiap 30 menit.

    Aplikasi bisa diunduh gratis. Namun, untukberlangganan bayar Rp 453 ribu per bulan. (dlm/vin)

    Ke Ruang KajatiUsai Diperiksa

    Gubernur Diperiksa Kasus Bansoskasus dugaan penyimpangandana bantuan sosial (Bansos)2010. Rudy pun mengatakanada 38 pertanyaan yang diaju-kan kepada dirinya. Namun,dia enggan berkomentar ten-tang materi pemeriksaan. Ta-nya ke penyidik saja, ucapRudy, Kamis (10/7)

    Seusai menjalani pemerik-saan, Rudy yang didampingi

    Hal 22 kol 4-7

    Anak-anak KamiTerus Menangis

    Pasukan Israel Makin Menggila Gempur GazaSUDAH tiga hari

    angkatan udara Israelmenggempur Gaza.Puluhan warga sipil tewas.Seakan belum puas,serangan darat pun

    b e r p i n d a h - p i n d a htempat dan dicekamketakutan.

    Roket-roket yangditembakkan pesawat

    militer Israel, terus menebarteror. Bahkan, puluhan anak

    harus meregang nyawa ka-rena terkena ledakan dantertimpa reruntuhan bangu-nan. Ratusan lainnya luka-luka parah.

    Hal 22 kol 4-7

    Serangan Balik Hackerdisiapkan. Alasannya,kelompok Hamas terusmengusik mereka melaluiserangan roket.

    Suara itu sangatmenakutkan.Ibu bilang,Allah akanmenyelamatkanGaza jika kamiberdoadi masjidBASMALA ABDBocah di Gaza

    Hal 22 kol 5-7

    KEMENANGAN Argen-tina atas Belanda di semifinalPiala Dunia 2014, Rabu (9/7)menambah pedih hati pen-dukung timnas Brasil, Bra-sileiro. Sudah menjadi rahasiaumum, mayoritas Brasileirotak ingin melihat Argentinaberjaya.

    Pesta Argentinos (pendu-kung timnas Argentina) bu-kan hanya di Stadion ArenaCorinthians, Sao Paulo tetapijuga di pusat Kota Belo Hori-zonte, lokasi terkuburnyamimpi Brasil meraih gelarjuara untuk kali keenam.

    Saat saya menyusuri ka-wasan Savassi di pusat KotaBelo Horizonte, kemarin, pes-ta kemenangan sedang dige-

    SimbolProvokasi

    AFP PHOTO / SAID KHATIB

    NET

    Hal 22 kol 1-3

    JAKARTA, BPOST - Pemilu presiden (Pilpres) su-dah digelar. Namun, hasil penghitungan cepat (quickcount) memperlihatkan ada perbedaan.

    Delapan lembaga survei mengunggulkan pa-sangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) dan empat lembaga memenangkanPrabowo Subianto-Hatta Rajasa.

    Pemenang Konvensi Capres Partai Demokrat(PD) Dahlan Iskan menegaskan meski terjadi per-bedaan, sesungguhnya rakyat sudah mengerti suarasebenarnya yang diperoleh masing- masing pa-sangan.

    Publik sudah tahu lembaga survei yang inde-penden, netral, profesional, dan bukan pesanan.Rakyat tahu, wartawan juga tahu, sehingga masing-

    Rakyat Tahu yang Kredibel Saham VIVA-MNC Anjlok

    Hal 22 kol 1-3

    8 Banding 4Lembaga Prabowo Jokowi Kompas 47,66% 52,34% RRI 47,40% 52,60% SMRC 47,09% 52,91% CSIS-Cyrus 48,01% 51,99% Indikator Politik 47,06% 52,94% LSI 48,70% 52,30% Vox Populi 49,06% 50,94% Poltracking 46,63% 53,37%

    JSI 50,16% 49,84% Puskaptis 52,05% 47,95% IRC 51,11% 48,89% LSN 50,56% 49,44%

    Komentar lain di hal 4

    Ansari AzharKalau orang lainbisa kenapa kitagak? Untukindonesia harus

    lebih kompak lagi untukmenjadi yang lebih baik

    1107/B01

  • 2 ribun Kota Banjarmasin PostJUMAT 11 JULI 2014

    Pendatang Pascalebaran Sering Berpindah Tempat

    Susah SalahkanKetua RT

    BANJARMASIN, BPOST -Kedatangan warga luar kota,bahkan luar Pulau Kaliman-tan, ke Banjarmasin setelahLebaran, hampir ditemui se-tiap tahun.

    Seperti dikatakan seorangwarga Kampung Gedang,Ismail. Setiap tahun dirinyamelihat tetangganya mudikke Jawa. Berangkat sendiriatau berdua, tapi ketika kem-bali bisa membawa beberapaorang. Tiap tahun seperti itu.Berangkat, paling dua orang.Kembali ke Banjarmasin, bisabawa dua sampai tiga orang,kata Ismail yang sehari-haribekerja sebagai staf di Kelu-rahan Gadang ini.

    Lebih memprihatinkan,banyak warga pendatang

    tidak melapor kepadaKetua RT setempat. Ka-lau mereka tidak memi-liki pekerjaan tetap, bia-sanya mereka tinggalberpindah-pindah

    tempat.Kadang susah juga untuk

    menyalahkan Ketua RT. Se-babnya, para pendatang itudatang begitu saja, tidak adapakai lapor. Nanti, pindah-pindah lagi tempat tinggalnya.Jadi, sulit terdata, imbuhnya.

    Kesulitan kadang ditemuiketika para pendatang belumterdata. Misalnya, menyangkutm a s a l a hbantuan.Kadangm e r e k amengeluhdan datangke kantorkelurahankarena ti-dak da-pat jatahbantuan.Misalnya,beras miskin.Tapi bagai-m a n a

    mau dapat karena mereka me-mang tidak terdata, terang-nya.

    Kampung Gedang sendirimemang terkenal sebagaiwilayah yang sering dijadikantempat tinggal oleh pendatangbaru dari luar pulau. Masihbanyak daerah lain, di anta-ranya wilayah Kelayan danSutoyo S.

    Kepala Dinas Kependudu-kan dan Catatan Sipil (Ka-disdukcapil) Kota Banjar-masin, Khairul Saleh, saatdikonfirmasi, mengata-kan, eksodus pendudukluar sudah diprediksi ba-kal meningkat pasca-Lebaran.

    Upaya yang dilaku-kan, selanya, sosialisasi

    mulai dari tingkat palingdasar, RT, Lurah, tokohmasyarakat dan lainnya

    mengenai langkah-langkahagar pendatang baru nanti-

    nya bisa tertib adminis-trasi dan terdata semua-nya.

    Kami juga akan tu-run ke lapangan men-datangi rumah kos, pe-labuhan dan tempat bia-

    sa mangkal PKL yang bia-sanya didominasi para

    pendatang dari luar Banjarma-sin, lontarnya.

    Meski kondisi di lapanganseperti tergambar di atas, iatetap mengharapkan keaktif-an Ketua RT untuk mendatasemua pendatang yang ting-gal di lingkungan masing-ma-sing. Tujuannya, supaya se-mua warga pendatang bisatercatat atau terdata dan uru-san administrasi setelahnyamenjadi mudah.

    Sedangkan kepada penda-tang, jelasnya, harus memba-wa surat pindah dari wilayahasal supaya administrasi diBanjarmasin khususnya men-jadi tertib.

    Kalau punya surat pindah,bisa saja nanti dibuatkan kartukeluarga atau KK. Tapi harusada penanggungjawabnya se-bagai kepala keluarga, bisakeluarganya atau Ketua RTtempatnya tinggal.

    Apabila tidak membawasurat pindah, bisa tetap dila-yani dengan surat tinggal se-mentara. Syaratnya, harusada surat jaminan pekerjaandari tempatnya bekerja danharus ada surat jaminan tem-pat tinggal dari tempatnyatinggal selama di Banjarma-sin, tegasnya. (hh)

    Gubernur AncamPengguna Mobil Dinas

    BANJARMASINPOST GROUP/M ELHAMIPEDULI PALESTINA - Mahasiswa IAIN Antasari di kawasan simpang empat Jalan Pangeran Antasari,menggalang dana untuk membantu meringankan derita rakyat Palestina akibat serangan Israel, Kamis (10/7).Berita selengkapnya: Baca Halaman 1.

    BANJARMASIN, BPOST -Pengguna mobil dinas milikPemprov Kalsel dilarang me-ngisi BBM subsidi. Terlebihmenggunakannya untuk mu-dik Lebaran.

    Itu diingatkan GubernurKalsel, Rudy Ariffin, di selakegiatan pencoblosan di TPS10, dekat kediamannya, Mah-ligai Pancasila, Banjarmasin,Rabu (9/7).

    Rudy juga mengatakan,ketersediaan BBM subsidi pre-mium selama Ramadan dansetelah lebaran dalam ke-adaan aman. Dirinya sudahbeberapa kali menggelar ra-pat dengan Pertamina SalesArea.

    Sudah ada rapat beberapakali dengan Pertamina, stokBBM subsidi aman dalam rang-ka menghadapi arus mudikdan arus balik. Pada tahun initerakomodir saja dan terpe-nuhi, katanya.

    Dia juga mengatakan, peng-gunaan mobil dinas dalam mu-dik tahun ini tidak diperke-nankan. Kecuali dalam kon-disi yang penting sekali. Tidakmain-main, dirinya akan me-manggil pemegang mobil di-

    nas jika menggunakan untukmudik tanpa alasan yang jelas.Terlebih jika ada mobil dinasyang mengisi BBM menggu-nakan jenis subsidi. Pasalnya,telah lama dikeluarkan aturankalau mobil dinas yang adadi lingkungan Pemprov Kalseltidak boleh lagi diisi BBM jenissubsidi. Tapi, wajib diisi BBMnonsubsidi, yaitu jenis Per-tamax atau jenis solar non-subisidi. Hal ini untuk mem-beri kesempatan lebih b